Memilih Cooling Pad Yang Tepat dan Efisien

Setiap laptop memang memiliki batasan tertentu. Penyusutan pada laptop memang akan selalu terjadi pada setiap laptop tetapi hal tersebut dapat dijaga jangka waktunya dengan merawat laptop dengan baik serta menggunakannya dengan hati-hati. Salah satunya adalah dengan menggunakan cooling pad saat mengoperasikan laptop.

Cooling pada dasarnya adalah alat pendingin yang dapat membantu mendinginkan laptop ketika menggunakannya. Panasnya laptop akibat pengoperasian mesin dapat merusak komponen laptop, oleh karena itu cooling pad memiliki fungsi penting mencegah laptop terlalu panas. Saat ini cooling pad sudah banyak tersedia dengan beragam bentuk serta konektivitas.

Banyak orang memang tidak terlalu peduli dengan bentuk cooling pad yang akan mereka gunakan, mereka berpikir bahwa setiap cooling pad akan berfungsi sama disetiap laptop. Padahal bentuk dan ukuran laptop pun saat ini beragam. Otomatis tidak semua cooling pad dapat diaplikasikan ke semua laptop agar optimal dapat digunakan untuk mendinginkan laptop.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli cooling pad adalah ventilasi laptop. Hal ini merupakan pertimbangan utama sebelum kamu membeli cooling pad. Cooling pad otomatis harus disesuaikan dengan ventilasi pada laptop kamu. Pastikan udara yang dihasilkan dari cooling pad dapat masuk ke ventilasi laptop kamu sehingga proses pendinginan dapat berjalan optimal.

Setiap laptop memang memiliki posisi ventilasi yang berbeda-beda. Sebagian terdapat di sebelah kiri, kanan, menyebar di tepi laptop atau bahkan dibelakang laptop. Oleh karena itu sesuaikan posisi ventilasi dengan keluar masuknya angin yang dihasilkan dari cooling pad. Untuk laptop yang ventilasi udaranya berada dibelakang, pastikan tidak ada benda yang mencegah keluar masuknya udara.

Selain ventilasi, periksa juga spot yang panas pada laptop kamu. Biasanya spot tersebut terletak dibagian mesin. Oleh karena itu usahakan cooling pad juga menjangkau bagian tersebut untuk membantu laptop agar tidak terlalu panas. Hal lain adalah materi dari cooling pad itu sendiri. Selama ini terdapat dua jenis cooling pad yakni terbuat dari plastik atau logam.

Cooling pad yang terbuat dari logam jelas lebih berat dan lebih mahal namun lebih efisien saat mendinginkan laptop. Sedangkkan cooling pad yang terbuat dari plastik biasanya lebih murah, ringan dan mudah dibawa kemanapun. Namun memang kekuatannya tidak seperti logam yang lebih tahan lama.

Yang pasti selain bentuk cooling pad yang tepat, pemakaian pun perlu diperhatikan. Hindari pemakaian laptop yang terus menerus. Istirahatkan sementara sebelum digunakan kembali. Hal tersebut dapat membantu mengistirahat laptop kamu dan juga memperpanjang umur laptop.

Related Article

158 Responses to Memilih Cooling Pad Yang Tepat dan Efisien

 

  1. Arnaya says:

    Dok..apakah ada cooling pad yang di desain dengan kinerja sebaliknya (mengeluarkan/menyedot) hawa panas laptop seperti kinerja kipas internal laptop?
    mohon penjelasan..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arnaya, saat ini cooling pad memiliki banyak varian desain bentuk. Namun secara fungsi masih tetap sama, yaitu menjaga sirkulasi udara di sekitar laptop.

  2. Ramadhan wahyu says:

    Min cool pad yang cocok buat acer aspire E15 seri E5 551 TG1A apa ya?
    Terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ramadhan, kamu bisa memilih cooling pada yang sesuai dengan ventilasi pada laptop kamu.

  3. Yola says:

    Min laptop saya acer aspire 4738z, sedang mengalami kerusakan cooling fan bagian dalam laptopnya. Apa bisa digantikan/dipasang dengan cooling fan acer 4745 misalnya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yola, untuk teknis penggantian hardware sangat disarankan meminta bantuan teknisi di Acer Service Center terdekat.

  4. Riki Agustian says:

    min laptop saya acer aspire 4749Z, nah cooling pad yang cocok apa yah? saya berniat membeli ice cooler vencci yang menyedot udara panas nya, tapi saya ragu membeli soalnya bentuk ventilasi nya turun kebawah. sarannya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Riki, lebih disarankan menggunakan cooling pad yang menyerap suhu panas dari laptop, dan mengarahkannya ke permukaan.

  5. muhammad dian pratama says:

    Dr acer, mohon dong recommended nya buat cooling laptop acer aspire 4738z

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dian, untuk info ketersediaan aksesoris bisa coba menghubungi Acer Contact Center dinomor telepon 1500-155 pad ahari dan jam kerja. 🙂

  6. erfahmy says:

    Kenapa laptop saya setiap buka aplikasi atau klik kanan mouse selalu ada kata2 (not responding) setelah itu baru kebuka? tlg solusinya. terima kasih 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Erfahmy, pastikan seluruh driver untuk unit kamu sudah terinstall dengan benar, sesuai OS yang digunakan. Jika problem tersebut kembali terjadi, kami sarankan untuk melakukan instalasi ulang OS pada laptop kamu

  7. Lendra says:

    Saya menggunakan cooler master tipe NotePal L1 pada Acer Aspire V3-551 saya, apakah produk tersebut cocok dengan laptop yg saya gunakan?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Lendra, terkait kecocokan cooling pad kamu bisa sesuaikan langsung dengan posisi lubang ventilasi udara dari laptop kamu.

  8. Arkiza says:

    Maaf dok kalau buat aspire v3 471 G cocoknya cooling pad yang seperti apa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arkiza, kamu bisa menggunakan cooling pad yang posisi kipasnya pas pada posisi ventilasi yang ada pada laptop.

  9. adam says:

    dok, laptop saya lenovo g400, ventilasi masuk ada di kiri atas dan ventilasi keluar ada di samping kiri, sebaiknya menggunakan cooler (dengan posisi dibawah) yang menyedot atau meniup laptop dok ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adam, mohon maaf kami tidak memiliki info mengenai hal tersebut. Silahkan kamu menghubungi vendor laptop terkait untuk mendapatkan info yang dibutuhkan 🙂

  10. Robby Alhadi says:

    Dok kalau cooling pad untuk jenis aspire one 772 bagus nya yg mana.? yg meniup angin dari bawah atau yg menyedot angin dari laptop.?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Robby, lebih disarankan menggunakan cooling pad yang menyerap panas dari laptop, dan mengalirkannya ke bawah 🙂

  11. Dear,dr acer saya mau bertanya tipe laptop saya aspire-471 dan saya sudah membeli cooling pad yang berbahan plastik dan hanya satu kipas saja apakah cooling pad tersebut sudah cocok dengan tipe laptop saya? dok saya masih bingung cara pemakaiannya. Mohon bantuannya ,

    1. Dr. Acer says:

      Dear Kintan. kamu bisa pastikan saja letak kipas pada coolingpad ada pada bagian yang panas pada laptop atau pada bagian rongga-rongga yang ada dibagian bawah laptop.

  12. makasih dok artikelnya, kalau untuk Aspire 4745G bagusnya cooling pad yang gimana ya dok? 😀

    1. Dr. Acer says:

      Dear Irfan, kamu bisa gunakan cooling pad yang meniup udara dari bawah. 🙂

  13. om kalo lubang ventilasi berbentuk L sama mendatar yang cocok colling pad nya gimana om ? . sama cooling padnya 2 atau 1 kipas uang besar om plizz jawabanya secepatnya aku binggung sih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gagah, pastikan saja kamu menggunakan cooling pad yang mengalirkan udara keluar laptop dan berbahan plastik.

  14. Pipin says:

    dok, kalo buat acer aspire E1-470G,, cooling pad yang cocok model apa ?? cooling pad yang mengalirkan udara ke laptop atau cooling pad yang mengalirkan udara dari laptop ( nyedot ) ??? mohon bantuannya dok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Pipin, cooling fan dan ventilasi pembuangan udara Aspire E1-470G juga terdapat pada bagian bawah, disarankan memilih tipe yang menyedot udara.

  15. dok kalau buat ao725 cooling padnya nyedot angin dri latop atau niup angin ke laptopnya dok ??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rafif, kamu bisa menggunakan cooling pad yang menyedot udara dari bagian bawah laptop. 🙂

      1. Pipin says:

        dok, kalo acer aspire E1-470G, cocoknya pake tipe cooling pad yang udaranya mengalir ke laptop atau yang udaranya mengalir dari laptop ( nyedot )

        1. Dr. Acer says:

          Dear Pipin, kamu bisa menggunakan cooling pad yang menyedot udara dari bagian bawah laptop.

  16. Edwin says:

    Dok saya mau tanya, kalau udara yang ditiup oleh cooling pad justru masuk ke body laptop apakah akan berakibat fatal walaupun udara yang ditiup tersebut mampu menstabilkan suhu laptop ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Edwin, hal itu tidak menjadi masalah. Udara dari cooling pad yang mengalir kedalam laptop akan membantu proses sirkulasi udara. 🙂

  17. ichanpants says:

    dok kenapa laptop saya kalo dipake maen game kepanasan kok mati sendiri? apa gara2 kepanasannya ato gara2 apa? tolong direspon secepatnya, saya pengguna acer 4253.

    1. Dr. Acer says:

      Dear, Ichan. Ketika laptop mengalami overheat, seperti yang dialami laptopmu, laptop akan otomatis mati untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih fatal. Overheat sendiri sering disebabkan gangguan pada performa kipas pendingin laptopmu. Untuk mengatasinya, silakan bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  18. diangga says:

    brati klo acer v5 cocok pake cooling yg anginnya mengarah ke atas/niup laptop dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Diangga, jenis Cooling pad yang digunakan bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing pengguna 🙂

  19. Septian says:

    Dok, kalau aspire e1 – 422 qc itu memiliki skema pendinginan seperti apa dok ? dan cocoknya cooling pad yg mengalirkan udara kedalam atau keluar laptop?

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Septian. Aspire E1-422 menggunakan kipas pendingin seperti kebanyakan laptop. Akan lebih baik jika kamu menggunakan cooling pad yang mengalirkan udara keluar laptop.

  20. dok untuk lapto acer 4723z bgsny cooling pad jenis apa???

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ihwan, kamu bisa menggunakan cooling pad berbahan plastik untuk Aspire 4723Z milikmu. 🙂

  21. dayat says:

    bisa di pekerja dok maksud nya ” memilih cooling pad
    yang mengalirkan udara panas dari laptop
    keluar”?
    Saya pakai laptop Acer m5 481tg

    1. Dr. Acer says:

      Dayat, fungsi dari cooling pad sebenarnya membantu kelancaran sirkulasi udara di sekitar laptop sehingga panas yang dihasilkan bisa segera dikeluarkan dari badan laptop. Oleh karena itu lebih baik gunakan cooling pad yang mengalirkan udara dari badan laptop keluar bukan sebaliknya

  22. Eric says:

    Malam dok, laptop saya Acer E1-471G, rencana mau beli cooling pad. Tapi saya agak bingung, cocoknya cooling pad dengan aliran udara ke atas/ke bawah ya?
    Saluran laptopnya di bagian kiri yg panas dok, terima kasih..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Eric, Lebih disarankan menggunakan cooling pad yang menyerap panas dari laptop, dan di alirkan ke permukaan 🙂

  23. ripdian nisa says:

    dok ,gimana sih cara perawatan baterai laptop pada acer agar baterai tidak cepat bocor ?apakah baterai harus dilepas saat laptop sedang dicharge dan sambil digunakan ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ripdian, untuk tips perawatan baterai kamu bisa membaca melalui tautan berikut:
      http://www.acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/

  24. danang says:

    dear dr. Acer, bisa minta tolong jelaskan bagaimana ‘skema’ cooling pad membantu mendinginkan laptop yang lubang ventilasinya disebelah kiri? laptop saya Acer V5-471G.. klo dipake nge-game panas nya naudzubillah, jadi saya berencana membeli cooling pad. apakah dr. Acer pernah melakukan pengujian sebelumnya terkait cooling pad? terima kasih, salam sukses 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Danang, laptop seperti itu biasanya memiliki skema pendinginan dengan bagian ‘inhaust’ di bawah dan exhaust pada sisi badan laptop. Oleh karena itu, gunakan cooling pad yang mengalirkan udara ke badan laptop untuk membantu aliran udara semakin lancar sehingga membantu menjaga temperatur laptop ketika sedang digunakan.

  25. dok kalo untuk ao722 bagusnya cooling pad yang niup ato nyedot?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dicky, kamu bisa memilih cooling pad yang mengalirkan udara panas dari laptop keluar. Namun tips memilih cooling pad dalam artikel di atas tentunya juga perlu kamu pertimbangkan.

      1. Rivay says:

        Om, kalo cooling pad buat acer E1-470G yg cocok yg gimana ?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Rivay, Kamu bisa menggunakan cooling pad yang sesuai dengan preferensi kamu 🙂

  26. malem dr acer , sedikit mau tanya laptop saya udah freak abis mengeluarkan suara aneh saya tanya dan cari di internet / informasi kata kotor fan harus di bersihkan dan prosesor harus di beneerin juga apa bener .. jadi harus gimana ?

    dan laptop saya tipe acer 4730z tolong jwb cepat ?

    1. Dr. Acer says:

      Farieq, kami sarankan untuk membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer memeriksa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk keluhan kamu 🙂

  27. Purbaya says:

    mau nanya lagi nih :
    1) tiba2 acer v5 471 saya volumenya berkurang saat main game (PES 2012) padahal sebelmunya agak kencang, kalo buat muter musik sih bisa dibilang normal aja, kalo video tergantung pemuter videonya apa (yg satu berbeda dgn yg lain) . Gimana tuh solusinya
    2) Yg benar tentang pemakain laptop itu, apakah dgn tetap memasang baterai saat main Game ataukah dilepas (pakai colokan/charger)?

    1. Dr. Acer says:

      Purbaya,
      1. Coba perhatikan kembali setting audio pada game tersebut
      2. Acer tidak menyarankan penggunaan laptop tanpa baterai, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen didalam laptop apabila terjadi pemadaman listrik 🙂

  28. Sahara says:

    dok, bagaimana bentuk colling pad yang tepat buat ACER V5-471?

    1. Dr. Acer says:

      Sahara, kamu bisa gunakan cooling pad dengan bentuk apa saja, sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Pastikan saja aliran udara mengarah ke badan laptop bagian bawah.

  29. RwindRunner says:

    Misi gan, kalo e1 451g itu cocok pake coolpad yg gmn? Nyedot or niup?
    Terus coolpad yg hrga brapa.an yg mnurut agan pas buat ni lptop?
    Thx

    1. Dr. Acer says:

      Rwind, cooling pad yang cocok adalah yang aliran udaranya mengarah ke badan laptop. Mengenai merk atau modelnya kamu bisa gunakan sesuai kebutuhan dan dana yang kamu miliki 🙂

  30. ade okta says:

    kalo laptop notebook acer 4736 , cocok nya cooling pad yg gimana ?

    1. Dr. Acer says:

      Ade, kamu bisa gunakan cooling pad yang sesuai dengan preferensi kamu. Lebih disarankan menggunakan cooling pad yang menghisap dan bukan meniupkan udara ke arah laptop 🙂

  31. izam says:

    dokter
    aq mw tnyak
    bagusan cool pad kipas bisar 1 satu kipas
    apa bagusan kipas kecil 4 kipas

    1. Dr. Acer says:

      Izam, sebenarnya sama saja. Hal tersebut tergantung dari kualitas produk. Mungkin kamu bisa mencari informasi perbandingan merk cooling pad di situs-situs review hardware yang ada di Internet. Acer sendiri tidak memiliki rekomendasi merk tertentu untuk aksesoris seperti ini.

  32. Purbaya says:

    dok, bener gak cooling pad bisa memperpendek umur laptop, secara sumber tenaganya berasal dr laptop (baterainya),, apa benar disarankan agar laptop punya colokan sendiri yg langsung ke sumber listrik (nggak ke laptop)?

    1. Dr. Acer says:

      Purbaya, secara umum penggunaan cooling pad lebih baik karena dapat mecegah suhu yang panas dibandingkan tidak memakainya. Benar jika menggunakan sumber tenaga dari luar laptop lebih kuat daya tahannya, namun tidak simpel dan efisien. 🙂

  33. Ristian says:

    Dok,saya punya V5 471G lebih baik,pakai coolingpad yang menghisap udara panas laptop keluar, atau yang meniup udara panas laptop,(dari bawah ke atas)

    1. Dr. Acer says:

      Ristian, disarankan untuk memilih yang meniup udara ke laptop, agar panas pada hardware laptop dapat tersirkulasi dengan lancar. 🙂

      1. Purbaya says:

        Sy punya Acer V5 471 G, nah kemaren (19/03/2013) id Ristian nanya ttg cooling pad yg penghisap udara keluar atw menyemburkan udara masuk ke laptop, trus yg sy liat di salah satu blog, ada yg bilang kalo coolpad yg mengalirkan udara masuk laptop bisa mengakibatkan partikel2 kecil mudah masuk e laptop & lama-kelamaan akan menumpuk sehingga mengganggu kinerja perangkat di dlmya..gimana tuh,,mohon penjelannya,, makasih

        1. Dr. Acer says:

          Purbaya, pada umumnya cooling pad yang tersedia memiliki arah hembusan ke arah laptop, tentunya hal tersebut tergantung dari kondisi lingkungan sekitar laptop, jika lingkungan cukup bersih dan cukup dingin tidak masalah dengan arah hembusan ke arah bodi laptop, namun jika sebaliknya, kamu dapat setting sendiri arah kipasnya menjadi terhisap ke bawah. 🙂

  34. MUGI says:

    Ummm,… Kenapa ya laptopku acer aspire 4349 bunya fannya berisik sekali saat booting , dok ?

    1. Dr. Acer says:

      Mugi, saat pertama kali perangkat komputer dinyalakan, kipas berputar lebih kencang merupakan hal yang wajar terjadi 🙂

  35. abdul says:

    kalo untuk acer 4738z bagusnya cooling pad yang mana?

    1. Dr. Acer says:

      Abdul, Kamu bisa gunakan Cooling pad yang sesuai dengan preferensi kamu 🙂

      1. rajes says:

        acer 4738z pembuangan udaranya di bawah apa di sebelah kiri dok??

        1. Dr. Acer says:

          Rajes, lubang pembuangan udara pada Aspire 4738Z terletak di sisi sebelah kiri laptop. 🙂

  36. KakangBo says:

    sayah mau nanya…
    laptop saya acer aspire 4540… pada kipas nya keluar bunyi NGUUUUNG keras….
    penyebab bunyi pada kipas itu apa?
    solusinya gimana?

    untuk sekedar info laptop saya pernah d service dan ganti motherboard baru… gara-gara lcd matot tapi laptop masih bisa nyala

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Bo. Sulit bagi kami memastikan penyebab hal tersebut tanpa pemeriksaan langsung. Sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa ditangani langsung oleh teknisi Acer.

    2. Dr. Acer says:

      Kakangbo, penyebab bunyi pada kipas bisa dikarenakan oleh kotoran debu, kendurnya pemasangan, atau memang dari kipasnya yang sudah rusak. Bisa diinformasikan apakah sebelumnya kamu melakukan service di Service resmi Acer atau di tempat service biasa?

  37. dika says:

    dok acer e1 471g itu letak pembuangan udaranya dimana ya? sebelah kiri badan laptop atau bawah?

    1. Dr. Acer says:

      Di sebelah kiri badan laptop, Dika.

      1. dika says:

        berarti cooling padnya yang anginnya niup k atas ya dok? bukan yang nyedot?

        1. Dr. Acer says:

          Benar Dika, lebih baik menggunakan cooling pad yang aliran udaranya mengarah ke badan laptop. 🙂

        2. Dr. Acer says:

          Benar Dika, lebih baik menggunakan cooling pad yang aliran udaranya mengarah ke badan laptop.

  38. Dok tolong, 6 bulan saya pakai nih laptop tapi saya baru memperhatikan.
    tipe nya asphire 4752 i5 ‘Kenapa fan heatsinknya mati dok ? ‘ tapi ketika saat dihidupkan booting fan hidup dan setelah OS tampil fan nya mati lagi ? Kenapa dok ?
    Apa fan saya rusak ?
    Tolong jawab kalo anda emg dr.acer, sy malas kalo disuruh ke ASC , karna laptop baru slesai dr diservise garansi krn loading lama ..

    1. Dr. Acer says:

      Bambang, problem tersebut bisa terjadi karena ada kerusakan pada fan laptop kamu. Tetapi untuk mengetahui penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. maka dari itu kami sarankan untuk memeriksakan laptop kamu ke Acer Service Center untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan 🙂

      1. dok, saya search2 di google, katanya ada laptop yang fannya hidup ketika mainboard menerima sensor panas ? 😀

        lah ini ternyata fan saya hidup lagi ketika laptop mulai panas ? hayooo loohh ? gimana tuh ? apa produk acer ada yang begitu ?

        1. Dr. Acer says:

          Bambang, memang seperti itu cara kerja laptop pada umumnya. Kipas akan bekerja lebih kencang ketika panas pada laptop semakin tinggi.

  39. Budi says:

    dok, untuk Acer AO756 ventilasi udaranya dimana? sarannya pake colling pad yg udaranya ke atas atau ke bawah?? Thx..

    1. Dr. Acer says:

      Budi, ventilasi udara ada dibagian kiri badan laptop. Akan lebih baik jika kamu menggunakan cooling pad yang aliran udaranya mengarah ke badan laptop.

  40. katita says:

    dear dk, q denger colling pad yg punya power supply lbih baik dripda colling pad biasa. Nah,, bentuk colling pad yg puny power supply it kya gmn yah??

    1. Dr. Acer says:

      Katita, bentuk cooling pad seperti itu biasanya disertai kabel penghubung ke sumber listrik, bukan konektor USB seperti yang lazim digunakan.

  41. edi says:

    kalo untuk acer aspire one d257 bgus nya pke coolingpad yg gmna ?

    1. Dr. Acer says:

      Edi, kamu bisa gunakan cooling pad dengan merk apa saja.

  42. Danar says:

    Dr. Acer, mau tanya..
    Saya pake acer aspire E1-471G, kalo mau pakai coolpad lebih baik yang anginnya niup ke atas ( ke laptop ) atau yang niup ke bawah ( nyedot panas dari laptop ) ?
    Trus ventilasi/lubang2 di bawah laptop itu sebenarnya untuk udara masuk atau keluar ya ??
    thanks untuk jawabannya,,

    1. Dr. Acer says:

      Dear Danar, sebaiknya menggunakan colling pad yang menarik udara keluar, lubang ventilasi udara pada bagian bawah laptop berguna untuk sirkulasi udara 🙂

  43. Cunny says:

    kalo aspire one 722 ventilasi nya dimana yah dok? dok..acer juga saya pake silikon keyboart protector,menurut dokter gimana? tapi saya juga sudah pake cooling pad. 🙂 jawab yah dok..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Cunny, ventilasi udara terletak pada bagian bawah netbook. Kamu dapat menggunakan keyboard protector namun disarankan untuk menggunakan keyboard protector dengan lubang ventilasi udara 🙂

  44. Alfath says:

    kalau acer aspire E1 431 lubang ventilasinya di mana ya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Alfath, lubang ventilasi berada di sisi kiri badan laptop

  45. Alfiar says:

    klo buat 4253 ventilasi diseblah mana yh dok ?
    udah gtu knpa yh akhir” ini laptop saya sering mati sendiri mohon infony dok
    Thnx B4

    1. Dr. Acer says:

      Alfiar, lubang udara ada di sebelah kiri laptop. Untuk mengetahui penyebab laptop kamu mati secara tiba-tiba sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      1. Alfiar says:

        Jadi Cooling Pad yang baik buat acer 4253 yang kaya gmana yh dok ?

        1. Dr. Acer says:

          Alfiar, kamu bisa gunakan cooling pad yang tidak menghambat sirkulasi udara seperti yang dijelaskan artikel diatas.

  46. D.Irawan says:

    kalo untuk 4740G, kog ditengah2 ( dibawah tombol space bar ) sering panas ya? .. apakah wajar?
    berapa biaya ganti kipas hardisknya?
    dan baterai yg tahan lama utk 4740G ..
    terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Irawan, panas terasa pada permukaan keyboard merupakan hal yang wajar. Untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Call Center di 500-155

  47. miftahuddin says:

    Untuk Acer E1 – 421, lubang ventilasinya disebelah mana ya?

    1. Dr. Acer says:

      Hai, lubang ventilasinya terletak pada bagian bawah laptop 🙂

  48. castor says:

    thanks info memilih cooling pad yang tepat dan efisien

  49. ibnu says:

    apakah battery accer ao756 bisa di ganti dengan amper yang lebih gede misal 4400 mah,karena accer 722 pakai yang 4400 mah sedangkan ao756 cuma 2500 mah

    1. Dr. Acer says:

      Ibnu, penggunaan baterai dengan daya yang lebih besar dari yang terdapat pada baterai standar tidak disarankan

  50. maulana says:

    Dok kalau laptop acer v5 471g i3 lubang fentilasi disebelah mana ya ?

    1. Dr. Acer says:

      Maulana, lubang ventilasi pada Aspire V5-471G berada di sebelah kiri badan laptop.

  51. rogue says:

    kesimpulannya: kamu bisa mencari referensi cooling pad yang baik digunakan di forum-forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi

  52. Saya mau nanya, tapi ga jadi ah, sebab jawabannya pasti seperti ini : “kamu bisa mencari referensi Cooling Pad yang tepat untuk kegiatanmu di forum-forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi :)”

  53. cikgu azim says:

    wah bagus skali yuk

  54. T3ND1 says:

    dok, maaf sebelumnya,,
    intinya tidak ada masalah/efek samping apapun kan ?
    selama pemakaian, kalau saya selalu tetap mencolokkan adapter/charger bersamaan dengan baterai terpasang dengan kondisi 100% full dan cooling pad yang selalu terpasang
    mohon jawabannya yaa dok
    gbu acer & love acer

    1. Dr. Acer says:

      Hai, setiap baterai mempunyai siklus charge/ discharge tertentu, ada yang 300 kali dan 1000 kali. Dengan adanya fitur trickle charge pengguna dapat mengurangi siklus charge/ discharge tersebut dengan tetap memasang adapter saat baterai sudah penuh, namun pastikan juga (berimbang) untuk tetap mempergunakan mode baterai agar baterai tidak mengalami saturasi (kematian sel) akibat tidak dipergunakan

    2. Dr. Acer says:

      Hai, setiap baterai mempunyai siklus charge/ discharge tertentu, ada yang 300 kali dan 1000 kali. Dengan adanya fitur trickle charge pengguna dapat mengurangi siklus charge/ discharge tersebut dengan tetap memasang adapter saat baterai sudah penuh, namun pastikan juga (berimbang) untuk tetap mempergunakan mode baterai agar baterai tidak mengalami saturasi (kematian sel) akibat tidak dipergunakan.

  55. afrezza says:

    cer, kalo 4738z ventilasinya sebelah man? utk pertimbangan beli cooling pad

    1. Dr. Acer says:

      Afrezza, lubang pengeluaran udara pada AS4738Z terletak di sisi sebelah kiri laptop

  56. tendy says:

    dok, maaf, intinya kalau pakai cooling pad tidak ada efek samping apapun kan ? baik dari segi getaran cooling pad itu sendiri atau dari angin yang masuk dalam ventilasi netbook tersebut? mohon bantuan penjelasannya ya dok…thanx before and GBU…

    1. Dr. Acer says:

      Benar Tendy, tidak apa menggunakan cooling pad untuk membantu mendinginkan suhu laptop kamu 🙂

  57. elzaensei says:

    saya masih bingung ,,,
    cooling pad yg nyedot ama yg nyemprotin angin itu yg mana ya bang???
    saya binggung… 🙁
    saya bolak_balik’in cooling pad’nya sama2 dingin rasanya di telapak tangan saya…
    tolong di bls ya commnent’an saya bank…
    ini ptg banget…

    1. Dr. Acer says:

      Elzaensei, kamu bisa melihat referensi mengenai cooling pad serta perbedaannya secara lebih lengkap di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi.

  58. Ardi says:

    saya punya acer4752 cooling pad nya jenis apa … kalo pake cooling pad ada efek samping nya ga? makasih

    1. Dr. Acer says:

      Ardi, kamu bisa mencari referensi mengenai cooling pad yang baik untuk digunakan di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi. Tidak ada efek samping pada penggunaan cooling pad

  59. om kalo colling pad yang cocok buat AO722 yang kecil apa yang gede

    1. Dr. Acer says:

      Dear Irvan, kamu bisa mencari referensi mengenai cooling pad di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi

  60. […] Memilih Cooling Pad Yang Tepat dan Efisien […]

  61. anton wijaya says:

    dr.acer, punya saya AO 722,lubang angin-anginya ada di sebelah mana ya.mohon informasinya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Anton, Ventilasi udara pada AO722 terletak di sebelah kiri laptop

  62. Syaifulllah says:

    Dr.Acer, kalau cooling pad yang cocok bsgi Acer AspireOne 722 apa?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Syaifullah, Kamu bisa coba mencari referensi mengenai cooling pad di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dida, untuk info harga cooling pada bisa kamu dapatkan di toko atau mall computer terdekat. 🙂

  63. wah ,padnya bagus bgt,ini blog resmi acer indonesia ya mas

    1. Dr. Acer says:

      Hi, benar sekali. Blog ini adalah blog resmi Acer Indonesia 🙂

  64. sadjiman says:

    cooling pad di pasar rata2 kipasnya hadap ke atas (angin dari bawah niup ke atas), jadi kipasnya aja yg dibalik drpd repot cari coolpad yg atas ke bawah. kalo mo lebih dingin lg pake kipas yg kencang tp jd berisik d coolpadnya. pake yg kipasnya lambat (senyap) lebih hemat baterai.

  65. tian says:

    knp colling pad suka bunyi klo udah dpake agak lama?,, pdhal awalnya ga bunyi,,

    1. Dr. Acer says:

      Dear Tian, kamu bisa coba menghubungi Vendor cooling pad yang kamu gunakan untuk meminta supportnya 🙂

  66. REztu says:

    Dokter, saya 4830TG i5.. optimus nvidia GT 540m. beberapa game di awal dia smooth, tapi beberapa saat kemudian dia agak melambat. seperti GTA IV dan F1 2011. padahal udah saya update driver nvidia, trus saya ubah power option ke high performance di nvidia cntrol panel juga ud saya set high performance. Gmana solusinya dok? kalo analisis saya sih karna panas mesin. trims

    1. Dr. Acer says:

      Mohon maaf dr. Acer tidak memiliki solusi pasti untuk problem ini. Kamu bisa coba gunakan coolpad untuk membantu mengatasi panas yang timbul.

  67. daeng says:

    untuk Acer Aspire 4750 Gm cooling pad yg cocok yg model mana? hrgnya brp?

  68. Weldhon says:

    Saya Cuman saran aja, Lebih Baik Buat sendiri aja ColingPadnya, Karena Setiap Merk Maupun Type Notebook Beda2 posisi ventilasi tuh sndiri jadi lebih baik Buat sendiri ato mnta tlng buatkan ktukang elektro colingpad tsb… fan lbh kuat thn lama jg bahan2 mudah mencarinya….tinggal km paskan fannya kventilasi laptop uda tinggal potok dan ukur trus pasang jadi dehhh…. jgn lupa pake adaptor sndri jgn mengandalkan daya usb dri laptop, takutnya mengurangi daya listrik dari batrai laptop….soalnya saya pengalaman mencari coolingpad yg pas sama notebook acer 4736Z dmn… akhirnya saya mnemukan solusinya yaitu buat sndiri tanpa bnyak biaya…….

    1. Dr. Acer says:

      Terma kasih Wheldon atas tips dan informasinya 🙂

  69. dk says:

    kalo untuk acer 4755G cooling pad yg bagus pakai apa????

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dk, kamu bisa mencari referensi cooling pad yang baik digunakan di forum-forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi 🙂

  70. Reza Fahlevy says:

    acer, untuk harganya berapa?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Reza, untuk kepastian harga Cooling Pad, kamu bisa menghubungi toko-toko terdekat di kota kamu yang menjual perlengkapan komputer 🙂

  71. Eka Karmawan says:

    Kalau yang di gambar kira2 brp harganya, and merk apa? apa acer punya cooling pad utk produk Acer sendiri? thx

    1. Dr. Acer says:

      Dear Eka, untuk kepastian harga Cooling Pad, kamu bisa menghubungi toko-toko terdekat di kota kamu yang menjual perlengkapan komputer. Acer tidak memiliki produk Cooling Pad 🙂

  72. Anggie says:

    nice info nih…
    tapi saya pernah baca kalo aliran udara coolingpad yang dari laptop ke luar itu lebih baik…
    jadi, coolingpad juga berfungsi membawa udara yg panas dari laptop ke luar… bukan membawa angin/udara masuk ke ventilasi laptop yg panas…

    karena terkadang, saat coolingpad membawa masuk udara dari luar laptop ke dalam laptop, biasanya debu2 yang di luar dapat masuk ke dapat laptop… sehingga, menjadi tidak baik utk laptop sendiri….

    biasanya yg dijual arah aliran anginnya dari bawah ke atas… yg saya pernah baca yang baikknya dari atas ke bawa… hm… hanya suka berbagi saja… yang saya pernah baca… atau disearch saja…

    Ok deh… JBu ^^

  73. rahmat says:

    untuk ACER4740G, cooling pand yang di rekomendasikan apa ya
    tks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rahmat, kamu bisa mencari referensi Cooling Pad yang tepat untuk kegiatanmu di forum-forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi 🙂

  74. wah, artikel yang menarik..ternyata penggunaan cooling pad itu perlu juga ya..

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved