Gunakan Notebook Sesuai Kapasitasnya

Satu fakta yang harus kita akui bersama adalah bahwa kehadiran dan perkembangan teknologi saat ini memang cukup memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai aktivitasnya. Tak hanya itu, berkat kecanggihan teknologi pun, proses komunikasi antar satu orang dengan yang lainnya seolah tidak terbatas oleh ruang, waktu, bahkan jarak sekalipun.

Salah satu teknologi yang mungkin dekat dengan manusia saat ini selain handphone adalah kehadiran notebook/laptop. Saking populernya, hampir di setiap tempat seperti kampus, kantor, cafe, bahkan taman sekalipun, banyak orang yang menenteng komputer portabel ini. Kemampuannya untuk dibawa-bawa memang menjadi kelebihan mengapa banyak orang saat ini banyak memilih notebook untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Namun, semakin banyaknya vendor notebook saat ini memang seringkali bikin kita pusing untuk memilih notebook mana yang paling pas untuk kebutuhan kita. Sayangnya, perlu diakui bahwa tidak banyak vendor notebook yang hanya menawarkan harga kompetitif tapi tidak dibarengi dengan kualitas yang mumpuni.

Oleh sebab itu, selain disesuaikan dengan kebutuhan, memilih notebook idaman juga perlu didasari oleh merek/vendor yang terpercaya dan memang telah lama bermain di bidang tersebut. Seperti Acer misalnya, selain telah hafal betul seluk beluk soal teknologi notebook saat ini, beberapa produknya pun sudah diakui lewat beberapa penghargaan tingkat internasional.

Yang paling aktual tentu adalah penghargaan CES Innovations 2012 Design And Engineering Award Honoree yang diberikan kepada Acer Aspire S3 berkat spesifikasi teknis dan bahan-bahan yang digunakan, segi estetika dan kualitas desain, kegunaan/manfaat, serta fitur unik yang dibawa oleh Ultrabook pertama di Indonesia ini.

spAcer juga mungkin mengetahui bagaimana performa yang ditunjukkan oleh notebook atau netbook Acer selalu mengedepankan kualitas. Lihat bagaimana Acer menempatkan prosesor Intel Core generasi ke-2 pada sebagian produk unggulannya seperti Acer Inspire One D270, Acer Aspire S3, Timeline X, TravelMate, dan sebagainya.

Lihat pula bagaimana keunggulan Acer dari segi daya tahan baterai yang memiliki “nafas” lebih panjang dari kebanyakan notebook lainnya meski digunakan untuk menonton video/film beresolusi tinggi. Tak cuma itu, meski saat ini Acer mengedepankan notebook dengan gaya yang slim/tipis dan ringan, tapi PC ke-2 ini tidak pernah mengurangi nilai kegunaannya. Dengan kapasitas hardisk mulai dari 320GB-500GB dan RAM up to 4GB, Acer bisa diandalkan untuk jadi senjata menyelesaikan semua pekerjaan.

Tapi yang kini kerap jadi persoalan ketika kita sudah memiliki sebuah notebook idaman, adalah kemampuan dan kesadaran penggunanya untuk merawat notebook itu sendiri. Jika spAcer adalah salah satu blogger yang mungkin juga sering mengunjungi beberapa blog dan situs, seringkali kita lihat bagaimana pemilik notebook menyalahkan vendor notebook itu sendiri atas kerusakan yang dialaminya.

Padahal, notebook/laptop juga layaknya benda elektronik lain yang perlu dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar awet dan tidak cepat rusak. Misalnya, dengan cara tidak menggunakan notebook di luar kapasitas spesifikasi yang diusungnya. Sering kita lihat bagaimana orang memaksakan melakukan pekerjaan atau memainkan games yang kapasitasnya jauh dengan spesifikasi notebook yang dimilikinya. Akibatnya jelas, notebook menjadi mudah panas dan beberapa komponen lainnya pun menjadi mudah rusak.

Hal lain yang perlu dicermati adalah soal investasi. Idiom prices never lie sepertinya memang berlaku pada sebagian barang elektronik saat ini. Perlu disadari jika spAcer menginginkan notebook dengan performa atau kinerja yang di atas rata-rata, diperlukan pengorbanan termasuk salah satunya adalah dari anggaran yang dikeluarkan untuk membeli notebook itu sendiri. Karena pada dasarnya, sedikit sulit menemukan kualitas yang tinggi dari suatu notebook dengan banderol harga yang cukup murah. Apalagi ketika spAcer mengetahui spesifikasi notebook yang dimiliki, tapi tetap memaksakannya untuk melakukan/menginstal aplikasi-aplikasi yang diluar kapasitasnya.

Oleh sebab itu, keawetan notebook juga bergantung dari bagaimana spAcer memperlakukan notebook itu sendiri. Rawatlah notebook sebaik mungkin agar selalu memiliki daya tahan yang lama. Coba kunjungi beberapa situs yang menyediakan informasi seputar tips-tips merawat notebook agar wawasan spAcer semakin luas soal komputer jinjing tersebut. Selalu konsultasikan dengan Service Center dari vendor yang bersangkutan untuk mendapatkan analisa yang akurat jika spAcer mengalami beberapa kelainan pada notebook.

Related Article

184 Responses to Gunakan Notebook Sesuai Kapasitasnya

 

  1. hendrik purnomo says:

    dok, kenapa acer aspire 4750 ketika menggunakan windows 7 32 ataupun 64 internetnya tidak conect? minta sarannnya, terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hendrik, kamu bisa melakukan instal ulang pada driver LAN wireless unit terlebih dahulu untuk mengatasinya.

  2. erick says:

    dok, apakah acer aspire E1-470G cocok untuk autocad map 2010 ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Erick, mohon maaf kami tidak dapat memastikan hal tersebut. Kamu bisa lihat terlebih dahulu minimum system requirement dari aplikasi yang akan dijalankan, lalu bandingkan dengan spesifikasi Acer Aspire E1-470G.

  3. VanDam says:

    dok,apakah acer aod257 bisa ditambah memori vganya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Vandam, VGA pada laptop tidak bisa diupgrade. AOD257 memiliki 1 buah slot RAM yang maksimal dapat diisi RAM 2GB.

  4. alfan says:

    dok, kenapa laptop acer aod257 saya tidak bisa di install win xp?
    pada saat boot itu tidak bisa, malah langsung jalan sprti biasa tanpa adanya flashdisk bootable. padahal pada pengaturan boot.y sudah benar

    1. Dr. Acer says:

      Dear Alfan, kami sarankan untuk menggunakan media installer (CD) yang berbeda, kemungkinan file installer rusak.

  5. dok kalau acer ao d257 bisa diinstall windows 8 atau tidak?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andra, Acer tidak mensupport driver Windows 8 untuk tipe AOD257.

  6. suharno says:

    Dr.Acer, ini pada aspire s3 saya kok bluetoth gak bisa di pakai kenapa ya? Apa ada cara menginstal ulang bluetoth, gimana caranya??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Suharno, kamu bisa coba melkuakn install ulang driver bluetooth terlebih dahulu. Driver bisa kamu download melalui tautan berikut:
      http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

  7. Nanda says:

    Dok,kalau mau beli laptop v3-451g dilampung dimna?
    Dan saya dengar katanya tipe itu sudah tidak ada barunya lagi ya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nanda, yang saat ini sudah tidak dipasarkan oleh Acer Indonesia adalah tipe Aspire V3-471G, untuk tipe laptop gaming lainnya yang masih dipasarkan kamu bisa pertimbangkan tipe Aspire V5-471G (Intel Core i5) dengan kisaran harga 7.399.000. Area Lampung tersedia Acer Store di Jl. Ikan Bawal No. 39, Bandar Lampung 🙂

  8. khalim says:

    dok, mau tanya. notebook ku aon d270. aku install app fence dan ganti skin nya dari hasil download. smua icon dan tampilannya berubah. yang ingin sy tanyakan, kenapa ya kalau lagi hidupin windows, tulisan restart sering muncul, terus sy restart, muncul lagi, sy restart lg hingga beberapa kali. dan jg kadang fence nya gak bisa di load. dan terkadang muncul garis horisontal di layar sehabis hidupin dr modus sleep? apakah app dan skin yang aku install nya tidak kompatibel? pdhl aku baca requirement nya memenuhi. mohon solusinya. terimakasih… 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Khalim, untuk permasalahan yang ditimbulkan akibat penggunaan software tertentu sebaiknya dikonsultasikan langsung ke pihak pembuat software yang bersangkutan.

      1. khalim says:

        ya mksh dok atas sarannya… 🙂

  9. tama says:

    dok, saya ada 2 pertanyaan.
    pertama, acer 4736 milik saya menggunakan ram jenis ddr2, tapi di situs support.acer tertera spesifikasinya menggunakan ddr3, apakah memang laptop ini bisa menggunakan 2 jenis ram?
    kedua, saya mau ganti harddisknya yang awalnya 320gb menjadi 500gb, apakah support?
    mohon petunjuknya.

    1. Dr. Acer says:

      Tama, AS4736 Support untuk RAM DDR3 1066MHz. dan Harddisk support hingga lebih dari 500GB 🙂

  10. sudy says:

    dok apa akibatnya kalau notebook yang tidak compatible diinstall dengan Windows 8, tapi tetap di install..

    1. Dr. Acer says:

      Sudy, efeknya bisa terjadi pada performa yang tidak optimal, atau OS tersebut tidak bisa digunakan sama sekali 🙂

  11. ABDI SUKMA says:

    saya ingin mengupgrade acer 4736z agar bisa menjalankan autocad 2012 dan windows 8
    pertanyaannnya
    apa saja yang perlu saya upgrade/tambahkan?
    kira-kira berapa estimasi harganya
    terima kasih perhatiannya

    1. Dr. Acer says:

      Abdi, mohon maaf tipe tersebut tidak compatible diinstall dengan Windows 8.

  12. SAYA PUSING DENGAN ACCER ONE 722 SAYA,SERING SEKALI KETIKA DIHIDUPKAN MUNCUL ERROR BOOT MANAGER.PADAHAL BARU 6 BULAN SAYA BELI.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Agung, apakah sudah dipastikan driver sesuai dengan OS yg digunakan? Karena konflik driver/ OS dapat menyebabkan hal tersebut. Jika permasalahan masih berlanjut, disarankan untuk membawa netbookmu ke service center Acer terdekat 🙂

  13. miando says:

    Dok saya mau tanya, boleh gak laptop saya diisi game playstation 2? laptop saya aspire one d257…

    1. Dr. Acer says:

      Miando, kamu bisa lihat terlebih dahulu minimum system requirement dari aplikasi tersebut, lalu membandingkannya dengan spesifikasi hardware laptop kamu 🙂

  14. kamal says:

    dok,mau nanya nih,cara menginstal ulang aspire 4750 sesuai spek awal pembelian bagaimana ya,

    1. Dr. Acer says:

      Kamal, System Recovery bisa dilakukan dengan menekan Fn+F10 ketika muncul logo Acer pada saat booting. System Recovery hanya bisa dilakukan untuk produk dengan pilihan pembelian sudah bundle OS Windows, dan apabila hidden partisi yang ada didalam harddisk belum hilang atau rusak ketika dilakukan perubahan susunan partisi 🙂

  15. Aas says:

    Dok,saya membaca artikel TAMPILAN LAYAR GELAP SAAT MEMULAI WINDOWS,kebetulan nih dok laptop saya sering begitu,,yang saya tanyakan adalah klik file&New Task (run) itu maksudnya apa ??file Yg dmn dok ??Dan new task (run)????

    1. Dr. Acer says:

      Aas, pilihan tersebut ada pada jendela task manager. Coba tekan tombol Ctrl+Shift+Esc untuk menampilkan task manager.

  16. asev says:

    Dok,Saya ingin mengupdate windows,tetapi kenapa eror ??Bagaimana Solusinya,dok ???????

    1. Dr. Acer says:

      Asev, Notifikasi error seperti apa yang muncul?

  17. Aron says:

    dok, kalau pemakaian dalam waktu yang lama, sebaiknya baterai notebook v5 dicabut terus plug in atau baterainya gak usah dicabut tapi plug in?

    1. Dr. Acer says:

      Aron, Acer tidak menyarankan penggunaan laptop tanpa baterai, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen didalam laptop apabila terjadi pemadaman listrik

  18. Findi says:

    Dok..saya mau tanya,laptop sy aspire d257..pas saya pakai baterainya memang dalam keadaan tidak full pas dinyalain,sekitar 62% karena bekas pemakaian sebelumnya..namun setelah tidak sampai 5 menit baterai saya langsung habis dan perlu di charge..kira-kira ad ap y?dan ap yang hrs sy lakukan?tks seblmnya..

    1. Dr. Acer says:

      Findi,daya tahan baterai bervariasi tergantung perawatan baterai itu sendiri, serta kegiatan seperti apa yang sedang dikerjakan. Kamu bisa membaca tips merawat baterai di http://acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/ dan tips mengoptimalkan daya tahan baterai di http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/

    2. Dr. Acer says:

      Findi,daya tahan baterai bervariasi tergantung perawatan baterai itu sendiri, serta kegiatan seperti apa yang sedang dikerjakan. Kamu bisa membaca tips merawat baterai di http://acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/ dan tips mengoptimalkan daya tahan baterai di http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/.

  19. asev says:

    Dok,kalau misalnya saya mengupgrade RAM Dari 2GB ke 4GB,apakah bitnya akan berubah ???

    1. Dr. Acer says:

      Asev, maksud kamu bit dari OS yang digunakan? kalau benar, bit tersebut harus diganti secara manual atau dilakukan penggantian OS sendiri dengan instalasi ulang OS

  20. asev says:

    Dok,kenapa kalau saya memutar musik itu keluarnya speaker kanan,sementara kiri tidak berfungsi,kenapa ya dok ??

    1. Dr. Acer says:

      Asev, pastikan pemutar musik yang kamu jalankan sudah di set agar menghasilkan audio Stereo. atau cek kembali pengaturan pada Control Panel > HD Audio Manager

      1. asev says:

        Setelah Control Panel Terus Kemana ????

        1. Dr. Acer says:

          Asev, kamu bisa cek di Sound atau HD Audio Manager

          1. asev says:

            Tetap Aja Dok

  21. Dok, laptop saya lg bermasalah ni, ada garis vertikal di tengah LCDnya, terus bagian LCD dr tngah ke kanan warnanya pudar dan terlalu terang, yg kiri normal
    kenapa itu dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ari, tampaknya ada permasalahan pada bagian hardware LCD, namun untuk kepastian mengenai penyebab dan solusi yang dapat dilakukan. Silakan membawanya ke service center Acer untuk pengecekan

      1. Kalo garansi LCD laptop itu berapa tahun dok?
        aku punya garansi supercare 2, katanya garansi 3 tahun
        itu mencakup garansi apa aja dok?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Ari, garansi khusus untuk komponen layar LCD adalah 1 tahun. Untuk 3 tahun garansi meliputi pergantian spareparts dan biaya service.

        2. Dr. Acer says:

          Dear Ari, garansi khusus untuk komponen layar LCD adalah 1 tahun. Untuk 3 tahun garansi meliputi pergantian spareparts dan biaya service. 🙂

  22. Fadli says:

    Saya mau mengupdate RAM laptop saya dengan menambah 1 gb menjadi 2 gb. Saya bingung harus mengupdate ke mana, apakah acer service center melayani update RAM??? Kalau boleh tau harganya brp (RAM 1gb)?
    Laptop saya Acer 4736z. Trims

    1. Dr. Acer says:

      Fadli, service center Acer melayani penggantian RAM, Untuk info harga kamu bisa langsung menghubungi beberapa Acer service center yang ada di artikel berikut: http://www.acerid.com/2010/07/faq-jaringan-pusat-layanan/

    2. Dr. Acer says:

      Fadli, service center Acer melayani penggantian RAM, Untuk info harga kamu bisa langsung menghubungi beberapa Acer service center yang ada di artikel berikut: http://www.acerid.com/2010/07/faq-jaringan-pusat-layanan/ .

  23. olay says:

    dok. cara mendownload yahoo messegger bagaimana ya dok???

    1. Dr. Acer says:

      Olay, kamu bisa kunjungi langsung situs resmi aplikasi tersebut. Umumnya disediakan link untuk mendownloadnya

  24. KHOTIJAH says:

    DOK SAYA BARU BELI ACER a0722 dengan os windows7. UNTUK MENGGUNAKAN DAN MENGECEK BLUETOOTH NYA BAGAIMANA YA?KOK BATRAINYA CEPAT HABIS YA…MEMANG KONDISI PEMAKAIAN BERAPA LAMA BATRAI ITU DIKATAKAN BAGUS?TULUNG DIBANTU YA DOK BARU PAKAI PRODUK ACER NIH JADI KURANG PAHAM

    1. Dr. Acer says:

      Khotijah, AO722 tidak dilengkapi bluetooth internal. Tapi kamu bisa menggunakan bluetooth eksternal yang dapat kamu beli ditoko komputer terdekat. Untuk cepat habisnya baterai, tergantung dari penggunaan dan program yangg berjalan. Kamu bisa maksimalkan ketahanan baterai dengan membaca artikel berikut untuk panduannya: http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/

    2. Dr. Acer says:

      Khotijah, AO722 tidak dilengkapi bluetooth internal. Tapi kamu bisa menggunakan bluetooth eksternal yang dapat kamu beli ditoko komputer terdekat. Untuk cepat habisnya baterai, tergantung dari penggunaan dan program yangg berjalan. Kamu bisa maksimalkan ketahanan baterai dengan membaca artikel berikut untuk panduannya: http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/ .

    3. olay says:

      dok.cara mendownload permainan counter-strike kok susah ya dok ,,, caranya bagaimana dok……???

      1. Dr. Acer says:

        Olay, kamu bisa coba mengunjungi situs resmi vendor aplikasi tersebut, atau kamu bisa mengunjungi toko-toko terdekat yang menjual software original.

    4. olay says:

      dok.cara kenapa kalo di kampung gak ada sinyal sedangkan di jakarta ada ya ,,,,,,dok???

      1. Dr. Acer says:

        Olay, hal tersebut bisa terjadi karena provider yang kamu gunakan belum mencakup wilayah tersebut. Atau sinyal dari provider kamu terhalang oleh sesuatu

    5. olay says:

      dok.knp ya kalau saya main di permainan facebook nama nya pool live toor selalu mati modem nya dan macet ya dok,,,,,???

      1. Dr. Acer says:

        Olay, hal tersebut bisa saja terjadi karena game yang kamu jalankan membutuhkan bandwith cukup besar, dan kecepatan internet dari provider yang kamu gunakan tidak mencukupi.

  25. Ikhsan says:

    Dr.Acer.. notebook saya Acer aspire 4352-B812 , bisakah buat maenin PES 2012???
    Terimakasih ..

    1. Dr. Acer says:

      Ikhsan, kamu bisa sesuaikan system requirements dari game tersebut dangan spesifikasi yang dimiliki Aspire 4352.

    2. Dr. Acer says:

      Ikhsan, kamu bisa sesuaikan system requirements dari game tersebut dangan spesifikasi yang dimiliki Aspire 4352. 🙂

  26. asev says:

    Dok,biasanya klik kiri(di touchpad)di wakilkan dengan mengklik Touchpad(bukan Tombol Kanan-Kiri)tetapi kenapa sekarang tidak bisa Langsung klik touchpad untuk mewakili tombol kiri ya dok ?

    1. Dr. Acer says:

      Asev, coba perhatikan kembali setting touchpad pada Control Panel > Mouse > Touchpad. perhatikan pilihan “Tap To Click”

      1. asev says:

        Dimananya Dok,??Kok Nggak Ada ?Sy Cari Synaptics Juga Tidak Ada..

        1. Dr. Acer says:

          Asev, coba pastikan kamu sudah menginstall driver yang sesuai. Driver bisa didownload melalui: http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

      2. asev says:

        Dok,sy download game,setelah itu,sya install,setelah saya buka kenapa tidak fullscreen,kanan-kiri layar kenapa berwarna hitam ??Kartu Grafis saya intel hd graphics,,terus cara setting joystick bagaimana ???Notebook saya Acer AS4739(win7)

        1. Dr. Acer says:

          Asev, untuk masalah pada game seperti itu coba ditanyakan langsung ke pihak pembuat game yang bersangkutan.

      3. asev says:

        Dok,sy download game,setelah itu,sya install,setelah saya buka kenapa tidak fullscreen,kanan-kiri layar kenapa berwarna hitam ??Kartu Grafis saya intel hd graphics,,terus cara setting joystick bagaimana ???Notebook saya Acer AS4739(win7 Ultimate)

        1. Dr. Acer says:

          Asev, pastikan setting resolusi dari game tersebut sudah di sesuaikan dengan setting resolusi pada desktop kamu. Setting untuk joystick bisa di temukan pada game tersebut

  27. nur haryono says:

    dok mending acer 4738 ato 4352?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nur, performa processor pada 4352 sedikit lebih unggul, namun pada dasarnya secara spesifikasi tidak berbeda jauh performanya. Perbedaan utama adalah tersedianya warna pada 4352 yang lebih beragam

  28. ahasto says:

    mau nanya gan… saya punya acer 4752 …saya instal win7 ultimate instal slesai trus ga bisa dibuka …cuma ga loader…restart melulu….plaese

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ahasto, apakah kamu menggunakan OS original?

  29. sonny says:

    mohon pencerahannya dok..alamat acer service center resmi di kota medan alamatnya dimana? Thank dok..

    1. Dr. Acer says:

      Sonny, alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support

  30. moh.rizal says:

    om mau naya gima sih nginstal acer 4752G windows 7 bawaan leptok,,
    truz kliknya f8 atau, f? apa.?

    1. Dr. Acer says:

      Rizal, System Recovery bisa dilakukan dengan menekan ALT+F10 ketika muncul logo Acer pada saat booting. Jangan lupa untuk melakukan backup data penting terlebih dahulu 🙂

  31. dhino says:

    sy pny laptop acer 4752z….nah bs tdk klo sy gnti dgn i5 core procesor

    1. Dr. Acer says:

      Dhino, Processor pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti

  32. Dok,Sy ingin membuka windows update,kenapa lama ya dok,setelah dibuka ada gambar (X) Bukan (!),saya membuka artikel di acerid tentang “Update Windows Mu Sekarang”,kenapa susah ya dok ?

    1. Maksud Saya Susah Ngeupdate Windows,,,

    2. Dr. Acer says:

      Agus, coba cek kembali pengaturan Windows Update pada Control Panel, pastikan koneksi internet kamu lancar dan tidak bermasalah

  33. sonny says:

    dok, sy pakai as4752g, 2 Gb ddr3 (standard). Yg mau sy tanykan ram laptop sy bs diupgrade sampai brp gb? Merk ddr3 yg ccok bwt laptop sy dan brp harga? Apabila sy upgrade ram ditempat yg tidk resmi dr acer apa itu mnyebabkan garansi 3 thn sy hangus (tidak berlaku lagi)?. Thnk dok?

    1. Dr. Acer says:

      Sonny, AS4752G bisa menggunakan RAM hingga 8GB DDR3 1066MHz dengan menggunakan kedua slot RAM yang disediakan. Untuk merk RAM, bisa di sesuaikan dengan preferensi kamu. Info harga sparepart bisa kamu tanyakan langsung dengan menghubungi Acer Call Center di 500-155. Jika upgrade RAM bukan dilakukan di Acer Service Center, maka garansi untuk RAM tidak berlaku, tetapi garansi untuk unit tetap berlaku. Kecuali jika terjadi kerusakan yang di akibatkan karena upgrade yang bukan dilakukan di Acer Service Center, maka garansi untuk unit tidak berlaku

  34. asev says:

    Dok,Gunanya DATA (D:) Apa ?

    1. Dr. Acer says:

      Asev, umumnya volume D: digunakan sebagai penyimpanan data seperti dokumen, musik, video, atau data lainnya yang tidak tergabung sebagai sistem

      1. asev says:

        dok,sya download internet explorer 9,setelah saya download,saya install,terus loading,karena lama saya tutup,terus saya ulangi lagi install,kenapa gk bisa ya dok ?

        1. Dr. Acer says:

          Asev, kamu bisa coba menyampaikan pertanyaanmu langsung ke Microsoft melalui http://answers.microsoft.com/en-us

  35. yoto says:

    Minta sarannya untuk notebook acer yang kisaran 4-5 jutaan dong.. Makasih 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yoto, mungkin kamu bisa mempertimbangkan AS4752 yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 4,599,000 hingga Rp 5,549,000 tergantung dari pilihan konfigurasi hardware, harga tidak mengikat. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products dan Reviewnya bisa dibaca di http://www.acerid.com/2012/01/aspire-4752g-fresh-colors-for-your-creativity/

  36. asev says:

    dr acer,cara install bluetooth eksternal di notebook bagaimana ????

    1. Dr. Acer says:

      Dear Asev, umumnya didalam pembelian hardware bluetooth eksternal, disertakan CD Driver. Kamu cukup jalankan driver yang tersimpan didalam CD tersebut

  37. firman says:

    bisakah laptop acer 4738z ddr3 1 gb saya diupgred dan ddr3 tipe berapa yg cocok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Firman, AS4738Z bisa menggunakan RAM hingga 8GB DDR3 dengan menggunakan kedua slot RAM yang disediakan. AS4738Z menggunakan RAM DDR3 1066MHz/PC3-8500

  38. widodo says:

    Dr Acer Saya berencana Membeli laptop yg mempunyai kapasitas untuk Render dan animasi ( Cinema 4D,pshop,illustrator) produk Acer apa yang bisa mendukung? dan berapa harganya??? Terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Widodo, kamu bisa pertimbangkan Aspire TimelineU yang dipasarkan seharga Rp. 8.999.000. Berikut ini spesifikasi Aspire TimelineU:
      – Intel®Core™ i5-2467M processor (1.60 GHz with Turbo Boost up to 2.30 GHz)
      – Genuine Windows 7 Home Premium
      – 15.6″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
      -4GB DDR3/ 500GB HDD
      – 1GB NVIDIA®GeForce®GT 640M
      – DVD-Super Multi double-layer
      – Webcam, Wifi, 2-in-1 card reader

  39. rifqi says:

    permisi, saya mohon petunjuknya..
    Kira2 produk acer yg masih support windows xp apa ya??..

    1. Dr. Acer says:

      Rifqi, untuk saat ini produk-produk yang dipasarkan Acer Indonesia sudah tidak mensupport windows XP secara optimal, karena memang OS windows XP merupakan OS lama yang tidak mensupport optimal hardware-hardware terbaru.

  40. ben says:

    dr. acer saya mau tanya. saya pemakai laptop acer aspire 4738 os windows 7 ultimate. kenapa laptop saya pada device manager wireless adapter tidak ada? sudah saya install ulang tetap tidak ada, terus saya install driver atheros wireless adapter tetapi mumcul peringatan “wlan adapter is ejected or not insert, insert now or reinsert. padahal sebelumnya normal2 aj, jd sekarang tidak bisa pake wifi.
    mohon pencerahannya… terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ben, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  41. adika says:

    saya punya aspire 4752 core i5 .,tapi blutooth tidak bisa digunakan hanya wifi.,.padahal semua driver sudah terinstal,,balas via email bos

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adika, perangkat bluetooth hanya tersedia pada 4752 yang bundling dengan OS Windows, hal ini ditandai dengan adanya sticker OS Windows pada sisi bawah keyboard dan sticker COA pada bawah laptop. Untuk mengaktifkan bluetooth cukup menekan FN+F3

  42. asev says:

    Dpk Kalau VGA Notebook Acer AS739-38 apa ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Asev, maksud kamu AS4739? kalau benar, AS4739 menggunakan VGA Intel HD Graphics dengan 128MB Dedicated system memory

  43. Dok saya mau nanya, fungsi dari VGA yg Shared Memory itu apa? dan apa perbedaannya dengan dedicate memory, dari segi kemampuan?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ari, perbedaannya terletak dari segi teknologi, VGA shared memory harus mengambil dari memori utama sedangkan dedicate memory mempunyai memori bawaan sendiri. Secara performa VGA dengan dedicate memory lebih unggul

  44. asev says:

    Dok,Saya Mencopy Game Dari Teman Saya Melalui Flashdisk,Setelah Dicopy,Saya Masukkan Flashdisk Ke notebook,Tetapi Pas Saya Buka Flashdisk Di Notebook,Kok gak Ada ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Asev, hal tersebut bisa disebabkan kondisi Flashdisk yang sudah tidak baik atau pengiriman file yang gagal. Disarankan untuk mengulangi kembali prosesnya

      1. asev says:

        Dr.Setiap kali saya shutdown notebook saya,kenapa ada tulisan task host windows ?,padahal semua program sudah di matikan dan bagaimana solusinya ?

        1. Dr. Acer says:

          Asev, Hal tersebut terjadi karena ada proses yang sulit dimatikan oleh windows. Untuk memastikan tidak ada masalah yang terjadi, coba jalankan program antivirus dan registry cleaner.

  45. putra says:

    doc,,sya mo tnya,,kalo acer 4752G yg udh core i5 tu bwt ngegame yg grapichnya tinggi kuat g??lalu 4752G yg core i5 tu kluaran kpn??trus hrganya brpa??trimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Putra, 4752G sudah sangat cocok untuk gaming. 4752G termasuk produk Acer keluaran terbaru yang dipasarkan dengan harga Rp 5,099,000 (Linux) dan Rp. 5,749,000 (Windows7)

    2. Dr. Acer says:

      Putra, Acer Indonesia tidak memasarkan Aspire 4752G dengan prosesor Intel Core i5

  46. moses says:

    bang dokter..laptop saya acer 4738z, 1 GB memory, di keterangan produk, laptop ini ada bluetooth, namun setelah saya beli dan gunakan ternyata tidak ada. tombol f3+fn hanya untuk wifi. apakah memang ada seri 4738z yang tidak ber-bluetooth?,.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Moses, bluetooth hanya tersedia pada 4738z yang bundling dengan OS Windows, hal ini ditandai dengan adanya sticker OS Windows pada sisi bawah keyboard dan sticker COA pada sisi bawah laptop,

  47. asev says:

    Dok,Kalau Gunanya Turbo Boost Apa ?

    1. Dr. Acer says:

      asev, fungsi Turbo Boost adalah bisa membuat kinerja komputer lebih lancar.

  48. Dok saya mau tanya nich,
    kenapa Driver VGA pada netbook saya tidak kompatibel ya, setelah saya instal dengan Windows7 ultimate sp1.
    oh ya tipe netbook saya AO D257.
    Trims.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Muhammad, pastikan driver yang kamu install sudah sesuai dengan vendor hardware dan OS yang digunakan di laptop kamu

  49. Loren says:

    dokter acer, mau nanya nih,.saya baca artikel dr.acer tentang spesifikasi laptop acer aspire 4738z, di situ tertulis laptop ini ada bluetoothnya, tapi setelah saya cek kok nggak ada ya, ,.padahal udah terlanjur beli,.

    thanks.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Loren, Fitur Bluetooth hanya terdapat pada AS4738Z dengan pilihan pembelian sudah bundle dengan OS Windows 7

  50. asev says:

    Dok,Kalau Neginstall Ulang Microsoft Outlook Bagaimana ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Asev, kamu bisa menginstall ulang aplikasi Microsoft Office kembali di laptop kamu

      1. asev says:

        Saya Menghapus Defaul Manager Di Firefox Tepatnya Di Add-Ons -> Extensions,,Apakah Ada Perubahan Atau Tidak Di Firefox/Laptop Saya ?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Asev, tidak karena sesuai namanya aplikasi tersebut merupakan add ons (tambahan)

  51. Abd. Aziz says:

    Saya mw tanya….Cara menghidupkan bluetoohth pada Acer Aspire 4752Z it gmana..??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aziz, kamu perlu meliat terlebih dahulu, apakah laptop kamu dilengkapi dengan fitur bluetooth atau tidak. Bisa menggunakan aplikasi hardware vendor detection yang bisa di download di http://global-download.acer.com/FilesDownload%5CHWID%5CHWVendorDetection.exe . Jika ada, dan driver sudah terinstall dengan benar, bluetooth bisa di aktifkan dengan menekan Fn+F3

  52. aulia says:

    saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan, laptop saya acer aspire 4738 vga intel graphics, saya ingin bertanya resolusi paling tinggi untuk laptop saya apa yah? soalnya saya sudah memakai resolusi 1366×768 tapi selalu keluar notofikasi bahwa ini bukan resolusi tertinggi. itu kenapa yah? satu lg saya tiddak bisa menggunakan joystick padahal sudah ada di device. mohon bantuanya trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aulia, spesifikasi LCD 4738 adalah 14″ HD 1366 x 768 pixel resolution. Untuk resolusi eksternal: VGA port up to 2560 x 1600 (60 Hz) dan HDMI™ port up to 1920 x 1080 (60 Hz)
      Mengenai fungsionalitas joystick mohon mengacu pada manual book peripheral tersebut. Mungkin ada problem inkompabilitas untuk game-game tertentu.

  53. asev says:

    Dok,,,Saya Mau Ganti Bahasa,,Dari Bahasa Inggris Ke Indonesia….Terus Kalau Sudah Dipindahkan Ke Bahasa Indonesia Bisa KemBali Lagi Ke Bahasa Inggris Tidak??..Kalau Windows 7 Ultimate Berapa Bit ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Asev, bisa saja jika ingin mengembalikannya lagi menjadi bahasa Indonesia. OS Windows 7 Ultimate tersedia dalam 2 versi, 32bit dan 64bit 🙂

      1. asev says:

        kalau Perbedaannya 32 dengan 64 bit apa ?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Asev, perbedaan paling mendasar adalah kemampuannya untuk mengelola RAM, info lengkapnya dapat kamu baca pada artikel berikut http://windows.microsoft.com/en-us/windows7/32-bit-and-64-bit-windows-frequently-asked-questions

          1. asev says:

            Dok Maaf Kalau Saya Nanya Terus,,,Katanya AS4739 Itu 64bit Tetapi Pas saya Download Bahasa Di Microsoft Kok Bisanya 32bit ?

          2. Dr. Acer says:

            Dear Asev, hal tersebut menandakan aplikasi tersebut hanya bisa dijalankan pada OS Windows 32 bit

  54. dear sanny says:

    dok saya mau nanya kisaran harga adaptor acer type N17908 berapa ya??
    adaptor saya hilang,,,

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sanny, untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Call Center di 500-155

  55. abdullah says:

    dok,saya ingin menggunakan acer crystal eye webcam,tetapi aplikasi itu gk bisa,kenapa ya dok ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Abdullah, coba install ulang aplikasi tersebut dengan mengunduhnya terlebih dahulu via tautan berikut http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/support

      1. abdullah says:

        Dimananya dok,?????????Camera Cyberlink Bukan ?atau yang lain ?

        1. Dr. Acer says:

          Pada bagian application yakni cyberlink

  56. yusuf upi says:

    dok saya beli notebook acer 4352 kemaren, di buku panduan katanya harus registrasi ke acer.com itu buat pa ya dok ?? terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yusuf, Registrasi berfungsi Agar pelanggan mendapatkan hak jaminan garansi atas produk Acer yang telah dimiliki serta data pelanggan terdaftar di database Acer.

  57. mavie says:

    dok, tolong kasih info dong.. acer yg mnggunakan prosesor intel b960 tipe apa aja ya? skalian harga masing2nya ya..

    tq dok..

    o ya dok, skalian bulan dan tahun launching produknya kalau bisa ya..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mavie, kamu dapat mempertimbangkan Aspire 4752z (Intel® Pentium® processor B960 (2.20 Ghz), 2GB DDR3,Intel HD Graphic,500GB) harga 3,999,000 (Linux) dan 4,649,000 (Windows 7)

  58. reza says:

    Dok… dengan budget 7jt kebawah,laptop game dgn resolusi tinggi dan design dari acer yg bagus apa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Reza, untuk kisaran budget dibawah Rp 7jt, mungkin bisa pertimbangkan AS4755G yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 6.899.000,-(Linux) dan Rp 7,649,000 ,-(Windows 7), Harga tidak mengikat. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products dan Reviewnya bisa dibaca di http://www.acerid.com/2011/08/aspire-4755g-stylishly-set-for-ultimate-performance/ 🙂

  59. Joohn says:

    Saya mau tanya ni om,
    harga acer aspire 4752 i5 (non vga) brpa?
    Dan bagaimana untuk main game yg berat,spt poin blank,gta v, dll?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Joohn, berikut harga dan spesifikasi Aspire 4752 ((Intel® Core™ i3-2350M , 2GB DDR3, 500GB HDD, Intel HD 3000 Graphic): Rp. 4,899,000 (Linux) dan Rp 5,549,000 (Windows7). Untuk bermain game pastikan saja spesifikasi minimum yang dipersyaratkan game terpenuhi oleh spesifikasi diatas 🙂

  60. indra rahmat says:

    Dr.. anti virus yang di rekomendasikan oleh acer apa???

    1. Dr. Acer says:

      Dear Indra, referensi mengenai antivirus bisa kamu dapatkan di http://acerid.com/2011/02/melindungi-pc-dari-serangan-virus/

  61. kangmisro says:

    Dr. Acer
    Ane mo minta rekomendasi Dr.
    notebook standart yang bagus dan baik untuk maen internet atau office, yang gag cepet panas? karena biasanya kalo dipakai lama itu sering ngehang notebooknya. Ingat Dok yang Notebook bukan Netbook?
    dengan budget 3-4jtan?
    Thank’s

    1. Dr. Acer says:

      Dear Kangmisro, Untuk kisaran budget sekitar Rp 3-4jt, mungkin kamu bisa mempertimbangkan AS4349 yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 3,499,000(Linux) dan Rp 4,249,000(Windows 7). Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products 🙂

  62. iel.zoel says:

    dok. haraga acer s3 core i 3 ato core i 5 brpa trmksh

    1. Dr. Acer says:

      Dear iel, berikut harga dan spesifikasi S3:
      Aspire S3: Intel® Core™ i3-2367M processor ,4GB DDR3,320GB HDD,Intel® HD Graphics 3000,HDMI Port, USB 2.0 port x 2, BT 4.0, Rp 7,399,000
      Aspire S3: Intel® Core™ i5-2467M processor ,4GB DDR3,320GB HDD,Intel® HD Graphics 3000,HDMI Port, USB 2.0 port x 2, BT 4.0, Rp 8,099,000
      Aspire S3: i7-2637M processor ,4GB DDR3, 500GB HDD,Intel® HD Graphics 3000,HDMI Port, USB 2.0 port x 2, BT 4.0, Rp 9.990,000

  63. lucky_nukkie says:

    Doc,

    Tolong recomendasikan ke ane, acer yang battre nya tahan lama, buat ngejalanin aplikasi standar office and internet aja. harga juga yg ekonomis aja.

    Thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Lucky, mungkin kamu dapat mempertimbangkan netbook AOD270: Intel® Atom™ processor N2600 (1.6 GHz) , 2GB DDR3 , 320gb, Intel GMA 3600 , HMDI Port , Two built-in Stereo Speakers, 6 Cell Battery (8 hours battery lifetime) . Harga 2,599,000 (Linux) dan 2,949,000 (Windows7).

  64. Faritz says:

    Q mau tanya produk acer yang bisa buat grafis (corel, autocad, photoshop) apa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Faritz, kamu bisa melihat terlebih dahulu minimum system requirmeent dari aplikasi tersebut, kemudian membandingkannya dengan spesifikasi hardware laptop yang kamu inginkan.

  65. ali says:

    saya lagi nie om…….
    puny saya acer 4749z….
    pada bagian bawah laptop terdapat stiker yang mandakan laptop saya memiliki bluetooth……
    tapi knapa enggak bisa ya.!!
    bahkan sudah saya cari2 saya g’ nemuin driver atau apa pun yang berhubungan dengan blutooth dalam laptop saya…./
    oh ya saya sudah mengaktifkan blutootht melalui fn+f3…………
    mohon bantuannya ya…………..
    tq b4………..!!

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ali, kamu bisa coba cek menggunakan aplikasi hardware vendor detection yang bisa di download di http://global-download.acer.com/FilesDownload%5CHWID%5CHWVendorDetection.exe untuk melihat apakah ada fitur bluetooth pada laptop kamu

  66. Dear Dr. Acer
    Tolong kasi rekomendasi type apa yang cocok buat kerja dan main game online, point blank misalnya dengan budget 6-7 jt.
    Thanks Dokter.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Halim, untuk kegiatan seperti gaming, Acer merekomendasikan AS4755G yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 6.899.000,-(Linux) dan Rp 7,649,000 ,-(Windows 7), Harga tidak mengikat. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products dan Reviewnya bisa dibaca di http://www.acerid.com/2011/08/aspire-4755g-stylishly-set-for-ultimate-performance/ 🙂

  67. febri says:

    Dear Dr.Acer, saya mau tny ni, saya pny netbook acer aspire one d255e, yg saya mo tny.in, driver buat cameranya tu yang mana y?? ko di websitenya ada 3?? trus software buat jalanin fotonya apa?? misal kaya acer crystal eye webcam.a, ko di web.a g ada?? apa emg kalo buat netbook itu g ada??

    1. Dr. Acer says:

      Hai Febri, untuk mengetahui driver dari vendor mana yang harus kamu gunakan coba download dan jalankan program HWVendor Detection berikut ini: http://global-download.acer.com/FilesDownload%5CHWID%5CHWVendorDetection.exe . Driver tersebut sudah menyertakan aplikasi webcam yang kamu butuhkan 🙂

  68. edwin says:

    misi Dr.Acer mau tanya..laptop saya aspire 4740 i3 2.13Ghz 1GB memory. bagaimana cara mengaktifkan fitur bluetoothnya ya? udah saya coba tekan Fn+F3 atau tombol bluetooth yg ada disisi kakan tetap tidak berfungsi. apa mungkin softwarenya yg blm terinstall atau memang laptop seri ini tanpa fitur bluetooth ya? mohon pencerahannya..thx!

    1. Dr. Acer says:

      Dear Edwin, apakah driver Bluetooth ada aplikasi Launch Manager sudah terinstall? Seri 4740 dilengkapi bluetooth, info ini bisa kamu lihat dari stiker yang ada di bawah laptop tersebut.

  69. saya pernah mencoba uninstall AVG tapi kenapa tidak bisa d’remove y??? makasiii

    1. Dr. Acer says:

      Dear Titin, coba uninstall program tersebut melalui Safe-mode. Tekan F8 ketika booting untuk memunculkan menu safe-mode

  70. Danu says:

    Dr. Acer, saya punya kendala pada notebook saya aspire 4740G. Untuk speknya memang sudah layak untuk game resolusi tinggi. Tp daya tahan mesin kurang memuaskan yaitu cepat panas dan selalu overheat hingga auto shutdown. Padahal sudah saya kasih coolong pad, tp utk menjalankan game hanya mampu bertahan kurang dr 30 menit. Itu gimana ya solusinya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Danu, kegiatan seperti gaming memang cenderung menghasilkan panas lebih tinggi jika dibandingkan dengan kegiatan standar. Kamu bisa coba mengunjungi Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer melakukan maintenance seperti pembersihan jalur sirkulasi udara pada laptop kamu.

  71. mea says:

    laptop 4738z tiap dinyalain kok layarnya kosong bunyi terus , dimasukan cd baru bisa keluar menu tapi kalo dimatikan ntar layarnya kosong lagi
    mohon bantuan bagaimana cara mmengatasinya…….

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mea, sebaiknya kamu membawa notebooknya ke service center Acer agar teknisi kami bisa membantu untuk melakukan pengecekan. Info lokasi service center Acer terdekat bisa kamu temukan di sini: http://bit.ly/aceracsc
      Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

  72. Ade Gunawan says:

    Dear Dr.Acer, saya ingin menanyakan spek. lengkap Acer Aspire Timeline Ultra M3-581TG.
    Apakah sudah dipasarkan?
    Kira2 kisaran harga nya berapa?
    Untuk daerah Bogor/Depok apa sudah ada re-seller atau service center resmi nya?
    Trims,
    Ade

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ade, seri tersebut saat ini tidak dipasarkan di Indonesia, untuk info produk yang dipasarkan Acer Indonesia dapat kamu cek via http://www.acer.co.id dan http://www.acerid.com

  73. abdullah says:

    Dok Saya Mau Nanya,Tadi Saya Install Angry Birds Di Ziddu.com Habis Itu Aplikasinya Susah Di Remove Di Winrar,Karena Tidak Bisa Dimainkan,Bagaimana Cara Mengatasinya ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Abdullah, Mohon maaf, kami kurang menangkap maksud pertanyaanmu. Bisa lebih dijelaskan kembali problem yang kamu alami?

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved