Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/aceridc/public_html/wp-content/plugins/wordpress-popup/inc/class-popup-base.php on line 638
Memahami Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook | Blog Resmi Acer Indonesia

Memahami Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Bagi sebagian orang perbedaan istilah laptop, notebook, dan netbook mungkin bukanlah hal yang besar. Tapi jangan salah spAcer, masih banyak lho teman-teman kita yang masih suka bingung membedakan apa itu Laptop, Notebook, dan Netbook. Nah, melalui artikel ini kita akan membahas seputar perbedaan dari istilah tersebut, yang sebetulnya sama saja merujuk kepada komputer jinjing yang saat ini semakin nge-trend.

Ya, istilah laptop atau notebook sendiri memang seringkali digunakan bergantian untuk mengacu pada setiap komputer mobile. Seringnya istilah itu digunakan, hingga kekeliruan antara tiga istilah itu menjadi lumrah di kalangan kita saat ini. Nah, biar tak salah kaprah lagi, mari simak penjelasan ketiga perbedaan istilah teknologi tersebut.

  1. Laptop itu sendiri adalah sebutan umum untuk Notebook dan Netbook. Jadi Laptop itu bisa diartikan sebagai netbook maupun notebook. Asal katanya tetap sama yaitu merujuk pada komputer yang digunakan di pangkuan (lap).
  2. Dari segi ukuran, Netbook biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada Notebook. Netbook biasanya memiliki ukuran 7-12 inci, meskipun saat ini ada Netbook yang ukurannya mencapai 14 inci, tapi biasanya tak lagi pantas disebut Netbook. Nah, sedangkan Notebook sendiri ukurannya lebih besar, biasanya mulai dari 12 inci ke atas.
  3. Dari segi performa, Netbook biasanya didesain untuk melakukan kinerja ringan seperti mengolah data Word, spreadsheet (Excel), slide (Powerpoint), internetan, memainkan permainan ringan, dan sebagainya. Sedangkan Notebook, mampu menawarkan performa yang lebih berat, misalnya memiliki kecepatan pengolahan data yang cepat serta memiliki kemampuan multimedia yang handal. Jika spAcer hobi mengedit gambar/video, bermain game-game 3D yang berat, Notebook lebih cocok ketimbang netbook.
  4. Dari segi harga, Netbook biasanya dibanderol dengan harga yang relatif murah, sekitar 2 jutaan. Sedang Notebook harganya paling tidak ada di kisaran 4 jutaan dengan spesifikasi diatas standar.
  5. Sementara jika dilihat dari pengguna, Notebook lebih cocok digunakan oleh spAcer yang bekerja “maksimal”, misalnya untuk proses editing, atau desain kreatif lainnya. Sementara Netbook lebih cocok untuk spAcer yang kegiatannya lebih banyak mengolah data ringan sampai sedang, menjelajah internet, dan menonton video.
Related Article

77 Responses to Memahami Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

 

  1. katrin says:

    Dok, saya mau nanya. saya punya uang 2jtan. saya perlu netbook atau notebook untuk mengerjakan skripsi, sekaligus yang bagus untuk menonton film, tolong rekomendasinya ya,,terima kasih,

    1. Dr. Acer says:

      Dear Katrin, saat ini tidak tersedia varian notebook atau netbook Acer pada kisaran harga tersebut. Mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk menambah budget dan memilih netbook Acer Aspire V5-123 yang tersedia dengan harga Rp. 3.299.000. :)

  2. Devi Fitri says:

    dok mau tanya saya kan bru beli acer aspire E1 410 nah daya tahan batrenya itu berapa jam pling lama ? ngaruh gak daya tahan batrenya klo kita lagi pke modem sm gk pke modem? kok kayaknya cepet abis batre gini :(

    1. Dr. Acer says:

      Dear Devi, Acer Aspire E1-410 dibekali dengan kapasitas baterai 2500 mAh yang mampu bertahan dalam waktu 5 jam (stand-by). Sebagai informasi daya tahan baterai sangat bergantung pada aktivitas yang dilakukan, fitur yang diaktifkan (Wifi, bluetooth), LCD brightness, setting power management (balance, powersaver, performance), dan juga perawatan baterai.

      Untuk mengoptimalkan daya tahan baterai, kamu bisa baca tips berikut:
      http://www.acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/

      Untuk perawatan baterai, bisa membaca artikel berikut:
      http://www.acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/

  3. ryan says:

    Dok, saya mw pke buat kuliah & slalu online trus sya jg hobby maen game PES,lptop accer yg cocok buat saya apa yah??tp yg gk tllu mahal jg dok..

    1. Dr. Acer says:

      Ryan, kamu bisa pertimbangkan tipe E1-451G seharga 5,499,000 dengan spesifikasi:
      AMD A8-4500M (1.90 GHz with Turbo CORE Technology up to 2.80 GHz), Linpus, 14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD, 4GB DDR3, 500GB, 2GB AMD RadeonTM HD 8750M, HDMI Port, DVD-Super Multi double-layer, Acer InviLink™ Nplify™ 802.11b/g/n Wi-Fi CERTIFIED™, Acer Video Conference, featuring • Acer Crystal Eye webcam, SD™ Card reader, Two built-in stereo speakers :)

  4. Jay says:

    dok,, AO752 AMD ram 2gb, HD 500gb dan Ao 756 intel 847 ram 2gb HD 500gb bagusan mana??

    1. Dr. Acer says:

      Jay, kami tidak memiliki informasi terkait dengan Acer tipe AO752, jika yang kamu maksud adalah tipe AO725 maka tipe tersebut dibandingkan dengan AO756 lebih unggul secara performa dan kinerja grafis :)

  5. Nana says:

    dok,,minta info ya..
    Saya punya budget 3jt.an mau beli netbook unt kerja ringan yg selalu online setiap saat(sekedar email,fb,upload foto,dan pastinya anti lelet :) minta rekomendasinya ya,thanks…

    1. Dr. Acer says:

      Nana, Mungkin kamu bisa pertimbangkan AO756 yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 2.899.000 hingga Rp 3.599.000 tergantung dari pilihan konfigurasi hardware :)

  6. winda says:

    dok aku pngen beli produk acer,, tp duit ku cma ada 3jtan,, trus pngn nya yg ada DVD-RW en webcam,,
    ada ga ya??

    1. Dr. Acer says:

      Winda, kamu bisa pertimbangkan tipe V5-431, dengan spesifikasi:
      Intel® 887 processor (1.5 GHz), 14″ HD Acer CineCrystal™, webcam, 2GB DDR3, 320GB, Intel HD Graphics, Linux, DVD-Super Multi, HDMI with HDCP, BT 4.0, USB3.0, 2-in-1 card reader (SD™ Card,(MMC), seharga 3,799,000. :)

  7. rendy says:

    Dok saya mau beli notebook untuk kerja editing kira kira yg bagus tp murah apa ya dan berapa Rp

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rendy, mungkin kamu dapat mempertimbangkan tipe E1-471G dengan harga mulai 5,2 jutaan (Windows8)

  8. trianto says:

    mau tnya dok.. sya baru beli acer ao 725 c70 windows 8, itu koq lemot.. apa keberatan OS’nya ya dok..
    thx sblumnya

    1. Dr. Acer says:

      Ada kemungkinan seperti itu Trianto. Namun perlu diingat Aspire One 725 adalah produk netbook yang jika dibandingkan dengan produk notebook umumnya memang memiliki performa yang lebih rendah. Sehingga amat wajar jika terasa lebih lambat jika dibandingkan dengan performa notebook/desktop yang memiliki spesifikasi lebih besar.

  9. dok, maksud dari “berimbang” dalam menggunakan laptop dengan posisi fullcharge dan batere tetap terpasang itu bagaimana dok?
    apakah dengan mode power “balanced”, atau bagaimana?

    terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Hanif, maksud dari berimbang adalah ketika menggunakan mode Balance, performa laptop tidak terlalu diturunkan, tetapi daya tahan baterai juga tidak terlalu irit :)

  10. Nani says:

    dok mau tanya .. kalo lupa password pada saat baru menghidupkan notebook harus bagaimana ya ??

    1. Dr. Acer says:

      Nani, maksud kamu BIOS password? kalau benar, kamu bisa kunjungi Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer melakukan reset BIOS password pada laptop kamu :)

  11. bejo says:

    oke bos salam sukses aja deh

  12. dok saya mau minta pertimbangan saya mau beli netbook acer itu yang bagus kira” apa ya yang nggak lemot performan bagus mohon solusinya terimakasih sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Ihsan, bisa di informasikan kepada kami kisaran budget yang akan dikeluarkan untuk membeli sebuah laptop? akan kami bantu memberikan rekomendasi yang sesuai :)

      1. 3 jtanan dok untuk netbook yang kinerjanya nggak lemot n performan bagus tentang bajet ngak begitu masalah yang penting netbooknya memuaskan untuk kinerjanya

  13. tom says:

    Dok tanya, sejak 3 tahun lalu aku pny acer 4732, sejak beli itu DVD RW sering susah baca, pilih2 CD atau DVD nya, sedang di coba laptop lain bisa.. Aku udah ganti dgn merk yg sama tapi tetep sama aja.. Kira2 merk DVD rom\rw apa yg cocok dgn type itu?

    1. Dr. Acer says:

      Tom, untuk informasi sparepart yang dibutuhkan produk Acer sebaiknya hubungi langsung salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  14. setyono says:

    Buat kerja dan games, Kira2 bagusan mana acer d270 dengan ao 725

    1. Dr. Acer says:

      Dear Setyono, secara performa AO725 lebih unggul, selain itu ukuran layarnya lebih besar yakni 11,6″

  15. ajie says:

    mau bertanya. anak saya suka main games lama banget bisa sampai seharian gak mau dimatikan laptopnya. dalam waktu dekat akan saya belikan notebook, type apa kiranya yang cocok untuk main games yang berat-berat.

    1. Dr. Acer says:

      Ajie, untuk kebutuhan seperti itu bisa pertimbangkan Aspire V5-471G yang merupakan salah satu keluarga Aspire Slim dengan ketipisan 20% lebih tipis dibandingkan laptop lain

  16. Rama says:

    dok, tolong sarannya…

    laptop type apa yg paling bagus untuk gamer?????

    1. Dr. Acer says:

      Rama, untuk kegiatan seperti gaming, Acer merekomendasikan Aspire V3-471G dengan pilihan menggunakan processor Intel Core I5 dan I7. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products

  17. mau nanya dok, ada sebagian menyarankan, klo lagi main laptop, baterainya dilepas jd lgsung ke listrik, tp ada sebagian menyarnkan baterainya di lepas, sebaiknya penggunaan yg baik gimana dok… Mkasih.

    1. Dr. Acer says:

      Yusuf, Acer tidak menyarankan penggunaan laptop tanpa baterai, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen didalam laptop apabila terjadi pemadaman listrik :)

  18. ennis s k says:

    dok,aku suka nge-charge baterai dari malem ampe pagi.apa itu akan merusak netbok saya??????????????

    1. Dr. Acer says:

      Ennis, tidak masalah :)

  19. dok mu tanya, Notebook saya ko ga ada Photo Scape nya. Thx

    1. Dr. Acer says:

      Dadan, Aplikasi tersebut tidak terdapat didalam paket pembelian produk Acer, kamu perlu menginstallnya sendiri :)

  20. prasetyo says:

    dok saya punya acer 4736G,gak kuat masuk windows.kalau tidak dibantu carging,gambar gak tampil.kira2 yg rusak apanya dok??makasih

    1. Dr. Acer says:

      Prasetyo, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support

  21. yosua says:

    dok saya baru beli notebook acer 756 intel 967. habis di partisi word dan excell starternya gak bisa dinyalakan. akhirnya saya coba erecovery ke factory setting, setelah selesai saya tidak menemukan word dan excell starternya lagi. bagaimana caranya memunculkan kembali word dan excell starternya kembali yah dok?

  22. utomo says:

    baru beli AO725 buat anak saya. saya kira hanya ada versi LINUX. mau install windows, sudah beli Windows home basic (jadi kemahalan kayaknya nihhh). maunya dual OS. sampai di rumah, ternyata ga ada manual dan ga ngerti COMMAND nya. sama sekali ga familiar. ribet dehh … apa bisa ditunggu kalau dibawa ke Acer Centre?

    1. Dr. Acer says:

      Utomo, kamu bisa meminta bantuan Acer Service Center untuk menginstallkan OS pada laptop kamu, dengan catatan, kamu membawa sendiri CD/DVD Installer OS Windows yang original :)

  23. tria says:

    DOk, apa keunggulan dan kelemahan dari acer ao 725 dan ao 756?lebih bagus yang mana?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Tria, berikut spesifikasi kedua produk:
      * AO756: Intel® Dual-core processor 877 (1.1 GHz), 11.6″ HD Acer CineCrystal™, 4GB DDR3, 320GB, Intel HD Graphics, HDMI with HDCP. Harga Rp 3.699.000 (Windows 7 Home Basic), Rp 3.049.000 (Linux)
      *AOD725: AMD Dual-Core Processor C-60 (1 GHz), 11.6″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD, 2GB DDR3, 320GB, AMD Radeon™ HD 6290, HDMI Port. Harga Rp 3.149.000 (Windows 7 Home Basic), Rp 2.799.000 (Linux)
      Secara performa AO756 lebih unggul :)

  24. rudi says:

    dok, yang benar kalo ngecharge notebook jika penuh itu dicabut atau dibiarkan saja saat notebook dalam keadaan terpakai?

    1. Dr. Acer says:

      Rudi, setiap baterai mempunyai siklus charge/ discharge tertentu, ada yang 300 kali dan 1000 kali. Dengan adanya fitur trickle charge pengguna dapat mengurangi siklus charge/ discharge tersebut dengan tetap memasang adapter saat baterai sudah penuh, namun pastikan juga (berimbang) untuk tetap mempergunakan mode baterai agar baterai tidak mengalami saturasi (kematian sel) akibat tidak dipergunakan.

    2. Dr. Acer says:

      Rudi, setiap baterai mempunyai siklus charge/ discharge tertentu, ada yang 300 kali dan 1000 kali. Dengan adanya fitur trickle charge pengguna dapat mengurangi siklus charge/ discharge tersebut dengan tetap memasang adapter saat baterai sudah penuh, namun pastikan juga (berimbang) untuk tetap mempergunakan mode baterai agar baterai tidak mengalami saturasi (kematian sel) akibat tidak dipergunakan. :)

  25. mau tanya dong, saya kan pake modem th . habis dipakai saya lupa cabut modemnya . saya diemkan sekitar 1 jam . kemudian saya cabut modemnya . trs pas saya mau pake modemnya lagi th kursornya suka gerak2 sendiri . kenapa bisa begitu yaa ? apa karna pengaruh modemnya atau dari laptoopnya ? makasih .

    1. Dr. Acer says:

      Dear Miranda, bisa kamu informasikan apakah kamu menggunakan touchpad pada laptop atau menggunakan mouse eksternal? Jika menggunakan mouse eksternal kemungkinan terjadi masalah pada mouse.

    2. Dr. Acer says:

      Dear Miranda, bisa kamu informasikan apakah kamu menggunakan touchpad pada laptop atau menggunakan mouse eksternal? Jika menggunakan mouse eksternal kemungkinan terjadi masalah pada mouse. :)

  26. ruri says:

    Dok, mau tanya,,
    sya kan mau beli laptop tp yg ultrabook, harganya yang paling murah berapa yah?
    thx..

    1. Dr. Acer says:

      Ruri, Mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe Aspire S3-951. Berikut harga dan spesifikasinya: Intel® Core™ i3-2367M processor ,4GB DDR3,320GB HDD,Intel® HD Graphics 3000,HDMI Port, USB 2.0 port x 2, BT 4.0, Rp 7,399,000 (Windows 7 Home Premium)

    2. Dr. Acer says:

      Ruri, Mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe Aspire S3-951. Berikut harga dan spesifikasinya: Intel® Core™ i3-2367M processor ,4GB DDR3,320GB HDD,Intel® HD Graphics 3000,HDMI Port, USB 2.0 port x 2, BT 4.0, Rp 7,399,000 (Windows 7 Home Premium).

  27. dok,ane pake 4349,masalah ane : dipojok kiri bawah ada tulisan WINDOWS 7 BUILD 7601,THIS COPY OF WINDOWS IS NOT GENUINE
    apa yang harus ane lakukan dok?

    1. Dr. Acer says:

      Nanang, kemungkinan OS yang kamu gunakan bukanlah OS Original. Jika terdeteksi oleh Microsoft, fitur wallpaper akan di disable dan muncul notifikasi tersebut. Kami sarankan melakukan instalasi ulang OS dengan OS Original.

    2. Dr. Acer says:

      Nanang, kemungkinan OS yang kamu gunakan bukanlah OS Original. Jika terdeteksi oleh Microsoft, fitur wallpaper akan di disable dan muncul notifikasi tersebut. Kami sarankan melakukan instalasi ulang OS dengan OS Original. :)

  28. paijo says:

    4752 apa mungkin bisa diupgrade mjd 4752G?

    1. Dr. Acer says:

      Paijo, tidak bisa. Inisial “G” menandakan bahwa laptop tersebut menggunakan VGA Discrete. dan VGA pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti :)

  29. Ngemeng says:

    Mau coba konfirmasi nih, Dok:

    Kalau dari kelengkapan fisik, netbook tidak ada optical drive; sedangkan notebook ada.

    Benar kah begitu?

    1. Dr. Acer says:

      Hai, untuk netbook memang tidak dilengkapi optical drive built-in.

    2. Dr. Acer says:

      Hai, untuk netbook memang tidak dilengkapi optical drive built-in. :)

  30. Greg Jeremy says:

    Dok, saya sekarang masuk smk jurusan multimedia. Yang ingin saya tanyakan klo pelajar seperti saya ini dgn jurusan seperti diatas tsb laptop apa yang cocok untuk saya gunakan ya? Terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Hai Jeremy, mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe – Aspire 4752G ( Intel® Core™ i3-2350M, 1GB NVIDIA® GeForce® 610M, RAM 2GB, 640GB HDD, BT, HDMI Port, 4-in-1 (SD Card; MMC, MS-Pro, XD), Dolby® Advanced Audio® v2 with stereo speakers, harga Rp 5,099,000 (Linux) dan 5,749,000 (Windows7).

    2. Dr. Acer says:

      Hai Jeremy, mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe – Aspire 4752G ( Intel® Core™ i3-2350M, 1GB NVIDIA® GeForce® 610M, RAM 2GB, 640GB HDD, BT, HDMI Port, 4-in-1 (SD Card; MMC, MS-Pro, XD), Dolby® Advanced Audio® v2 with stereo speakers, harga Rp 5,099,000 (Linux) dan 5,749,000 (Windows7). :)

  31. Andi Sukardi says:

    dok saya mau tanya, saya beli laptop acer aspire 4752 tp gak di kasih kartu garansinya, karena katanya sudah online, jd cukup dgn menyerahkan photocofy ktp, apakah itu betul dok, terima kasih..

    1. Dr. Acer says:

      Andi, Kartu garansi umumnya terdapat didalam paket pembelian produk Acer Indonesia. Pastikan laptop kamu adalah benar produk Acer Indonesia dengan memasukkan 22 digit Serial Number di http://warranty.acer.co.id

  32. Hendra says:

    Dok, saya mau nanya, kalo laptop dilepas baterenya tapi disambung ke ups apakah merusak komponen dalemannya nggak?

    1. Dr. Acer says:

      Tidak Hendra.

  33. Fitry Handhayani says:

    Klo maen game sambil d charge suka mati sendiri. Kira2 apanya yg bermasalah? Thx

    1. Dr. Acer says:

      Fitry, mungkin hal tersebut disebabkan karena panas yang berlebih (overheat). Jika hal tersebut terjadi terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada komponen laptop. Disarankan bila mencabut charger apabila baterai sudah penuh, dan menggunakan cooling pad agar dapat mengurangi panas yang berlebih.

    2. Dr. Acer says:

      Fitry, mungkin hal tersebut disebabkan karena panas yang berlebih (overheat). Jika hal tersebut terjadi terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada komponen laptop. Disarankan bila mencabut charger apabila baterai sudah penuh, dan menggunakan cooling pad agar dapat mengurangi panas yang berlebih. :)

  34. sam bachrie says:

    dok saya pake Acer Aspire 4736G.
    setiap kali diidupin selalu mati waktu
    booting. setelah beberapa kali baru bisa
    normal.
    kira2 apanya yg rusak n bgm solusinya

    1. Dr. Acer says:

      Sam, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved