Guru Era Baru (GURARU): Antara Guru, IT dan Social Media

Mengajar di depan kelas bermodalkan papan tulis dan murid mencatat dalam buku? Hmm..ada cara yang lebih cepat dan praktis. Kini, dengan adanya social media seperti blog, Facebook atau Twitter, juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi ilmu dan informasi.

Sebagai bentuk komitmen dalam hal penetrasi dan literasi teknologi informasi kepada masyarakat, mulai tahun 2010 lalu Acer Group Indonesia mengadakan Acer Guru Era Baru (GURARU) Award. Penghargaan ini ditujukan untuk para guru yang aktif memanfaatkan teknologi, termasuk social media dalam proses belajar-mengajar, dan giat mengajak murid mereka untuk aktif berpartisipasi. Pemberian penghargaan ini menjadi muara dari rangkaian kegiatan seminar dan pelatihan ICT pada guru yang dilaksanakan oleh Acer Group Indonesia ke lebih dari 20 propinsi dan 30 kabupaten/kotamadya.

Pada Pesta Blogger+ 2010, Urip, Guru Kimia sekaligus guru Teknologi Informasi dan Komunikasi di MAN Pangkalan Bun Kalimantan Tengah, terpilih sebagai penerima Acer GURARU Award pertama. Lewat blog urip.wordpress.com, Pak Urip dinilai sukses memanfaatkan teknologi informasi sebagai kanal baru dalam proses belajar mengajar yang interaktif. Kini, Beliau juga aktif menggunakan akun social media miliknya seperti Twitter (@uripkalteng) dan Facebook (Urip Kalteng) untuk berbagi ilmu seputar pelajaran sekolah maupun informasi bermanfaat lainnya. Pak Urip yang saat ini juga menjadi Ketua IGI Pangkalan Bun, aktif terlibat tak hanya dalam sosialisasi Guraru, juga menularkan semangat belajar, menulis dan berbagi lewat media sosial.

Tahun ini Acer kembali mempersembahkan GURARU Award dalam gelaran tahunannya: ON|OFF 2011 (dahulu Pesta Blogger). Sama halnya seperti ON|OFF 2011  yang diharapkan menjadi tempat berkumpul para online dan berbagi ilmu secara offline, GURARU juga diharapkan dapat menjadi tempat bagi para guru (dunia offline) untuk aktif berpartisipasi lewat social media (dunia online). Pemberian GURARU Award sendiri akan diadakan pada hari kedua event ON|OFF yakni di tanggal 30 Oktober 2011.

Mengenal sosok Guru yang sesuai dengan kriteria Guru Era Baru, atau justru kamu sendiri kandidatnya, spAcer? Yuk, daftar di sini! Untuk syarat dan ketentuan mengikuti Acer GURARU dapat dilihat di sini.

Tertarik mengetahui lebih banyak tentang Acer GURARU Award? Baca panduannya di sini.

Sep 08 2011

on CSR Program

15 Responses to Guru Era Baru (GURARU): Antara Guru, IT dan Social Media

  1. berapa harga laptop Acer untuk model guraru?

    By Aat Transmiter Reply
    • Aat, Guraru adalah sebuah event ditujukan untuk para guru yang aktif memanfaatkan teknologi, termasuk social media seperti FB, Twitter, dan media sosial lainnnya dalam proses belajar-mengajar, dan giat mengajak murid mereka untuk aktif berpartisipasi. Mungkin kamu bisa informasikan untuk kebutuhan pakai seperti apa laptop Acer yang akan kamu beli agar kami dapat memberikan rekomendasi sesuai dengan kebutuhanmu. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. saalam kenal, acer memang mantap

    By ayahuwah Reply
    • Terima kasih Ayahuwah atas apresiasinya :)

      By Dr. Acer Reply
  3. wah baru gabung nih..gimana informasi di daerah,di banyuasin sumsel,kl bisa bisa ikut berpartisipasi..

    By nurfatah Reply
    • Hai Nurfatah, event GURARU jika tidak berhalangan akan diadakan regular setiap tahunnya, jadi ikuti terus update dari FB page Acer Indonesia/ Twitter AcerID juga supaya tidak ketinggalan update info tentang Guraru ya

      By Dr. Acer Reply
  4. semakin sering semakin bagus tuh

    By i2sariah Reply
  5. di saerah kapan ya..(kab. padang pariaman ) jangan lupakan saya…
    butuh info…
    agar tak tertinggal IT..

    By desmiwati zubir Reply
    • Dear Desmi, event ini skalanya nasional kok. Join FB page Acer Indonesia juga supaya tidak ketinggalan update info tentang Guraru ya :)

      By Dr. Acer Reply
  6. Acara On-Off 2011 jadi diadakan tanggal 29-30 Oktober 2011 ???
    Kok saya tidak diundang, padahal saya sudah terdaftar sebagai peserta Guraru Award 2011 (http://putrafajar-putrafajar.blogspot.com) – sudah follow @acerId dan Like Acer Indonesia di FB

    By Wendie Razif Soetikno Reply
    • Dear Wendie, On-Off diadakan pada tanggal 3 – 4 Desember 2011

      By Dr. Acer Reply
  7. guru ayo nge blog, buat da kelola untuk sarana pembelajaran siswa, apapun mata pelajaran yang diampu

    By yusup Reply
  8. Sebagai salah seorang praktisi pendidikan dan penggiat blog, melalui forum ini saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Acer Group Indonesia beserta TIM yang telah bekerja keras menyelenggarakan ajang GURARU Award 2011 ini.
    Semoga Pendidikan Indonesia dapat menjadi lebih baik

    By AKHMAD SUDRAJAT Reply
    • Terima kasih juga atas peran serta dan sumbangsih Pak Akhmad menyukseskan kegiatan ini :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Acer mantap! maju terus guru indonesia!

    By aris prasetyo Reply

Submit Comment

  1.