Memakai Laptop Dengan Benar

spAcer, merawat laptop memang dibutuhkan jika kamu ingin laptop kamu awet dan tahan lama. Laptop yang terawat otomatis memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan yang tidak terawat. Namun pemakaian juga memegang peran penting loh. Jika kamu memakai laptop dengan cara yang benar, maka tidak heran laptop kamu juga akan berumur panjang. Berikut sedikit ulasannya.

Saat menggunakan laptop letakan ditempat yang benar seperti meja. jangan lupa letakan di bidang yang rata agar keluar masuknya udara lancar. Jangan tempatkan laptop di kasur karena akan menghalangi sirkulasi udara dari laptop. hindari meletakan wadah berisi air didekat laptop karena beresiko terkena air jika tumpah.

Selesai menggunakan laptop, usahakan untuk tidak langsung menutupnya karena panas yang keluar dari laptop dapat merusak LCD. Biarkan sebentar hingga beberapa saat lalu tutup laptop. Bila terpaksa melakukannya, kamu dapat melapisinya dengan bahan yang lembut.

Menggunakan cooling pad juga disarankan untuk penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama. Hal ini membantu agar suhu laptop tidak terlalu panas sehingga tidak merusak komponen dalam laptop. Namun jangan juga membiarkan laptop dalam kondisi terlalu dingin.

Berhati-hatilah saat kamu memasukan laptop kedalam tas. Meskipun terdapat pelindung tetapi hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi jika kamu tidak berhati-hati. Selain itu, menggunakan stabilizer juga disarankan sehingga arus listrik yang masuk tetap stabil dan tidak mengenai motherboard. Terlebih saat penggunaan yang cukup lama.

Yang pasti bukan hanya merawat, menggunakan laptop kamu dengan cara yang benar juga turut membantu laptop kamu lebih lama bertahan. Selamat mencoba spAcer !

 

Dec 05 2011

on How To, Tech News

292 Responses to Memakai Laptop Dengan Benar

  1. Dok, laptop saya kenapa ya sering ng-hang. kalau dihidupkan,layar laptopnya hitam dan tidak bisa di operasikan. dan terkadang laptop saya suarnya hilang. gmana dok solusinya ?

    By Bintang Reply
    • Dear Bintang, kemungkinan ada kerusakan pada sparepart seperti HDD atau ada masalah pada lisensi software Windows. Untuk kepastiannya dibutuhkan pemeriksaan unit secara menyeluruh dengan meminta bantuan petugas service kami yang daftar lokasinya bisa ditemukan pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
      • Dok, kalau saya lupa mendaftarkan garansi laptop saya ke ASC tapi kartu garansi nya masih ada. apa saya masih bisa mendapatkan garansi ?

        By Bintang Reply
        • Dear Bintang, garansi tetap berlaku terhitung sejak tanggal pembelian (dengan bukti nota pembelian). Jika hanya tersedia kartu garansi maka masa garansinya ditentukan berdasarkan data yang ada pada Acer service center.

          By Dr. Acer Reply
  2. dok kalo harga charger ori acer e1471 yang ori kira2 berapa ya?

    By esco Reply
    • Dear Esco, untuk info ketersediaan dan harga charger Aspire E1-471 silahkan kamu menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) atau kamu bisa datang langsung ke Acer service center terdekat yang lokasinya bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  3. Alow dok, mau tanya saya pake acer v5-132h. Mao tanya, taunya batre sudah penuh atau belum dri mana yah? Apakah lampu indikator kuning akan berubah jadi biru? Sedangkan lampu indikator ada nya di dalam, jadi apakah ketika di chas laptop harus dalam ke adaan terbuka? Thx

    By Willi Reply
    • Dear Willi, sebenarnya tidak masalah apabila melakukan charing dalam kondisi laptop terbuka atau nyala sekalipun. Sebagai infromasi baterai penuh pada saat proses charging biasanya ditandai dengan berubahnya lampu indikator menjadi berwana biru.

      By Dr. Acer Reply
  4. dok, saya di kasih laptop acer aspire 4710z. pas mau dinyalain gak kuat ngangkat, udah muncul loading windows xp nya tapi mati lagi. ini harus di apain?

    By taufik maulana ramadan Reply
    • Dear Taufik, kemungkinan file system Windows crash atau ada hardware yang sudah menurun performanya, sebagai langkah awal kamu bisa coba install ulang Windowsnya. Jika masih belum berhasil kami sarankan bawa unitnya ke Acer service cente r terdekat.

      By Dr. Acer Reply
  5. Dokn Saya ayu ,,, saya ingin tanya kalau pemakaian lepato saat memakainya di rumah bholeh ngak tanpa batre ? Kalo laptop sedang di bawa keluar baru saya pake batre ? Apa itu akan berpengaruh pada komponen di dalamnya ?

    By Ayu Prasiska Reply
    • Dear Ayu, pemakaian laptop tidak disarankan melepas baterai karena dikhawatirkan tegangan listrik yang tidak stabil dapat merusak komponen/hardware laptop.

      By Dr. Acer Reply
  6. Hai dok saya asep . saya bahas tentang replacing your baterry aspire one 722
    ini saya ikut cara google
    1. Charge baterai kamu sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop kamu. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
    2. Hidupkan laptop kamu lalu tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.
    3. Setelah sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop kamu.
    4. Biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop kamu selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri.
    5. Setelah mati, pasang kembali charger laptop kamu, lalu nyalakan kembali laptop kamu dengan normal. Hasilnya…semua kembali normal! Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.
    NAMUN MASIH AJA BLUM ADA PERUBAHAN
    mohon solusinya dok.

    By asep saepudin Reply
    • Dear Asep, jika setelah dikalibrasi tidak mengalami perubahan maka kami sarankan bawa unit laptopmu ke Acer service center terdekat. Daftar lokasinya tersedia pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  7. dok saya sena .
    saya mau nanya laptop saya acer aspire e1-471G menggunakan windows 7 32 bit,jadinya lemot sama net frameworknya tidak bisa diinstall ?
    terima kasih dok

    By sena agam Reply
    • Dear, Sena. Pastikan kamu menginstall aplikasi yang sesuai dengan versi windows yang kamu gunakan. Mengenai masalah ‘lemot’ ada kemungkinan aplikasi yang kamu jalankan memerlukan resource yang lebih tinggi dari spesifikasi Aspire E1-471G

      By Dr. Acer Reply
  8. Dear, Doc.
    Doc, saya pake v5 132. Notebook saya koq gak bisa di charge ya? Lampu indikator di notebooknya tidak mau nyala Dan arusnya juga tidak masuk.
    Kira2 yang bermasalah apa ya?
    Terima kasih.
    Ps: kemarin baru keluar dri Acer center, katanya batrai juga habis di replace.

    By Fithri Reply
    • Hai Fithri, mohon maaf tas ketidaknyamannya yang kamu alami pada saat menggunakan produk Acer. Sebagai langkah awal kamu bisa coba melakukan kalibrasi baterainya terlebih dahulu dengan langkah-langkah sebagai berikut:
      1. Sambungkan pusat listrik ke adaptor notebook dan lakukan pengisian penuh pada baterai.
      2. Ketika baterai sudah penuh, lepaskan adaptor dan gunakan notebook dengan tenaga baterai saja.
      3. Non-aktifkan/disable semua warning option untuk baterai di Power
      Options properties seperti Shut Down, Stand-by on Hibernation. Nah,
      ketika baterai hanya 3%, tutup semua aplikasi dan biarkan notebook mati dengan sendirinya.
      4. Sambungkan pusat listrik ke adaptor kamu lagi dan isi ulang kembali baterai kamu sampai penuh.

      By Dr. Acer Reply
  9. dok mengapa acer e1-432 saya layar monitor lcdnya dan sekitar lcdnya pada lecet2?padahal tidak terkena apa2

    By fau Reply
    • Dear Fau, agak sulit memastikan penyebabnya tanpa melalui diagnosa unit secara langsung, kami sarankan membawa unitnya ke Acer service center terdekat yang lokasinya bisa dilihat pada bagian bawah blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  10. dok knapa ketika mau ketik satu huruf di keyboard langsung hurufnya banyak padahal saya sdh atur di pengaturan keyboard tetap saja bgtu!

    By Adtman Reply
    • Hai Adtman, bisa diinfokan apakah kamu sudah coba menggunakan keyboard eksternal? Jika menggunakan keyboard eskternal dan tombol dapat berfungsi normal kemungkinan ada problem pada keyboard laptop kamu. Kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center terdekat agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan pengecekan dan perbaikan.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  11. dok saya maw tanya acer e1 471g gak bisa di instali windows 7 yaa

    By agachi Reply
    • Dear Agachi, Aspire E1-471G support untuk digunakan dengan OS Windows 7 :)

      By Dr. Acer Reply
  12. dok , laptop saya kalau dibuat broswer sangat lemot ?
    kenapa ya ,, apalagi kalau di buat ngegame di fb . ngeag setengah matii deh ,, padahal reolusi nya udah paling kecill … ?
    laptop ane aspire E1-421 .. ?
    thanks

    By Deny Prasetyo Reply
    • Dear Deny, kecepatan saat browsing di Internet, serta memainkan game Online lebih tergantung kepada kecepatan internet yang kamu gunakan itu sendiri :)

      By Dr. Acer Reply
    • dok , dok , laptop saya kalau dibuat broswer sangat lemot ?
      kenapa ya ,, apalagi kalau di buat ngegame di fb . ngelag setengah matii deh ,, padahal reolusi nya udah paling kecill … ?
      (punya teman saya tidak)
      padahal 1 WIFI dengan saya ,keceptan wifi sek 20GB

      By danang Reply
      • Hai, Danang. Bisa informasikan tipe laptop yang kamu miliki?

        By Dr. Acer Reply
    • dok , dok , laptop saya kalau dibuat broswer sangat lemot ?
      kenapa ya ,, apalagi kalau di buat ngegame di fb . ngelag setengah matii deh ,, padahal reolusi nya udah paling kecill … ?
      (punya teman saya tidak ngelag )
      hmm , lambatt atau bisa di bilang patah” lah
      padahal 1 WIFI dengan saya ,keceptan wifi sek 20GB

      By danang Reply
      • Dear Danang, sudah coba untuk menggunakan aplikasi browser lainnya?

        By Dr. Acer Reply
  13. Dok saya td ga nekan apa2 di ntbj saya kok bisa huruf u,i,p,l,k,j nya gabisa keluar huruf ya keluarnya simbol,sudah saya coba pencet fn+f11 spt yang doktrr sarankan tp tetap ga bisa,gimana ya dok?thx

    By roudya farha Reply
    • Dear Roudya, jika memang tetap tidak berhasil dengan Fn+F11 kami sarankan bawa unitnya ke Acer service center untuk pemeriksaan unit secara menyeluruh. Lokasi service center bisa dilihat pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  14. dok saya baru beli acer aspire v5-132 tapi kenapa untuk fungsi keyboard yang huruf 2 dan 3 seharusnya klo di tekan shift menjadi @ dan # tapi dia malah keluar simbol ” dan l latin..sedangkan tombol yg lain berfungsi dengan baik…
    nah itu cara setting nya gimana biar kembali lagi ke fungsi normal nya ?

    By vivi Reply
    • Dear Vivi, untuk kendala pada hardware kami sarankan agar membawa unitnya ke Acer service center terdekat agar dibantu teknisi memeriksa secara menyeluruh dan mendapatkan solusi yang terbaik atas problem tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  15. Haii dok ini saya Damar .
    Dok kok icon Batterai saya sama icon sound saya kok hilang dengan tiba tiba ya ni gambar nya dok >>>> http://prntscr.com/2wa1pw
    Sudah saya benerin ini dok gambar nya >>> http://prntscr.com/2wa1u6
    Tapi tetep gk bisa ni dok knp ya ?
    Saya mulai panik ni dok :( takut laptop rusak

    By Damar Reply
    • Dear Damar, Mungkin kamu bisa coba lakukan System Restore terlebih dahulu, atau lakukan scan menggunakan aplikasi untuk memaintenance registry. Referensi mengenai aplikasi ini bisa kamu dapatkan di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi :)

      By Dr. Acer Reply
  16. bagaimana cara mengatur contras pda acer

    By uchy Reply
    • Hai, Uchy. Bisa informasikan tipe laptop yang kamu miliki? Jika yang kamu maksud tingkat kecerahan layar, kamu bisa mengaturnya dengan menekan tombol Fn+[Panah Atas/Bawah]

      By Dr. Acer Reply
  17. Hai dok saya damar . saya bahas tentang baterai replacing your baterry dok
    ini saya ikut cara google apakah aman ya dok ? atau bahaya ?
    1. Charge baterai kamu sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop kamu. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
    2. Hidupkan laptop kamu lalu tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.
    3. Setelah sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop kamu.
    4. Biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop kamu selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri.
    5. Setelah mati, pasang kembali charger laptop kamu, lalu nyalakan kembali laptop kamu dengan normal. Hasilnya…semua kembali normal! Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.

    By Damar Reply
    • Hai, Damar. Proses tersebut bisa kamu lakukan, karena proses tersebut adalah proses kalibrasi baterai yang lazim dilakukan :)

      By Dr. Acer Reply
  18. Tx. Sy baru beli acer V5132. Laptopx tiba2 mati tanpa pembritahun.. Padahl laptopx tdk panas. Kdng masih 60% langsg mati.

    By Ary Reply
    • Dear Ary, coba lakukan scan terlebih dahulu menggunakan antivirus yang ada pada laptop kamu. Atau kamu bisa juga menginstall ulang OS di laptop kamu

      By Dr. Acer Reply
  19. dok, saya baru beli acer aspire v5 132 4 hari yang lalu, netbook saya langsung mati tanpa pemberitahuan padahal batrai nya masih diatas 50 persen. hal ini selalu terjadi setiap saya hidupkan netbook. bagaimana ini bisa terjadi dan apa solusinya?

    By Fastilla Reply
    • Dear Fastilla, bagaimana dengan panas pada laptop kamu ketika problem tersebut terjadi? Laptop dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya untuk melindungi komponen didalamnya agar tidak rusak karena overheat :)

      By Dr. Acer Reply
    • Haii. dok saya mau tanya di baterai saya kok ada tulisan replacing your battery ya dok .
      Cara menanggulangi nya gi mana dok ? apakah saya harus ganti batrai ? ini dok gambar ini dok gambar nya >>>>> http://prntscr.com/2szt7v
      Terus kalau buat nge game itu batterai laptop lebih baik di copot atau tetap di pasang ya dok ?

      By Damar Reply
      • Dear Damar, Notifikasi tersebut bisa terjadi karena daya tahan baterai yang sudah menurun jauh dari ketika pertama kali pembelian. Solusinya bisa dengan melakukan penggantian baterai baru. Tidak disarankan menggunakan laptop tanpa baterai, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen didalam laptop apabila terjadi pemadaman listrik :)

        By Dr. Acer Reply
  20. Dok, boleh gak ya kalau kita ngecas labtop pakai trafo 5ampere dengan voltase 500V? Saya takut labtop saya malah rusak kalo pake trafo AC in.

    By dewi Reply
    • Dear Dewi, disarankan menggunakan perangkat dengan spesifikasi seperti charger standar pembelian

      By Dr. Acer Reply
  21. Dok, saya punya laptop acer aspire E1-471.saya ingin mengganti ramnya, kira2 kapasitas ram yang dapat di baca laptop itu brapa gb ???

    By Indra firdaus Reply
    • Hai, Indra. Kapasitas RAM maksimum pada Aspire E1-471 adalah 8GB

      By Dr. Acer Reply
  22. Dok, saya memakai Aspire V5-132, belum ada 1 bulan semenjak saya beli. Kenapa baterainya cepat habis ya? Padahal di notifikasinya, baterai masih sekitar 1 jam lagi. Tapi beberapa detik kemudian mati tiba-tiba kehabisan baterai, tanpa peringatan baterai kritis (saya setel untuk memberi peringatan jika baterai bertahan sekitar 20 menit lagi). Ini terjadi berkali-kali. Mohon solusinya.

    By Nisa Reply
    • Dear Nisa, apakah pada saat kejadian tersebut laptop terasa panas?

      By Dr. Acer Reply
  23. dok, laptop saya acer E1-471. kalau laptopnya di gunakan sambil di charge itu bakal berdampak buruk ke laptop/baterai nya?

    By taufik maulana ramadan Reply
    • Hai Taufik, tidak masalah menggunakan laptop bersamaan dengan proses pengisian daya baterai :)

      By Dr. Acer Reply
      • hallo dok, saya masih mau melanjukan pertanyaan yg sebelumnya. saya user acer aspire e1-471,banyak yang bilang kalo main sambil dicharge baterai akan cepat rusaknya(boros,soak,kembung). tapi sekarang kan udah ada teknologi yang kalau baterai sudah full daya listriknya gak ke baterai lagi tapi langsung ke laptopnya. teknologi itu sudah ada dilaptop saya gak?

        By taufik maulana ramadan Reply
        • Dear Taufik, Aspire E1-471 sudah dilengkapi dengan teknologi tersebut. Namun kamu perlu lebih bijak dalam hal waktu pakai laptop kamu walaupun teknologi “Trickle Charge” tersebut membantu mengamankan baterai. :)

          By Dr. Acer Reply
  24. dok bgaimana cara merawat batrai acer aspire v5-132 biar awet

    By atik nurul farida Reply
    • Dear Atik, daya tahan baterai sangat bergantung pada aktivitas yang dilakukan, fitur yang diaktifkan (Wifi, bluetooth), LCD brightness, setting power management (balance, powersaver, performance), dan juga perawatan baterai.
      Untuk mengoptimalkan daya tahan baterai, kamu bisa baca tips berikut:
      http://www.acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/
      Untuk perawatan baterai, bisa membaca artikel berikut:
      http://www.acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/
      Sebagai catatan: secara fisik baterai pada tipe Aspire V5-132 tidak dapat dilepas, untuk simulasi reset baterai bisa dengan cara menekan lubang kecil yang posisinya ada di tengah jalur horisontal pada bagian bawah laptop menggunakan penjepit kertas (paper clip) selama 4 detik dalam kondisi laptop mati (OFF) :)

      By Dr. Acer Reply
  25. Dok, laptop saya acer 4752G, keyboardnya sering mati dan harus direstart dulu agar bisa digunakan. Touchpadnya juga mati,baterai cepat habis.gimana solusinya?

    By Tiwi Reply
    • Hai, Tiwi. Untuk permasalahan hardware seperti itu dibutuhkan penanganan langsung oleh teknisi Acer. Oleh karena itu sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website http://acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  26. saya baru bli acer v5 471, tapi knapa batre cpt x habisnya, pdahal cm dihidupin ja tnpa dgunakan

    By cory perdana Reply
    • Dear Cory, berapa lama daya tahan baterai laptop kamu? Kamu bisa coba lakukan kalibrasi baterai terlebih dahulu, caranya :

      - lakukan pengisian sampai persentase baterai tidak bertambah lagi
      - gunakan notebook kamu sampai baterai benar-benar habis dan laptop mati dengan sendirinya
      - lakukan pengisian kembali selama kurang lebih 8 jam

      Jika problem laptop kamu belum terselesaikan, kami sarankan kamu membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem laptop kamu

      By Dr. Acer Reply
  27. Dok punya saya acer 722 kok keyboard panah bawahnya mati knp ya?
    dulu pernah saya garansikan juga karena keyboard panah bawahnya mati tapi kok sekarang kayak gini lagi?
    gimana baiknya dok?

    By Riana Reply
    • Hai Riana. bisa diinformasikan tanda panah tidak berfungsi pada saat ini melakukan hal apa?

      By Dr. Acer Reply
  28. dok leptop saya masih blom bisa idup walau hanya tersambung dengan charger saja..gimana solusi y dok ???

    By SURYA Reply
    • Hai, Surya. Sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa diperiksa langsung oleh teknisi Acer untuk diketahui secara pasti penyebab hal tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  29. 1 dok pengoperasian leptop dalam satu hari barapa jamnya yg bagusnya?
    2 leptop saya pernah mati trus saya egk bisa idup.pemasangan batre pas.lampu indikator batre idup aza tp leptop y egk bisa idup???

    By ade surya Reply
    • Dear Ade,
      1. Penggunaan laptop tidak memiliki standar waktu yang pasti, yang terpenting adalah tidak menggunakan laptop secara terus menerus tanpa istirahat.
      2. Kamu bisa coba lepas dan pasang kembali baterai laptop kamu, atau coba hidupkan laptop dengan terhubung ke charger

      By Dr. Acer Reply
  30. dokk saya baru beli aspire e1 471g, tapi kenapa setelah di instal windows 8 sinaptycnya tidak berfungsi dengan baik

    By guruh iman Reply
    • Dear Iman, bisa lebih dijelaskan kembali, tidak berfungsi dengan baik seperti bagaimana yang kamu maksudkan?

      By Dr. Acer Reply
  31. Dok,
    Acer 4736 saya suka mati, kata Acer center kena motherboard gak stabil. Tp mereka gak bisa service cuma ganti sparepart. Trus saya bw ke tempat servis hardware skrg bisa. Gmn bisa tau klo msh motherboar yg sama, tidak ditukar2 dengan yang lain.

    Mkng rusaknya karena saya tidak pakai stabilizer, meskipun listrik di rumah gak turun. Lebih baik mana UPS atau Stabilizer biasa?

    By hendra Reply
    • Dear Hendra, UPS dan Stabilizer merupakan komponen yang penting. Tetapi jika baterai laptop kamu masih bekerja dengan baik, tidak memerlukan UPS.

      By Dr. Acer Reply
  32. dok, saya baru membeli acer E1 471G.
    menutut dokter lebih baik di install windows 7 atw 8?

    By yugo Reply
    • Hai Yugo, kamu bisa menggunakan OS Windows 8 agar performa laptopmu semakin maksimal.

      By Dr. Acer Reply
  33. dok saya baru beli acer aspire E1-421 tapi kenapa untuk fungsi keyboard yang huruf m,l,;,j,p,o,i,u,0 dia malah keluar simbol yang ada didalam kurung nya seperti 0,3,2,1,-,*,6,5,4
    nah itu cara setting nya gimana biar kembali lagi ke fungsi normal nya ?

    By Della Reply
    • Dear Della, untuk mengembalikan fungsi normalnya bisa dengan cara menekan tombol Fn+F11 secara bersamaan satu kali :)

      By Dr. Acer Reply
  34. Dok,saya baru beli laptop Acer V5-131 3 minggu yang lalu. Dari pertama pengisian baterai, koq lampu indikatornya tidak menyala ketika diisi maupun mau habis baterai. Gimana solusinya???

    By Ramadhani Reply
    • Dear Ramadhani, apakah pemasangan baterai sudah benar, disarankan untuk melepas dan pasang kembali baterai tersebut, bila masih mengalami kendala yang sama kami sarankan agar membawanya ke service center Acer agar dapat klaim garansi, bawa unit+kartu garansi+nota pembeliannya, info lokasi service center tersedia pada bagian bawah blog ini :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.