Tips Perawatan Notebook Tipis

Perkembangan teknologi di dunia belakangan ini memang sudah tidak bisa lagi dibendung. Banyak kemudahan yang dibawanya yang membantu kita dalam berbagai hal. Coba saja lihat bagaimana peran notebook dalam kegiatan kita sehari-hari.

Ya, notebook atau juga dikenal komputer jinjing adalah salah satu teknologi yang sangat membantu berbagai macam kesibukan kita. Mengerjakan tugas, menyelesaikan tugas kantor, mengumpulkan informasi melalui browsing internet, menjadi lebih mudah bukan dengan kehadiran notebook saat ini? Maka tidak perlu heran jika saat ini kita seringkali melihat banyak orang menenteng notebook dalam kesehariannya.

Perkembangan notebook saat ini pun semakin dinamis. Pasalnya, banyak kalangan pengamat teknologi yang menyatakan bahwa notebook tipis/slim disinyalir akan menarik minat banyak pengguna komputer jinjing di masa depan. Ini artinya, notebook tipis diprediksi akan menjadi masa depan perkembangan notebook saat ini.

Nah, berbeda dengan notebook lainnya, merawat notebook tipis harus sedikit lebih cermat. Tentu spAcer tidak mau kan jika “sahabat setia” yang satu ini kinerjanya menurun akibat kita tidak bisa merawatnya dengan baik dan benar. Yuk, kita simak tips berikut supaya notebook tipis spAcer selalu bisa diandalkan setiap saat:

  1. Seperti kebanyakan notebook lainnya, notebook tipis juga perlu dijauhkan dari medan magnet yang kuat, bahan-bahan cair, dan perubahan suhu yang ekstrem.
  2. Upayakan untuk menghindari notebook tipis spAcer dari pancaran sinar matahari langsung.
  3. Taruhlah notebook tipis spAcer di atas permukaan yang rata, dan hindari menaruh notebook di atas permukaan yang empuk seperti bantal karena dapat mempengaruhi perputaran udara ventilasi pada notebook.
  4. Jauhkan notebook tipis dari berbagai sumber getaran yang terlalu ekstrem, misalnya seperti loudspeaker atau mesin/kendaraan berat.
  5. Jaga kebersihan notebook misalnya dengan mengelapnya secara berkala dengan kain bersih agar terhindar dari debu.
  6. Perhatikan tempat spAcer menyimpan notebook. Upayakan untuk menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk. Jika notebook hendak tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, upayakan untuk menyimpannya dalam suatu wadah yang rapat.
  7. Selalu gunakan tas notebook jika mobilitas spAcer cukup tinggi dan perlu membawa notebook kemana-mana.
  8. Jangan biasakan menyimpan benda-benda yang bebannya cukup berat di atas notebook tipis spAcer.
  9. Jika ada masalah dengan notebook tipis spAcer, sebaiknya langsung mengunjungi service center terdekat untuk analisa dan penanganan yang lebih akurat, dan jangan sekali-kali membongkarnya sendiri.
  10. Jauhkan notebook tipis spAcer dari jangkauan anak-anak (jangan meletakkan sembarangan) dan upayakan untuk memiliki jadwal rutin mem-back up data.

Nah, itu dia tips-tips untuk merawat notebook tipismu, spAcer! Mana saja tips-tips yang sudah dipraktekkan?

Apr 12 2012

on How To

25 Responses to Tips Perawatan Notebook Tipis

  1. dok, kalo sering di lap biar ga gampang kena debu akibatnya apa.?

    By retno Reply
    • Dear Retno, jangan biarkan laptop berdebu yang akibatnya bisa masuk ke bagian dalam internal mesin, sehingga bila menumpuk akan membuat laptop cepat panas dan dapat menyebabkan laptop mati mendadak. Untuk membersihkannya disarankan menggunakan lap kering yang halus :)

      By Dr. Acer Reply
  2. Hallo Dr. Acer. Doc, Acer 4750z saya bila di shutdown tidak mau mati. sehabis kita shutdown, lalu proses waiting (cursor lingkaran berputar), setelah itu cursor lingkaran berhenti berputar, dan berhenti disitu tidak mau mati. Ditunggu sampai beberapa lama tetap nyala terus (tapi hang). Saya sudah coba install ulang (Win7/32), bahkan sampai HDDnya saya kosongkan dahulu, tetap sama. Sebelum di install driver atau sesudah diinstall driver sama saja dok. Kondisi tidak mau mati ini juga sama saat saya coba dengan berbagai bootable CD OS (Mini PE XP, Mini PE Vista dsb). Tapi pada saat hidup, semua kondisi normal dok, buat bekerja (office, grafis, CAD, gaming, multimedia, semua normal. Ya hanya itu tidak mau mati. Tapi kalau restart tidak masalah. Kira-kira solusinya bagaimana ya dok, saya takut bila saya matikan paksa terus akan merusak hardware lainnya. Terima kasih dok.

    By Adnan Klaten Reply
    • Adnan, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk laptop kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support

      By Dr. Acer Reply
  3. doc apa gapapa kalo cpu meter kita nunjukin sampe 80%

    By efan Reply
    • Tidak Apa Efan, laptop dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya adalah untuk melindungi komponen didalamnya agar tidak rusak karena overheat

      By Dr. Acer Reply
  4. kalau notebook dalam kondisi sleep di masukan ke dalam tas untuk di bawa bawa gimaa tu..bahaya gak ya

    By luckman Reply
    • Tidak berbahaya Lukman, pastikan saja laptop tidak mengalami guncangan yang besar.

      By Dr. Acer Reply
    • Tidak berbahaya Lukman, pastikan saja laptop tidak mengalami guncangan yang besar. :)

      By Dr. Acer Reply
  5. dok, laptop aspire 722 saya suka hang saat booting padahal baru lima bulan lalu saya beli, solusinya gimana yach?,,,,,,,,,,,,,,

    By alijaya Reply
    • Alijaya, hal tersebut bisa terjadi karena terdapat keruskaan pada sistem di laptop kamu. Solusinya bisa dengan melakukan instalasi ulang OS

      By Dr. Acer Reply
  6. dok kenapa laptop acer 4750z saya bisa di shutdown tapi beberapa menit kemudian nyala sendiri. saya sudah coba segala cara sampai bersihkan ram, bersihkan procesor trs bersihkan switchnya tetap saja tidak bisa. tolong solusinya dok…. lokasi saya di NTT

    By Johan Reply
    • Dear Johan, apakah sudah dicoba melakukan install ulang OS dan driver?

      By Dr. Acer Reply
  7. doc, laptop sya kok timbul bercak putih d lcd nya,,padahal saya beli laptop acer 4830tg ini baru 4bulan..apa itu masuk garansi doc,,mohon pencerahanya…

    By Avend Reply
    • Dear Avend, sebelumnya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu. Kami sarankan membawa laptop kamu langsung ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer memeriksa kondisi laptop kamu

      By Dr. Acer Reply
  8. Jadi.. apa bedanya cara merawat notebook tipis dgn notebook biasa? Semua langkah-langkahnya tidak ada yg khusus untuk notebook tipis.

    Apakah tips-tips tersebut untuk TravelMate 8481G yang tahan banting?

    By Patrick Reply
    • Dear Patrick, prinsip dasarnya antara merawat notebook biasa dan notebook tipis adalah sama, namun merawat notebook tipis harus sedikit lebih cermat.. Prinsip/ tips perawatan tersebut juga bisa diterapkan pada Acer Travelmate :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Dok, kalo buat perawatan baterai si S3 ne gimana ya? biar awettt…
    thanks

    By Ahmad Reply
  10. dok,,kalau processor intel core i3 sama dual core bedanya apa ?

    By abdullah Reply
  11. Pingback: Tips Perawatan Notebook Berukuran Tipis! | LimsWeb

  12. Pingback: Tips Perawatan Notebook Berukuran Tipis! - VIVAforum

  13. Dok, ultrabook saya sedang di service di ACSC Mangga dua, memang kesalahan sendiri menaruh kopi disamping S3 saya, kopi tumpah pas banget di atas keyboard, semua air masuk , saya panik :(, keadaan skr S3 sya Mati Total, Kira” Biaya’a Mahal gak Yah ? :(

    By Entris Reply
    • Dear Entris, turut prihatin atas kejadian tersebut. Untuk kepastian harga tergantung dari komponen yang harus diganti/ diperbaiki berdasarkan hasil pengecekan fisik ultrabook oleh teknisi Acer di lapangan, sehingga sebaiknya menunggu info lebih lanjut ya

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.