Perbedaan Windows Versi 32-bit dan 64-bit

Windows versi 32-bit dan 64-bit. Apa bedanya? Jelas bukan hanya soal angka lho spAcer. Perbedaan versi ini menentukan program apa saja yang bisa berjalan di laptop-mu. Selain itu, kamu tidak bisa sembarangan menginstall Windows tanpa menyesuaikan versinya dengan spesifikasi laptop-mu lho spAcer. Makanya, penting untuk mengetahui apa perbedaan Windows versi 32-bit dan 64-bit.

Istilah 32-bit and 64-bit merujuk pada cara prosesor komputer, menangani informasi. Versi 64-bit menangani sejumlah besar RAM lebih efektif dibandingversi 32-bit. Jadi, untuk RAM dalam jumlah besar terinstall di laptop-mu (biasanya 4GB atau lebih), versi 64-bit lebih responsif saat menjalankan beberapa program bersamaan.

Untuk dapat menginstall Windows versi 64-bit atau 32-bit, maka spAcer harus menyesuaikan spesifikasi laptop-mu. Jika laptop-mu sanggup menjalankan versi 64-bit maka tidak masalah untuk menginstall versi tersebut. Namun jika tidak, maka pakailah versi 32-bit.

Hal lain yang perlu spAcer tahu adalah bahwa sebagian besar program yang didesain untuk versi 32-bit biasanya dapat berjalan di versi 64-bit, namun program yang didesain khusus untuk versi 64-bit tidak dapat berjalan pada versi 32-bit. Berbeda dengan program, driver yang didesain khusus untuk versi 32-bit tidak akan bekerja pada komputer yang menggunakan versi 64-bit, begitu pula sebaliknya.

Sebagian dari spAcer mungkin membeli laptop yang sudah terinstall dengan Windows dan ingin tahu versi berapakah Windows yang terinstall di dalam laptop. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan langkah berikut ini:

  • Klik start, kemudian klik kanan pada ‘Computer’ dan pilih ‘Properties’
  • Di bawah tab ‘System’ kamu bisa melihat tipe sistem yang terinstall di laptop-mu. Biasanya versi 32-bit tertulis sebagai x32 dan versi 64-bit tertulis sebagai x64

Tadi adalah cara mengecek pada laptop yang menggunakan Windows 7 atau Vista sebagai OS. Untuk spAcer yang menggunakan Windows XP bisa melakukan langkah berikut:

  • Klik start, kemudian klik kanan pada ‘Computer’ dan pilih ‘Properties’
  • Jika kamu tidak melihat tulisan ‘x64 Edition’ berarti versi Windows-mu adalah 32-bit. Sedangkan jika ada tulisan ‘x64 Edition’ berarti versi Windows-mu adalah 64-bit.