Aspire 4750: Performa Mumpuni dalam Harga yang Terjangkau

 

Siapa bilang, performa tinggi harus ditebus dengan harga tinggi? Gak juga kok spAcer.

Seperti yang sudah kamu ketahui, prosesor Intel Core generasi kedua punya performa yang lebih baik dibanding pendahulunya. Tapi bukan berarti kamu gak bisa mendapatkan notebook ber-prosesor Intel Core generasi kedua dengan harga terjangkau. Bukan Acer namanya kalau tidak bisa menawarkan solusi yang terjangkau :).

Nah, kali ini, solusi yang ditawarkan Acer adalah Aspire 4750. Mau tahu bagaimana ‘isi’ dan performa notebook satu ini? Kalau gitu simak pembahasannya di bawah ini ya spAcer.

Acer Aspire 4750
Prosesor: Intel Core i3 2310M (2.1 GHz, cache 3MB)
Memori: 2 GB DDR3
Harddisk: 500 GB
VGA: Intel HD Graphics 3000
LCD: 14”
Resolusi LCD: 1366 x 768 piksel
Jumlah USB port: 3 (2x USB 2.0, 1x USB 3.0)
HDMI port: ya
Konektivitas: Wi-Fi, LAN
Webcam: Acer Cine Crystal
Card reader: 5-in-1
Optical Drive: DVD-RW

Penampilan bisa mengecoh
Penampilan notebook ini bisa mengecohkan Anda. Ya, Aspire 4750 memang memiliki penampilan seperti notebook Acer terdahulu. Akan tetapi, apa yang ditawarkan di dalamnya yang membuatnya sangat menarik. Tentu saja, penampilan luar pun tetap tidak ketinggalan zaman. Dengan fitur lengkap sebagaimana layaknya sebuah notebook mainstream (3 USB port, HDMI, layar 14”, DVD-RW, dan WiFi), Aspire 4750 hadir sebagai solusi kelas mainstream yang dimotori prosesor terbaru.

Prosesor baru: Intel Core i3 2310M
Bingung dengan penamaan? Mudah saja. Semua prosesor Intel Core generasi ke-2 memiliki penamaan dengan 4 angka. Ini berbeda dari prosesor Core 2010 terdahulu yang menggunakan penamaan dengan 3 angka (contoh: Core i3-380).

Aspire 4750 ini menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-2 dengan nama Core i3-2310M. Prosesor ini memiliki spesifikasi menyerupai Core i3 terdahulu. Di dalamnya terdapat 2 core prosesor yang memiliki fitur Hyper-threading (HT). Bedanya, prosesor baru ini sudah disempurnakan teknologinya untuk mencapai performa lebih tinggi. Konsumsi dayanya pun dirancang lebih rendah dibandingkan pendahulunya. Selain itu, yang paling penting adalah tersedianya VGA baru di dalam prosesor ini: Intel HD Graphics 3000.

VGA baru: Intel HD Graphics 3000
Ah, VGA terintegrasi tentunya memiliki performa yang biasa saja, bukan? Lalu apa istimewanya? Jangan remehkan VGA baru dari Intel ini. Intel HD Graphics 3000 memiliki performa dijanjikan cukup jauh dibandingkan pendahulunya. Intel menargetkan VGA baru ini untuk dapat menjalankan game mainstream seperti Starcraft 2, jajaran game The Sims, dan beragam game online 3D baru lainnya secara lancar. Selain itu, sirkuit VGA ini terkoneksi dengan teknologi Intel terbaru, Intel Quick Sync Video, yang menjanjikan performa pengolahan video (transcoding/konversi) yang jauh lebih kencang dibandingkan pesaing lainnya.

Kejutan: Port USB baru berwarna biru
Dari 3 port USB pada Aspire 4750, ada sebuah port USB berwarna biru. Hanya port USB bewarna biru saja, apa hebatnya? Mungkin Anda lupa atau belum tahu, port USB biru menandakan bahwa port USB tersebut adalah USB 3.0. Apa hebatnya?

USB 2.0 mampu mengalirkan data dengan kecepatan 480 Mbit/s, USB 3.0 mampu mencapai 5 Gbit/s. Secara teoritis, kecepatan USB 3.0 memang 10x lipat USB 2.0. Tentu saja, kecepatan ini bisa dicapai jika Anda menggunakan perangkat USB 3.0 yang kencang. Sebagai catatan, perlu diketahui bahwa port USB 3.0 dapat dipasangkan dengan perangkat USB biasa, hanya saja kecepatannya akan menjadi sama dengan USB 2.0.

Saat ini, sudah kian banyak perangkat storage yang menggunakan USB 3.0. Harddisk eksternal dan USB flash drive USB 3.0 sudah mulai mudah ditemui. Harganya pun tidak terpaut jauh dari versi USB 2.0. Jadi, memiliki sebuah komputer yang hanya bisa menggunakan USB 2.0 sepertinya akan terasa kuno di penghujung tahun 2011 ini.

Pengujian Kinerja
Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.

 

 

Notebook ini  jelas berhasil bersaing dengan Core i3 terdahulu. SYSmark 2007 menampilkan bahwa posisinya berada tepat di bawah notebook yang menggunakan prosesor Core i5 2010 dan bersaing ketat dengan Core i3 370. Akan tetapi, tampaknya SYSmark 2007 memang tidak menampilkan keunggulan yang luar biasa. Hal ini wajar, mengingat peningkatan pada prosesor Intel Core i3 generasi ke-2 memang tidak akan terlalu kentara pada pengujian “aplikasi normal” seperti SYSmark 2007. Mari kita lihat lebih lanjut, kemampuan Aspire 4750 dalam aspek pengujian lainnya.

Kemampuan VGA (3DMark 06)
Program tes ini bisa ditemukan online (www.futuremark.com). 3DMark 2006 adalah acuan umum yang universal untuk pengujian VGA. Versi ini adalah yang umum digunakan untuk VGA entry-level.

Anda kira VGA terintegrasi pada Core i3 tidak bisa unjuk gigi? Perhatikan grafik di atas. Acer Aspire 4750 dengan mudah “melibas” notebook dengan Intel HD graphics terdahulu. Bahkan, VGA yang tersedia pada notebook berbasis AMD E-350 pun belum mampu bersaing dengannya. Skor yang diperoleh Acer Aspire 4750 untuk urusan grafik 3D, baru bisa dilampaui oleh notebook Core i3 dengan memanfaatkan VGA discrete (terpisah) NVIDIA GeForce 310M. Itu pun, dengan skor yang tipis. Jadi, tidak heran jika Acer Aspire 4750 dapat menjalankan game 3D mainstream seperti Starcraft 2 dengan nyaman.

Kemampuan VGA (Video FullHD)
Menjalankan video fullHD (1080p) bukan merupaka masalah untuk Acer Aspire 4750. Jejalkan beragam format video fullHD, dan notebook ini akan menampilkannya dengan baik dan teramat mulus. Anda pun bisa memanfaatkan konektivitas HDMI untuk menampilkannya ke layar lebar.

MediaEspresso

Software ini adalah software umum yang bisa digunakan siapa saja. Fungsinya adalah untuk mengkonversi video dari satu format ke format lainnya. Contoh: Dari format MPEG 1080p ke format MP4 320×240 (yang sering digunakan untuk MP4 player). Proses konversi dengan software ini membutuhkan performa prosesor yang teramat kuat.

Pada pengujian ini kami memanfaatkan kemampuan MediaEspresso untuk memanfaatkan teknologi terkini. Apabila Anda memiliki VGA tambahan seperti NVIDIA atau AMD/ATI, MediaEspresso akan dapat menjalankan proses konversi video dengan lebih kencang

Dalam pengujian ini, grafik terpendek adalah yang terbaik. Jadi, jangan salah baca ya.

 

 

Perhatikanlah bahwa, tanpa mengaktifkan pemanfaatan Intel QuickSync, Acer Aspire 4750 dengan prosesor Intel Core i3 2310M sudah mampu melampaui kemampuan Notebook berprosesor Core i3 370 dengan mudah. Bahkan, saat notebook tersebut diberikan “bantuan” VGA GeForce 310M pun, Acer 4750 masih bisa melampaui kemampuanya. Lalu, perhatikan saat Intel QuickSync dihidupkan. Acer Aspire 4750 dengan mudah menunjukkan bahwa performanya mencapai 4.5X lebih kencang dari kemampuan notebook berprosesor Core i3 370, dalam hal konversi video.

Kemampuan USB 3.0
Untuk menguji kecepatan port USB 3.0 pada notebook ini, kami menggunakan sebuah USB flash drive dengan standar USB 3.0 yang berkecepatan tinggi (Kingston DT Ultimate 3.0). Pengujian dilakukan dengan mencatat waktu yang diperlukan untuk melakukan proses transfer data. Dalam hal ini, yang digunakan adalah sebuah film berukuran 550MB.

 

Hasilnya, memang tidak sesuai dengan teorinya. Akan tetapi, ini adalah hal yang wajar. Peningkatan kecepatan 50% saja sebenarnya sudah sangat tinggi. Dalam hal ini, port USB 3.0 pada Aspire 4750 mampu menunjukkan peningkatan kecepatan berkisar 2.5X lipat lebih kencang dibandingkan penggunaan USB 2.0 seperti yang ditemui pada notebook keluaran terdahulu.

Pengujian daya tahan baterai dengan Mobilemark 2007
Benchmark Suite ini merupakan perpaduan yang serupa dengan SYSmark 2007. Hanya saja, software ini sudah diatur sedemikian rupa untuk melakukan simulasi pekerjaan sehari-hari secara terus-menerus hingga baterai terkuras habis.

Dari hasil pengujian, ditemukan bahwa Acer Aspire 4750 mampu bertahan hidup hingga 350 menit atau nyaris 6 jam. Ini adalah hasil yang sangat baik, bukan? Sebuah notebook dengan harga terjangkau, akan susah mencapainya. Apalagi jika notebook tersebut sudah dilengkapi dengan VGA yang mumpuni.

Kesimpulan: Teknologi Baru yang Canggih, Tidak Perlu Mahal
Penggunaan prosesor Core i3 2310M pada Aspire 4750 ternyata tidak sekadar menggantikan Core i3 pendahulunya saja. Performanya pun meningkat cukup jauh pada beragam aspek. Terutama pada aspek grafisnya. Acer membuktikan bahwa performa VGA yang kencang, tidak hanya didapatkan pada notebook dengan VGA tambahan (discrete), bukan? Apabila Anda sering berurusan dengan konversi video, fitur QuickSync pada Aspire 4750, yang tidak dapat ditemui pada notebook dengan prosesor Intel Core i3 terdahulu, akan sangat membantu Anda.

Dengan harga yang sangat terjangkau (mulai dari US$ 549), Acer Aspire 4750 adalah pilihan yang menawan, bukan? Performa VGA yang tinggi dan daya tahan baterai ekstra menjadi kata kuncinya. Sementara itu, tersedianya USB 3.0 menjamin bahwa perangkat USB tercanggih Anda akan bekerja dengan kecepatan maksimal pada notebook ini. Tentu saja, hanya Acer yang mampu menyuguhkan teknologi terkini dengan harga yang terjangkau seperti Aspire 4750 ini.

Image Gallery :

 

Jan 13 2012

on Notebook

1,761 Responses to Aspire 4750: Performa Mumpuni dalam Harga yang Terjangkau

  1. dok,, saya ingin membeli notebook acer kisaran 4 jt yang bagus gt ada tdk? n kira2 tipe apa ya,, tqx

    By cia Reply
  2. dr. Accer saya mau tanya untuk mengecek keaslian adaptor charger Accer bagaimana ya. mohon informasinya. karena saya baru beli Notebook Accer aspire 4750, tapi saya ragu dengan adaptor chargernya. terima kasih

    By AMOS Reply
    • Dear Amos, ada apa dengan charger laptop kamu? Acer bekerja sama dengan beberapa vendor untuk pengadaan hardware, Tetapi dengan pengawasan kualitas yang ketat dari Acer sehingga bisa saja vendor charger yang digunakan berbeda.

      By Dr. Acer Reply
  3. dok, pada saat saya main game, tiba tiba game tersebut lag random, setiap 10 detik lag , habis itu lancar lagi , kenapa dok? gimana cara memperbaikinya dok ? terima kasih

    By Ansel Reply
    • Dear Ansel, agak sulit mendiagnosa penyebabnya. Kamu bisa coba menyampaikan pertanyaanmu langsung ke situs resmi game tersebut

      By Dr. Acer Reply
  4. Dr Acer, mau tanya nih. Saya pake acer aspire 4738. rencana saya pengen nyari lagi yang baru dgn spesifikasi lbih baik.
    harapannya
    os : win 7
    ram : 2gb
    vga : nvidia geforce 1gb
    spertinya as 4750 masuk klasifikasiny.

    nah apakah ada notebook yang lbih bgus dri 4750 ? yang kisarannya antara 4-5 juta? tq

    By Arie Reply
    • Dear Arie, mungkin kamu dapat mempertimbangkan Aspire 4752G ( Intel® Core™ i3-2350M, 1GB NVIDIA® GeForce® 610M, RAM 2GB, 640GB HDD, BT, HDMI Port, 4-in-1 (SD Card; MMC, MS-Pro, XD), Dolby® Advanced Audio® v2 with stereo speakers, harga Rp 5,099,000 (Linux) dan 5,749,000 (Windows7)

      By Dr. Acer Reply
  5. dok mau tanya bedanya OS LINUX sm OS WIN 7 HOME BASIC pha?
    Tolng pnjelasnnya..
    Terimaksh.

    By Rhio Reply
    • Dear Rhio, OS Linux adalah OS berbasis Open Source yang dikembangkan di berbagai komunitas/organisasi di seluruh dunia, sedangkan OS Windows adalah OS berbasis proprietary atau berbayar yang di kembangkan oleh Microsoft. perbedaan lebih jauh kedua OS tersebut bisa dilihat di forum-forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi :)

      By Dr. Acer Reply
  6. Saya baru beli acer tipe aspire 4750 tapi karena jarang dipakai tiba-tiba pas mau menghidupkan power laptop tidak respon hanya lampu indikator listrik/power menyala orange itupun jika batre dipasang dan dicolok ke listrik , tapi jika langsung ke listrik tanpa batre (dilepas) malah tidak nyala lampu indikator, demikian juga apabila batre dipasang terus power ditekan juga tidak respon.
    Kira-kira apa yang terjadi dan bagaiman solusinya? atas bantiuan dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

    By Bambang H. Reply
    • Dear Bambang, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support

      By Dr. Acer Reply
  7. Selamat sore Mas,
    Saya menggunakan Acer Aphire 4750 (core i5), sewaktu baru dihidupin dan mo masuk windows keluat kata2 “operating system not found” . Mohon pencerahannya pak.

    Terima kasih sebelumnya.

    By Arie Reply
    • Dear Arie, kemungkinan terjadi kerusakan pada OS di laptop kamu. Solusinya bisa dengan melakukan instalasi ulang OS pada laptop kamu

      By Dr. Acer Reply
  8. permisi dok, mau tanya, kekurangan dari acer 4750.

    By vhie Reply
    • Dear Vhie, semua tipe notebook memiliki kemampuan sebatas pada spesifikasi hardware yang dibenamkan di dalamnya. Jadi jika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan resource hardware di atas spesifikasi notebook tersebut tentu akan tidak bisa dijalankan ataupun bisa dijalankan namun kurang nyaman. Hal ini adalah keterbatasan atau kekurangan dari notebook atau komputer pada umumnya.

      By Dr. Acer Reply
  9. dok, bisa g ganti prosesor ke i5? cocoknya i5 apa dok? kalau aspire 4750 bisa di install bluetooth g dok? trims

    By Ansel Reply
  10. Hmm…sudah membeli sejak satu minggu yang lalu, so far pemakaian bagus, kinerja OK dan bertenaga, untuk main RPG game juga memuaskan…berencana mau upgrade ram ke 4GB dan pakai OS 64 Bit biar maknyusss…

    By jasa seo Reply
    • Terima kasih untuk testimoni dan kepercayaan kamu memilih Acer. :)

      By Dr. Acer Reply
  11. dr.acer Intel QuickSync itu apa??
    pada artikel di atas di sebutkan,lalu apa ada hubunganya dengan VGA??
    minta penjelasanya.. :)

    By Hariprabowo Reply
  12. tolong kasih saran dong kalau budget aku 6 jutaan neh, aku ga mau yang pake linux, kira2 yang ok buat aku apa ya?

    By cahaya Reply
  13. LXRJE0C036131126632000
    dlm disk management kapasitasnya 476939 MB sekitar 476GB nah yg terinstal di laptop cman 76,2 pda local disk C dan 159 pda local disk D nya…
    Jd baterainya aman dong klo di charger smbil di gunakan??

    By adi Reply
    • Adi, kami sudah melakukan pengecekan serial number dan didapati bahwa notebook Acer yang kamu miliki tidak bundling dengan Windows, artinya kamu menginstall sendiri OSnya. Kemungkinan ada kesalahan dalam proses instalasi ataupun dalam melakukan partisi. Apakah sisa kapasitas yang terlihat di Disk Management tersebut dalam bentuk Unallocated Space? Jika iya maka kamu bisa coba extend ukuran partisi C dan D.
      Untuk charging sambil menggunakan laptop tidak masalah, hal tersebut aman dilakukan.

      By Dr. Acer Reply
  14. Dr acer saya baru aja beli laptop acer 4750 tpi kok hdd yg terinstal cman 250Gb ya?? Kn kapasitasnya 500Gb
    Trus apakah laptop acer 4750 sdh mndukung kempuan switch ketika baterai sudah terisi penuh maka langsung dialihkan ke daya adaptor ?? Thx

    By adi Reply
    • Dear Adi, bisa diinformasikan serial number produk yang kamu miliki? coba juga cek pada disk management untuk info alokasi/ partisi HDD. 4750 dilengkapi dengan fitur trickle charge untuk mencegah terjadinya overcharging saat baterai penuh

      By Dr. Acer Reply
  15. dok, Dynamic Video Memory apa sih ? terima kasih.

    By Ansel Reply
  16. hy dr.acer, we mo tanya apa aja yg perlu di upgrade agar laptop we jd standart laptop gameing. laptop we seperti yg ada di review. mohon pencerahannya…

    By tianjoentaq Reply
    • Dear Tianjoentaq, untuk upgrade pada laptop kamu dapat melakukan upgrade RAM hingga 8GB. Info harga dan ketersediaan sparepart RAM yang sesuai silakan hubungi call center Acer 500-155

      By Dr. Acer Reply
  17. Dok, kalau biosnya di update, lebih baik versi berapa , tolong cra penginstalannya, serta keuntungannya dok, terima kasih

    By Ansel Reply
    • Dear Ansel, untuk update BIOS, disarankan untuk membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer melakukan update BIOS pada laptop kamu. Kesalahan dalam proses update BIOS bisa mengakibatkan kerusakan pada laptop hingga mati total.

      By Dr. Acer Reply
  18. Dr acer, harga 4750 nya kalo install sendiri berapa ?
    domisili ane di bandung ..

    By ztha Reply
    • Dear Ztha, AS4750 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 4,499,000,-(Linux) dan Rp 5.199.000,-(Windows 7), Harga tidak mengikat.

      By Dr. Acer Reply
  19. dok.acer saya amau tanya..saya beli acer aspire 4749z,dgan harga $675,,kira kira harga di indo berapayah,trus dibandingkan dengan aspire 4750 bagusan mana.?

    By ely Reply
    • Dear Ely, Untuk saat ini AS4749Z belum dipasarkan secara resmi di Indonesia. Kamu bisa melihat perbandingan spesifikasi kedua tipe tersebut di situs resmi Acer

      By Dr. Acer Reply
  20. dok. acer,,
    untuk as4750, gmn caranya masuk ke booting system?
    dan gmn cara untuk menyeting booting dari USB??
    mohon pencerahannya. ^_^

    By Akbar hidayat Reply
    • Dear Akbar, kamu bisa tekan tombol DELETE atau F2 untuk masuk ke menu BIOS. pada pilihan Boot Sequence, bisa pilih Removeable Media untuk set booting melalui USB atau perangkat yang menggunakan media USB

      By Dr. Acer Reply
  21. mau nanya ni dr.
    acer tipe berapa ya yg cocok untuk main game ps2 dan game online seperti PB dan game online lain dengan harga terjangkau

    By gtsam Reply
    • Dear Gtsam, bisa di informasikan kepada kami kisaran budget yang ingin dikeluarkan untuk membeli sebuah laptop? akan dr.Acer bantu memberikan referensi yang sesuai

      By Dr. Acer Reply
  22. Dr. Acer, sy mau tanya tipe netbook acer yang pas dengan spesifikasi sbb:
    Processor : AMD atau Intel Core generasi kedua
    RAM : 2gb (bisa di upgrade)
    VGA : 2gb (ATI RAdeon/Ge Force)
    Hard Disk : min 500 gb
    DDR3
    budget sy 4-6jt, adakah yang memiliki spek tsb?
    terima kasih

    By Satya Aditya Reply
  23. netbook yg paling bagus dari Acer yg mana?

    ^_^

    By Page Reply
    • Dear Page, pilihan netbook yang bisa kamu pertimbangkan adalah sebagai berikut:
      - AOD270 (Intel Atom N2600, 2GB DDR3, 320GB HDD, Intel GMA3600): Rp 2.599.000 (Linux) dan Rp 2.949.000 (Windows 7 Starter)
      - AOD270 Balloon Edition (Intel Atom N2600, 2GB DDR3, 320GB HDD, Intel GMA3600): Rp 2.799.000 (Linux) dan Rp 3.049.000 (Windows 7 Starter)
      - AO722 (AMD C-60, 2GB DDR3, 320GB HDD, Intel GMA3600): Rp 2.799.000 (Linux) dan Rp 3.149.000 (Windows 7 Starter)

      By Dr. Acer Reply
  24. kenapa Laptop ACER 4750 di instal WIN XP ga bisa ….Windows 7 Ultimate 32bit pertama lancar pas di shutdown dan dinyalakan lagi waktu startup nya error … windows ga mau booting berapa kali di install ulang seperti itu … apa harus memakai WINDOWS 7 yang 64 BIT????

    SMS dong fast respon “EMERGENCY ”
    085724406182

    By RezaARdiana Reply
    • Dear Reza, apakah saat instalasi Windows XP, SATA telah diubah ke mode IDE? untuk Windows 7 kemungkinan file instalasi bermasalah sehingga sistem crash

      By Dr. Acer Reply
      • waduh dr ACER cara ngubah ke mode IDE bagaimna?? kurang paham…
        klo win& nya tidak bermasalah soalnya komputer saya juga di install CD Win7 yang sama..

        kemudian teman sy merekomendasikan pake 64 bit tapi tetap saat pada posisi loading setelah tampilan loading jendela win7 lama..
        apakah DVD ROM yang bermasalah atau kah HArdisk nya…
        tapi masa baru belum juga 1minggu sudah rusak…????
        mohon pencerahannya…………..
        :-(

        By RezaARdiana Reply
        • sudah di ubah ke mode IDE jadi ga mau install Ulang……………….
          BINGUNG

          By RezaARdiana Reply
  25. Dok mau tanya AS4750-2332G50Mn dan AS4752-2352G50Mn apakah kemampuannya sama, memang perbedaannya untuk spesifikasi ke 2 notebook tsb dimana dok. Apakah ke 2 notebook tersebut bisa untuk game bola seperti PS2 ataupun game on line tanpa ada gangguan. Dimana saya bisa membeli salah satu produk tsb yang dekat dengan kota saya Cilacap (Jawa Tengah).
    Mohon penjelasannya. Terima kasih

    By Toni Reply
    • Dear Toni, AS4750-2332G50Mn menggunakan processor Intel Core i3-2330M (2.20GHz) sedangkan AS4752-2352G50Mn menggunakan Intel Core i3-2350M (2.30 GHz). Selebihnya spesifikasinya sama, menggunakan 2GB DDR3, 500GB HDD, dan Intel HD 3000. Perbedaan lain adalah dari segi desain casing dan pilihan warna.
      Untuk gaming, akan lancar jika spesifikasi notebook tersebut bisa memenuhi persyaratan hardware minimum (minimum system requirement) dari game yang akan dimainkan.Setiap game memiliki minimum system requirement yang berbeda-beda, biasanya dicantumkan di kemasan DVD atau di website developer game tersebut.
      Untuk pembelian produk tersebut di Cilacap bisa kunjungi toko komputer atau sentra penjualan komputer terdekat di kota kamu.

      By Dr. Acer Reply
  26. dok..w mw tnya nie cra instal blutooh.a gmna…….

    By jakmod Reply
    • Dear Jakmod, jika kamu sudah mendownload driver bluetoothnya di http://www.acer.co.id > Support > Download, cukup jalankan saja file yang sudah kamu download tersebut :)

      By Dr. Acer Reply
  27. dok, kalau RAM nya makin besar, berarti VGA nya juga semakin besar performanya?

    By Ansel Reply
    • Ansel, performa VGA tidak hanya ditentukan oleh besarnya video memory melainkan banyak hal lain termasuk salah satunya Core speed. Sebagai gambaran, VGA Intel HD dengan video memory 1GB masih akan tertinggal jauh performanya dibandingkan nVidia GT540M yang juga memiliki video memory 1GB.

      By Dr. Acer Reply
  28. Dr. Acer, saya mau tanya .
    RAM Standar acer 4750 kan 2GB , kalau kita tambah memori ram nya, apa kemampuannya bisa meningkat juga ?, trus berpengaruh nggak sama daya tahan batrai nya ?
    makasih

    By Juli suhendri Reply
    • Dear Juli, upgrade RAM akan membantu meningkatkan kinerja notebook. Sedangkan daya tahan baterai sendiri dipengaruhi banyak hal antara lain: aplikasi yang dibuka, LCD brightness, fitur yang diaktifkan (WiFi, bluetooth), setting power management, kapasitas baterai, serta perawatan.

      By Dr. Acer Reply
  29. dok, RAM saya 2 gb, knp disini 1,85? mohon bantuannya. kalau di upgrade pengaruh g dok? terima kasih

    By Ansel Reply
    • Dear Ansel, kapasita RAM yang “hilang” digunakan untuk video memory Intel HD. Jika diupgrade ke kapasitas RAM yang lebih besar maka kapasitas yang digunakan untuk video memory juga bisa lebih besar. Hal ini dikarenakan Intel HD menggunakan Dynamic Video Memory Technology dimana besarnya video memory disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dan juga kapasitas RAM yang tersedia.

      By Dr. Acer Reply
  30. saya juga punya acer 4750. masih garansi.

    waktu saya cek booting kemaring, muncul system repair. trus saya coba ikuti langkah nya. selanjutnya saya coba instal ulang. dan ternyata. tetep nggak bisa. apa hardisk nya kena ya ? trus solusinya gmana posisi di dekat solo

    By faqih Reply
    • Dear Faqih, notebook AS4750 milik kamu bundling dengan Windows dari Acer atau menginstall sendiri Windowsnya? Jika bundling dari Acer, kamu bisa coba untuk lakukan recovery dengan menekan alt + F10 pada saat muncul logo Acer ketika booting.
      Untuk service center Acer di Solo sendiri ada di alamat berikut:
      Jl. Slamet Riyadi 373 Ruko A5, Purwosari
      Solo, Jawa Tengah
      Tel +62-271-730177
      Fax +62-271-710044
      Senin – Sabtu 9 am – 5 pm

      By Dr. Acer Reply
  31. Dokter acer, aku mau nanya, VGA Intel HD 3000nya bisa diganti g dengan VGA NVDIA atau ATI? kalau bisa , VGA yang cocok apa Dok?
    mohon bantuannya

    By Ansel Reply
    • Dear Ansel, VGA pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti :)

      By Dr. Acer Reply
  32. dr acer , ane punya msalah nie, laptop ane as4750 .. space hdd yg trtulis 500gb tpi d lappi ane cman 90an gb… gmana tuh, vest ap itu sisa space dri instal driver ??

    By cihuyy48 Reply
    • Hai, bisa bantu infokan dengan lebih detil berapa partisi yang ada di HDD kamu dan besarnya masing-masing? Mohon diinfokan juga Windows yang ada di laptop kamu bundling dari Acer atau menginstall sendiri?

      By Dr. Acer Reply
      • dr.acer saya mau tanya,,kalau upgrde Memory itu stlah d upgrde hrus install ulang OSnya apa gga?
        apa stlah d upgrde bisa langsung d gunakan? :)
        saya menggunkan AS4750..

        By Hariprabowo Reply
        • Dear Hariprabowo, tidak perlu untuk install ulang OS karena laptop langsung dapat dipergunakan setelah upgrade RAM :)

          By Dr. Acer Reply
  33. dok,apa beda nya linux dengan Windows 7..? jadi software pada Acer Aspire 4750 linux atau Windows 7???

    By bintangjaya Reply
    • Dear Bintang, AS4750 dipasarkan dalam dua varian yaitu bundling dengan OS Linux dan OS Windows 7 Home Basic. Jika membeli AS4750 yang bundling dengan OS Windows 7 kamu akan bisa langsung menggunakannya atau menginstall aplikasi yang kamu inginkan karena mungkin sudah familiar dengan OS tersebut. Sedangkan untuk OS Linux yang diinstall di AS4750 adalah Linpus text based yang mirip dengan DOS. Jika tidak familiar dengan OS ini, kamu bisa menggantinya dengan Windows namun terlebih dahulu harus membeli installernya.

      By Dr. Acer Reply
  34. Memory (RAM) acer aspire 4750 brapa slot ? mau nambah max brapa giga ? type/merek yang diromendasikan untuk Memory (RAM) acer aspire 4750 ? kalau nambah (RAM) ngehapus garansi ga ?
    mohon pencerahannya dr.acer :)

    terimakasih

    By defyma Reply
    • Dear Defyma, AS4750 bisa menggunakan RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang disediakan. Jika upgrade dilakukan di Acer Service Center, maka garansi akan tetap berlaku :)

      By Dr. Acer Reply
  35. dok mau nanya. . . ? laptop acer apa yang pas buat pelajar dengan harga sekitar 3-5jt,..yang sdah wn7,,?jwbnya di mail ja ya؛؛‎?‎

    By pelajar indonesia Reply
    • Dear Aji, dengan budget tersebut kamu bisa memilih:
      - AS4750-2332G50Mn (Intel Core i3-2330M, 2GB DDR3, 500GB HDD, Intel HD3000 graphic): Rp 4.399.000 (Linux) dan Rp 5.049.000 (Windows 7 Home Basic)
      - AS4752-2352G50Mn (Intel Core i3-2350M, 2GB DDR3, 500GB HDD, Intel HD3000 graphic): Rp 4.899.000 (Linux) dan Rp 5.549.000 (Windows 7 Home Basic)

      By Dr. Acer Reply
  36. dok mau nanya. . . ? laptop acer apa yang pas buat pelajar dengan harga sekitar 3-5jt,..yang sdah wn7,,?

    By pelajar indonesia Reply
    • Dear Aji, Mungkin bisa pertimbangkan yang AS4739SE dipasarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp 4,499,000(Linux) dan Rp 5,049,000(Windows 7), harga tidak mengikat :)

      By Dr. Acer Reply
  37. kalo acer 4750 itu kan sudah ada vga intel nya.. kalo mw dipasang vga tambahan nvidia or ATI bisa gak?

    By zha Reply
    • Dear Zha, kamu tidak bisa menambah VGA nVidia atau Radeon ke dalam laptop AS4750.

      By Dr. Acer Reply
      • Acer 4750 ram nya bs d upgrade smpe brp GB dok?

        By Zha Reply
        • Dear Zha, RAM pada 4750 dapat diupgrade hingga maksimal 8GB :)

          By Dr. Acer Reply
  38. Mau tanya dong spesifikasi lengkap ACER ASPIRE 4755G-2674G75 + kisaran harga dalam rupiah dan usd untuk Indonesia. Lalu apa ada tipe lain 4755G ?
    Terima kasih.. =)

    By anonim Reply
    • Dear Anonim, AS4755G dengan processor Intel Core I7 yang dipasarkan saat ini memiliki tipe lengkap AS4755G-2678G. Spesifikasinya antara lain :

      Intel® Core™ i7-2670QM processor (6 MB L3 cache, 2.2 GHz with Turbo Boost up to 3.10 GHz)
      Genuine Windows 7 Home Premium
      14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
      RAM 8GB DDR3
      HDD 750GB
      VGA 2GB NVIDIA® GeForce® GT 540M
      HDMI Port
      DVD-Super Multi double-layer
      WiFi Link 802.11b/g/Draft-N, • Supporting Acer SignalUp™ wireless technology
      Acer Video Conference, featuring • Acer Crystal Eye webcam
      4-in-1 (SD Card; MMC, MS-Pro, XD)
      Dolby® Advanced Audio® v2 audio

      Harganya mulai dari Rp 10 jutaan, harga tidak mengikat

      By Dr. Acer Reply
  39. dr,acer saya mau nanya ni,saya kan beli laptop model ini,ini li labelnya HD graphics 3000

    tapi saya cek di dxdiag itu cuman hd graphics,jadi yang bener mana DR,dan jawabanya mohon di mailkan ya,thanks

    By hadi Reply
    • Dear Hadi, Intel HD 3000 masih masuk dalam Intel HD graphics family. Kamu bisa gunakan aplikasi CPU-Z untuk mendapatkan informasi mengenai system komputer dengan lebih detil.

      By Dr. Acer Reply
  40. bagaimana cara mengatasi kerusakan pada tombol mkloui yang berubah fungsi ke numlock

    By desy isya mazfitri Reply
    • Dear Desy, dr.Acer sarankan untuk membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat terlebih dahulu untuk pemeriksaan fisik secara langsung

      By Dr. Acer Reply
  41. Dr.Acer , acer 4750 sy tiba tiba mati sendiri, pdhl mesin jg belum panas banget. trus sy coba nyalakan lg ga bisa. kira2 knp ya Dr ?

    By atma Reply
    • Dear Atma, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support :)

      By Dr. Acer Reply
  42. Dok. saya pengguna 4750G yg versi i7-2630QM dan Nvidia GeForce 540M. Mengapa pada saat saya gaming, tiba2 laptopnya mati. Ada apa ya?

    By Hari Reply
    • Dear Hari, bagaimana dengan panas pada laptop kamu? Laptop memiliki perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya adalah untuk melindungi komponen didalamnya agar tidak rusak karena overheat. solusinya bisa dengan menggunakan perangkat tambahan berupa Cooling Pad

      By Dr. Acer Reply
  43. Doc, laptop saya menggunakan windows 7 home basic OS SEA original.
    Dan saya mau download sofware windows 7 original di laptop saya.
    Karena windows 7 home basic saya ada product key tapi saya gak tau bagaimana mendownloadnya?
    Mohon konfirmasinya doc

    By hendra Reply
    • Dear Hendra, product key Windows 7 Home Basic bisa dilihat di stiker COA (Certificate of Authenticity) Microsoft di bagian bawah laptop.

      By Dr. Acer Reply
  44. dear dr,acer,

    mau tanya skalian sarannya,,untuk aspire 4750 (pengen upgrade memory)
    *persisnya aspire 4750 punya brapa chanel memory dr.acer?
    *klo ada dual chanel, per chanelnya max brapa gb dr.acer,,?
    minta pencerahannya dr,acer, ,,

    By rian Reply
    • Dear Rian, AS4750 bisa menggunakan RAM hingga 8GB DDR3 dengan menggunakan kedua slot RAM yang disediakan.

      By Dr. Acer Reply
  45. Minta saran kok laptop saya VGA nya ndak bisa di instal ya

    maaf ngrepotin

    By Angga Reply
    • Dear Angga, VGA apa yang tidak bisa diinstall? Mohon penjelasan yang lebih detil. :)

      By Dr. Acer Reply
  46. Dok bedanya sama 4750 i3 2330m apa…trus dus yg sy terima tidak ada s/n nya pa asli acer atau bkn tp pas di cek sn nya terdaptar ko…

    By uans Reply
    • Dear Uans, AS4750 terbaru yang dipasarkan oleh Acer menggunakan processor Intel Core i3-2330M. Jika S/N-nya terdaftar bergaransi resmi Acer Indonesia setelah dicek di http://warranty.acer.co.id maka kamu tidak perlu kuatir lagi. Terima kasih atas kepercayaan kamu memilih Acer. :)

      By Dr. Acer Reply
  47. kenapa laptop acer saya kalou pakai wallpaper hanya bertahan 5 menit setelah itu berubah jadi hitam ?

    By anisa riska Reply
    • Dear Anisa, bisa infokan Windows apa yang kamu gunakan? Apakah menggunakan Windows yang original?

      By Dr. Acer Reply
  48. Dr.Accer, tanya dong,
    kalo buat laptop dengan budget antara4-5 juta, kira-kira spec yg bagus apa yaa ?thx

    By elis Reply
    • Dear Elis, Aspire 4750 yang dibahas di artikel ini adalah pilihan bagus yang bisa kamu pertimbangkan. Aspire 4750 dipasarkan dengan harga Rp 4.399.000 (Linux) dan Rp 5.049.000 (Windows 7 Home Basic).

      By Dr. Acer Reply
  49. dok, acer aspire 4750 berbasis windows 7 atau tidak?

    By zuhdi Reply
    • Dear Zuhdi, Aspire 4750 dipasarkan dalam dua varian yaitu bundling dengan Linux dan Windows 7 Home Basic.

      By Dr. Acer Reply
  50. di mana letak kelebihan dan kelemahan 4750z ama 4750

    By Danendra Pratistyanto Reply
    • Dear Danendra, dari segi performa lebih unggul 4750 karena sudah menggunakan processor Intel Core i3 2nd generation. Sedangkan 4750z menggunakan processor kelas Intel Pentium.

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.