2013: Smartphone, Tablet, atau Laptop?

Seperti apakah gadget-gadget yang bakal hot tahun depan? Bagaimana konsumen harus bersikap menghadapi kemunculan perangkat-perangkat baru? Bagaimana pula konsumen memilih perangkat yang sesuai?

Begitulah pertanyaan yang biasa muncul di penghujung tahun. Sebelum kalender disobek dan fajar tahun baru merekah, pertanyaan-pertanyaan itu harus terjawab agar tak menimbulkan kebingungan.

Kita tahu gaya hidup sangat mempengaruhi tren teknologi sehingga kata “keren” begitu penting di benak konsumen. Kalau sebuah perangkat dianggap tak keren, maka jangan harap konsumen bakal melirik, apalagi membelinya.

Seperti apa perangkat yang keren itu?

gadget_Ndoro

Buat saya, gadget yang keren itu dilihat dari bahannya, dari plastik, karbon, aluminium, atau gabungan dari beberapa material lain. Peranti yang keren mestinya terbuat dari bahan yang kuat tapi ringan agar tak merepotkan jika dibawa kemana-mana.

Desainnya pun mesti ergonomis, tipis, terlihat menawan dalam pelbagai pilihanwarna.

Fitur-fiturnya harus lengkap agar mampu memenuhi pelbagai kebutuhan kerja, hiburan, dan akses informasi.

Tampilan monitor yang terang, jernih, dan warna-warni akan menambah kekerenannya. Jangan lupa pula daya tahan baterai harus cukup memenuhi kebutuhan mobile, jauh dari colokan listrik.

Daya tahan baterai itu penting karena kita tahu bahwa gaya hidup masyarakat semakin mobile pada tahun-tahun belakangan ini. Di kota-kotabesar, sudah jamak kita lihat para pekerja berpindah dari satu tempat ketempat lain seraya tetap bekerja. Pekerjaan akan terganggu jika tiba-tiba gadget mati karena kehabisan daya bukan?

Seperti apakah perangkat yang keren dan cocok untuk gaya hidup mobile itu?

Biro riset IDC menyatakan perangkat yang mendukung gaya hidup mobile diterjemahkan sebagai komputer tablet dengan layar kurang dari 8 inci. Perangkat jenis ini, menurut IDC, mendominasi 60 persen pasar. Sedangkan permintaan untuk “Phablet” — kombinasi ponsel dan tablet — tumbuh 20 persen.

Pertumbuhan yang kencang itu tentu saja berimbas pada kompetisi antara produsen perangkat keras dan pengembang aplikasi yang semakin sengit. Perang antar poduk pun tak kalah keras.

Dalam situasi seperti itu, konsumen pun berdiri di simpang jalan.Mau pilih telepon pintar, tablet, phablet, atau laptop? Para pelajar dan mahasiswa yang hendak membeli perangkat untuk membantu mereka mengerjakan tugas-tugas pun tak kalah pusing.

Scott Campbell, guru besar StudiKomunikasi di Universitas Michigan, mengatakan tablet merupakan peranti yang cocok untuk aktivitas seperti menonton video, melihatg ambar, dan mengakses halaman web.

“Sedangkan laptop memiliki keyboard  yang membuatnya lebih fungsional untuk mengetik dan leluasa memproduksi aneka macam konten.”

Campbell menganggap laptop lebih cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Laptop akan membantu mereka mengerjakan tugas sekolah atau kuliah.

“Meskipun kita dapat menambahkan keyboard eksternal untuk tablet, kenikmatan pemakaiannya berbeda dibanding laptop,” kata Cambell.

Analist eknologi Jeff Orr dari ABI Research menilai para orang tua cenderungmembeli tablet untuk anak-anaknya bukan untuk keperluan belajar.

“Tablet dibeli sebagai perangkat kedua setelah PC dan digunakan secara bergantian dalam sebuah keluarga,” ujar Orr.

Saya sendiri melihat kecenderungan itu di lingkungan terdekat.Teman-teman saya membeli telepon cerdas dan tablet yang kemudian dipinjamkan ke anak-anaknya sebagai alat permainan. “Kalau sudah sampai di rumah, tabletku dikuasai anakku, buat main Angry Bird, ” kata seorang kawan.

Memang tak tertutup kemungkinan bahwa di masa depan tablet akan mampu memenuhi berbagai kebutuhan setara dengan laptop. “Tapi tampaknya para produsen masih butuh waktu lagi untuk menciptakannya,” tutur Orr.

Itu sebabnya kita masih melihat orang-orang memonitor beberapa layar sekaligus di tempat kerja, telepon cerdas, tablet, PC atau laptop. Di antarateman-teman saya pun belum ada yang sudah berhasil hanyamembuka satu layar. Rata-rata mereka membuka dua, telepon cerdas dan laptop.

Buat Anda, jika kebutuhannya lebih banyak ke content creation,  sebuah laptop sudah cukup. Dan tak perlu memaksakan diri membeli Tablet. Kecuali memang kantong Anda begitu tebal berisi dolar.

Apa pun perangkatnya, semuanya sebetulnya kembali kekebutuhan para konsumen yang berbeda-beda. Diperlukan sikap yang cerdas dan bijak saat memilih gadget. Konsumen tak harus membeli perangkat yang serba canggih dan lengkap karena belum tentu semuanya terpakai.

Memang konsumen di Indonesia umumnya banyak maunya. Ingin laptop yang tipis, punya banyak slot USB, ada akses 3G plus wifi, dan mempunyai pemutar DVD. Padahal di pasar tak ada perangkat yang sempurna dan serba lengkap. Kalaupun ada, harganya pasti mahal.

Setiap penambahan fasilitas, pasti ada fungsi lain yang dikorbankan. Laptop yang tipis, misalnya, tak menyediakan pemutar DVD. Ini dikarenakan para produsen mengutamakan ketipisan, bukan kelengkapan media.

Perlu diingat juga, meski sebuah perangkat tak punya koneksi 3G, biasanya ada pilihan koneksi wifi, sehingga kebutuhan untuk menyusuri Internet tetap bisa dilakukan. Kecuali memang Anda mempunyai anggaran tak terbatas, perangkatdengan koneksi wifi sudah cukup memenuhi kebutuhan.

Yang tak kalah penting, saat Anda hendak membeli sebuah produk, harap mempertimbangkan jaringan servisnya. Percuma Anda mempunyai gadget canggih tapi kalau ada kerusakan susah menemukan tempat untuk memperbaiki bukan?

Jangan terburu nafsu atau ngiler melihat brand tertentu hanya karena teman Anda memilikinya. Pilih brand yang jelas jaringan purna jualnya dan mudah dihubungi.

32 Responses to 2013: Smartphone, Tablet, atau Laptop?

  1. Hallo dok, saya kan kemarin abis ganti lcd hp saya acer liquid e2, nah setelah diganti, di layar jadi ada titik2 (dot), ada 3 titik kecil yang terlihat. Ya, walaupun sangat kecil tapi cukup mengganggu. Mohon pendapatnya dok, apa saya bawa lagi ke acer service center?
    Thanks.

    By Abdurrafi Nabhan Syafiq Reply
    • Dear Abdurrafi, Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami sarankan untuk mengunjungi kembali Acer Service Center tersebut untuk klaim garansi service

      By Dr. Acer Reply
  2. Dok. Berapa harga cashing hape acer liquid z110
    dan dimana bisa membelinya

    By iman Reply
    • Iman, kamu bisa membeli casing Liquid Z110 di Acer Service Center terdekat di kotamu, info lokasi tersedia di bagian bawah blog ini, untuk mengetahui harga dan ketersediaan sparepart tersebut, sebaiknya menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 setiap hari kerja pukul 08.30-17.30 :)

      By Dr. Acer Reply
  3. dok kalau acer aspire 4540 mau di instal win 7 bit 32x tapi pake driver win 7 64x bit bisa ga?

    By suma Reply
    • Suma, Driver yang di install perlu disesuaikan dengan OS yang digunakan :)

      By Dr. Acer Reply
  4. Doctor Acer,
    saya mau tanya,
    saya mau cari Notebook dengan Budget 4 – 4,6 juta, dengan Win8 ?

    By Zayd Reply
    • Zayd, Untuk kisaran budget sekitar Rp 4 – 4.6jt dan sudah bundle OS Windows 8, mungkin bisa pertimbangkan Slim Aspire V5-431 dengan processor Intel 887, harganya mulai dari Rp 3,799,000 (Linux) dan Rp 4,399,000 (Windows 8) :)

      By Dr. Acer Reply
  5. dok,, kalo tablet iconia B1 bisa pake modem apa aja yah yg supportnya??
    soalnya gak ada fitur simcard nya kan??

    By Rizky Reply
    • Rizky, Untuk saat ini kami belum memiliki informasi mengenai tipe tersebut. Ikuti terus FB dan Twitter @acerID untuk update info produk, promo, dan event yang diadakan oleh Acer Indonesia :)

      By Dr. Acer Reply
    • Rizky, Untuk saat ini kami belum memiliki informasi mengenai tipe tersebut. ikuti terus FB dan twitter @acerID untuk update info produk, promo dan event yang diadakan oleh Acer  Indonesia :)

      By Dr. Acer Reply
  6. Dok, sy mau beli laptop 10″ dg budget 3jt. Pilihan yg bagus apa apa ya? Thx ya.

    By Andy Reply
  7. dok, dulu pas promo win. 8 ada acer V5 touch, itu ada ukuran yg 15 inch nggak?? Dijual di Indonesia dok . . ?? Harga berapa . .?? Trus sama acer timeline touch yng batrai tahan 8 jam, berapa harga dok . .??

    By azza Reply
    • Azza, Untuk saat ini Slim Aspire V5 hanya dipasarkan dengan ukuran layar 14″. dan Acer Indonesia belum memasarkan seri TimelineX dengan fitur Touchscreen :)

      By Dr. Acer Reply
    • dr.acer yang budiman…mohon infonya tentang merawat baterai acer 4720…apakah baik kalo kita pake notebook sambil di cash batreinya,,atau di cash full dalam keadaan off..lalu kalo penuh baru di on kan lagi…abu aisyah sulsel….

      By abu aisyah Reply
  8. Dok..acer iconia w510 kapan dijual dipasaran indonesia

    By hanni Reply
    • Hanni, Acer Iconia W510 sudah dipasarkan oleh Acer Indonesia. Kamu bisa kunjungi jaringan penjualan Bhinneka.com untuk pembelian :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Saya mempunyai budget 4 jt, kira2 ada gk laptop Acer harga sgitu ? Type apa ?

    By Calvin Reply
    • Calvin, Untuk kisaran budget sekitar Rp 4jt, mungkin kamu bisa mempertimbangkan Slim Aspire V5-431. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products :)

      By Dr. Acer Reply
  10. Dok, kalo notebook tipis yang bagus dan lancar buat animasi dan design grafis apa ya?

    By Dwiedyprastiyo Reply
    • Dear Dwiedyprastiyo, kamu bisa pertimbangkan Acer Slim Aspire tipe M5-481TG: Intel® Core™ i5-3317U processor (1.70 with Turbo Boost up to 2.60), 14″ HD Acer CineCrystal™, 4GB DDR3, 500GB, 1GB NVIDIA GeForce®GT 640M , DVD-Super Multi, HDMI with HDCP, BT 4.0, USB3.0, dengan harga Rp 8.999.000 (bundling Windows 7 Home Premium)

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Dwiedyprastiyo, kamu bisa pertimbangkan Acer Slim Aspire tipe M5-481TG: Intel® Core™ i5-3317U processor (1.70 with Turbo Boost up to 2.60), 14″ HD Acer CineCrystal™, 4GB DDR3, 500GB, 1GB NVIDIA GeForce®GT 640M , DVD-Super Multi, HDMI with HDCP, BT 4.0, USB3.0, dengan harga Rp 8.999.000 (bundling Windows 7 Home Premium).

      By Dr. Acer Reply
  11. untuk aspire 4253 apakah sudah terpasang wifi nya?… thanks..

    By agus salim Reply
    • Agus, AS4253 sudah dilengkapi dengan fitur WiFi :)

      By Dr. Acer Reply
  12. Dok, notebook acer yg tipis, ringan dengan dvd rom prosesor intel kira” 13.3 inch ato lebih apa ya dok?

    By Dwiedyprastiyo Reply
    • Dwiedyprastiyo, Untuk saat ini produk laptop Acer dengan ukuran layar 13.3″ belum dilengkapi dengan DVDROM. Mungkin kamu bisa pertimbangkan Slim Aspire V5 yang sudah memenuhi kriteria yang kamu sampaikan, tetapi memiliki ukuran layar 14″ :)

      By Dr. Acer Reply
  13. Dr.Acer saya mu tanya, belakangan ini Aspire 4740G punya saya sering bermasalah. saya ingin instal ulang gimana caranya ya,?saya sudah membuat back up dalam bentuk CD/DVD Recovery.
    Makasih

    By nurman Reply
    • Nurman, System Recovery bisa dilakukan menggunakan aplikasi Acer eRecovery Management, atau dengan menekan ALT+F10 ketika muncul logo Acer pada saat booting :)

      By Dr. Acer Reply
  14. dok,acer aspire 4738z harga new and 2nd berapa yah ? Thx b4

    By rafli Reply
    • Rafli, saat ini Aspire 4738z sudah tidak dipasarkan lagi.

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.