Fitur Search baru Gmail

Mencari email tertentu yang ‘terbenam’ di antara ribuan email memang bukan tugas yang mudah, apalagi enak ya spAcer? Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena bagi pengguna Gmail kini ada fitur ‘search’ baru untuk menghasilkan pencarian yang lebih akurat dengan lebih cepat dan mudah.

Email Client dari Google, Gmail, kini memungkinkan pengguna melakukan pencarian email berdasarkan ukuran email, pilihan tanggal yang lebih fleksibel, serta berbagai filter lainnya. Dengan search baru dari Gmail ini, kamu bisa menggunakan query serta simbol untuk membantu kamu menemukan email yang ingin kamu cari.

gmail-now-lets-you-search-for-emails-by-size-and-more-660dd9b6da

Berikut adalah daftar beberapa query serta simbol yang bisa kamu gunakan untuk membantu pencarian email di Gmail-mu, spAcer:

  • [from:] untuk mencari email dari sender tertentu. Contohnya from:acer, maka pencarian yang keluar adalah email yang dikirim oleh Acer
  • [to:] untuk mencari email yang ditujukan kepada orang tertentu. Contohnya to:acer, maka pencarian yang keluar adalah email yang dikirim untuk Acer
  • [subject:] untuk mencari email dengan subject tertentu
  • [OR] untuk mencari email yang mengandung beberapa filter. Contoh: from: acer OR subject: acer. Hasil yang keluar adalah semua email yang dikirim oleh Acer serta email yang dalam subject-nya mengandung kata Acer.
  • – (tanda hypen) untuk mencari email yang tidak mengandung kata yang ditulis. Contoh: -Acer. Hasilnya adalah email yang tidak mengandung kata Acer.
  • [has: attachment] untuk mencari email yang mengandung attachment
  • [filename:] untuk mencari email yang memiliki attachment dengan nama tertentu atau tipe file tertentu. Contoh: filename: acer.pdf. Hasilnya adalah email yang mengandung attachment dengan nama ‘acer.pdf’. Contoh lainnya: filename: doc akan menghasilkan pencarian email yang mengandung attachment dalam bentuk word.
  • [“”] (tanda petik)  untuk mencari email yang mengandung kalimat atau frasa yang sama persis seperti yang dicari. Contoh: “blog Acer Indonesia” akanmenghasilkan pencarian email yang mengandung  frasa “blog Acer Indonesia” dalam satu kalimat
  • [cc: atau bcc:] untuk mencari email yang mengandung cc atau bcc kepada orang tertentu.
  • [after: before: older: newer:] untuk mencari email yang dikirim dalam rentang waktu tertentu. Format waktu yang digunakan adalah yyyy/mm/dd. Contoh: after:2012/10/12 before: 2012/12/12 akan menghasilkan pencarian email yang dikirim dalam rentang waktu 12 Oktober-12 Desember
  • [older_than atau newer_than] hampir sama dengan older: dan newer: bedanya query ini memungkinkan user menggunakan tanggal relatif dengan huruf d untuk hari, m untuk bulan dan y untuk tahun. Contoh: newer_than:4d berarti menemukan email yang dikirim dalam kurun waktu 4 hari terakhir.
  • [size] untuk mencari email yang memiliki ukuran lebih besar dari ukuran yang dituliskan. Contoh: size:10000000 berarti mencari email yang berukuran lebih besar dari 10MB.

Query dan simbol yang ditawarkan fitur search baru Gmail ini memang agak banyak spAcer, tapi kamu hanya perlu menghapal atau menggunakan yang sering kamu butuhkan saja. Ini akan sangat bermanfaat untuk menghemat waktu kamu saat mencari sebuah email yang mungkin sudah terbenam di antara tumpukan email lainnya di akun Gmail-mu.

 

 

 

image source: mashable.com

Related Article

5 Responses to Fitur Search baru Gmail

 

  1. Ade Younus says:

    pokok-e ” ACER ” pancen jozzzz.(y)
    matur thank you ACER.

    1. Dr. Acer says:

      Terima kasih Ade atas apresiasinya 🙂

      1. Ade Younus says:

        you’re welcome. 😀

  2. Je-eL says:

    Wuuuaaahhh…keren banget Acer n sangat membantu kami para pengguna gmail, trm ksh

    1. Dr. Acer says:

      Hai, terimakasih atas apresiasinya Je-el. 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved