Layar LED Backlit pada Laptop

Kamu pasti tahu dong spAcer kalau di dalam layar laptop ada lampu yang membuat kamu bisa melihat tampilan layar. Nah, layar LCD pada laptop dulunya menggunakan LCD yang mendapatkan cahaya dari Cold Cathode Flourescent Lamp (CCFL).

Namun karena teknologi terus berkembang kini beberapa layar laptop sudah beralih menggunakan Light Emiting Diode (LED). Apa keistimewaannya? Baca terus ya.

Layar LCD laptop yang mendapat cahaya dari sekumpulan LED ternyata memiliki tampilan layar yang lebih terang dengan kontras yang lebih tinggi. Selain itu, dengan menggunakan LED, maka konsumsi daya layar LCD menjadi lebih rendah dan memungkinkan desain tipis. Berbeda dengan layar LCD dengan cahaya dari CCFL, layar dengan LED biasanya lebih tahan lama.

Kelebihan-kelebihan ini yang dimiliki layar LED yang kemudian menyebabkan teknologi layar laptop beralih dari CCFL ke LED. Harga layar LED memang diatas layar CCFL. Namun, seiring bergeraknya kecenderungan pabrik laptop menggunakan LED, maka harganyapun mulai terjangkau.

Laptop Acer tentu tidak ketinggalan kemudian menerapkan teknologi ini untuk laptop-laptopnya. Dengan LED- backlit screen, layar LCD laptop Acer-mu tidak hanya lebih terang, tapi kamu juga membantu bumi dengan menghemat energi lho. Dengan LED-backlit screen, laptop kini menuju desain yang semakin slim dan tipis. Makin ringan dan nyaman dibawa kemana-mana deh spAcer! Jadi, sudahkah kamu beralih ke laptop dengan layar LED-backlit?

May 31 2012

on Tech News

75 Responses to Layar LED Backlit pada Laptop

  1. mas led pada lcd mati tp gambar ttap ada jadi klo mau lihat lcdnya pake senter biar keliatan ada g cara bs saya gunakan ?

    By hasrul rustam Reply
    • Dear Hasrul, kerusakan hardware LCD (lampu LCD (CCFL) atau inverternya) tidak bisa diperbaiki dengan pengaturan tertentu. Hal ini harus mendapatkan penanganan langsung di Acer service center untuk didiagnosa secara menyeluruh dan mendapatkan solusi yang terbaik dari teknisi kami di sana. Daftar lokasi service center bisa ditemukan pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  2. salam gan kenapa ya??? laptop acer 14 in saya sebagian laya (50% tampil normal dan 50% nya lagi tampilannya buram) bagaimana solusinya??? mohon bantuannya gan makasi konfirmasi jawabannya di tungu di email: sandisagita30@yahoo.com

    By shandy Reply
    • Dear Shandy, agak sulit memastikan problem tersebut tanpa melakukan pengecekan secara langsung terhadap layarnya. Kami sarankan kamu membawa unit beserta kelengkapannya ke Acer service center agar dicek dan diberikan solusi terbaik disana. Info lokasi Acer service center dapat kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  3. Dear Dr.Acer
    Laptop saya ketumpahan cairan tapi mesin msh berfungsi cuma LED screen saya jadi gelap (tdk ada backlight) tapi msh ada gambarnya, apakah bisa dibetulkan atau harus ganti LED yg baru? krn LED screen kan ga pake CCFL

    By Maktal Huda Altiara Reply
    • Dear Maktal, untuk kerusakan seperti ini akan diperiksa dahulu secara menyeluruh, kemudian user akan mendapat konfirmasi penanganan selanjutnya. Silahkan bawa unitna ke Acer service center terdekat di kotamu.

      By Dr. Acer Reply
  4. salam dok..mau tanya saya punya laptop acer aspire v5 121..permasalahanya pencahayaan kok kadang terang redup sendiri ya kalau hanya memakai baterai.. misal membuka browser/aplikasi yag berlatar belakang putih, itu laptop terang sendiri..terus kalo kmbali ke beckgound awal redup lagi..tapi kalo laptop nya di cas/di colok listrik normal..kenapa ya.. apa ada kerusakan di harware/software…

    By ardi Reply
    • Dear Ardi, untuk problem tersebut kamu bisa coba menginstall kembali driver VGA nya. Pastikan kamu menginstall driver VGA yang sesuai dengan versi OS yang digunakan. Driver VGA dapat didownload melalui link berikut http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

      By Dr. Acer Reply
  5. dok, laptop saya tadi jatuh ke got dengan tas nya tapi untung bagian laptop luarnya saja yang terkena air, tapi pas saya hidupin layarnya terang redup terang redup. solusinya apa dok? terus pas saya matiin warna layarnya putih sebelah kiri, apa itu screen guard nya ya? karena saya baru masang screen guardnya 7 hari yang lalu,

    By Iwan Prasetyo Reply
    • Dear Iwan, kami sarankan untuk segera memeriksakan unit kamu ke Acer Service Center terdekat. Selain itu, tidak disarankan untuk menyalakan perangkat elektronik dalam keadaan basah.

      By Dr. Acer Reply
  6. layar leptop saya sebagian cahayanya redup nah sementara bagian yang lainya normal” salaja.
    gimana yah cara memperbaikinya ?? mohon bantuannya

    By Khabir Hafis Reply
    • Dear Kahbir, untuk problem tersebut kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center untuk dicek dan diperbaiki. Info lokasi Acer service center dapat kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  7. laptop saya ga bisa di redupkan,mesti download apa untuk driver laptop saya?

    By zayland Reply
  8. kaka laptop acer E1 -471 led nya terang sebelah gelap sebelah,tapi masi kelihatanknp y ka tolong jawabanya,..

    By ibrahim Reply
    • Dear Ibrahim, kemungkinan ada problem pada backlight laptomu. Untuk problem tersebut kami sarankan kamu membawa unit beserta kelengkapannya ke Acer service center agar dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Info lokasi Acer service center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Kaka ko laptop saya bisa di main in tapi pencahayaan nya ngga ada itu knpa ?
    tolong info nya mas

    By Niva Prastyo Abdilah Reply
    • Hai Niva, kamu bisa melakukan pengaturan cahaya dengan menekan tombol Fn+ tanda panah atas dan bawah.

      By Dr. Acer Reply
  10. dok…
    saya pake acer travelmate 6291…
    travelmate 6292 yg saya pakai apakah menggunakan backlight CCFL atau LED…??
    backlight tiba2 mati ketika dalam masa pemakaian normal, kira2 apa penyebabnya…??
    untuk travelmate 6291 bisa upgrade kapasitas RAM hingga brapa GB…??
    terimakasih atas jawabannya…

    By cozemas Reply
    • Hai, Cozemas. Aspire 6292 menggunakan backlight CCFL. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada laptopmu, sebaiknya bawa ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa ditangani langsung oleh teknisi Acer.

      By Dr. Acer Reply
  11. Dear acer, aku punya laptop versi acer aspire 4750g core i7.. boleh tw gak spek laptop tipe ini yg sebenarnya apa…? Soalnya aku liat di google waktu mw cari drivernya yg ada acer aspire tipe lain seperti tipe 4755 atw yg lainnya.. nah yg aku nanya disini…
    1. apakah benar acer memproduksi tipe 4750g atau tidak?
    2. Apakah layar lcdnya bisa diganti dengan led..? Soalnya kebetulan lcdnya rusak..
    3. Service center resmi acer dikota saya dsulawesi tengah alamatnya dimana….?
    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya…

    By joan Reply
    • Dear Joan,
      1. Aspire 4750G adalah salah satu produk yang pernah dipasarkan oleh Acer Indonesia
      2. Layar LCD tidak dapat diganti dengan LED oleh service center
      3. Lokasi service center di Sulawesi hanya tersedia di:
      - Jl. Cendrawasih No 11A. Makassar
      - Ruko Mega Smart blok 4 No. 9, Kawasan MegaMas, Jl. Pierre Tandean, Manado
      - Mall Tatura, lt. 3 No. 17A Jl. Emy Saelan, Palu :)

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Joan,
      1. Aspire 4750G adalah salah satu produk yang pernah dipasarkan oleh Acer Indonesia
      2. Layar LCD tidak dapat diganti dengan LED oleh service center
      3. Lokasi service center di Sulawesi hanya tersedia di:
      - Jl. Cendrawasih No 11A. Makassar
      - Ruko Mega Smart blok 4 No. 9, Kawasan MegaMas, Jl. Pierre Tandean, Manado
      - Mall Tatura, lt. 3 No. 17A Jl. Emy Saelan, Palu. :)

      By Dr. Acer Reply
  12. Salam dr. acer layar pada laptop yang baru saya beli belum 1 bulan seri V5 ada garis vertical kenapa ya???

    By Abu Fida Reply
    • Dear Abu, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

      By Dr. Acer Reply
  13. mau tanya, saya punya tab acer iconia tab a501
    kerusakannya adalah layar seperti terbagi 2, sebelahnya warna sesuai dgn tampilan awal (tdk rusak) sedangkan bagian lainnya terlihat cenderung lebih terang warnanya (warna bukan cahaya ya) dan garis gambar pada bagian yang rusak ini terlihat seperti kasar (seperti tidak pakai vga), jadi dalam 1 layar kita bisa lihat tampilan yang sangat berbeda dari segi warna dan ketajaman garis. nah, kira2 dari pemaparan kerusakan seperti itu, solusi apa yg bisa diberikan untuk memperbaikinya. terima kasih :)

    By john marthin Reply
    • Dear John, Agak sulit memperkirakan penyebabnya tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung

      By Dr. Acer Reply
  14. dok sy mau tanya laptop saya acer aspire v5-431 layarnya redup banget sampai gak kelihatan apa2 tapi kalau di senter atau dibawa keluar ruangan saat siang ada kelihatan layarnya. kira2 masalahnya apa ya? neon lampu/inverter

    By dewangga Reply
    • Dear Dewangga, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu

      By Dr. Acer Reply
  15. dear acer, saya mau bertanya tentang laptop saya, laptop saya acer 4745G
    1. Apakah sudah support SATA III?
    2. apakah hardisk laprop saya bisa di upgrade menjadi SSD?
    terimakasih………

    By bocahSmile Reply
    • Dear Bocah,
      1. AS4745G Support untuk SATA III
      2. bisa saja jika kamu ingin menggunakan SSD pada laptop kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  16. kalo tanya disini, disarankan ke acer service centre. yah mah sama saja. ongkos lagii..

    By koko Reply
    • Dear Koko, terimakasih atas feedbacknya kepada kami, namun dalam beberapa hal user yang mengalami permasalahan dapat terbantu dengan adanya panduan dari kami, bila sudah dirasakan sulit untuk dipecahkan kendala yang terjadi maka unit tersebut butuh pemeriksaan secara langsung sehingga kami dapat mengarahkan ke service center yang terdekat :)

      By Dr. Acer Reply
  17. Gini Dok saya mau ganti kabel fleksibel dan lcd acer aspire 4739 core i3~380M 14′ apa ada di jual tidak di toko toko sparepart Notebook????

    By jhon Reply
    • Jhon, kamu bisa mendapatkan sparepart produk Acer di salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply
  18. dear acer saya mau nanya laptop saya aspire 4739z , tiba” layarnya warnanya beda yang sebelah kanan buram itu kenapa yaa min tolong dibales

    By irub Reply
    • Dear Irub, untuk memastikan penyebab hal tersebut dibutuhkan pemeriksaan langsung oleh teknisi Acer. Oleh karena itu sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website http://acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  19. dear dr acer
    permisi mau nanya aku punya acer aspire 4750 bermasala pada pencahayaan layar,waktu menghidupkan laptop cahaya layar(bukan layar) selalu mati tapi kalau carger dipasang tidak ada masalah dan kalau screen brightness-nya dikurangi/tidak dimaximalkan 2-4 jam maka cahaya layar(bukan layar) selalu mati.trims…

    By dody Reply
    • Dody, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support :)

      By Dr. Acer Reply
  20. dear dr acer saya mau nanya kenapa acer v5 431 saya layarnya sering terang dan redup sendiri???

    By ryan Reply
    • Ryan, apakah hal tersebut terjadi ketika menghubungkan dan melepas charger?

      By Dr. Acer Reply
  21. Dear dr. Acer saya mau tanya..laptop saya type aspire 4730z itu terdapat garis di bawah,,awal nya cuma dikit semakin kesini semakin besar garis di awah layar nya,,,itu kenapa ya,apa lcd nya yang rusak,,kl iya ganti lcd nya kira-kira berapa y,,,tolong solusi nya terima kasih

    By agustin andriarosa Reply
    • Agustin, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Untuk informasi harga sparepart, bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja :)

      By Dr. Acer Reply
  22. kalo komputer saya, layarnya sebelah kiri terang, kalo yg kanan agak redup… jadi bagi 2

    By Mikhael zein Reply
    • Mikhael, sepertinya ada gangguan pada layar komputermu. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya bawa komputermu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa diperiksa langsung oleh teknisi Acer.

      By Dr. Acer Reply
  23. dear dr acer saya mw nanya laptop saya aspire 4738z layar lcd saya setengah yang sebelah kiri normal tapi setengah yang sebelah kanan blank garis” berwarna.itu yang rusak lcd nya apa fleksibelnya yaaa

    By endi Reply
    • Endi, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support :)

      By Dr. Acer Reply
  24. dok, layar laptop saya sering reddup terang redup terang terusterusan kalau lagi ngebuka aplikasi yang berbeda, padahal setingan powernya udah saya balance. gemana cara mengatasinya dok,

    By yusuf efendi Reply
  25. dok…..layar acer 4738z saya sering redup terang berulang2,,,,,kalo pake walpaper hitam trus redup ,,trus pas di buka win exploler,,,lama kelamaan terang dengan sendirinya….apa itu normal?

    By rafli Reply
    • Rafli, kamu bisa coba melihat kembali pengaturan pada Control Panel > Power Options. Lalu pilih mode Balance :)

      By Dr. Acer Reply
  26. dok acer, netbook acer punya saya redup hampir2 gak ada cahaynya..asalnya backlight nya..terus saya ganti pakai lcd yang dibeli di toko harco mangga dua..backlight ada cuman redup..apa itu masalah masih dari lcd?

    By fitriawan Reply
    • Ada kemungkinan seperti itu, Fitriawan. Untuk memastikannya sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply
  27. Dok saya mau nanya, Laptop saya acer aspire V3 4751G, saya baru pakai seminggu terus layarnya sempet keteken pas lagi di tas… lalu saya cek tiba tiba ada garis aneh di layar… apakah Layarnya rusak ? kalau servis masuk garansi engga dok ? makasih

    By Trisna Reply
    • Trisna, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support

      By Dr. Acer Reply
  28. salam kenal, saya beli laptop accer 5517 sekitar 3 tahun lalu dengan layar monitor 15,6 inch. Kenapa tiba tiba layarnya bergerak ke bawah sehingga ada blank warna biru di bagian atas yang tidak bisa dijangkau oleh kursor Apakah lcdny yang rusak atau drivernya bermasalah? mohon pencerahan.

    By andi Reply
    • Hai Andi, kami sarankan untuk mencoba terlebih dahulu melakukan instal ulang OS, jika permasalahan masih terjadi silakan membawanya ke service center Acer terdekat untuk pengecekan :)

      By Dr. Acer Reply
  29. Dear Dr Acer, saya punya laptop Acer Aspire 3810T, problemnya adalah backlight mati. Dan saya sudah surf ternyata ini salah satu problem 3810T selain batre-nya. Yang jadi pertanyaan apakah untuk memperbaiki cukup backlightnya saja atau harus satu paket dengan LCD-nya. Terima kasih.

    By Papa Jason Reply
    • Hai, sebaiknya langsung dibawa ke service center Acer terdekat, karena sulit bagi kami untuk mendiagnosa penyebab dan solusi yg dapat dilakukan tanpa melakukan pengecekan fisik laptopmu secara langsung :)

      By Dr. Acer Reply
  30. Dear dr acer mau Tanya nih ,saya punya aspire 5742 kok layar lcd-nya tidak bisa di setting terang ya,tampilanya agak redup dan sedikit kekuningan , apakah layar laptop saya sudah rusak ?

    By Ginxeng Reply
    • Dear Ginxeng, sebaiknya langsung dibawa ke service center Acer terdekat untuk pengecekan :)

      By Dr. Acer Reply
  31. Dr. Acer, mau tanya, katanya layar OLED itu lebih bagus yah? lebih SLIM dan tentunya warnanya memiliki kontras paling tinggi dan tingkat visibilitasnya oke dari berbagai sudut. Oh yah dan OLED sendiri dalam perkembangannya udah ada jenis SUPER AMOLED, SUPER AMOLED PLUS, dan jika dibandingakan dengan LED – Backlit maka layar LED Backlit cenderung terlihat kusam ketimbang OLED. *pernah lihat comparenya.

    Gimana tuh Dok ?

    By MJV Reply
    • Kamu benar, MJV. Perbandingan mengenai hal tersebut bisa kamu cari secara lebih jelas melalu mesin pencari seperti google.

      By Dr. Acer Reply
  32. dear dr.acer ,saya mau nanya back light CCFL,ma led ,ada nga dijual ?.mohon info nya dr.acer ,

    By HENDRO Reply
    • Hendro, untuk info ketersediaan sparepart, bisa hubungi Acer Call Center di 500-155 :)

      By Dr. Acer Reply
  33. dear dr acer.. netbook saya acer aspire 522 keluar garis2 putih kalau ke goyyang2 pasti kaya gitu…itu kerusakan di mananya yah dr acer??

    By muhammad firdaus Reply
  34. informasi yg menarik nih,,mo nyoba diaplikasikan buat monitor lcd ane yg backlightnya rusak (nyoba diganti pake Led)…harusnya bisa & lebih terang ya?

    By Edwin Reply
  35. Dear Dr. Acer..
    Saya mw tanya nih, laptop saya Acer Aspire 4750 Core i3. Nah saya habis instal software Autocad 2010, setelah itu setiap menyalakan dan mematikan laptop kok jd lama ya proses nya. Bisa di beri tahu penyebab dan solusi u/ mengatasi nya…?

    Thank’s Dr. Acer

    By Aditia Ari Pratama Reply
  36. Dear dr acer, saya mau tanya.. notebook saya type 4752G, tapi kok performanya lambat sekali yah? apa ada yg salah ya? dan baterainya cepat sekali habis.. padahal saya charge kalo saya tidak sdg memakainya.. bantu donk

    By cecen Reply
    • Dear Cecen, hal tersebut bisa disebabkan virus atau OS bermasalah, disarankan agar kamu melakukan install ulang OS

      By Dr. Acer Reply
  37. Dear dr acer saya mau nanya apakah iya cd resoure ato cd driver acer aspire 4750g yang processor i7 gak ada ?
    Apakah memang benar atau pihak toko tsb mengambil cd resource saya?
    Apakah di service center ada cd resource tsb ?Dan di jual ato tidak ?

    By Wahyu ivdal Reply
    • Dear Wahyu, untuk pembelian produk Acer dengan pilihan pembelian sudah bundle dengan OS Windows, Installer OS, Driver, dan aplikasi standar paket pembelian sudah tersimpan pada hidden partisi didalam harddisk. Kamu bisa mendownload driver untuk produk Acer di http://www.acer.co.id > Support > Download

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.