Mematikan Laptop dengan Benar

Setelah selesai menggunakan laptop, apakah kamu mematikan laptop-mu dengan benar spAcer?

Siapa yang masih mematikan laptop dengan cara mencabut baterai dari laptop atau langsung mencabut kabel power dari power source (jika kamu tidak menggunakan baterai)? Sebaiknya dihentikan spacer, karena bisa menimbulkan kerusakan pada hardware laptop kamu.

Lagipula cara mematikan laptop dengan benar tidak sulit kok. Mematikan laptop dengan benar selain dapat menghemat energi juga berguna untuk menjaga data-data yang ada di laptop-mu tersimpan dengan aman.

Ada tiga cara yang bisa digunakan untuk mematikan laptop: menekan tombol shut down, menutup laptop atau menekan tombol power. Untuk cara pertama, spAcer tentu sudah sangat paham, yaitu dengan menekan start kemudian klik ‘Shut down’. Untuk cara pertama ini, saat tombol ‘shut down’ di klik, maka laptop akan menutup semua program yang sedang terbuka atau berjalan tanpa menyimpan pekerjaan yang mungkin sedang kamu lakukan spAcer. Jadi pastikan sebelum kamu klik ‘shut down’ semua pekerjaan atau file yang sedang kamu kerjakan sudah di-save ya.

Cara kedua mungkin terdengar sederhana, yaitu dengan cara menutup laptop. Meski pada dasarnya, cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama, bedanya hanya pada tindakan yang dilakukan. Jika pada cara pertama kamu harus menekan tombol yang ada di menu Windows, maka dengan cara kedua kamu tidak perlu menekan apapun, cukup menutup layar laptop-mu saja.

Tidak semua laptop dapat dimatikan dengan cara yang kedua ini spAcer. Memang hanya laptop tertentu yang punya settingan untuk dapat ‘shut down’ ketika layar laptop ditutup. Bagi spAcer yang memakai Windows 7, berikut adalah langkah-langkah mengaktifkan fitur tersebut.

  • Klik start kemudian klik Control Panel
  • Klik System and Security kemudian klik Power Options
  • Pada halaman Select a power plan, klik pada tulisan Choose what closing the lid does dan pilih Shut Down

Untuk cara ketiga tidak jauh berbeda dengan cara kedua. Pada dasarnya, spAcer harus mengatur tindakan apa yang akan dilakukan oleh laptop jika tombol power ditekan. Sama seperti cara kedua, cara ketiga ini juga harus di setting dari Control Panel terlebih dahulu. Langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Klik start kemudian klik Control Panel
  • Klik System and Security kemudian klik Power Options.
  • Pada halaman Select a power klik Choose what the power buttons do.
  • Pada halalaman Define power buttons and turn on password protection page, di samping tabWhen I press the power button pilihlah Shut Down.

Nah, mematikan laptop dengan baik dan benar gak memakan waktu lamakanspAcer? Jangan sampai mencabut baterai untuk mematikan laptop jadi kebiasaan-mu ya.