Tips Mengurangi Panas (Overheat) Pada Notebook

spAcer pasti setuju dong kalau panas berlebih/overheat pada notebook itu adalah masalah yang tidak boleh dianggap remeh. Ya, overheat pada notebook memang harus segera ditangani karena bisa mendatangkan banyak hal buruk seperti komponen-komponen dalam casing kepanasan, notebook sering hang, dan yang paling fatal malah bisa menyebabkan prosesor mati.

Salah satu penyebab terjadinya panas berlebih/overheat pada notebook biasanya karena kinerja sistem pendingin yang kurang baik atau tidak lagi maksimal. Debu bisa menjadi penyebab sistem pendingin pada notebook bermasalah, misalnya menjadi kotor karena debu yang tersedot. Bahkan, terkadang ada benda-benda aneh atau malah binatang-binatang kecil yang masuk ke dalam sistem pendingin notebook hingga kinerjanya menurun.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips sederhana, yang dikuti dari berbagai sumber, agar notebook tidak cepat panas atau overheat :

  1. Upayakan untuk menyalakan notebook di ruangan terbuka atau sirkulasi udaranya baik. Sangat tidak disarankan untuk menyalakan notebook di atas permukaan yang tidak rata seperti bantal, sofa, kasur, dan sebagainya, karena bisa mengganggu sirkulasi udara pada notebook.
  2. Upayakan untuk menambah perangkat cooling pad pada notebook. Cooling pad bermanfaat untuk membantu mengeluarkan udara panas di dalam notebook. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pada cooling pad agar meminimalisir debu yang menempel.
  3. Jika memungkinkan, nyalakan notebook di ruangan ber-AC. Udara sejuk yang dikeluarkan AC membantu notebook spAcer tetap pada kondisi yang normal/sejuk. Jangan nyalakan notebook di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung karena akan meningkatkan panas pada notebook.
  4. Jangan lupa untuk mengistirahatkan notebook. Meski saat ini banyak produk notebook (misal Acer) yang menawarkan performa dan kinerja baterai mumpuni, ada baiknya spAcer juga memberikan waktu istirahat pada notebook. Apalagi jika sering digunakan untuk bermain  games atau online dalam waktu lama, disarankan untuk mengistirahatkan notebook setidaknya 30-60 menit sebelum kembali diajak bekerja.
  5. Membersihkan kipas dan heatsink pada notebook. Kipas yang berputar searah bisa menyebabkan penumpukan debu/kotoran pada kipas. Debu atau kotoran yang menempel pada kipas dan heatsink akan menghalangi udara yang masuk sehingga terjadi panas di dalam notebook. Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan pembongkaran pada notebook untuk membersihkan debu atau kotoran, sebaiknya dilakukan oleh orang yang terbiasa melakukan hal itu di Service Center.
Related Article

126 Responses to Tips Mengurangi Panas (Overheat) Pada Notebook

 

  1. J. Isliko says:

    saya pengguna acer aspire one 722 dari tahun 2010. selama ini performa notebook saya terbilang baik bahkan untuk memainkan game 3D. daya tahannya juga luar biasa karena sekalipun sudah hamper 7 tahun namun belum sekalipun notebook saya mengalami mati tiba-tiba. sering saya gunakan untuk bekerja tanpa mematikan komputer selama 10 jam. gejala heating pada notebook saya juga terbilang tidak terlalu berlebih (padahal belum pernah ganti pasta). beberapa minggu yang lalu, saya memutuskan untuk mengganti pasta pendingin pada notebook saya. setelah dilihat ke bagian processornya memang pasta pendingin bawaan pabrik sudah mongering. banyak debu juga yang melekat pada system pendinginnya. setelah itu saya bersihkan dan mengganti pasta pendinginnya dengan yang baru. namun, setelah penggantian pasta, notebook saya tidak bekerja dengan lebih baik dan sering mengalami mati tiba-tiba karena over heating, padahal system pendinginnya bekerja dengan baik. mohon solusinya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Isliko, sebelumnya bisa diinformasikan apakah penggantian pasta tersebut dilakukan di Acer Service Center resmi?

  2. Adi fras says:

    Halo dok. Kebetulan saya punya acer v3 471G core i7 . Sudah 3 tahun pemakaian. Entah kenapa skrg leptop saya cepat panas bahkan saat baru dihidupkan suhunya panas . Sudah pake cooling pad
    Cpu : 49°
    Gpu : 43°
    Mobo : 50°
    Hdd : 39 °
    Setelah 10 menit pemakaian suhu cpu gpu mobo bisa tembus 60° dan fan bunyi keras. Saa sudah coba bersihkan fan dan ganti termal pasta tapi hasilnya sama. Mohon masukannya dok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adi, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem pada perangkat tersebut.

  3. Jojo says:

    AO722 sy selalu overheat lalu suka shutdown,pdhal sudh diupyakn pmbersihan di heatsink & kipas. Bgian dlam komponen jg sudh ckup beesih,tp masih sllu shutdown sndri jika oveeheat,pdhl tdk trlalu bkeeja berat,hnya dgunakn utk office yg dlm jngka waktu wjar sja. Trus smakin lma dpake kerja,makin loading & lambat. Kira2 apa yg tradi ya,jika kipas & area pndngin sudh ckup neeaih,bgian kmpomen jg terlihat beesih,tp masih sering overheat & random shutdown

    1. Dr. Acer says:

      Dear Jojo, kemungkinan ada kendala pada hardware laptop. Kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat di kotamu agar dapat diperiksa secara langsung dan menyeluruh.

  4. Gabe says:

    Dok, apa bisa ganti hsf acer aspire 4752g ke hsf lain yg rpm ny lebih tinggi? Maaf newbie dok maklumkan saja hehe

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gabe, untuk processor tidak dapat dipugrade atau diganti.

  5. jalal says:

    netbook sy bisa membuka bios dengan normal, tapi tidak bisa masuk ke windows, baru booting ke windows langsung mati. kira2 apa penyebabnya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Jalal, hal tersebut bisa disebabkan oleh problem pada sistem OS. Disarankan melakukan install ulang OS terlebih dahulu

  6. nefi says:

    min mau tanya kenaoa notebook saya mati sendiri dan tidak mau nyala lagi, padahal sudah menggunakn batre, terkadang sudah nyala tetapi digoyang sedikit langsung mati dan susah lagi hidupnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nefi, ada kemungkinan terjadi problem pada hardware laptop. Untuk memastikannya disarankan sebaiknya segera membawa unit ke Acer Service Center terdekat agar dapat melakukan pengecekan fisik secar langsung.

  7. Dok, saya mau tanya, saya pengguna acer aspire v3-551-8887 dan saya menggunakan cooler master notepal L1. Apakah tipe cooling pad tersebut termasuk bagus untuk mengurangi panas pada produk acer saya? Terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dalendra, mohon maaf kami tidak mereferensikan produk aksesoris merk tertentu, pastikan saja suhu laptop setelah pemakaian perangkat tersebut menjadi lebih dingin.

  8. Luthfi says:

    Dok, jika laptop sering panas, bahkan hanya untuk membuka BIOS saja suda panas, apakah ada kemungkinan heatsink perlu diganti?
    dan benarkah pada heatsink Aspire 4738z berisi Gas freon ?
    jika benar, mungkinkah panas tersebut di sebabkan kurangnya gas freon di dalam heatsink?
    terimakasih Dok. Acer 🙂
    mohon dibalas>!

    1. Dr. Acer says:

      Dear Luthfi, agak sulit memastikan hal tersebut tanpa melakukan pemeriksaan unit secara langsung. Kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center agar diakukan pemeriksaan secara langsung oleh teknisi disana. Info lokasi Acer Service Center dapat kamu temukan dibagian bawah blog ini. 🙂

  9. dok, saya pake acer aspire v5-132, layarnya blank setelah saya masuk ke lock screen dan unlock screen. Gimana ya cara mengatasinya? Makasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Astri, Kemungkinan teradpat kerusakan pada sistem di laptop kamu. Solusinya bisa dengan melakukan instalasi ulang OS

  10. Laptop saya aspire 4739. kenapa ya setiap saya nyalakan pasti bunyi keras sekali. kira-kira apa yang perlu di service?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Luluk, bisa diinformasikan bunyi keras seperti apa yang muncul? apakah pada masuk Windows volume normal?

  11. adi says:

    laptop saya acer aspire 4755g,,kenapa saat bermain game,,gamenya sering lag padahal, speknya udah mantap dan melebihi sys requirements yg dibutuhkan,,,tp kenapa lag dan cepat panas kalo bermain game

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adi, coba kamu lakukan install ulang driver VGA terlebih dahulu. Driver bisa juga kamu download melalui tautan berikut:
      http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

  12. Dok, saya udah rajin bersihin kotoran di heatsink saya, bahkan udah ganti thermal paste juga, tapi kenapa laptop saya masih tetep panas ya, bahkan cuma buka browser doang suhunya bisa sampe 80 C. itu kenapa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Hi, kemungkinan performa hardware sudah menurun. Untuk memastikannya bisa cek dahulu di Acer service center terdekat di kotamu, lokasinya ada di Thamrin Square Blok C No.11,Jl. Thamrin No.5, Semarang.

  13. Septian says:

    tanya donk Dr.Acer, untuk lamanya service kipas laptop berapa hari ya? terus untuk biaya-nya berapa dok? thx

    1. Dr. Acer says:

      Dear Septian, lama service tergantung dari jenis perbaikan dan antrian di Acer Service Center setempat. Jika unitnya tidak dalam masa garansi akan dikenakan biaya perbaikan Rp. 165rb diluar harga sparepart apabila diperlukan penggantian. 🙂

  14. hendra awila says:

    mau tanya.. cara memperbaiki mainboard notebook acer gmana…..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hendra, untuk problem tersebut kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan pengecekan dan perbaikan.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  15. mau tanya nichh..notebook yg sering mati mati solusinya gmna…thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hendra, bisa diinfokan apakah problem tersebut terjadi pada saat kamu sedang menjalankan aplikasi/3D gaming? JIka iya, kemungkinan laptop kamu mengalami overheat. Jika tidak, kemungkinan ada problem pada hardware/software laptop Acer kamu. Untuk dapat mendiagnosa problemnya secara pasti, silahkan kamu membawa unitnya ke Acer service center terdekat agar dibantu oleh teknisi kami di sana melakukan pengecekan dan perbaikan.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  16. Dear Dr. Acer,, laptop acer saya cepat panas disebelah kiri bagian sirkulasi udaranya, mohon diberikan pemahaman apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?? terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Benny, kemungkinan terdapat kotoran yang menghambat kinerja kipas pendingin. Kami sarankan membawa unit laptopnya ke Acer service center untuk pemeriksaan secara langsung sekaligus mendapatkan solusi yang terbaik dari teknisi kami.

  17. ahmad says:

    Doc, saya mau tanya..
    selama masih garansi, apa kah saat sy servis di servis centre acer, sy dikenakan biaya atau tidak?? misalkan saja pembersihan kipas dan penggantian thermal paste.??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ahmad, hal tersebut tergantung dari kerusakan seperti apa yang terjadi pada unit kamu. Tetapi untuk maintenance seperti pembersihan kipas, dan lain sebagainya, tidak dikenakan biaya service 🙂

  18. dr. Acer, sya mau tnya. saya punya ACER 4752G fan ny udah lemah putarannya. apkah fan procie trsbut bisa diganti, kalo bisa kira-kira budgetnya brpa?? terima kasih sebelumnya 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Muhammad, kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Standar biaya service adalah sebesar Rp 165ribu, belum termasuk sparepart. Untuk informasi harga sparepart, kamu bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja

  19. Iqbal says:

    Dr.Acer mau tanya
    cara perawatan laptop Acer aspire v5-431 gimana ya soalnya tipis banget laptopnya dan cepet panas

    1. Dr. Acer says:

      Dear Iqbal, kamu bisa membaca tips pemakaian dan perawatan laptop di http://bit.ly/18FREVD

  20. aef saeful says:

    punten mau tanya saya punya leptop acer asire E1 471 kenapa ko kipasnya nyala sendiri padahal leptop dalam keadaan mati ? kenapa ya ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aef, apakah laptop dalam keadaan mati total? ada kemungkinan laptop belum mati total namun masuk dalam mode hibernate atau sleep saja.

  21. hi Dr.Acer Mengapa saat laptop saya tidak membuka aplikasi selalu bunyi pretek-pretek knapa ya..?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Whyldan, bunyi tersebut kemungkinan berasal dari HDD, namun selama tidak menyebabkan kerusakan system hal tersebut wajar. Jika memang bunyi tersebut cukup mengganggu dan menyebabkan problem pada system, kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

  22. ogut says:

    dear dr.acer
    mau tanya dong, saya memakai acer 4739, napa kerja CPU bekerja 100% sementara saya tidak ada buka aplikasi. mohon bantuannya utk meminimalisir kerja CPU. tks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ogut, kemungkinan ada program yang berjalan di background ataupun ada malware di laptopmu. Sebagai langkah awal penanganan, kamu bisa coba menghapus aplikasi yang tidak terpakai dan lakukan scan malware dengan antivirus yang sudah terupdate. 🙂

  23. singgih says:

    halo Dr.acer saya mau tanya, untuk acer aspire 4738z kalo RAMnya mau ditambah bisa nggk kira2 dari 1GB ke 2/4GB??
    sama minta tipsnya.

    mohon pencerahanya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Singgih, RAM Aspire 4738Z bisa diupgrade hingga maksimal 8GB dengan DDR3. 🙂

  24. hatsune miku says:

    dok,mw nanya nieh,saya punya notebook AO722,
    masalahnya notebook saya koq cepat panas ea dok,padahal bru 30 menit beroperasi dan itupun suhunya sampe 70-85″C dok,mhon bantuannya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hatsune, Laptop cepat panas penyebabnya sangat beragam, bisa dari pemakaian laptop untuk menjalankan aplikasi atau software yang membutuhkan kinerja hardware yang tinggi, sistem pengudaraan di ruangan yang kurang baik ataupun kinerja fan pendingin laptop yang tidak maksimal. Hindari juga memakai laptop ditempat tidur atau yang beralaskan halus seperti kain dan sprei.
      Kami sarankan kamu segera membawa laptopnya ke Acer Service Center terdekat agar dilakukan pengecekan lebih lanjut. Info lokasi Acer Service Center dapat kamu lihat di http://www.acerid.com

  25. nola says:

    dr. acer saya mau tanya
    laptop saya acer aspire 4752 udah dilengkapi auto-shutdown?
    dan akhir-akhir ini laptop saya saat digunakan mengeluarkan bunyi mendesing, apalagi klw udh bnyak aplikasi yg d jlnkan, bunyinya smkin keras, itu kenapa ya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Nola, setiap produk Acer sudah dilengkapi dengan system auto shutdown. Bunyi tersebut berasal dari kipas yang berputar kencang dan menandakan komponen laptop sedang bekerja. Hal itu adalah normal selama kipas/fan tidak mengalami problem mati (tidak berputar sama sekali). Namun jika merasa tidak nyaman, kami sarankan kamu memerikasakannya di Acer service center terdekat. Lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini.

    2. Dr. Acer says:

      Hai Nola, semua produk Acer sudah dilengkapi dengan system auto shutdown. Bunyi tersebut berasal dari kipas yang berputar kencang dan menandakan komponen laptop sedang bekerja. Hal itu adalah normal selama kipas/fan tidak mengalami problem mati (tidak berputar sama sekali). Namun jika merasa tidak nyaman, kami sarankan kamu memerikasakannya di Acer service center terdekat. Lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini.

  26. Anbu says:

    Dr. Acer, kipas prossesor kok tidak berputar saat menyalakan notebook hanya sedikit berputar. padahal debu sudah dibersihkan smua dan pastanya ok. Apa yang salah?
    Acer Aspire 4738

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Anbu. Putaran kipas tergantung dari beban proses yang dikerjakan CPU. Sehingga memang putarannya tidak konstan. Namun untuk memastikan apakah ada kerusakan atau tidak, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa diperiksa langsung oleh teknisi Acer.

  27. Sofyan Gani says:

    dok, sya punya laptop acer aspire V5, klo di nyalakan sering ngeblang hitam tidak bisa masuk destop. knp itu dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sofyan, kamu bisa coba masuk pilihan menu safemode dengan menekan tombol F8 pada saat awal booting, jika masih tidak bisa coba periksa kondisi hardisk dan pengaturan bootnya pada Bios setup, masuk Bios dengan cara menekan tombol F2 pada saat awal booting 🙂

  28. eddo yelnats says:

    Dear Dr. Acer,

    Kenapa netbook Acer Aspire One saya, tidak bisa untuk menggunakan barcode reader & keyboard numeric ? Terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Eddo, apakah kamu ingin menggunakan barcode reader dan keyboard numeric eksternal yang dihubungkan melalui USB? Jika ya, kemungkinan driver dari perangkat tersebut belum terinstall pada laptopmu. 🙂

  29. AdityaK says:

    dok untuk biaya pembersihan debu di acer service center berapa? dan kalo perbaiki pasta pada kipas cooling berapa biayanya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear AdityaK, Standar biaya service sebesar Rp 165ribu, belum termasuk biaya sparepart apabila diperlukan

  30. taufan says:

    saya mau tanya laptop saya aspire 4745G win 7 ultimate 32bite.
    saat saya instal intel HD grapic terus restart kok malah ga mau keluar gambarnya,
    setelah saya hilangkan HD grapicnya baru kembali nyala.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Taufan, AS4745G menggunakan VGA ATI Radeon. Pastikan kamu sudah menginstall driver untuk VGA tersebut

      1. taufan says:

        saya sudah instal driver ATI radeonnya.
        tapi setelah saya instal Intel HD grapic malah ga kluar gambarnua.

        1. Dr. Acer says:

          Taufan, proses install VGA yang pertama kali adalah Intel HD graphic, setelah restart barulah menginstal VGA Ati Radeon, kami sarankan untuk uninstall dahulu driver VGA Ati, kemudian ikuti langkah tersebut 🙂

  31. ayub s manap says:

    siang doc, sy mw brtnya ni, sy punya leptop accer E1-471 akhir2 ini sering ad bunyi ” nut ” dengan irama yg berfariasi itu kenapa ya?
    tlong di bantu ya doc… trim’s sblumnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ayub, apakah bunyi tersebut muncul pada saat awal dihidupkan ataukah pada saat sudah dioperasikan?

  32. rindra says:

    dok mo nanya’ nih, Apa ACER tidak pernah nyiapin software untuk ngatur kecepatan putar kipas notebook ? Saya pengguna aspire 4740 (jadul) dan Aspire V5-473PG (1 minggu lalu baru beli). Klo ad kasih link downloadnya dong. makasih banyak

    1. Dr. Acer says:

      Rindra, Acer tidak memiliki software seperti itu.

  33. Kevin C says:

    dr kenapa laptop saya suka panas pada saat saya bermain Game dengan mggunakan NVIDIA High definition padahal laptop saya mAsih tergolong baru

    1. Dr. Acer says:

      Hai Kevin, panas yang dihasilkan masih dikatakan normal selama laptop tidak mengalami mati mendadak. Laptop Acer memiliki autoshutdown jika mengalami panas yang berlebih agar melindungi komponen yang ada pada laptop.

  34. Riyadhy says:

    dok, casing laptop terasa panas bukan berarti suhu laptop tidak normal kan? saya kurang tau yg namax panas berlebihan itu bagaimana jka dpantau dengan cara menyentuh casing.. memang casing laptop saya trasa panas tetapi jika dilihat dari software pembaca panas suhu laptop aspire 4752g saya berada dikisaran *CPU=45-58 drajat dan *HDD=39 derajat ,, apakah normal casing laptop saya terasa panas

    1. Dr. Acer says:

      Riyadhy, temperatur yang kamu sebutkan tersebut sebenarnya masih dalam kategori wajar.

  35. Hens says:

    kenapa dengan acer 4738 KO KIPAS NYA SUKA PANAS???? apakah benar cairan/pasta pada kipas cooling dpat diganti atau disidi ulang…plis tolong bantu

    1. Dr. Acer says:

      Hens, ada kemungkinan terjadi penumpukan debu pada kipas di laptopmu sehingga performanya terganggu. Untuk membersihkannya, kamu bisa membawa laptop milikmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa dibantu langsung oleh teknisi Acer

  36. ahmad says:

    Dr. Acer, saya sering merecovery data, apakah ada pengaruh/efek buruk pada acer.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ahmad, tidak ada masalah dengan hal tersebut.

  37. Ras adam says:

    om cara bongkar acer aspire 4752 gmn gan..? ane mau bersihin kipasnya ni…

    1. Dr. Acer says:

      Adam, untuk penanganan seperti itu sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  38. HAI DR.ACER…
    BERAPA BIAYA PERGANTIAN CHIPSET / VGA ACER 4738Z DAN BERAPA LAMA HARI KERJANYA..???

    1. Dr. Acer says:

      Anton, untuk detail biaya sparepart seperti itu sebaiknya hubungi langsung salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini. Proses perbaikan sendiri rata-rata berlangsung lima hari kerja, tergantung dari beban kerja di service center dan ketersediaan sparepart yang dibutuhkan.

  39. ikhsan says:

    hi Dr. Acer
    mau nanya nih, laptop saya Acer 4736z, OS win7. lampu indikator di laptop (bukan di adaptor) saya kok kedap-kedip sendiri? itu terjadi hanya kadang2 saja. apa ini termasuk over heat? fast respon. thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ikhsan, kemungkinan terjadi kelemahan pada baterai laptop, untuk memastikannya kami sarankan untuk membawa laptop ke Acer service center terdekat untuk melakukan pengecekan fisik sacara langsung.

  40. Syaiful says:

    Berapa biaya service dan pergantian chipset yg sudah overheat untuk seri 4740? terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Syaiful, standar biaya service sebesar Rp 165ribu, belum termasuk biaya penggantian sparepart. Untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja 🙂

  41. Muda says:

    laptop saya acer aspire4738G, saat saya gunakan untuk main game kadang2 laptop saya mati sendiri dan bagian kipas angat panas, padahal saya suah memakai cooling pad, bagaimana cara mengatasinya? padahal sudah saya bongkar dan kipas sudah saya bersihkan,terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Muda, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  42. Alghi says:

    kok laptop ane kipas prosesornya mati nyala mati nyala sendiri apa ini memang dari sononya atau gi mana … laptop ane acer v5

    1. Dr. Acer says:

      Alghi, ada kemungkinan laptopmu tidak mati namun bekerja pada kecepatan yang rendah, dan ketika laptop bekerja lebih keras kipas akan berputar lebih cepat untuk menjaga temperatur laptopmu. Hal ini wajar terjadi. Namun jika kamu khawatir ada kesalahan, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa diperiksa langsung oleh teknisi Acer.

  43. ade okta says:

    netbook acer 4736 ada fitur auto shutdown nya gak kalo lg overheat ?

    1. Dr. Acer says:

      Ade, Fitur Auto-shutdown untuk menghindari overheat sudah ada pada AS4736 🙂

  44. laptop saya kok cepet banget abis batrenya ya? apa normal batrenya abis kurang dari 2jam? padahal saya baru beli laptop bulan november, tipenya acer v5. makasih

    1. Dr. Acer says:

      Shofa, daya tahan baterai bervariasi tergantung perawatan baterai itu sendiri, serta kegiatan seperti apa yang sedang dikerjakan. Kamu bisa membaca tips merawat baterai di http://acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/ dan tips mengoptimalkan daya tahan baterai di http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/ 🙂

  45. Adi ahmadi says:

    Dear Dr Acer

    Saya punya Note book acer S3
    saya mau nanya, kenapa laptop saya cepat bangat panasnya ya, padahal baru pemakaian setengah jam, dan itu juga cuma jalanin 1 program browser biasa.
    pembelian laptopnya juga belum terlalu lama, baru di beli per des 2012 kmren….
    apa harus di service ke service centernya,?

    1. Dr. Acer says:

      Adi, Panas pada laptop dikatakan normal apabila laptop masih dapat digunakan dengan baik. Laptop dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas untuk melindungi komponen didalamnya agar tidak rusak karena overheat.

  46. aghil seto says:

    saya tidak lama ini ke service center acer dan diberi stiker waranty baru apa ya maksudnya .? di atas lubang mur

    1. Dr. Acer says:

      Hai Aghil, stiker tersebut hanya sebagai penanda bahwa laptopnya telah direparasi. 🙂

  47. Dr Acer
    nanya dong cara melepas notebook acer untuk membersihkan kipas..

    karna pada acer yang saya punya susah sekali membuka nya dan tidak tau celahnya dimana..

    1. Dr. Acer says:

      Anggi, Mohon maaf, kami tidak bisa memberikan informasi mengenai hal tersebut. Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center 🙂

  48. interlink says:

    saya pakai acer aspire 4738Z , setiap kali main game tidak sampai 10 menit kipas sudah mendesing dengan keras… dan biasanya 5 menit sesudahnya laptop akan mati. saya sudah bersihkan kipas dan sudah pakai cool pad. tapi tetap saja.

    1. Dr. Acer says:

      Interlink, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support

  49. veiira says:

    Dr. Acer mau tanya nih,. saya mau memperbaiki laptop sy yg rusak ke servis center acer,kalau prosesor Acer Aspire 2930Z berapa yah? Laptop sy mati n prosesornya rusak. sudah tidak garansi lagi.
    Thanks

    1. Dr. Acer says:

      Veiira, untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Call Center di 500-155

  50. Arman says:

    kalau memakai di meja berkaca, apa masih perlu cooling pad?

    1. Dr. Acer says:

      Arman, jika kamu merasa suhu pada laptop kamu tidak normal, sebaiknya tetap menggunakan perangkat tambahan berupa cooling pad 🙂

  51. Akbar.Amzah says:

    Tapi doc, cara membersihkan debu dari Laptop tesebut gimana…???

    1. Dr. Acer says:

      Dear Akbar, silakan ikuti langkah pada artikel berikut http://www.acerid.com/2011/09/jaga-kebersihan-notebook/

  52. weldi satria says:

    sebulan laulu aku beli nb ao 722
    baru sebulan udah blank< masalah nya apa sich ?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Weldi, apakah sudah memastikan spesifikasi aplikasi yang diinstal memenuhi spesifikasi laptop tersebut? 🙂

  53. mulyono says:

    laptop saya udah ga bergaransi lagi nih, rencana emg mau dibawa ke service center buat bersihin dalemannya.. dikenakan biaya brp ya? thx

    1. Dr. Acer says:

      Mulyono, untuk biaya maintance dikenakan biaya sebesar 165rb

    2. Dr. Acer says:

      Mulyono, untuk biaya maintance dikenakan biaya sebesar 165rb. 🙂

    3. mulyono says:

      thx dok seluruh indonesia kan ya 165rb biaya servicenya? apakah saat service udah di kasih thermal paste?? klo tidak apakah saya bisa minta tolong untuk itu? brp lama untuk service ini?

      1. Dr. Acer says:

        Hai Mulyono, untuk proses maintenance tentu akan diberikan thermal paste jika dibutuhkan, untuk prosesnya tergantung dari antrian namun service center Acer menerapkan standar lama perbaikan selama 5 hari kerja. Info lengkap silakan menghubungi service center Acer yang dituju

  54. anik says:

    Boleh tau brp harga batere utk acer type ASPIRE 2930Z uk 12″ ?
    Tks

    1. Dr. Acer says:

      Anik, untuk info harga dan ketersediaan sparepart kamu bisa langsung menghubungi Acer contact center di 500-155.

    2. Dr. Acer says:

      Anik, untuk info harga dan ketersediaan sparepart kamu bisa langsung menghubungi Acer contact center di 500-155. 🙂

  55. Henry says:

    dear acer,
    klo kipasnya sendiri bisa diganti ( semisal sdh lama, jd putaran agak lemah ),atau di acer center ada upgrade kipasnya/mengganti kipas yg lebih cepat supaya lebh cepat putarannya
    thanks

    1. Dr. Acer says:

      Henry, kami sarankan membawa laptop kamu terlebih dahulu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer memeriksa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu

  56. luli says:

    mau tanya nih, sebenernya pemakaian keyboard protector tuh bagus gak bagi netbook? mohon sarannya

    1. Dr. Acer says:

      Luli, pada dasarnya penggunaan keyboard protector adalah untuk menjaga agar tidak ada debu atau kotoran yang masuk kedalam laptop melalui sela keyboard. sehingga baik saja digunakan pada laptop kamu

  57. wahh makasi banget buat info nya. moga notebook acer saya tambahh awett.

  58. Santy says:

    Posting juga dong,,,,, tentang cara merawat notebook,,,aku punya notebook acer dan sedikit kesulitan merawatnya,,,,,,sampai” kmren aku instal ulang deh gara” error.
    Posting juga program” antivirus yg cocok dan bgus utk peforma notebook

    1. Dr. Acer says:

      Santy, kamu bisa membaca tips pemakaian dan perawatan laptop di http://acerid.com/2010/08/faq-pemakaian-perawatan-notebook/ . Referensi mengenai antivirus bisa kamu dapatkan di http://acerid.com/2011/02/melindungi-pc-dari-serangan-virus/

      1. saya baca di http://koranbaru.com/bahaya-pemakaian-cooling-pad/, klo pake cooling pad itu berbahaya apa benar?..
        Terus mang ada berapa jenis cooling pad itu?

        1. Dr. Acer says:

          Andri, hal tersebut tidak benar. kamu bisa membaca info selengkapnya di http://www.acerid.com/2011/08/memilih-cooling-pad-yang-tepat-dan-efisien/

          1. dhanoe says:

            Cooling pad seharusnya kipasnya dibalik agar udara dari laptop tersedot keluar, bukan menghembuskan angin ke bawah laptop sehingga debu bisa masuk melalui celah2 ventilasi.

  59. […] Membersihkan kipas dan heatsink pada notebook. Kipas yang berputar searah bisa menyebabkan penumpukan debu/kotoran pada kipas. Debu atau kotoran yang menempel pada kipas dan heatsink akan menghalangi udara yang masuk sehingga terjadi panas di dalam notebook. Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan pembongkaran pada notebook untuk membersihkan debu atau kotoran, sebaiknya dilakukan oleh orang yang terbiasa melakukan hal itu di Service Center. Source […]

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved