Dua Antivirus Sekaligus ? Efektifkah?

Dunia teknologi memang sedang berkembang dengan pesat, tak heran banyak sekali inovasi baru yang muncul di dunia maya. Tidak terkecuali virus yang memang sangat berbahaya dan ditakutkan oleh masyarakat dunia maya. Perangkat yang terkena virus memang membuat jengkel, banyak diantara virus yang merusak program, software bahkan hardisk sekalipun.

Salah satu cara yang paling umum yang sering digunakan oleh beberapa orang dalam mencegah virus adalah dengan memasang  anti virus. Selain memang meminimalisir masuknya virus, antivirus juga dapat mengeliminasi ketakutan beberapa orang secara psikologis. Tak jarang bahkan beberapa orang menggunakan dua antivirus sekaligus dalam perangkat mereka.

Pada dasarnya menggunakan antivirus dua atau lebih bukanlah sebuah persoalan. Yang menjadi perhatian adalah bagaimana antivirus tersebut akan berdampak pada kestabilan sistem atau sebaliknya. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kapasitas penyimpanan data. Terlalu banyak antivirus dapat membuat hard disk perangkat Anda menjadi penuh. Hal tersebut juga akan mengeliminasi kapasitas yang seharusnya dapat digunakan untuk menyimpan file atau program lainnya.

Apabila Anda memiliki cukup ruang untuk menyimpan, hal lain yang harus diperhatikan adalah pada saat pengoperasian antivirus tersebut. tentunya dua antivirus yang berjalan bersamaan akan membuat sistem operasi dalam komputer menjadi berat. Hal tersebut pastinya akan mengganggu performa komputer Anda.

Selain itu, setiap antivirus pasti memiliki kemampuan, spesifikasi serta daya kerja yang berbeda. bukan tidak mungkin keduanya juga memiliki interpretasi dan definisi yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut pasti akan sangat mengganggu. Bukan tidak mungkin antivirus A akan mendeteksi software antivirus B sebagai ancaman virus. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan hal tersebut.

Bila Anda tetap ingin menggunakan dua antivirus secara bersamaan dengan tujuan untuk memperkaya database virus agar lebih aman. Kombinasi yang seimbang jelas diperlukan. Misalnya dengan menggunakan dua antivirus yang ringan dengan yang cukup berat. Hal tersebut akan lebih tidak bermasalah saat digunakan secara bersamaan. Hal tersebut juga akan saling melengkapi satu sama lain.

Yang pasti menggunakan dua antivirus sekaligus memang bukan sebuah masalah, hal ini kembali lagi kepada kemampuan dan performa perangkat yang diaplikasikan. Namun demikian, lebih baik Anda bersifat hati-hati seperti tidak sembarang melakukan tindakan-tindakan yang tinggi akan resiko virus seperti sembarang mencolok flashdisk atau download dan berkunjung ke website yang tidak terpercaya.

Aug 08 2011

on How To, Tech News

76 Responses to Dua Antivirus Sekaligus ? Efektifkah?

  1. kalau pakek 2 antivirus boleh apa tidak, yaitu pakek avira dan baidu pc faster.

    By Sindy Cahyandani Reply
    • Dear Sindy, untuk penggunaan antivirus disarankan menggunakan satu antivirus saja. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. saya punya baidu pc faster didalamnya kan ada virus scanner, dikombinasikan dengan antivirus microsoft security essentials awalnya hanya startup yang berat tetapi tidak bermasalah didalamnya, apakah boleh atau tidak ?

    By fery Reply
    • Dear Fery, hal tersebut tidak menjadi masalah :)

      By Dr. Acer Reply
  3. di laptop saya ada avira dan baidu antivirus…n di dlm baidu antivirus kan ada mesin avira…nah apa ga bertabrakan avira antivirus dngn mesin avira yg ada di dlm baidu antivirus….?

    By Mbah Mingan Reply
    • Dear Mingan, untuk antivirus kami sarankan untuk menggunakan salah satu saja. Sebagai info, penggunaan antivirus yang lebih dari satu dapat menimbulkan error karena adanya konflik antara kedua antivirus tersebut. :)

      By Dr. Acer Reply
  4. di laptop saya terdapat banyak anti virus yang sudah terinstal. diantaranya adalah samadav, McAfee, Baidu pc paster, dan microsoft security essential,, yang apakah saya harus meng uninstalnya sebagian,?? dan jika harus, yang mana yang harus di uninstal..??

    By Aris Bahar Reply
    • Hai Aris, secara detail kami tidak dapat merekomendasikan aplikasi antivirus tertentu, kamu dan pengguna lainnya dapat mencobanya tergantung kebutuhan dan performa yang dihasilkan apakah membuat kinerja laptop semakin berat atau tidak itulah yang dapat dijadikan pertimbangan. Untuk memilih antivirus kamu bisa membaca artikel berikut untuk panduannya: http://www.acerid.com/2011/02/melindungi-pc-dari-serangan-virus/ :)

      By Dr. Acer Reply
  5. mau nanya dong …
    saya punya laptop dan anti virus smadav yang udah di instal dari tokonya. lalu aku browsing, dan kepencet untuk pengunduhan anti virus malah aku ikutin semua step-stepnya “baidu pc faster” apakah itu jadi bahaya untuk laptop ngga dr, acer …?

    By nn Reply
    • Hai, Sebaiknya tidak mengikuti notifikasi atau popup seperti yang kamu maksudkan tersebut

      By Dr. Acer Reply
  6. maaf gan kalo bitdeffender sama kaspersky bisa clash ga? thq

    By tdxrdx Reply
    • Hai, mohon maaf kami tidak memiliki informasi untuk menjawab pertanyaanmu dengan tepat. Mungkin kamu bisa mencoba menanyakannya di forum pengguna kedua antivirus tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  7. permisi dokter acer, saya mau bertanya.
    gimana sih caranya memberantas virus annie… ciri-cirinya itu file docx jadi jse, dan didalam folder terdapat shortcut beutiful_girl_part1 sampe part5. mohon bantuannya dok.

    By muhamad yusuf Reply
    • Dear Yusuf, Sudah coba lakukan scan menggunakan antivirus yang ada pada laptop kamu?

      By Dr. Acer Reply
  8. Dok, saya membeli acer e1 471. disitu sudah ada antivirus berupa smadav. karena saya suka mendownload-download file, jadi laptop saya sekarang terkena virus. file berupa microsoft word tidak bisa terbuka. akhirnya saya menginstal antivirus lagi, yaitu avira. tetapi tetap sama saja. bagaimana dok, untuk mengusir virus tersebut :(

    By Ery Luluk Saadah Reply
    • Ery, coba lakukan update pada antivirus tersebut dan jalankan kembali antivirus untuk mencoba menghilangkan virus tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  9. kalo avira dimix sama avg gimana om?

    By arif sigit Reply
    • Arif, secara detail kami tidak dapat merekomendasikan aplikasi antivirus tertentu, kamu dan pengguna lainnya dapat mencobanya tergantung kebutuhan dan performa yang dihasilkan apakah membuat kinerja laptop semakin berat atau tidak dapat dijadikan pertimbangan. :)

      By Dr. Acer Reply
  10. apakah smadav yang sudah meng-karantina 2 virus,jika di uninstal virus nya lepas ?,

    By pranatha Reply
    • Pranatha, mohon maaf kami tidak mengetahui detail teknis mengenai software tersebut. Coba tanyakan ke pihak pembuat software yang bersangkutan.

      By Dr. Acer Reply
  11. assalamu’alaikum, mas saya kan pake windows 8 ,
    kalau di windows 8 udah terinstall sendiri antivirus McAvee, saya install lagi Smadav,
    apakah dapat merusak perangkat?

    By Bio Hendriansyah Reply
    • Tidak ada masalah dengan hal tersebut, Bio :)

      By Dr. Acer Reply
  12. ijin dok,klo anti virus yg dr. gunakan sekarang apah?untk di jadikan referensi saya.thanks

    By deni danu wijaya Reply
  13. dok, saya menggunakan acer v5-471g,, sejak beli udah ada antivirus 2 : smadav & avast,,, itu gmn ya?? apa lbh baik di uninstall salah satu?? Bagusan yg avast atau smadav sih?? trimakasih sblmnya.. :)

    By AGUNG Reply
  14. saya menggunakan notebook os 7 home premium dan mendapatkan antivirus MSE gratis dr acer pada saat sy membelinya.kemudian saya mnginstall smadav free. apakah penggunakan kedua antivirus tersebut cocok dan tidak membahayakan data dan sistem yang ada? apakah kombinasi antivirus yang paling cocok menurut Dr.Acer ? Terimakasih ebelumnya Dr. Acer.

    By Risvia Reply
  15. mau tanya nih,.komputer acer saya kalo antivirusnya avg + smadav + bit defender..menurut anda itu cukup baik bat pc saya gk? apakah bisa terjadi bentrok antara antivirus tersebut? saya minta saran dari anda, brp antivirus yg baik di pasang di pc kita?

    By adibas Reply
    • Adibas, tidak apa jika kamu ingin menggunakan ketiga antivirus tersebut. Tetapi jangan lupa bahwa aplikasi seperti antivirus yang selalu berjalan di background membutuhkan resource dari laptop, sehingga semakin banyak antivirus yang digunakan, semakin besar resource yang terpakai. Penggunaan 1 buah antivirus sebenarnya sudah cukup, tetapi pastikan untuk selalu mengupdate virus definition dari antivirus tersebut dan melakukan scan secara rutin :)

      By Dr. Acer Reply
  16. leptop saya acer aspire 4752z intel core B960,ram 2gb,320 gb hdd.
    mau nanya klo antvir smadav cocoknya disandingin ama antivir apa ya(yg free)??

    By suta Reply
  17. Mau milih kombinasi mana yang Sakti, padahal bagi saya setiap Anti Virus memiliki plus dan minus-nya masing-masing, dan setiap kombinasi juga punya itu
    kalau saya memakai 3 kombinasi Anti Virus luar & Lokal + hati main jaringan
    AVG & Smadav
    Virus,Ribet,Lola,bentrok gak ada tuh

    By Pelni Reply
  18. saya memakai laptop acer amd 722, RAM 2gb Hdd320 GB memakai 2 antivirus smadav sama avira dan laptop saya jadi sangat lemot????apakah itu pengaruh dua anti virus?

    By tyo satriya Reply
    • Dear Tyo, hal tersebut bisa disebabkan oleh pemakaian 2 antivirus, karena proses startup akan dibebani. Coba uninstall salah satunya dan coba cek perbedaannya

      By Dr. Acer Reply
  19. Mulai sekarang waspadai dalam menggunakan antivirus. Sekarang lagi marak Microsoft Security Essentials yang ternyata palsu. Memblok antivirus yang terpasang. Dan merusak file system. Yang penting Dr. Acer dan para pengguna PC/Laptop agar mendownload antivirus dari situs resminya. :) . Saya menggunakan ESET. Performanya tidak kalah hebat dengan Kaspersky dan Bitdefender.

    By Albert Reply
    • Terima kasih atas testimoninya, Albert :)

      By Dr. Acer Reply
  20. Dr. Acer, kalau Flasdisk yang bervirus kita colokin ke PC trus antivirus yg ada di PC mendeteksi adanya virus tetapi kemudian Flasdisk itu langsung di cabut.
    apakah virus itu masih tertinggal di PC ?

    By Dayat Reply
    • Dear Dayat, sulit bagi kami untuk memberikan jawaban pasti tanpa melihat laptopmu secara langsung karena bisa saja virus masuk ke sistem dengan autorun yang aktif

      By Dr. Acer Reply
  21. Apakah CCleaner termasuk antivirus atau bukan? terima kasih

    By Calvin Marcellino Medica Reply
    • Dear Calvin, bukan, fungsinya lebih ke optimizer sistem, info lengkap silakan mengunjungi langsung situs vendor aplikasi tersebut

      By Dr. Acer Reply
  22. netbook saya:acer aspire one D270..
    apakah antivirus yang cocok buwat netbook saya trimakasih?

    By didin purnomo Reply
  23. saya menggunakan antivirus MSE, tetapi tidak dapat di update, padahal sudah terkoneksi internet. Bisa tolong dijelaskan masalah beserta solusinya?
    terimakasih

    By fidhy fadillah Reply
    • Dear Fadillah, apakah kamu menggunakan OS Windows yang original? Notifikasi apa yang muncul ketika tidak bisa diupdate?

      By Dr. Acer Reply
  24. dr.acer….saya menggunakan 3 antivirus dalam 1 laptop yaitu:AVG,SMADAV,dan AVAST,ini dikarenakan bencinya saya terhadap virus yang terkadang lolos dari proses scaner pada satu antivirus..buat saya memasang 2 atau 3 tidak masalah selagi antivirus tsb saling melengkapi.

    By achmad syarief Reply
  25. Dr. Acer, saya pakai Acer 4750G, i5, 4GB, GT540M, 640GB. Pakai antivirus avast free edition sama SMADAV, kira kira menggangu/menambah berat tidak?
    OOT (Out Of Topic) sedikit ya Dr. Acer. Laptop saya ini kalo buat maen game seperti GTA IV, DiRT3, NFSW, Battlefield P4F, dan masih banyak lagi selalu kena stuttering lag. Cuman beberapa game doank yang berjalan dengan lancar dan halus seperti PES 2010, RE5, PB, LS, WR, dll. Kira kira ini kenapa ya Dr? Mohon solusinya.

    By vIciOuZz Reply
    • Dear Viciouzz, kamu bisa coba install dan rasakan sendiri performa laptop ketika menginstall dua antivirus tersebut. Dr. Acer sendiri tidak memiliki data pengujinan performa laptop ketika menggunakan Avast dan SMADAV.
      Mengenai game yang mengalami stuttering apakah kamu sudah pernah coba untuk mengupdate driver VGA nVidia-nya?

      By Dr. Acer Reply
  26. mending install 1 antivirus yang bagus, kaspers*y misalnya, bayar setahun, lega deh, kan kalo diitung sehari paling juga 1000perak biayanya

    By nino Reply
  27. gan ,, notebook saya acer aspire 4750,,,intel core 13-2330m ,intel HD Graphics 3000 , HDD 500 G , ram 2g , saya pakai anti virus 2 skliigus gan ,, saya pakai smadav dan norton internet security gan. apakah mengganggu performa notebook saya gan ????

    By gandhix Reply
    • Dear Gandhi, yang kamu rasakan sendiri saat ini seperti apa? Apakah performa notebook kamu terasa terganggu dengan adanya dua antivirus tersebut atau tidak? :)

      By Dr. Acer Reply
  28. Saya juga menggunakan dua antivirus, satu antivirus terpasang di laptop jadul saya Acer 2920z, Avast AV free home edition dan satu lagi terinstall di otak saya yakni perilaku berinternet dan berkomputer yang sehat. Dengan kedua antivirus tersebut, saya tidak pernah dibuat repot oleh yang namanya virus dan laptop jadul saya dapat bekerja dengan maksimal tanpa dibebani resources yang tidak perlu. :)

    By dokterMade Reply
    • Tips yang bagus sekali dokter Made. Terima kasih ya sudah sharing di sini.

      By Dr. Acer Reply
  29. spesifikasi laptop saya acer aspire 4738 intel core i3-380M, ram 1GB DDR3, intel HD Graphics, 500 GB HDD…kalau pake 2 antivirus apakah perlu diupgrade RAM nya???

    By iwan nur Reply
    • Dear Iwan, tergantung dari apakah antivirus yang kamu gunakan tersebut boros memory atau tidak. Jika setelah menginstall dua aplikasi antivirus tersebut laptop kamu terasa berat kinerjanya maka dengan menambah RAM akan membantu. Atau kamu cukup install satu antivirus saja.

      By Dr. Acer Reply
  30. spesifikasi laptop saya acer aspire 4745G intel core i5-460M, ram 6GB DDR3, 640 GB HDD
    kalau “microsoft security essential” dengan “kaspersky” bisa ga? bentrok ga?

    By fajar Reply
    • Dear Fajar, kamu bisa melihat terlebih dahulu minimum system requirement untuk aplikasi tersebut, kemudian membandingkannya dengan spesifikasi hardware laptop kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  31. infonya menarik dan bermanfaat… terima kasih :)

    By eka Reply
  32. Saya pakai 3 Antvirus Avira, Smadav dan Avast, gak ada masalah tuh.
    Ringan semuanya, Avast yang paling Oke menurut saya.

    By sigit budianta Reply
  33. thanks info na, !!!
    jd bh waspada ni milih anti virus nya!!

    By elvaryanpratama Reply
  34. Essentials Antivirus Adalah salah satu antivirus yang sangat saya kagumi… setelah di update, wow virus baru di sikat habis… Gratis Pula… It’s The best One

    By Wahyu EX IT Reply
  35. saya masih setia pada satu pasangan aj….heheee

    By ahmad zaini Reply
  36. Saya Setuju dengan itu dan dengan menggunakan esenttials anti virus akan mengokohkan tembok harta software anda…… saya telah buktikan.. dan saya kagum akan kehebatannya setelah di update… it’s the best one “Gratis Pula”

    By Wahyu EX IT Reply
  37. kalau avira di mix sama microsoft security essential bisa gg tuh? atau bentrok?

    By lintang Reply
    • Sepertinya tidak, Lintang. Silahkan dicoba saja, jika ada potensi konflik akan ada notifikasinya.

      By Dr. Acer Reply
  38. Acer Aspire 4530 HDD350GB RAM4GB OS Win7….
    saya pakai 2 antivirus….ESB NOD32 v.4 (untuk virus luar) & Smadav (untuk virus lokal), selama ini baik2 aja….kaga pernah tabrakan

    By Hasan Reply
  39. spesifikasi laptop saya acer aspire 4743 intel core i3-380M, ram 2GB DDR3, intel HD Graphics, 320 GB HDD

    By silitonga Reply
    • Dear Silitonga, kamu bisa menginstall dua buah antivirus atau lebih sesuai dengan preferensi kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  40. Dear DR. Acer saya menginstall dua antivirus sekaligus yaitu avira dan MSE pada notebook saya. Apakah ini dapat mengganggu performa notebook saya?

    By silitonga Reply
    • Dear Silitonga, pada dasarnya penggunaan aplikasi yang bekerja di background komputer seperti antivirus bisa mengurangi kinerja komputer, terlebih lagi jika menggunakan lebih dari 1 buah. Kamu bisa memperhatikan kembali spesifikasi hardware laptop kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  41. pengalaman gw mah bilang pasti crash komputernya. bukan karena kinerja antivirus yang bertabrakan, tapi karena disengajain tabrakan. alasannya: bisnis.

    By Ginanjar Mulyo Utomo Reply
    • Dear Ginanjar, belum tentu, beberapa antivirus bisa digunakan bersamaan dengan antivirus lainnya :)

      By Dr. Acer Reply
  42. sy juga menggunakan dua antivirus sekaligus.

    By SB Reply
  43. satu antivirus yang penting update gak masalah, selain hemat space juga gak perlu ribet takut perang,
    hehehehe..

    By mekhels Reply

Submit Comment

  1.