Perpanjang Hidup Notebook Anda Dengan Cara Ini

Perkembangan notebook saat ini sudah semakin pesat, spAcer. Hampir setiap tahun, produk anyar dari berbagai vendor bikin tangan kita gatal merogoh kocek lagi untuk membeli notebook anyar. Jika dulu notebook bentuknya masih besar dan repot sekali dibawa-bawa karena beratnya, kini notebook hadir dalam bentuk slim/tipis dan ringan. Oleh sebab itu, tak perlu heran jika saat ini lebih banyak orang memilih notebook ketimbang PC karena bisa dibawa kemana-mana.

Kehadiran notebook memang menawarkan kenyaman pada kita, terutama di era sekarang di mana setiap orang mobilitasnya semakin tinggi. Notebook slim dan ringan menjadi solusi, terlebih jika spAcer termasuk orang-orang yang dituntut untuk selalu bisa bekerja di mana pun dan kapan pun. Apalagi sekarang banyak notebook yang meski tipis dan ringan, tapi tetap menawarkan kinerja komputasi yang mumpuni.

Acer Slim Aspire M5, misalnya. Notebook yang tipis dan ringan ini mampu menawarkan performa tangguh berkat penggunaan prosesor Intel Core i generasi ke-3 serta grafis NVIDIA GeForce GT640M. Imbasnya, tentu pekerjaan kreatif (misalnya editing video) semakin mudah untuk diselesaikan.

Nah, begitu pentingnya peran notebook dalam aktivitas sehari-hari, tentu harus diimbangi oleh perawatannya yang maksimal. Ini maksudnya supaya notebook tetap bisa diandalkan setiap saat. Simak beberapa tips berikut yang berguna memperpanjang hidup notebook:

  • Upayakan notebook untuk selalu dingin.

Semakin panas notebook, semakin besar kemungkinan untuk terjadinya kegagalan komponen/component failure. Jangan biasakan menyalakan notebook di atas bantal, sofa, kasur, dan sebagainya karena hal itu berpotensi menyumbat ventilasi yang ada pada notebook. Akibatnya, komponen yang ada dalam notebook menjadi mudah panas. Anda bisa menggunakan cooling pad yang dapat membantu meminimalisir panas yang terjadi di dalam notebook. Cooling pad juga bisa membantu kipas notebook tidak bekerja terlalu keras.

  • Mengganti hard disk dengan SSD

Jika memungkinkan dan punya budget lebih, cobalah ganti hard disk dengan SSD. Penggunaan SSD akan memakan lebih sedikit daya karena SSD mempunyai waktu buka tutup aplikasi lebih cepat dan tidak menghasilkan panas berlebih yang akan mempengaruhi komponen sekitarnya.

  • Perlakukan notebook dengan lembut.

Rawatlah notebook spAcer dengan maksimal. Selain menggunakan, kita juga harus bisa merawatnya dengan baik. Misalnya, dengan menjaga kebersihan notebook dari kotoran/debu. Tidak meletakkan benda-benda berat di atas notebook, jangan mengangkat notebook sambil memegang bagian display/layar, menggunakan tas notebook ketika sedang berpergian, menjauhkan notebook dari medan magnet yang kuat atau paparan langsung sinar matahari, dan sebagainya.

Related Article

223 Responses to Perpanjang Hidup Notebook Anda Dengan Cara Ini

 

  1. Nama Lengkap says:

    laptop saya acer aspire 4750 (sering di pake berjam2). saya mw nanyan lebih baik make baterai ap tidak dan juga saat digunakan dan apa acer saya ini tlah dilgkapi auto control semacam disable charging pada saat baterai telah penuh?
    Terima Kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Hai, kamu tidak perlu melepas baterai ketika menggunakan laptop. Gunakan saja laptop dengan charger terhubung. Penggunaan laptop tanpa baterai memiliki resiko kerusakan jika sewaktu-waktu aliran listrik terputus. Baterai Lithium-ion yang digunakan pada produk-produk laptop Acer saat ini telah dilengkapi dengan mekanisme trickle charging yang mencegah terjadinya overcharging. Mekanisme ini menyesuaikan rasio pengisian baterai (charging) dengan pengosongannya (discharging) sehingga tidak akan terjadi proses overcharge yang merusak baterai.

  2. Siang dok,
    Saya fia, mau tanya…
    Laptop yang saya gunakan adalah acer aspire v5 471p. Saat ini sedang mengalami kendala pada waktu restart yang sangat lama, hampir satu juam proses restart tidak selesai juga, ada note seperti ini “keep your pc ugged in until this is done. Installing update 1 of 30” mohon solusi untuk mengatasi masalah pada laptop yang saya gunakan ini dok, terimakasih….

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fia, pastikan unit laptop tersebut terhubung ke internet, namun jika masih tetap kendala yang sama kami sarankan membawa unitnya ke Acer service center terdekat. Informasi lokasi service dapat ditemukan pada bagian bawah halaman blog ini.

  3. Nabilah Puti says:

    dok ini saya Nabilah maaf ya dok saya mau tanya lagi, sebelumnya kan saya nanya, kalau kursor saya gak bisa touchpad lagi, baru dokter bilang di control panel>mouse>lalutouchpad,tapi saya gak ketemu2 mohon dokter beritahu lebih lanjut, dan saya ingin bertanya bagaimana caranya utuk mengganti gambar yang saat kita baru masuk yang warna biru itu loh dok. terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Hai Nabilah, coba kamu install ulang driver touchpad terlebih dahulu. Driver bisa kamu download melalui tautan berikut:
      http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

  4. Nabilah Puti says:

    hallo dok saya Nabil, saya mau tanya kan Laptop saya acer aspire V5-431 nah kursor saya sebelumnya mau untuk besar kecil otomatis sekarang kok gak bisa ya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nabilah, kamu bisa coba cek terlebih dahulu pengaturan Gesture pada Control Panel > Mouse > touchpad

  5. Gamarckzt says:

    Dok aku punya Laptop Acer 4755G Core i5. lagi asik maen game tpI kok tba” mati sndiri yach. trus mw di nyalain lagi, lampu indikator power g nyala, pikir mgkin lowbat laptopnya di colokin cas jga g’ nyala lampu indikator chargingnya. gmana cara mngatasinya dok??? please solusinya gmna dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gamarckzt, sudah coba untuk melepas kemudian memasang kembali baterai pada laptop kamu? Jika problem tersebut masih belum teratasi, kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk pemeriksaan secara langsung

  6. dok aku punya acer v3-471G yang saya tanyakan adalah ketika masih dingin bisa bertahan skitar 15 menitan, setelah itu bunyi tet skli langsung mati total. kemudian saya hidupkan lagi tidak berapa lama mati lg dengan bunyi yg sama< gmana apa ada solusinya nih< karena tempat kami jauh dari service center. mohon bantuannya klo bisa lewat sms saja krn ditempat kami susah sgnal untuk online (082354015154) terima kasih sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Novian, kemungkinan ada masalah/kerusakan pada hardware. Hal ini tidak dapat diselesaikan hanya dengan interaksi online seperti ini. Kami menyarankan agar dibawa ke service center agar investigasi permasalahan bisa berlangsung dengan lebih baik dan menyeluruh sehingga bisa diambil tindakan yang tepat.
      Interaksi melalui online Acer Indonesia sangat tinggi dan ada kemungkinan tindakan yang kami sarankan salah karena pemeriksaan tidak dilakukan secara langsung dan lebih intens seperti yang bisa dilakukan di service center langsung oleh teknisi Acer. Tindakan dengan pemeriksaan langsung juga akan mendapatkan jaminan garansi service sehingga lebih aman.

    2. Dr. Acer says:

      Dear Novian, kemungkinan ada masalah/kerusakan pada hardware. Hal ini tidak dapat diselesaikan hanya dengan interaksi online seperti ini. Kami menyarankan agar dibawa ke service center agar investigasi permasalahan bisa berlangsung dengan lebih baik dan menyeluruh sehingga bisa diambil tindakan yang tepat.
      Interaksi melalui online Acer Indonesia sangat tinggi dan ada kemungkinan tindakan yang kami sarankan salah karena pemeriksaan tidak dilakukan secara langsung dan lebih intens seperti yang bisa dilakukan di service center langsung oleh teknisi Acer. Tindakan dengan pemeriksaan langsung juga akan mendapatkan jaminan garansi service sehingga lebih aman 🙂

  7. Bang dokter
    cara mengatasi acer aspire 4755g(i5)
    yang sering restar sendiri karena gak ada bios gmna ?
    jadi setiap instal aplikasi baru langsung restar sendiri ??????

    1. Dr. Acer says:

      Dear Septa, apakah restart tersebut terjadi setelah proses instal selesai? Bisa diinformasikan 22 digit serial number yang terdapat di bagian bawah laptop?

    2. Dr. Acer says:

      Dear Septa, apakah restart tersebut terjadi setelah proses instal selesai? Bisa diinformasikan 22 digit serial number (S/N) yang terdapat di bagian bawah laptop?

  8. Vadly says:

    Assalmualakum, Mau tanya Nich, Laptop saya baru 1 minggu buka kardus, setelah saya pake kok setelah aku SLEEP, kok gak bisa nyala lagi dok, dan bisa nyala kalo kita cabut batre dan tekan lama padatombol power, baru bisa idup, saya memakai OS windows 8 Pro dok, kira kira apa masalahnya,
    dan satu lagi kadang Layar pada notebook saya kedim sesaat, itu kenapa yaa,, saya memakai ACER Aspire E1-451g yg barangnya bisa di kategorikan keluaran baru dg spek yang tinggi, terimakasih…..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Vadly, kemungkinan hal tersebut disebabkan kondisi baterai yang belum
      terkalibrasi, kamu bisa coba untuk melakukan kalibrasi terlebih dahulu
      baterai laptop kamu dengan cara:
      – Sambungkan pusat listrik ke adaptor notebook kamu, lakukan pengisian penuh pada baterai.
      – Ketika baterai sudah penuh, lepaskan adaptor dan gunakan notebook dengan tenaga baterai saja.
      – Non-aktifkan/disable semua warning option untuk baterai di Power
      Options properties seperti Shut Down, Stand-by on Hibernation.
      – Ketika baterai hanya 3%, tutup semua aplikasi dan biarkan notebook mati dengan sendirinya.
      – Sambungkan pusat listrik ke adaptor Kamu lagi dan isi ulang kembali baterai kamu sampai penuh.
      Baterai kamu telah dikeringkan untuk kalibrasi.

  9. Notebook saya Acer Aspire one D255, mau tanya kadang2 muncul kotak dengan bertuliskan “server.exe-no disk” itu maksudnya apa ya? sekian

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Trisaulia. Hal tersebut terjadi karena ada kesalahan pada aplikasi yang sedang kamu jalankan. Coba install ulang aplikasi yang sering bermasalah tersebut.

  10. kimdua26 says:

    halo dok, acer 2920z saya hardisknya kadang tidak terdeksi, sudah saya ganti hardisk baru tetap sama kadang tidak terdeksi. jika saya gunakan os portable dengan flasdisk/cd normal bisa berjalan. mohon pencerahan bagaimana cara mengatasinya. trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Kimdua, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

  11. Edy says:

    hai doc,
    4741 saya mendadak nyala sendiri sesaat jek charger ditancapkan, dan sering jam/tanggalnya reset sendiri, kenapa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Edy, hal tersebut kemungkinan karena sebelumnya laptop tidak berada dalam keadaan shutdown, atau hanya hibernate/sleep. Untuk jam, coba atur kembali setting jam pada BIOS

  12. dion says:

    dok , knapa ya laptop saya tiba” mati dan tidak bisa hidup algi tapi ketika saya tekan powernya lampunya hdup keda kedip .kira” apa ya penyebabnya dok.!!

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dion, bagaimana dengan panas pada laptop kamu? Laptop dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya untuk melindungi komponen didalam laptop agar tidak rusak karena overheat

  13. dok, saya punya laptop acer aspire 4740 kenapa ya law lapto sudah panas mati sendiri, begitu seterusnya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sandra, Laptop dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya untuk melindungi komponen didalamnya agar tidak rusak karena overheat 🙂

  14. dokk,,saya mau tanya nii,..
    knpa ya setiap saya nyalakan laptop saya gak mau masukk k’windows,..cuman dari tulisan Ecer yaa bisa di biang baru masuk biosnya habis tuhh kembali lagi ke tulisan Ecer lagii,,begituu truss setiap dinyalakan,,laptop saya ecer 4741,..tolong bantuannya ya dokk,..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Defri, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, kamu bisa coba dahulu untuk masuk ke safemode dengan cara menekan tombol F8 pada saat awal booting, namun jika tidak bisa sebaiknya instal ulang OS atau recovery dengan cara menekan tombol Alt+F10 pada saat awal booting (jika menggunakan OS resmi dan bundling saat pembelian) 🙂

    2. indra says:

      halo dok..
      saya punya laptop acer v3 471G,
      laptop saya kenapa tiba-tiba mati sendiri ya, awalnya saya kira mati listrik ehh ternyata tidak, trus ketika saya nyalakan lagi harus lebih dari 3 kali menekan tombol powernya baru bisa nyala, selang kurang lebih 1 jam leptop mati sendiri lagi, trus sy coba nyalakan lagi belum nyampe startup windows udah mati lagi..
      mohon pencerahannya dok..

      1. Dr. Acer says:

        Hai Indra, untuk kendala tersebut kamu bisa coba melakukan ‘power-reset’dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
        Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan nyalakan lagi laptopmu.
        Jika tetap memiliki kendala yang sama kami sarankan untuk membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer 🙂

  15. hendra says:

    dok,saya punya acer aspire 4750
    OS win 7,harddisk brenti kebaca di”starting windows”, kecuali tekan sembarang tombol barulah harddis ngerespon,knapa bgitu dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hendra, coba periksa dahulu priority boot setting melalui bios setup (tekan F2 pada saat awal booting), jika sudah benar kemungkinan terjadi masalah pada system atau dari hardisknya, kamu bisa coba kemudian dengan cara install ulang OS 🙂

  16. IRON says:

    mlm dok… gmm sy bisa dpat skema, acer ao 722 ya. ….

    1. Dr. Acer says:

      Iron, kamu bisa mencoba membaca buku manual/petunjuk yang disediakan pada saat pembelian.

  17. Marcel says:

    Unit V5-471G-33214G50Mabb saya ada semacam titik di tengah layar LCD nya, sewaktu membeli tidak kelihatan, setelah di ruangan yang gelap baru kelihatan dengan desktop backgroun berwarna hitam.
    apakah ini akan mmpengaruhi dari LCD tsb?
    Thanks,,

    1. Dr. Acer says:

      Marcel, Hal tersebut tidak mempengaruhi LCD pada laptop kamu. Dead Pixel umumnya tidak menyebar 🙂

  18. bari says:

    mlm boss ni saya punya acer aspire 4540 ? kalau dinyalakan bleng tapi lampu power nyala dan kipas prosesor nyala?? kenapa ya boss ?? tolong infonya

    1. Dr. Acer says:

      Bari, kamu bisa memeriksanya dahulu menggunakan LCD eksternal, jika tampil berarti yang bermasalah adalah LCD laptopnya, namun jika masih tidak tampil kemungkinan ada masalah pada mainboard (VGA), untuk memastikannya kami sarankan membawanya ke Acer service center di http://www.acerid.com/acer-service-center-list/ 🙂

  19. abdullah says:

    dok..
    saya punya laptop acer aspire 2920z
    gak mau hidup. lampu indikator power dan cargher berkedip..
    trus klu dimatiin gak mau mati lampu indikatornya..
    kira kira apa kerusakannya mohon pencerahaan nya..
    klu ada skema jalur nya tolong diupload dok..
    terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Abdullah, apakah sudah mencoba menggunakan dengan charger terpasang? Jika tidak berpengaruh, kami sarankan untuk membawa unit ke Acer service center terdekat agar dapat melakukan pengecekan fisik secara langsung.

  20. udo says:

    hallo dok..
    saya punya acer aspire 4741…ketika pertama kali dihidupkan laptopnya hidup…tapi bila dimatikan dan dihidupkan lagi laptopnya nggak mau hidup…lampu indikator hidup tapi layar hitam …thanks dok

    1. Dr. Acer says:

      Udo, apakah sudah mencoba menghidupkannya dengan melepas baterai? Jika tetap seperti itu, kemungkinan ada masalah pada VGA/mainboard 🙂

  21. eka says:

    Dok,saya mau tanya kenapa laptop saya sulit dihidupkan,setelah ditekan tomnol powerr beberapa detik hidup lalu mati lagi dok,,,kira2 knp ya?

    1. Dr. Acer says:

      Eka, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  22. rahmat nazif says:

    dok, mau nanya. acer v3-471g udah punya fitur autocut untuk charger nya? trims

    1. Dr. Acer says:

      Rahmat, Teknologi yang digunakan pada produk Acer adalah Trickle Charge. Tidak apa jika laptop tetap digunakan dengan charger terhubung dengan laptop tersebut, meskipun baterai sudah penuh 🙂

  23. hanan says:

    halo dok,
    saya punya laptop acer aspire V3-471G, mau tanya,,
    kenapa ya laptop saya touchpadnya tidak bisa digunakan? dan kombinasi keyboard Fn+F7 yg biasanya berfungsi mengaktifkan/menonaktifkan touchpad juga tidak bisa digunakan. padahal tidak ada kerusakan pada hardwere touchpad dan hardwere keyboard Fn maupun F7.
    mohon tanggapannya, terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Hanan, coba install ulang kembali driver touchpad, serta aplikasi Launch Manager pada laptop kamu. Driver bisa di download di http://www.acer.co.id > Support > Download 🙂

  24. Dian Sandyco says:

    halo dok, saya punya acer 4540 AMD ketika tombol power saya tekan mau menyala, dan kipas pendingin processor berputar, tapi tidak mau menampilkan tampilan bios maupun masuk ke OS, Juga tidak terdengar bunyi “Bip”, kira-kira kenapa mohon bantuanya. terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dian, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  25. salidarwis says:

    dok mau nanya, kenapa ya setiap mau nyalain laptop setelah pencet tombol power 3 kali baru nyala, apakah ada masalah di hardware nya? makasih

    1. Dr. Acer says:

      Salidarwis, sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  26. hendry says:

    pak netbook sya acer happy punya masalah sering restart sendiri..pa harus install OS lagi? kl udah dicoba terus tetep sama, da cara lagi gak buat ngatasi masalah ni..

    1. Dr. Acer says:

      Hendry, bagaimana dengan panas pada laptop kamu? Laptop dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, funsginya untuk melindungi agar komponen tidak rusak karena overheat. Solusinya bisa dengan menggunakan Cooling Pad 🙂

  27. izum says:

    saya ada laptop acer 4750, tidak mau hidup sama sekali, tombol power di tekan tidak hidup, lampu2 juga tidak menyala. sudah pake cas juga tidak mau hidup, apa penyebabnya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Izum, hal tersebut mengindikasikan terjadinya kesalahan pada sistem kelistrikan laptop. Untuk memperbaikinya, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  28. johan says:

    dok… laptop saya acer 4741 standart awal P6000 tp udah saya upgrade ke core i5 580M…. dan RAM saya upgrade dengan kapasitas max 4GB x 2 Slot = 8GB
    nah… yang saya mau tanyakan… ditips point ke 2 mengganti HDD dgn SSD…
    apa bisa dok???? koneksi ke Mainboard nya sama saja???
    kalau saya googling penampakan dari SSD… koneksinya sama dengan HDD laptop saya… cuma beda di bobot fisiknya saja… takutnya nanti udah beli malah ada aja yang ga compatibel…
    tolong pencerahannya ya dok..
    saya tunggu…

    1. Dr. Acer says:

      Johan, Mengganti HDD menjadi SSD bisa saja dilakukan 🙂

  29. dedy says:

    halo dok,
    saya mau tanya, kenapa ya acer saya kipasnya gak hidup saat saya hidupkan laptop saya…. dan kadang walaupun leptop saya udah panas tetap gak hidup… padahal waktu saya baru beli kipasnya selalu hidup…

    1. Dr. Acer says:

      Dedy, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  30. juni says:

    dok laptop saya knapa ya?? typena acer aspire 4535…

    masalahnya tiap hidupin laptop booting masuk ke windows lama…nunggu ampe 25-30menit lamanya masi blank hitam
    nanti nya lebih dari ituw baruw dy hidup lagi, ituw knapa ya? apa ada pengaruh sama charger/batre saya karna laptop ini sudah 4tahun bersama saya..

    1. Dr. Acer says:

      Juni, sudah coba menginstall ulang OS pada laptop kamu? Jika setelah instalasi ulang problem tersebut tetap terjadi, kami sarankan untuk memeriksakan laptop kamu ke Acer Service Center terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut 🙂

  31. Intan says:

    hai dok,
    saya punya netbook acer aspire one,,laptop saya itu sudah 2 minggu tidak saya pakai,trs pas saya mau pake kok ndak bisa nyala sama sekali,saya charge lampu indikatornya juga gak nyala,trs lampu di adaptornya mati sendiri ketika saya gunakan untuk men-charge?
    knp ya?

    1. Dr. Acer says:

      Intan, sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  32. Kaka says:

    Doka laptop sya acer v5 431 887..4 bulan pake skr suka restart sendiri setiap 2 jam pemakaian dan muncul blu screen “sorry bla bla bla need to restart.”.kenapa ya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Kaka, Kemungkinan terdapat kerusakan pada sistem di laptop kamu. Solusinya bisa dengan melakukan instalasi ulang OS kembali pada laptop kamu

  33. haloo dok..
    saya mau tanya laptop acer saya seri 4740 core i3, ketika saya hidupkan tampil tulisan acer selang sedetik mati trus hidup lagi muncul tulisan acer. selalu berulang ulang seperti itu, saya sdh coba instal sampai selesai, ketika shutdown, trus dihidupin lagi hslnya sama terulang lagi mati hidup mati hidup. apanya ya dok?? trm kasih dok. wesky di palembang.

    1. Dr. Acer says:

      Hai, sepertinya terjadi masalah pada hardware di laptopmu. Untuk mengatasinya, silakan bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  34. yosept says:

    saya menggunakan aspire tipe 4755g(i7), tapi masalah yg sering muncul baterai tahan hanya sampe 1 jam saja, apakah baterai saya termasuk baterai yang bocor, apa masih bisa diganti

    1. Dr. Acer says:

      Yosept, Kami sarankan untuk membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung mengenai problem pada laptop kamu 🙂

  35. Nanang says:

    dok, ada apa yah dgn notebook sy, setiap diaktifkaan selalu bunyi tuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuttttttt bgt selama 1 menit

    1. Dr. Acer says:

      Nanang, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada dibagian bawah website ini agar bisa diperiksa langsung oleh teknisi Acer untuk diketahui secara pasti penyebab masalah tersebut.

  36. riyan says:

    dok, saya pakai AO 722 dengan os windows 7, kenapa ya kok sering hang? lagi asik2 main tiba2 berhenti, padahal saya baru beli notebook ini.. sudah saya lengkapi dengan cooling pad juga.. apakah ada yang salah dengan O.S nya atau apa yang do? mohon pencerahan..

    1. Dr. Acer says:

      Riyan, Kegiatan seperti apa yang sedang kamu kerjakan ketika terjadi hang tersebut?

  37. riki says:

    dok,,
    apa boleh menghidupkan notebook terlalu lama?
    saya biasanya main game facebook bisa sampai 4 jam anehnya walaupun saya rasakan sdh sangat panas tapi knp ngak mati2 ya.
    apa fitur mati otomatisnya ngak ada (saya pakai aspire one c-50)

    1. Dr. Acer says:

      Riki, Fitur Auto-shutdown akan berfungsi ketika sistem dirasa sudah terlalu panas. Kami sarankan untuk menggunakan perangkat tambahan seperti cooling pad pada laptop kamu 🙂

  38. Alfin says:

    dok acer aspire one D255 saya gk mau nyala sama sekali kenapa ya? lampu powernya hidup tapi mesin nya gk nyala…

    1. Dr. Acer says:

      Alfin, sulit bagi kami untuk mengetahui penyebabnya tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Oleh karena itu, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  39. dok saya mu nanaya
    saya pke acer ao 722
    stlah saya pke window 8 developer knp sering restart sendiri yahh ??
    mhon jawabannya

    1. Dr. Acer says:

      Idhan, hal tersebut bisa saja terjadi karena masih ada bug pada OS Versi developer tersebut. Kamu bisa coba menggunakan OS Windows 8 yang sudah di release oleh Microsoft 🙂

  40. fanly says:

    acer saya 4736g… satu dua kali tekan tombol power agak lama di start up baru hidup… lama lama cuma sampai di gambar windows lalu mati…. proses ini saya ulangi tekan tombol power sampai 15 kali baru hidup… pernah sampai 4o kali baru hidup….kira kira penyakitnya apa ya dok…mohon resep dan obatnya/pencerahan? thanks…

    1. Dr. Acer says:

      Fanly, sudah coba menginstall ulang kembali OS pada laptop kamu?

  41. arie says:

    dok mau nanya.. aq punya acer v5-471 core i3..
    spesifikasi ada bloototh..tapi koq.. ketika mw dijalankan ga bisa ya..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arie, bluetooth bisa diaktifkan dengan menekan FN+F3, apakah driver bluetooth telah terinstall dengan benar? coba diinstall kembali dengan mengunduhnya terlebih dahulu via tautan berikut http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

    2. Dr. Acer says:

      Dear Arie, bluetooth bisa diaktifkan dengan menekan FN+F3, apakah driver bluetooth telah terinstall dengan benar? coba diinstall kembali dengan mengunduhnya terlebih dahulu via tautan berikut http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers 🙂

  42. kadek says:

    dok,punya ku acer aspire one D255.
    smart-pad nya tiba2 ga bisa dipake, ga bergerak sama sekali, jadi harus pake mouse, kan ga praktis bgt kl dibawa keluar, kenapa ya dok?
    mohon solusi nya, makasih.

    1. Dr. Acer says:

      Kadek, kamu bisa coba install ulang kembali driver touchpad pada laptop kamu. Atau coba aktifkan touchpad dengan menekan Fn+F7 🙂

  43. dok ,ada komputer acer yang murah gak tapi spek bagus

    1. Dr. Acer says:

      Lukmana, bisa di informasikan kepada kami kisaran budget yang akan dikeluarkan untuk membeli sebuah Desktop PC atau laptop? akan kami bantu memberikan rekomendasi yang sesuai 🙂

  44. fajri says:

    Hai dok. Saya mau tanya. Netbook sy tp AO722. Ahir2 ini kenapa setiap mau dihidupkan, ketika sy tekan tombol power respon nyalanya lama ya, sekitar 2 menit – 3 menit br lampu indikator nyala biru kemudian br hidup dan start up. Malah kadang2 ga hidup sama sekali. Harus menunggu lama lg br tiba2 nyala. Kira2 kenapa ya dok? Mohon bantuanya. Oiya, sblmnya sy sdh coba update bios, tp tetep sama aja, harus nunggu br lama baru nyala.

    1. Dr. Acer says:

      Fajri, untuk mengetahui secara pasti penyebab permasalahan ini dibutuhkan pemeriksaan langsung oleh teknisi Acer. Oleh karena itu, sebaiknya bawa netbookmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  45. tisa says:

    halo, dok..
    aku punya notebook acer ao 722, yg habis diservice di acer center krn masih digaransi. ktanya masalahny krn harddisknya ga terdeteksi, n emang wktu brmasalah kedengeran bunyi berdesing kyk dvd player di mesinnya n muncul tulisan “check cable connection n blabla insert boot disk n press any key” pdhl wktu smntara dipake ga ada apa2. itu krn apa ya? pdhl aku udah perlakuin notebook aku dgn baik n pelan malah.
    trus abis diservice kadang masih suka bunyi berdesing lagi tp beda ma yg pertama, biasanya skitar 2 menitan bunyi kyk gitu..
    minta sarannya dong dok..
    thanks before.

    1. Dr. Acer says:

      Tisa, bunyi tersebut adalah bunyi hardisk yang sedang bekerja. Umumnya tidak ada masalah dengan hal tersebut. Namun jika kamu khawatir, sebaiknya diperiksakan kembali ke salah satu service center yang ada di bagian bawah website ini

  46. hindra says:

    halo dok, laptop saya acer V5. bisakah harddiscnya diganti SSD, kira2 habis biaya berapa?

    1. Dr. Acer says:

      Bisa saja, Hindra. Kamu bisa langsung menghubungi Acer contact center di 500-155 untuk info harga dan ketersediaan sparepart yang sesuai.

    2. Dr. Acer says:

      Bisa saja, Hindra. Kamu bisa langsung menghubungi Acer contact center di 500-155 untuk info harga dan ketersediaan sparepart yang sesuai.:)

  47. kevin says:

    halo dok
    apakah laptop acer sudah bisa diganti dengan hard disk dengan SSD ?

    1. Dr. Acer says:

      Bisa, Kevin.

  48. Gilang says:

    halo dok
    sata pnya netbook ao happy
    kok kalo bk acer crystal
    muncul camera not found

    1. Dr. Acer says:

      Gilang, coba lakukan restart pada netbook mu.

  49. Julizar says:

    terus satu lagi.jangan dipake 24 jam non stop

  50. dok, acer ane mati ne, awalnya ane lagi ngetik tiba2 mati tu notbook nya, lalu ane idupin lagi 15 menit mati lagi. n trakhir di idupin ga mau nyala, di tekan powernya lampu indikator nya cuman berkedip sekali aja, knapa ya dok (acer aspire one happy)

    1. Dr. Acer says:

      Feri, bagaimana dengan panas pada laptop kamu? Laptop dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya adalah untuk melindungi komponen didalamnya agar tidak rusak karena overheat. Coba kamu diamkan dulu laptop kamu beberapa saat sebelum di hidupkan kembali

  51. dayat says:

    halo dok,
    saya punya laptop acer aspire 4349,
    mau nanyak.,
    laptop saya kalau di shutdown kok lama yaa.,
    dulu memang pernah terjadi 1kali 2kali,tapi sekarang
    setiap saya main laptop agak lama shutdownnya selalu lama.,
    kira2 penyebabnya apa dok.,?
    mohon pencerahannya!

    1. Dr. Acer says:

      Dayat, hal tersebut terjadi karena sistem berusaha menutup aplikasi ataupun process yang masih berjalan. Pastikan kamu sudah menutup semua aplikasi yang digunakan sebelum dilakukan shutdown. Atau coba lakukan scan menggunakan antivirus yang ada di laptop kamu

  52. hallo dok.
    saya punya acer tipe aspire 4349. Mau tanya :
    1. Apa acer Aspire 4352 sudah mendukung auto cut off saat proses charging?

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Aspire 4352 telah memiliki fitur yang mencegah terjadinya overcharging.

      1. maaf dok saya salah ketik yang benar acer aspire 4349,
        apakah sudah mendukung auto cut-off saat charging???

        1. Dr. Acer says:

          Hai, seri tersebut sudah dilengkapi dengan fitur trickle charge 🙂

  53. Dok, bisaka acer 4738 di tambah vga nya?

    1. Dr. Acer says:

      Michel, VGA pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti 🙂

  54. agil says:

    please allow access notif nya dok.

    1. Dr. Acer says:

      Agil, untuk permasalahan pada spesifik aplikasi tersebut coba ditanyakan langsung ke pihak pembuat software yang bersangkutan.

  55. Rozaq says:

    Salam Dr.Acer

    Saya punya laptop Acer 4738 skrng laptop saya bunyi sangat keras di daerah kipasnya saat baru buka, gimana solusinya?

    1. Dr. Acer says:

      Rozaq, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa diperiksa langsung oleh teknisi Acer untuk diketahui penyebab masalah tersebut.

  56. agustine sr says:

    dok, sy punya aspire e1-471 koq webcam-nya gk bisa dipake padahal sy sdh download drivernya di acer.co.id. waktu mau sy aktifkan koq ada tulisan error reading initializing file. sebenarnya webcam di notebook sy itu bisa dipake ga ? gimana cara mengaktifkannya ?

    1. Dr. Acer says:

      Agustine, coba download kembali aplikasi webcam dan install kembali. Pesan tersebut mengindikasikan kesalahan pada instalasi program webcam.

  57. Ivana says:

    dok..laptop saya tipe 4750G..stlh sthun membeli.. ad bbrp mslh pd laptop saya
    1. ada 3 keyboard pd laptop yg tdk berfungsi, ni apakah bsa di service aj? ato perlu pnggantian keyboard baru?
    dan yg bgs ny,ini terjadi tepat keesokan hari ny stlh garasi ny habis
    2. fitur bluetooh ny bsa d aktif kn, tpi pd saat menerima ato mengirim file, dy tdk bereaksi, tdk jln, jg tdk bsa d cancel..
    mohon solusi ny
    thx

    1. Dr. Acer says:

      Ivana, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support

  58. agil says:

    gini dok saya mau ngewebcame lewat aplikasi kayak webcame toy,seenly,cameroid tapi gak bisa.gimana caranya? settingnya ada yg harus diubahkah

    1. Dr. Acer says:

      Agil, Notifikasi error seperti apa yang muncul?

  59. salam, saya mo tanya kenapa keyboard ao d255 ,suka nyangkut (keras) seperti ada bijinya suka berpindah pindah lokasi kerasnya.bagaimana cara buka keyboardnya,kalo saya bw ke tempat service acer resmi berapa biayanya,mohon infonya,thanks

    1. Dr. Acer says:

      Roland, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support. Standar biaya service adalah sebesar Rp 165ribu, belum termasuk biaya penggantian sparepart apabila diperlukan

  60. Vikko says:

    sekalian tanya tips untuk menjaga performa batere biar gak cepet ngedrop juga

    1. Dr. Acer says:

      Vikko, Daya tahan baterai bervariasi tergantung perawatan baterai itu sendiri, serta kegiatan seperti apa yang sedang dikerjakan. Kamu bisa membaca tips merawat baterai laptop di http://www.acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/ dan tips mengoptimalkan daya tahan baterai di http://www.acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/ .

      1. Vikko says:

        terima kasih banyak dok 😀

  61. Vikko says:

    dok, saya pengguna Aspire 4745G sejak 2 tahun lalu. sekarang batere saya sudah ngedrop. bertahan hanya 15-20 menit saja. berapa harga batere baru untuk 4745G?

    1. Dr. Acer says:

      Vikko, untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Call Center di 500-155 🙂

  62. afrely says:

    dok saya punya laptop aspira 4752G
    mo nanya:
    1.kenpa pemakaian baterainya hanya sekitar satu jam setelah di carger full.
    2. apa eveknya jika menghidupin laptop tanpa baterai, hanya di sambung langsung dengan carger

    1. Dr. Acer says:

      Afrely, Daya tahan baterai bervariasi tergantung perawatan baterai itu sendiri, serta kegiatan seperti apa yang sedang dikerjakan. Kamu bisa membaca tips merawat baterai laptop di http://www.acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/ dan tips mengoptimalkan daya tahan baterai di http://www.acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/ .

      Acer tidak menyarankan penggunaan laptop tanpa baterai, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen didalam laptop apabila terjadi pemadaman listrik 🙂

  63. sony says:

    dok . kalau baterai laptop acer ku tidak ku cabut saat penuh dan tetap menggunakan adapter untuk cas apakah baterai bisa rusak / bocor? saya melakukan ini untuk berjaga-jaga bila listrik padam.

    1. Dr. Acer says:

      Sony, tidak apa. Kamu bisa tetap menggunakan laptop dalam keadaan charger tetap terhubung 🙂

  64. DIFEN says:

    dok, ini ada problem dengan laptop acer 4739 saya ,problemnya yaitu muncul tulisan “this copy of Windows is not genuine” dan gambar untuk backgroundnya hilang. bagaimana solusinya dok??

    1. Dr. Acer says:

      Difen, hal tersebut terjadi karena Microsoft mendeteksi penggunaan OS illegal pada laptop kamu, sehingga beberapa fitur otomatis ter-disable. Kamu bisa melakukan instalasi ulang OS, atau memasukkan product key dari OS Original 🙂

  65. Said Anshar says:

    Doc.. Penggunaan coolingpad.. pa benar bisa merusak batre (cepat soak dan memperpendek umur batre).. dan kalo emang ada ventilasi dibawah… pa benar efek dari coolingpad bisa membuat perangkat dalam menjadi mudah masuk debu dan akan mengurangi kinerja laptop..?

    1. Dr. Acer says:

      Said, hal tersebut tidak benar.

  66. agil hakim says:

    dok,saya beli acer v5 tapi kok untuk nge webcame gak bisa ya? keterangannya harrus diizinkan.caranya gimana

    1. Dr. Acer says:

      Agil, bisa di informasikan notifikasi selengkapnya?

  67. dokter, v5-471g bagus gak sih ? kisaran harganyaberapa ?
    udah ada fitur trickle yang bikin ga kembung batere belum?

    1. Dr. Acer says:

      Irvan, Slim Aspire V5-471G dengan processor Intel Core I3 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 5,249,000 (Linux) dan Rp 6,099,000 (Windows 7), sedangkan Slim Aspire V5-471G dengan processor Intel Core I5 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 6,199,000 (Linux) dan Rp 7,049,000 (Windows 7), harga tidak mengikat. Fitur Trickle Charge sudah digunakan pada produk Acer yang ada saat ini 🙂

  68. angga rahman says:

    dok..
    saia baru aza beli laptop acer v3-471g prosesor intel core i5..
    saia liat spack na vga 2gb..
    tetapi saia liat dari dxdiag vga na tu gak ada dok cuman yg muncul cuman intel(R)HD grafik famili..#
    gmna tu doc..?
    mohon dishare info na doc ke alamat email saia doc..?

    1. Dr. Acer says:

      Angga, hal tersebut terjadi karena Aspire V3 menggunakan 2 buah VGA, Intel HD Graphics dan NVidia GeForce. secara default, VGA yang aktif digunakan oleh laptop adalah VGA Intel, sedangkan VGA NVidia hanya akan aktif ketika aplikasi yang dijalankan membutuhkan performa lebih dari laptop.

  69. Angga Setya says:

    Maaf ganggu Dok. Apa bisa ya baterai Acer 4738 dipakein ke Acer 4738z? Baterai original Acer saya yg 4738z mulai bawel soalnya. Makasih ^^

    1. Dr. Acer says:

      Angga, bisa. kedua tipe tersebut menggunakan desain yang sama 🙂

  70. Gunts says:

    dok mau nanya nie, apa acer V5 bisa namba ramnya dri 4G jdi 6G?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gunts, bisa bahkan hingga 8GB 🙂

  71. awaludin says:

    Hy DOk . Laptop saya acer , kenapa yah sekarag ketika laptop saya gmpang banget panas . dan ketika sudah panas bgd laptop saya mati sendiri (over) saya sudah pakaikan cooling pad . namun tetap saja mati .. kira2 apa kerusakanya dan apa yang harus di perbiki .

    terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Awaludin, panas berlebih pada laptop bisa juga terjadi karena ada debu atau kotoran yang menghambat jalur sirkulasi udara pada laptop kamu. Kami sarankan untuk memeriksakan laptop kamu ke Acer Service Center terdekat di kota kamu. Alamatnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support

  72. syarifudin says:

    hy dok , aku punya acer 4349 series , ko wifi nya ga bisa di gunakan pdhl drivernya lngsung dari cd nya,,, ko pas di konek wifi not suport,,, tlng driver yg cocok untuk 4349 yg bagaimna,,,

    1. Dr. Acer says:

      Syarifudin, kamu bisa coba mendownload driver WiFi untuk laptop kamu di http://www.acer.co.id > Support > Download

  73. mased says:

    gan, maaf mau nanya nih.. kalo untuk jenis AO722 kan di bawah sama sekali gak ada lubangnya, cooling pad yang cocok kira2 seperti apa yaa..? kadang punya niat tak lubangin sendiri biar angin cooling pad bisa masuk tapi takut jadi rusak.hehehe… trim’s.

  74. dimas says:

    dok,kn saya punya acer aspire 4752G,home premium saya ganti 7 ultimate. Ko kenapa program borland C++ unsupported??
    Tolong dok solusinya

    thx

    1. Dr. Acer says:

      Dimas, Notifikasi error seperti apa yang muncul?

  75. ramlan says:

    Saya baru beli Aspire E1-431 sekitar seminggu yang lalu
    Namun ketika saya coba webcam nya menggunakan Software (Suyin) gak mau jalan, saya coba download softwarenya dari website acer dan dan saya install ualang ternyata dianggapnya gak ada cameranya.
    Mohon petunjuk solusi apa lagi yang mesti saya coba
    Ƭнåйк ŷ☺ύ

    1. Dr. Acer says:

      Ramlan, coba uninstall terlebih dahulu aplikasi yang telah terinstall lalu install ulang kembali. Jika tidak membantu, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  76. ari teguh says:

    Aslamualaikum,
    Dok, saya punya acer aspire on happy, apakah bisa di upgrade RAM nya jadi 2GB gak ? soalnya bawaannya cuma 1 GB. biar lebih cepet dikir dok,..he

    1. Dr. Acer says:

      Ari, bisa. AOHappy bisa menggunakan RAM hingga 2GB 🙂

  77. Jelly says:

    Selamat siang, dok sya mo tanya. Klo Acer Aspire E1-431 B832650TU itu ada bluetooth ny ga ? thanks

    1. Dr. Acer says:

      Jelly, Aspire E1-431 tidak dilengkapi dengna fitur bluetooth built-in 🙂

  78. dok terus kalo tipe v3 dengan spek i7 3610qm memori 4gb hdd 750gb dan vga gt640/630m 2gb ada gak?

    atau saya punya budget 8jtan pengen beli laptop i7 dengan spek hdd yg 7500rpm(min 500gb) dan vga min gt630m yg 2gb

    thx

    1. Dr. Acer says:

      Darma, Aspire V3-471G juga dipasarkan dengan pilihan menggunakan processor Intel Core I7, spesifikasinya antara lain :

      Intel® Core™ i7-3610QM processor (2.30 GHz with Turbo Boost up to 3.30GHz)
      Genuine Windows 7 Home Premium
      14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
      RAM 4GB DDR3
      HDD 1 TB
      VGA 2 GB NVIDIA®GeForce®GT 640M
      HDMI Port
      DVD-Super Multi double-layer
      WiFi Link 802.11b/g/n • Supporting Acer SignalUp™ wireless technology
      Acer Video Conference, featuring • Acer Crystal Eye webcam
      5-in-1 (SD Card; MMC, MS , MS Pro, xD)
      Dolby® Home Theater® v4 with stereo speakers

      Untuk saat ini produk Acer dengan processor Intel Core I7 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 9.999.000 yaitu Aspire V3-471G seperti yang kami sebutkan sebelumnya 🙂

  79. idris says:

    Salam dr.Acer..
    Saya baru beli notebook acer e1-431 belum ada sebulan, tpi windowsnya ko berantakan ya ?
    Dan Wi-fi gk bisa menyala ?
    serta ketika install font beberapa kali, font tidak terlihat di control panel (bermaksud untuk meremove font karena berat ketika membuka aplikasi desain)
    kira2 solusinya apa ya ?
    Apakah sya harus install ulang drivernya ?
    tpi ketika pertama kali pembelian saya tidak mendapat cd drivernya ?
    terima kasih sebelumnya dr.Acer… 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Idris, coba lakukan instalasi ulang OS terlebih dahulu pada laptop kamu. Untuk driver, bisa di download di http://www.acer.co.id > Support > Download

  80. dok saya mau tnya donk dari acer sendiri apakah ada mengeluarkan laptop seri v3 dengan processor i7 minta penjelasan tipe,spek,dan lamanya garansi thx

    1. Dr. Acer says:

      Darma, benar. Acer Indonesia juga memasarkan Aspire V3-471G dengan processor Intel Core I7. Spesifikasinya antara lain :

      Intel® Core™ i7-3610QM processor (2.30 GHz with Turbo Boost up to 3.30GHz)
      Genuine Windows 7 Home Premium
      14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
      RAM 4GB DDR3
      HDD 1 TB
      VGA 2 GB NVIDIA®GeForce®GT 640M
      Bluetooth 4.0
      HDMI Port
      DVD-Super Multi double-layer
      WiFi Link 802.11b/g/n • Supporting Acer SignalUp™ wireless technology
      Acer Video Conference, featuring • Acer Crystal Eye webcam
      5-in-1 (SD Card; MMC, MS , MS Pro, xD)
      Dolby® Home Theater® v4 with stereo speakers

  81. dika says:

    Dr.Acer, apa ada rencana dalam waktu dekat acer mengeluarkan laptop dengan spek Hardware V3 tetapi setebal v5?

    1. Dr. Acer says:

      Dika, kami belum bisa memberikan informasi mengenai hal tersebut. Ikuti terus FB dan Twitter @acerID untuk update info produk, promo, dan event yang diadakan oleh Acer Indonesia

  82. Kikie says:

    Dok,laptop saya kok gk bisa instal google chrome dan IDM ya? seri laptop’a Aspire 4738Z

    1. Dr. Acer says:

      Kikie, Notifikasi error seperti apa yang muncul?

  83. sarah says:

    dok, saya maba di ilmu komputer. kira2 laptop acer yg menunjang dengan dana 7jtan apa ya ?

    1. Dr. Acer says:

      Sarah, kamu bisa pertimbangkan Aspire V3-471G dengan Intel Core i5 dan Windows 7 yang dipasarkan seharga Rp. 7,3 jutaan.

  84. Hai dr.Acer, saya punya acer aspire one happy ada yang mau saya tanyakan berikut ini,
    1. kenapa kok windows 7 ultimate-nya tidak asli dan masih trial? Padahal segelnya utuh dan saya beli di toko resmi acer.
    2. Apakah netbook acer aspire one happy , punya fitur trickle charging?
    3. Apakah casing nya bisa diganti?

    Terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Hai, kami akan menjawab pertanyaanmu dibawah ini:
      1. Untuk AOHappy ada yang bundling dengan OS Linux atau OS Windows, kemungkinan AOHappy milikmu adalah versi Linux yang kemudian diinstal OS Windows versi trial oleh pihak toko.
      2. Ya ada fitur tersebut
      3. Casing bisa diganti jika mengalami kerusakan, silakan hubungi Acer Contact Center 500-155 untuk info lengkapnya

  85. yuri says:

    dok, laptop v3-471G i7 sering mangalami hang pada thread ke 8-nya (pada CPU meter stuck di angka 100%) sehingga tidak biasa membuka aplikasi atau mematikan laptop-nya, laptop msh clean install. apakah yg mungkin menjadi penyebabnya dok (apakah krn cacat pada harware-nya)? terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yuri, sebaiknya dibawa ke service center Acer untuk dilakukan pengecekan atas masalah tersebut 🙂

  86. Alfath says:

    Dok, saya mau beli laptop yg buat desain grafis kisaran harganya 3-4 jt’an ada ga ya?
    Thank sebelumnya.

    1. Dr. Acer says:

      Alfath, untuk kisaran budget dibawah Rp 4jt, mungkin bisa pertimbangkan Aspire E1-421, harganya mulai dari Rp 3,299,000 hingga Rp 4,249,000 tergantung pilihan konfigurasi hardware

  87. ahmad says:

    Dok..sekitar 2 minggu yg lalu saya beli acer v3 471g core i7 3610qm,8gb ddr3,750gb hdd dgn harga 6jt 900rb garansi sssc,sdgkn kisaran harga dr.acer 9.999.000,apakah ada kemungkinan sipenjual salah ngasih harga?karena selisih harga yg lumayan besar,atau memang ada harga segitu?terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Ahmad, kamu bisa cek melalui warranty.acer.co.id untuk memastikan laptop yang kamu beli adalah benar produk resmi PT Acer Indonesia. Kemungkinan besar produk yang kamu beli bukanlah produk resmi PT Acer Indonesia, atau biasa disebut dengan produk Paralel Import/Black Market

  88. Ari says:

    Dok, adakah link utk mendownload acer crystal webcam?

  89. Pangeran says:

    hay dr.Acer,,aq lagi cari labtop yg co2k untk pkerjaanq desain grafis, tp dana cuma 5-6juta..ada ga??

    1. Dr. Acer says:

      Hai, mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe V5-471G:Intel® Core™ i3-2367M processor (1.40 GHz). 14″ HD Acer CineCrystal™, 4GB DDR3, 500GB, 1GB NVIDIA GeForce®GT 620M , DVD-Super Multi, HDMI with HDCP, BT 4.0, USB3.0, Harga Rp 6.099.000 (Windows7 Home Premium) dan Rp 5.349.000 (Linux)

    2. Dr. Acer says:

      Hai, mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe V5-471G:Intel® Core™ i3-2367M processor (1.40 GHz). 14″ HD Acer CineCrystal™, 4GB DDR3, 500GB, 1GB NVIDIA GeForce®GT 620M , DVD-Super Multi, HDMI with HDCP, BT 4.0, USB3.0, Harga Rp 6.099.000 (Windows7 Home Premium) dan Rp 5.349.000 (Linux).

  90. Rika kusuma says:

    Selamat siang. Saya pengguna baru acer 4352-B812G50Mnbb. Mau tanya :
    1. Apakah acer Aspire 4352-B812G50Mnbb sudah mendukung auto cut off saat proses charging? shingga saat baterai sudah full otomatis tdk ada aliran listrik ke baterai meskipun adaptor masih tertancap.

    2. Kalau mau upgrade RAM menjadi 3GB biayany brapa? Acer saya kan sudah 2GB, jadi perlu ditambah 1GB lagi.

    3. Apakah acer 4352-B812G50Mnbb mendukung VGA Shared yg artinya memori VGA nya bisa diganti dari BIOS?

    Atas jawabanny saya ucapkan terima kasih. .

    Salam acer Indonesia

    1. Dr. Acer says:

      Rika, menanggapi pertanyaanmu:
      1. Jika adaptor terhubung, baterai tetap akan dicharge dengan daya yang kecil sekali untuk menjaga kapasitas baterai tetap pada kisaran 100% tanpa pernah terjadi overcharging. Fitur ini dinamakan trickle charge, dimana besarnya daya charge sesuai dengan daya ‘discharge’
      2. Untuk informasi biaya yang dibutuhkan silakan hubungi salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini, atau telepon Acer Contact Center di nomor telepon 500-155
      3. Aspire 4253 memang menggunakan Shared memory untuk VGA-nya. Namun besarnya ditentukan secara otomatis oleh sistem

  91. johannes says:

    dok, berapa harga aspire v3 dengan processor intel core i5 OS linux di kota medan(sumatera utara) ? Berapa lama di pasarkan aspire v3 dengan processor intel core i5 di indonesia, karena seperti aspire 4755g tidak sampai 1 tahun sudah tidak dipasarkan lagi di indonesia. Dok, saya mau tanya aspire v3 processor i5 dibuat di negara mana ? Karena setahu saya acer berasal dari negara taiwan. Seperti sebulan lalu saya baru beli monitor acer 15,6 inci, tapi buatan china. Dimanapun pabriknya tidak masalah buat saya, selama kualitasnya sebanding dengan uang yg dikeluarkan konsumen. Apakah pihak acer menerapkan quality control yg tinggi terhadap produknya ? Bagaimana caranya mengklaim jika seandainya terjadi kerusakan selama 1 tahun garansi ? Berapa lama usia maksimal laptop yg ditargetkan acer ketika mendesain laptop-laptop acer ? Terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Johannes, Aspire V3 dengan processor Intel Core I5 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 6,599,000 (Linux) dan Rp 7,349,000 (Windows 7). Harga tidak mengikat. Untuk info harga di wilayah tempat kamu tinggal, bisa hubungi langsung Acer Center & Acer Store terdekat. Kami tidak bisa memberikan keterangan mengenai lama Aspire V3 dipasarkan di Indonesia, Acer selalu berusaha untuk memasarkan produk yang mengikuti perkembangan kemajuan teknologi. Produk Acer yang dipasarkan di Indonesia di produksi di China, tetapi dengan pengawasan kualitas yang ketat dari Acer. Untuk klaim garansi, bisa langsung membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat. Umur dari perangkat elektronik sangat tergantung kepada perawatan dan pemakaian laptop itu sendiri. Beberapa spAcer memberikan testimoni melalui Facebook telah menggunakan laptop Acer selama lebih dari 5 tahun 🙂

  92. Dionez says:

    Dokter, saya cari2 laptop yg 11.6 – 13.3 inch, bobot maximal 1.8 kg dan CPU nya HARUS intel iCore i5 kelas IvyBridge, dan HARUS sudah ada BT 3.0 or 4.0, dan HRS ada USB 3.0 nya. Grafis card minimal Intel HD 4000. Ada kah? Saya sdh baca2 spek Acer Slim M5 dan V5, belum ada ya?
    Sudah 2minggu saya ubek2 ke MangduMall + baca2 brosur2 Acer yg saya dapet disana. Belum nemu yg sreg nih. Kriteria diatas tidak bisa ditawar lagi.

    1. Dr. Acer says:

      Diones, Mungkin kamu bisa mempertimbangkan Slim Aspire S3-391 dengan ukuran layar 13.3″ dan bobot 1.3KG. Tetapi tipe ini belum dilengkapi dengan USB 3.0. Spesifikasinya antara lain :

      Intel® Core™ i5-3317U processor (1.70 with Turbo Boost up to 2.60)/Intel® Core™ i7-3517U processor (1.90 GHz with Turbo Boost up to 3.10 GHz)
      13.3″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
      RAM 4GB DDR3
      500GB HDD
      “Acer Video Conference, featuring:
      • Acer Crystal Eye HD webcam ”
      HDMI Port
      USB 3.0 port x 2 (Transfer data 10x lebih cepat)
      Bluetooth 4.0
      WiFi Link 802.11b/g/Draft-N
      2-in-1 card reader (Support SD™ Card, MultiMediaCard™ (MMC)
      Dolby Home Theater v4 (with Acer 3D Sonic stereo speakers)
      323 (W) x 218.5 (D) x 13.1/17.5 (H) mm Thin: 0.51/0.68 inches

      Harganya mulai dari IDR 8,299,000 (Intel Core I5) dan IDR 9,999,000 (Intel Core I7)

  93. Hendri says:

    dok, Laptop saya ASPIRE 4741, saya punya masalah dengan laptop saya, masalahnya yaitu tidak bisa membuka BIOS untuk upgrade BIOS yang direkomendasikan di salah satu artiket pada web ini .. OS win 7 , semua tombol F1-F12 serta tombol kombinasi sudah saya coba, tapi tidak bisa masuk BIOS laptop saya ..
    Mohon bantuannya, trims

    1. Dr. Acer says:

      Hendri, disarankan sebaiknya bawa laptop ke Acer service center terdekat untuk dibantu proses update bios. Alamat service center bisa kamu lihat di artikel berikut: http://www.acerid.com/2010/07/faq-jaringan-pusat-layanan/

    2. Dr. Acer says:

      Hendri, disarankan sebaiknya bawa laptop ke Acer service center terdekat untuk dibantu proses update bios. Alamat service center bisa kamu lihat di artikel berikut: http://www.acerid.com/2010/07/faq-jaringan-pusat-layanan/.

  94. halo dr.acer, lagi nyari laptop yang sesuai dengan pekerjaan desainer grafis, ada nggak produk acer yang sesuai denga pekerjaan desainer grafis. budget berkisar antara 5-15jt

    1. Dr. Acer says:

      Riki, Mungkin kamu bisa mempertimbangkan Slim Aspire M5 yang memiliki performa dan daya tahan baterai tinggi. Harganya mulai dari Rp 8,999,000 (14″) dan Rp 9,299,000(15.6″). Harga tidak mengikat. Reviewnya bisa dibaca di http://www.acerid.com/2012/04/acer-aspire-timelineu-notebook-tipis-dengan-grafis-mumpuni/

  95. Ibnu says:

    untuk notebok v5 yang bagus untuk pelajar yang mana ya?

    1. Dr. Acer says:

      Ibnu, bisa di informasikan kepada kami kisaran budget yang akan dikeluarkan untuk membeli sebuah laptop? akan kami bantu memberikan rekomendasi yang sesuai 🙂

  96. arif says:

    dok, acer v3/v5 yang pke i7 ivy tipe apa aja sekalian harganya?

    1. Dr. Acer says:

      Arif, V5 tidak dipasarkan dengan core i7. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipeAspire V3-471G dengan Intel® Core™ i7-3610QM processor (2.30 GHz with Turbo Boost up to 3.30GHz), dipasarkan dengan harga Rp. 9,999,000 (Windows 7)

    2. Dr. Acer says:

      Arif, V5 tidak dipasarkan dengan core i7. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipeAspire V3-471G dengan Intel® Core™ i7-3610QM processor (2.30 GHz with Turbo Boost up to 3.30GHz), dipasarkan dengan harga Rp. 9,999,000 (Windows 7).

      1. carla says:

        dok, klo seri acer s dan m yang sudah i7 + nvidia tipe berapa?
        apakah smua seri slim acer ready stock di smua acer point?

        1. Dr. Acer says:

          Carla, untuk saat ini Slim Aspire M5 hanya dipasarkan dengan processor Intel Core I5, sedangkan Slim Aspire S yang dipasarkan dengan processor Intel Core I7, tidak menggunakan VGA NVidia. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan Aspire V3 dengan processor Intel Core I7 generasi ketiga, dan VGA 2GB NVidia GeForce GT640M

  97. abie says:

    dokter acer saya mau nanya bisa ngga ganti windows xp jadi windows 7?caranya gimana kalau bisa?

    windows xp terus diganti window

    1. Dr. Acer says:

      Abie, kamu bisa melakukan hal tersebut dengan cara menginstall ulang OS. Panduan menginstall ulang bisa kamu lihat di artikel berikut: http://www.acerid.com/2011/03/menginstall-ulang-os-ke-dalam-notebook/

    2. Dr. Acer says:

      Abie, kamu bisa melakukan hal tersebut dengan cara menginstall ulang OS. Panduan menginstall ulang bisa kamu lihat di artikel berikut: http://www.acerid.com/2011/03/menginstall-ulang-os-ke-dalam-notebook/.

  98. hafi says:

    dok apa benar penyakit acer itu di LCD dan lain lain

    1. Dr. Acer says:

      Hafi, hal tersebut tidak benar, produk yang dipasarkan sudah melalui berbagai Quality Test yang ketat. Pada dasarnya, cepat atau rusaknya perangkat elektronik, sangat tergantung kepada pemakaian dan perawatan perangkat tersebut 🙂

  99. budi says:

    dok,bagusan ACER Aspire V3-471G CORE i5-VGA 2 GB / ACER ASPIRE V5 471G Core i5 , harganya kenapa mahalan v5?

    1. Dr. Acer says:

      Budi, dari segi performa, Aspire V3-471G memiliki kemampuan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Slim Aspire V5-471G. dari segi harga pun lebih tinggi Aspire V3-471G jika dibandingkan dengan Slim Aspire V5-471G

      1. budi says:

        dok berapa harga V3-471G CORE i5-VGA 2 GB dan apa speknya? tq…

        1. budi says:

          dan dimana saya bisa dapat acer v3 d bandung ?

          1. Dr. Acer says:

            Budi, untuk wilayah Bandung, Acer Center & Acer Store beralamat di :

            Acer Center Bandung
            Cihampelas Walk Broadway Street Blok SL 28 Telp: (022) 2061171
            Acer Store Bandung
            Bandung Electronic Center 3rd Floor C-03 Telp: (022) 4222992
            Acer Store Bandung
            Bandung Electronic Center 1st Floor F17 Telp: (022) 4223154

          2. adi says:

            berapa harganya ya?

          3. Dr. Acer says:

            Adi, Aspire V3 dengan processor Intel Core I5 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 6,599,000 (Linux) dan Rp 7,349,000 (Windows 7), sedangkan Aspire V3-471G dengan processor Intel Core I7 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 9.999.000. Harga tidak mengikat.

        2. Dr. Acer says:

          Budi, Aspire V3 dengan processor Intel Core I5 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 6,599,000 (Linux) dan Rp 7,349,000 (Windows 7). Harga tidak mengikat.

          Spesifikasinya antara lain :

          Intel® Core™ i5-3210M processor (2.50 GHz with Turbo Boost up to 3.10 GHz)
          14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
          RAM 4GB DDR3
          HDD 750GB
          2 GB NVIDIA®GeForce®GT 630M
          HDMI Port
          DVD-Super Multi double-layer
          WiFi Link 802.11b/g/n • Supporting Acer SignalUp™ wireless technology
          Acer Video Conference, featuring • Acer Crystal Eye webcam
          5-in-1 (SD Card; MMC, MS , MS Pro, xD)
          Dolby® Home Theater® v4 with stereo speakers

  100. dicky says:

    2 jta – 3.5 jta ..

    1. Dr. Acer says:

      Dicky, mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe berikut: AOD270: Intel® Atom™ processor N2600 (1.6 GHz) , 2GB DDR3 , 320gb, Intel GMA 3600 , HMDI Port , Two built-in Stereo Speakers) Harga 2,599,000 (Linux) dan 2,949,000 (Windows7)

    2. Dr. Acer says:

      Dicky, mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe berikut: AOD270: Intel® Atom™ processor N2600 (1.6 GHz) , 2GB DDR3 , 320gb, Intel GMA 3600 , HMDI Port , Two built-in Stereo Speakers) Harga 2,599,000 (Linux) dan 2,949,000 (Windows7).

  101. dicky says:

    dok . Laptop acer yg murah tapi gk murah ada gk ? Dan apa aja ?

    1. Dr. Acer says:

      Dicky, bisa di informasikan kepada kami kisaran budget yang akan kamu keluarkan untuk membeli sebuah laptop? akan kami bantu memberikan rekomendasi yang sesuai

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved