Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

spAcer, pernah tiba-tiba laptop mu mati mendadak saat dioperasikan? Jangan khawatir. Laptop mati mendadak bukan hanya karena ada kerusakan. Salah satunya karena over-resources pada memory. Atau hal lain seperti overheat (kepanasan) juga dapat terjadi. Power management atau arus udara yang tidak lancar juga dapat berpengaruh laptopmu dapat mati secara mendadak. Lalu apa yang harus dilakukan? spAcer, berikut tips sederhana saat laptopmu mati mendadak.

  1. Perhatikan fan laptop. Apakah fan berfungsi atau tidak jika tidak berfungsi berarti kemungkinan besar laptop mati karena overheating. Segera perbaiki fan Anda.
  2. Jika fan masih dalam kondisi baik, bersihkan headsink prosessor dari debu dengan menggunakan kuas. Pastikan jangan ada debu yang turut menyumbat ventilasi saat membersihkan headsink.
  3. Bersihkan juga mainboard. Saat membersihkannya hati-hati untuk tidak terlalu kuat karena akan merusak komponen atau soldier pada mainboard.
  4. Untuk mencegah overheat, berikan silicon pendingin pada headsink. Diamkan sejenak kemudian tutup kembali laptop. Jangan langsung menyalakan laptop. Istirahatkan sejenak lalu kemudian hidupkan kembali.
  5. Hindari juga mengoperasikan laprop pada tempat tidur, bantal, sofa dan lain-lain. Hal ini akan menghambat perputaran udara yang ada sehingga laptop menjadi overheat. Biasakan tempatkan laptop pada bidang datar dan pastikan sirkulasi udara lancar. spAcer juga dapat menggunakan cooling pad untuk membantu agar laptop tidak cepat panas.

Selain tips diatas, jangan lupa untuk tidak mengoperasikan laptop kamu secara terus menerus selama seharian penuh. Berikanlah laptop kamu ‘istirahat’ agar performanya tetap terjaga. Terakhir, bila laptopmu tetap bermasalah, segera bawa ke teknisi ahli agar ditangani dengan maksimal. So, jangan panik ya spAcer.

Related Article

1,769 Responses to Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

 

  1. stanis says:

    Trims klw laptop saat jas tiba2 mati lalu 2 hari kemudian di jas juga tdk nyala solusinya gimana

    1. Dr. Acer says:

      Dear Stanis, untuk kendala pada unit memerlukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh oleh teknisi kami, disarankan agar membawanya ke Acer Service Center agar mendapat penanganan yang instensif.

  2. F.Virginia.Y.G says:

    Laptop saya aspire one, waktu saya lagi nonton tiba-tiba laptopnya mati sendiri. Dan waktu saya cas gak ada warna merah tanda kecas lalu saya buka baterainya lalu saya klik power dan cuma mouse saya yg hidup itupun cuma sebentar lalu mati lagi. Saya pikir cuma kecapean lalu saya istirahatin. Besoknya itu saya coba cek pasang baterai lalu cas dan lepas baterainya lalu cas namun gak berhasil. Selama ini juga saya harus mencas laptop saya dengan melilit kabel casan di sekitar laptop agar bisa dicas. Apa yg harus saya lakukan? Karena saya tidak ingin asal asal bongkar

    1. Dr. Acer says:

      Dear Virginia, kemungkinan ada masalah pada mainboard/komponen lainnya. Untuk memastikannya perlu diagnosa unit secara langsung dan menyeluruh. Kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat di kotamu.

      1. F.Virginia.Y.G says:

        Jika saya bawa ke service dekat rumah saya, apakah bermasalah ? Karena selama ini saya service disana saat laptop lama saya rusak dan komputer saya rusak. Apakah data/film/semacamnya akan hilang?

        1. Dr. Acer says:

          Kami sarankan kunjungi Acer Service Center resmi http://www.acerid.com/acer-service-center/.

  3. Debi Susanto says:

    Acer One 10 saya dalam kondisi full battery. Indikator charge juga menyala. Tetapi tidak bisa dihidupkan. Ada solusi dari pihak Acer utk masalah ini? Terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Debi, kamu bisa coba lepaskan dahulu dock keyboard kemudian hidupkan.

      1. Debi Susanto says:

        Terimakasih untuk responnya. Dilepas dari dock keyboard sambil dicharge ya? Karena sudah saya coba lepas dan dinyalakan juga tidak bisa. Terimakasih.

        1. Dr. Acer says:

          Dear Debi, jika masih tidak berhasil kami sarankan meminta bantuan teknisi di Acer Service Center terdekat.

  4. Ann says:

    Hello Dr. Acer. Laptop saya acer v5-431, sudah 3 tahun pakai. Dua bulan yang lalu, laptop saya tiba-tiba mati dan saat dicas kembali baterai 0% dgn status plugged in but not charging. Dan bberapa hari yang lalu juga laptopnya tiba2 mati saat digunakan. Penyebabnya apa ya? Terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ann, kemungkinan kendalanya ada pada baterai notebook Acer kamu. Namun untuk mengetahui penyebabnya secara pasti, kami sarankan kamu membawa unitnya ke ACSC terdekat agar dapat dibantu diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi kami disana. Bagi unit yang sudah habis masa garansi maka dikenakan biaya servis Rp. 165 ribu (belum termasuk biaya spare parts).

      1. Ann says:

        Oke, terimakasih. Kalau biaya penggantian baterai laptop v5-431 kira-kira berapa ya?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Ann, untuk info harga baterai bisa menghubungi Acer Contact Center dinomor telepon 1500-155 pada hari dan jam kerja. 🙂

  5. zulfainishamad says:

    Laptop saya acer , diantidak mw menyala ke layar utama hanya sampai starting windows , apa yang harus saya lakukan

    1. Dr. Acer says:

      Dear Zulfainishamad, bisa diinformasikan apakah unit dapat masuk kedalam BIOS?

  6. rigo says:

    saya tekan fn + f3 dan tiba2 saya pilih salah satunya dan mati

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rigo, mohon diinformasikan kembali kronologinya secara lengkap termasuk tipe notebook Acer yang saat ini kamu miliki ? Informasi tersebut dibutuhkan agar kami dapat memperkirakan penyebab dari kendala yang saat ini kamu alami.

  7. Khuswara says:

    Acer aspire 4530 baru” ini dinyalain monitor tidak menyala 5 detik kmdian mati dan restart, begitu berulang”. Kiranya kenapa ya, dan baterai sudah tidak terpakai. Jadi untuk menyalakan harus di cas. Baiknya baterainya dilepas tidak? Mohon petunjuknya. Terima kasih sebelumnya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Khuswara, kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Tidak disarankan menggunakan laptop tanpa baterai.

  8. Nina says:

    Laptop saya acer aspire, tp sudah lama tidak digunakan. Selama tidak digunakan, saya masukkan ke dalam tas, tanpa menggunakan batre. Apakah laptop saya akan baik-baik saja? Kalau seharusnya akan terjadi masalah dengan laptopnya, langkah apa yang harus saya lakukan? Saat ini saya belum mau melakukan tindakan apapun dikarenakan takut laptop saya akan bermasalah. Oleh karena itu, mohon petunjuk dan bimbingannya? Terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nina, hal tersebut tidak masalah, namun pastikan penyimpanan laptop tersebut di tempat yang kering dan tidak lembab.

  9. Mario says:

    Laptop saya Acer 4738G sering berisik dan panas. Apakah bisa diperbaiki di Acer Service Center?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mario. kemungkinan notebook Acer kamu mengalami overheat, kami sarankan untuk membawa unitnya ke ACSC terdekat agar dapat dilakukan proses maintenance termasuk pembersihan fan serta penggantian thermal paste oleh teknisi kami disana.

  10. Aan says:

    notebook saya sudah dicas full, pas masuk windows dipke kerja tiba tiba mati.. dihidupkan jg mati lagi, instal ulang OS jg pas ditengah proses jg mati. hardwarenya sudah dibersihkan masih gitu,. kenapa ya? minta solusi 🙁

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aan, sebelumnya bisa diinformasikan tipe unit dan OS yang kamu gunakan?

  11. Supriadi says:

    Kenapa ya Laptop bisa dihidupkan namun langsung mati..gak kuat untuk hidup…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Supriadi, apakah bila terhubung dengan charger juga terjadi kendala tersebut?

  12. zuhrul says:

    pc note book acer saya ketika sedang dicas tiba-tiba gk masuk dan saat dihidupkan gk nyala knpa y, mohon pnjelasannya..
    untuk tipe S/N: NXGJ5SN002646009044P00

    1. Dr. Acer says:

      Dear Zuhrul, sulit bagi kami untuk mengetahui permasalahan yang terjadi tanpa memeriksa langsung unit tersebut. Kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami.
      Daftar alamat Acer Service Center di kota kamu dapat dilihat di menu Acer Solutions pada bagian atas web ini.

  13. surya says:

    Notebook saya tombol powernya menyala tetapi monitornya tdak menyala
    Bagai mana cara mengatasinya.?
    Tolong berikan comentar anda

    1. Dr. Acer says:

      Dear Surya, sebelumnya bisa diinformasikan untuk tipe notebook Acer kamu?

  14. Adnin says:

    Laptopku dinyalain, lalu mati. Dinyalain lagi, mati lagi. Kenapa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adnin, sulit bagi kami untuk mendiagnosa penyebab permasalahan tersebut tanpa melihat laptopmu secara langsung. Disarankan membawanya ke Service Center Acer terdekat untuk pengecekan fisik laptop.

  15. Adifa says:

    Mau tanya nih , laptop acer ku pdhal udh di shut down dengan benar sebelumny tapi tba2 dinyalakan tdk ad reaksi ap2 adaptor jg keadaan bru :”” kira2 knp y min ksih solusi ny dong T.T

    1. Dr. Acer says:

      Hai Adifa, kemungkinan ada program yang masih berjalan di background sehingga menghambat proses shutdown. Sebelumnya bisa diinformasikan untuk tipe notebook Acer atau S/N yang lokasinya ada di bawah notebook Acer ?

  16. jonathan says:

    acer 4738g loading lang mati

    1. Dr. Acer says:

      Dear Jonathan, kemungkinan laptop kamu mengalami overheat. Namun untuk memastikan penyebabnya secara pasti, kami sarankan kamu membawa unitnya ke ACSC agar dapat dibantu diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi kami di sana.
      Lokasi ACSC terdekat bisa kamu lihat di tautan http://www.acerid.com/acer-service-center/

      1. Ayuni says:

        Notebook saya acer aspire V5-132 tiba2 saja mati . Padahal kemaren saya pakai masih biasa2 saja dan bisa digunakan, tapi tadi baru saya hidupkan tidak bisa hidup lagi, sudah dicharger juga tetap tidak bisa, bagaimana yaa solusinya? Sebelumnya juga laptop saya pernah mati dan hidup kemudian berisi tulisan “system not operation” (kalau tidak salah) tapi saya masih bisa mengatasinya .. Dan yang sekarang ini laptop benar2 tidak bisa hidup lagi. Terimakasi

        1. Dr. Acer says:

          Dear Ayuni, sulit bagi kami untuk mengetahui permasalahan yang terjadi tanpa memeriksa langsung unit tersebut. Kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami.

          Daftar alamat Acer Service Center di kota kamu dapat dilihat di menu Acer Solutions pada bagian atas web ini.

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved