Tips Memilih Notebook Terbaik? Gampang, Sesuaikan Saja Dengan Kebutuhan

Memilih laptop atau notebook saat ini memang gampang-gampang susah. Saking banyaknya varian atau model laptop yang ditawarkan saat ini, memang sering bikin pusing tujuh keliling. Banyak beberapa forum yang membahas pula, sebenarnya standar apa yang digunakan untuk memilih laptop terbaik.

Tapi satu yang paling mendasar ketika spAcer memilih sebuah laptop atau notebook adalah dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan spAcer. Percuma membeli laptop atau notebook dengan spesifikasi tinggi, tapi sehari-harinya hanya digunakan untuk kebutuhan bekerja di Microsoft Word atau Microsoft Excel saja.

Oleh sebab itu, pertimbangkan sejauh apa kebutuhan spAcer dengan spesifikasi laptop yang akan dibeli. Hal itu penting, karena pada dasarnya laptop atau notebook saat ini telah menawarkan berbagai macam kemudahan bagi penggunanya. Jika spAcer memang berkerja atau memiliki minat di bidang editing video, foto, games, dan sebagainya. Maka pilihlah laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi, misal Prosesornya sudah Core 2 Duo, Core I Series (i7, i5, dan i3), memory/RAM-nya tinggi, dan kapasitas Hardisk-nya juga besar.

Tapi jika aktivitas spAcer hanya untuk input teks seperti yang sudah diterangkan di atas, browsing internet, dan chatting, ada baiknya spAcer memilih laptop/notebook yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi.

Selain itu, faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih laptop/notebook adalah dana yang spAcer miliki. Ini penting, setelah spAcer mengenali kebutuhan, kini pastikan dana yang dimiliki juga cukup. Upayakan untuk selalu menyiapkan dana lebih untuk membeli aksesoris pendukung atau garansi tambahan pada laptop spAcer.

Tergantung merek dan spesifikasi, harga tablet PC kini berkisar Rp 1,5 juta – Rp 8 jutaan. Sedangkan untuk netbook antara Rp 2,5 juta – Rp 6 jutaan, sementara notebook berharga sekitar Rp 3 juta – Rp 30 juta. Perlu diingat pula, perbedaan harga tersebut juga seringkali terletak pada fitur yang dimilikinya. Semakin lengkap dan canggih fitur yang dimilikinya, biasanya harganya pun akan semakin tinggi.

Tapi ada baiknya Anda memilih laptop/notebook dengan merek yang cukup ternama. Seperti Acer misalnya, selain menawarkan berbagai macam fitur dan desain yang mengedepankan nilai estetika yang tinggi. Beberapa modelnya pun pernah memperoleh penghargaan prestisius dan gelar terbaik. Contohnya Ultrabook Aspire S3 yang baru-baru ini mendapat CES Award atas produknya yang dinilai memiliki desain cantik dan inovatif.

Lantas kenapa penting untuk membeli laptop atau notebook dengan merek yang terkenal? Alasannya karena dukungan purna jual serta nilai jual kembali dari laptop merek terkenal itu sangat baik.

Setelah kebutuhan dan harga, faktor penting lain yang patut diperhatikan ketika memilih laptop adalah dengan menyesuaikannya dengan aktivitas spAcer. Perlu diketahui saat ini “ukuran” menjadi penilaian tersendiri terhadap sebuah laptop. Notebook dengan beban yang cukup ringan biasanya banyak dipilih oleh banyak orang saat ini. Pasalnya, bagi sebagian orang yang aktivitasnya selalu dinamis/mobilitasnya tinggi, mereka menginginkan kepraktisan dalam segala hal-nya.

Ukuran dan bobot notebook juga terkadang merepotkan jika bentuknya terlalu besar. Oleh sebab itu, kini muncul Ultrabook dengan desain yang menarik serta ramping dan ringan untuk dibawa. Meski ramping dan ringan, Ultrabook tetap bisa diandalkan dengan fitur-fitur menarik yang diusungnya. . Apalagi saat ini, beberapa laptop yang dikeluarkan Acer (Acer S Series) sudah dengan teknologi Instant On dan Instant Connect. Sehingga cocok digunakan bagi spAcer yang kepraktisan saat ini.

 

Mar 01 2012

on How To

109 Responses to Tips Memilih Notebook Terbaik? Gampang, Sesuaikan Saja Dengan Kebutuhan

  1. dr.acer ada gak notebook acer 3jt wimdow8

    By kiloo Reply
    • Kiloo, kamu bisa pertimbangkan Aspire One 756 dengan windows 8 yang dipasarkan seharga Rp. 3,5 jutaan

      By Dr. Acer Reply
  2. dr.Acer ada gak laptop merk acer windows 8 2-3 jt

    By Kiloo Reply
    • Kiloo, untuk saat ini produk Acer yang sudah bundle OS Windows 8 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 3,399,000, yaitu AO756 dan AO725 :)

      By Dr. Acer Reply
  3. dr acer, kalau acer untuk budget max 4 juta, untuk games ada ga?
    yg speknya sudah baik
    makasii

    By melody Reply
    • Melody, Mungkin kamu bisa pertimbangkan AO756 yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 2.849.000 hingga Rp 3,699,000 tergantung dari pilihan konfigurasi hardware. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products

      By Dr. Acer Reply
  4. dr acer, beda intel dual core sama amd dual core apa si??
    trus lebih bagus mana??
    makasii..

    By melo Reply
    • Melo, Untuk membandingkan 2 buah processor atau lebih, diperlukan tipe spesifik dari processor yang akan dibandingkan. Kamu bisa coba melihat perbandingan processor di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.