Menghadapi Laptop yang Tidak Mau Menyala

Pekerjaan sudah menunggu, saat ingin menyalakan laptop, ternyata laptop milikmu malah tidak mau menyala sama sekali. Padahal sebelumnya, laptop kamu masih bisa dinyalakan. Menghadapi kondisi seperti ini, spAcer mungkin bingung, kaget dan panik. Tapi kamu tidak perlu khawatir, ada cara yang bisa dilakukan untuk mencoba menghidupkan kembali laptop kamu.

Bila laptop milikmu tiba-tiba tidak mau menyala, ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan untuk mencoba menghidupkannya kembali.

  • Bila kamu mencoba menyalakan laptop menggunakan kabel charger (bukan dari baterai), pastikan bahwa charger laptopmu terhubung dengan baik ke laptopmu atau ke stop kontak. Pastikan charger yang terhubung tidak longgar dan masuk dengan sempurna.
  • Bila charger laptopmu terhubung ke surge protector, pastikan surge protectornya telah menyala.
  • Jika laptop kamu tetap tidak menyala, cobalah pasang charger di stop kontak yang lain.

Jika setelah mencoba cara-cara diatas namun laptop kamu tetap tidak bisa menyala, kamu tidak perlu panik dulu spAcer. Masih ada satu cara lagi yang bisa kamu coba, yaitu dengan melakukan ‘power-reset’. Power reset berguna untuk memutuskan arus listrik apapun yang menyebabkan laptop kamu tidak bisa menyala dengan baik. Untuk bisa melakukan ‘power-reset’ kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Lepaskan baterai laptop dari tempatnya dan cabutlah charger dari laptopmu.
  2. Tekan dan tahan tombol power pada laptopmu selama 30 detik, setelah itu lepaskan.
  3. Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop di tempatnya. Setelah semuanya terpasang, coba nyalakan lagi laptopmu.

Sudah mencoba semua cara diatas, namun laptop kamu tetap tidak bisa menyala? Jika iya, maka spAcer disarankan untuk membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer. Goodluck SpAcer !