Lima Alasan Menarik dari Windows 8

Salah satu hal yang menarik dari dunia komputer di Tahun Naga Air ini adalah rencana Microsoft untuk meluncurkan Windows 8. Ada baiknya spAcer memahami beberapa hal menarik dari Windows 8 berikut ini:

Ribbon UI
Kontroversi Ribbon UI masih menjadi perdebatan hingga saat ini untuk dibawa ke dalam Windows 8 atau tidak. Ribbon (pita) itu sendiri adalah satu set toolbar yang ditempatkan di tab bar pada tampilan Microsoft Office. Meski ada beberapa pengguna yang kurang setuju dengan penerapan ribbon tersebut, tapi ada juga yang menganggap bahwa ribbon ini justru lebih memudahkan pengguna Microsoft Office karena lebih fleksibel.

Memang perlu juga disadari bahwa traditional drop-down menu’s pada Microsoft Office 2003 lebih familiar sehingga mudah untuk digunkan. Nah, menurut beberapa sumber Ribbon UI ini juga masih akan hadir dalam Windows 8.

Internet Explorer 10
Microsoft sepertinya tidak beristirahat setelah peluncuran Internet Explorer 9 (IE9). Ya, Windows 8 dikabarkan akan dilengkapi dengan generasi browser paling anyar yakni Internet Explorer 10 (IE10). Seperti diketahui,  IE9 hanya tersedia untuk operating system (OS) seperti Windows Vista dan Windows 7. Begitupun dengan IE10, hanya PC atau notebook dengan perangkat keras dan perangkat lunak paling baru yang bisa merasakan pengalaman menggunakan browser tersebut.

Windows Store
Microsoft sepertinya meminjam halaman dari rival mereka seperti Apple dan Ubuntu dengan menciptakan pasar software online. Nah, Windows Store itu sendiri akan berfungsi sebagai outlet dimana spAcer bisa memperoleh/membeli aplikasi yang dikembangkan untuk Windows 8. Kabarnya, dengan Windows Store ini, Microsoft akan meningkatkan kualitas dari aplikasi yang ditawarkan dan mengurangi potensi bug dan malware.

OS yang Tersedia Pada Thumb Drive
Salah satu fitur favorit yang akan dibawa Windows 8 sejauh ini adalah kemampuannya untuk menyimpan seluruh bootable Windows 8 OS pada USB thumb drive. Dengan begitu, spAcer bisa “mengambil” seluruh lingkungan Windows 8 dalam USB dan melakukan boot up jika hardware PC bermasalah.

Tablets
Kabar baik bahwa Windows 8 ternyata tidak hanya dikembangkan untuk PC dan notebook, melainkan juga untuk Tablet. Sebagaimana yang kita ketahui, selama ini Tablet belum pernah terjamah oleh Microsoft. Windows 8 akan datang dalam dua varian yang juga bisa beroperasi untuk mikroprosesor ARM tablet, smartphone, dan perangkat lainnya.

Fitur Blok
Windows 8 dikabarkan menganut fitur blok/ubin yang bisa dipindahkan di sekitar layar atau diklik langsung untuk masuk ke dalam aplikasi. Blok itu sendiri akan ter-update secara real time, sehingga spAcer dapet melihat apakah ada email baru yang masuk, atau ada notification dari Facebook.

Apr 20 2012

on Tech News

49 Responses to Lima Alasan Menarik dari Windows 8

  1. Dok ane punya acer AO 756-887 pake windows 7 genuine yang diinstal di gerai resmi acer di poins square, lebak bulus. ane mau tanya laptop ane bisa diinstall windows 8 tidak yah ? kalo bisa minta panduannya, kalo tidak bisa tolong berikan alasannya. Saya tunggu jawabannya segera, thanks dok

    By Wahyu Reply
    • Dear Wahyu, kamu bisa menggunakan Windows 8 pada Aspire One 756 milikmu. Untuk menginstall Windows 8 kamu bisa menginstallnya dengan membeli keping CD/DVD installer Windows 8 melalui DVD eksternal. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. dok saya habis beli notebook acer aspire v5-471g kan datengnya sama win 8, terus kalo suatu saat saya pengen install ulang gimana? kan nggak dapet windows 8 sama drivernya, masa harus pake cd win 8 yg bajakan? tolong infonya dok, thanks

    By Andre Reply
    • Dear Andre, untuk pembelian produk Acer yang bundling dengan OS berlisensi resmi sudah dilengkapi dengan fitur system recovery yang dapat mengembalikan kondisi system (jika bermasalah) ke kondisi seperti saat awal pembelian (termasuk driver yang sudah terinstal) :)

      By Dr. Acer Reply
  3. gan, kalo ane instal win 8.1 di acer 4750 kira-kira kedepannya ada masalah nggak ya ??? takutnya lama kelamaan ada masalah…
    sebelumnya makasih.

    By ajisuprianto Reply
    • Dear Aji, hal tersebut tidak menjadi masalah :)

      By Dr. Acer Reply
  4. saya punya acer aspre E1 471, bisa di Install Win 8 gak? Terus apa di acer store melayani jasa Install Win 8? thanks before ;)

    By Daniel Reply
    • Dear Daniel, kamu bisa menggunakan OS Windows 8 di Aspire E1-471. Acer store tidak melayani jasa Installasi.

      By Dr. Acer Reply
  5. pak aspire 4750z kok gk bisa instal windows8 ya…
    kluar tulisan driver is missing.. bla bla….

    itu mksutnya apa…
    klo hrus dnlod driver, dnlodnya dmna..???
    trimakasih

    By arie Reply
    • Arie, untuk tipe Aspire 4750z tidak dapat diinstal Windows 8 secara langsung, namun dilakukan dengan cara upgrade dari Windows 7, driver yang dibutuhkan ada di tautan http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers :)

      By Dr. Acer Reply
  6. Dear dok, saya baru beli acer e1-571, os sudah terinstalasi windows 8, mau tanya, misalkan saya partisi apa resikonya? sedangkan saya tidak memiliki DVD drivernya, dari toko cuma dapet serial number nya aja, trus cara untuk martisinya gmana?saya dateng ke toko orange gak mau, katanya nanti windows 8 nya error. terima kasih

    By iwan susanto Reply
    • Iwan, jika terjadi kesalahan pada saat partisi akan menyebabkan masalah pada sistem OS Windows 8, dan tipe E1-571 tidak termasuk produk yang dipasarkan oleh Acer Indonesia, sehingga jika terjadi masalah tidak tercover dalam garansi kami. :)

      By Dr. Acer Reply
  7. dok.laptop saya acer aspire v5-471.udah saya instal windows 8.tapi kok gak bisa diinstal net framework ya?..kemudian setiap di shutdown selalu hidul lagi sendiri.

    By febriansyah Reply
    • Febriansyah, bisa informasikan isi pesan kesalahan yang ditampilkan ketika kamu gagal melakukan instalasi software tersebut?

      By Dr. Acer Reply
  8. halo dok, saya punya acer 4570Z, os windows 7. mau ganti OS ke windows 8. nah di site Acer driver windows 8 nya ada, tapi ada note nya (upgrade from windows 7) itu maksudnya apa? apa bisa install windows 8 tanpa harus upgrade (maksudnya instal dengan partisi windows lama di format terlebih dulu “Clean Install”), apa memang harus install lewat “Upgrade”?

    By Jeni Reply
    • Jeni, benar. Untuk pilihan tersebut, driver hanya untuk OS Windows 8 yang didapat dari upgrade OS secara langsung :)

      By Dr. Acer Reply
  9. dok mau tanya apakah acer 4750G bisa di instal win 8 ?
    terus apakah perlu di instal diver baru setelah instal win 8 ?

    By punjung Reply
    • Punjung, AS4750G Support untuk digunakan dengan OS Windows 8. Benar, driver perlu di install kembali dan disesuaikan dengan OS yang digunakan :)

      By Dr. Acer Reply
  10. dr. acer bisa mintak driver acer aspire 4739 x32,, soalnya driver bawaannya tidak kompitibel dgn windows 8,, salh satunya wifinya gax bisa di instal

    By rendy Reply
  11. dok laptop saya aspire 4730z. mau nginstall windows 8 tapi di acer.co.id kok gak ada driver buat windows 8? bagaimana dok?

    By hidayat Reply
    • Hidayat, Acer memang tidak menyediakan driver windows 8 untuk Aspire 4730z karena hardware pada Aspire 4730z ada yang tidak kompatibel dengan windows 8.

      By Dr. Acer Reply
  12. dok,saya baru instal win 8 dia acer aspire v5 471-323b2g50mass saya tapi saya mau instal driver ko gabisa ya?mohon link downloadnya

    By Ezra Amazia Reply
    • Erza, Driver Slim Aspire V5-471 untuk OS Windows 8 bisa di download di http://www.acer.co.id > Support > Download :)

      By Dr. Acer Reply
  13. dok,mau nanya ane kan instal win 8 di acer aspire 4755g ane, ko PCI di device manager ada tanda serunya , apa mungkin driver nya ga cocok , mohon perncerahan nya dok .
    trims

    By taufik Reply
    • Taufik, Problem tersebut kemungkinan terdapat pada driver yang kamu gunakan. Pastikan driver yang di install sudah sesuai dengan OS yang digunakan :)

      By Dr. Acer Reply
  14. Dok, mau tanya spesifikasi dari Acer AO765 ?

    By Calvin Reply
    • Calvin, AO756 dipasarkan dengan beberapa spesifikasi hardware, kamu bisa melihat spesifikasi selengkapnya di http://www.acer.co.id > Products :)

      By Dr. Acer Reply
  15. Dok saya baru beli laptop acer terbaru namanya laptop acer aspire e1 menggunakan windows 8,dok saya orang awam ni g suka dengan tampilan windows 8 pengen rubah pake windows 7,bagaimana yah cara menggantinya ke windows 7,saya mempunyai cd windows 7 tapi nyari booting dvd nya g da,di menu boot g da,jadinya saya malah merecovery windows 8 restory pabrik ..tapi ya allah proses nya lama bgt,saya daritadi sudah 2 jam baru 8 persen,mau dikembalikan ke windows 8 lagi akhirnya malah ngereseting terus..
    Pengen bunuh diri deh jadinya
    Dasar bodoh hehehe…
    Ada pencerahan g dok???

    By kin kin Reply
    • Dear Kin, untuk melakukan instalasi OS, pastikan masuk ke BIOS (tekan F2), lalu atur boot priority menjadi DVD (Pastikan telah memasukkan DVD instalasi), lalu jalankan program :)

      By Dr. Acer Reply
  16. wah-wah.. kayaknya ada yang menyela windows ni!windows 8 lebih powerfull dari windows 7. lebih cekatan saat menegeksekusi aplikasi dan hemat memory. syukurnya aku menggunakan netbook yang super power AOD 255..semua driver AOD 255 support. hanya saja kita tidak merasa nyaman dengan tampilan metronya yang tidak dapat digunakan sebagaimana fungsinya di netbook. karena windows 8 hanya mendukung tampilan 1024×760 minimal.semoga pengguna akan ada pembaruan diversi windows ini yang mampu mendukung netbook secara keseluruhan.amiin

    By arham Reply
  17. windows 8 masih banyak bugsnya, payah…….
    mahal tapi gak handal, BSOD, Removal Device dll…….
    :(

    By Hans Reply
  18. dok, mau tanya ni, punya q acer aspire 4755g, setelah q instal windows 8 rp, ternyata driver nvidia ny ndak cocok…, gimana solusinya dok…

    By saiful Reply
    • Dear Saiful, saat ini Acer belum menyediakan support driver untuk Windows 8. Jika kamu ingin tetap menggunakan Windows 8, sebaiknya langsung mencari support driver dengan mesin pencari :)

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Saiful, saat ini Acer belum menyediakan support driver untuk Windows 8. Jika kamu ingin tetap menggunakan Windows 8, sebaiknya langsung mencari support driver dengan mesin pencari. :)

      By Dr. Acer Reply
  19. Dok acer saya OS wind7 untuk word nya 2003. Gimana cara nya buat ganti ke word 2007. Mksh dok…

    By Ica Reply
    • Dear Ica, kamu cukup jalankan Setup Office 2007 yang terdapat pada CD/DVD Installer Microsoft Office 2007

      By Dr. Acer Reply
  20. saya udah pernah make windows 8 consumer preview build 8250, tapi permasalahannya ada beberapa aplikasi tidak bisa di windows 8 contohnya seperti Xampp, karna saya jurusan TI, saya sangat butuh aplikasi2 untuk TI
    sekarang saya memakai windows 7 lagi bawaan Acer

    By Imam Fauzi Reply
  21. Kalau perbedaan mencolok antara Windows 7 dan 8 itu katanya terletak di kernelnya , kalau Windows hanya bisa mencapai 64 bit , maka dengan windows 8 bisa mencapAI 128 Bit. Trus katanya juag ada perubahan di task manager , dan juga pemakaian memory yang jauh lebih hemat….

    By Rivaldo Reply
  22. First of All…
    Semua fitur baru Windows 8 diatas, kecuali Ribbon UI,
    Bukan fitur baru di dunia operating system.
    Linux udah punya fitur2 diatas sejak 2 tahun lalu. Apalagi USB booting
    udah dari dulu banget linux mah…
    so windows 8 meskipun baru pretty much ketinggalan jaman.

    Kalau jadi launching,
    Windows 8 pasti sangat mahal, bahkan 1/10 dari harga retail nanti pasti microsoft masih untung banyak.
    lalu karena installernya gede, kalau mau pake USB buat install pasti butuh minimal USB 4Gb.
    Kalau udah install masih harus install driver & aplikasi sana sini yang brarti cukup repot. Plus harus install Antivirus. Yang belum tentu ampuh.
    Baru dipakai 3-6 bulan pasti jadi lemot, virusan, banyak malware.
    Belum 1 tahun harus install ulang lagi…
    Trus habis itu kena Blue Screen Of Death.
    Install ulang lagi.

    Hati-hati juga, soalnya banyak orang yang udah kehilangan data-data penting karena keTIDAK AMANan & keTIDAK STABILan Windows.

    Dan pasti bakal mendorong banyak orang untuk membajak…

    Hati-hati kalau pakai windows. Siap2 sering install ulang & Service & Bersihin Virus.

    By sugeng Reply
  23. udah tak instal sama Mac OS X SNow Leopard…
    tampilannya keren,lebih interaktif daripada windows 7

    tapi sayang beberapa fitur dia mnejiplak Mac OS X sama iPhone
    :(

    By Arie Mahaputera Reply
  24. Dok,Apa Perbedaannya Windows 7 dengan windows 8 ?bagusan mana antara windows 7 dengan windows 8 ?

    By asev Reply
    • kalau untuk acer aspire 4739 berapa bit ya dok ?

      By asev Reply
  25. download windows 8 yang free dimana tertarik ingin mencoba

    By firman Reply
  26. Win 7 bisa pindah ke win 8 gk ?

    By asev Reply
  27. wah mantep nih, gue juga lagi pake windows 8 (Consumer Preview Build 8250) di notebook acer gue, neh kombinasi notebook Acer + windows 8 Consumer Build 8250 booting nya cepet bgt gak nyampe 10 detik :),
    tampilan Metro UI nya juga oke punya dah, driver driver notebook gue jga support di windows 8

    By Michael Gunawan Reply
    • Terima kasih Michael atas feedbacknya :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.