Menganalisis Bunyi Beep Saat Menyalakan Laptop

spAcer pernahkah kamu mengalami bunyi “beep’” saat kamu menyalakan perangkat laptop atau komputer kamu? Umumnya suara “beep” akan keluar dari laptop atau komputer tiap kali melakukan proses booting sebelum akhirnya laptop atau komputer berhasil masuk kedalam sistem operasi.

Namun tahukah kamu pada dasarnya bunyi “beep” bukan tidak sengaja muncul. Bunyi “beep” yang keluar dari perangkat laptop atau komputer kamu merupakan pertanda masalah tertentu yang terjadi pada laptop atau komputer kamu. Analisis suara seperti ini memang seringkali digunakan bagi seorang troubleshooter (penganalisa masalah pada komputer).

Bunyi “beep” pendek sekali dapat mengindikasikan bahwa komputer atau laptop kamu berhasil melakukan dan menghidupkan semua komponen yang dibutuhkan untuk prosse boot up sebuah perangkat komputer. Jjika bunyi ini terdengar namun perangkat tidak menyala, cobalah cek monitor kamu.

Sedangkan bunyi “beep” pendek 2 kali dapat berarti terdapat masalah pada konfigurasi atau setting CMOS. Untuk bunyi “beep” panjang sekali dan pendek sekali artinya ada masalah pada perangkat keras motherboard atau memory kamu. Pastikan kedua perangkat tersebut telah terpasang dengan baik.

Bunyi “beep” panjang sekali dan pendek 2 kali menandakan adanya masalah pada monitor atau VGA card sedangkan bunyi “beep” panjang 1 kali dan pendek 3 kali artinya terdapat masalah pada keyboard.

Selain itu bunyi “beep” panjang sekali dan pendek 9 kali juga kadang terdengar jika ada masalah pada RIOM BIOS perangkat kamu sedangkan bunyi “beep” panjang secara terus menerus berarti RAM perangkat kamu terdapat masalah. Sebaliknya, jika bunyi “beep” terdengar pendek dan terus menerus hal tersebut dapat menandakat adanya masalah penerimaan tegangan atau power.

Untuk itu, jika terjadi suara seperti yang dijelaskan kamu dapat menganalisa kesalahan sehingga dapat melakukan tindakan antisipatif. Jika memang tidak ahli, segera bawa laptop atau komputer kamu ke pusat service resmi terdekat.