Tips Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet

Fungsi flashdisk sebagai penyimpan data (dokumen, foto, video, dan sebagainya) saat ini memang sangat besar. Bentuknya yang relatif kecil, mudah dibawa kemana-mana, membuat hampir semua orang punya benda yang satu ini. Yup, apalagi jika kamu termasuk orang yang sering melakukan presentasi dari satu tempat ke tempat lain, flashdisk sepertinya jadi barang wajib yang harus dimiliki. Cukup colok flashdisk pada notebook, maka kamu pun siap beraksi.

Nah, betapa pentingnya alat yang imut ini, keki rasanya jika data-datanya harus hilang karena kecerobohan kita sendiri. Yuk, simak beberapa tips berikut supaya flashdisk kamu tetap awet dalam waktu yang lama:

  1. Seperti kebanyakan benda elektronik lainnya, jauhkan flashdisk dari medan magnet tinggi supaya penyimpanan data tidak terganggu.
  2. Upayakan flashdisk juga disimpan di tempat yang bersih dan tertutup supaya komponen di dalamnya tidak kotor dan berkarat.
  3. Jangan lupa back up data yang ada di flashdisk ke dalam komputer dengan perlindungan antivirus yang baik sebagai langkah upaya antisipasi. Maksudnya tentu supaya data-data penting keamanannya dapat terjamin.
  4. Ingatlah bahwa flashdisk merupakan perantara antivirus nomor wahid. Oleh sebab itu, scan flashdisk dengan antivirus terbaik supaya virus dari komputer lain tidak terbawa pada notebook atau PC milik kamu.
  5. Hindari flashdisk dari benturan. Banyak orang yang sembarangan menaruh flashdisk dengan melemparnya yang justru itu dapat merusak komponen di dalamnya.
  6. Hindari flashdisk dari panas atau dingin yang berlebihan untuk mencegah kerusakan komponen di dalamnya.
  7. Biasakan untuk eject atau stop flashdisk sebelum mencabutnya dari komputer.
  8. Sebaiknya hindari mengedit file yang ada di flashdisk secara langsung. Ada baiknya kamu copy dulu file tersebut, diedit, baru kemudian setelah selesai pindahkan kembali file tersebut ke dalam flashdisk.
  9. Jaga hologram, bungkus flashdisk, dan simpan nota pembelian flashdisk dengan baik untuk keperluan garansi.
  10. Hindari mem-format flashdisk terlalu sering karena dapat mengurangi jumlah batasan hapus tulis.
  11. Agar tidak mudah hilang/jatuh, belilah tali flashdisk. Selain itu, jaga baik-baik tutup flashdisk supaya konektor flashdisk tetap aman dari debu yang mengotori.

Nah, itu dia beberapa tips menjaga dan merawat flashdisk agar tetap awet. Semoga bermanfaat, spAcer! 😀

 

Related Article

19 Responses to Tips Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet

 

  1. mau tanya nih, saya bermasalah dengan mousepad notebook saya atau bisa dibilang macet gitu/nonaktif, saya nyoba tekan “Fn+F7” juga ga ngaruh apa-apa?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Tri, bisa diinfokan apakah kamu sudah menginstall aplikasi launch Manager untuk mengaktifkan tombol Fn pada keyboard? Jika belum, dukungan aplikasi Launch Manager laptop Acer bisa kamu download di website Acer http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

  2. Nur alam says:

    Dok,ane punya laptop acer e1-451g.
    Kan spek nya amd radeon 8750 2gb kan.
    Tapi pas saya baca dxdiag kok amd radeon 7670,
    trus saya cari di computer management malah ada 2.
    Yaitu amd radeon 8750 dan amd radeon 7670.
    Mhon pencerahan

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nur, Aspire E1-451G memiliki teknologi dual graphic AMD Radeon. Radeon HD 8750M akan aktif secara auto menggantikan Radeon 7670 ketika menjalankan aplikasi/game yang membutuhkan kinerja grafis lebih tinggi. 🙂

  3. Sugimin says:

    Mohon bantuan Dr. Acer bisa gak flashdisk diberi themes ya? Terus kalau bisa gimana caranya? Makasih sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Sugimin, mohon maaf bisa dijelaskam themes seperti apa yang kamu maksud?

  4. Risqk says:

    Ingatlah bahwa flashdisk merupakan perantara antivirus nomor wahid.
    Saya rasa admin salah tulis atau memang gak pernah ngerti apa yg di tulis ya…perantara anti virus, harusnya perantara virus min…n kesalahan seperti ini sring terjadi. Saya harap ke depan lebih hati2 n teliti lg sbelom diposting ya min, terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Terimakasih atas masukannya, Risqk

  5. Alee says:

    Mhn maaf saya ada mau tnya tp agak menyimpang dari pembahasan diatas, DR. Acer…. Saya mau tny NVIDIA bs di upgread nggak?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Alee, VGA pada laptop tidak bisa diupgrade atau diganti.

  6. BAYU says:

    Bagusan FD kingston apa thosiba,,????

    Dan juga pada FD yg tertulis 8GB ko’ pas diceck di notebook cuma 7,69 GB

    Terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Bayu, kamu bisa mencari referensi mengenai kedua vendor tersebut di forum atau blog yang membahas mengenai komputer atau teknologi. Mengenai kapasitas RAM yang tidak sesuai, hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan perhitungan antara manusia dengan sistem.

      Perhitungan komputer/system sbb:
      – 1 Byte sebenarnya sama dengan 8 bit (satuan terkecil dalam komputer), dimana 1 bit hanya bernilai 1 atau 0, atau bisa kita katakan itu adalah berbasis angka Biner. jadi 1 KB (Kilo Byte) itu sebenarnya bukan cuma 1000 Byte, tapi 2 dipangkat 10 = 1024 byte (1 KB).

      – Demikian juga dengan 1 MB (Mega Byte) adalah sama dengan 1024 Kb, atau sama dengan 1024 x 1024 = 1.048.576 Byte, jadi 1 GB (Giga Byte) itu adalah 1024 x 1 MB, atau 1024 x 1024 x 1024 Byte = 1.073.741.824 Byte. jadi harga sebenarnya dari 1 GB yang tertera di komputer (Windows Explorer misalnya) itu sebenarnya berharga efektif /asli 1.073.741.824 Byte.

      Contoh untuk perhitungan 320 GB = 320.000.000.000 Byte / 1024 / 1024 / 1024  = 298,0232233xxxxx (angkanya tidak bulat)
      Sedangkan perhitungan Vendor 1KB sama dengan1000B,1MB=1000KB,dst

  7. Lu945 says:

    Makasih dr.acer……infonya

  8. pepep firmansyah says:

    gan. Klo, flasdosk nya udh trlnjur rusak, gmna?
    Flsdik k detek,ada lmbang panah, ijo di pojok kanan bwh. tpi wktu di my kmputer gk ada,..
    Bisa bntu ga?

    1. Dr. Acer says:

      Pepep, sudah mencoba menghubungkannya pada perangkat komputer lainnya? kalau tidak berhasil, sebaiknya memeriksakan flashdisk tersebut ke tenaga ahli 🙂

  9. adi says:

    Kenapa sih Kalo mau eject flashdisk, terkadang gak bisa (cannot stop the device) ? Gw sering kaya gitu tuh, jadi mau gak mau langsung gw cabut. Tanpa “Savely”.

    1. Dr. Acer says:

      Adi, kemungkinan ada aplikasi atau sistem yang masih mengakses flashdisk tersebut. atau bisa juga disebabkan karena virus 🙂

  10. deny says:

    kalau cara memilih flashdisk yang baik gimana ?

    1. Dr. Acer says:

      Deny, kamu bisa coba mencari informasi yang kamu butuhkan di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi 🙂

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved