Cuaca Panas? Hati-Hati dengan Laptopmu!

Cuaca panas bukan hanya tidak baik untuk tubuh, tetapi juga untuk perangkat laptop kamu. Meski memang terkadang spAcer terpaksa membawa perangkat laptop keluar dan bersinggungan langsung dengan cuaca panas. Nah buat kamu yang sering beraktivitas dengan laptop di suhu yang panas, simak tips berikut.

  1. Tentukan kisaran suhu yang aman untuk laptop kamu. Setiap laptop memang memiliki daya tahannya masing-masing. Namun umumnya laptop dapat bekerja maksimal pada suhu antara 50 sampai 95 derajat Fahrenheit atau sekitar 10 hingga 35 derajat dalam celcius.
  2. Berikan adaptasi. Berikanlah sedikit adaptasi bagi laptopmu. Membiarkan laptop untuk diperasikan dari ruangan AC langsung ke ruang terbuka dengan dua suhu yang berbeda secara ekstrem mampu membuat laptop kamu ‘kaget’. Beri sedikit penyesuaian dengan mendiamkan terlebih dahulu baru kemudian menyalakannya kembali setelah beberapa menit.
  3. Hindari menyimpan laptop di dalam mobil. Suhu di dalam mobil bisa naik bahkan lebih tinggi dari suhu yang di luar. Hal ini akan merusak komponen laptop karena laptop kepanasa (overheating).
  4. Pantau cuaca sebelum keluar. Biasakan untuk memantau kondisi cuaca sebelum ke menggunakan laptop di luar ruangan. Hal ini dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  5. Gunakan tempat datar saat mengoperasikan laptop. Biasakan untuk menggunakan laptop pada bidang datar sehingga dapat beroperasi secara maksimal. selain itu bidang datar juga memastikan sirkulasi udara berjalan lancar sehingga laptop tetap pada suhu yang seimbang.

Yang pasti dengan memperlakukan laptop dengan hati-hati, laptop kamu bukan hanya berfungsi secara maksimal tetapi juga akan bertahan lebih lama loh spAcer.

Aug 12 2011

on How To, Tech News

45 Responses to Cuaca Panas? Hati-Hati dengan Laptopmu!

  1. dok gmn sih ngecek suhu di bios acer v5 431?

    By abdul Reply
    • Abdul, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Untuk mengecek temperatur laptop, kamu bisa mencari aplikasi yang sesuai melalui mesin pencari seperti google

      By Dr. Acer Reply
  2. Dok, apakah bisa jika saya menngunakan 2 keping ram yang masing2 berbeda merk dan kapasitas untuk laptop saya?

    misalnya merk Hyunday 2GB dan merk Kingstone 1GB?

    Saya menggunakan Acer 4540

    By Nanda Safrizal Reply
    • Nanda, tidak ada masalah jika kamu menggunakan keping RAM dengan merk yang berbeda.

      By Dr. Acer Reply
  3. dok saya mau nanyak, kalau baterai baru laptop acer aspire 4730z tahannya sampai berapa jam?
    karena sya baru membeli baterai baru dan setelah saya charger sampai full tahannya cuma sampai 2,3 jam saja sampai 12%

    By febi yanda Reply
  4. Kalo bisa sih yang 3 juta-an. Dan kalo bisa juga sih yang slim+ringan keluaran terbaru, 13incian, LED-backlit, os windows7, ada optical drive-nya, kartu grafis nvidia geforce, wifi, bluetooth, card reader, webcam baik, dsb, dan batereinya tahan lama. Aku sih sempet tertarik ma Acer Aspire V5 yang 11 inci, yang baru diperkenalkan itu lho dok, tapi ya masih bingung gitu, takutnya nggak cocok untuk pemula spt aku. Mohon saran dokter. Makasih! :)

    By Muhammad Darno Reply
    • Mungkin kamu dapat mempertimbangkan E1-431: Intel® B820 processor (1.7 GHz), 14″ HD Acer CineCrystal™, 2GB DDR3, 320GB, Intel HD Graphics, HDMI with HDCP. Harga Rp 4.199.000 (Windows7 Home Basic) dan Rp 3.549.000 (Linux)

      By Dr. Acer Reply
  5. Dr. mo nanya nih. Laptop acer yg cocok untuk pemula seperti saya ini apa ya? Trus harganya berapa? This is my first laptop. Mohon bantuannya! Makasih! ^_^

    By Muhammad Darno Reply
    • Dear Darno, bisa di informasikan kepada kami kisaran budget yang akan dikeluarkan untuk membeli sebuah laptop? akan kami bantu memberikan rekomendasi yang sesuai

      By Dr. Acer Reply
  6. dok,laptop saya acer 4752g,kondisi bru 3bln,
    klau saya pake buat game kira2 3jam,suhu prosesornya 60drjt celcius,itu normal gak sich dok.

    By ulien. . . Reply
    • Dear Ulien, kegiatan seperti gaming memang cenderung menghasilkan panas lebih besar dibandingkan dengan kegiatan standar pada umumnya. panas pada laptop itu sendiri dikatakan normal apabila laptop tersebut masih dapat digunakan dengan normal. Laptop memiliki perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya adalah untuk melindungi komponen didalamnya agar tidak rusak karena overheat.

      By Dr. Acer Reply
  7. saya pake aspire 4740 i3 330M 2133 Mhz..
    pas beli sampe beberapa bulan kemudian kinerja laptop masih cepat dan lancar jaya..
    tapi belakangan ini sering drop / mati dengan sendirinya pada saat cpu berada di 89^celcius.
    berbagai macam cara sudah dicaoba, dari mulai instal ulang, bersihkan debu2 pada kipas dan sinkheat, sampai dengan update BIOS. tapi masih tetap saja laptop saya mati otomatis kalo terlalu panas.
    saya coba cek pake speccy, ternyata bus speed-nya berada di 133Mhz yang membuat kerja prosesor menjadi 2394.5 Mhz..padahal kerja prosesor standar seharusnya berada pada 2133 Mhz dengan bus speed 100Mhz.
    mungkin disitu permasalahanya. laptop ini di setting overclock biar lebih cepat kerja nya..
    yang jadi pertanyaan saya apakah cpu clock-nya bisa distandarkan lagi tanpa overclocking menjadi bus speed 100Mhz @2133 Mhz prosesor??
    sedangkan BIOS pada laptop umumnya tidak ada setting untuk tweaking..
    lalu bagai mana caranya??
    mohon pencerahan trims..

    By tedi s Reply
    • Mohon maaf tedi, Kami tidak memiliki informasi mengenai overclocking. Kamu bisa coba mencari informasi yang kamu butuhkan di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi

      By Dr. Acer Reply
  8. dok, saya punya laptop acer aspire 4730z, layarnya (lcd) gambarnya goyang naek turun, trus kadang nampak garis. tpi lcd nya masih bagus kok. kira2 masalahnya apa ya dok..? tolong balas

    By Fanel Reply
    • Dear Fanel, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support

      By Dr. Acer Reply
  9. laptop yg saya pake aspire 5583 NWXMi , ini laptop saya pake uda semenjak 2007 masi awet…cuma belakangan sering muncul pesan “Unresponsive Script – continue/stop ” kira2 apa penyebabnya ?
    memory yg ada 512MB DDR2 (support dual-chanel), bisakah saya melakukan penambahan memory ?
    thanks

    By LukE Reply
    • Dear Luke, hal tersebut bisa disebabkan oleh permasalahan OS, apakah sudah mencoba melakukan install ulang OS? untuk info ketersediaan sparepart RAM yang sesuai dengan tipe laptopmu silakan menghubungi contact center Acer 500-155

      By Dr. Acer Reply
  10. aplikasi untuk memantau panas laptop ada gak, kalo ada tolong kasih tau dong???

    By a121f_in Reply
    • Dear a121f_in, aplikasi semacam itu banyak tersedia di pasaran, namun kami tidak mempunyai rekomendasi jenis aplikasinya

      By Dr. Acer Reply
  11. cer mau tanya,klo laptop kemasukan debu cra member baiki nya bgimana,tnpa harus membongkar laptop,di karenakan msaih bersegel.tolong jwab

    By abdulazis Reply
    • Dear Abdulazis, kamu dapat membawanya ke service center Acer untuk proses maintenance, selama masa garansi tidak dikenakan biaya :)

      By Dr. Acer Reply
  12. dr. kenapa ya ada file yg gak bisa di hapus??
    gi mana tuh cara ngapus x??
    susah banget???

    By nidia astuti Reply
    • Dear Nidia, bisa diinformasikan jenis file dan notifikasi/ pesan yang muncul saat gagal menghapusnya?

      By Dr. Acer Reply
  13. Dok, saya mau tanya, kenapa laptop saya tiba-tiba mati, trus saya nyalain muncul tulisan “Windows Eror”, kenapa ya?

    By Vallen Reply
    • Dear Vallen, apakah sebelumnya kamu menjalankan aplikasi tertentu? hal tersebut bisa disebabkan oleh konflik sistem/ aplikasi, coba masuk ke safe mode jika tidak bisa disarankan melakukan install ulang OS

      By Dr. Acer Reply
  14. Suhu prosesor notebook saya bertipe AS4740G sekitar 65-74 derajat celcius, sedangkan suhu VGA sekitar 63-67 derajat celcius. Padahal hanya untuk browsing internet, penggunaan CPU juga rendah sekitar 5%.

    Apakah suhu notebook saya masih dalam batas wajar?

    By fale Reply
    • Dear Fale, disarankan untuk membawanya ke service center Acer terdekat untuk proses maintenance karena bisa saja kipas pendingin kotor :)

      By Dr. Acer Reply
  15. dudukan laptop (kaki/jendolan 4 biji dibawah laptop) dengan dudukan cooling pan saya nggak pas, sehinnga yang menempel ke cooling fan dari bagian bawah laptop saya adalah bagian bodi bawahnya,bukan kaki laptopnya, ngerusak nggak ke laptop seperti itu?

    By goochenk reviyandros Reply
    • Dear Goochenk, tidak apa, selama tidak menghalangi kipas dan menghambat kipas untuk berputar

      By Dr. Acer Reply
  16. Seri berapa untuk editing vidio ?

    By anteng yti Reply
    • Dear Anteng, untuk produk dengan kemampuan grafis dan mengedit video kamu dapat mempertimbangkan seri 4755G berikut:
      - Aspire 4755G (Intel Core (i5-2450M, 2GB DDR3, 640GB HDD, 2 GB NVIDIA® GeForce® GT 540M ) harga 6,899,000 (Linux) dan 7,649,000 (Windows 7 Home Premium)
      - Aspire 4755G (Intel Core i7-2670QM, 750GB HDD, 8GB DDR3, 2GB NVIDIA® GeForce® GT 540M) harga 10,8 jutaan (Windows 7 Home Premium) *harga tidak mengikat :)

      By Dr. Acer Reply
  17. gimana daya tahan batre kalau saya cas laptop sambil online

    By nurul zain abidin Reply
    • Dear Nurul, tidak masalah untuk melakukan pengisian baterai saat laptop dipergunakan

      By Dr. Acer Reply
  18. Saya Cuman saran aja, Lebih Baik Buat sendiri aja ColingPadnya, Karena Setiap Merk Maupun Type Notebook Beda2 posisi ventilasi tuh sndiri jadi lebih baik Buat sendiri ato mnta tlng buatkan ktukang elektro colingpad tsb… fan lbh kuat thn lama jg bahan2 mudah mencarinya….tinggal km paskan fannya kventilasi laptop uda tinggal potok dan ukur trus pasang jadi dehhh…. jgn lupa pake adaptor sndri jgn mengandalkan daya usb dri laptop, takutnya mengurangi daya listrik dari batrai laptop….soalnya saya pengalaman mencari coolingpad yg pas sama notebook acer 4736Z dmn… akhirnya saya mnemukan solusinya yaitu buat sndiri tanpa bnyak biaya…….trnyata collingpadnya yang saya buat lebih cepat dan dingin karna uda mengandung uji coba menghidupkan notebook acer 24jam trnyata saya liat suhunya dbwh 35derajat……mantabbb jaya…… collingpad dari toko tdk bisa didesain keinginan kita sendiri atau pingin menambahkan kipas sesuai keinginan kita….saya memakai fan cassing komputer dan fan prosesor…..

    By Weldhon Reply
    • Terma kasih Wheldon atas tips dan informasinya :)

      By Dr. Acer Reply
  19. wkwkwkwk bener nih max 50 derajat celsius ?

    saya acer 4540 di geber main metro 2033 4 jam di suhu 100 derajat celsius gpp tuh .. (kyk nya lebih cm si sensor nya cm kuat smpe 100) istirahat cm 20 menit ..

    suhu ruangan 28 derajatan lah ,tanpa ac ,pintu di tutup .. hahaha

    bener2 top nih acer bikin produk ,asik nyisa nya hahaha ..(udah 2 tahun lebih nemenin saya ni notebook)

    gatau sih kalo yg prosesor nya intel ,kuat ga yah ? (paling keburu throttling ,si manja)

    By Widy Awan Reply
    • Dear Widy, yang dimaksud dengan rentang suhu 50 – 90 derajat Fahrenheit adalah suhu ruangan tempat laptop dioperasikan yang direkomendasikan. Mengenai suhu processor sendiri memang bisa beroperasi hingga 100 derajat celcius. Jika suhu processor melewati batas yang ditetapkan maka laptop secara otomatis akan shutdown. Hal ini sebagai indikator bahwa laptop kita mengalami overheat. :)

      By Dr. Acer Reply
  20. apa yang harus saya periksa, untuk memastikan laptop saya berada pada sirkulasi yang baik. trimakasih.

    By doni Reply
    • Dear Doni, pastikan kamu meletakkan laptop pada permukaan yang datar dan keras serta dalam suhu ruangan (sekitar 25 derajat celcius).

      By Dr. Acer Reply
  21. Apa yang harus saya lakukan apabila netbook saya mengalami lola alias loading lamaaa sekali?

    By Diah Rachma Reply
  22. penggunaan cooling pad atau kipas tambahan untuk pendingin laptop sebenarnya bisa mengurangi panas berlebih atau tidak?? khususnya untuk laptop acer ini (saya pengguna acer aspire 4741G)
    trima kasih

    By kiki Reply
    • Dear Kiki, Cooling pad pada dasarnya memang di desain untuk membantu menjaga suhu laptop tetap normal, dan untuk menghindari terjadinya overheat :)

      By Dr. Acer Reply
  23. Pingback: Netbook Awet di Cuaca Panas… « A-Net Supernova

Submit Comment

  1.