Tips dan Trik memakai Google Chrome

Siapa yang gak tahu browser Chrome saat ini? Taruhan, di laptop Acer kamu, selain IE atau Mozilla, pasti kamu juga punya Google Chrome ini. Tapi tahukah kamu, kalo di Chrome kamu bisa mengatur default page saat kamu buka browser, atau singkronisasi dengan akun google milikmu?

Yaudah, tanpa banyak was wes wos, Acer akan berbagi tips dan trik saat menggunakan browser Google Chrome.

Membuka halaman website tertentu saat Startup
Ingin halaman website favorit-mu muncul saat kamu membuka Google Chrome? Masuk ke halaman Setting Chrome dengan menekan gambar obeng di pojok kanan halaman Chrome dan pilih ‘Setting’. Pada kolom ‘On Startup’ pilih ‘Open a specific page or set of pages’ dan klik ‘Set Pages’.


Akan muncul jendela baru. Di sini kamu tinggal mengetik alamat website yang kamu inginkan untuk muncul saat Startup. 

Menggunakan Chrome URL untuk melihat History, Bookmark dan Download
Daripada repot masuk ke setting Chrome untuk melihat History web-mu, atau mencari bookmark dan melihat daftar file yang pernah kamu download, Chrome menyediakan pilihan untuk melihat ketiga hal tadi melalui Chrome URL. Kamu tinggal mengetik Chrome URL ini di omnibox (kotak pencarian Chrome) dan halaman yang kamu cari akan langsung terbuka. Untuk membuka History, kamu tinggal mengetik “chrome://history” sedangkan untuk membuka bookmark dan download, kamu tinggal mengganti kata dibelakang ‘//’ dengan ‘bookmarks’ atau ‘downloads’

Sinkronisasi setting Chrome ke akun Google milikmu.
Sering bekerja di lebih dari 1 komputer atau laptop spAcer? Kalau iya, maka menyinkronisasi akun Google milikmu dapat mempermudah pekerjaanmu lho. Daripada repot mengatur ulang setting Google-mu di beberapa laptop berbeda, lebih baik sinkron Setting Chrome-mu dengan akun Google milikmu agar dimanapun kamu login ke akun Google, settingan Chrome-mu akan ikut terbawa. Caranya, masuk ke setting Chrome, pada kolom ‘Sign in’ klik ‘Sign in to Chrome’ dan masuk ke akun Google milikmu. 

Buka situs & download tanpa terekam di History dengan Incognito Window
Tidak ingin situs yang kamu buka terekam di History atau orang lain yang mengakses laptop-mu tahu file apa saja yang kamu download, kamu dapat membuka Incognito Window. Di Incognito Window ini, selain situs tidak masuk ke History, cookies dari sebuah situs akan langsung terhapus ketika jendela ditutup.Untuk masuk ke mode Incognito Window, kamu dapat menekan Control + Shift + N. 

Membuka kembali tab yang terakhir ditutup.
Oops, tidak sengaja menutup suatu tab padahal kamu tidak mengingat apa alamat situs yang tertutup? Tidak usah panik spAcer, tekan saja Control + Shift + T untuk membuka tab yang terakhir ditutup.

Itu tadi beberapa tips & trik yang bisa kamu terapkan saat menggunakan Google Chrome. Jika spAcer ingin berbagi tips & trik Google Chrome lainnya yang kamu tahu, boleh lho berbagi dengan spAcer lainnya :)

Related Article

12 Responses to Tips dan Trik memakai Google Chrome

 

  1. Rana Rasyida says:

    Tolong berikan tips jika saya tak sengaja menghapus aplikasi google chrome di laptop, lalu bagaimana cara menginstal nya kembali ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rena, kamu bisa coba install kembali google chrome menggunakan CD/DVD installernya atau juga bisa menginstall menggunakan flashdisk yang sudah di isi dengan file installer Chrome. :)

  2. gan saya ko tiap mau masuk google ga bisa-bisa ya?
    tapi kalo ke halaman yg lain bisa, itu knpa?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Wahyu, Notifikasi error seperti apa yang muncul? Apakah kamu sudah coba menggunakan aplikasi browser lainnya?

  3. ady says:

    saya pake crome kenapa ya gan selalu gini bacaan nya >>>
    chrome://signin/?source=0&next_page=chrome%3A%2F%2Fnewtab%2F tidak bisa konek,sedangkan mozilla bisa gan,mohon bantuan nya gan . ty ini email saya ady.myname@yahoo.com

    1. Dr. Acer says:

      Ady, kami sarankan untuk meremove browser tersebut, lalu download versi yang terupdate dan lakukan install kembali. :)

    2. Dr. Acer says:

      Ady, kami sarankan untuk meremove browser tersebut, lalu download versi yang terupdate dan lakukan install kembali. :)

  4. abdul rosyid says:

    saya pke google chrome di netbook acer aspire one.awalnya tdk ad masalah,tp belakangan tiap buka facebook selalu gagal,halaman jd biru dan ad tulisan “Yah”.tp untuk browsing yg lain gak masalah.yg mau saya tanyakan,penyebabnya apa dan bgmn penyelesaiannya,trmksh

    1. Dr. Acer says:

      Dear Abdul, coba lakukan install ulang browser tersebut, kemungkinan ada masalah bug

  5. ridwan says:

    Google Chrome ga bisa diatur cache size nya semakin hari semakin besar, kalo yg pake SSD repot soalnya kapasitas terbatas…

  6. Wau ternyata enak juga buka situs Google chrome

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved