Perbedaan Variasi Edisi Windows 7

Mulai dari Starter sampai Ultimate, Windows 7 memang punya beragam edisi. Masing-masing edisi tentu punya kelebihan masing-masing. Agar dapat bekerja dengan optimal, tentunya spAcer harus menginstall OS Windows 7 dengan edisi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Makanya penting untuk mengetahui apa sih perbedaan antar edisi Windows 7 yang satu dengan yang lain.

Pada dasarnya, setiap edisi Windows 7 mempunyai fitur yang sama, namun fitur-fitur ini diaktifkan menyesuaikan dengan edisi-nya, jadi fitur tersebut baru aktif jika spAcer sudah melakukan upgrade ke edisi Windows 7 yang memang support fitur tersebut. Beberapa edisi dari Windows 7 adalah sebagai berikut:

Windows 7 Starter

Edisi ini adalah edisi Windows 7 yang mempunyai paling sedikit fitur diantara edisi lainnya. Windows 7 Starter hanya tersedia dalam versi 32-bit. Windows Aero theme tidak disertakan dalam edisi ini, selain itu spAcer tidak dapat mengubah  tampilan desktop wallpaper.
Windows 7 edisi Starter membuat netbook lebih mudah dan sederhana dengan fitur-fitur seperti Jump Lists, Pin, Snap dan Windows Search.

Windows 7 Home Basic

Windows 7 edisi Home Basic hanya tersedia di wilayah tertentu saja, yaitu 141 negara yang dianggap masuk dalam kategori ‘emerging markets’,  termasuk Indonesia. Fitur Windows Aero pada edisi ini sudah ada, namun terbatas pada beberapa fitur saja. User dapat mengganti desktop wallpaper pada edisi ini.

Windows 7 Home Premium

Selain sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang ada pada edisi sebelumnya, Windows 7 edisi Home Premium dilengkapi dengan Windows Media Center untuk memutar DVD, menonton dan merekam HDTV, dll serta sudah dilengkapi dengan Premium Games. Fitur Windows Aero pada edisi ini juga merupakan versi yang lengkap.

Windows 7 Professional

Edisi ini sangat cocok bagi spAcer yang memakai notebook atau komputernya untuk bekerja. Dengan banyaknya fitur yang didukung edisi ini, akan membantu user untuk lebih produktif dan menjaga file-file penting milikmu. Windows 7 edisi Professional dilengkapi dengan Encrypting File System (EFS) yang membuat user dapat menyimpan informasi di harddisk dalam encrypted format.  Edisi Professional juga dilengkapi dengan automatic backups’ untuk menjaga file-file milikmu spAcer!
Jika kamu sebelumnya pemakai Windows XP, maka tidak perlu khawatir, Windows 7 edisi ini dilengkapi dengan Windows XP Mode sehingga kamu dapat menggunakan sebagian besar Windows XP program yang kamu miliki di komputer dengan Windows 7 edisi ini.

Senang main game? Kalau begitu edisi ini juga cocok untuk kamu pakai spAcer. Windows 7 Professional dilengkapi dengan DirectX 11 untuk tampilan grafik game yang halus dan mengagumkan. 

Windows 7 Enterprise

Edisi ini lebih ditujukan bagi perusahaan yang memiliki kontrak Software Assurance dengan  Microsoft dan dijual lewat volume licensing (dijual kepada sebuah perusahaan / institusi berdasarkan kontrak dengan jumlah tertentu serta  dilengkapi seritifikat bukti kepemilikan).

Windows edisi ini kurang lebih memiliki fitur yang sama dengan Windows 7 edisi Ultimate, hanya berbeda pada masalah lisensi saja.

 

Windows 7 Ultimate

Edisi ini merupakan edisi Windows 7 yang paling kuat dan serbaguna diantara semua edisi Windows 7. Di dalamnya terdapat gabungan fitur entertainment yang dimiliki Windows home Premium dan kemampuan bisnis yang dimiliki Windows Professional, termasuk fitur Windows XP Mode. Untuk keamanan lebih, spAcer dapat meng-enkripsi data yang kamu miliki dengan fitur BitLocker Drive Encryption & BitLocker To Go. Bekerja dengan bahasa manapun jadi lebih fleksibel karena edisi ini dilengkapi dengan MUI language packs (35 bahasa).

Jadi pilih yang mana?

Related Article

120 Responses to Perbedaan Variasi Edisi Windows 7

 

  1. Dani says:

    dok saya mau tanya perbedaan windows8 single language sama windows pro, enterprise dll apa ya? soalnya windows 8 bawaan laptop acer saya single language

    1. Dr. Acer says:

      Dani, windows 8 single language adalah windows 8 dengan fitur dasar (basic) yang hanya menggunakan satu bahasa saja. Sedangkan windows pro dan enterprise memiliki fitur-fitur tambahan lain. Informasi lebih detail bisa kamu baca di: http://en.wikipedia.org/wiki/Windows_8_editions

  2. laks says:

    siang sensei.. mw nanya, kemarin udah instal pke OS 7 ultimate 32-bit not Ori/free (crack).. instalasi lancar, pas nyobain WIFI-nya, hardware WIFI-nya gak kebaca..!! tolong pencerahannya..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Laks, Pastikan kamu sudah menginstall driver WiFi dan aplikasi Launch Manager sesuai dengan vendor hardware dan OS yang digunakan pada laptop kamu

  3. nicky says:

    siang dok, saya mau tanya, apakah aplikasi yg saya gunakan di window xp 32bit, bisa di pakai di window 7ultimate 64bit,?
    mohon pencerahannya do
    terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Nicky, sebagian besar aplikasi 32bit dapat dijalankan dengan normal pada OS 64bit 🙂

  4. wyn prayoga says:

    dok bagaimana biar kita bisa tahu kalo kita pake windows 7 versi yang mana?

    1. Dr. Acer says:

      Wyn, kamu bisa klik kanan pada “My Computer” lalu pilih Properties 🙂

  5. dok..
    mau nanya variasi windows 7 yang bnyak di pakai saat ini tuh yang mana ya ???

    1. Dr. Acer says:

      Enny, hal tersebut tergantung kebutuhan dari masing-masing pengguna. OS Windows yang terdapat didalam produk Acer saat ini antara lain, Windows 7 Starter, Windows 7 Home Basic, Windows 7 Home Premium, dan Windows 8 Single Language 🙂

  6. eko says:

    siang dok,saya mau tanya,saya pakai acer aspire 4739,saya pake win7 ultimate 32bit,bsa tidak bila d jadikan 64bit?? tolong pencerahanya.terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Eko, bisa, namun kamu harus melakukan instal ulang dengan OS 64 BIT

  7. Dear Dr. Acer,
    Kemarin saya coba install ulang windows 7 Home Premium ori.
    Dari barunya windows 7 home premium juga.
    Tapi kenapa saya skrng malah gak bisa jalanin game apapun ya? (padahal sebelum di instal ulang jalan)

    1. Dr. Acer says:

      Dear Reynold, pastikan driver sudah terinstall seluruhnya dengan benar 🙂

  8. agoes saliem says:

    dear Dr. Acer
    laptop saya acer 4752z sudah ada win 7 original nya, tapi kmarin sudah saya install ulang pakai win XP, bagaimana cara nya mengembalikan windows asliny dokter, windows aslix lupa saya backup, trims…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Agoes, jika hidden partisi yang ada pada laptop sudah hilang atau rusak, kamu bisa membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer melakukan system recovery pada laptop kamu

  9. eric says:

    mau tanya nih, saya pake acer aspire 4750z, waktu itu masalahnya tidak bisa masuk windows, pada saat starting gagal, setelah saya coba untuk system recoverypun tetep juga masih gak bisa buka windows, akhirnya saya coba instal ulang kembali dgn win7, tapi kenapa di drive c:system tetep gak mau di klik untuk di instal,akhirnya c:system tersebut ku format, akhirnya menjadi c:primary, dan kucoba kembali c:primary kupilih menjadi drive untuk systemnya, tapi kok tetep aja gak mau, tulisan next di pojok kanan gak bisa di klik, akhirnya ku dengan terpaksa d:primary ku jadikan d:system, proses instalation pun berjalan normal hingga selesai, tapi setelah terinstal kenapa pada saat booting berjalan laptopnya jadi restart terus ya, ku dah coba 3x instal ulang hasilnya tetap restart terus pada saat booting… gak bisa masuk windows sama sekali jadinya… tolong pencerahannya laptop saya baru 7bulan apakah ini masih bisa di garansikan dan belum pernah di bongkar2 segel utuh… terimakasih..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Eric, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  10. teddy says:

    dear dr.acer,
    netbook saya acer aspire one happy. OS original menggunakan windows 7 ultimate. sy coba install ulang berhubung untuk waktu bootingnya sangat lama. ( 15 menit ).
    pada saat saya install ulang namun tidak bisa tapi sayang partisinya sudah di delete.
    apakah masih bisa di restore os original nya ?

    tks,
    teddy

    1. Dr. Acer says:

      Dear Teddy, untuk OS bawaan pembelian (OEM) dari AOHappy adalah Windows7 edisi starter. Untuk mengembalikannya kamu dapat melakukan system recovery, langkahnya bisa kamu ikuti via artikel berikut http://www.acerid.com/2011/03/menginstall-ulang-os-ke-dalam-notebook/

  11. Riefand Fals says:

    dear Dr. ACCER..
    Saya pengguna laptop accer tipe 4732Z dan windowsnya memakai windows xp.
    jika ingin di ganti windows 7 apakah harus install ulang full sistem dan apakah file yang ada di sistem lama akan hilang .
    bagaimana cara mengganti windows xp ke windows 7 .
    dan saya harus pergi kemana dan kira-kira biayanya berapa ??

    mohon dibantu .
    thank’s .

    1. Dr. Acer says:

      Dear Riefand, ya harus melakukan instalasi OS kembali, instalasi dapat dilakukan pada service center Acer namun pengguna diharuskan membawa DVD OS original yang ingin diinstall 🙂

  12. agam says:

    saya punya laptop acer 4738 saya install games battlefield 3 proses installasi sukses tapi waktu running game battlefield 3 tidak bisa ada erro sptp berikut :

    Failed creating D3D device of at least version 10.0 on adapter “Intel(R) HD Graphics” with driver “Unknown”. Error is DXGI_ERROR_UNSUPPORTED (“Unsupported.”).

    This is Typpicaly cause by not having the minimum required DirectX support in the GPU.

    For NVIDIA GPUs, DirectX 10.0 support is required.
    For AMD and GPUs from other vendor, DirectX 10.1 support is required.

    note:
    saya menggunakan OS Win 7 Home Premum (bawaan dari laptop pas beli)

    apa kira2 masalah tidak bisa main game battlkefield 3 itu mohon pencerahan dari team acer

    regards
    agam

    1. Dr. Acer says:

      Dear Agam, hal tersebut disebabkan perangkat hardware khususnya VGA pada laptopmu tidak mendukung untuk menjalankan game tersebut. Pastikan untuk selalu menginstall aplikasi/ game yang spesifikasinya terpenuhi

  13. mr.. .Dr.Acer
    saya menggukan acer 4752 dan menggukan windows 7basic ORI, kanapa yah wifi sering problem, sy lakukan enable dan disable wifi adapternya dulu baru , normal lagi , mohon solusinya.. tks

    1. Dr. Acer says:

      Hi, coba install ulang kembali driver WiFi untuk laptop kamu. Driver untuk produk Acer bisa di download di http://www.acer.co.id > Support > Download

  14. anton says:

    Dr. Acer
    saya mau nanya ni saya menginstal windows7 ultimed di PC Acer Aspire M1610 tetapi SIS AGP nya tidak tidak ada, apakah ada Driver SIS AGP windows7 ultimed buat PC saya. Thk

    1. Dr. Acer says:

      Dear Anton, kamu bisa coba mengunjungi situs resmi vendor hardware yang kamu maksudkan untuk mencari driver yang sesuai dengan OS yang digunakan

  15. Prof,utk windows 7 ultimate ada diretcnya tidak.harap di balas ke email??????

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gusti, DirectX sudah tersedia pada OS Windows 7

  16. rully Moega says:

    tempat ku dulu pertama kali aku instal windows ultimate , setelah itu ternyata windows ultimate nya eror , habis itu aku instal windows profesional . nahh waktu masih pake windows ultimate buat main game masih bisa , tapi pas udah ganti windows profesional sadi kadang2 game tersebut tidak bisa di buka…. kenapa ya >??/ ~bantuan dong ~

    1. Dr. Acer says:

      Rully, coba pastikan kamu sudah menginstall driver-driver yang dibutuhkan. Untuk masalah yang terjadi pada game tersebut, coba konsultasikan ke pihak pembuat game yang bersangkutan, mungkin ada konfigurasi pada komputermu yang perlu disesuaikan.

  17. andi rudi says:

    aku mau nanya nih dok… saya gunakan acer 4739, saat saya instal ulang pake window 7 pro. aero di taksbar dan star menu tidak aktif tetapi di aplikasi lainnya aktif. kira – kira apa masalahnya, bisa jadi begitu dan bagaimana cara merepairnya???

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andi, apakah semua driver terutama driver VGA dan chipset telah terinstall?

  18. Oky Alies says:

    Dear dr.acer
    Saya juga ada permasalahan sedikit
    Saya mempunyai netbook AO522. permasalahannya dari netbook saya tidak dapat mendeteksi wifi di kantor (sebelumnya bisa). Namun ada sinyal wifi dari luar (tidak dikenali) terdeteksi namun saya tidak bisa terhubung dikarenakan di proteksi. Mohon pencerahannya apa kesalahan pada netbook saya ini.

    Terima kasih.
    Oky Prasetia
    .
    .

    1. Dr. Acer says:

      Dear Oky, disarankan untuk mencoba melakukan install ulang driver WIFI yang bisa diunduh via http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

  19. Ryan says:

    Dok,dealer acer yg jual m3970(3,30ghz)di solo ada gk?dimana?brp harganya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ryan, untuk info ketersediaan unit yang kamu inginkan, bisa hubungi langsung Acer Center & Acer Store terdekat, alamatnya bisa dilihat di http://acerid.com/2011/06/acer-center-acer-store/

  20. vai says:

    Dok,acer saya 4738G,pas mau install ulang win 7 setelah starting windows mengapa tidak muncul apa2 dok? Mohon pencerahan ya dok.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Vai, hal tersebut bisa disebabkan proses instalasi yang gagal, disarankan untuk mengulangi kembali proses instalasi

  21. Aryanatta says:

    Dok,, Netbook acer saya kan bawaannya windows 7 starter + android . Saya pernah instal ulang dengan windows xp Home edition SP2. Trus , karna saya bosan , saya mau recovery dengan alt+f10 tidak bisa.
    Pertanyaan :
    – Bisakah windows 7 starter nya di kembalikan kembali seperti semula , alt+f10 supaya bisa berfungsi kembali dan Jika saya meminta di kembalikan di acer service point akan kah saya di kenakan biaya karena masa garansi netbook saya sudah habis untuk mengembalikan windows 7 starter dan Bisa di tunggu kah selama proses pengembalian win 7 saya ???

    Thanks…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aryanatta, OS pada netbookmu bisa dikembalikan seperti pada awal pembelian dengan melakukan system recovery, namun tampaknya file nya rusak/ error. Sehingga disarankan membawanya ke service center Acer terdekat untuk pengembalian file recovery tersebut, untuk biayanya adalah sebesar 165rb

      1. Aryanatta says:

        Dok ,, acer service center terdekat dari cengkareng dimana ??? Trus,, Kalo di kembalikan recoverynya seperti semula apakah win 7 bawaan di netbook saya genuine Dan jika di recovery apakah drivernya sudah ke install smua???

        SD card saya kok gak ke detect yah.. padahal saya sdh install drivernya dan windows muncul pesan ” windows cann’t format drive J (SD card)” Trus gmana dok solusinya ???

        Thanks ^_^

        1. Dr. Acer says:

          Dear Aryanatta, untuk wilayah JABODETABEK, Acer Service Center berada di Mangga 2 Square dan Ratu Plaza. Alamat lengkapnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support.

          System recovery akan mengembalikan sistem, driver, dan aplikasi standar yang ada pada laptop kamu kembali seperti pertama kali pembelian.

          1. tio says:

            kalau mau ganti OS win 7 64bit ke 32bit bisa ga ? soalnya laptop saya aspire 4755G win 7 ORI bawaan laptop,klo bs kira” berapa terus garansinya hilang ga ?

          2. Dr. Acer says:

            Dear Tio, bisa saja. Caranya adalah dengan melakukan instalasi ulang OS. Acer Service Center tidak melayani instalasi ulang OS kecuali kamu membawa sendiri CD/DVD Installer OS Original. Standar biaya service adalah sebesar Rp 165ribu

  22. hanz says:

    salam pak/bu dokter,
    laptop saya acer 4741..minggu lalu sy menggunakan erecovery untk menginstal ulang.tpi proses updating systemnya terhenti pada 26%.tidak bisa diteruskan.penyebabnya apa ya?trus solusinya bgmana?karena di kupang tdk ada service center,sy ptuskan reinstal dg win 7 bajakan..tp skg masalah bru muncul.laptpnya super lambat,bahkan susah masuk windowsnya.saat booting,terhenti di starting windows..lama bgt,ampe pgal nunggunya..bgmana nih?trima kash

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hanz, terhentinya proses recovery tersebut tampaknya disebabkan oleh rusaknya file recovery akibat proses partisi yang mungkin dilakukan sebelumnya. Solusi satu-satunya adalah membawa laptopmu ke service center Acer terdekat untuk mengembalikan file recovery tersebut

  23. laptop saya acer 4732Z pake OS Win 7, loading masuk ke wondowsnya sekarang kok jadi lama yeah.? tiap dihidupkan atau restart ngadad di tulisan starting windosws, lama banget bisa sampai 15 menit. tapi kalau sudah masuk windows gak ada masalah lagi open file maupun program semua berjalan dengan baik. sudah saya coba instal ulang, ganti HDD, ganti memory tapi tetap aja gak ada perubahan. mohon pencerahannya. thx

    1. Dr. Acer says:

      Dear Faisal, kamu bisa membaca tips untuk mengoptimalkan kecepatan laptop di http://www.acerid.com/2011/08/yuk-optimalkan-kecepatan-laptop

  24. Rara aja says:

    Dear Dr Acer. Saya pakai AO522. Saya memakai evdo modem smartfren xstream(instal otomatis ketika dicolok) awalnya koneksi nggak ada masalah. Seminggu ini nggak mau conect. Saat saya reinstal secara manual muncul peringatan “The version of this file is not
    compatible with the version of
    Windows you’re running. Check
    your computer’s system
    information to see whether you
    need an x86 (32-bit) or x64 (64- bit) version of the program, and
    then contact the software
    publisher.” mengapa demikian? Saya coba memakai modem lain nggak ada masalah. Mohon pencerahan. Terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rara, kamu bisa coba klik kanan pada aplikasi tersebut > Properties > Compatibility > Run This Program in Compatibility Mode For, lalu sesuaikan dengan OS yang digunakan pada laptop kamu. Atau kamu bisa coba melakukan update software dengan mengunjungi situs resmi vendor modem tersebut

  25. linda says:

    mau tanya
    apa beda windows 7 dengan bukan windows 7?
    apakah laptop yang gag pake windows 7 harus di install setiap tahun?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Linda, perbedaan antara setiap OS Windows bervariasi, mulai dari segi tampilan, kemudahan penggunaan, hingga dari segi security.

      Tidak perlu melakukan instalasi ulang OS setiap tahun, lakukan hanya ketika diperlukan saja 🙂

  26. tata says:

    dr acer yg terhormat—mo nax nih, laptopku 4750z pernah aq cas sampai 8 hari nonstop lupa g a matiin saat aq pulang kampung ditinggal di rumah, keadaan laptop masih normal saat pake’ os windows xp akan tetapi saat pake’ os windows 7 laptopku ngeluarin cairan dr baterai, bahkan saat aq ganti beliin baterai yang baru masih te2p aj ngeluarin cairan. mohan pencerahanx dong dok kayaknya windows sangat berpengaruh bagi laptop acer

    1. Dr. Acer says:

      Dear Tata, apakah sudah dibawa ke service center Acer untuk pengecekan fisik laptop? Jika belum, disarankan untuk melakukannya 🙂

    2. tata says:

      sebelumx aq ucapin trims dr acer atas saranx, akan tetapi saran dr dah aq jalanin sampai 4 x datang k service center acer akan tetapi jwbn mereka cm ganti baterai masalah dah teratasi, pengecekan fisik dah dilakukan & hasilx normal——( masalah keluar cairan—–klo pake’ os windows 7, klo pake’ xp tdk keluar cairan dr baterai ) tolong dong dok aq sayang bgt ma laptopku

      1. Dr. Acer says:

        Tampaknya kebocoran baterai tersebut tidak berhubungan dengan penggunaan OS. Disarankan agar kamu melakukan pergantian baterai 🙂

  27. bayuirsani says:

    oke trmakasih.. saya mau tanya lagi..
    aku pake acer 522..yang windows 7 starter… tapi fitur starter kurang lengkap,,seperti g bz gnti wallaper.. akhirnya aku upgrade ultimate dngn mncri kode yg 25dgit di mbah google…mngkn itu yg g original…
    tp…notebookku jadi lemot.. harus bgmnakah aku? apa hrus factory default?
    bgmna cra factory default agar file instalan tidak hilang?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bayuirsani, setiap versi OS Windows 7 dilengkapi dengan fitur yang berbeda. OS Windows 7 Ultimate adalah OS Windows 7 dengan fitur terlengkap. Semakin lengkap fitur yang diberikan, semakin besar pula resource yang diperlukan. Untuk itu kami sarankan melihat terlebih dahulu minimum system requirement dari OS tersebut, lalu membandingkannya dengan spesifikasi hardware laptop kamu.

      System recovery bisa dilakukan dengan menekan ALT+F10 ketika muncul logo Acer pada saat booting. Perlu diketahui, system recovery hanya bisa dilakukan apabila hidden partisi yang ada pada laptop kamu tidak hilang atau rusak ketika dilakukan penggantian OS, atau perubahan susunan partisi

  28. bayuirsani says:

    Dr acer..saya mau tnya…
    tmen saya beli acer aspire one yg 722 non os… ko bisa ada windows 7 ultimate? apakah itu ori atau tidak? terus kalo g pke windows yang ori(instalan) apakah ada masalahnya.. terima kasih..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bayuirsani, kemungkinan OS tersebut adalah OS Non-original yang di installkan oleh pihak toko. Penggunaan software ilegal tidak disarankan, selain karena melanggar hukum, user juga tidak dapat memanfaatkan fitur yang terdapat pada software original

  29. Ryan says:

    Dok,saya mau beli aspire M3970(3,30ghz)truz saya mau yg OS-nya yg Win7 ultimate bs gk?

    Trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ryan, tidak bisa, kecuali kamu melakukan instalasi ulang OS sendiri. Aspire M3970 hanya dipasarkan dengan OS DOS, Windows 7 Home Basic, dan Windows 7 Home Premium

  30. Aidin says:

    dr. acer.
    apa mksd dan perbedaan dari OS yg original dan non original ??

    thnks & regards,

    Aidin

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aidin, OS Original berarti OS tersebut dibeli secara legal, dan memiliki lisensi dari vendor OS tersebut. Sedangkan OS Non-Original berarti OS Tersebut dibeli secara ilegal, tidak memiliki lisensi. Perbedaannya terletak pada lisensi dan kemampuan untuk mendownload update terbaru dari vendor OS tersebut.

  31. Hayon says:

    doc,,,saya punya 2 prtanyaa…..
    1. Bisa gak upgrade windows 7 home premium yang original ke profesional atau ultimate..?
    klo bsa mhon ptunjuknya doc..
    2. Laptop saya acer aspire 4935 yang punya volume control tdak brfungsi…
    sudah saya cba instal sinaptic toucpad & lunch manager tpi tetap gak berfungsi juga[OS windows 7 profesional 32 bit]..
    mhon pncerahannya doc,,,ap kah ad trik atau syarat trtentu…
    trima kasih…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hayon,
      1. bisa saja jika kamu ingin melakukan upgrade
      2. Coba install ulang aplikasi launch manager pada laptop kamu. Aplikasi launch manager bisa kamu download di http://www.acer.co.id > Support > Download > Pilih tipe laptop, lalu klik tab “Application”

  32. Christine says:

    Mau tanya..
    Saya bru beli Acer Aspire One 722 with linux..
    Tpi stelah saya nyalakan linux gagal booting..
    Akhirnya saya pasang Win 7 Ultimate, tpi g bisa jga..
    Apa spec nya g mampu ya..?
    Harus pakai win 7 starter kah..?
    tolong solusinya..
    Trima kasih untuk bantuannya…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Christine, OS Linux Linpus yang terdapat didalam paket pembelian produk Acer adalah Linux Linpus, kamu perlu menginstall OS Lain terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan laptop tersebut. Notifikasi error seperti apa yang muncul ketika booting dengan OS Windows 7 Ultimate?

  33. habibi says:

    dr Acer,mo tanya sy puxa notebook acer one happy N578Quu pke windows starter tpi sy ganti Ws 7 profesional.memory 1GB.gmn caraxa agar kjaxa maksimal.dan bsa internetanxa cepat.coz loadingxa lambat bwt ngenet.thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Habibi, kecepatan internet dipengaruhi dari besar kecilnya bandwith yang diberikan oleh internet provider yang digunakan 🙂

  34. m. yusuf says:

    truz.., directx nya diretx 11 mau d ganti directx 0.9c.., n bisakah aq mengganti directx nya..??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yusuf, kamu cukup jalankan saja file installer DirectX 9.0 🙂

  35. Pagi…
    Saya mau tanya mas?…
    Saya kan bermaksud mau install ulang notebook saya dengan CD backup saya yg pertama kali saya buat saat menyalakan notebook Acer ASPIRE 4752
    dan ternyata CD ke 2 dari 6 CD saya korupt atau rusak
    lalu bagaimana saya bisa memperbaiki mas?…
    Mohon Bantuannya…
    Terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nasiruddin, kamu bisa coba kunjungi Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mengembalikan hidden partisi yang ada pada laptop kamu. Selanjutnya lakukan backup kembali menggunakan 3 keping DVD kosong 🙂

  36. m. yusuf says:

    laptop saya acer aspire one 722 n windowsx windows 7 non ori tpi, ketika aku memainkan game call of duty 2 kok ngak bsa…., trus ad tulisan.. direct x eror..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yusuf, pastikan kamu sudah menginstall DirectX yang sesuai dengan yang game tersebut butuhkan 🙂

  37. rwahyudi says:

    Dr Acer

    Apakah mengupgrade windows 7 OEM harus mengupgrade driver bawaan nya juga? misal dari win 7 home ke ultimate? Apakah driver dari manufacture hardware direkomendasikan Acer? Misal driver Nvidia yg di download dari situs resmi Nvidia bukan dari Acer?
    Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Wahyudi, jika melakukan upgrade OS Windows driver tidak perlu diupgrade.

  38. Dr. Acer tolong sya dong……sya pake aspire 4750z,sya instal ulang pake OS win 7 ultimate 32 bit….kenapa stelah finising instal lalu reboot dan ga mau muncul window nya….mlah restart trus,boro2 kluar logo window….apa sya slah setting bios nya….mohon pencerahanya…..teng kyu….

    1. Dr. Acer says:

      Dear Whendy, apakah kamu menggunakan installer Windows yang original?

      1. putra says:

        saya sudah instal windows7 ultimate yang original pada acer aspire 4750z…tapi masih reboot terus,,,boro2 masuk ke logo windowsnya…..

        gimana solusinya mas Dr.acer…tolong pencerahannya…

        1. Dr. Acer says:

          Dear Putra, apakah boot priority pada BIOS telah diubah? 🙂

  39. kalau spec laptop ane insyaAllah mumpuni doc

    FIFA 12 PC System Requirements:

    Processor: Intel Core 2 Duo E6750 2.66GHz or AMD Athlon II X2 245e
    OS: Windows XP, Vista, Win7
    CPU: 2.4 GHZ single core
    Sound Card: DirectX 9, 10, 11 compatible
    Graphics: NVidia GeForce 6800 or ATI Radeon X1600 at least, GeForce GTS 240 and Radeon HD 3870 recommended
    Hardware: Mouse and Keyboard
    Network: Internet connection for online mode
    Hard Drive: 6 GB to 12 GB

    Laptop ane 4755G ram sudah di upgrade 4gb

    1. Dr. Acer says:

      Supaya tidak nge-lag mungkin bisa kamu coba untuk turunkan setting resolusinya. 🙂

  40. doc.., enaknya pilih versi yng mana ya kalau buat maen game & nggak beban.?.., soalnya pake’ ultimate agak nge-lag buat maen game berat…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Wahyu, setiap game memiliki persyaratan spesifikasi hardware minimum yang harus dipenuhi. Persyaratan ini terdiri dari spesifikasi processor, VGA, RAM, ruang kosong di HDD, dan juga OS. Jadi perlu diperhatikan juga dari sisi hardware laptop kamu apakah memenuhi persyaratan yang diminta game tersebut.

  41. adi says:

    dr.acer, laptop saya cd rw nya kagak mau jalan,waktu itu saya masukin cd nokia pc suite jalan,saya keluarin cdnya pas saya masukin lagi cdnya mutar kencang kayak motor yang ngebut saya eject dan masukin lagi cdnya kagak mau mutar semua cd sy coba hasilnya tetap sama. saya lihat opticnya nyala tapi cd tidak mau mutar kirakira kerusakannya dimana?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adi, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  42. doni says:

    saya mau nanya acer aspire 5310 mempunyai bluetooth apa gak?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Doni, kamu bisa install aplikasi hardware vendor detection berikut untuk mengetahui apakah laptop kamu dilengkapi bluetooth atau tidak: http://global-download.acer.com/FilesDownload%5CHWID%5CHWVendorDetection.exe

  43. echa says:

    minggu lalu sy mmbli acer aspireone 722 series dgn win 7starter ori di dlmnya,,, tapi stlh sya pake trnyata agak lemot dan fiturnya krg ,,, trus sy coba upgrade ke win 7 ultimate tapi hanya smpai 90% upgradenya udh gagal (terus-menerus) …
    Sbnarnya win 7 starter ori bawaan laptop bisa diupgrade kah ???
    atau sy hrus install win yg bru ??
    Windows apa yang cocok dgn laptopku ini … thnk u ^_^

    1. Dr. Acer says:

      Dear Echa, kamu mencoba melakukan upgrade ke Windows 7 Ultimate melalui apa? Apakah menggunakan DVD Installer atau mengunduh dari website Microsoft? Windows 7 Starter sendiri bisa diupgrade, namun untuk melakukan upgrade harus dengan menggunakan installer yang original.

  44. kang djoem says:

    saya user ACER 4752 windows apa yang paling cocok, karena selama ini saya pakai Win7 home Premium non ori tapi sering ngadat harus direstart melulu padahal belum install softwer yang berat2

    1. Dr. Acer says:

      Dear Djoem, Kamu bisa menginstall OS yang sesuai dengan preferensi kamu. Kendala restart tersebut bisa juga disebabkan karena driver yang tidak sesuai, atau file system yang rusak karena virus

  45. Irham says:

    The respectable dr.acer
    Aku user aspire 4741 core i3 2.26 GHz, kan ram_nya 1 Gb, aku mau upgrade jd 2 gb. Pertanyaan :
    a. SODIMM nya beli berapa ? 2 atau satu, kan 4741 pnya 2 slot memori
    b. Spek yg bgs gmna ?
    Trima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Irham, Jika ingin mengupgrade RAM laptop kamu menjadi 2GB, kamu cukup membeli 1 buah modul RAM sebesar 1GB, pastikan RAM tersebut sesuai dengan RAM yang sudah terpasang pada laptop kamu 🙂

  46. sella says:

    saya pengguna notebook acer windows7 starter, kemaren coba di instal ke windows7 ultimate ternyata tidak mampu dan membuat notebook saya berat dan error lalu saya install ke windows XP, menurut dr. Acer windows apa yg cocok utk notebook saya ini ??? balas ya, makasih 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sella, Produk Acer tipe berapa yang kamu gunakan?Kamu bisa melihat terlebih dahulu minimum system requirement dari OS yang akan kamu install, kemudian membandingkannya dengan spesifikasi hardware laptop kamu 🙂

  47. iwan says:

    logo window 7 yg ada tulisan starting windows, apa dari setting bios nya?

    1. Dr. Acer says:

      Seharusnya setting BIOS tidak mempengaruhi hal ini, tetapi bisa kamu coba untuk mengubah-ubah mode HDD. Apakah kamu menggunakan installer Windows yang original?

  48. iwan says:

    dear dr.acer ,saya mau tanya saya baru beli notebook acer aspire 4750 non OS lalu saya instal windows7 home premium non ori, tapi kenapa kalau di hidupin mentok di logo booting windows7 gak langsung masuk ke windows7 nya padahal saya gak pake password dan kalau mau masuk harus tekan ENTER, Apa memang begitu atau OS nya gak cocok ?……………….

    1. Dr. Acer says:

      Dear Iwan, apakah yang kamu maksud logon screen dimana ada logo user account atau bukan?

  49. arviniz says:

    mau tanya nih, saya punya netbook acer aspire one D260, memakai windows 7 ultimate. netbook saya ini lambat sekali jika ingin membuka software, dan tidak jarang error dan lag. apakah yang perlu saya lakukan agar netbook saya performanya lebih cepat? mohon solusinya. Terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arviniz, menggunakan Windows 7 Ultimate di AOD260 memang akan terasa lambat sekali karena fitur dari Windows 7 edisi ini sangat kaya dan menghabiskan resource. Dr. Acer sarankan menggunakan Windows XP atau kamu bisa coba matikan Aero theme di Windows 7 Ultimate untuk membantu agar tidak terlalu banyak memakan resource.

  50. e_ponturi says:

    Dear Dr. Acer, sy mau lanjut curhatan sy..:-D
    Sblm AO 522 sy di service sy memang pakai Win7, tp ga ‘lemot’ seperti skrg. Kelambatan yg sy rasakan skrg berawal setelah keluar dr Service Center.
    Sy kesulitan jika notebook hrs nginap 1 minggu seperti wkt sblm nya di service center.
    Apakah harus di install ulang OS nya ataukah ada cara lain spy sy bisa memaksimalkan AO 522 sy?
    Adakah no.layanan utk konsultasi dgn Acer sblm sy membawa notebook sy ke service center?
    Trims atas responnya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ponturi, kamu bisa coba untuk menginstall ulang Windowsnya. Jika memang merasa masih ada problem silahkan datang kembali ke service center Acer terdekat. Untuk konsultasi kamu bisa hubungi nomer telepon service center Acer tersebut.

  51. Riri says:

    Kalau saya milih linux ubuntu saja…ringan, gratis, canggih, tampilan juga bagus, semua ga pake nginstall driver, bisa sekaligus jadi server oprekan, segala macam server bisa jalan even di laptop sendiri 😀

  52. e_ponturi says:

    Mau tanya..
    Sy pakai Acer AO522 dgn OS Win7 Ultimate. Beli tanpa OS. Krn bermasalah dgn WIFI, sy service ke Acer Mangga 2 dan di beri OS Win7 Ultimate.
    Setelah itu Notebook sy jd LOLA (Loading Lama), pdhl space nya baru dipakai -+ 1GB. Utk program, ga ada yg aneh alias program standart. Game juga ga ada. Kira2 masalahnya di mana ya??
    Kl memang AO522 ga cocok dgn Win7 ultimate, kenapa Acer malah kasih rekomendasi Win7 Ultimate ??
    Trm kasih atas bantuannya..;-D

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ponturi, apakah kamu yakin service center Acer di Mangga Dua Square menginstallkan Windows 7 Ultimate? Bukankah menurut keterangan di atas pada saat dimasukkan ke service center tersebut AO522 kamu sudah diinstall Windows 7 Ultimate? Windows 7 Ultimate bisa diinstall di AO522, tetapi karena RAM standarnya hanya 1GB maka performanya akan terasa lambat karena Windows edisi ini memiliki banyak fitur yang membutuhkan resource cukup besar.

  53. Saya sdh pakai laptop acer 4738G dan alhamdullillah sampai sekarang tidak pernah ada gangguan,,

    1. Dr. Acer says:

      Terima kasih Wisnu atas Feedbacknya 🙂

  54. saya pemilik acer aspire 4738 dengan OS 7 Home Basic didalamanya. apabila saya ingin mengganti dengan 7 Ultimate,apakah fitur Acer crystal webcam akan terhapus dan fitur2 yang lain sesuain bawaan pabrik?? jika terhapus apa saya bisa mendapatkan kembali di acer service center?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Admiral, jika kamu mengganti OS dengan cara mengupgrade maka aplikasi yang sudah ada tidak terhapus. Namun jika penggantian dilakukan dengan cara fresh install maka aplikasi yang ada sebelumnya akan terhapus. Untuk webcam bisa kamu install ulang aplikasinya dengan mendownload di website Acer, begitu juga dengan driver hardware: http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers
      Jika kamu menggunakan Windows 7 Ultimate original seharusnya bisa install dengan cara upgrade tanpa timbul masalah. 🙂

  55. aden lauren says:

    saya pengguna acer aspire s3 w7 home premium,ingin memasang bitlocker ,,,,bagaimana caranya,,,,

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aden, bitlocker hanya tersedia untuk Windows 7 Ultimate dan Enterprise.

  56. Daniel gea says:

    Dear dr.acer
    Saya mau tanya nih…
    5 bulan lalu saya membeli laptop acer aspire 4750Z non OS. lalu saya install Win 7pro non Original. sekarang saya berencana untuk menggunakan win7 home premium yang ori. bagaimana cara untuk mempertahankan aplikasi yang telah terinstal sebelumya??
    terima kasih untuk jawabannya..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Daniel, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Kamu memang terpaksa harus menginstall ulang semua aplikasi jika ingin berganti ke OS Windows 7 Home Premium genuine.

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved