Acer Slim AspireV5-471G

Sebuah notebook kelas menengah dengan harga terjangkau (layar 14”) sudah umum memiliki bobot di kisaran 2,5kg dan bodi yang cukup tebal. Acer kali ini hadir dengan jajaran notebook slim-nya yang memiliki performa sama dengan notebook biasa, akan tetapi berukuran tipis dan dengan bobot lebih ringan.

Kali ini kita akan melihat Acer Slim Aspire V5-471G. Notebook ini sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 dan bahkan sebuah VGA tambahan! Uniknya, notebook ini ditawarkan dengan bobot ringan dan bodi tipis yang menawan.

 

Lebih Tipis, Tetap dengan DVD-RW

Berbeda dengan notebook biasa, meski Slim Aspire V5 menggunakan layar 14” (1366×768) memiliki ketebalan hanya 23mm. Ini membuatnya hanya 2mm lebih tebal dibandingkan standar Ultrabook. Penampilannya pun terlihat trendi dan kokoh karena berbalut tema warna silver yang minimalis.

Meski tipis dan harganya terjangkau, notebook ini masih tetap memiliki sebuah DVD-RW terintegrasi.Jadi, tidak ada fitur notebook yang dipangkas di sini.Berbeda dengan notebook berdimensi tipis lainnya yang terpaksa mengorbankan keberadaan DVD-RW.

 

Bobot Lebih Ringan Meski dengan VGA Tambahan

Notebook ini tidak hanya tipis, namun juga lebih ringan dibandingkan notebook 14” biasa. Terlebih lagi, dengan bobot hanya 2,1 Kg, notebook ini masih dilengkapi dengan sebuah VGA tambahan NVIDIA GeForce GT620 (VRAM 1GB). Umumnya, notebook 14” dengan VGA tambahan akan memiliki bobot di kisaran 2,5 Kg atau lebih. Hal ini membuat Slim Aspire V5 ini memiliki selisih bobot sekitar 400 gram dibandingkan notebook 14” biasa. Atau, untuk mudahnya, selisih berat notebook ini dengan notebook biasa akan setara dengan 2 gelas air mineral. Tas notebook Anda akan terasa jauh lebih ringan, bukan?

 

Prosesor Core i5 yang Irit Daya

Notebook ini menggunakan prosesor Intel Core i5 2467M dengan kecepatan standar 1,6 GHz dan Turbo boost (otomatis) hingga 2,3 GHz. Prosesor kelas Sandy Bridge ini memiliki keunggulan dari sisi performa dan konsumsi dayanya. Dilengkapi dengan turbo boost 2,3 GHz dan kemampuan menjalankan 4 thread sekaligus, prosesor tersebut membuat Slim Aspire V5 ini mampu mengerjakan pekerjaan yang cukup berat dalam waktu singkat.

Kemampuan prosesor ini untuk menghemat daya dan suhu kerjanya yang rendah membuat Slim Aspire V5-471G bisa menggunakan bodi tipis dan baterai lebih kecil sembari menjaga daya tahan baterainya tetap cukup panjang.

 

Dilengkapi Teknologi VGA yang Irit Daya

Mengusung sebuah VGA tambahan (NVIDIA GeForce GT620M) tetap menjadikannya sebagai notebook yang irit. Teknologi NVIDIA Optimus yang digunakan pada notebook tipis ini menghasilkan kinerja yang cepat namun daya tahan baterai tetap optimal.. Teknologi ini memungkinkan notebook untuk mengenali aplikasi mana yang membutuhkan kinerja VGA ekstra dan mana yang cukup menggunakan VGA terintegrasi saja.Hasilnya, saat digunakan bermain game, GeForce GT620M akanotomatis diaktifkan untuk membuat pengalaman gaming Anda menyenangkan.Apabila game dimatikan, maka teknologi NVIDIA Optimus secara otomatis langsung menonaktifkan NVIDIA GT620M dan mengalihkan fungsinya ke VGA terintegrasi (Intel HD Graphic 3000) untuk mengoptimalkan kinerja baterai notebook.Ini membuat daya tahan baterai notebook menjadi tetap baik.

Jika diperlukan, Anda bahkan bisa menentukan sendiri aplikasi/software/game mana yang menggunakan GeForce GT620M dan mana yang menggunakan Intel HD graphics 3000.Sangat efisien, bukan?

 

Konektivitas Lengkap

Kami mencatat ada 3 USB port pada sisi kiri notebook tipis ini. 2 port USB 2.0 dan 1 port USB 3.0. Sementara itu, masih di sisi kiri, Anda akan menemukan sebuah konektor HDMI, jack stereo 3,5”, dan sebuah konektor unik. Konektor unik ini adalah tempat untuk memasangkan adaptor combo LAN dan VGA. Jadi, dengan dengan adaptor tersebut Anda bisa memasangkan jack RJ45 (LAN) sembari menyambungkan notebook ke monitor atau proyektor dengan konektivitas VGA (D-SUB). Solusi ini cukup unik karena memungkinkan notebook diproduksi setipis mungkin namun tetap mempertahankan konektor-konektor yang umum dibutuhkan.

Keyboard nyaman dan touchpad besar

Slim Aspire V5 ini menggunakan keyboard model chiclet dengan yang jarak antara tuts-nya cukup lega.Tak ubahnya sebuah notebook 14” biasa. Ini tentunya akan memudahkan Anda yang sering membutuhkan keyboard untuk mengetik tulisan panjang. Sementara itu, touchpad-nya tampak mengadopsi touchpad seperti pada ultrabook Acer.Touchpad ini berukuran ekstra besar dengan tombol klik kanan dan kiri yang terintegrasi di sisi kanan dan kiri bawahnya.

 

Tata suara

Slim Aspire V5-471G ini menggunakan tata suara Dolby Home Theater. Apabila diletakkan di atas meja, Anda akan merasakan tata suara yang jauh lebih baik lagi. Kedalaman suara, bass, dan kelantangannya menjadi optimal pada posisi tersebut.Singkat kata, speaker pada Slim Aspire V5-471G ini sangat berbeda dibandingkan notebook biasa.

 

Hasil pengujian SYSmark

Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan.Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.

 

Performa dari notebook dengan prosesor irit daya ini ternyata cukup baik.Terbukti dari hasil pengujian SYSMark 2007 yang menempatkannya setara dengan notebook biasa dengan prosesor Core i5 terdahulu.Hasil ini menunjukkan bahwa Anda tetap memperoleh performa notebook besar, meski ukuran notebook ini terbilang sangat tipis.

 

Pengujian Daya Tahan Baterai

Dari pengujian dengan mobilemark 2007, Slim Aspire V5-471G bisa bertahan hidup selama 5 Jam. Itu berarti, penggunanya bisa bekerja dengan MS Office dan bahkan beberapa aplikasi Adobe (tanpa terkoneksi ke Internet) selama 5 jam nonstop.

Hasil tersebut membuktikan bahwa daya tahan baterai Slim Aspire V5-471G ini ternyata berada di atas rata-rata notebook biasa (3-4 jam).

 

Pengujian 3DMark06

Program tes ini bisa ditemukan online (www.futuremark.com).3DMark 2006 adalah acuan umum yang universal untuk pengujian VGA.Versi ini adalah yang umum digunakan untuk VGA entry-level. Skor 3DMark secara umum akan menampilkan kemampuan gaming dari sebuah komputer. Sementara skor SM 3.0 akan menunjukkan kemampuan VGA secara spesifik.

 

Cukup mengejutkan bahwa perpaduan prosesor Core i5 versi irit daya dengan VGA GT620M terbaru ini mampu membawa performa Slim Aspire V5-471G mendekati notebook dengan Core i5-2410 dan VGA NVIDIA GT540M yang terkenal handal. Sementara itu, meski tanpa mengaktifkan VGA GeForce yang dimilikinya, performa HD3000 yang dimiliki notebook tipis ini terlihat sudah cukup untuk gaming 3D ringan di resolusi 1280x720p (contoh: PES12).

 

Pengujian Gaming 3D

Jangan bahas soal kemampuan notebook ini memainkan game seperti PES12, FIFA12, Point Blank, atau CS online. Slim Aspire V5-471G memiliki performa yang teramat baik untuk menjalankan game ringan tersebut. Dalam pengujian game yang lebih berat kami memperoleh hasil yang cukup baik juga. Game seperti Resident Evil 5 (DX10) dapat dimainkan dengan resolusi penuh (1366×768) dan tetap memperoleh frame rate di atas 40 fps. Sementara itu, game yang teramat berat seperti Lost Planet2, sudah bisa dimainkan meski harus menggunakan setting DX9 medium. Battlefield3 pun masih bisa dijalankan pada notebook ini, akan tetapi Anda memang harus menurunkan resolusi dan kualitas gambarnya (catatan: dengan setting low, game ini cukup sulit dimainkan tanpa VGA yang mumpuni).

 

 

KESIMPULAN AKHIR:

Lebih Tipis, Lebih Ringan, dan Tetap Kencang

Slim Aspire V5-471G adalah perpaduan unik yang jarang bisa ditemukan.Prosesor dengan performa cukup tinggi dan VGA tambahan yang berkelas dipadukan dalam paket notebook yang ringan dan tipis. Uniknya, paket ini hadir dengan harga yang sama dengan notebook sekelas lainnya yang memiliki bodi besar dan berat.

Secara singkat keunggulan Slim Aspire V5-471G adalah:

  • Performa Tinggidengan bodi yang tipis
  • Tata suara Dolby yang lantang
  • Bobot relatif ringan untuk ukurannya (2Kg)
  • Performa grafis 3D dan gaming yang baik.
  • Daya tahan baterai di atas rata-rata notebook sekelasnya (5 jam)
  • Masih memiliki semua port dan konektor lengkap
  • Masih memiliki DVD-RW terintegrasi

Untuk memperoleh perpaduan di atas tanpa harga yang mencekik, umumnya Anda harus merogoh kocek cukup dalam. Sementara, Acer menawarkan Slim Aspire V5-471G ini dalam paket yang tipis dan ringan (plus semua keunggulan di atas) dengan harga yang sama dengan notebook tebal biasa. 

Beberapa contoh pengguna yang mungkin akan merasa sangat cocok dengan notebook tipis ini adalah:

Pekerja yang membutuhkan notebook terjangkau, berperforma ekstra dan berpenampilan elegan.

Penampilan notebook Anda menjadi salah satu acuan rekan kerja dan klien Anda.Sementara, jika Anda membutuhkan notebook dengan performa tinggi dan harga terjangkau, penampilan umumnya menjadi prioritas kedua.Berbeda halnya jika Anda menggunakan Slim Aspire V5-471G.Selain memiliki semua konektivitas yang dibutuhkan para pekerja (termasuk LAN dan konektor VGA/D-sub), notebook ini mampu menawarkan performa terbaik sembari memukau rekan kerja dan klien, tanpa mengharuskan Anda membobol bank terlebih dahulu.

 

Mahasiswa dengan kebutuhan ekstra.

Mahasiswa tentu memiliki beragam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan akan performa notebook, kemudahan membawa notebook tersebut, daya tahan baterai yang baik untuk memungkinkan notebook digunakan selama kuliah tanpa terkoneksi ke colokan listrik, hingga kemampuan bermain game untuk mengisi waktu luang. Semua ini bisa diperoleh pada Slim Aspire V5-471G.Untuk menyelesaikan tugas (bahkan tugas grafis), notebook ini memiliki performa yang cukup baik. Daya tahan baterainya (5 jam) mengizinkan Anda untuk menggunakan notebook ini tanpa khawatir kehabisa baterai saat mencatat di dalam kelas.

Dimensinya yang tipis dan bobot ringan membuatnya mudah dibawa-bawa.Sementara, kemampuan grafisnya membuat Anda bisa menggunakannya untuk bermain game di sela kesibukan perkuliahan. Selain itu, Slim Acer Aspire V5-471G juga hadir dengan tiga warna (Airy Blue, Hazy Purple dan Misty Silver) yang akan membuat penampilan spacer jadi semakin keren!

 

Image Gallery :

2,020 Responses to Acer Slim AspireV5-471G

  1. Saya pke acer slim kabel sambungan ke proyektornya ada gak ya, kok saya cari2 di toko komputer dikota saya pada gak ada

    By lidia biwinah Reply
    • Dear Lidia, untuk info ketersediaan aksesoris tersebut bisa menghubungi Acer contact center dinomor telepon 500-155 pada hari dan jam kerja. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. Dr.Acer . laptop saya acer aspire V5-471G-53334G50Mabb i5.
    di spesifikasinya katanya batera tahan sampai 5 jam.
    tapi kok punya saya 100% cuma 2 jam-an ?

    By muhammad abi Reply
    • Dear Muhammad, daya tahan baterai bervariasi tergantung perawatan baterai itu sendiri, serta kegiatan seperti apa yang sedang dikerjakan. Kamu bisa membaca tips merawat baterai di http://bit.ly/9C7czG dan tips mengoptimalkan daya tahan baterai di http://bit.ly/at2z3f :)

      By Dr. Acer Reply
      • permisi tanya lagi dr. berarti acer jenis ini(V5-471G-53334G50Mabb punya saya) pada awal dibeli itu tahan batrainya 5jam+ ya?
        soalnya saya beli second

        By muhammad abi Reply
  3. hi dok.. laptop saya Acer Aspire V5-471.,bios yang laptop saya pakai v1.16. apakah saya bisa update bios saya ke v2.x?.. terimah kasih dok.

    By Dodi Sanjaya Reply
    • Dear Dodi, tidak bisa. Syarat untuk melakukan update BIOS adalah gunakan BIOS sesuai dengan versi aslinya. Untuk saat ini update BIOS Aspire V5-471 adalah versi 1.22

      By Dr. Acer Reply
  4. dok saya mau tanya kok driver vga laptop v5 – 471g kok gak aktif?
    saya baru saja instal ulang pakek windows 7
    juga dolby advanced audionya
    mohon pencerahannya

    By Fery Sutha Reply
    • Dear Fery, pastikan kamu sudah menginstall driver VGA yang kompatibel dengan versi Windows yang digunakan. Kamu perlu menginstall driver VGA Intel terlebih dahulu kemudian install driver VGA Nvidia. Driver VGA Aspire V5-471G bisa kamu download melalui link berikut http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers/ . Sebagai info, Acer tidak menyediakan file installer aplikasi Dolby audio. Aplikasi Dolby audio sudah terinstall dan hanya tersedia pada OS yang dibundling ketika pembelian. :)

      By Dr. Acer Reply
  5. Hai dok, saya penguna Acer Aspire V5-471G I3.kenapa klik kanan pada desktop lambat? bagaimana mengatasi hal ini?

    By filmex Reply
    • Dear Filmex, kamu bisa mencoba menjalankan aplikasi maintenance software seperi melakukan scan virus menggunakan anti virus yang terupdate lalu bisa juga melakukan disk clean up. Jika masalah masih tidak teratasi disarankan melakukan install ulang OS.

      By Dr. Acer Reply
  6. Dok mau Tanya apabila CD driver laptop ini hilang. Bisa download dimana ya?

    By Valent Reply
  7. apakah processornya laptop acer v5-472g ini bisa diganti ….

    By ali Reply
    • Dear Ali, processor pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti :)

      By Dr. Acer Reply
  8. Hai dok, saya penguna Acer Aspire V5-471G. Laptop ini bisa diupgrade ga speed processornya. Thank you dok…

    By Sofry Reply
    • Dear Sofry, perlu kami informasikan bahwa prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade (integrated dengan motherboard).

      By Dr. Acer Reply
  9. saya juga makai Aspire V5-471G apakah cocok di pakaikan os linux dan distro linux apa,,? makasih

    By puput Reply
    • Dear puput, secara spesifikasi Aspire V5-471G sudah mendukung untuk menggunakan OS Linux. Untuk referensi Linux yang compatible, kamu bisa mencari info tersebut di forum-forum yang membahas OS Linux.

      By Dr. Acer Reply
  10. Saya Memakai ACER ASPIRE V5-471G i7 Win 7.
    Kenapa setelah Tampilan “starting windows” seringkali membutuhkan waktu yang lama (15 menit) untuk masuk windows, bahkan akhir ini sama sekali tidak bisa masuk windows, Padahal lampu indikator Harddisk menyala.

    saya sudah melakukan Repair device di menu F8 ataupun repair startup, bahkan sampai berulangkali restore OS ke factory default tapi semuanya tidak memperbaiki masalah.

    Apakah masalah ini terjadi disebabkan Harddisk ?

    By Angga Andhika Reply
    • Dear Angga, untuk problem tersebut kamu bisa coba lakukan install ulang / clean reinstall Windows terlebih dahulu. :)

      By Dr. Acer Reply
  11. Saya menggunakan Acer Aspire V5-471G i5 dengan NVIDIA Geforce GT 710M 2 GB dan pembelian baru 5 bulan yang lalu. Beberapa minggu yang lalu laptop saya mengalami masalah, sehingga saya bawa ke Acer Service Center dan tindakan yang diberikan adalah instal ulang Win 8.1 (tanpa instal driver NVIDIA) dan update BIOS. Namun setelah itu, ketika saya akan menginstal driver, driver NVIDIA nya justru error dan mengindikasikan NVIDIA tidak compatible di laptop saya. Padahal sebelumnya saat penginstalan OS (win 8) dan driver pertama kali tidak ada masalah. Mohon solusinya dok :)

    By Kiki Reply
    • Dear Kiki, kamu bisa coba gunakan driver VGA yang bisa didownload dari tautan http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers sesuai pilihan tipe laptop dan OS yang digunakan. Pastikan install VGA Intel terlebih dahulu.

      By Dr. Acer Reply
  12. hi dok, saya baru aja beli laptop acer V5-471G i3 dengan VGA710M. saya memilih ini karena direkomendasikan sama pemilik counter katanya untuk mahasiswi teknik sipil seperti saya bagus memakai ini untuk memduahkan program design, tapi setelah saya instal aplikasi SAP(struvture analyze program) malah ga bisa dok, padahal aplikasi itu penting sekali, yang bisa hanya autocad dok, mohon solusinya dok, terimakasih

    By ovin nesa Reply
    • Dear Ovin, untuk kompatibilitas program tersebut pastikan juga kamu menggunakan WIndows yang kompatibel dengan program tersebut. Kamu juga bisa mengubah pengaturan compatibility mode program tersebut melalui properties pada file program-nya. :)

      By Dr. Acer Reply
  13. dok!,, kenpa laptop saya ( qver v5 471G) biasa klo mw dinyalakan klo di tekan tombol powerx tidak menyalah padahal betrey full??
    saya jg coba cass lalu tekan lg tetap tdk mnyalah dan lampu idikator jg tdk mnyalah?

    jd terpksa harus lepas betrey baru psang kembali baru bisa nyalah….
    kira2 apa masalhnya dan solusinya???

    By bartholomeus luden Reply
    • Dear Bartholomeus, kemungkinan terjadi problem pada baterai laptopmu. Namun untuk memsatikan problemnya diperlukan pengecekan unit secara langsung. Kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center agar dilakukan pengecekan dan diberikan solusi terbaik disana. info lokasi Acer Service Center terdekat bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  14. hai dok, gimana ya cara ngelepasin baterai nya ? soal nya baterainya kayaknya internal deh. makasih

    By putri safti Reply
    • Dear Putri, baterai Aspire V5-471G dapat dilepas dengan cara menggeser pengunci baterai serta menarik baterai keluar dari kompartemennya. Instruksi seperti ini sebenarnya tercantum pada buku manual yang disertakan pada saat pembelian. Ada baiknya buku manual tersebut kamu baca karena memiliki informasi penting seputar penggunaan laptopmu.

      By Dr. Acer Reply
  15. Permisi Dok saya mau tanya… Saya pengguna Acer aspire v5-471g apakah sudah mendukung Nx karena saya ingin menginstal windows 8. Makasih dok

    By Akmal Andriyansyah Reply
    • Dear Akmal, Aspire V5-471G Support untuk digunakan dengan OS Windows 8/8.1

      By Dr. Acer Reply
  16. Hai dok, saya penguna Acer Aspire V5-471G I3. Ketika saya mengunakan windows XP dan menginstal intel HD graphic maupun Nvidia, kenapa ya tidak muncul gambar lagi setelah di reboot. Ada solusi untuk mengatasi hal itu? terima kasih.

    By Ilyas Reply
    • Dear Ilyas, kemungkinan driver yang kamu install tidak kompatibel dengan OS Windows XP. Kami sarankan install dengan Windows 7 atau Windows 8 (rekomendasi Acer).

      By Dr. Acer Reply
  17. hai dok, saya mahasiswa jurusa tekik kira-kira laptop acer apa yg cocok dengan saya karna berhubugan dengan desain sperti program adobe dan pembuatan jalur dan saya memiliki hobi gaming dengan budget saya 6 jt

    By alfon Reply
    • Dear Alfon, kamu bisa mempertimbangkan Acer Aspire E1-470G yang dibekali dengan processor Intel Core i3, RAM 4G dan VGA Nvidia Geforce. Aspire E1-470G dipasarkan dengan harga Rp 5,899,000 (VGA 2GB NVIDIA® GeForce® GT 720M) dan Rp 6,099,000 (2GB NVIDIA® GeForce® GT 820M). Review dan spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat pada artikel blog Acer berikut: http://www.acerid.com/2013/12/acer-aspire-e1-470g-notebook-tipis-dengan-performa-grafis-keren/

      By Dr. Acer Reply
  18. Saya menggunakan Acer Aspire V5-471G i3 yg menggunakan NVIDIA Geforce GT 620M 1 GB. Saat saya main PES 2014 VGA yg terdeteksi oleh PES bukan NVIDIA, tetapi mendeteksi Intel Graphic saja. Bagaimana caranya agar PES bisa mendeteksi VGA yg NVIDIA? Padahal saya sudah melakukan konfigurasi pada NVIDIA Control Panel.

    By Wishnu Reply
    • Dear Wishnu, kamu bisa coba ikuti langkah-langkah berikut:

      - Klik ‘Start’ dan pilih ‘Control Panel’
      - Dobel klik pada ‘Nvidia Control Panel’
      - Klik ‘View’ dan tambahkan pilihan ‘Run with graphics processor’ ke Context Menu. Setelah itu tutup jendela Nvidia Control Panel
      - Klik kanan pada aplikasi yang diinginkan dan pilih ‘Run with graphics processor’. Setelah itu klik lagi ‘High-performance NVIDIA processor’ 

      By Dr. Acer Reply
      • Saya menggunakan Acer Aspire V5-471G i3 yg menggunakan NVIDIA Geforce GT 620M 1 GB.kenapa nvidia control panel tidak bisa dibuka?.

        By filmex Reply

Submit Comment

  1.