Memilih Cooling Pad Yang Tepat dan Efisien

Setiap laptop memang memiliki batasan tertentu. Penyusutan pada laptop memang akan selalu terjadi pada setiap laptop tetapi hal tersebut dapat dijaga jangka waktunya dengan merawat laptop dengan baik serta menggunakannya dengan hati-hati. Salah satunya adalah dengan menggunakan cooling pad saat mengoperasikan laptop.

Cooling pada dasarnya adalah alat pendingin yang dapat membantu mendinginkan laptop ketika menggunakannya. Panasnya laptop akibat pengoperasian mesin dapat merusak komponen laptop, oleh karena itu cooling pad memiliki fungsi penting mencegah laptop terlalu panas. Saat ini cooling pad sudah banyak tersedia dengan beragam bentuk serta konektivitas.

Banyak orang memang tidak terlalu peduli dengan bentuk cooling pad yang akan mereka gunakan, mereka berpikir bahwa setiap cooling pad akan berfungsi sama disetiap laptop. Padahal bentuk dan ukuran laptop pun saat ini beragam. Otomatis tidak semua cooling pad dapat diaplikasikan ke semua laptop agar optimal dapat digunakan untuk mendinginkan laptop.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli cooling pad adalah ventilasi laptop. Hal ini merupakan pertimbangan utama sebelum kamu membeli cooling pad. Cooling pad otomatis harus disesuaikan dengan ventilasi pada laptop kamu. Pastikan udara yang dihasilkan dari cooling pad dapat masuk ke ventilasi laptop kamu sehingga proses pendinginan dapat berjalan optimal.

Setiap laptop memang memiliki posisi ventilasi yang berbeda-beda. Sebagian terdapat di sebelah kiri, kanan, menyebar di tepi laptop atau bahkan dibelakang laptop. Oleh karena itu sesuaikan posisi ventilasi dengan keluar masuknya angin yang dihasilkan dari cooling pad. Untuk laptop yang ventilasi udaranya berada dibelakang, pastikan tidak ada benda yang mencegah keluar masuknya udara.

Selain ventilasi, periksa juga spot yang panas pada laptop kamu. Biasanya spot tersebut terletak dibagian mesin. Oleh karena itu usahakan cooling pad juga menjangkau bagian tersebut untuk membantu laptop agar tidak terlalu panas. Hal lain adalah materi dari cooling pad itu sendiri. Selama ini terdapat dua jenis cooling pad yakni terbuat dari plastik atau logam.

Cooling pad yang terbuat dari logam jelas lebih berat dan lebih mahal namun lebih efisien saat mendinginkan laptop. Sedangkkan cooling pad yang terbuat dari plastik biasanya lebih murah, ringan dan mudah dibawa kemanapun. Namun memang kekuatannya tidak seperti logam yang lebih tahan lama.

Yang pasti selain bentuk cooling pad yang tepat, pemakaian pun perlu diperhatikan. Hindari pemakaian laptop yang terus menerus. Istirahatkan sementara sebelum digunakan kembali. Hal tersebut dapat membantu mengistirahat laptop kamu dan juga memperpanjang umur laptop.

Aug 05 2011

on How To, Tech News

128 Responses to Memilih Cooling Pad Yang Tepat dan Efisien

  1. dok kalau buat ao725 cooling padnya nyedot angin dri latop atau niup angin ke laptopnya dok ??

    By Muhammad Rafif Idris Reply
    • Dear Rafif, kamu bisa menggunakan cooling pad yang menyedot udara dari bagian bawah laptop. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. Dok saya mau tanya, kalau udara yang ditiup oleh cooling pad justru masuk ke body laptop apakah akan berakibat fatal walaupun udara yang ditiup tersebut mampu menstabilkan suhu laptop ?

    By Edwin Reply
    • Dear Edwin, hal itu tidak menjadi masalah. Udara dari cooling pad yang mengalir kedalam laptop akan membantu proses sirkulasi udara. :)

      By Dr. Acer Reply
  3. dok kenapa laptop saya kalo dipake maen game kepanasan kok mati sendiri? apa gara2 kepanasannya ato gara2 apa? tolong direspon secepatnya, saya pengguna acer 4253.

    By ichanpants Reply
    • Dear, Ichan. Ketika laptop mengalami overheat, seperti yang dialami laptopmu, laptop akan otomatis mati untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih fatal. Overheat sendiri sering disebabkan gangguan pada performa kipas pendingin laptopmu. Untuk mengatasinya, silakan bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply
  4. brati klo acer v5 cocok pake cooling yg anginnya mengarah ke atas/niup laptop dok?

    By diangga Reply
    • Dear Diangga, jenis Cooling pad yang digunakan bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing pengguna :)

      By Dr. Acer Reply
  5. Dok, kalau aspire e1 – 422 qc itu memiliki skema pendinginan seperti apa dok ? dan cocoknya cooling pad yg mengalirkan udara kedalam atau keluar laptop?

    By Septian Reply
    • Hai, Septian. Aspire E1-422 menggunakan kipas pendingin seperti kebanyakan laptop. Akan lebih baik jika kamu menggunakan cooling pad yang mengalirkan udara keluar laptop.

      By Dr. Acer Reply
  6. dok untuk lapto acer 4723z bgsny cooling pad jenis apa???

    By Ihwan Abdillah Reply
    • Dear Ihwan, kamu bisa menggunakan cooling pad berbahan plastik untuk Aspire 4723Z milikmu. :)

      By Dr. Acer Reply
  7. bisa di pekerja dok maksud nya ” memilih cooling pad
    yang mengalirkan udara panas dari laptop
    keluar”?
    Saya pakai laptop Acer m5 481tg

    By dayat Reply
    • Dayat, fungsi dari cooling pad sebenarnya membantu kelancaran sirkulasi udara di sekitar laptop sehingga panas yang dihasilkan bisa segera dikeluarkan dari badan laptop. Oleh karena itu lebih baik gunakan cooling pad yang mengalirkan udara dari badan laptop keluar bukan sebaliknya

      By Dr. Acer Reply
  8. Malam dok, laptop saya Acer E1-471G, rencana mau beli cooling pad. Tapi saya agak bingung, cocoknya cooling pad dengan aliran udara ke atas/ke bawah ya?
    Saluran laptopnya di bagian kiri yg panas dok, terima kasih..

    By Eric Reply
    • Dear Eric, Lebih disarankan menggunakan cooling pad yang menyerap panas dari laptop, dan di alirkan ke permukaan :)

      By Dr. Acer Reply
  9. dok ,gimana sih cara perawatan baterai laptop pada acer agar baterai tidak cepat bocor ?apakah baterai harus dilepas saat laptop sedang dicharge dan sambil digunakan ?

    By ripdian nisa Reply
  10. dear dr. Acer, bisa minta tolong jelaskan bagaimana ‘skema’ cooling pad membantu mendinginkan laptop yang lubang ventilasinya disebelah kiri? laptop saya Acer V5-471G.. klo dipake nge-game panas nya naudzubillah, jadi saya berencana membeli cooling pad. apakah dr. Acer pernah melakukan pengujian sebelumnya terkait cooling pad? terima kasih, salam sukses :)

    By danang Reply
    • Danang, laptop seperti itu biasanya memiliki skema pendinginan dengan bagian ‘inhaust’ di bawah dan exhaust pada sisi badan laptop. Oleh karena itu, gunakan cooling pad yang mengalirkan udara ke badan laptop untuk membantu aliran udara semakin lancar sehingga membantu menjaga temperatur laptop ketika sedang digunakan.

      By Dr. Acer Reply
  11. dok kalo untuk ao722 bagusnya cooling pad yang niup ato nyedot?

    By Muchammad Dikcy Reply
    • Dear Dicky, kamu bisa memilih cooling pad yang mengalirkan udara panas dari laptop keluar. Namun tips memilih cooling pad dalam artikel di atas tentunya juga perlu kamu pertimbangkan.

      By Dr. Acer Reply
      • Om, kalo cooling pad buat acer E1-470G yg cocok yg gimana ?

        By Rivay Reply
        • Dear Rivay, Kamu bisa menggunakan cooling pad yang sesuai dengan preferensi kamu :)

          By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.