Pilih Notebook atau Tablet PC?

spAcer, setuju dong bahwa popularitas tablet PC saat ini makin meningkat secara signifikan. Dengan hadirnya tablet PC, konsep komputer yang dulu terkesan sebagai produk berdesain kotak dan kaku, berangsur menghilang. Yup, komputer kini hadir dalam bentuk yang tipis dan mengandalkan layar sentuh bahkan tanpa papan ketik/keyboard.

Coba lihat saja bagaimana Acer Indonesia meluncurkan Iconia Tab A701 dan A511 yang menawarkan berbagai fitur menarik sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya saat ini. Dengan fungsi yang disediakannya, tablet PC bisa dibilang komputer kedua untuk melengkapi notebook atau netbook.

Bisa jadi konsumen juga ada yang kebingungan antara memilih tablet PC atau notebook. Wajar saja, beberapa vendor seperti Acer punya produk notebook dan tablet yang sama-sama bagus. Nah, jika spAcer termasuk salah satu orang yang masuk kategori “galau” memilih antara notebook atau tablet PC, berikut adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan:

Sesuaikan dengan kebutuhan

Walaupun sama-sama tergolong sebagai komputer, tablet PC dan notebook sebenarnya dirancang untuk penggunaan dan tujuan yang berbeda. Bahkan pada umumnya tablet PC memiliki sistem operasi yang berbeda dari notebook. Imbasnya tentu aplikasi atau software yang digunakan di tablet PC dengan notebook akan berbeda.

Orang cenderung menggunakan notebook untuk membuat laporan-laporan, membuat email yang panjang, memasukkan data, editing foto/video, dan sebagainya. Tapi jika kami hanya menggunakan komputer untuk sebatas browsing internet, chatting, mengetik naskah pendek, main game yang santai, serta jarang mengetik, tablet PC bisa jadi pilihan. So, sebaiknya kenali dulu kebutuhan kamu sebelum memilih notebook atau tablet PC.

Mobilitas

Nah, yang satu ini bisa jadi pertimbangan utama spAcer memilih notebook atau tablet PC. Keduanya memang memudahkan mobilitas kita sehari-hari, tapi jika kamu hanya sekedar presentasi atau mengakses internet, tablet PC rasanya cocok sebagai pilihan yang bijaksana. Pasalnya, selain daya tahan baterainya yang panjang, tablet PC juga lebih dingin ketika kita lupa mematikannya saat disimpan dalam tas.

Budget/anggaran

Jika sudah mengenali kebutuhan dan mobilitas sehari-hari, yang terakhir perlu dipertimbangkan adalah soal dana yang dimiliki. Dengan spesifikasi yang tinggi dan beberapa fitur menarik lainnya, notebook biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih mahal ketimbang tablet PC. Wajar saja, pasalnya fungsionalitas notebook memang ditujukan untuk hal-hal yang “lebih berat” seperti editing gambar/musik/video, multimedia, atau programming.

Beberapa tablet, tergantung merek dan spesifikasi yang diusungnya, dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau mulai Rp 1,5 jutaan – Rp 8 jutaan. Tapi upayakan untuk membeli tablet dengan merek yang ternama seperti Acer. Tentu agar spAcer memperoleh dukungan purna jual serta nilai jual kembali yang lebih baik.

Oct 09 2012

on How To

3 Responses to Pilih Notebook atau Tablet PC?

  1. thanks infonya;
    saya termasuk org yg GALAU memiLih Gadget…
    1. Saya mahu TABLET PC tp bisa digunakan untuk Voice call;
    tp kayaknya suLit mencari spesifikasi ini..
    jdi Saya putuskn untuk membeLi Pisah (smartphone dn Tablet PC saja)
    Sebagai anak kuLiahan : Butuh yG Mobilitas, simple dn ferforma yG cukup sperti netbook/notebook.
    2. Saya maunya Tablet PC yG berbasis Windows, sehingga bisa digunakan layaknya Netbook, tp SAYA MAU, YANG ADA KEYBOARD DOCKNYA (kayak transformer asus)
    3. Apakah tablet PC berbasis Windows, tdak sama kecepatan kerjanya dgn Netbook ya???
    dong susah kLo mw buat laporan, buat tugas, editing, video atau sekedar edit Video…
    Mohon Pencerahan ya Admin…

    By Atma Gatot Reply
    • Dear Atma, Acer memiliki varian tablet dengan OS Windows, yakni pada tipe W500 yang sudah dilengkapi dengan keyboard docking

      By Dr. Acer Reply
  2. Bahasa yang mudah di mengerti.. Semoga Acer semakin mengerti kebutuhan konsumen khususnya anak anak muda..

    By ari wijayo Reply

Submit Comment

  1.