Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

spAcer, pernah tiba-tiba laptop mu mati mendadak saat dioperasikan? Jangan khawatir. Laptop mati mendadak bukan hanya karena ada kerusakan. Salah satunya karena over-resources pada memory. Atau hal lain seperti overheat (kepanasan) juga dapat terjadi. Power management atau arus udara yang tidak lancar juga dapat berpengaruh laptopmu dapat mati secara mendadak. Lalu apa yang harus dilakukan? spAcer, berikut tips sederhana saat laptopmu mati mendadak.

  1. Perhatikan fan laptop. Apakah fan berfungsi atau tidak jika tidak berfungsi berarti kemungkinan besar laptop mati karena overheating. Segera perbaiki fan Anda.
  2. Jika fan masih dalam kondisi baik, bersihkan headsink prosessor dari debu dengan menggunakan kuas. Pastikan jangan ada debu yang turut menyumbat ventilasi saat membersihkan headsink.
  3. Bersihkan juga mainboard. Saat membersihkannya hati-hati untuk tidak terlalu kuat karena akan merusak komponen atau soldier pada mainboard.
  4. Untuk mencegah overheat, berikan silicon pendingin pada headsink. Diamkan sejenak kemudian tutup kembali laptop. Jangan langsung menyalakan laptop. Istirahatkan sejenak lalu kemudian hidupkan kembali.
  5. Hindari juga mengoperasikan laprop pada tempat tidur, bantal, sofa dan lain-lain. Hal ini akan menghambat perputaran udara yang ada sehingga laptop menjadi overheat. Biasakan tempatkan laptop pada bidang datar dan pastikan sirkulasi udara lancar. spAcer juga dapat menggunakan cooling pad untuk membantu agar laptop tidak cepat panas.

Selain tips diatas, jangan lupa untuk tidak mengoperasikan laptop kamu secara terus menerus selama seharian penuh. Berikanlah laptop kamu ‘istirahat’ agar performanya tetap terjaga. Terakhir, bila laptopmu tetap bermasalah, segera bawa ke teknisi ahli agar ditangani dengan maksimal. So, jangan panik ya spAcer.

Related Article

1,517 Responses to Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

 

  1. abdul rouf says:

    Service center laptop acer jakarta dimana ya

    1. Dr. Acer says:

      Hai Andul Rouf, Acer Service Center Jakarta ada di alamat:

      ACSC FATMAWATI
      Ruko ITC Fatmawati Unit No.7, Jl. RS Fatmawati No.39, Jakarta 8.30 am – 4.30 pm (Senin – Sabtu) Tel : Contact Center 1500 155

      ACSC MANGGA DUA SQUARE
      Ruko Mangga Dua Square Blok A N0.1-2, Jl. Gunung Sahari Raya 1, Jakarta 8.30 am – 4.30 pm (Sun 10 am – 2.00 pm) Tel : Contact Center 1500 155

  2. sudiantara says:

    gan service center area denpasar info dong…
    tengkiu gan

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sudiantara, untuk wilayah Bali silakan mengunjungi ACSC DENPASAR Ruko Agung Raya – Kavling 18. Jl, Teuku Umar No. 200 , Denpasar.

  3. Andy Widyansyah says:

    Dear Dr Acer,
    Laptop saya sering mati mendadak ketika hendak membuka aplikasi atau memutar video. Kira2 yg bermasalah pada apa ya??

    1. Dr. Acer says:

      Hai Andy, laptop yang mati mendadak biasanya adalah indikasi dari laptop yang overheat, namun diperlukan pengecekan unitnya secara langsung untuk dapat mendiagnosa problemnya secara pasti. Kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat.

  4. Moh. Nur holis says:

    Min knapa nih acer one 14 z1402 ane baru beli skitar 1 bulan tiba² mati sendiri dan gk bisa di hidupkan apalagi di charger

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nur Holis, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami.

      Kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami.

  5. surya saputra says:

    laptop saya layarnya mati mendadak padahal cuma diapakai buat copy file dan belum ada 1 jam pengoprasian, udah dicoba cara diatas tapi nggak berhasil
    bagaimana nih?????

    1. Dr. Acer says:

      Dear Surya, jika langkah-langkah pada artikel diatas belum dapat mengatasi kendala tersebut, maka kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami.

  6. Yohanor Saputera says:

    Min mohon petunjuknya.
    Laptop ane acer 4739, saat ane ganti ram dengan merek kingston DDR3 PC3 10600 4GB, laptopnya restart sendiri pas lagi loading windows, ane cek di bios detect aja Ram-nya 4 GB. dan saat ane mau instal ulang muncul blue scren, ini kenapanya min mohon petunjuknya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yohanor, kemungkinan hal tersebut dikarenakan tipe RAM yang tidak sesuai. Jika menggunakan dua buah RAM, pastikan kedua RAM tersebut menggunakan tipe RAM yang sama.

  7. Dedi Jalaludin says:

    Mohon petunjuknya.
    Sy beli laptop acer seri 421, saat dipakai sering restart sendiri, sy kembalikan ke toko dan pernah ke acer jg, tpi stelah kmbali laptop pun msh ttp sama sprti itu sering restart sendiri saat dipakai.

    1. Dr. Acer says:

      Hai Dedi, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami pada saat menggunakan produk kami. Bisa bantu infokan kepada kami caseID yang terletak pada lembar bukti service? Kami akan lakukan pengecekan history servicenya kepada pihak terkait terlebih dahulu.

  8. DJ says:

    Laptop acer sy baru beli tapi saat dipakai selalu restart, padahal kondisi laptop tdk panas. Pernah saya garansikan ke acer, tpi msh ttp sprti itu. Barangkali agan tau pnyebabnya dan cara mengatasinya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dj, kami sarankan untuk membawa kembali unit tersebut ke Acer Service Center untuk pemeriksaan secara menyeluruh.

  9. ardiansyah says:

    Laptop saya tdk bisa menyala sewaktu di pencet tombol power. layar tidak nyala sama sekali. Padahal lampu power menyala sebentar saat dipencet dan kipas juga juga nyala.tapi sesudahnya juga mati lagi, layar g nyala indikator lampu juga ikut mati lagi

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ardiansyah, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami.

      1. Bima says:

        Punya saya tiba2 buat ngetik dan keyboard g berfungsi..namun mouse bisa digunakan kursornya..saya shutdown malah layar mati tp lampu power nyala trs…padahal baru 1 bulan beli

        1. Dr. Acer says:

          Dear Bima, sulit bagi kami untuk mengetahui permasalahan yang terjadi tanpa memeriksa langsung unit tersebut. Kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved