Membuat Password yang Kuat

Keamanan akun-akun yang kamu miliki tentu merupakan hal yang penting ya spAcer. Untuk melindunginya, setiap akun, apapun itu mulai dari email, facebook, twitter, atau akun  komputermu, tentu butuh password. Kebayang gak sih apa yang akan terjadi jika kamu memasang password yang gampang ditebak? Yap, bisa saja akun kamu dibajak atau disalahgunakan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab lho spAcer!

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya kamu menggunakan password yang ‘kuat’. Jangan pakai password yang gampang ditebak seperti tanggal ulang tahun, 12345, atau justru kata ‘password’ :). Password yang kuat adalah password yang:

  • Terdiri dari gabungan antara angka, huruf besar dan huruf kecil, serta spesial karaketer seperti: @, $, %, atau *
  • Punya jumlah karakter tidak kurang dari delapan.
  • Bukan kata-kata yang memang ada di kamus atau kata umum
  • Tidak mengandung informasi personal kita. Misalnya alamat rumah, nama anggota keluarga, tim favorit atau apapun.

Wah, kalau gitu password-nya akan susah diingat dong? Tenang spAcer, ada cara mudah supaya kamu punya password kuat yang tetap gampang diingat. Beberapa pilihan yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

  • Tulis kata yang akan kamu jadikan password secara terbalik kemudian ganti huruf vokal jadi karakter. jangan lupa ganti salah satu huruf dengan huruf besar. Misalnya kamu ingin memakai kata “mobiltua”, ubahlah jadi “4utL!b%m” atau “@utlib0M”.
  • Pilih kata yang simpel, namun saat mengetiknya, ketiklah huruf yang ada di kanan atau kiri huruf pembentuk kata tersebut pada keyboard. Misalnya pilih kata “garasi” dan ubahlah jadi “hstsdo” (‘h’ adalah huruf di sebelah kanan ‘g’ pada keyboard, ‘s’ disebelah kanan ‘a’, dst). Setelah itu, barulah masukkan karakter khusus dan huruf besar. Jadi di akhir, password yang kamu miliki menjadi “Hst$do”.
  • Gunakan huruf yang ada di sekeliling suatu huruf. Pilih huruf sesuai arah jarum jam atau sebaliknya. Misalnya, gunakan huruf di sekeliling huruf ‘d’, maka yang kamu dapatkan adalah ‘xswertfc’. Seperti biasa, tambahkan huruf besar dan karakter spesial hingga jadi ‘Xsw3rtf(’ atau ‘x$we12TFc’

Biasanya password yang kuat membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecahkan oleh ‘hacker’ lho spAcer, jadi keamanan akun milikmu lebih terjamin. Oiya, satu lagi yang harus kamu ingat, usahakan untuk tidak menggunakan satu password untuk semua akun yang kamu miliki ya. Kebayangkan, kalau satu akun berhasil ditembus, bisa-bisa semua akunmu akan dibajak. Kamu tentu tidak mau hal ini terjadikan spAcer? ;)

Feb 21 2012

on Tech News

14 Responses to Membuat Password yang Kuat

  1. sangat bermanfaat tips nya, jazzakumullah khairan katsira admin

    By Khalid Haris Reply
  2. Pingback: Resolusi Teknologi di Tahun Baru 2013 | Blog Resmi Acer Indonesia

  3. Pingback: Menghadapi Masalah Login pada Windows | Blog Resmi Acer Indonesia

  4. thanks all

    By Dimas Kurniawan Reply
  5. tipsnya pasti meningkatkan keamanan password yang kita buat. trims

    By pulsamurah Reply
  6. terima kasih atas tipsnya

    By kusprianto Reply
  7. makasih atas tipsnya

    By kusprianto Reply
  8. saya mau bertanya nih…. saya mempunyai laptop acer aspire 4750. yang jadi permasalahannya adalah saya lupa password biosnya….. berbagai cara sudah di coba tapi gagal…. bagaimanakah caranya mereset password bios tersebut… terima kasih atas jawabannya….

    By Hijrah Saputra Reply
    • Dear Hijrah, kamu bisa mengunjungi Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer melakukan reset password BIOS. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support

      By Dr. Acer Reply
  9. Pingback: BERAPA BANYAK PASSWORD YANG BISA KITA INGAT?

  10. venny, dampak buruknya, kamu bakal cepat lupa passwordmu yang terbaru ..

    hehehehe

    By aod257 Reply
  11. Sebenarnya sering mengganti-ganti password itu ada dampak buruknya gak sich…….????

    By Blognya Venny Reply
    • Dear Venny, rutin mengganti password akan meningkatkan keamanan.

      By Dr. Acer Reply
  12. wow, tips yg bgus ne, tq

    By Yotta Baca Reply

Submit Comment

  1.