Memakai Laptop Dengan Benar

spAcer, merawat laptop memang dibutuhkan jika kamu ingin laptop kamu awet dan tahan lama. Laptop yang terawat otomatis memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan yang tidak terawat. Namun pemakaian juga memegang peran penting loh. Jika kamu memakai laptop dengan cara yang benar, maka tidak heran laptop kamu juga akan berumur panjang. Berikut sedikit ulasannya.

Saat menggunakan laptop letakan ditempat yang benar seperti meja. jangan lupa letakan di bidang yang rata agar keluar masuknya udara lancar. Jangan tempatkan laptop di kasur karena akan menghalangi sirkulasi udara dari laptop. hindari meletakan wadah berisi air didekat laptop karena beresiko terkena air jika tumpah.

Selesai menggunakan laptop, usahakan untuk tidak langsung menutupnya karena panas yang keluar dari laptop dapat merusak LCD. Biarkan sebentar hingga beberapa saat lalu tutup laptop. Bila terpaksa melakukannya, kamu dapat melapisinya dengan bahan yang lembut.

Menggunakan cooling pad juga disarankan untuk penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama. Hal ini membantu agar suhu laptop tidak terlalu panas sehingga tidak merusak komponen dalam laptop. Namun jangan juga membiarkan laptop dalam kondisi terlalu dingin.

Berhati-hatilah saat kamu memasukan laptop kedalam tas. Meskipun terdapat pelindung tetapi hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi jika kamu tidak berhati-hati. Selain itu, menggunakan stabilizer juga disarankan sehingga arus listrik yang masuk tetap stabil dan tidak mengenai motherboard. Terlebih saat penggunaan yang cukup lama.

Yang pasti bukan hanya merawat, menggunakan laptop kamu dengan cara yang benar juga turut membantu laptop kamu lebih lama bertahan. Selamat mencoba spAcer !

 

Dec 05 2011

on How To, Tech News

338 Responses to Memakai Laptop Dengan Benar

  1. Dok, saya baru beres ngambil laptop yang di service di Acer Service Bandung.
    Keluhan : Overheat + Baterai tidak bisa sampai 10% [Langsung Mati baru 20 – 25% an]
    Laptop saya coba pake sampe lowbat sekarang, tapi masih tetap mati pas di 20% kira-kira harus gimana ya? apa harus dibawa ke Acer Service lagi?

    By Ezra Boby Pratama Reply
    • Dear Erza, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, coba kamu lakukan kalibrasi terlebih dahulu, caranya :

      – lakukan pengisian sampai persentase baterai tidak bertambah lagi
      – gunakan notebook kamu sampai baterai benar-benar habis dan laptop mati dengan sendirinya
      – lakukan pengisian kembali selama kurang lebih 8 jam

      Jika problem laptop kamu belum terselesaikan, kami sarankan kamu membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem laptop kamu

      By Dr. Acer Reply
  2. dok notebook saya acer aspire v5-132, permasalahannya baterai notebook saya masih 54% tapi tiba2 langsung low jadi 5% padahal setiap saya cas kalo udah penuh langsung saya cabut tapi saya pernah lupa waktu itu baterei notebook saya udah low tapi saya lupa cas karena berhari-hari karena pas selama saya ga cas itu saya gak gunakan juga. terus bagaimana ya solusinya ? apa baterainya bisa kembali normal lagi ?

    By devi nur ambarsari Reply
    • Dear Devi, kamu bisa coba reset baterainya terlebih dahulu. Untuk simulasi reset baterai bisa dengan cara menekan lubang kecil (pinhole) yang posisinya ada di bagian bawah laptop menggunakan ujung penjepit kertas (paper clip) selama 4 detik dalam kondisi laptop mati (OFF).

      By Dr. Acer Reply
  3. dok saya punya laptop acer-411-c2xs ketika saya menggunakan modem and sudah memasukkan code trs sya enter tetapi di situ ad tulisan (erro 663 the modem ) tetapi saya coba ke laptop lain ini bisa di gunakan modem,a apa yang saya harus lakukan

    By yusuffadli Reply
    • Dear Yusuf, kamu bisa coba dengan melakukan full uninstall lalu install kembali software dan driver modem tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  4. gan laptop ane waktu di cas muncul tulisan tuliasan plugged in charging tapi gak nge cas

    By Anwar Reply
  5. dok laptop saya tiba tiba 0% plugged in,not charging
    Kenapa ya bagaimana cara fix nya tolong di jawab

    By septian Reply
    • Dear Septian, kemungkinan ada problem pada baterai laptop Acer kamu. Namun untuk dapat mendiagnosa problemnya secara pasti, silahkan membawa unitnya ke Acer service center terdekat agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan pengecekan dan perbaikan.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  6. dok apakah tidak apa2 bermain laptop sambil di cas dan saya sering sekali lupa mencabut cas san nya ketika sudah penuh hingga 1 jam lewat …

    By rizki Reply
    • Dear Rizki, tidak masalah untuk tidak melepas charger ketika baterai sudah penuh karena pada laptop Acer sudah memiliki fitur “trickle charge” yang akan menjaga charging rate pada level yang sama dengan discharge rate sehingga baterai mencegah overcharge.

      By Dr. Acer Reply
  7. Dok, bagaimana cara melakukan kalibrasi kalo di cabut charger nya laptop saya langsung mati, saya bermain laptop harus sambil di cas walaupun baterai 97% terus ada tanda (available), plugged in,not charging)apakah tidak apa2 saya bermain laptop dengan baterai yg eror ??

    By Nanda Reply
    • Dear Nanda, untuk kendala tersebut kamu bisa coba melakukan ‘power-reset’ dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
      Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan nyalakan lagi laptopmu.
      Jika tetap tidak mengalami kendala yang sama, kami sarankan membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer.

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.