Apakah Bateraimu Perlu Diganti?

Saat menyalakan laptop kemudian muncul notifikasi “Consider replacing your battery” di laptop-mu spAcer? Jika iya, jangan buru-buru mengganti baterai laptop.Adabeberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.

Notifikasi semacam ini akan muncul pada laptop yang menggunakan OS Windows 7. Nah, Windows 7 memiliki fitur berupa “battery meter” yang akan memberikan warning  atau saran kepada pengguna jika baterai laptop harus diganti. Fitur ini akan memberi tahu user jika kapasitas charging baterai di laptop-nya kurang dari 40% dari kapasitas aslinya. Maksudnya, jika spAcer mengisi baterai, maka baterai tidak akan bisa full terisi hingga 100%.

Jika spAcer menemukan notifikasi ini, namun tidak yakin apakah kamu harus mengganti baterai laptop-mu, maka ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan.

  • Setiap baterai laptop memiliki kapasitas yang berbeda, seberapa besar daya tahan mereka. Seiring berjalannya waktu, baterai laptop memang akan kehilangan kemampuan untuk menyimpan 100% kapasitas.
    Jadi ketika performanya sudah menurun, meski di charge, daya tahan baterai tidak akan sampai 100%.
  • Baterai laptop yang baru juga bisa saja rusak karena berbagai hal, misalnya karena panas yang ekstrim. Sehingga dalam waktu yang singkat, kapasitas baterai langsung menurun.
  • Jika kamu berniat mengganti baterai laptop-mu, sebelumnya kontak dulu perusahaan laptop untuk mengetahui apakah baterai laptop-mu masih di produksi.
  • Pengukuran kapasitas baterai bisa menjadi kurang akurat. Untuk itu, coba lakukan kalibrasi baterai agar pengukuran baterai kembali akurat.

Jadi, jika kamu menerima notifikasi tersebut, jangan langsung terburu-buru mengganti baterai ya. Temukan dulu apa masalah sebenarnya sebelum mengganti baterai laptop-mu spAcer.

Related Article
© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved