Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

spAcer, pernah tiba-tiba laptop mu mati mendadak saat dioperasikan? Jangan khawatir. Laptop mati mendadak bukan hanya karena ada kerusakan. Salah satunya karena over-resources pada memory. Atau hal lain seperti overheat (kepanasan) juga dapat terjadi. Power management atau arus udara yang tidak lancar juga dapat berpengaruh laptopmu dapat mati secara mendadak. Lalu apa yang harus dilakukan? spAcer, berikut tips sederhana saat laptopmu mati mendadak.

  1. Perhatikan fan laptop. Apakah fan berfungsi atau tidak jika tidak berfungsi berarti kemungkinan besar laptop mati karena overheating. Segera perbaiki fan Anda.
  2. Jika fan masih dalam kondisi baik, bersihkan headsink prosessor dari debu dengan menggunakan kuas. Pastikan jangan ada debu yang turut menyumbat ventilasi saat membersihkan headsink.
  3. Bersihkan juga mainboard. Saat membersihkannya hati-hati untuk tidak terlalu kuat karena akan merusak komponen atau soldier pada mainboard.
  4. Untuk mencegah overheat, berikan silicon pendingin pada headsink. Diamkan sejenak kemudian tutup kembali laptop. Jangan langsung menyalakan laptop. Istirahatkan sejenak lalu kemudian hidupkan kembali.
  5. Hindari juga mengoperasikan laprop pada tempat tidur, bantal, sofa dan lain-lain. Hal ini akan menghambat perputaran udara yang ada sehingga laptop menjadi overheat. Biasakan tempatkan laptop pada bidang datar dan pastikan sirkulasi udara lancar. spAcer juga dapat menggunakan cooling pad untuk membantu agar laptop tidak cepat panas.

Selain tips diatas, jangan lupa untuk tidak mengoperasikan laptop kamu secara terus menerus selama seharian penuh. Berikanlah laptop kamu ‘istirahat’ agar performanya tetap terjaga. Terakhir, bila laptopmu tetap bermasalah, segera bawa ke teknisi ahli agar ditangani dengan maksimal. So, jangan panik ya spAcer.

Aug 19 2011

on How To

1,163 Responses to Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

  1. Haii dok. Sya punya netbook koq mati sendiri jngka wktu random, itu kalau service habis brp?
    terus windows awal saya windows starter, dh saya upgrade ke windows enterprise. Kalau mau upgrade ke ultimate bisa?. Trus hbis brp kalau windows?

    By Neymo Reply
    • Dear Neymo, laptop yang mati tiba-tiba biasanya kemungkinan indikasi dari laptop yang overheat. Diperlukan cek unit terlebih dahulu di Acer service center untuk dapat mendiagnosa problemnya secara pasti. Untuk upgrade Windows bisa di lakukan di Acer service center, silahkan kamu datang ke Acer service center dengan membawa unit beserta CD/DVD installer OS Windowsnya agar dibantu oleh teknisi kami di sana melakukan install OS Windowsnya.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  2. hallo doc
    laptop saya acer aspire 4738z
    kenapa setelah saya install driver vganya.. laptopnya jadi sering mati sendiri.. tapi jika tidak diinstall normal-normal saja.

    By susanto Reply
    • Dear Susanto, untuk hal itu pastikan kamu menginsall driver VGA yang sesuai dengan versi Windows yang kamu gunakan. Driver dapat kamu download melalui link berikut http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers/

      By Dr. Acer Reply
      • terima kasih atas responnya doc..
        saya sudah coba install driver dari cd/dvd driver bawaan laptop dan saya sudah coba install driver hasil download dari situs acer.. tapi hasilnya masih sama..

        By susanto Reply
        • Kamu bisa coba update driver VGAnya terlebih dahulu dan lihat apakah problem tetap terjadi.

          Apabila solusi tersebut sudah dilakukan dan problem tetap terjadi, kami sarankan kamu melakukan install ulang OS Windowsnya.

          By Dr. Acer Reply
          • windowsnya sudah installan baru doc…
            masih sama hasilnya..
            setelah install driver vga .. laptop mati sebelum masuk ke windows..

            By susanto
          • Apabila semua solusi sudah dilakukan dan problem tetap terjadi, kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center terdekat agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan pengecekan dan perbaikan.
            Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

            By Dr. Acer
  3. laptop saya acer aspire 4736, hampir 1 tahun saya menggunakan windows 8 pro, sekitar 2 minggu lalu laptop saya mulai bermasalah. pada saat booting laptop mati sendiri, akan tetapi apabila dicoba beberapa kali laptop tersebut dapat hidup dan berfungsi normal, hanya saja apabila digunakan terlalu lama laptop bisa mati sendiri, saya sudah cek kondisi windows, harddisk, memory, dan kipas, semuanya berfungsi dengan baik. kira-kira apa penyebab nya dok ?

    By Hazzam Reply
    • Dear Hazzam, laptop yang mati mendadak kemungkinan adalah indikasi dari laptop overheat. Namun diperlukan cek unit secara langsung terlebih dahulu untuk dapat mendiagnosa problemnya secara pasti. Silahkan kamu membawa unitnya ke Acer service center agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan pengecekan dan perbaikan.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  4. Dear Dr. Acer,
    Laptop saya Accer Aspire 4530, Baru-baru ini mengalami masalah. Sebelumnya Laptop tidak bisa nyala sama sekali, tapi Lampu Inidcator power tetap nyala, kemudian setelah saya bersihkan dan saya vacum ternyata berhasil nyala kembali. Tapi kemarin setelah saya matikan Laptop tidak mau nyala sama sekali, walaupun lampu indicator Power tetap nyala, tapi Kipas pendingin mati. Itu kenapa yah ??? apa cuman Kipasnya saja , atau Mainboardnya ?? Mohon pencerahannya–Terima kasih.

    By Sebastian Iskandar Reply
    • Dear Sebastian, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem tersebut. Info lokasi Acer service center bisa kamu temukan dibagian bawah website ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  5. Selamat Pagi Dok Acer

    Laptop Saya Acer 4738 Aspire problemnya ketika di nyalakan 10 menit mati sendiri. dan saya melakukan pengecekan ternyata kipas processor mati total. nah saya ingin bertanya estimasi penggantian kipas berapa?
    dan apakah betul jika fan kipas processor mati laptop hanya bertahan 10 menit karena over heat

    By Agung Seftiadi Reply
    • Dear Agung, Standar biaya service adalah sebesar Rp 165ribu, belum termasuk sparepart. Untuk informasi harga sparepart, bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja. Produk Acer dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya untuk melindungi komponen didalamnya agar tidak rusak karena overheat

      By Dr. Acer Reply
  6. hallo dok, laptop saya acer ASPIRE 4736Z

    baru saja saya install ulang OS Windows 7. setiap kali browsing dengan mozilla firefox atau google chrome, beberapa saat kemudian layar monitor tiba-tiba gelap tetapi mesin tetap nyala. Tetapi kalau browsing dengan Windows Internet Explorer tidak ada masalah. Kira-kira apa penyebabnya?

    By Ahmad Khoirus Salim Reply
    • Dear Ahmad, apakah setelah layar menjadi gelap tersebut masih dapat membuka aplikasi lainnya? Pastikan driver VGA dan lainnya sudah diinstall kembali.

      By Dr. Acer Reply
  7. hai………
    Laptop saya aspire 4935 bermasalah saat booting windows. OS asli windows Vista. namun udah saya ganti dengan windows 7. laptop saya ga bisa beroperasi lagi karena saat logo windowsnya muncul langsung mati total. kira kira bagian mana yang bermasalah di situ???
    6 bulan yang lalu udah di service oleh ACSC karena masalah ga bisa di charger jika dalam kondisi menyala.
    sekarang masalahnya selalu mati saat logo windows mumcul.

    By REGAR Reply
    • Dear Regar, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu

      By Dr. Acer Reply
  8. hallo doc,,laptop sy aspire E1-431 ..kendalanya batre suka mati mendadak padahal masih 4o-45% ,,mati tanpa pemberitahuan dlu,, mohon solusinya,,, terima kasih

    By harris Reply
  9. hallo doc..laptop sy acer aspire E1 -431 kendalanya baterre 40-45% tiba2 mati ga ada peringatan dlu..mohon solusi nya… trmkasih

    By harris Reply
  10. halo doc, laptop temen saya aspire 4738 mendadak mati saat booting, itu kira2 kenapa ya?

    By Irfan Reply
    • Dear Irfan, jika lampu power juga tidak hidup hal tersebut bisa disebabkan karena ada kerusakan pada regulator daya laptopnya. Kami sarankan bawa unitnya ke Acer service center untuk mendapatkan penanganan secara langsung dan untuk mendapatkan solusi yang paling tepat agar dapat digunakan kembali secara normal.

      By Dr. Acer Reply
  11. saya ingin bertanya mengenai cara penggunaan produk acer yang benar, sehingga dapat awet dan batray juga tetap terjaga performanya.
    saya pengguna acer aspire V5-552G
    selama ini saya menunggu peringatan batray lemah dari windows baru saya lakukan charging (pengisian daya melalui adaptor AC), jika sudah penuh tetapi masih saya gunakan saya biarkan terhubung ke adaptor AC.
    apakah langkah ini sudah benar ?
    jika belum benar mohon petunjuknya

    By Rizki Ramadhan Reply
    • Dear Rizki, kamu bisa tetap menggunakan charger walaupun baterai sudah terisi penuh. Karena laptop Acer sudah menggunakan teknologi ‘trickle charge’ yang menjaga baterai dari problem overcharge. :)

      By Dr. Acer Reply
  12. hallo doc,
    laptop saya aspire 4750, kenapa setiap kali mau di nyalakan harus di charger dlu baru bisa nyala,
    tapi kalau laptopnya sudah nyala,biar casnya di lepas sdh tdk apa-apa,saya perhatikan juga pada saat laptopnya sdh mati,ada lampu kuning berkedip-kedip di samping colokan chargernya, kira-kira apanya itu doc….? mhon petunjuknya….

    By aswar Reply
    • Dear Aswar, untuk problem tersebut kami sarankan membawanya terlebih dahulu ke Acer service center untuk dilakukan pengecekan secara langsung dan dipastikan penyebabnya. Info lokasi Acer service center dapat kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  13. Haloo dok.. Laptop saya Acer Aspire 4736. Kendalanya sering mati saat dipake browsing, kalo internet aplikasi seperti tweetdeck, line, dll sih ga ada masalah, cuma pada saat browsing sering mati, gak langsung mati sih, tiba-tiba layar langsung abu-abu gitu, dan itu obatnya cuma tekan tombol power, lalu dia langsung ke- SLEEP. berulang kali saat saya pakai browsing seperti itu, jarak waktunya gak tentu kapan dia bakal mati, tapi pasti mati. kira-kira itu kenapa ya mas? mohon pencerahan ^.^ Terima kasih..

    By Listianto Reply
    • Dear Listianto, kamu bisa coba uninstall dahulu browser tersebut lalu download dan install kembali browser versi yang terbaru.

      By Dr. Acer Reply
  14. Permisi, laptop teman saya Aspire One (aduh maaf lupa) kendalanya saat dihidupkan nyala semua oke, udah muncul welcome screen, tampilan menu eh tiba” mati mendadak. tiap kali di idupin lagi sama hasilnya juga begitu

    mohon pencerahannya

    (mohon dibalas ke akun Facebook saya http://fb.me/delima8 )

    terima kasih

    By Reiiffs Reply
    • Dear Reiiffs, sudah coba menginstall ulang OS pada laptop kamu?

      By Dr. Acer Reply
  15. mas temanku punya laptop acer 4738 udah 3 bulan tak pernah diidupin, tapi setelah diidupin tak ada reaksi apapun, lampu cargerpun tak hidup.. kira-kira apa ya mas solusinya kok tak dipakai pun bisa rusak..

    By zulkarnain Reply
    • Dear Zulkarnain, untuk kendala tersebut kamu bisa coba melakukan ‘power-reset’ dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
      Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan nyalakan lagi laptopmu.
      Jika tetap tidak bisa dihidupkan kami sarankan membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer

      By Dr. Acer Reply
  16. dok, laptop temzn saya acer aspire 4736, kalau dibuat muter film selalu mati padahal untuk kinerja lainnya laptopnya masih bekerja dengan normal,kasih solusi ya dok kenapa bisa gitu

    By fita istiqomah Reply
    • Dear Fita, coba gunakan aplikasi pemutar video lainnya yang support dengan format file film tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  17. hallo Dok
    Saya punya laptop acer aspire 4736, masalahnya sering mati sendiri, udah saya coba bersihkan debu pada fan + headsink tapi tetap mati sendiri, terus saya nyakan kalau pas proses lemah/tidak ada itu akan mati sendiri, bila proses berat itu nyala terus, Tolong solusinya, apa prosessornya jebol???, dan harus diganti???. Terima Kasih

    By Faris Rizki Reply
    • Dear Faris, kemungkinan ada problem pada komponen di laptop kamu seperti RAM dan HDD. Kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Info lokasi Acer service center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  18. Dok laptop saya acer aspire 4755g, ketika boot dia ok tapi ketika sampai starting windows dia harus tekan tombol apapun baru mau nyala, kalo ga tekan tombol dia starting windows terus. mohon pencerahannya

    By rivadi Reply
    • Dear Rivadi, sudah coba melakukan instalasi ulang OS pada laptop kamu?

      By Dr. Acer Reply
  19. Gini boss. Laptop ane acer v-471G. Ane menemukan kendala ketika menginstall windows 8 di laptop Ane. Laptop ane sring mati. Mati karna over heat. Tapi kalo ane install windows 7 mau di pake 2 hari ga over heat. Lha pas sya instal windows 7 kan ane instal juga driversnya. Pas ane install windows 8 ga ane install karna driversnya ga support. Apa itu pengaruh drivernyaa ? Pliss bantu boss.

    By Raka Adhitya Reply
    • Dear Raka, overheat bisa saja terjadi akibat aplikasi yang dijalankan melebihi batas optimal kinerja hardware akibat driver yang belum diinstall. Driver Windows 8 juga tersedia pada tautan http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

      By Dr. Acer Reply
  20. Dokter acer, klo boleh saya ngasih saran. Mending tutup aja ni forum karena percuma saja ada forum ini klo jawaban dari dokter acer semua kasus sama saja : “bawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh tehnisi acer kami…”
    Karna menurut saya yg namanya forum itu tempat untuk berbagi ilmu dan pengalaman dari pengelola forum dan anggota forum itu sendiri.
    Klo jawaban dr dokter acer seperti itu saja, saya malah jadi meragukan kemampuan “dokter” acer dan secara tidak langsung saya jadi meragukan produk acer nya juga…
    Saya mohon Maaf kepada dokter acer dan kepada pihak acer sebagai produsen jika pendapat saya kurang berkenan di hati dan kepada seluruh pihak yg merasa tidak nyaman dengan pendapat saya,
    Terima kasih

    By dedi priyatna Reply
    • Dear Dedi, mohon maaf jika kamu mendapatkan kesan seperti itu. Kami menjawab seperti itu karena memang ada masalah-masalah yang tidak bisa diselesaikan hanya dengan interaksi online seperti ini. Kami menyarankan agar dibawa ke service center agar investigasi permasalahan bisa berlangsung dengan lebih baik dan menyeluruh sehingga bisa diambil tindakan yang tepat.
      Interaksi melalui channel-channel online yang disediakan Acer Indonesia sangat tinggi dan ada kemungkinan tindakan yang kami sarankan salah karena pemeriksaan tidak dilakukan secara langsung dan lebih intens seperti yang bisa dilakukan di service center langsung oleh teknisi Acer. Selain itu penanganan kesalahan seperti kerusakan pada hardware, update BIOS dan masalah-masalah fatal lain jika dilakukan sendiri memiliki kemungkinan justru makin memperparah kerusakan yang terjadi. Jika penanganan seperti itu dilakukan di service center, maka kamu mendapatkan jaminan garansi service, sehingga lebih aman.
      Sekali lagi kami amat menyesal dan mohon maaf sebesar-besarnya jika menimbulkan kesan yang kurang baik dari jawaban-jawaban yang kami berikan.
      Terimakasih atas masukannya, akan kami jadikan hal ini sebagai pelajaran untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kami berikutnya.

      By Dr. Acer Reply
  21. laptop acer 4738G sering mati pas masuk OS,,tapi jika masuk ke bios dulu lalu keluar bios baru bisa hidup normal lagi..mohon solusinya..

    By robi Reply
    • Dear Robi, untuk problem tersebut kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan disana. Info alamat Acer service center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  22. dok, laptop saya acer 4750Z. laptop saya mati karena semalem ketiduran tidak saya matikan. trus saya cas dan saya hidupkan tidak mau. hanya lampu indikator power dan charger yg nyala. tolong solusinya. terimakasih.

    By rochim Reply
    • Dear Rochim, untuk kendala tersebut kamu bisa coba melakukan ‘power-reset’ dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
      Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan nyalakan lagi laptopmu.

      By Dr. Acer Reply
  23. Permisi, dok. Mau Tanya. Laptop saya suka mati mendadak. Sudah 2x di-instal ulang windows 8 SL, sempat membaik, tetapi ternyata tetap saja mati mendadak kalau di charge. Kira2 kenapa ya dok? Makasih sebelumnya

    By Feby Reply
    • Dear Feby, bisa diinformasikan tipe laptop yang kamu gunakan? Bagaimana dengan panas suhu pada laptop saat mati mendadak tersebut?

      By Dr. Acer Reply
  24. dok, knp tiba2 keyboard laptop acer sy g berfungsi ya ? tombol utk bluetooth, wifi dan sekitarnya jg g bs berfungsi, padahal terpisah dr keyboard. terima kasih

    By balqis Reply
    • Dear Balqis, bisa diinformasikan tipe laptop yang kamu gunakan? Pastikan keyboard sudah dalam kondisi ON dan memiliki daya yang cukup.

      By Dr. Acer Reply
  25. acer 4738z sering mati jika untuk internet. fun bgs jika akan mati bunyinya mendesis keras . mohon pencerahannya

    By slamet riyono Reply
    • Dear Slamet, apakah sudah dicoba untuk menginstall ulang OS pada laptop kamu?

      By Dr. Acer Reply
  26. dok,komputer acerku kok mati2 sendiri,layar nya hidup,tpi pas nyalain langsuk tek mati sendiri…apakah biosnya dok?

    By Danu Reply
    • Dear Danu, kemungkinan ada problem pada komponen di laptop kamu seperti RAM dan HDD. Kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Info lokasi Acer service center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  27. Halo Doc..Saya Daniel ingin menanyakan berapakah biaya servis+jasa untuk perbaikan IC power untuk Acer Aspire 4730Z?kira2 butuh berapa lama perbaikannya? karena laptop saya colok ke listrik/pun dihubungkan ke baterai, laptop saya tersebut mati total..Jadi menurut dugaan saya permasalahan ada di IC power tsb. Mohon Bantuannya Terima Kasih

    By Daniel Roeslim Reply
    • Dear Daniel, kami sarankan kamu membawa unit beserta kelengkapannya ke Acer service center agar dilakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap unitnya. Untuk estimasi biaya dan waktu perbaikan akan diinfokan petugas Acer service center setelah dilakukan pengecekan. Sebagai info, untuk unit yang tidak dalam masa garansi dikenakan biaya Rp. 165rb (diluar harga sparepart). Info lokasi Acer service center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  28. Dok, Kenapa ya saat saya menyalakan laptop pas saat starting windows kok mati y
    *Minta saran nya Dok!

    By Zulfahmi Reply
    • Dear, Zulfahmi. Ada kemungkinan terjadi gangguan hardware di laptopmu. Untuk memastikannya, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa dibantu langsung oleh teknisi Acer.

      By Dr. Acer Reply
  29. hay komputer saya acer v5 , kadang dia mati tiba2 saya binggung ap penyebab nya kok bisa komputer saya mati dengan tiba2 ,,, jadi apa penyebab nya

    By desi irana dewi Reply
    • Dear Desi, bisa diinfokan apakah problem terjadi pada saat kamu menjalankan aplikasi multimedia/bermain gaming 3D? Sebagai informasi, laptop yang mati tiba-tiba dadalah indikasi dari laptop yang overheat. Untuk problem tersebut kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center terdekat agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan pengecekan dan perbaikan.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  30. hallo doc
    netbook saya aspire one 532h.ketika di hidupkan indikator hdd menyala kemudian mati,indikator power masih menyala tapi layar blank hitam ,mohon pencerahannya doc terima kasih

    By anton Reply
    • Dear Anton, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

      By Dr. Acer Reply
  31. Mohon maaf nih Dok kira-kira kinerja membersihkannya berapa hari ya, Dok?

    By Zulfahmi Reply
    • Waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan unit dan membersihkannya maksimal 5 hari kerja tergantung jumlah antrian.

      By Dr. Acer Reply
  32. Mohon maaf nih dok kalau boleh tau harga membersihkan kotoran atau debu ke Unit service centre acer berapa ya ?

    By Zulfahmi Reply
    • Dear Zulfahmi, biaya service tersebut dikenakan biaya sebesar 165.000, namun jika unit masih dalam masa garansi maka tidak dikenakan biaya.

      By Dr. Acer Reply
  33. Hallo doc, Acer 4253 saya sering mati mendadak akhir-akhir nih, kipas sudah di bersihkan…kondisi di bawah kipas sangat panas kalau sudah mati, itu harus bagaimana yah ? Terus kalau boleh tau, harga batrai buat 4253 berapa yah ? Terima kasih.

    By Felix Reply
    • Dear Felix, panas selain disebabkan dari kotoran debu pada kipas, bisa disebabkan karena ada hardware yang performanya sudah lemah sehingga meskipun menjalankan aplikasi standar mengalami panas berlebih. Kami sarankan membawa unitnya ke Acer service center untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, kamu bisa menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja (gunakan kode area lokal setempat jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
  34. Hallo doc
    Netbook saya Acer Ferrari One, Awalnya netbook saya sering mati sendiri pada saat saya gunakan setelah itu sayay mencob untuk memberikan pasta pendingin di processor dan akhirnya saya bongkar total Tapi setelah kembali dipasang ternyata malah mati total (indikator power menyala terus dan fan-nya berputar hanya sebentar kemudian mati kembali dan gambar layar gelap total…)

    Mohon Bantuannya
    Thanks…

    By Yourheza Reply
    • Dear Yourheza, agak sulit memperkirakan penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung, kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dapat diperiksa secara langsung.

      By Dr. Acer Reply
  35. dok harga flexibel acer 4738z brpa

    By romli Reply
    • Dear Romli, Untuk informasi mengenai harga sparepart, kamu bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja :)

      By Dr. Acer Reply
  36. Doc, Laptop saya Acer 4732z, Mati Total, dipasang charger tidak berpengaruh, indikator di laptopnya tidak ada yg menyala…adakah cara alternatif sebelum ke tempat servis?

    By Azmi Reply
    • Dear Azmi, agak sulit bagi kami mendiagnosa problem yang kamu alami tanpa melihat unit secara langsung. Kami menyarankan sebaiknya segera membawa unit ke Acer service center terdekat untuk melakukan pengecekan secara langsung. Alamat service center bisa kamu lihat dibagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply
  37. salam dok. haduh saya bingung, beberapa hari ini laptop cepat panas. udah banyak tips saya terapin. tapi masih aja. ini bukan cuma panas aja tapi shutdown. emang kalo buat ngerjain tugas engga kenapa2. tapi kalo dipake buat main game jadi shutdown dan suhu laptop naik jadi 50%. padahal saya main game ini sebelumnya pake settingan high aja lancar banget. sekarang udah disetting dibawah normal alias low tetep shutdown. itu kenapa yaa dok?
    salah satu yang masih saya pikirin apa karena ruang ventilasi laptop saya yang kotor didalamnya. soalnya kamar saya cepat berdebu. kalo memang ia, dok ada link tutornya?

    By Syahri Rahmadani Reply
    • Dear Syahri, kemungkinan overheat yang terjadi diakibatkan oleh banyaknya kotoran/debu, sehingga dengan ditambah sedikit saja panas akibat pemakaian aplikasi/game memicu panas semakin tinggi dan sensor system otomatis akan mematikan system untuk mencegah kerusakan pada hardware. Kami sarankan membawa unitnya ke Acer service center agar dapat dilakukan service pembersihan unit, lokasinya dapat ditemukan pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  38. Soalnya gini dok..
    laptop saya bunyi tit tit tit terus menerus
    tpi terkadang berhenti dan bunyi lagi..
    terus saya bongkar laptopnya dam membersihkan memori, MB, heatsink, ventilasi dan kabel vga nya ternyata nihil jg dok..
    mohon solusinya dok.. :)

    By Masuno Reply
    • Dear Masuno, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu

      By Dr. Acer Reply
  39. Hai doc laptop saya acer aspire kenapa setiap saya mecolokkan charger dalam keadaan menyala selalu bunyi biip bipp terus dan lampu indikator baterai kedap kedip..baterai pun tidak terisi.
    namun apabila laptop saya charge dalam keadaan tidak dihidupkan tidak ada bunyi beep baterai terisi namun lampu indikator tetap kedapnkedip.
    mohon bantuannya dok.
    thanks alot
    diyah

    By diyah Reply
    • Dear Diyah, Mungkin kamu bisa coba untuk melepas, kemudian memasang kembali baterai pada laptop kamu terlebih dahulu. Jika problem tersebut tetap terjadi, Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

      By Dr. Acer Reply
  40. halo dok..
    mau tanya nih letaknya kabel vga acer aspire 4736G diamana ya..

    By Masuno Reply
    • Hai, Masuno. Port VGA pada Aspire 4736g berada di sisi sebelah kiri badan laptop.

      By Dr. Acer Reply
      • Bukan portnya dok..
        tp kabel vganya soalnya saya mau ganti tu kabel
        gitu dok..

        By Masuno Reply
        • Dear Masuno, Mengenai hal tersebut, kamu bisa kunjungi Acer Service Center terdekat di kota kamu untuk perbaikan/penggantian sparepart

          By Dr. Acer Reply
  41. dok laptop saya mendadak mati saat proses booting, setelah dicoba berulang kali dan masih tetap saja mendadak mati saat proses booting, baru bisa menyala, kenapa ya dok?

    By nisa Reply
    • Hai, Nisa. Ada kemungkinan terjadi kesalahan hardware pada laptopmu. Untuk mengatasinya, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply
  42. dok mau tanya..laptop saya sering mati tapi kalo di charge hidup itu gimana dok????

    By MHD.YUDA SATRIA Reply
    • Dear Yuda, kemungkinan ada problem pada baterai laptop kamu. Untuk problem tersebut kami sarankan untuk lakukan pengecekan di Acer service center. Info lokasi Acer service center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  43. Dok saya punya netbook 722 AMD.Bisa nyala tp gk sampe 1 menit mati sendiri,di hidupin lagi kadang2 gk bisa baik dengan batre ato adapto ato dua2nya.Kira kena penyakit apa itu dok,trims

    By Iwan Reply
    • Dear Iwan, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer service center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem tersebut. Lokasi service center dapat ditemukan pada bagian bawah blog ini :)

      By Dr. Acer Reply
  44. hallo doc, netbook saya acer aspire one d257, saat dinyalakan, tiba2 redup dan mati sendiri, pas tekan tombol power lagi kembali nyala tp langsung keadaan stand bby. dan sama awalnya redup dan langsung terang. kira2 kenapa ya? tq

    By nita Reply
    • Dear Nita, apakah problem tersebut tetap terjadi ketika dihubungkan dengan charger? Mungkin kamu bisa cek kembali pengaturan pada Control Panel > Power Options

      By Dr. Acer Reply
  45. dok, laptop saya Acer aspire 4755 G. waktu laptop saya mati karna ngdrob. lalu saya carge tapi listrik ketika itu mati. lalu saya biarkan saja caergernya terpasang dilaptop. taka lam kemudian listrik hidup ketika itu posis carge masih terpasang di laptop. ketika saya tekan tombol on laptop saya nggak mau nyala lagi. lampu indikator cargernya juga nggak nyala. tapi lampu indikator kabel LAN nya nyala apabila carger dipasang. kira-kira itu apanya yang rusak ? mohon jawaban dok !!!

    By andri yanto Reply
    • Dear Andri, untuk kendala tersebut kamu bisa coba melakukan ‘power-reset’ dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
      Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan nyalakan lagi laptopmu.
      Jika tetap tidak bisa menyala kami sarankan untuk membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer.

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Andri, untuk kendala tersebut kamu bisa coba melakukan ‘power-reset’ dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
      Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan nyalakan lagi laptopmu.
      Jika tetap tidak bisa menyala kami sarankan untuk membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer. :)

      By Dr. Acer Reply
  46. hallo doc
    laptop saya acer aspire 4750z
    kondisi sekarang indikator batrey nyala biru walaupun tidak terhubung dengan carger dan tidak bisa di nyalakan, tetapi apabila di lepas battrey lalu dihubungkan dengan carger lalu di nyalakan bisa nyala lalu di pasang battrey normal. tetapi jika shoutdown lalu carger di lepas masalahnya kambuh lagi. harus mengulang proses tadi. kenapa ya doc, mohon bantuannya

    By agus Reply
    • Dear Agus, untuk kendala tersebut kamu bisa coba melakukan ‘power-reset’dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
      Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan nyalakan lagi laptopmu.
      Jika tetap tidak bisa menyala kami sarankan untuk membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer.

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Agus, untuk kendala tersebut kamu bisa coba melakukan ‘power-reset’dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
      Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan nyalakan lagi laptopmu.
      Jika tetap tidak bisa menyala kami sarankan untuk membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.