Mengatur Touchpad pada Laptop

Touchpad, berfungsi sebagai pengganti mouse pada laptop. Sebagian orang sudah mampu mengatur settingan pada touchpad, sebagian lagi masih merasa nyaman dan lebih praktis menggunakan mouse untuk navigasi di laptop. Dipakai ataupun tidak, ada baiknya kamu memahami tentang touchpad pada laptop spAcer.

Tipe laptop yang berbeda memiliki touchpad dengan fungsi yang berbeda pula. Adatouchpad ‘standar’ seperti yang ada di kebanyakan laptop, ada pula touchpad yang dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan misalnya detachable remote touchpad pada Aspire Ethos 5951G

Biasanya touchpad hadir dengan kemampuan standar, selain untuk navigasi dan klik, touchpad memiliki fungsi scrolling di area sebelah kanan permukaan touchpad. Nah, jika tanganmu belum terbiasa, dan fitur scrolling ini masih sering ‘tertekan’ kamu bisa menon-aktifkan fitur ini kok spAcer. Caranya:

  • Dari Start menu, masuk Control Panel dan klik dua kali pada icon Mouse
  • Klik tab ‘Device Settings’ kemudian klik tombol ‘Settings’
  • Pada menu yang muncul di sebelah kiri, klik tanda ‘+’ di sebelah tulisan ‘Scrolling’ , kemudian klik ‘One-finger scrolling’
  • Pada panel bagian kanan, hilangkan tanda ceklist pada kotak ‘Vertical Scroll’, kemudian klik ‘Apply’

Ingin menon-aktifkan touchpad secara total spAcer? Kamu bisa ‘mematikan’ fungsi touchpad pada laptop dengan kombinasi tombol tertentu. Kombinasi tombol ini juga dapat dipakai untuk kembali mengaktifkan touchpad. Pada kebanyakan laptop Acer, kombinasi yang dipakai untuk menon-aktifkan atau mengaktifkan touchpad adalah dengan menekan tombol Fn+F6/F7. Nah, selamat mencoba!