Memakai Laptop Dengan Benar

spAcer, merawat laptop memang dibutuhkan jika kamu ingin laptop kamu awet dan tahan lama. Laptop yang terawat otomatis memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan yang tidak terawat. Namun pemakaian juga memegang peran penting loh. Jika kamu memakai laptop dengan cara yang benar, maka tidak heran laptop kamu juga akan berumur panjang. Berikut sedikit ulasannya.

Saat menggunakan laptop letakan ditempat yang benar seperti meja. jangan lupa letakan di bidang yang rata agar keluar masuknya udara lancar. Jangan tempatkan laptop di kasur karena akan menghalangi sirkulasi udara dari laptop. hindari meletakan wadah berisi air didekat laptop karena beresiko terkena air jika tumpah.

Selesai menggunakan laptop, usahakan untuk tidak langsung menutupnya karena panas yang keluar dari laptop dapat merusak LCD. Biarkan sebentar hingga beberapa saat lalu tutup laptop. Bila terpaksa melakukannya, kamu dapat melapisinya dengan bahan yang lembut.

Menggunakan cooling pad juga disarankan untuk penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama. Hal ini membantu agar suhu laptop tidak terlalu panas sehingga tidak merusak komponen dalam laptop. Namun jangan juga membiarkan laptop dalam kondisi terlalu dingin.

Berhati-hatilah saat kamu memasukan laptop kedalam tas. Meskipun terdapat pelindung tetapi hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi jika kamu tidak berhati-hati. Selain itu, menggunakan stabilizer juga disarankan sehingga arus listrik yang masuk tetap stabil dan tidak mengenai motherboard. Terlebih saat penggunaan yang cukup lama.

Yang pasti bukan hanya merawat, menggunakan laptop kamu dengan cara yang benar juga turut membantu laptop kamu lebih lama bertahan. Selamat mencoba spAcer !

 

Related Article

484 Responses to Memakai Laptop Dengan Benar

 

  1. Dok, apakah fitur trickel charge ada di acer aspire v5 131, dan apakah boleh dicharge 100% sambil main game?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Muhammad, Aspire V5-131 sudah tersedia fitur trickle charge, dan tidak masalah didiamkan hingga 100%.

      1. Dok, mengapa kalau main game berat sambil dicharge, notebook acer aspire v5 131 saya tidak tercharge dan lampu indikator baterai berkedip kedip?

        1. Dr. Acer says:

          Kami sarankan cek dahulu unitnya secara langsung di Acer Service Center terdekat di kotamu.

  2. Fidya As Pou says:

    Notebook saya Acer R3 R11 131T..awal believe saya belum ngecars full..d pke dulu tk pengaturan ini Dan itu.setelah itu d cars full.esokx saya pake koq gk lama batrei cepat bnget berkurang ych??..smpe esokx ttap bgt.ap ad msalah sma batrei says??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fidya, untuk solusi awal, kamu bisa coba melakukan kalibrasi baterai yang caranya ada di tautan berikut ini http://www.acerid.com/2012/04/apakah-bateraimu-perlu-diganti/

  3. koyong says:

    Pak saya mau nanya,, ketika kita sedang bermain game dan kabel adaptor tidak tersambung,, klo kita mau mencharger laptop kita apakah harus lowbat dlu atau sampai lptopnya mati baru kita sambungkan kabel adaptornya?? Laptop e5 475g

    1. Dr. Acer says:

      Dear Koyong, untuk aktivitas bermain game atau menggunakan notebook dalam waktu yang lama kami sarankan untuk tetap menggunakan charger meskipun baterai sudah penuh karena untuk baterai notebook Acer sudah dilengkapi dengan teknologi Trickle Charge. Teknologi ini memungkinkan laptop mengisi baterai selagi memberikan daya untuk pengoperasian komputer hingga baterai terisi dan siap untuk penggunaan berikutnya. Laptop Acer pun otomatis mengambil daya dari AC Power setelah baterai terisi penuh. Dengan demikian, tidak akan berakibat buruk pada laptop maupun baterai laptop.

      1. Habib Maulana says:

        apakah daya batre akan berkurang / durasi batre akan berkurang jika di gunakan untuk main game sambil di charge?? mohon jawabannya

        1. Dr. Acer says:

          Dear Habib, jika sedang dijalankan game maka pengisian baterai akan membutuhkan durasi lebih lama untuk penuh.

  4. koyong says:

    permisi pak, saya kan baru beli laptop e5 475g, saya mau nanya gimana cara mencharger laptop trsebut dengan cara yang baik dan benar? dan saya mkek window10

    1. Dr. Acer says:

      Dear Koyong, untuk informasi tersebut, kamu bisa membaca artikel merawat baterai laptop yang ada di tautan berikut ini http://www.acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/

      1. koyong says:

        saya sudah 100% mencharger laptop saya,, terus notifikasinya masih fully charged, apakah auto cut nya tidak work? saya mkek laptop e5 475g

        1. Dr. Acer says:

          Notifikasi Fully Charged berarti daya baterai telah penuh. Notebook akan secara otomatis menggunakan daya dari sumber listrik secara langsung.

  5. Bagas Arya says:

    Apakah fitur trickle charge pada acer e5-475g sudah otomatis aktif atau harus diaktifkan terlebih dahulu? Kalau harus diaktifkan bagaimana caranya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bagas, fungsi trickle charge bekerja secara otomatis. 🙂

      1. koyong says:

        Tpi klo sdh otomatis, knapa klo sudh 100% tulisannya msih “fully charged” seharusnya “not charged” walapun kabel chargernya tetap terhubung. Apakah ada msalah pd lptop e5 475g saya, saya pkek windows 10

        1. Dr. Acer says:

          Dear Koyong, pada Windows 10 notifikasi trickle charge memang tidak tertera sebagaimana pada Windows 8 dan 8,1 namun fitur trickle charge tetap aktif pada unit.

          1. koyong says:

            Bagamaina jika kita mau mulai kembali memainkan laptop dengan batre 100% apakah langsung disambungkan dgn kabel charger atau dihabiskan dulu sampe lowbat?? Laptop acer e5 475g

          2. Dr. Acer says:

            Jika laptop tidak tersambung dengan adaptor pengisian daya, maka kamu bisa menggunakannya tanpa harus menghubungkan dengan adaptor.

  6. yudadroid says:

    Acer e5 575g saya awalnya kalau ngecas sdh 100%, notifnya (fully charged, not charging).
    Tapi setelah beberapa hari yang lalu windows saya update notifnya hanya (fullly charged) saja.. Apakah tricky charge saya bermasalah setelah ada updatean terbaru dari windows?? please help (just info saya pakai windows 10)

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yudadroid, pada update Windows 10 terbaru notifikasi tersebut memang ditiadakan namun kamu tidak perlu khawatir untuk fitur trickle charge tidak hilang atau mengalami kerusakan.

  7. mubarok says:

    kalo pakai laptop sambil di charge boleh…?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mubarok, bisa diinformasikan tipe unit yang kamu gunakan?

  8. mochamad aji prasetyo says:

    apakah laptop acer v5-471g suuprt trickle charge?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mochamad, Aspire V5-471G sudah dilengkapi dengan trickle charge.

  9. Arran says:

    Apa tanda batrai sudah full?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arran, produk Acer tipe berapa yang kamu gunakan?

  10. rian says:

    Saran untuk bermain game ?
    Lebih baik di charge 100% lalu dicabut dan dimainkan atau
    Sambil di charge (kondisi 100%) dan tetap dimainkan ?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Rian, tidak masalah untuk tidak melepas charger ketika baterai sudah penuh karena pada laptop Acer sudah memiliki fitur “trickle charge” yang akan menjaga charging rate pada level yang sama dengan discharge rate sehingga baterai mencegah overcharge.

  11. Firman says:

    untuk e5-475G, apa bisa dipake main game sambil di charge?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Firman, kamu bisa menjalankan unit dengan terhubung pada charger karena Aspire E5-475G sudah dilengkapi dengan fitur trickle charge yang dapat menghentikan aliran listrik ke baterai apabila sudah terisi 100%.

  12. toni says:

    Apakah boleh ngecas sambil main pada laptop acer one 14 z1402

    1. Dr. Acer says:

      Dear Toni, kamu boleh melakukan hal tersebut, Acer One Z1402 sudah dilengkapi dengan fitur trickle charge yang dapat mencegah baterai mengalami over charge.

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved