Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

spAcer, pernah tiba-tiba laptop mu mati mendadak saat dioperasikan? Jangan khawatir. Laptop mati mendadak bukan hanya karena ada kerusakan. Salah satunya karena over-resources pada memory. Atau hal lain seperti overheat (kepanasan) juga dapat terjadi. Power management atau arus udara yang tidak lancar juga dapat berpengaruh laptopmu dapat mati secara mendadak. Lalu apa yang harus dilakukan? spAcer, berikut tips sederhana saat laptopmu mati mendadak.

  1. Perhatikan fan laptop. Apakah fan berfungsi atau tidak jika tidak berfungsi berarti kemungkinan besar laptop mati karena overheating. Segera perbaiki fan Anda.
  2. Jika fan masih dalam kondisi baik, bersihkan headsink prosessor dari debu dengan menggunakan kuas. Pastikan jangan ada debu yang turut menyumbat ventilasi saat membersihkan headsink.
  3. Bersihkan juga mainboard. Saat membersihkannya hati-hati untuk tidak terlalu kuat karena akan merusak komponen atau soldier pada mainboard.
  4. Untuk mencegah overheat, berikan silicon pendingin pada headsink. Diamkan sejenak kemudian tutup kembali laptop. Jangan langsung menyalakan laptop. Istirahatkan sejenak lalu kemudian hidupkan kembali.
  5. Hindari juga mengoperasikan laprop pada tempat tidur, bantal, sofa dan lain-lain. Hal ini akan menghambat perputaran udara yang ada sehingga laptop menjadi overheat. Biasakan tempatkan laptop pada bidang datar dan pastikan sirkulasi udara lancar. spAcer juga dapat menggunakan cooling pad untuk membantu agar laptop tidak cepat panas.

Selain tips diatas, jangan lupa untuk tidak mengoperasikan laptop kamu secara terus menerus selama seharian penuh. Berikanlah laptop kamu ‘istirahat’ agar performanya tetap terjaga. Terakhir, bila laptopmu tetap bermasalah, segera bawa ke teknisi ahli agar ditangani dengan maksimal. So, jangan panik ya spAcer.

Related Article

1,307 Responses to Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

 

  1. charles says:

    laptop saya Travel mate b115 series laptop mendadak mati sendiri, tidak bisa di hidupkan harus di cars baru bisa hidup..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Charles, laptop yang mati mendadak bisa merupakan indikasi dari laptop yang overheat. Namun untuk dapat mendiagnosa problemnya secara pasti, kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi di sana melakukan pengecekan lebih lanjut.
      Lokasi Acer Service Center terdekat bisa kamu temukan pada link berikut http://www.acerid.com/acer-service-center/

  2. roadee odie says:

    gan ini laptop yang paling saya sayang walau udah bobrok sih, cuma pingin tau cara perbaiki fan yang mati total, mau beli uangnya gak ada.. tolong di share ya gan,,, please

    1. Dr. Acer says:

      Dear Roadee, untuk kendala pada kipas laptop memerlukan pemeriksaan secara fisik terlebih dahulu untuk mengetahui apakah matinya kipas laptop akibat dari sudah tidak berfungsinya kipas atau terdapat kendala lainya pada motherboard unit. Kami sarankan untuk membawanya ke Acer Service Center terdekat agar teknisi kami dapat membantu anda melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terkait hal tersebut.

  3. deri says:

    maaf mau nanya saya punya laptop acer aspire e5-411 kenapa ko dihidupkan layar hitam tapi indikator nyala tp kipas nyala cuman beberapa detik saja,,,tolong bantuanya terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Deri, sebelumnya bisa diinformasikan kegiatan terakhir kamu sebelum kendala tersebut, dan apakah kamu bisa masuk kedalam BIOS ( tekan F2 pada saat unit booting).

  4. rizki says:

    Mau nannya, laptop saya acer v3-471g. Kalau baru dinyalakan ngak mau langsung hidup. Langsung mati. Cuma lampunya nyala sekejap. Tapi kalau sudah di di nyalakan beberapa kali baru mau hidup. Tapi kalau sudah hidup dan dimatikan kemudian dihidupkan lagi dia langsung mau. Tolong beri solusinya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rizki, kemungkinan terjadi problem pada RAM di laptop milikmu. Untuk memastikan problem yang terjadi kami sarankan kamu membawanya ke Acer Service Center. :)

  5. Andit Pras says:

    Min tempat saya laptop mati, tapi lampu powernya hidup, pas ssaya nyalakan laptopnya panas sekali, kenapa ya? Acer Aspire E11

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andit, agak sulit mendiagnosa problemnya apabila tidak cek unit secara langsung terlebih dahulu. Solusi yang bisa kami berikan adalah dengan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi di sana melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan solusi terbaik.

  6. hanif says:

    min laptop saya tipe e1-431, waktu dinyalakan lampu indikator menyala, dan lampu layar (backlight) bekerja. tapi tidak bisa masuk ke BIOS (tidak muncul tulisan ACER pada awal startup). sudah diganti thermalpastenya, fan sudah dibersihkan tapi masih tetap. kenapa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hanif, kamu bisa coba menggunakan monitor tambahan untuk masuk BIOS. Namun bila masih belum bisa menyelesaikan kendala unit kamu disarankan membawanya ke Acer Service Center agar diperiksa secara menyeluruh oleh teknisi kami.

  7. bowo says:

    Min mau tanya, notebook acer ane tiba2 mati pas lg dipake dan dlm keadaan di cas.. setelah nb ane mati lampu indikator utk cas malah ikutan mati juga min dan langsung matot, itu knapa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bowo, kemungkinan ada masalah pada regulator daya. Kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center untuk diagnosa secara langsung dan menyeluruh sekaligus mendapatkan solusi yang paling tepat.

  8. luthfi says:

    min,laptop acer saya mati ketika baterai masih ada sisa 20% lagi. idaapa itu termasuk overheating atau tidak ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Luthfi, efek overheat bisa menyebabkan laptop mati mendadak dan overheat biasanya disebabkan oleh beberapa hal yaitu fan laptop yang tidak berfungsi dengan benar atau keringnya thermal paste pada processor. Untuk dapat mendiagnosa problemnya secara pasti, kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi di sana melakukan pengecekan dan segera diberikan solusi terbaik.
      Lokasi Acer Service Center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com/acer-service-center/

  9. haryono says:

    laptop acer saya sering mati tanpa sebab, padahal laptopnya tidak panas, sudah dibersihkan dri debu dan posisi ram sudah benar.

    dibawa ketukang service, situkang servicenya jg ga ngerti salahnya dimana.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Haryono, untuk mengetahui penyebab pasti masalah seperti ini dibutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh teknisi Acer. Jika masalah seperti ini terus berlanjut sebaiknya bawa laptopmu ke Acer Service Center. Info lokasi Acer Service Center ada dibagian atas blog ini. :)

  10. fairuz baidhawi says:

    kenapa notebook acer saya 4736 pada saat awal mw nyalain, tombol start menyala tapi layar blank, lampu indikator berwarna biru tidak kedip2 kemudian kipas procesor berputar sebentar kemudian berhenti padahal saya sdah bongkar semua untuk membersihkan kipas procesor.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fairuz, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami. Untuk problem yang kamu alami agak sulit bagi kami mendiagnosa problem yang kamu alami tanpa melakukan pengecekan fisik secara langsung, disarankan sebaiknya membawa unit ke Acer Service Center terdekat. Info lokasi Acer Service Center dapat kamu temukan dibagian atas blog ini. :)

  11. peaprakoso says:

    dok leptop sy acer 4738G core i5. baru baru ini nambah ram 2gb jadi total 4gb. setelah hampir sebulan dari penambahan ram tiba tiba leptop mati . dugaan sy memang sudah waktunya thermalpaste diganti. setelah sy ganti thermalpaste penyakit masih blm ilang. pemakaian beberapa jam leptop mati ngejepret. denger denger ram juga bisa membuat mati ngejepret jadi sy coba dengan test dengan one by one ram nya sambil melakukan rotate slot ram. dan hasilnya masih sama penyakit tidak hilang.
    jadi gimana ini dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Peaprakoso, laptop yang mati mendadak bisa juga disebabkan oleh indikasi laptop yang overheat. Namun untuk dapat mendiagnosa problemnya secara pasti, kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat.
      Lokasi Acer Service Center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  12. Ahmad Soleh says:

    Kenapa setiap saya bermain pes 2015 charger laptop 4750 pengisiannya putus nyambung padahal sebelumnya normal2 aja. Saya sudah coba ganti charger dengan yang ori tapi masih tetap seperti itu.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ahmad, agak sulit mendiagnosa problem yang kamu alami secara pasti tanpa melakukan pengecekan fisik secara langsung. Kami sarankan sebaiknya membawa unit ke Acer Service Center terdekat untuk pengecekan secara langsung.

  13. indah says:

    Mau numpang tanya gan/sis… kmaren notebook acer q tiba2 mati pas q pake n q cas.. setelah q coloin cas le listrik tiba2 langsung mtot.. knapa ya? Lampu cak kedip2

  14. Riadhy Muhammad Alfarisy says:

    keluar gambar acer nya tapi pas mau masuk ke windows nge blank apa yang harus saya lakukan?

  15. joko santoso says:

    Batrai sedang low dan kita lupa cas,layar langsung sleep,
    Bgai mana cara supaya ketika dicas kembali kita bisa mnghidupkan layar sleep dngan tmbol smbrang,,tanpa mematikan laptop secara paksa /tkan power lama2

    1. Dr. Acer says:

      Dear Joko, untuk menghidupkan kembali laptop dari keadaan sleep kamu cukup menekan tombol power saja.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved