Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Notebook Baru

Untuk banyak orang, notebook memegang peranan penting dalam pekerjaan sehari-hari. Tentu, notebook yang digunakan perlu dipelihara agar performanya sama baiknya seperti saat baru dibeli.

Berencana mempunyai notebook baru, spAcer? Ada 6 hal sederhana namun penting yang harus diperhatikan ketika kamu pertama kali membeli sebuah notebook. Kata kuncinya di sini tepat “membatasi resiko” terhadap notebook baru kamu.

Antivirus, antispyware, dan firewall

Kedengarannya klasik atau sederhana, tapi banyak lho orang yang masih belum sadar betapa pentingnya meng-install antivirus pada notebook. Sebagai tingkat keamanan minimum jika aktivitas kamu erat dengan koneksi internet, memiliki antivirus, antispyware, dan firewall software sangatlah penting. Pastikan juga masing-masing sistem keamanan itu selalu up to date dan diatur untuk melakukan scan berkala secara otomatis.

Perangkat keamanan internet yang baik

For your info spAcer, tidak semua software keamanan itu sama. Untuk itu, sebaiknya kamu memilih program antivirus tertentu yang menurut kamu cukup baik untuk melindungi notebook, meskipun program antivirus itu diperoleh secara gratis. Saat ini banyak sekali perangkat keamanan internet yang disediakan secara gratis dan kamu cukup melihat reviewnya untuk menentukan mana yang terbaik.

Uninstall software trial yang tidak penting

Notebook kamu mungkin datang dengan segala macam software gratis di dalamnya. Di balik anugerah ini, sebagai pembeli juga kamu patut waspada. Bukan waspada pada software trial tersebut, melainkan pada pop-ups yang muncul dari koneksi internet untuk membeli software itu yang patut dicurigai. Pasalnya hal tersebut bisa saja disusupi oleh scammers untuk mentransfer virus pada notebook kamu.

Menjaga software selalu up to date

Banyak software membutuhkan up to date reguler untuk menutup celah eksploitasi oleh pembuat malware. Program-program populer seperti Adobe Flash, sama seperti OS Windows, harus dijaga tetap up to date agar tidak rentan terhadap serangan malware. Bila memungkinkan, atur program/software penting untuk memberitahukan secara otomatis jika ada versi yang lebih up to date.

Buat akun administrator

Salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan keamanan notebook adalah dengan membuat akun administrator, dan mengaturnya sehingga hanya akun itu yang dapat membuat perubahan penting terhadap sistem komputer. Selanjutnya, buat akun tambahan yang dilindungi dengan kata sandi standar. Akun tambahan ini maksudnya untuk orang lain yang meminjam notebook kamu. Hal ini mencegah campur tangan orang lain yang dapat menyebabkan kerusakan/error pada notebook.

Membuat/mengatur system restore point

System restore point adalah semacam bookmark yang dibuat setiap kali kamu membuat perubahan yang signifikan pada notebook. Windows update menciptakan restore point, seperti halnya instalasi banyak program. Kamu bisa membuat pengaturan system restore point dalam jangka waktu tertentu (misalnya seminggu sekali). Jika ada suatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada notebook, kamu dapat kembali ke “titik sebelumnya/earlier point” tanpa kehilangan file atau folder apapun.

 

 

Nov 13 2012

on How To

10 Responses to Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Notebook Baru

  1. dok klo acer v5 171 maksimal ramnya berapa

    By davit Reply
    • Dear Davit, kamu bisa mengupgrade RAM maksimal 8GB DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  2. Hmm.. kayaknya judulnya kurang pas nih.. Lebih tepat menggunakan kata “merawat” kali yaa.. bukan “membeli”. :)

    By TONGKONANKU Reply
    • Hai, Terima kasih untuk masukannya :)

      By Dr. Acer Reply
  3. Dok,kalo beli neetbok acer itu harus diinstal dulu drivenya gx

    By Lekha Reply
    • Lekha, untuk pembelian produk yang sudah bundle dengan OS Windows, kamu tidak perlu menginstall kembali driver. Tetapi untuk pembelian produk dengan pilihan menggunakan OS Linux, dan nantinya akan di install OS Windows, maka perlu dilakukan instalasi driver kembali

      By Dr. Acer Reply
  4. Dr. Acer
    jadi kalo pake laptop dengan batre terpasang sementara charger terhubung (kondisi batre fulle dipake dengan jangka waktu lama gk pp nih Dok? Gk ngerusak batrenya ya?

    By Maulana Anwar Reply
    • Maulana, tidak apa :)

      By Dr. Acer Reply
  5. Dr. Acer.
    Laptop saya Acer V3-471G, kalo make laptop dalam jangka waktu yg lama misal 6 jam lebih dengan batre terpasang tapi disambung ke listrik boleh gk?
    Ada yg bilang gk boleh krn ngerusak batre, tpi kalo batre dicopot katanya bakal ngerusak komponen hardware..
    Jadi saya harus gmna nih Dr. Acer?
    Thx atas bantuannya ya, maaf kalo OOT dri artikelnya.. :D

    By Maulana Anwar Reply
    • Maulana, tidak apa menggunakan laptop dengan charger tetap terhubung :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.