Internet DO & DON’TS : Menggunakan Internet dengan Aman dan Nyaman

Internet, saat ini siapa saja bisa menggunakan internet untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka. Sayangnya, sebagai tempat yang bebas dan begitu terbuka, internet bisa menjadi tempat yang tidak aman. Untuk itu , memperhatikan keamanan saat berselancar di internet seharusnya menjadi satu hal yang diperhatikan oleh pengguna internet.

Salah satu hal yang cukup penting untuk dijaga saat browsing internet adalah keamanan akun personal milikmu spAcer. Caranya tidak sulit kok, kamu bisa tetap menjelajah internet dengan nyaman sambil menjaga keamanan akun personal milikimu. Berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan spAcer:

  • Perlindungan paling dasar dan pertama tentu saja dari komputer yang kamu pakai. Oleh karena itu pastikan anti-virus, software dan OS di komputer kamu selalu ter-update.
  • Jangan sembarangan klik link yang tidak jelas. Menurut data Google, ada lebih dari 9500 website berbahaya yang terdeteksi setiap harinya. Ini termasuk situs resmi yang dibajak hingga situs yang memang sengaja dibuat untuk menyebarkan virus atau malware. Setiap kali melihat link, pastikan kamu memperhatikan alamat lengkap link tersebut sebelum kamu klik.
  • Selalu perhatikan perubahan-perubahan yang terjadi di dunia maya. Tidak ada ruginya selalu up to date akan berita seputar internet lho spAcer. Ini bisa membantu menghindari kamu terkena jebakan penipuan.
  • Ubah privacy setting pada akun jejaring sosial yang kamu miliki untuk melindungi kamu dari potensi diganggu oleh spammer. Misalnya seperti pada Facebook. Jejaring sosial yang satu ini mengganti default email milikmu menjadi ‘@facebook.com’. Mau tidak mau kamu akan lebih mudah terganggu oleh email spam, jadi aturlah settingan privasi akunmu untuk membantu kamu menghindari hal-hal seperti ini.
  • Selalu buat password yang kuat. Caranya bisa kamu lihat di artikel berikut ini spAcer: Membuat Password yang Kuat. Dengan password yang kuat, makan akun personal milikmu akan lebih sulit dibajak atau disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Jangan terlalu banyak membuka informasi di jejaring sosial. Seperti misalnya check-in di foursquare di rumah dengan deskripsi alamat yang lengkap menunjukkan tempat kamu berada. Ini bisa jadi sasaran empuk orang yang berniat jahat, spAcer!
  • Pilihlah teman online dengan hati-hati. Jangan sembarangan menerima friend request di Facebook dari orang yang tidak kamu kenal spAcer. Ini juga berlaku untuk jejaring sosial lainnya.
  • Berhati-hati saat men-download video. Semakin banyak situs-situs tidak terpercaya untuk mendownload video. Saat mendownload video, pastikan kamu menggunakan situs yang sudah terpercaya.
  • Gunakan email yang berbeda untuk akun-akun jejaring sosial yang kamu miliki. Lebih baik lagi jika kamu memiliki beberapa email yang dibedakan berdasarkan pemakaiannya, misalnya untuk aktivitas sosial, untuk kepentingan personal, hingga untuk bisnis. Jika salah satu email tersebut dibajak, spAcer tidak perlu begitu khawatir akun lain atau informasi personal milikmu dibajak sepenuhnya.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu praktekkan saat menjelajah internet. Gak ada salahnya berhati-hati kok spAcer, bagaimanapun juga ini semua pada akhirnya untuk menjaga keamanan akun personal kamu dari tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Related Article

4 Responses to Internet DO & DON’TS : Menggunakan Internet dengan Aman dan Nyaman

 

  1. surahman says:

    dok,laptop saya ACER ASPIRE 4253 winxP ,VGA AMD Radeon HD 6310,500 GB HDD,1 GB DDR3,ko sering muncul bluescreen trus klo buat buka2 file sering lemot,penyebabnya apa dok????

    1. Dr. Acer says:

      Surahman, coba install ulang windows pada laptopmu. Perlu diketahui, Acer tidak menyediakan driver Aspire 4253 untuk windows XP. Oleh karena itu sebaiknya gunakan windows 7 yang merupakan versi yang lebih baru.

  2. Ardany says:

    dok, saya mau instal ATI Catalyst Control Center di ACER ASPIRE 4253 win7 32bit VGA AMD Radeon HD 6310, untuk dwnloadnya dimana? Dan yang dibutuhkan apa saja, soalnya saya main game di laptop tidak fullscreen…

    1. Dr. Acer says:

      Ardany, Kamu bisa coba kunjungi situs vendor dari VGA tersebut untuk mencari driver sesuai dengan OS yang digunakan 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved