Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

spAcer, pernah tiba-tiba laptop mu mati mendadak saat dioperasikan? Jangan khawatir. Laptop mati mendadak bukan hanya karena ada kerusakan. Salah satunya karena over-resources pada memory. Atau hal lain seperti overheat (kepanasan) juga dapat terjadi. Power management atau arus udara yang tidak lancar juga dapat berpengaruh laptopmu dapat mati secara mendadak. Lalu apa yang harus dilakukan? spAcer, berikut tips sederhana saat laptopmu mati mendadak.

  1. Perhatikan fan laptop. Apakah fan berfungsi atau tidak jika tidak berfungsi berarti kemungkinan besar laptop mati karena overheating. Segera perbaiki fan Anda.
  2. Jika fan masih dalam kondisi baik, bersihkan headsink prosessor dari debu dengan menggunakan kuas. Pastikan jangan ada debu yang turut menyumbat ventilasi saat membersihkan headsink.
  3. Bersihkan juga mainboard. Saat membersihkannya hati-hati untuk tidak terlalu kuat karena akan merusak komponen atau soldier pada mainboard.
  4. Untuk mencegah overheat, berikan silicon pendingin pada headsink. Diamkan sejenak kemudian tutup kembali laptop. Jangan langsung menyalakan laptop. Istirahatkan sejenak lalu kemudian hidupkan kembali.
  5. Hindari juga mengoperasikan laprop pada tempat tidur, bantal, sofa dan lain-lain. Hal ini akan menghambat perputaran udara yang ada sehingga laptop menjadi overheat. Biasakan tempatkan laptop pada bidang datar dan pastikan sirkulasi udara lancar. spAcer juga dapat menggunakan cooling pad untuk membantu agar laptop tidak cepat panas.

Selain tips diatas, jangan lupa untuk tidak mengoperasikan laptop kamu secara terus menerus selama seharian penuh. Berikanlah laptop kamu ‘istirahat’ agar performanya tetap terjaga. Terakhir, bila laptopmu tetap bermasalah, segera bawa ke teknisi ahli agar ditangani dengan maksimal. So, jangan panik ya spAcer.

Aug 19 2011

on How To

1,173 Responses to Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

  1. Hallo Doc,
    saya punya leptop acer aspire 4530z, tiba-tiba mati total dan nggak bisa hidup sampe sekarang. mohon penjelasannya. Thanks

    By Fandy Reply
    • Dear Fandy, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.