Panduan Memaksimalkan Acer Iconia A500

Cara Menghemat Baterai

  1. Ketika sedang tidak tersambung dengan WiFi, pastikan kamu mematikan opsi pencari WiFi (Settings > Wireless & networks > Wi-Fi). Mau lebih praktis? Langsung pilih opsi “Airplane Mode” di taskbar.
  2. Atur screen timeout agar layar dapat otomatis mati/ standby setelah Iconia tidak aktif dalam waktu yang ditentukan (Settings > Screen > Timeout). 3. Dengan mengatur screen brightness ke “Auto” maka pencahayaan akan langsung menyesuaikan dengan lingkungan.
  3. Manajemen widget dan aplikasi. Gunakanlah widget yang penting untukmu karena akan mengonsumsi baterai lebih banyak, terutama untuk widget yang harus sinkron secara online seperti YouTube atau Gmail.
  4. Aplikasi auto-sync (Settings> Account & sync) akan lebih banyak mengonsumsi baterai dan juga kuota internet. Namun bila kebutuhan online spAcer tinggi, sepertinya fitur auto sync tetap penting untuk diaktifkan.
  5. Untuk mengetahui apa saja yang menghabiskan baterai, bisa langsung melihat “Battery use” (Settings > Applications > Battery use)

Android Market & Aplikasi

  1. Di Android Market, spAcer bisa menggunakan “Content Filter” untuk menyaring jenis aplikasi yang ditampilkan sesuai umur (Market > Settings > Content filter)
  2. Sebelum mengunduh sebuah aplikasi, terutama bukan aplikasi populer, spAcer sebaiknya meneliti kembali rating, permission dan review dari pengguna lain.
  3. Di Android Market menawarkan banyak aplikasi gratis yang bisa langsung diunduh, namun ada pula aplikasi berbayar dengan harga yang beragam.
  4. Untuk membeli aplikasi berbayar, spacer harus memiliki kartu kredit dan membuka akun di Google Checkout. Dan pastikan akun e-mail yang didaftarkan di Google Checkout sama dengan akun e-mail yang didaftarkan di Acer Iconia-mu.
  5. Update app. Aplikasi yang telah diunduh di Market biasanya akan melakukan penyesuaian dari waktu ke waktu. Ketika tersedia update, akan muncul di market. spAcer bisa memilih “Allow automatic updating” atau melakukannya secara manual untuk bisa lebih teliti membaca update apa saja yang ditawarkan oleh developer.
  6. Masih belum memiliki Acer Iconia dan pensaran aplikasi-aplikasi apa saja yang tersedia di Android Market? spAcer bisa berkunjung ke market.android.com untuk men-survey langsung berbagai aplikasi yang ditawarkan.

Touch Screen

  1. Pada Acer Iconia, fungsi mouse kanan yang biasa ditemukan di PC/ laptop digantikan dengan menekan lama screen. Setelah menekan agak lama, biasanya akan muncul pilihan, seperti ketika di Home akan muncul pengaturan display, atau ketika menekan lama sebuah gambar di browser akan ada pilihan menyimpan atau share gambar.
  2. Berikut panduan untuk gerakan yang bisa dilakukan di layar Acer Iconia:

Konektivitas

  1. Acer Iconia A500 memiliki konektivitas WiFi, yang berarti harus menggunakan WiFi untuk tersambung dengan internet.
  2. Untuk mobilitas tinggi, spAcer bisa mempertimbangkan modem MiFi (mini portable router) yang dapat menghasilkan sinyal WiFi. Modem MiFi ini telah tersedia di operator ponsel yang menyediakan paket data, baik GSM maupun CDMA.
  3. Acer Iconia A500 tidak bisa tersambung via USB modem, karena saat ini belum ada driver support dari vendor modem untuk OS Android Honeycomb.

USB Port 2.0

  1. Salah satu keunggulan dari Acer Iconia A500 adalah USB Port yang bisa memudahkan spAcer dalam transfer data dan juga menggunakan aksesoris tambahan seperti keyboard.
  2. Untuk penggunaan flashdisk pastikan format yang dimilki adalah FAT32. Lalu untuk memudahkan manajemen file, sebaiknya mengunduh app file management di Android Market, salah satunya “File Manager HD” yang sudah dioptimalisasi untuk OS Android Honeycomb.

 

Keamanan

  1. Tidak ada salahnya memberi proteksi Acer Iconia-mu, apalagi di-dalamnya terdapat e-mail, akun jejaring sosial dan data-data pentingmu. Fitur lock screen akan otomatis mengunci layar bisa tidak digunakan/ idle (Settings > Location & security > Configure lock screen & Timeout)
  2. Encryption. Dengan memilih fitur ini, semua data di dalam Acer Iconia-mu akan “diacak” sehingga tanpa PIN yang sudah ditentukan, pihak lain tidak dapat melihat isi datamu. Proses enkripsi ini cukup memakan waktu, sehingga sebaiknya dilakukan ketika Acer Iconia-mu tersambung dengan adaptor listrik.
  3. Di Android Market juga terdapat anti virus yang dapat diunduh, antara lain Anti-Virus dari AVG.

Additional Info

  1. spAcer bisa mendownload User Manual Acer Iconia A500 di http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers pada bagian Document.
  2. Ternyata Acer Iconia-mu menyimpan satu lebah tersembunyi lho! Bagaimana cara menemukannya? Klik Settings> About tablet – lalu klik berkali-kali tulisan Android Version. Kalau spAcer cukup bersikeras, pasti akan menemukannya :D
  3. Untuk melihat browser dengan tampilan desktop, ketik “about:debug” di address bar browser. Lalu di Settings akan muncul menu Debug, lalu pilih opsi Desktop.
Jul 26 2011

on News

245 Responses to Panduan Memaksimalkan Acer Iconia A500

  1. saya pengguna acer A501 sudah lama di upgrade ke OS 4.03 tapi wifinya tidak berfungsi atau ketika di ON tidak bisa detek Akses Point yg aktif. Mohon pencerahannya Dr.Acer, Thx Before.

    By Giovanni Reply
    • Dear Giovanni, agak sulit memperkirakan penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung, kami sarankan agar membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk pemeriksaan secara langsung dan mendapatkan solusi yang terbaik dari teknisi kami, info lokasi service center tersedia di bawah blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  2. saya pengguna iconia a501 setiap kali jaringan tidak tersedia setelah saya meng upgrade ics.,
    apakah ada setingan tertentu yang mungkin kami bisa dapatkan.,
    ini terjadi di setiap kartu SIM, saya sudah coba menggati namun hal ini masi saja terjadi. apakah ada solusi, dan saya baca komentar/keluhan rekan2 sebelumnya juga ada yang sama., dan itu lebih dari 1 orang,. terimakasi mohon informasi yang jelas. trims.

    By yermia Reply
    • Dear Yermia, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya dalam pemakaian produk Acer. Untuk problem tersebut kami sarankan membawa unit tabletnya ke Acer service center terdekat agar dapat ditangani lebih lanjut oleh teknisi kami di sana. Lokasi service center bisa dilihat pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  3. Saya andy, bagaimana cara menghapus app yang sudah terinstal di ace iconia ?

    By Andy Reply
    • Hai, Andy. Kamu bisa melakukannya melalui Play Store > My Apps atau melalui Settings > Apps

      By Dr. Acer Reply
  4. Hallo acer,.
    kok tablet saya tidak terhubung ke PC ya padahal sudah pakai kabel USB,,tapi tidak muncul di PC?
    Saya sudah install acer sync,usb debuging jga sudah di check dan jga kalau sya colokin usb tablet nya langsung restart sya pengguna iconia tab a500 os ics 4.03 update via ota

    By pande Reply
  5. salam kenal : iconia w700 muncul battery no detected..plugin and no charging..led power menyala orange selama dua menit lalu berkedip..bila adaptor dicabut mati total..mohon saran perbaikan

    By riandy Reply
    • Riandy, mohon maaf atas ketidaknyamanannya, untuk kendala tersebut dibutuhkan pemeriksaan unit secara langsung oleh teknisi Acer di service center, lokasi service center Acer tersedia pada tautan http://www.acerid.com/acer-service-center-list/ :)

      By Dr. Acer Reply
  6. Hallo acer,.
    kok tablet saya tidak terhubung ke PC ya padahal sudah pakai kabel USB,,tapi tidak muncul di PC?

    By Kiki Mulia Darma Reply
    • Kiki, Coba install terlebih dahulu aplikasi Acer Sync yang bisa di download di http://www.acer.co.id > Support > Drivers & Manual > Pilih tipe unit lalu klik pada tab “Application” :)

      By Dr. Acer Reply
  7. Saya menggunakan iconia A501 dengan sim card XL Bebas Internetan, device saya sering mengalami no service pada jaringannya. Bagaimana solusi nya? Terimakasih..

    By farah Reply
    • Farah, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa tablet kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat dibagian bawah dari halaman blog ini :)

      By Dr. Acer Reply
  8. saya pengguna acer A501 sudah lama di upgrade ke OS 4.03 koq sekarang tiba2 suka kehilangan sinyal operator.. terus harus di restrart baru dpt sinyal lg… kenapa ya ? dr baru beli 1 thn lalu kalau di nyalain terus juga pasti sinyal nya hilang sendiri..jd selalu harus restart, gak bisa seperti HP kenapa ya cuma sekarang amakin parah lg di pake juga bisa hilang sinyal nya tiba2 mohon pencerahan nya terima kasih.

    By setiawan Reply
    • Setiawan, Agak sulit memperkirakan penyebabnya secara pasti tanpa melihat secara langsung. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer menganalisa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Ini q upgreadnya lewat wifi langsung.
    Ke versi 4.0.3.
    Ini sekarang cm ad tulisan y android doank dok.gmn solusi y

    By agung Reply
    • Agung, Kami sarankan membawa tablet kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer melakukan Factory Default sekaligus melakukan upgrade OS pada tablet kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  10. Dok.tol bantuin.
    Ini saya pnya acer inconia a500.td pagi baru saya upgread os y.
    Dah kelar n berhasil.
    Laa permasalahan y.waktu mau conent kan ke jaringan wifi.
    Kok restart terus y.
    Gmn solusiya

    By agung Reply
    • Dear Agung, bisa infokan Iconia A500 tersebut diupgrade ke OS versi berapa dan apakah upgradenya via OTA (resmi dari Acer)?

      By Dr. Acer Reply
  11. Konsumen gmn cara memutar/memindahkan video dari acer a500 ke tv.thx

    By Wasiran Reply
    • Hai Wasiran, kamu bisa menggunakan kabel HDMI untuk mengkoneksikan Iconia Tab A500 ke monitor eksternal. Tentu saja monitor eksternal tersebut juga harus memiliki port HDMI, atau jika hanya tersedia port VGA, kamu bisa menggunakan converter HDMI to VGA.

      By Dr. Acer Reply
  12. saya ardy pengguna acer iconia b1 7, kenapa saya masukkan microsd ke tablet tersebut, file yg saya masukkan tidak ada di galery ya,mohon bantuannya.terus cara install game android lewat file .apk bgmana?

    By ardy Reply
    • Ardy, kamu bisa coba gunakan aplikasi seperti “Astro File Manager” untuk melihat data dari Micro SD kamu. Untuk menginstall aplikasi dari file .apk, cukup jalankan file tersebut dari file manager seperti yang kami sebutkan sebelumnya :)

      By Dr. Acer Reply
  13. saya di Tulungagung dan a500 saya blackscreen awal nya hanya stuk di boot logo dmn saya dapat mengkalim/service a500 saya , mohon bantuan nya
    NB: di kediri ada tapi ditolak dgn alasan yang tidak jelas

    By david Reply
    • David, Kamu bisa kunjungi Acer Service Center terdekat di kota kamu. Bisa di informasikan kepada kami alasan yang diberikan oleh Acer Service Center wilayah Kediri?

      By Dr. Acer Reply
  14. Iconia a501 saya sudah update ke ics 4.03 , kenapa ya.. di account & snyc “iconia tab ” gak bisa di sync yang email bisa sama klo add conntact juga ga ada pilihan ” iconia tab ” cuma pilihan email aja. Dulu waktu masih OS honey comp bisa, mohon pencerahan nya Tq

    By setawan Reply
    • Setiawan, apakah ada pesan kesalahan yang ditampilkan ketika hal tersebut terjadi?

      By Dr. Acer Reply
  15. Doc bagaimana cara melakukan presentasi menggunakan acer A500 saya? Apakah ada aksesoris khusus yang bisa menghubungkan acer A500 saya dengan perangkat infocus?

    By anjang Reply
    • Anjang, Kamu bisa gunakan kabel Micro HDMI to HDMI untuk projector yang menggunakan port HDMI, atau untuk projector yang menggunakan port VGA, kamu bisa gunakan kabel konverter Micro HDMI to VGA :)

      By Dr. Acer Reply
  16. dok nih tablet udh ada setahun saya pakai, tp koq skrg setiap booting koq gagal mulu yah? (tidak tampil homescreen’a)

    nb: saya sering gonta ganti custom rom.

    By away always Reply
    • Away, agak sulit memperkirakan penyebabnya secara pasti tanpa melihat unit secara langsung. kami sarankan untuk memeriksakan tablet kamu ke Acer Service Center terdekat di kota kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  17. Yth. Dr acer
    Saya pakai iconia a501 , saya mau tanya kalau dial menu ussd dr acer a501 bagaimana caranya ? ( seperti klo simcard xl *123# ) selama ini saya saya cabut simcard nya masukin ke hp.kan ribet kalau harus cabut simcard trs. Apa mesti pakai program kalau ada rekomendari program menu ussd mohon info nya, terima kasih

    By setiawan Reply
    • Setiawan, Iconia A501 tidak memiliki fitur seperti itu karena Iconia A501 tidak memiliki fitur panggilan telepon untuk memanfaatkan layanan USSD seperti itu.

      By Dr. Acer Reply
  18. gimana biar iconia a500 saya bisa baca cd/dvd yg dimasukan kedalam cd/dvd drive eksternal

    By A Taufik Reply
    • Taufik, Hal tersebut tidak bisa dilakukan :)

      By Dr. Acer Reply
  19. Dr gmn cara eject flash disk dari ace iconia a501?

    By nikko Reply
    • Nikko, Untuk melepas flashdisk, kamu bisa klik Icon USB pada bagian bawah tablet :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.