Dua Antivirus Sekaligus ? Efektifkah?

Dunia teknologi memang sedang berkembang dengan pesat, tak heran banyak sekali inovasi baru yang muncul di dunia maya. Tidak terkecuali virus yang memang sangat berbahaya dan ditakutkan oleh masyarakat dunia maya. Perangkat yang terkena virus memang membuat jengkel, banyak diantara virus yang merusak program, software bahkan hardisk sekalipun.

Salah satu cara yang paling umum yang sering digunakan oleh beberapa orang dalam mencegah virus adalah dengan memasang  anti virus. Selain memang meminimalisir masuknya virus, antivirus juga dapat mengeliminasi ketakutan beberapa orang secara psikologis. Tak jarang bahkan beberapa orang menggunakan dua antivirus sekaligus dalam perangkat mereka.

Pada dasarnya menggunakan antivirus dua atau lebih bukanlah sebuah persoalan. Yang menjadi perhatian adalah bagaimana antivirus tersebut akan berdampak pada kestabilan sistem atau sebaliknya. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kapasitas penyimpanan data. Terlalu banyak antivirus dapat membuat hard disk perangkat Anda menjadi penuh. Hal tersebut juga akan mengeliminasi kapasitas yang seharusnya dapat digunakan untuk menyimpan file atau program lainnya.

Apabila Anda memiliki cukup ruang untuk menyimpan, hal lain yang harus diperhatikan adalah pada saat pengoperasian antivirus tersebut. tentunya dua antivirus yang berjalan bersamaan akan membuat sistem operasi dalam komputer menjadi berat. Hal tersebut pastinya akan mengganggu performa komputer Anda.

Selain itu, setiap antivirus pasti memiliki kemampuan, spesifikasi serta daya kerja yang berbeda. bukan tidak mungkin keduanya juga memiliki interpretasi dan definisi yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut pasti akan sangat mengganggu. Bukan tidak mungkin antivirus A akan mendeteksi software antivirus B sebagai ancaman virus. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan hal tersebut.

Bila Anda tetap ingin menggunakan dua antivirus secara bersamaan dengan tujuan untuk memperkaya database virus agar lebih aman. Kombinasi yang seimbang jelas diperlukan. Misalnya dengan menggunakan dua antivirus yang ringan dengan yang cukup berat. Hal tersebut akan lebih tidak bermasalah saat digunakan secara bersamaan. Hal tersebut juga akan saling melengkapi satu sama lain.

Yang pasti menggunakan dua antivirus sekaligus memang bukan sebuah masalah, hal ini kembali lagi kepada kemampuan dan performa perangkat yang diaplikasikan. Namun demikian, lebih baik Anda bersifat hati-hati seperti tidak sembarang melakukan tindakan-tindakan yang tinggi akan resiko virus seperti sembarang mencolok flashdisk atau download dan berkunjung ke website yang tidak terpercaya.

Related Article

92 Responses to Dua Antivirus Sekaligus ? Efektifkah?

 

  1. subandi says:

    saya menggunakan smadav antivirus yang otomatis ter up date,apakah sudah cukup untuk melindungi pc saya?dan saya berencana pasang avg,apakah akan ada masalah di pc saya?trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Subandi, pada dasarnya virus memiliki karakteristik tersendiri dan belum tentu antivirus tertentu dapat memproteksi secara sempurna dari seluruh jenis virus yang ada. Kamu bisa coba menggunakan antivirus lainnya selama tidak saling mendeteksi antivirus sebagai virus.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved