Gunakan Notebook Sesuai Kapasitasnya

Satu fakta yang harus kita akui bersama adalah bahwa kehadiran dan perkembangan teknologi saat ini memang cukup memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai aktivitasnya. Tak hanya itu, berkat kecanggihan teknologi pun, proses komunikasi antar satu orang dengan yang lainnya seolah tidak terbatas oleh ruang, waktu, bahkan jarak sekalipun.

Salah satu teknologi yang mungkin dekat dengan manusia saat ini selain handphone adalah kehadiran notebook/laptop. Saking populernya, hampir di setiap tempat seperti kampus, kantor, cafe, bahkan taman sekalipun, banyak orang yang menenteng komputer portabel ini. Kemampuannya untuk dibawa-bawa memang menjadi kelebihan mengapa banyak orang saat ini banyak memilih notebook untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Namun, semakin banyaknya vendor notebook saat ini memang seringkali bikin kita pusing untuk memilih notebook mana yang paling pas untuk kebutuhan kita. Sayangnya, perlu diakui bahwa tidak banyak vendor notebook yang hanya menawarkan harga kompetitif tapi tidak dibarengi dengan kualitas yang mumpuni.

Oleh sebab itu, selain disesuaikan dengan kebutuhan, memilih notebook idaman juga perlu didasari oleh merek/vendor yang terpercaya dan memang telah lama bermain di bidang tersebut. Seperti Acer misalnya, selain telah hafal betul seluk beluk soal teknologi notebook saat ini, beberapa produknya pun sudah diakui lewat beberapa penghargaan tingkat internasional.

Yang paling aktual tentu adalah penghargaan CES Innovations 2012 Design And Engineering Award Honoree yang diberikan kepada Acer Aspire S3 berkat spesifikasi teknis dan bahan-bahan yang digunakan, segi estetika dan kualitas desain, kegunaan/manfaat, serta fitur unik yang dibawa oleh Ultrabook pertama di Indonesia ini.

spAcer juga mungkin mengetahui bagaimana performa yang ditunjukkan oleh notebook atau netbook Acer selalu mengedepankan kualitas. Lihat bagaimana Acer menempatkan prosesor Intel Core generasi ke-2 pada sebagian produk unggulannya seperti Acer Inspire One D270, Acer Aspire S3, Timeline X, TravelMate, dan sebagainya.

Lihat pula bagaimana keunggulan Acer dari segi daya tahan baterai yang memiliki “nafas” lebih panjang dari kebanyakan notebook lainnya meski digunakan untuk menonton video/film beresolusi tinggi. Tak cuma itu, meski saat ini Acer mengedepankan notebook dengan gaya yang slim/tipis dan ringan, tapi PC ke-2 ini tidak pernah mengurangi nilai kegunaannya. Dengan kapasitas hardisk mulai dari 320GB-500GB dan RAM up to 4GB, Acer bisa diandalkan untuk jadi senjata menyelesaikan semua pekerjaan.

Tapi yang kini kerap jadi persoalan ketika kita sudah memiliki sebuah notebook idaman, adalah kemampuan dan kesadaran penggunanya untuk merawat notebook itu sendiri. Jika spAcer adalah salah satu blogger yang mungkin juga sering mengunjungi beberapa blog dan situs, seringkali kita lihat bagaimana pemilik notebook menyalahkan vendor notebook itu sendiri atas kerusakan yang dialaminya.

Padahal, notebook/laptop juga layaknya benda elektronik lain yang perlu dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar awet dan tidak cepat rusak. Misalnya, dengan cara tidak menggunakan notebook di luar kapasitas spesifikasi yang diusungnya. Sering kita lihat bagaimana orang memaksakan melakukan pekerjaan atau memainkan games yang kapasitasnya jauh dengan spesifikasi notebook yang dimilikinya. Akibatnya jelas, notebook menjadi mudah panas dan beberapa komponen lainnya pun menjadi mudah rusak.

Hal lain yang perlu dicermati adalah soal investasi. Idiom prices never lie sepertinya memang berlaku pada sebagian barang elektronik saat ini. Perlu disadari jika spAcer menginginkan notebook dengan performa atau kinerja yang di atas rata-rata, diperlukan pengorbanan termasuk salah satunya adalah dari anggaran yang dikeluarkan untuk membeli notebook itu sendiri. Karena pada dasarnya, sedikit sulit menemukan kualitas yang tinggi dari suatu notebook dengan banderol harga yang cukup murah. Apalagi ketika spAcer mengetahui spesifikasi notebook yang dimiliki, tapi tetap memaksakannya untuk melakukan/menginstal aplikasi-aplikasi yang diluar kapasitasnya.

Oleh sebab itu, keawetan notebook juga bergantung dari bagaimana spAcer memperlakukan notebook itu sendiri. Rawatlah notebook sebaik mungkin agar selalu memiliki daya tahan yang lama. Coba kunjungi beberapa situs yang menyediakan informasi seputar tips-tips merawat notebook agar wawasan spAcer semakin luas soal komputer jinjing tersebut. Selalu konsultasikan dengan Service Center dari vendor yang bersangkutan untuk mendapatkan analisa yang akurat jika spAcer mengalami beberapa kelainan pada notebook.

Related Article

176 Responses to Gunakan Notebook Sesuai Kapasitasnya

 

  1. dok kalau acer ao d257 bisa diinstall windows 8 atau tidak?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andra, Acer tidak mensupport driver Windows 8 untuk tipe AOD257.

  2. suharno says:

    Dr.Acer, ini pada aspire s3 saya kok bluetoth gak bisa di pakai kenapa ya? Apa ada cara menginstal ulang bluetoth, gimana caranya??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Suharno, kamu bisa coba melkuakn install ulang driver bluetooth terlebih dahulu. Driver bisa kamu download melalui tautan berikut:
      http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

  3. Nanda says:

    Dok,kalau mau beli laptop v3-451g dilampung dimna?
    Dan saya dengar katanya tipe itu sudah tidak ada barunya lagi ya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nanda, yang saat ini sudah tidak dipasarkan oleh Acer Indonesia adalah tipe Aspire V3-471G, untuk tipe laptop gaming lainnya yang masih dipasarkan kamu bisa pertimbangkan tipe Aspire V5-471G (Intel Core i5) dengan kisaran harga 7.399.000. Area Lampung tersedia Acer Store di Jl. Ikan Bawal No. 39, Bandar Lampung :)

  4. khalim says:

    dok, mau tanya. notebook ku aon d270. aku install app fence dan ganti skin nya dari hasil download. smua icon dan tampilannya berubah. yang ingin sy tanyakan, kenapa ya kalau lagi hidupin windows, tulisan restart sering muncul, terus sy restart, muncul lagi, sy restart lg hingga beberapa kali. dan jg kadang fence nya gak bisa di load. dan terkadang muncul garis horisontal di layar sehabis hidupin dr modus sleep? apakah app dan skin yang aku install nya tidak kompatibel? pdhl aku baca requirement nya memenuhi. mohon solusinya. terimakasih… :)

    1. Dr. Acer says:

      Khalim, untuk permasalahan yang ditimbulkan akibat penggunaan software tertentu sebaiknya dikonsultasikan langsung ke pihak pembuat software yang bersangkutan.

      1. khalim says:

        ya mksh dok atas sarannya… :)

  5. tama says:

    dok, saya ada 2 pertanyaan.
    pertama, acer 4736 milik saya menggunakan ram jenis ddr2, tapi di situs support.acer tertera spesifikasinya menggunakan ddr3, apakah memang laptop ini bisa menggunakan 2 jenis ram?
    kedua, saya mau ganti harddisknya yang awalnya 320gb menjadi 500gb, apakah support?
    mohon petunjuknya.

    1. Dr. Acer says:

      Tama, AS4736 Support untuk RAM DDR3 1066MHz. dan Harddisk support hingga lebih dari 500GB :)

  6. sudy says:

    dok apa akibatnya kalau notebook yang tidak compatible diinstall dengan Windows 8, tapi tetap di install..

    1. Dr. Acer says:

      Sudy, efeknya bisa terjadi pada performa yang tidak optimal, atau OS tersebut tidak bisa digunakan sama sekali :)

  7. ABDI SUKMA says:

    saya ingin mengupgrade acer 4736z agar bisa menjalankan autocad 2012 dan windows 8
    pertanyaannnya
    apa saja yang perlu saya upgrade/tambahkan?
    kira-kira berapa estimasi harganya
    terima kasih perhatiannya

    1. Dr. Acer says:

      Abdi, mohon maaf tipe tersebut tidak compatible diinstall dengan Windows 8.

  8. SAYA PUSING DENGAN ACCER ONE 722 SAYA,SERING SEKALI KETIKA DIHIDUPKAN MUNCUL ERROR BOOT MANAGER.PADAHAL BARU 6 BULAN SAYA BELI.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Agung, apakah sudah dipastikan driver sesuai dengan OS yg digunakan? Karena konflik driver/ OS dapat menyebabkan hal tersebut. Jika permasalahan masih berlanjut, disarankan untuk membawa netbookmu ke service center Acer terdekat :)

  9. miando says:

    Dok saya mau tanya, boleh gak laptop saya diisi game playstation 2? laptop saya aspire one d257…

    1. Dr. Acer says:

      Miando, kamu bisa lihat terlebih dahulu minimum system requirement dari aplikasi tersebut, lalu membandingkannya dengan spesifikasi hardware laptop kamu :)

  10. kamal says:

    dok,mau nanya nih,cara menginstal ulang aspire 4750 sesuai spek awal pembelian bagaimana ya,

    1. Dr. Acer says:

      Kamal, System Recovery bisa dilakukan dengan menekan Fn+F10 ketika muncul logo Acer pada saat booting. System Recovery hanya bisa dilakukan untuk produk dengan pilihan pembelian sudah bundle OS Windows, dan apabila hidden partisi yang ada didalam harddisk belum hilang atau rusak ketika dilakukan perubahan susunan partisi :)

  11. Aas says:

    Dok,saya membaca artikel TAMPILAN LAYAR GELAP SAAT MEMULAI WINDOWS,kebetulan nih dok laptop saya sering begitu,,yang saya tanyakan adalah klik file&New Task (run) itu maksudnya apa ??file Yg dmn dok ??Dan new task (run)????

    1. Dr. Acer says:

      Aas, pilihan tersebut ada pada jendela task manager. Coba tekan tombol Ctrl+Shift+Esc untuk menampilkan task manager.

  12. asev says:

    Dok,Saya ingin mengupdate windows,tetapi kenapa eror ??Bagaimana Solusinya,dok ???????

    1. Dr. Acer says:

      Asev, Notifikasi error seperti apa yang muncul?

  13. Aron says:

    dok, kalau pemakaian dalam waktu yang lama, sebaiknya baterai notebook v5 dicabut terus plug in atau baterainya gak usah dicabut tapi plug in?

    1. Dr. Acer says:

      Aron, Acer tidak menyarankan penggunaan laptop tanpa baterai, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen didalam laptop apabila terjadi pemadaman listrik

  14. Findi says:

    Dok..saya mau tanya,laptop sy aspire d257..pas saya pakai baterainya memang dalam keadaan tidak full pas dinyalain,sekitar 62% karena bekas pemakaian sebelumnya..namun setelah tidak sampai 5 menit baterai saya langsung habis dan perlu di charge..kira-kira ad ap y?dan ap yang hrs sy lakukan?tks seblmnya..

    1. Dr. Acer says:

      Findi,daya tahan baterai bervariasi tergantung perawatan baterai itu sendiri, serta kegiatan seperti apa yang sedang dikerjakan. Kamu bisa membaca tips merawat baterai di http://acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/ dan tips mengoptimalkan daya tahan baterai di http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/

    2. Dr. Acer says:

      Findi,daya tahan baterai bervariasi tergantung perawatan baterai itu sendiri, serta kegiatan seperti apa yang sedang dikerjakan. Kamu bisa membaca tips merawat baterai di http://acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/ dan tips mengoptimalkan daya tahan baterai di http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/.

  15. asev says:

    Dok,kalau misalnya saya mengupgrade RAM Dari 2GB ke 4GB,apakah bitnya akan berubah ???

    1. Dr. Acer says:

      Asev, maksud kamu bit dari OS yang digunakan? kalau benar, bit tersebut harus diganti secara manual atau dilakukan penggantian OS sendiri dengan instalasi ulang OS

  16. asev says:

    Dok,kenapa kalau saya memutar musik itu keluarnya speaker kanan,sementara kiri tidak berfungsi,kenapa ya dok ??

    1. Dr. Acer says:

      Asev, pastikan pemutar musik yang kamu jalankan sudah di set agar menghasilkan audio Stereo. atau cek kembali pengaturan pada Control Panel > HD Audio Manager

      1. asev says:

        Setelah Control Panel Terus Kemana ????

        1. Dr. Acer says:

          Asev, kamu bisa cek di Sound atau HD Audio Manager

          1. asev says:

            Tetap Aja Dok

  17. Dok, laptop saya lg bermasalah ni, ada garis vertikal di tengah LCDnya, terus bagian LCD dr tngah ke kanan warnanya pudar dan terlalu terang, yg kiri normal
    kenapa itu dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ari, tampaknya ada permasalahan pada bagian hardware LCD, namun untuk kepastian mengenai penyebab dan solusi yang dapat dilakukan. Silakan membawanya ke service center Acer untuk pengecekan

      1. Kalo garansi LCD laptop itu berapa tahun dok?
        aku punya garansi supercare 2, katanya garansi 3 tahun
        itu mencakup garansi apa aja dok?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Ari, garansi khusus untuk komponen layar LCD adalah 1 tahun. Untuk 3 tahun garansi meliputi pergantian spareparts dan biaya service.

        2. Dr. Acer says:

          Dear Ari, garansi khusus untuk komponen layar LCD adalah 1 tahun. Untuk 3 tahun garansi meliputi pergantian spareparts dan biaya service. :)

  18. Fadli says:

    Saya mau mengupdate RAM laptop saya dengan menambah 1 gb menjadi 2 gb. Saya bingung harus mengupdate ke mana, apakah acer service center melayani update RAM??? Kalau boleh tau harganya brp (RAM 1gb)?
    Laptop saya Acer 4736z. Trims

    1. Dr. Acer says:

      Fadli, service center Acer melayani penggantian RAM, Untuk info harga kamu bisa langsung menghubungi beberapa Acer service center yang ada di artikel berikut: http://www.acerid.com/2010/07/faq-jaringan-pusat-layanan/

    2. Dr. Acer says:

      Fadli, service center Acer melayani penggantian RAM, Untuk info harga kamu bisa langsung menghubungi beberapa Acer service center yang ada di artikel berikut: http://www.acerid.com/2010/07/faq-jaringan-pusat-layanan/ .

  19. olay says:

    dok. cara mendownload yahoo messegger bagaimana ya dok???

    1. Dr. Acer says:

      Olay, kamu bisa kunjungi langsung situs resmi aplikasi tersebut. Umumnya disediakan link untuk mendownloadnya

  20. KHOTIJAH says:

    DOK SAYA BARU BELI ACER a0722 dengan os windows7. UNTUK MENGGUNAKAN DAN MENGECEK BLUETOOTH NYA BAGAIMANA YA?KOK BATRAINYA CEPAT HABIS YA…MEMANG KONDISI PEMAKAIAN BERAPA LAMA BATRAI ITU DIKATAKAN BAGUS?TULUNG DIBANTU YA DOK BARU PAKAI PRODUK ACER NIH JADI KURANG PAHAM

    1. Dr. Acer says:

      Khotijah, AO722 tidak dilengkapi bluetooth internal. Tapi kamu bisa menggunakan bluetooth eksternal yang dapat kamu beli ditoko komputer terdekat. Untuk cepat habisnya baterai, tergantung dari penggunaan dan program yangg berjalan. Kamu bisa maksimalkan ketahanan baterai dengan membaca artikel berikut untuk panduannya: http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/

    2. Dr. Acer says:

      Khotijah, AO722 tidak dilengkapi bluetooth internal. Tapi kamu bisa menggunakan bluetooth eksternal yang dapat kamu beli ditoko komputer terdekat. Untuk cepat habisnya baterai, tergantung dari penggunaan dan program yangg berjalan. Kamu bisa maksimalkan ketahanan baterai dengan membaca artikel berikut untuk panduannya: http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/ .

    3. olay says:

      dok.cara mendownload permainan counter-strike kok susah ya dok ,,, caranya bagaimana dok……???

      1. Dr. Acer says:

        Olay, kamu bisa coba mengunjungi situs resmi vendor aplikasi tersebut, atau kamu bisa mengunjungi toko-toko terdekat yang menjual software original.

    4. olay says:

      dok.cara kenapa kalo di kampung gak ada sinyal sedangkan di jakarta ada ya ,,,,,,dok???

      1. Dr. Acer says:

        Olay, hal tersebut bisa terjadi karena provider yang kamu gunakan belum mencakup wilayah tersebut. Atau sinyal dari provider kamu terhalang oleh sesuatu

    5. olay says:

      dok.knp ya kalau saya main di permainan facebook nama nya pool live toor selalu mati modem nya dan macet ya dok,,,,,???

      1. Dr. Acer says:

        Olay, hal tersebut bisa saja terjadi karena game yang kamu jalankan membutuhkan bandwith cukup besar, dan kecepatan internet dari provider yang kamu gunakan tidak mencukupi.

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved