Layar LED Backlit pada Laptop

Kamu pasti tahu dong spAcer kalau di dalam layar laptop ada lampu yang membuat kamu bisa melihat tampilan layar. Nah, layar LCD pada laptop dulunya menggunakan LCD yang mendapatkan cahaya dari Cold Cathode Flourescent Lamp (CCFL).

Namun karena teknologi terus berkembang kini beberapa layar laptop sudah beralih menggunakan Light Emiting Diode (LED). Apa keistimewaannya? Baca terus ya.

Layar LCD laptop yang mendapat cahaya dari sekumpulan LED ternyata memiliki tampilan layar yang lebih terang dengan kontras yang lebih tinggi. Selain itu, dengan menggunakan LED, maka konsumsi daya layar LCD menjadi lebih rendah dan memungkinkan desain tipis. Berbeda dengan layar LCD dengan cahaya dari CCFL, layar dengan LED biasanya lebih tahan lama.

Kelebihan-kelebihan ini yang dimiliki layar LED yang kemudian menyebabkan teknologi layar laptop beralih dari CCFL ke LED. Harga layar LED memang diatas layar CCFL. Namun, seiring bergeraknya kecenderungan pabrik laptop menggunakan LED, maka harganyapun mulai terjangkau.

Laptop Acer tentu tidak ketinggalan kemudian menerapkan teknologi ini untuk laptop-laptopnya. Dengan LED- backlit screen, layar LCD laptop Acer-mu tidak hanya lebih terang, tapi kamu juga membantu bumi dengan menghemat energi lho. Dengan LED-backlit screen, laptop kini menuju desain yang semakin slim dan tipis. Makin ringan dan nyaman dibawa kemana-mana deh spAcer! Jadi, sudahkah kamu beralih ke laptop dengan layar LED-backlit?

Related Article

133 Responses to Layar LED Backlit pada Laptop

 

  1. Widiyanto says:

    Notebook saya layar tiba tiba gelap, setelah saya coba perhatikan ,ternyata tampilan masih ada ,hanya gelap seperti tanpa lampu, apakah harus ganti lcd ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Widiyanto, agak sulit mendiagnosa problemnya secara pasti apabila tidak cek unit secara langsung terlebih dahulu. Solusi awal penanganan kami sarankan untuk coba untuk kamu menghubungkan laptop dengan monitor eksternal dan lihat apakah display berfungsi dengan baik.

  2. claresta nindya says:

    dok, laptop saya pada saat di hidupin cuma muncul logo acer dan setelah itu layarnya smua gelap dan cuma muncul garis (-) di pojok kiri atas, itu knapa yaa dok dan kerusakannya di bagian apa dan saya harus gmna dok? laptop sayan acer aspire 4820 core i3 ram1g

    1. Dr. Acer says:

      Dear Claresta, kamu dapat masuk kedalam BIOS terlebih dahulu dan posisikan HDD di urutan pertama pada boot priority dan lihat apakah masih terjadi kendala serupa.

      1. achmad chabibulloh says:

        sudah saya coba dan msih tetap layar hitam dan msih dalam kendala yg sama dok.. saya harus bagaimana dok?

        1. Dr. Acer says:

          Jika masih terkendala, kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center untuk penanganan lebih lanjut.

  3. achmad chabibulloh says:

    dok, laptop saya tipe acer aspire 4820, laptop saya black screen pada saat di hidupin laptop cuma mncul logo acer dan stelah itu laptop cuma muncul garis (-) di pojok kiri atas dan layar.nya gelap smua. klau boleh tau itu knapa ya dok, dan kerusakan.nya di bagian apa dan mohon sarannya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Achmad, kamu dapat masuk kedalam BIOS terlebih dahulu dan posisikan HDD di urutan pertama pada boot priority dan lihat apakah masih terjadi kendala serupa.

  4. achmad chabibulloh says:

    dok, laptop saya blackscreen sebelum saya install windows 10, pada saat cd windows 10 sudah di masukan dan sudah masuk ke boot(f2) setelah di enter layar laptop saya jadi blackscreen. bagaimana cara mengatasi.nya yaa dok, laptop saya acer aspire 4820 core i3 ram 1gb 32-bit

    1. Dr. Acer says:

      Dear Achmad, kami sarankan coba cek dahulu menggunakan display eksternal.

  5. hamda says:

    dok.laptop saya acer e1-422,,layar nyala tapi redup banget saya set kecerahanya tetap gelap,kalo pake lampu senter kelihatan icon windowsnya,,kerusakanya di bagian apa,,apa harus ganti layar led nya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hamda, bisa diinformasikan kegiata terakhir kamu pada unit sebelum kendala tersebut terjadi?

  6. Joko says:

    Laptop saya e5-471-503w, layar nyala tapi redup banet sampe gak keliatan itu kenapa ya dok??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Joko, kamu bisa coba dengan pengaturan kecerahannya yaitu tekan tombol Fn + panah kiri/kanan.

  7. ariyani says:

    Kak laptop saya hidup tapi layarnya gelap.
    Katanya harus ganti lampu backlitnya. Kira” berapa ya harganya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ariyani, standar biaya service adalah sebesar Rp 165ribu, belum termasuk sparepart. Untuk info harga sparepart, silakan hubungi Acer Contact Center di 1500-155 pada hari dan jam kerja.

  8. Cut Azimi says:

    Dok.laptop saya acer aspire e1-471 sudah dibawa ketempat reparasi katanya lcdnya rusak (berkedip) jika di instal VGA default dan jika dihapus instal VGA lcdnya tidak berkedip lagi apa masalahnya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Azimi, kemungkinan terjadi konflik antara sistem unit dengan driver VGA, sebelumnya bisa diinformasikan apakah kendala tersebut sudah terjadi sejak awal pembelian unit? atau sebelumnya kendala terjadi unit pernah menjalani proses instal ulang OS?

  9. masanda says:

    laptop saya e5 471g 503w kadang layarnya redup terus terang lagi dok. apa memang gitu? padahal sudah ganti lcd sm mesin. laptopnya blm ada setahun dari pembelian. makasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Masanda, bisa diinformasikan kembali saat melakukan kegiatan seperti apakah kecerahan pada layar berganti ganti tersebut?

  10. Febri says:

    Dok, layar E553G saya kok berkedip ya. Kalau kursor digerakkan layarnya kedip hitam putih. Saya baru beli 3 hari. Permasalahan hardware atau software?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Febri, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami pada saat menggunakan produk kami. Bisa bantu infokan kepada kami apakah problem sudah terjadi dari awal pembelian?

  11. Mulyadi says:

    Laptop saya Acer E1 431…beberapa hari lalu jatuh dan berkedip apa bisa diperbaiki atau di ganti screennya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mulyadi, kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung pada unit kamu.

  12. intan says:

    Dok, led notebook saya sangat redup (mungkin backlightnya mati), jadi kalo mau lihat layarnya mesti pake senter. Padahal lednya baru diganti beberapa bulan lalu. Mohon solusinya.. dan juga kisaran harganya berapa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Intan, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami. Untuk informasi harga sparepart, silahkan hubungi Acer Contact Center di 1500-155 pada hari dan jam kerja 🙂

  13. m. bisri says:

    siang mas, bgmn cara mendaftar jadi service center acer

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bisri, kamu bisa kirimkan email proposal kamu ke AcerPeduli@acer.com

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved