Merawat dan Membersihkan Laptop Untuk Pemula

Merawat Laptop memang sangat penting, selain membuat laptop lebih bersih. Laptop yang terawat juga akan berumur lebih panjang. Sehingga Laptop pun dapat menemani aktivitas sehari-hari serta bekerja lebih optimal. Untuk spAcer yang masih pemula, berikut tips sederhana merawat laptop mu.

  1. Bersihkan Layar Laptop kamu. Membersihkan layar adalah perawatan dasar pada laptop. Layar yang bersih juga akan membantu kamu dalam saat menggunakan laptop sehingga tidak buram. Bersihkan layar dengan kain yang lembut dan halus.
  2. Bersihkan Keyboard. Keyboard merupakan sarang kuman karena dari jari, debu dan kotoran menempel pada setiap tombol pada keyboard. Bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih. Kamu juga dapat menggunakan kompresi udara untuk meniup debu-debu dan partikel lain yang terjebak disela-sela tombol keyboard.
  3. Update terus Antivirus . Selain hardware, software pun harus selalu dirawat dengan baik. Update terus antivirus yang kamu gunakan minimal setiap minggu. Jangan lupa untuk selalu melakukan scanning agar laptop kamu benar-benar bersih.
  4. Cek program dan file. Langkah ini dapat kamu lakukan dalam jangka waktu sebulan dengan melakukan cek program dan file. Periksa file yang sudah tidak digunakan lagi. Begitu pula program yang jarang digunakan. Uninstall program tersebut. Hal ini dapat membantu meringankan kinerja laptop karena memory lebih ringan.
  5. Rawatlah baterai. Perlakukanlah baterai laptop kamu dengan baik. Lakukan perawatan dengan pemakaian yang benar seperti mencharger dengan benar. Kamu juga dapat melepas baterai dan menggunakan colokan listrik bila menggunakannya dalam jangka waktu lama dan tidak mobile.

Tidak sulit bukan spAcer? Yang pasti jika kamu merawat laptopmu secara berkala dan teratur bukan tidak mungkin laptop kamu akan semakin optimal dan berumur panjang. Selamat mencoba !

 

Aug 18 2011

on How To

55 Responses to Merawat dan Membersihkan Laptop Untuk Pemula

  1. Dok cara membersih kipas acer aspire 4741 gmna dok

    By Muhammad ilham Reply
    • Dear Muhammad, untuk hal tersebut, kami sarankan agar dilakukan oleh tenaga ahli di Acer Service Center :)

      By Dr. Acer Reply
  2. Selamat pagi Dok,

    Berapa biaya membersihkan laptop di Acer, Dok?
    Lalu apakah harga tersebut sama di setiap service center Acer?

    Terima kasih.

    By 4745G Reply
    • Hai, untuk unit yang tidak dalam masa garansi dikenakan biaya Rp. 165rb. Kebijakan harga tersebut sama disetiap Acer Service Center. Info lokasi Acer Service Center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  3. gan gimana car bongkar aspire one 725 , soal nya saya mau bersih in debu di dalam tlong tutor nya ???

    By imanudin Reply
    • Dear Imanudin, untuk proses pembersihan kami sarankan membawa unit ke Acer service center terdekat agar dapat dibantu oleh teknisi Acer. Selama masa garansi tidak dikenakan biaya, apabila melakukan pembersihan sendiri atau bukan di service center akan merusak seal garansi dan mengakibatkan garansi tidak berlaku.

      By Dr. Acer Reply
  4. Kira” brapa harga untuk membersihkan debu sama kasih thermal paste aspire 4736z??

    By Indrha Reply
    • Dear Indrha, biaya service tersebut dikenakan sebesar 165,000.

      By Dr. Acer Reply
  5. thank you acer, bagaimana sih cara merawat harddisk agar tidak rusak ? karena beberapa bulan kemarin harddisk saya rusak -_-

    By Intan Desty Desiyani Reply
    • Hai Intan, pastikan saja laptop terhindar dari guncangan atau benturan yang keras.

      By Dr. Acer Reply
  6. Halo dok, mau nanya nih, misalkan kita lagi main game dilaptop sambil charge dan baterainya dilepas, lalu tiba-tiba mati lampu dok, ap laptop kita gak mengalami kerusakan karna mati mendadak begitu dok, dan ap aja dampak ny terhadap laptop kita, apa Mhoterboard ny yg bakal rusak atau Hardiskny dll. Atau mungkin ada saran lain dar Dr. Acer.
    Terimakasih :)

    By Amin Reply
    • Dear, Amin. Ketika laptop mati secara tiba-tiba, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada software maupun hardware pada laptop. Oleh karena itu sebaiknya jangan menggunakan laptop dengan baterai dilepas.

      By Dr. Acer Reply
  7. min saya mo nanya nih! klo buat notebook acer aspire one! apa bisa buat maen game ps3!!!
    klo bisa gimna!?
    dan klo nda bisa kenapa!
    mohon jwabannya min!?

    By mitzy Reply
    • Dear Mitzy, selama game tersebut kompatibel dengan OS Windows yang terinstall di Aspire One dan spesifikasi hardware minimum yang disyaratkan untuk game tersebut terpenuhi tentunya bisa dimainkan.

      By Dr. Acer Reply
  8. Selamat siang Acer.
    Begini, saya baru membeli Notebook Acer Aspire One 725. Ketika saya mengisi daya untuk pertama kalinya membutuhkan waktu berkisaran 2,5 jam kemudian pengisian kedua 2,5 jam dan pengisian yang ketiga selama 2 jam. Sebaiknya sebagai pengguna pemula, berapa jam untuk mengisi daya? Terima kasih :)

    By Vickly Wattimury Reply
    • Vickly, untuk pengisian baterai cukup dilakukan hingga indikator lampu menjadi biru, tidak masalah jika terjadi perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian penuh. :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Saya punya laptop acer aspire pembelian tahun 2010, saat saya gunakan 1 tahun terakhir ini, batrenya lemah sekali, jadi 3-5 menit nyala langsung mati tiba-tiba. Sehingga saya memilih untuk selalu colok listrik ketika menggunakan dan lepas batre. Apakah ada masalah dengan batre saya? dan apakah tindakan saya itu tepat/ bahkan merugikan kinerja laptop itu sendiri?

    By Nia Reply
    • Nia, sebenarnya tidak ada masalah dengan penggunaan laptop seperit itu. Mengingat usia laptopmu yang sudah 3 tahun, maka sepertinya baterai pada laptopmu memang telah mengalami penurunan performa. Kamu bisa membeli baterai pengganti di salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply
  10. bagaimana cara mempersihkan kipas/fan laptop ?

    laptop saya
    Acer 4736Z

    dan kok laptop saya cepat amat panasnya ?

    By Fahmi Akbar Reply
    • Fahmi, Untuk membersihkan komponen laptop, kami sarankan untuk dilakukan di Acer Service Center untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

      By Dr. Acer Reply
  11. Dr. Acer yth, ultrabook s3 saya beli nov’11, namun tepat sebulan stlh garansi berakhir monitor rusak tanpa sbb yg jelas, krn ultrabook saya saya rawat (tdk pernah jatuh dll), saya sdh claim ke service dan katanya diganti monitornya, stlh diambil, sy pake brp hari rusak lagi, claim lagi dan katannya ada yg longgar didalam, saya percaya saja, dan per hari ini sdh sy pake 3 hari blm ada mslh. Mudh2an tdk ada msalah lagi. Kedua, warna body-nya mudah menghitam, terutama dibagian bawah tuts kyeboard, sy bandingkan dgn merk lain sy punya sdh 3 tahun tdk spt ini. Terus terang saya cukup kecewa, anggapan orang bahwa ACER singkatan dari Awas Cepat Rusak (bg yg berniat membeli) dan Amat Cepat Rusak (Bagi yg sdh membeli) pelan-pelan mulai mempenngaruhi saya.

    By Denny Reply
    • Denny, bisa informasikan case-ID dan serial number yang tertera di lembar bukti service serta di service center mana kamu mengajukan klaim garansi? Kami membutuhkannya untuk melakukan crosscheck. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami.

      By Dr. Acer Reply
  12. Mau Nanya Ni Ternyata batrei pada laptos sya sepertinya terjadi masalah ketika saya nge charger kok batrei laptop saya cepat skali penuh nya,,, kira2 30 menit

    dan batrei nya cepas skali habis

    gmana yaaaa sarannya???

    biasanya kan nge charge batrei laptop 2-3 jam dan habis 3-4 jam,,, :(

    Help My!!!

    By hasan bashri Reply
    • Hasan, coba lakukan pengisian baterai dengan standar waktu seperti yang biasa kamu lakukan, atau sekitar 2 – 3 jam. apakah daya tahan baterai tetap cepat berkurang?

      By Dr. Acer Reply
  13. dok.. saya baru beli laptop acer 4752 4hari yang lalu.. selama itu juga saya menggunakan laptop lebih kurang 8jam sehari, nah ketika baterai mau habis saya charger baterainya, ketika penuh saya cabut chargernya,berulang saya lakukan itu, dalam kondisi saya mengoperasikan laptop(hidup),gimana pendapat dokter ? boleh saja kah ? atau bisa merugikan sang baterai ? .. seandainya ketika baterai penuh saya tidak cabut kabel chargernya apa tidak apa? biar ga capek gitu pasang lepas pasang lepas chargernya..

    By Angger Perdana Reply
    • Hai Angger, tidak masalah, setiap baterai mempunyai siklus charge/ discharge tertentu, ada yang 300 kali dan 1000 kali. Dengan adanya fitur trickle charge pengguna dapat mengurangi siklus charge/ discharge tersebut dengan tetap memasang adapter saat baterai sudah penuh, namun pastikan juga (berimbang) untuk tetap mempergunakan mode baterai agar baterai tidak mengalami saturasi (kematian sel) akibat tidak dipergunakan

      By Dr. Acer Reply
    • Hai Angger, tidak masalah, setiap baterai mempunyai siklus charge/ discharge tertentu, ada yang 300 kali dan 1000 kali. Dengan adanya fitur trickle charge pengguna dapat mengurangi siklus charge/ discharge tersebut dengan tetap memasang adapter saat baterai sudah penuh, namun pastikan juga (berimbang) untuk tetap mempergunakan mode baterai agar baterai tidak mengalami saturasi (kematian sel) akibat tidak dipergunakan.

      By Dr. Acer Reply
      • Halo dok, Terima kasih sebelumnya atas solusi dan jawaban dr.Acer tentang charger laptop.

        Satu lagi ketinggalan dok, saat mengcharger laptop kabel yang didahulukan dipasang, di Laptop dulu atau ke Listrik ?

        dan saat mencabut chargernya juga, yang mana didahulukan ?

        apa benar jangan mencabut kabel dilaptop duluan, karna bisa membuat kaget dari tegangan listrik tersebut.

        By Angger Perdana Reply
        • Perdana, ketika menghubungkan charger dengan laptop, bisa sambungkan dulu kabel dengan listrik, kemudian disambungkan ke laptop. Untuk melepasnya, bisa gunakan kedua langkah yang kamu sampaikan :)

          By Dr. Acer Reply
  14. apa tidak masalah jika sedang bermasin game dalam keadaan charge walaupun batre penuh?

    By Imron Algifari Reply
    • Dear Imron, tidak masalah karena laptop Acer dilengkapi dengan fitur trickle charge untuk mencegah terjadinya overcharging

      By Dr. Acer Reply
  15. gan saya baru bli laptop ni, berapa jam saya harus ngeces pertama kali..
    trims..

    By zem Reply
    • Dear Zem, pertama-tama kami ucapkan terima kasih atas kepercayaannya memilih produk Acer. Untuk 3 kali pengisian awal, selalu mengisi baterai sampai penuh sebelum dipakai dan kosong sepenuhnya sebelum kembali mengisi ulang.

      By Dr. Acer Reply
  16. klo misalkan batre sudah full lalu saya lepaskan batre tersebut dlm kondisi colokan masih terhubung, apakah berdampak negatif bagi batre?

    By saga Reply
    • Dear Saga, sangat tidak disarankan untuk melakukan hal tersebut karena berpotensi merusak baterai. Jika akan melepas baterai pastikan charger sudah tidak terhubung dengan aliran listrik.

      By Dr. Acer Reply
  17. saya mau tanya,beberapa hari, kira2 7 harinan laptop saya tidak saya gunakan, k knpa batu baterai ketika saya lepas, dan menggunakan energi listrik, laptop saya tidak mau menyala, seperti tdak kuat. padahal sbelumnya tidak seperti ini. lalu apa yg terjadi dengan laptop saya??? apakah terjadi kerusakan yg parah?? mohon petunjuknya…

    By Gita Agustin Handayani Reply
    • Dear Gita, coba untuk melakukan power reset dengan langkah-langkah di bawah ini:

      1. Lepaskan baterai laptop dari tempatnya dan cabutlah charger dari laptopmu.
      2. Tekan dan tahan tombol power pada laptopmu selama 30 detik, setelah itu lepaskan.
      3. Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop di tempatnya. Setelah semuanya terpasang, coba nyalakan lagi laptopmu.

      By Dr. Acer Reply
  18. katanya di atas disarankan untuk mencopot baterai kalo dipake dlm waktu yg lama….

    By jafrudin Reply
    • Dear Jafrudin, tidak disarankan melepas baterai ketika menggunakan laptop kecuali jika kamu menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply). Hal ini untuk menghindari resiko kerusakan laptop jika listrik mati mendadak.

      By Dr. Acer Reply
  19. saya ingin melepas baterai laptop saya pada saat menggunakannya dalam waktu lama, tetapi antara pelepasan baterai laptop terdapat segel laptop yang masih bergaransi. apakah tidak apa-apa saya lepas begitu saja? tidak berpengaruh terhadap garansi laptop tersebut? mohon diberitahu ..

    By kiki porman Reply
    • Dear Kiki, Acer tidak menyarankan penggunaan laptop tanpa baterai karena bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen didalam laptop jika terjadi pemadaman listrik. Tidak apa jika kamu yakin dengan kondisi listrik di lingkungan kamu, dan ingin melepas baterai :)

      By Dr. Acer Reply
  20. apakah tidak apa2 jika mengisi baterai, laptop dalam keadaan mati?

    By arimbi Reply
    • Dear Arimbi, Pengisian baterai bisa dilakukan dalam keadaan laptop sedang off atau sedang digunakan, tidak masalah :)

      By Dr. Acer Reply
  21. maaf,maksud saya icon baterai di sebelah kanan pd notebook saya :)

    By arimbi Reply
  22. ketika saya menekan icon baterai di sebelah kiri bawah pd notebook saya, di sana ada options ‘select a power plan': balanced dan power saverapakah perbedaan diantara keduanya? thx.

    By arimbi Reply
    • Dear Arimbi, Ketika kamu memilih mode balance, umumnya sistem akan meningkatkan brightness laptop, dan meningkatkan kinerja processor, sedangkan ketika kamu memilih mode Power Saver, laptop akan mengatur agar laptop mampu berjalan lebih lama dengan tenaga baterai :)

      By Dr. Acer Reply
  23. “… melepas baterai dan menggunakan colokan listrik bila menggunakannya dalam jangka waktu lama dan tidak mobile.”
    Pernah baca malah hal ini dapat merusak laptop karna listrik yang tidak stabil. Mana yang benar ya?

    By widodo Reply
    • Dear Widodo, jika kamu yakin dengan kondisi listrik di rumah kamu, atau jika kamu menggunakan perangkat tambahan seperti UPS, kamu bisa melepas baterai dan menggunakan laptop dengan tenaga listrik saja. Penggunaan laptop tanpa baterai bisa mengakibatkan kerusakan pada laptop jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba :)

      By Dr. Acer Reply
  24. klo mau bersihin onderdil dalemannya gimana…?? cz atut salah2 bongkar

    mohon perncerahannya…

    Trims

    By EsPe Reply
    • Dear Espe, untuk membersihkan laptop secara menyeluruh, disarankan untuk membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan :)

      By Dr. Acer Reply
  25. mau nanya nie min, klo misalkan notebook ketika dipake dengan batre dan kemudian di charge nah pas batre penuh tpi charge msih nyolok terus.. apa listrik msih ngisi terus ke batre ato auto stop?
    soalnya penah dikasih tau wktu ada pameran notebook di stand “sensor”, klo batre penuh tapi charge msih nyolok ktanya listrik auto stop gitu.. tpi tdak smua notebook kta SPG-nya hanya seri” tertentu.. nah klo dari acer sendiri adakah? thx yuu

    By akdp Reply
    • Dear Akdp, sebenarnya tidak apa-apa jika charger tidak dilepas sementara baterai sudah penuh. Tetapi penggunaan notebook dengan charger biasanya akan memaksimalkan kinerja prosesor pada notebook, jika hal ini berlangsung dalam waktu lama maka suhu notebook akan naik. Nah, panas yang ditimbulkan inilah yang bisa mempengaruhi komponen-komponen pada baterai sehingga mengurangi kemampuan baterai dalam menyimpan muatan. Oleh karena itu sebaiknya ketika menggunakan notebook, gunakan dengan baterai saja dan di charge ketika memang diperlukan :)

      By Dr. Acer Reply
  26. oh

    By a Reply
  27. kira-kira harga baterai laptop sekarang berapa?

    By Tulus Marpaung Reply
    • Dear Tulus, untuk kepastian harga dan ketersediaan sparepart yang sesuai dengan tipe laptop kamu. kamu bisa menghubungi Hotline Acer (toll free) 0800100-ACER (2237) atau kamu bisa menghubungi Acer Service Center terdekat di kota kamu. Alamat lengkap Service Center Acer bisa kamu temukan di http://www.acer.co.id > Support :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.