Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

spAcer, pernah tiba-tiba laptop mu mati mendadak saat dioperasikan? Jangan khawatir. Laptop mati mendadak bukan hanya karena ada kerusakan. Salah satunya karena over-resources pada memory. Atau hal lain seperti overheat (kepanasan) juga dapat terjadi. Power management atau arus udara yang tidak lancar juga dapat berpengaruh laptopmu dapat mati secara mendadak. Lalu apa yang harus dilakukan? spAcer, berikut tips sederhana saat laptopmu mati mendadak.

  1. Perhatikan fan laptop. Apakah fan berfungsi atau tidak jika tidak berfungsi berarti kemungkinan besar laptop mati karena overheating. Segera perbaiki fan Anda.
  2. Jika fan masih dalam kondisi baik, bersihkan headsink prosessor dari debu dengan menggunakan kuas. Pastikan jangan ada debu yang turut menyumbat ventilasi saat membersihkan headsink.
  3. Bersihkan juga mainboard. Saat membersihkannya hati-hati untuk tidak terlalu kuat karena akan merusak komponen atau soldier pada mainboard.
  4. Untuk mencegah overheat, berikan silicon pendingin pada headsink. Diamkan sejenak kemudian tutup kembali laptop. Jangan langsung menyalakan laptop. Istirahatkan sejenak lalu kemudian hidupkan kembali.
  5. Hindari juga mengoperasikan laprop pada tempat tidur, bantal, sofa dan lain-lain. Hal ini akan menghambat perputaran udara yang ada sehingga laptop menjadi overheat. Biasakan tempatkan laptop pada bidang datar dan pastikan sirkulasi udara lancar. spAcer juga dapat menggunakan cooling pad untuk membantu agar laptop tidak cepat panas.

Selain tips diatas, jangan lupa untuk tidak mengoperasikan laptop kamu secara terus menerus selama seharian penuh. Berikanlah laptop kamu ‘istirahat’ agar performanya tetap terjaga. Terakhir, bila laptopmu tetap bermasalah, segera bawa ke teknisi ahli agar ditangani dengan maksimal. So, jangan panik ya spAcer.

Related Article

1,398 Responses to Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!

 

  1. Afaf Sahabuddin says:

    ACER one10 saya belum genap setahun, karena ingin membersihkan disk untuk update win10, saya akhirnya melakukan partisi ulang di salah satu service center. Setelah notebook saya kembali, dari awal penggunaan sering mati saat screen turn off, saya pikir hanya sleep karena lama saya tinggalkan, ternyata benar-benar mati. saya harus menyalakan kembali, dan terjadi seperti itu terus setiap kali screen turn off. Dan jika saya memakainya sepanjang waktu agar screen tidak turn off, malah saat beberapa lama, perangkat saya malah jadi ‘hang’, kursor tidak bergeming, tombol apapun tidak berfungsi (bahkan meski saya melepas monitor dari tombol). Saya benar-benar kesal dengan hal ini. Mohon bantuan admin.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Afat, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami, kami sarankan untuk membawa unit kamu kembali ke Acer Service Center dimana unit melakukan perbaikan agar mendapat pemeriksaan menyeluruh oleh teknisi kami, mohon bantuanya untuk menceritakan kembali dengan detil kendala yang dialami unit serta riwayat perbaikan yang sudah dilakukan di Acer Service Center agar tidak terjadi kendala serupa dikemudian hari.

  2. Rizki Helmi Harahap says:

    Selamat Malam.
    Laptop saya aspire 4732Z, Biasa saya pakai hisup normal dan beberapa hari kemudian laptop saya mati dengan sendirinya. Saya kira hal biasa terus saya charger.
    Setelah siap saya charger lampu led berwarna biru menyala, akan tetapi layar monitor tidak muncul hidup.
    Apakah kendalanya? dan saya mohon solusinya
    Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rizki, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami

  3. Markus Eko says:

    Dear Dr. Acer
    Laptop saya aspire 4752z, tiba tiba mati. Dicas lampu led indikator gak nyala, ganti batere gak nyala, ganti charger gak nyala juga. Akhirnya aku bongkar, tak bersihin semua debu yang nempel, semua socket gak ada yg problem.

    Kira-kira apa ya kendalanya?
    Mohon pencerahan

    1. Dr. Acer says:

      Dear Markus, kemungkinan ada kerusakan pada komponen mainboard, sangat disarankan membawa unitnya ke Acer Service Center agar mendapatkan solusi yang paling tepat terkait dengan kendala tersebut.

  4. ProTECHNet says:

    Kondisi idle dan dibiarkan (tidak menjalankan aplikasi apapun) jg bisa mendadak mati dan waktunya tidak pasti. Kadang sekitar 10 menit nyala lalu mendadak mati, kadang kurang/lebih dari 10 menit dan bisa juga sampai lebih dari 30 menit.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Protechnet, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved