Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

spAcer, pernah tiba-tiba laptop mu mati mendadak saat dioperasikan? Jangan khawatir. Laptop mati mendadak bukan hanya karena ada kerusakan. Salah satunya karena over-resources pada memory. Atau hal lain seperti overheat (kepanasan) juga dapat terjadi. Power management atau arus udara yang tidak lancar juga dapat berpengaruh laptopmu dapat mati secara mendadak. Lalu apa yang harus dilakukan? spAcer, berikut tips sederhana saat laptopmu mati mendadak.

  1. Perhatikan fan laptop. Apakah fan berfungsi atau tidak jika tidak berfungsi berarti kemungkinan besar laptop mati karena overheating. Segera perbaiki fan Anda.
  2. Jika fan masih dalam kondisi baik, bersihkan headsink prosessor dari debu dengan menggunakan kuas. Pastikan jangan ada debu yang turut menyumbat ventilasi saat membersihkan headsink.
  3. Bersihkan juga mainboard. Saat membersihkannya hati-hati untuk tidak terlalu kuat karena akan merusak komponen atau soldier pada mainboard.
  4. Untuk mencegah overheat, berikan silicon pendingin pada headsink. Diamkan sejenak kemudian tutup kembali laptop. Jangan langsung menyalakan laptop. Istirahatkan sejenak lalu kemudian hidupkan kembali.
  5. Hindari juga mengoperasikan laprop pada tempat tidur, bantal, sofa dan lain-lain. Hal ini akan menghambat perputaran udara yang ada sehingga laptop menjadi overheat. Biasakan tempatkan laptop pada bidang datar dan pastikan sirkulasi udara lancar. spAcer juga dapat menggunakan cooling pad untuk membantu agar laptop tidak cepat panas.

Selain tips diatas, jangan lupa untuk tidak mengoperasikan laptop kamu secara terus menerus selama seharian penuh. Berikanlah laptop kamu ‘istirahat’ agar performanya tetap terjaga. Terakhir, bila laptopmu tetap bermasalah, segera bawa ke teknisi ahli agar ditangani dengan maksimal. So, jangan panik ya spAcer.

Related Article

1,449 Responses to Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

 

  1. Mike says:

    Trm ksh atas petujuk Dr. Acer. Laptop P3 171 yang dahulunya batrei 45% tanpa pemberitahuan langsung mati, tapi setelah mengikuti petunjuk dari Dr. Acer akhirnya berhasil dan kini indikator batrei 10% diikuti dgn pemberitahuan. Sekarang saya putar video nonstop kurang lebih 2 jam baru ada indikator batrei lemah, apakah batrei msh batas normal atau harus di ganti. laptop saya pembelian thn 2014. Kalau harus diganti apa masih ada spare part batrei P3 171 dan berapa harganya. Trm ksh Dr. Acer

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mike, baterai dengan waktu 2 jam untuk nonton video masih cukup baik. Baterai dapat kamu beli di jaringan Acer Service Center http://www.acerid.com/acer-service-center/, untuk info harga sparepart resmi Acer, silakan menghubungi Acer Contact Center 1500-155 pada hari Senin-Sabtu pukul 08.30 – 17.30.

  2. Aimee says:

    Halo permisi min, saya mau tanya laptop saya tiba-tiba semalam mati sendiri pada saat sedang dioperasikan. Padahal tidak sedang membuka aplikasi yg berat.
    dan setelah mati tiba-tiba tidak mau menyala sampai sekarang, udah saya coba dinginin di lantai 1malam tetap tidak mau nyala min. Pas kabel chargeran saya colokkin ke laptop, lampu indikator chargingnya tidak mau nyala min.. Itu kira-kira kenapa ya min? Dan cara mengatasinya gimana kemungkinan lain selain dibawa ke service centernya? Tolong dibantu respon min secepatnya lagi butuh laptop ini buat skripsi min.. Terima kasih sebelumnya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aimee, jika unit laptopmu menggunakan baterai removable kamu bisa coba terlebih dahulu melakukan power reset dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:
      1.Lepaskan baterai laptop dari tempatnya dan lepas charger dari laptop kamu.
      2. Tekan dan tahan tombol power pada laptop kamu selama 30 detik, setelah itu lepaskan.
      3. Sambungkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop di tempatnya.
      4. Setelah semuanya terpasang, coba hidupkan lagi laptop kamu.
      Jika tetap tidak bisa dihidupkan kami sarankan membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer.

  3. Ika Bella says:

    Apakah laptop saya bisa di gunakan kembali , setelah mengalami mati secara tiba” tetapi tidak bisa hidup kembali !
    Minta saran nya !!
    dan cara membetulkan nya .

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ika, jika unit laptopmu menggunakan baterai removable kamu bisa coba terlebih dahulu melakukan power reset dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:
      1.Lepaskan baterai laptop dari tempatnya dan lepas charger dari laptop kamu.
      2. Tekan dan tahan tombol power pada laptop kamu selama 30 detik, setelah itu lepaskan.
      3. Sambungkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop di tempatnya.
      4. Setelah semuanya terpasang, coba hidupkan lagi laptop kamu.
      Jika tetap tidak bisa dihidupkan kami sarankan membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer

  4. Galang Octovian says:

    Dr. Acer,
    Saya mau bertanya, apakah output charger laptop dapat mengakibatkan laptop tiba tiba mati sendiri saat main game, padahal sebelumnya tidak? Saya membeli charger baru dengan output19v – 3.42A padahal charger ori 19v – 4.74A dan efficiency IV padahal charger ori efficiency V, apakah hal ini berpengaruh?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Galang, tentu saja berpengaruh. Disarankan menggunakan charger yang origina dan sesuai dengan charger bawaan. Kamu bisa membeli sparepart resmi Acer di Acer service Center terdekat.

  5. terima kasih tipsnya ,, anehnya laptop gw kebentur dikit langsung mati itu kenapa ya ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aldo, agak sulit bagi kami mendiagnosa problemnya secara pasti apabila tidak cek unit secara langsung terlebih dahulu. Solusi yang bisa kami berikan adalah dengan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi di sana melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

  6. Ahmad CH says:

    Assalamualaikum, notebook saya merek acer aspire one series. Laptop ini memang sering overheating. Lalu saya menggunkan kipas laptop untuk mencegahnya. Lama kelamaan udah gak overheating lagi, lalu suatu ketika saya menonton film di kasur dan tanpa kipas, padahal hanya sebentar dan laptop panas terus mendadak mati. Saya kira ini overheating seperti biasa. Saya tekan lagi power on dan nyala sebentar tetapi langsung mati karena masih kepanasan. Saya coba dinginkan sebentar dan saya hidupkan lagi ternyata sudah tidak bisa dinyalakan lagi. Saya bingung harus bagaimana. Kira kira apa penyebabnya? Dan kalau diperbaiki berapa biayanya? Terimakasih, oh iya baterai saya drop dan harus pakai charger kalau mau menghidupkan laptop. Terimakasih, mohon dibalas 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ahmad, kemungkinan heat sink pada unit tidak bekerja sebagaimana mustinya sehingga tidak dapat membuang hawa panas yang ada didalam unit dengan maksimal. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center untuk mendapat pemeriksaan menyeluruh oleh teknisi kami. Standar biaya service adalah sebesar Rp 165ribu, belum termasuk sparepart. Untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart, silahkan hubungi Acer Contact Center di 1500-155 pada hari dan jam kerja.

  7. Ivana says:

    Laptop saya ketika sedang dipakai tiba-tiba mati. Lalu saya tekan power button lama tapi ga nyala juga. Trus coba di cas. Lampunya nyala tapi ga bisa di nyalain

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ivana, sebelumnya bisa diinformasikan tipe unit dan OS yang kamu gunakan ?

  8. fauzi says:

    Laptop saya acer one 14 beberapa hari yang lalu saya menggunakan laptop saya lalu saya matikan seperti biasa. Hari ini saat saya hendak menghidupkannya laptop saya , masih dalam proses shutting down.
    Apa yang harus saya lakukan?
    Mohon bantuannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fauzi, terkait dengan proses shutting down, yang terjadi kemungkinan adalah adanya proses update system yang belum selesai sebelumnya. Apabila dalam waktu cukup lama tetap kondisi seperti itu, kami sarankan untuk mematikan paksa dengan menekan dan tahan tombol power.

  9. Bayu says:

    Gan saya mau tanya , laptop saya kemarin normal normal aja, hari saya ngidupin lapto trus buat nonton film selang 30 menitan mati sendiri, saya coba pencet tombol power lalu hidup kemudian mati diikuti lampu indikator begitu seterusnya
    Mohon solusinya gan

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bayu, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami

  10. Kurniawan Nur faisa says:

    Tipe laptop saya acer one 14….mati total setelah saya gunakan utk nonton film… Solusinya gmn gan

    1. Dr. Acer says:

      Dear Kurniawan, coba nyalakan laptop dengan charger terpasang terlebih dahulu. Jika masih tidak bisa menyala, kami sarankan sebaiknya membawa unit ke Acer Service Center terdekat agar dapat kami lakukan pengecekan fisik secara langsung.

  11. darmadi says:

    laptop acer saya kalau untuk nyetel video/youtube 10 menit mati dan panas sekali saya mau mencoba petunjuk saya takut karena saya tidak tahu/ tidak menguasai komponen2 dalam laptop. maaf sebaiknya gimana . Trim’s.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Darmadi, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Produk Acer tipe berapa yang kamu gunakan?

  12. Hanif says:

    Selamat malam
    Laptop Saya Acer predator 17
    Kok pas Saya nyalain hanya tombol power nya saja Yang nyala monitornya tidak? Terus Saya matiin dengan cara tekan power juga gak mau? Yang harus Saya lakukan apa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hanif, secara umum laptop bisa dimatikan dengan menahan tombol power selama beberapa saat, bila tetap tidak bisa kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center untuk mendapat pemeriksaan menyeluruh pada unit, bila masih dalam masa garansi maka tidak dikenakan biaya service.

  13. Mulya says:

    Selamat sore… saya mau tanya? laptop saya tiba-tiba mati, trus saya nyalakan mati lagi, tapi saya sudah mengikuti tips yg anda berikan masih saja seperti awal, bagaimana cara memperbaikinya, Terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mulya, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami.

  14. Fiqri says:

    selamat siang , mau tanya apakah masih ada jual heatsink acer 4730z soal nya laptop saya mati sendiri terus heatsink nya udah rusak. terima kasih,

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fiqri, untuk informasi ketersediaan dan harga part Notebook Acer tertentu, silahkan hubungi Acer Contact Center di 1500-155 (pada hari dan jam kerja)

      1. Dimas Alfredo says:

        Mau tanya, laptop saya acer 4738g mengalami kerusakan di bagian ic khususnya di nec tokin nya. Saya pernah sekali ganti tapi cuma bertahan sebulan, solusi nya bagaimana ya?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Dimas, sebelumnya bisa diinformasikan apakah kamu melakukan penggantian IC sebelumnya di Acer Service Center resmi?

  15. hari says:

    Laptop saya acer aspire one 722 sering mati mendadak setelah menyala sekitar beberapa menit kadang juga bberapa detik mendadak mati. ini terjadi setelah saya ganti charger laptop yang baru karena rusak? mohon solusinya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hari, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami.

  16. Mike says:

    Laptop saya acer p3 171 core i3, pemakaian kurang lebih 45% tanpa pemberitahuan langsung mati, ketika langsung di charger indikator menunjukan angka 0%, ketila langsung di charger indikator di layar menunjukan 0%, dan akan full 100% kurang lebih 2 jam. Mohon bantuannya. Trm ksh

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mike, ada kemungkinan terjadi problem pada hardware baterai dan untuk memastikannya disarankan membawa unit ke Acer Service Center terdekat agar dapat melakukan pengecekan fisik secara langsung.

  17. andy says:

    Laptop sy windows 10 setelah sy hidupkan tiba2 dilayar mati nyalah dilayarnya..sperti kedip2,kenapa itu ya ? Tks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andy, apakah saat booting masih bisa masuk BIOS dengan menekan F2?

  18. dee says:

    Selamat pagi
    saya menggunakan acer one 10 baru sekitar 3 bulanan. saat saya sedang memutar lagu dan sebagainya tibatiba gelap sendiri, tapi masih kedengaran suara musiknya. terus saya coba menekan tombol powernya tapi tetap tidak bisa menyala. mohon bantuannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dee, bisa diinformasikan apakah bisa dilepas dari dock keyboard unit bisa menyala dengan normal ?

  19. Gya says:

    Permisi…
    Laptop saya acer v3 471,, tiba-tiba mati,, udh saya coba pke batre & lepas batre,tapi tetep g mau nyala,Dan lampu indikator ny smua mati , pa yg hrus saya lakukan,, ???
    Trma ksh.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gya, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem pada perangkat tersebut.

  20. vincent says:

    numpang tanya
    laptop saya aspire v5 131 setelah service di ascs, ganti motherboard koq selalu shut off setelah 30 menit pas.
    dan kebetulan baru ngeuh nya setelah garansi service nya sudah habis
    apakah ada kemungkinan bahwa motherboard tidak kompatible?
    makasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Vincent, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami sarankan agar membawa unit kamu kembali ke Acer Service Center agar dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung pada unit kamu.

  21. sriwati says:

    laptop saya pas dinyalakan hidup namun tidak sampai 30 detik mati lagi. dan laptop saya juga cepat sekali panas saat digunakan.
    mohon saran nya apa yang harus dilakukan.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sriwati, sebelumnya bisa diinformasikan kegiatan terakhir kamu pada unit sebelum kendala tersebut terjadi ?

  22. dhany says:

    saya ada masalah layar acer aspire one 14 z1401 hang,dimatikan tombol power tekan lama … . Ketika power dinyalakan. Layar tidak tampil apapun. Tetapi lampu indikator menyala.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dhany, kami sarankan untuk coba menggunakan bantuan display/monitor eksternal, lihat apakah sama tidak tampil?

      1. dhany says:

        sudah saya tes pake hdmi-vga ke monitor external tetap tidak tampil..lampu power saat dinyalakan hidup warna biru,2 menit mati

        1. Dr. Acer says:

          Kemungkinan ada kendala pada hardware, kami sarankan untuk klaim garansi di Acer Service Center resmi http://www.acerid.com/acer-service-center/

  23. Novalia Erni says:

    Min tau nggak gimana cara ngatasinnya? Laptop saya lagi dipake kan. Tiba2 low on soace. Emang sih banyak banget file beratnya. Trs, ga lama saya shut down. Langsung kembali saya pencet power on. Eh kok malah gamau nyala layar monitornya. Tapi lampu indikatornya nyala. Gimana ya min? Apa rusak? :'(

  24. Afaf Sahabuddin says:

    ACER one10 saya belum genap setahun, karena ingin membersihkan disk untuk update win10, saya akhirnya melakukan partisi ulang di salah satu service center. Setelah notebook saya kembali, dari awal penggunaan sering mati saat screen turn off, saya pikir hanya sleep karena lama saya tinggalkan, ternyata benar-benar mati. saya harus menyalakan kembali, dan terjadi seperti itu terus setiap kali screen turn off. Dan jika saya memakainya sepanjang waktu agar screen tidak turn off, malah saat beberapa lama, perangkat saya malah jadi ‘hang’, kursor tidak bergeming, tombol apapun tidak berfungsi (bahkan meski saya melepas monitor dari tombol). Saya benar-benar kesal dengan hal ini. Mohon bantuan admin.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Afat, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami, kami sarankan untuk membawa unit kamu kembali ke Acer Service Center dimana unit melakukan perbaikan agar mendapat pemeriksaan menyeluruh oleh teknisi kami, mohon bantuanya untuk menceritakan kembali dengan detil kendala yang dialami unit serta riwayat perbaikan yang sudah dilakukan di Acer Service Center agar tidak terjadi kendala serupa dikemudian hari.

  25. Rizki Helmi Harahap says:

    Selamat Malam.
    Laptop saya aspire 4732Z, Biasa saya pakai hisup normal dan beberapa hari kemudian laptop saya mati dengan sendirinya. Saya kira hal biasa terus saya charger.
    Setelah siap saya charger lampu led berwarna biru menyala, akan tetapi layar monitor tidak muncul hidup.
    Apakah kendalanya? dan saya mohon solusinya
    Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rizki, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami

  26. Markus Eko says:

    Dear Dr. Acer
    Laptop saya aspire 4752z, tiba tiba mati. Dicas lampu led indikator gak nyala, ganti batere gak nyala, ganti charger gak nyala juga. Akhirnya aku bongkar, tak bersihin semua debu yang nempel, semua socket gak ada yg problem.

    Kira-kira apa ya kendalanya?
    Mohon pencerahan

    1. Dr. Acer says:

      Dear Markus, kemungkinan ada kerusakan pada komponen mainboard, sangat disarankan membawa unitnya ke Acer Service Center agar mendapatkan solusi yang paling tepat terkait dengan kendala tersebut.

  27. ProTECHNet says:

    Kondisi idle dan dibiarkan (tidak menjalankan aplikasi apapun) jg bisa mendadak mati dan waktunya tidak pasti. Kadang sekitar 10 menit nyala lalu mendadak mati, kadang kurang/lebih dari 10 menit dan bisa juga sampai lebih dari 30 menit.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Protechnet, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami

      1. zoel says:

        selamat malam gan,
        klo laptop acer mati saat starting windowsnya gmna cara memperbaiki mohon pencerahan,

        1. Dr. Acer says:

          Dear Zoel, untuk kendala tersebut kamu bisa coba lakukan install ulang OS terlebih dahulu.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved