Sebelum Membeli Tablet PC

Berkembangnya dunia teknologi dan informasi juga turut mempengaruhi perkembangan perangkat teknologi itu sendiri. Dari komputer dekstop, beralih ke Laptop hingga saat ini berkembang teknologi Tablet PC. Alasan praktis dan efisiensi menjadi latar belakang beberapa orang membeli tablet PC. Namun ternyata tidak banyak dari pembeli tablet PC sendiri tidak banyak mengetahui teknologi bahkan kegunaan dari tablet PC mereka sendiri. Oleh karenanya sebelum membeli tablet PC, ada baiknya untuk mengenal lebih jauh tablet PC itu sendiri agar nantinya tablet PC dapat berguna dengan maksimal.

Apa itu Tablet PC ?
Tablet PC pada dasarnya adalah sebuah komputer tablet pribadi yang multifungsi dan praktis dilengkapi dengan layar sentuh sebagai perangkat input utama dan dikembangkan untuk dioperasikan secara individu. Berbeda dengan dekstop dan komputer laptop, tablet tidak dilengkapi dengan keyboard melainkan menggunakan pengganti layar virtual. Pada tablet sendiri terangkum beberapa aplikasi perangkat lunak seperti web browser, office, game serta beragam aplikasi lainnya. bahkan diantaranya terintegrasi langsung oleh beberapa aplikasi sosial media.

Lalu apa yang harus dipertimbangkan sebelum membeli Tablet PC ?
Mobilitas jelas menjadi alasan mengapa seseorang membeli sebuah Tablet PC. Tidak sekedar mobilitas secara fisik, Tablet PC yang baik adalah Tablet PC yang memudahkan si penggunanya. terutama permasalahan konektivitas. Hal ini penting ditengah mobilitas yang tinggi. cukup merepotkan jika Tablet PC yang Anda beli tidak Full Connectivity karena justru akan menyulitkan jika ingin melakukan sharing file dan lain-lain.

Selain mobilitas, kegunaan dari Tablet PC pun juga perlu diperhatikan. Hal ini kembali lagi pada kebutuhan Anda sebagai pengguna Tablet PC. Apa yang akan Anda lakukan pada Tablet PC tersebut? apakah sekedar browser, games, ataupun kebutuhan office. Carilah fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk kamu pecinta games, kamu harus pastikan jika Tablet PC yang akan dibeli memiliki kualitas grafis yang baik. Selain prosesor, patikan juga tablet PC dilengkapi dengan fasilitas suara yang baik seperti menggunakan teknologi Dolby Mobile dan stereo speaker.

Untuk kamu yang sehari-hari menggunakan Tablet PC sebagai media browsing, pastikan Tablet PC dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi agar mudah berselancar dimanapun ketika ada area HotSpot. Jangan lupa fitur tambahan seperti camera yang terintegrasi dengan baik sehingga Tablet PC kamu lebih fungsional seperti untuk video calli dan lain-lain.

Yang pasti Tablet PC yang kamu beli haruslah menjawab semua kebutuhan yang kamu perlukan saat ini. Di era perkembangan teknologi saat ini, keperluan bisnis, hibura, serta sosial media harus terpenuhi dengan baik dalam satu Tablet PC sehingga fungsinya dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Related Article

44 Responses to Sebelum Membeli Tablet PC

 

  1. dr acer saya mau tanya kenapa word excel di komputer tidak bisa di gunakan ke tablet acer iconia b1

    1. Dr. Acer says:

      Dear Pengki, kamu bisa menginstall aplikasi Android seperti Kingsoft Office untuk menjalankan file word atau excel di tablet Acer Iconia B1. Silahkan download aplikasi tersebut di Google Playstore.

  2. ulfa says:

    saya pengguna acer iconia A1-811.saya sudah membeli konverter mini hdmi ke vga.di status tablet kabel tersambung tapi pada layar projektor kok gk muncul gambarnya ya mas?bagaimana memunculkan gambar di layar projektornya ya.mohon titik terangnya.trimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ulfa, untuk saat ini Iconia A1-811 belum dapat dihubungkan dengan konektor VGA namun kamu bisa menggunakan proyektor atau monitor eksternal dengan konektor HDMI. :)

  3. adel says:

    dimana saya msh bisa beli ACER Iconia Tab A501, saya tau product itu discontinued, tp mungkin ada info tempat yg msh jual product ACER Iconia Tab A501, mohon info nya, thanks.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adel, Mohon maaf, saat ini tipe tersebut sudah tidak dipasarkan lagi oleh Acer Indonesia. Kamu bisa coba kunjungi toko-toko terdekat, atau kunjungi situs belanja online terpercaya yang masih menampilkan produk tersebut :)

  4. evi says:

    Acer icornia A200 bisa dihubungkan dengan keyboard gak?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Evi, kamu bisa menggunakan bluetooth keyboard yang bisa kamu dapatkan di toko aksessoris komputer terdekat. :)

  5. Pendy says:

    PC Tablet versi apa yang bisa di hubungkan dengan projector dan LAN (jaringan kabel) ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Pendy, Untuk dihubungkan dengan projector, bisa melalui HDMI Port yang ada pada produk PC Tablet Acer dengan OS Windows. sedangkan untuk dihubungkan dengan LAN hanya dapat dilakukan menggunakan perangkat tambahan berupa converter USB to LAN. Kamu bisa pertimbangkan produk PC Tablet Acer dengan OS Windows, antara lain : Acer Iconia W510, Acer Iconia W511, Acer Iconia W700, serta Acer Iconia W3 :)

  6. Nabila Ayu says:

    Saya mau tanya, apakah Acer Iconia A200 bisa terhubung dengan LCD proyektor?
    Thx before

    1. Dr. Acer says:

      Nabila, produk PC Tablet Acer Indonesia dapat dihubungkan dengan projector melalui port HDMI. Kamu bisa menggunakan konverter HDMI to VGA untuk menghubungkan PC Tablet dengan projector yang menggunakan port VGA :)

  7. devy says:

    apakah untuk acer inconia a101 menghubungkan ke proyektor menggunakan kabel standar notebook

    1. Dr. Acer says:

      Devy, Untuk LCD proyektor terbaru yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan port HDMI, namun jika tidak, untuk menyambungkannya harus menggunakan konventer HDMI To VGA. :)

  8. budi witoyo says:

    apakah acer A101 bisa untuk telepon??
    baterai acer A101 bsa di ganti dengan baterai yang lebih besar atau tidak??
    terima kasih,mhon jawaban secepatnya..

    1. Dr. Acer says:

      Budi, Iconia A101 tidak dapat digunakan untuk menelpon, SIM card digunakan untuk koneksi internet dan dapat melakukan sms. Kapasitas baterai pada A101 adalah 1530mH dengan 2-cell. :)

    2. Dr. Acer says:

      Budi, Iconia A101 tidak dapat digunakan untuk menelpon, SIM card digunakan untuk koneksi internet dan dapat melakukan sms. Kapasitas baterai pada A101 adalah 1530mH dengan 2-cell.:)

  9. dhigna says:

    Acer Iconia B1-A71 dapat connect ke LC proyektor dengan konverter HDMI ke VGA ? trimakasi

    1. Dr. Acer says:

      Dhigna, Tidak tersedia port HDMI pada Acer Iconia B1 :)

  10. nita says:

    mau nanya nich,,,aq pengajar dan mobile,yang sering menggunakan MS office untuk media ajar dan slalu menggunakan LCD Proyektor ,nah,skrg PC tablet apa yang bs conect dengan Lcd Proyektor…dan jg bisa berfungsi sebagai alat komunikasi…maksudnya ada simcard nya…makasih..

    1. Dr. Acer says:

      Nita, Untuk saat ini produk PC Tablet Acer yang dipasarkan oleh Acer Indonesia bisa dihubungkan dengan proyektor. Dan untuk yang menggunakan SIM Card, kamu bisa pertimbangkan Acer Iconia A101, A511, dan A701. ketiga tipe ini bisa menggunakan SIM Card dan bisa digunakan untuk SMS an, tetapi tidak untuk melakukan panggilan :)

  11. nanang says:

    kapan w700 bisa saya beli krn kemarin saya hanya kebagian w510 di acer sby Hi Tech katanya W700 blm nyampek sby, kemudian setelah dapat w510 saya kesulitan dapat dockingnya dan saat ini saya membutuhkan docking itu kata acer sby docking blm masuk sby, jadi kapan saya bisa beli docking w510 dan w700nya ?

    1. Dr. Acer says:

      Nanang, Kamu bisa melakukan pemesanan di Acer Center & Acer Store untuk unit yang kamu inginkan. Selanjutnya akan dihubungi apabila unit tersebut sudah tersedia :)

  12. Adjie says:

    saya tertarik dengan Acer Iconia A511. dimana saya dapat membelinya? dan berapa harganya?

    1. Dr. Acer says:

      Adjie, Kamu bisa coba kunjungi jaringan penjualan Erafone terdekat di kota kamu. Acer Iconia A511 dipasarkan dengan harga Rp 4,990,000 :)

  13. rizal says:

    kebetulan saya lagi bingung mau beli tablet atau notebook untuk tugas kuliah yang dituntut banyak menggunakan program words.tapi saya juga pengen bisa mudah konek ke internet dan mudah mendownload game seperti game2 android.apakah tablet PC cocok buat saya?terima kasih atas sarannya :-)

    1. Dr. Acer says:

      Hai Rizal, mungkin kamu dapat mempertimbangkan seri tablet W510 dengan OS WIndows8. Seri tablet ini dipasarkan dengan harga 5,9 jutaan :)

  14. mau tanya ada gk tablet windows 8 yang langsung bisa di konek dengan infocus . .

    1. Dr. Acer says:

      Fachry, Iconia W510 dan Iconia W700 bisa dihubungkan ke LCD projector dengan kabel HDMI to VGA yang disertakan pada paket pembelian.

  15. rudiy says:

    apakah tablet pc ini bisa diinstal macromedia dreamweaver, filezilla, dan perangkat lainnya yang biasa digunakan di OS windows. terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rudiy, untuk PC Tablet dengan OS Android, aplikasi yang di desain untuk OS Windows tidak bisa di install pada perangkat ini. Kamu bisa pertimbangkan Acer Iconia W500 yang menggunakan OS Windows 7 :)

  16. Arai says:

    Apakah Tablet pc di lengkapi aplikasi seperti microsoft word, excel, power poin, dll????

    1. Dr. Acer says:

      Arai, pada produk Tablet dengan OS Android. terdapat banyak aplikasi office yang bisa di download di Play Store. Pada Tablet Acer sendiri telah tersedia aplikasi DocsToGo Free

  17. joe says:

    dear acer.
    mau tanya, acer mengeluarkan tablet PC ukuran 7″ nggak ya?
    misalnya ada, seri berapa yg bisa untuk akses data (3G dan wifi). apakah seri itu support flash (misalnya kita mau main game di FB).

    harganya berapa untuk seri itu?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Joe, kamu bisa pertimbangkan Acer Iconia A101 dengan ukuran layar 7″, dilengkapi dengan konektivitas 3G dan WiFi. spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products

  18. Aldy says:

    Sy sering presentasi dgn LCD proyektor.
    1. Apakah Acer tablet PC bisa connect ke LCD Proyektor dengan program standar MS power point.
    2. ka;au bisa tipe apa ? dan berapa harganya ?
    Thx sebelumnya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aldi, Iconia Tab A501 bisa dikoneksikan ke proyektor dengan menggunakan konverter HDMI to VGA. Konverter HDMI to VGA ini bisa dihubungkan dengan Iconia Tab A501 menggunakan adapter HDMI to microHDMI.
      Harga Iconia Tab A501 adalah Rp 4,99juta (16GB) dan Rp 5,7juta (32GB).

  19. Iya Cute says:

    Tablet PC itu bisa gak sih di install program2 seperti local host dan Micromedia Dreamweaver soalnya lagi suka2nya ngerancang web?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Iya, bisa saja jika tersedia aplikasi seperti itu untuk Tablet yang menggunakan OS Android :)

  20. hilda says:

    di sbuah keterangan bhwa ad tablet yang punya jaringan 2G/3G/GSM apakah ini berarti tablet bisa di gunakan buat SM/telphon?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hilda, tablet PC Acer tidak bisa digunakan untuk telepon. Koneksi 3G yang ada digunakan sebagai koneksi ke internet.

  21. Aminaty says:

    yang menjadi pertyaan saya : bisakah tablet pc digunakan para designer yg sering menggunakan aplikasi AUTOCAD, photoshop…
    karena saya aktifitas kerjax menggunakan aplikasi ACAD tersebut.

    terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aminaty, jika pekerjaan kamu banyak menggunakan aplikasi Autocad dan Photoshop maka disarankan untuk membeli notebook saja. Fungsi tablet lebih kepada internet mobile device, office application, dan entertainment.

  22. akagi says:

    Yang menjawab semua kebutuhan yang paling utama adalah BATERAI-nya itu sendiri.
    Tentu dengan pilihan BATERAI-GANDA yang paling tahan lama sekali charge.
    Tidak perlu repot untuk OFF & change baterai gitu aja kalau saja ada dock multi fungsi.
    YA’KAN?!?

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved