Acer Slim AspireV5-471G

Sebuah notebook kelas menengah dengan harga terjangkau (layar 14”) sudah umum memiliki bobot di kisaran 2,5kg dan bodi yang cukup tebal. Acer kali ini hadir dengan jajaran notebook slim-nya yang memiliki performa sama dengan notebook biasa, akan tetapi berukuran tipis dan dengan bobot lebih ringan.

Kali ini kita akan melihat Acer Slim Aspire V5-471G. Notebook ini sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 dan bahkan sebuah VGA tambahan! Uniknya, notebook ini ditawarkan dengan bobot ringan dan bodi tipis yang menawan.

 

Lebih Tipis, Tetap dengan DVD-RW

Berbeda dengan notebook biasa, meski Slim Aspire V5 menggunakan layar 14” (1366×768) memiliki ketebalan hanya 23mm. Ini membuatnya hanya 2mm lebih tebal dibandingkan standar Ultrabook. Penampilannya pun terlihat trendi dan kokoh karena berbalut tema warna silver yang minimalis.

Meski tipis dan harganya terjangkau, notebook ini masih tetap memiliki sebuah DVD-RW terintegrasi.Jadi, tidak ada fitur notebook yang dipangkas di sini.Berbeda dengan notebook berdimensi tipis lainnya yang terpaksa mengorbankan keberadaan DVD-RW.

 

Bobot Lebih Ringan Meski dengan VGA Tambahan

Notebook ini tidak hanya tipis, namun juga lebih ringan dibandingkan notebook 14” biasa. Terlebih lagi, dengan bobot hanya 2,1 Kg, notebook ini masih dilengkapi dengan sebuah VGA tambahan NVIDIA GeForce GT620 (VRAM 1GB). Umumnya, notebook 14” dengan VGA tambahan akan memiliki bobot di kisaran 2,5 Kg atau lebih. Hal ini membuat Slim Aspire V5 ini memiliki selisih bobot sekitar 400 gram dibandingkan notebook 14” biasa. Atau, untuk mudahnya, selisih berat notebook ini dengan notebook biasa akan setara dengan 2 gelas air mineral. Tas notebook Anda akan terasa jauh lebih ringan, bukan?

 

Prosesor Core i5 yang Irit Daya

Notebook ini menggunakan prosesor Intel Core i5 2467M dengan kecepatan standar 1,6 GHz dan Turbo boost (otomatis) hingga 2,3 GHz. Prosesor kelas Sandy Bridge ini memiliki keunggulan dari sisi performa dan konsumsi dayanya. Dilengkapi dengan turbo boost 2,3 GHz dan kemampuan menjalankan 4 thread sekaligus, prosesor tersebut membuat Slim Aspire V5 ini mampu mengerjakan pekerjaan yang cukup berat dalam waktu singkat.

Kemampuan prosesor ini untuk menghemat daya dan suhu kerjanya yang rendah membuat Slim Aspire V5-471G bisa menggunakan bodi tipis dan baterai lebih kecil sembari menjaga daya tahan baterainya tetap cukup panjang.

 

Dilengkapi Teknologi VGA yang Irit Daya

Mengusung sebuah VGA tambahan (NVIDIA GeForce GT620M) tetap menjadikannya sebagai notebook yang irit. Teknologi NVIDIA Optimus yang digunakan pada notebook tipis ini menghasilkan kinerja yang cepat namun daya tahan baterai tetap optimal.. Teknologi ini memungkinkan notebook untuk mengenali aplikasi mana yang membutuhkan kinerja VGA ekstra dan mana yang cukup menggunakan VGA terintegrasi saja.Hasilnya, saat digunakan bermain game, GeForce GT620M akanotomatis diaktifkan untuk membuat pengalaman gaming Anda menyenangkan.Apabila game dimatikan, maka teknologi NVIDIA Optimus secara otomatis langsung menonaktifkan NVIDIA GT620M dan mengalihkan fungsinya ke VGA terintegrasi (Intel HD Graphic 3000) untuk mengoptimalkan kinerja baterai notebook.Ini membuat daya tahan baterai notebook menjadi tetap baik.

Jika diperlukan, Anda bahkan bisa menentukan sendiri aplikasi/software/game mana yang menggunakan GeForce GT620M dan mana yang menggunakan Intel HD graphics 3000.Sangat efisien, bukan?

 

Konektivitas Lengkap

Kami mencatat ada 3 USB port pada sisi kiri notebook tipis ini. 2 port USB 2.0 dan 1 port USB 3.0. Sementara itu, masih di sisi kiri, Anda akan menemukan sebuah konektor HDMI, jack stereo 3,5”, dan sebuah konektor unik. Konektor unik ini adalah tempat untuk memasangkan adaptor combo LAN dan VGA. Jadi, dengan dengan adaptor tersebut Anda bisa memasangkan jack RJ45 (LAN) sembari menyambungkan notebook ke monitor atau proyektor dengan konektivitas VGA (D-SUB). Solusi ini cukup unik karena memungkinkan notebook diproduksi setipis mungkin namun tetap mempertahankan konektor-konektor yang umum dibutuhkan.

Keyboard nyaman dan touchpad besar

Slim Aspire V5 ini menggunakan keyboard model chiclet dengan yang jarak antara tuts-nya cukup lega.Tak ubahnya sebuah notebook 14” biasa. Ini tentunya akan memudahkan Anda yang sering membutuhkan keyboard untuk mengetik tulisan panjang. Sementara itu, touchpad-nya tampak mengadopsi touchpad seperti pada ultrabook Acer.Touchpad ini berukuran ekstra besar dengan tombol klik kanan dan kiri yang terintegrasi di sisi kanan dan kiri bawahnya.

 

Tata suara

Slim Aspire V5-471G ini menggunakan tata suara Dolby Home Theater. Apabila diletakkan di atas meja, Anda akan merasakan tata suara yang jauh lebih baik lagi. Kedalaman suara, bass, dan kelantangannya menjadi optimal pada posisi tersebut.Singkat kata, speaker pada Slim Aspire V5-471G ini sangat berbeda dibandingkan notebook biasa.

 

Hasil pengujian SYSmark

Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan.Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.

 

Performa dari notebook dengan prosesor irit daya ini ternyata cukup baik.Terbukti dari hasil pengujian SYSMark 2007 yang menempatkannya setara dengan notebook biasa dengan prosesor Core i5 terdahulu.Hasil ini menunjukkan bahwa Anda tetap memperoleh performa notebook besar, meski ukuran notebook ini terbilang sangat tipis.

 

Pengujian Daya Tahan Baterai

Dari pengujian dengan mobilemark 2007, Slim Aspire V5-471G bisa bertahan hidup selama 5 Jam. Itu berarti, penggunanya bisa bekerja dengan MS Office dan bahkan beberapa aplikasi Adobe (tanpa terkoneksi ke Internet) selama 5 jam nonstop.

Hasil tersebut membuktikan bahwa daya tahan baterai Slim Aspire V5-471G ini ternyata berada di atas rata-rata notebook biasa (3-4 jam).

 

Pengujian 3DMark06

Program tes ini bisa ditemukan online (www.futuremark.com).3DMark 2006 adalah acuan umum yang universal untuk pengujian VGA.Versi ini adalah yang umum digunakan untuk VGA entry-level. Skor 3DMark secara umum akan menampilkan kemampuan gaming dari sebuah komputer. Sementara skor SM 3.0 akan menunjukkan kemampuan VGA secara spesifik.

 

Cukup mengejutkan bahwa perpaduan prosesor Core i5 versi irit daya dengan VGA GT620M terbaru ini mampu membawa performa Slim Aspire V5-471G mendekati notebook dengan Core i5-2410 dan VGA NVIDIA GT540M yang terkenal handal. Sementara itu, meski tanpa mengaktifkan VGA GeForce yang dimilikinya, performa HD3000 yang dimiliki notebook tipis ini terlihat sudah cukup untuk gaming 3D ringan di resolusi 1280x720p (contoh: PES12).

 

Pengujian Gaming 3D

Jangan bahas soal kemampuan notebook ini memainkan game seperti PES12, FIFA12, Point Blank, atau CS online. Slim Aspire V5-471G memiliki performa yang teramat baik untuk menjalankan game ringan tersebut. Dalam pengujian game yang lebih berat kami memperoleh hasil yang cukup baik juga. Game seperti Resident Evil 5 (DX10) dapat dimainkan dengan resolusi penuh (1366×768) dan tetap memperoleh frame rate di atas 40 fps. Sementara itu, game yang teramat berat seperti Lost Planet2, sudah bisa dimainkan meski harus menggunakan setting DX9 medium. Battlefield3 pun masih bisa dijalankan pada notebook ini, akan tetapi Anda memang harus menurunkan resolusi dan kualitas gambarnya (catatan: dengan setting low, game ini cukup sulit dimainkan tanpa VGA yang mumpuni).

 

 

KESIMPULAN AKHIR:

Lebih Tipis, Lebih Ringan, dan Tetap Kencang

Slim Aspire V5-471G adalah perpaduan unik yang jarang bisa ditemukan.Prosesor dengan performa cukup tinggi dan VGA tambahan yang berkelas dipadukan dalam paket notebook yang ringan dan tipis. Uniknya, paket ini hadir dengan harga yang sama dengan notebook sekelas lainnya yang memiliki bodi besar dan berat.

Secara singkat keunggulan Slim Aspire V5-471G adalah:

  • Performa Tinggidengan bodi yang tipis
  • Tata suara Dolby yang lantang
  • Bobot relatif ringan untuk ukurannya (2Kg)
  • Performa grafis 3D dan gaming yang baik.
  • Daya tahan baterai di atas rata-rata notebook sekelasnya (5 jam)
  • Masih memiliki semua port dan konektor lengkap
  • Masih memiliki DVD-RW terintegrasi

Untuk memperoleh perpaduan di atas tanpa harga yang mencekik, umumnya Anda harus merogoh kocek cukup dalam. Sementara, Acer menawarkan Slim Aspire V5-471G ini dalam paket yang tipis dan ringan (plus semua keunggulan di atas) dengan harga yang sama dengan notebook tebal biasa. 

Beberapa contoh pengguna yang mungkin akan merasa sangat cocok dengan notebook tipis ini adalah:

Pekerja yang membutuhkan notebook terjangkau, berperforma ekstra dan berpenampilan elegan.

Penampilan notebook Anda menjadi salah satu acuan rekan kerja dan klien Anda.Sementara, jika Anda membutuhkan notebook dengan performa tinggi dan harga terjangkau, penampilan umumnya menjadi prioritas kedua.Berbeda halnya jika Anda menggunakan Slim Aspire V5-471G.Selain memiliki semua konektivitas yang dibutuhkan para pekerja (termasuk LAN dan konektor VGA/D-sub), notebook ini mampu menawarkan performa terbaik sembari memukau rekan kerja dan klien, tanpa mengharuskan Anda membobol bank terlebih dahulu.

 

Mahasiswa dengan kebutuhan ekstra.

Mahasiswa tentu memiliki beragam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan akan performa notebook, kemudahan membawa notebook tersebut, daya tahan baterai yang baik untuk memungkinkan notebook digunakan selama kuliah tanpa terkoneksi ke colokan listrik, hingga kemampuan bermain game untuk mengisi waktu luang. Semua ini bisa diperoleh pada Slim Aspire V5-471G.Untuk menyelesaikan tugas (bahkan tugas grafis), notebook ini memiliki performa yang cukup baik. Daya tahan baterainya (5 jam) mengizinkan Anda untuk menggunakan notebook ini tanpa khawatir kehabisa baterai saat mencatat di dalam kelas.

Dimensinya yang tipis dan bobot ringan membuatnya mudah dibawa-bawa.Sementara, kemampuan grafisnya membuat Anda bisa menggunakannya untuk bermain game di sela kesibukan perkuliahan. Selain itu, Slim Acer Aspire V5-471G juga hadir dengan tiga warna (Airy Blue, Hazy Purple dan Misty Silver) yang akan membuat penampilan spacer jadi semakin keren!

 

Image Gallery :

Related Article

2,222 Responses to Acer Slim AspireV5-471G

 

  1. leo says:

    Acernya casingnya patah, apa ada casing Acer yang dijual terpisah? dimana bisa membelinya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Leo, untuk hal tersebut kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan perbaikan terhadap casing unit Acer kamu.
      Lokasi Acer Service Center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  2. Mogastra Rachmana says:

    Mau Nanya dok,, Untuk Stock Motherboart Acer V5 471 G Udah Ada Nggak ??? Soal nya motherboard acer saya Mengalami Kerusakan….
    Trimakasih…,,\

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mogastra, untuk info ketersediaan dan harga mainboard ASpire V5-471G, silahkan menghubungi Acer Contact Center di 1500-155 (pada hari dan jam kerja) atau kamu bisa langsung datang ke Acer Service Center terdekat untuk mendapatkan info ketersediaan part mainboard Aspire V5-471G.
      Lokasi Acer Service Center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  3. Rain says:

    dok mau tanya kalau sekrup nya apa ya? sekrup belakang nya beberapa hilang terus beberapa tombol keyboard tidak bisa digunakan

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rain, untuk problem yang kamu alami kami menyarankan membawa unit ke Acer Service Center terdekat agar dapat melakukan perbaikan secara langsung

  4. raja Stevanus says:

    Dear raja. kalo mw reset pass bios acer v5-471 gimana sih?? soalnya saya lupa pass nya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Raja, untuk mereset password BIOS perlu membawa untinya ke Acer Service Center. Info lokasi Acer Service Center dapat kamu temukan dibagian atas blog ini. :)

  5. Eko says:

    dok, ada tidak dijual konektor kombo lan&vga???

    1. Dr. Acer says:

      Dear Eko, untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 1500-155 pada hari Senin-Sabtu pukul 08.30 – 17.30.

  6. Imam Abd. says:

    Dear Dok,

    Laptop Acer V5-471PG ga mau ngisi batrenya.
    Pada saat saya plug in charger ke laptop, 4 kali kedip lampu orange indikator ter-isi batrenya dan selanjutnya gak nyala lagi lampunya, dan setelah laptop di nyalakan lalu pada saat booting windows terjadi hal yang sama yaitu 4 kali kedip lampu orange indikator batre ter-isi dan selanjutnya tidak gak nyala lagi lampunya.
    Untuk indikator batre pada windows di kanan bawah tertulis “plug-in 0%, not charging”.
    Pemecahannya bagaimana Dok sehingga batre laptopnya bisa terisi kembali?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Imam, untuk kendala tersebut bisa coba melakukan ‘power-reset’ dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
      Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Hubungkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan hidupkan kembali laptop.
      Jika tetap terkendala kami sarankan membawa laptop tersebut ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer.

  7. Galih says:

    Dok kalo mo masuk ke bios gmn? pny ane Acer Aspire E5-411-CG5E

    1. Dr. Acer says:

      Dear Galih, untuk masuk BIOS bisa dengan menekan F2 berkali-kali saat booting.

  8. andhika says:

    dok, kalo acer v5-471g kalo mau input suara gimana ya ? soalnya di sisi kiri ga ada port buat input mic, cuma ada buat output/headset , apa harus beli jack baru buat input suara/mic ? terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andhika, kamu bisa coba gunakan 3,5mm jack splitter untuk hal tersebut. :)

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved