Menghubungkan Notebook ke Proyektor, External Monitor atau TV

Saat presentasi di depan guru, dosen atau klien, spAcer tentu butuh menghubungkan notebook ke external display seperti proyektor. Atau saat spAcer ingin menonton di TV video yang ada di notebook, kamu tentu butuh menyeting tampilannya bukan?

Nah, kadang setelah menghubungkan kabel VGA atau HDMI ke external display masih banyak orang yang bingung atau belum mengerti. “Habis ini diapain ya biar gambarnya keluar?” Gak perlu bingung spAcer, berikut akan dijelaskan langkah-langkah untuk menyeting audio dan video agar muncul di layar external, terutama bagi kamu yang memiliki laptop Acer (untuk notebook dengan OS Windows 7):

  • Saat notebook Acer kamu masih dalam keadaan mati, hubungkan kabel VGA atau HDMI ke layar external atau proyektor dan ke notebook-mu. Ingat ya spAcer, jika kabelnya VGA, maka hubungkan ke port VGA, begitu juga dengan kabel HDMI harus dihubungkan ke port HDMI.
  • Setelah kabel terhubung, nyalakan notebook dan nyalakan juga layar external atau proyektor. Windows akan mengenali adanya hardware baru yang terhubung.
  • Akan muncul dialog box ‘New Display Detected’. Pilih proyektor, monitor atau TV, sesuay layar external yang kamu pakai. Kemudian klik OK. (catatan: dialog box ‘New Display Detected’ hanya akan muncul sekali saat sebuah layar external atau proyektor terhubung untuk pertama kalinya. Windows akan menyimpan setting yang kita pilih untuk dipakai lagi nantinya)
  • Tekan dan tahan tombol FN sambil memilih tampilan yang ingin kamu dapatkan, apakah ingin gambar hanya muncul di LCD notebook, hanya muncul di layar external, atau muncul di layar LCD notebook dan layar external sekaligus. Untuk memilih tampilan, tekan tombol F4 atau F6 (pilih tombol yang mempunyai ikon ),

Jangan lupa untuk tetap menekan tombol FN ya spAcer.  Nanti akan muncul kotak yang kira-kira mirip dengan gambar di bawah ini.

Setelah memilih tampilan yang kamu inginkan, lepas tombol FN dan F4/F6.

Gak sulit kan spAcer? Ingat, langkah ini berlaku bagi kamu yang menggunakan notebook dengan OS Windows 7 ya.