Perawatan Rutin Terhadap Notebook

spAcer tentu setuju jika peran perangkat teknologi seperti notebook saat ini begitu besar, terutama bila spAcer termasuk orang-orang kreatif atau pebisnis yang setiap saat disibukkan dengan pekerjaan. Oleh sebab itu, kebutuhan yang kini dimensinya makin tipis dan ringan tersebut harus dirawat dengan baik.

Seiring dengan pentingnya pemeliharaan/maintenance secara rutin, spAcer juga sebaiknya membuat schedule pemeliharaan notebook bulanan untuk memastikan kelancaran notebook dan untuk memastikan data yang disimpan dalam notebook tetap aman. Semakin cermat spAcer merawat kondisi/kinerja notebook, semakin produktif juga spAcer dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

  • Bersihkan hard disk dari file-file/software yang kurang perlu

Dalam jangka waktu sebulan, bisa saja semakin banyak file yang kurang perlu menumpuk di dalam hard disk spAcer. Luangkan waktu sebulan sekali untuk memeriksa hard disk apakah ada file atau software yang kurang perlu untuk disimpan.  Tentukan mana yang masih harus disimpan untuk kepentingan di masa mendatang, dan mana yang harus dibuang/dihapus. Jika spAcer men-download program-program baru, ada baiknya yang lama segera dihapus jika sudah tidak lagi diperlukan. Ini berguna agar hard disk notebook bisa tetap berjalan lancar dan optimal.

  • Defrag Hard Disk notebook

Lakukan defragging pada hard disk notebook spAcer setidaknya sebulan sekali untuk memastikan notebook berfungsi lebih efisien. Hal ini akan memungkinkan program-program pada notebook spAcer berjalan lebih cepat. Defrag sendiri berfungsi untuk menyusun kembali file-file yang berantakan ketika dibuka.

  • Menjaga notebook agar tetap bersih

Membersihkan notebook membantu notebook mencapai overheating karena pengaruh debu yang menempel pada kipas notebook. Bersihkan juga layar notebook, sehingga gambar pada notebook tetap jernih dan tajam, dan tentunya semakin membuat spAcer nyaman untuk menggunakan notebook. Selain itu, bersihkan pula casing notebook dari penumpukan debu kotor sehingga mampu mencegah debu masuk ke dalam komponen notebook.

  • Buat Back Up data

Jadwalkan untuk mem-back up data-data penting spAcer yang disimpan dalam notebook setidaknya sebulan sekali. Ketersediaan hard disk eksternal maupun DVD dengan kapasitas yang besar saat ini memudahkan spAcer untuk melakukan hal tersebut.

  • Update Software yang tertanam dalam notebook

Sama seperti spAcer memperbarui/meng-up date anti virus, program-program atau aplikasi-aplikasi yang tertanam pada notebook juga sebaiknya dilakukan hal yang sama. Untuk beberapa program/aplikasi tertentu, menjaganya tetap  up date akan membantu kemanan pada notebook dan akan melindungi data-data spAcer saat di jalan.

Itu dia hal-hal penting seputar perawatan notebook yang perlu dilakukan, spAcer. Share tipsmu di sini yuk! Kalau ada hal lain yang ditanyakan seputar perawatan notebook, bisa juga tanya ke : http://www.acerid.com/dr-acer-contact-form/

Related Article

23 Responses to Perawatan Rutin Terhadap Notebook

 

  1. sigid wahono says:

    dok aq mau tanya! aq menggunakan acer seri V5 slim, tp casingnya mudah lecet. kalau mau ganti casing apa ada ya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Sigid, untuk membeli case cover V5 silahkan mengunjungi Acer service center yang alamatnya tersedia pada bagian bawah tautan http://acerid.com, untuk mengetahui harga dan ketersediaannya sebaiknya menghubungi Acer contact center di nomor 500-155 setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.30-17.30 :)

  2. benny says:

    dok au tanya nih…
    waktu mau download driver di situs resmi, tidak ketemu/tdk ada ???
    aspire 572 nwxci
    saya mau download untuk wifi
    trims dok !?!

    1. Dr. Acer says:

      Benny, mungkin kamu salah memasukkan tipe produk. Bisa informasikan serial number produk yang kamu miliki?

  3. Dr. Acer, mau tanya…
    Apakah aman kalau saya pakai laptop Acer saya dengan mencharge baterainya secara terus menerus walaupun baterai sudah penuh? Apa dampaknya? Saya sendiri tidak memiliki UPS…

    1. Dr. Acer says:

      Indra, Tidak apa. Kamu bisa tetap menggunakan laptop terhubung dengan charger :)

  4. kribs says:

    dok berapa harga batre original acer 4741

    1. Dr. Acer says:

      Kribs, Untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Call Center di 500-155 pada hari dan jam kerja :)

  5. nona rovika says:

    Dr.acer..akU PUnya ACER ASPIRE 2738,di beli bulan januari 2011 lalU,garansi sUdah habis.

    akU maU Tanya ,keyboard yang sUka konTak,Tiba Tiba gak bisa ngeTik.TaPi kalaU saTU Tombol yang bermasalah bisa di keTik,yang lain JUga ikUTan bisa,nih Tombol yang bermasalah (1,3,-,Q,T,U,P,J dan navigasi ke kanan)

    *Penyebabnya aPa y?
    *gimana cara mengaTasinya?
    *Pada saat service,bagian atau komPonen aPa saja yang di service?
    *jika Penggantian keyboard asli untuk acer beraPa biayanya?
    *dimana alamat Acer Service Center daerah Medan?

    mohon Jawabannya
    terimakasih banyak

    1. Dr. Acer says:

      Nona, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support.

  6. Haris says:

    Dok…, saya menggunakan laptop acer seri 4740G sekarang kondisi laptop saya sedang tidak sehat, layar nya sudah terbagi 3 warna, sepertinya VGA LCD sudah rusak, kira kira apa masih bisa di perbaiki…? Ada pengaruh ke fungsi yg lain kah…? Tq

    1. Dr. Acer says:

      Haris, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support

  7. albert says:

    Dok. Klo program reg clean pro tuh kn utk membersih kn bugs dalam program. Program tuh bagus gak? Dah d sarankan engak utk menggunakan ny?

    1. Dr. Acer says:

      Albert, Mohon maaf, kami tidak memiliki informasi mengenai aplikasi tersebut. Kamu bisa coba mencari review dari user yang pernah menggunakan aplikasi tersebut di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi

  8. candra says:

    Apakah dibenarkan saat mengoperasikan laptop, batery dicopot dan laptop disambungkan langsung ke sumber listrik utk pemakaian yang lama? alasannya supaya batery bisa berumur lebih lama.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Candra, Untuk penggunaan netbook dalam waktu yang lama kami merekomendasikan untuk melepas baterai dan hanya menggunakan listrik. Namun sangat disarankan untuk menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) jika melakukan hal ini. Fungsi UPS adalah untuk menjaga arus listrik ke peralatan elektronik tetap menyala selama beberapa saat ketika listrik mati, sehingga pengguna memiliki waktu untuk menyimpan pekerjaan dan mematikan laptop secara normal. Jika tidak memiliki UPS, kami sarankan untuk tidak melepas baterai. http://www.acerid.com/2012/01/ups-dan-manfaatnya-bagi-komputer/

    2. Dr. Acer says:

      Dear Candra, Untuk penggunaan netbook dalam waktu yang lama kami merekomendasikan untuk melepas baterai dan hanya menggunakan listrik. Namun sangat disarankan untuk menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) jika melakukan hal ini. Fungsi UPS adalah untuk menjaga arus listrik ke peralatan elektronik tetap menyala selama beberapa saat ketika listrik mati, sehingga pengguna memiliki waktu untuk menyimpan pekerjaan dan mematikan laptop secara normal. Jika tidak memiliki UPS, kami sarankan untuk tidak melepas baterai. http://www.acerid.com/2012/01/ups-dan-manfaatnya-bagi-komputer/ .

  9. Ansel says:

    dok , cara membersihkan kipas pada laptop aspire 4750 gimana dok?

    1. Dr. Acer says:

      Ansel, untuk membersihkan bagian dalam laptop, kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan

      1. wi diography says:

        dalam jangka waktu berapa kali bawanya dok?

        1. Dr. Acer says:

          Wi, perawatan atau maintenance bisa dilakukan sesuai dengan preferensi masing-masing pengguna. Normalnya dilakukan setiap beberapa bulan, misal setiap 3 bulan atau lebih :)

          1. biayanya kira-kira berapa dok
            kalau hanya untuk perawatan penuh

          2. Dr. Acer says:

            Pelni, Selama masa garansi, tidak dikenakan biaya untuk maintenance. Jika diluar masa garansi, dikenakan standar biaya service sebesar Rp 165ribu, belum termasuk biaya penggantian sparepart apabila diperlukan

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved