Acer Aspire One 722: Layar lebih Lebar, Performa Lebih Mantap


Kebutuhan akan komputasi di perjalanan menjadi kian penting akhir-akhir ini. Browsing di café, mengunduh file penting di perjalanan, atau memantau aktivitas social network di mana pun Anda berada, menjadi hal yang kian sering dilakukan, bukan? Semua aktivitas ini membutuhkan sarana komputasi yang andal. Sebuah laptop yang cukup mungil dan ringan namun memiliki layar yang tidak terlampau kecil adalah pilihan yang baik. Tentu saja, performa yang baik dan daya tahan baterai yang tinggi akan melengkapi kebutuhan spesifik ini. Apabila harganya bisa terjangkau, tentu ini bisa menjadi komputer yang sempurna untuk kebutuhan seseorang yang bermobilitas tinggi.

Acer memenuhi kebutuhan ini dengan menghadirkan Aspire One 722. Layar 11,6”, prosesor baru, memori yang memadai, bobot ekstra ringan, dan daya tahan baterai baik adalah senjata utamanya. Mari kita tinjau lebih jauh, bagaimana kemampuan laptop mungil ini.

Apa itu AMD C-50?
Prosesor AMD yang digunakan pada Aspire One 722 adalah salah satu prosesor Fusion pertama dari AMD, C-50. Prosesor Fusion ini ada hasil penggabungan dari prosesor dan VGA. Ya, AMD C-50 adalah gabungan dari sebuah prosesor AMD dual-core dengan sebuah VGA AMD (Radeon HD 6250). AMD menyebut hasil gabungan CPU dan VGA ini sebagai APU (Accelerated Processor Unit).

AMD C-50 adalah APU yang dirancang untuk netbook dan bahkan tablet. APU ini memiliki 2 core yang berkecepatan 1 GHz. Jangan salah sangka. Meski hanya 1 GHz, C-50 ini memiliki sistem kerja seperti prosesor modern. C-50 menggunakan metode eksekusi out-of-order, dimana perintah dapat dikerjakan berdasarkan prioritas dan urutan yang paling tepat untuk memastikan proses berjalan secepat mungkin. Nah, bagaimana dengan Atom? Atom menggunakan metode in-order, dimana semua perintah akan dikerjakan secara berurutan, tergantung perintah mana yang lebih dahulu diberikan. Jika Anda mencari kemampuan multi-tasking, C-50 seharusnya menjadi jawaban untuk kebutuhan Anda.


Aspire One
722: Peningkatan di sana-sini
Aspire One 722 hadir dengan kemampuan multimedia yang mantap. Laptop ini dapat dengan mudah menjalankan video Full HD 1080p. Sisi VGA dari prosesor AMD C-50 yang digunakannya, adalah bagian yang mendukung kemampuan spesial Aspire One 722 ini.

Acer Aspire One 722 ini dilengkapi dengan port HDMI, dan layarnya pun cukup lega yaitu 11,6”. Untuk ukuran layar yang nyaris mencapai 12”, resolusinya pun cukup tinggi, 1366×768 pixel. Resolusi yang sama, kerap kita temui pada layar notebook 14”.

Ukuran layar yang lebih besar membuat ukuran bodi Aspire One 722 juga sedikit lebih besar, sehingga membuatnya bisa menggunakan keyboard yang lebih besar. Hasilnya, mengetik dengan Aspire One 722 terasa lebih nyaman.

Dengan sistem grafis yang jauh lebih baik, maka Windows7 juga bekerja dengan sangat baik pada laptop ini. Karena, Windows7 bisa memanfaatkan VGA yang baik untuk meringankan tampilan. Selain itu, RAM 2 GB yang menjadi standarnya, membuat laptop ini mampu menawarkan performa yang lebih baik.


Performa (SYSmark 2007)
Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.

Berdasarkan hasil pengujian ini, RAM 2 GB pada Aspire One 722 berhasil mendongkrak performa laptop ini. Namun, apabila Anda memerlukan laptop yang menunjang produktivitas dengan bujet lebih tinggi, maka Anda dapat mempertimbangkan notebook Acer Aspire 4253 (AMD E-350). [tolong beri link to product review notebook ini]


Kemampuan VGA (3DMark 06)
Program tes ini bisa ditemukan online (www.futuremark.com). 3DMark 2006 adalah acuan umum yang universal untuk pengujian VGA. Versi ini adalah yang umum digunakan untuk VGA entry-level.

VGA yang ada di dalam Aspire One 722 performa grafisnya ternyata sangat baik. APU AMD C-50 pada Aspire One 722 ini jelas memiliki tenaga untuk menjalankan beragam aplikasi multimedia yang berhubungan dengan video. Akan tetapi, dengan nilai yang diperolehnya, game yang bisa dimainkan memang terbatas pada game flash dan game 3D lawas yang ringan. AMD Radeon HD 6250 pada laptop ini memang tidak dirancang untuk memainkan game 3D yang berat.


Memutar Video Full HD (1080p)
Memutar video High Definition (HD) adalah hal yang susah dilakukan apabila laptop Anda tidak memiliki performa grafis yang baik. Bagaimana dengan Acer Aspire One 722?

Acer Aspire One 722 tidak mengalami masalah sama sekali dalam menjalankan video Full HD dalam format apapun. Selama player Anda bisa memanfaatkan VGA yang tersedia (DXVA), Anda bisa memutar film apapun yang tersedia di pasaran saat ini tanpa masalah yang berarti.


Pengujian daya tahan baterai dengan Mobilemark 2007
Benchmark Suite ini merupakan perpaduan yang serupa dengan SYSmark 2007. Hanya saja, software ini sudah diatur sedemikian rupa untuk melakukan simulasi pekerjaan sehari-hari secara terus-menerus hingga baterai terkuras habis.

Dari hasil pengujian, Acer Aspire One 722 mampu bertahan hidup hingga 375 menit atau sekitar 6 jam 15 menit. Ini berarti daya tahan baterainya sangat baik untuk laptop dengan harga kisaran sangat terjangkau ini. Efektifnya sistem penghematan daya, tampak membuat AO722 mampu menyuguhkan ketahanan baterai yang sangat baik.


Mungil, Nyaman, dan Irit
Acer Aspire One 722 ini dijual dengan harga amat terjangkau, Rp 2.799.000 (versi Linux) dan Rp 3.149.000 (versi Windows7 Starter). Performanya terbukti sangat baik untuk kelas harganya. Layar 11,6” dan keyboard yang cukup besar membuatnya nyaman digunakan. Sementara itu, daya tahan baterainya yang sangat baik membuatnya bisa diandalkan di perjalanan. Jika Anda menginginkan laptop dengan layar berkisar 12”, keyboard lega, kecepatan baik, namun tetap nyaman dibawa kemana-mana, Aspire One 722 adalah jagoannya.

Pelajar dan Mahasiswa akan sangat menghargai harganya yang terjangkau. Anda bisa mencatat di kelas tanpa takut kehabisan baterai.

Sebagai PC kedua, Acer Aspire One 722 adalah pilihan yang menarik. Meski tidak semungil netbook 10”, laptop ini masih sangat mudah dibawa-bawa. Laptop ini tidak akan menghabiskan ruang di dalam tas bawaan sehari-hari, dan meja café Anda tidak akan terasa penuh sesak karenanya.

Sebagai PC utama, Aspire One 722 memang bukanlah PC yang berkinerja ekstra kencang. Akan tetapi, dengan RAM 2 GB dan APU AMD yang memiliki VGA kencang, Aspire One 722 sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan pengguna pada umumnya.

Image Gallery :

Related Article

2,508 Responses to Acer Aspire One 722: Layar lebih Lebar, Performa Lebih Mantap

 

  1. arman says:

    Jika ingin pesan casing + engsel acer ao 722 yg original bagaimana ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arman, untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart, silahkan hubungi Acer Contact Center di 1500-155 pada hari dan jam kerja.

  2. Robbani says:

    Klo untuk up date biar ram 4gb gmna ?
    Apa cuma bisa di ganti yg bawaan 2gb d ganti 4gb ?
    Apa mungkin bisa di tambahin slot ram.y ?
    Soal.y kalo d cpu z acer ao722 kebaca slot ram.y 2

    Pasisi 64bit aga berat pas pertama baru d hidupkan harus nunggu 3-5 menit biar lancar
    Driver dh up date 64bit semua
    Tolong solusi.y ?
    Thanks dok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Robbani, untuk tipe netbook AO722 memiliki 2 buah slot RAM maksimal 4GB DDR3. Kamu hanya bisa mengganti RAM bawaan dengan kapasitas 4GB.

  3. Agus dip says:

    Dok setelah diinstall windows 7 64 bit kenapa wifi nya tidak bisa , driver wifi bawaan yang asli waktu dari pabrik apaan ya dok soalx pake atheros blm bisa

    1. Dr. Acer says:

      Dear Agus, kamu bisa mendapatkan dukungan driver Acer pada tautan http://www.acer.com/ac/en/ID/content/drivers.

  4. mahruzal says:

    Jika saya instal os windows 10 pro 64bit di AO722 , support gak min?
    pengaruh tidak di VGA nya (panas bertambah) ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mahruzal, AO722 belum bisa untuk melakukan upgrade ke WIndows 10 🙂

  5. Yuniar P. says:

    Mbak/Mas/Kaka :3 Prosesor Notebook Ini Bisa Diganti GA AMD Ke Intel I3?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yuniar, prosesor pada Notebook tidak dapat diganti/diupgrade. Namun kamu bisa mengupgrade HDD dan RAM nya. 🙂

  6. Ali Rochman says:

    cassing AO725 bisa tidak jika dipasang sebagai pengganti AO722?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ali, casing AO725 tidak bisa menggantikan casing untuk unit AO722.

  7. permisi , mbak mas. saya ingin upgrade ram saya ke 4gb. disini saya menggunakan ram corsair CMSX4GX3M1A1600C9 . kira2 ram tersebut compitable tidak dengan netbook saya acer aspire one 722? soalnya saya takut salah beli hehehe. makasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rama, kamu bisa menggunakan merk RAM apapun yang tersedia dipasar untuk mengupgrade AO722, pastikan menggunakan tipe RAM yang sesuai dengan RAM bawaan unit. AO722 menggunakan RAM standar DDR3 1066MHz.

  8. Rizqi Insani says:

    Di Acer Aspire One 722 windows 10 sangat lancar, walaupun diawal setelah upgrade ke windows 10 agak terganggu karena resolusi layarnya sangat kecil yakni hanya 1024×600. Tetapi anda hanya perlu update driver software basic display adapter saja untuk atasi masalah kecil ini. Salam SpAcers!

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rizqi, terima kasih atas bantuan kamu mengatasi kendala yang dialami spAcers lainya ya, salam spAcer 🙂

  9. Surya says:

    Dok kenapa ya laptop saya gak mau terhubung ke led tv LG? pakai kabel HDMI di display tidak ada pilihan output tv

    1. Dr. Acer says:

      Dear Surya, untuk kendala tersebut sudah coba ubah tampilan projector mode? Untuk menampilkan opsi projector mode bisa dilakukan dengan menekan tombol icon Windows + P pada keyboard.

  10. Felix says:

    Maaf nanya lagi
    Tadi saya lihat di comments katanya aspire one 722 gak bisa windows 10
    Tetapi saya mengunakan windows 10 versi 32 bit
    Awal menupgrade win 8.1 ke 10 itu saya agak lemot
    Setelah saya update di seting windows 10 lancar

    1. Dr. Acer says:

      Dear Felix, terkait dengan support driver, Acer memang belum mensupport driver Windows 10 saat ini, terima kasih atas feedbacknya.

  11. Tugiono says:

    Maaf dok, sy mau nanya, apakah CPU AO 722 bisa diganti, misal ke intel pentium dual core 1 GHz. Mohon penjelasannya, terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Tugiono, prosesor pada laptop tidak dapat diganti atau diupgrade. Namun kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM dan HDD nya. 🙂

  12. Dody saputra says:

    Permisi dr. Untuk harga charger acer aspire one 722 sekitar brp ya? soalnya punya saya kok tiba2 mati sendiri. trus chargernya di cabut trs di colokkan lagi trs nyala. ntar mati lagi dst seperti itu. mohon solusinya. trms

    1. Dr. Acer says:

      Dear Doddy, untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart, silahkan hubungi Acer Contact Center di 1500-155 pada hari dan jam kerja.

  13. arief says:

    casing ori laptop AO722 kira kira berapa ya ???

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arief, untuk info harga casing bisa menghubungi Acer Contact Center dinomor telepon 1500-155 pada hari dan jam kerja. 🙂

  14. Kentri says:

    Laptop AO 722 ini sering lemot dalam pengoperasiannya, waktu booting sangat lama, untuk pemakaian internet maupun pemakaian biasa sering not responding atau kadang terhenti sendiri.
    bagaimana solusinya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Kentri, lemot bisa diakibatkan oleh penurunan performa hardware atau system yang mengalami crash/kerusakan system. Untuk masalah system kamu bisa coba lakukan install ulang OS terlebih dahulu.

  15. fernanda says:

    dok mau Tanya acer aspire one 722 ini ada bluetoothnya atau tidak dok? soalnya saya habis update ke win 10 saya download driver bluetoothnya pakai yang Atheros maupun Broadcom g bsa?
    thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fernanda, AO722 tidak dilengkapi dengan fitur bluetooth built-in 🙂

  16. rezky says:

    Kalo mau instal driver vga nya yang jenis apa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rezky, AO722 menggunakan VGA AMD Radeon 🙂

  17. ahmad maulana ibrahim says:

    saya punya Notebook 772 dan RAM 2GB (1,73GB) CPU AMD C-60 with Radeon(tm) HD Graphics 1.00Ghz
    sayangnya saya ada satu keterburukan pada Notebook saya ini.yaitu ketika memutar Full HD 1080p,ketika diputar video tersebut seperti nyendat-nyendat (Lag) tetapi ketika saya mencoba video dengan format 720p HD.video tersebut berputar dengan mulus.apa akibatnya ?
    satu lagi ! gimana cara saya memperbaiki kipas CPU yang mati ? tolong pencerahanya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ahmad, kami sarankan untuk update driver VGA terlebih dahulu kemudian atur resolusi layar yang paling optimal.
      Untuk perbaikan hardware kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat di kotamu http://www.acerid.com/acer-service-center/

  18. Ginanjar says:

    doc, kenapa ya notebuk ao722 pake RAM 4GB kinerjanya jadi lambat ? padahal os sudah menggunakan 64bit. Kalo Osnya diturunin ke 32bit apakah bisa ?
    thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ginanjar, pastikan semua driver yang diperlukan sudah terinstall. AO722 support menggunakan OS 32-bit ataupun 64-bit.

  19. fajri says:

    kira2 harga RAM 4GB Acer AO722 berapa ya dok ? hehe

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fajri, Untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart, silahkan hubungi Acer Contact Center di 1500-155 pada hari dan jam kerja ya 🙂

  20. Efri Khuluqi says:

    Dok, apakah casing untuk AO 722 masih ada ya? saya mau ganti dengan casing yang baru. Trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Efri, untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart kamu bisa menghubungi Acer Contact Center di 1500-155.

  21. Edysukandi says:

    hi dok , mau tanya AO 722 apakah bsia di up kapasitas VGA nya ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Edysukandi, VGA pada unit tidak dapat di upgrade atau diganti 🙂

  22. Ozy Stark says:

    Dok apakah Acer AO 722 ini bisa ugrade ke windows 8.1 ?
    Dan apa bisa notebook ini upgrade ke intel core i3 atau i5 ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ozy, pada dasarnya kamu bisa menggunakan OS yang sesuai dengan preferensi kamu. Tetapi Acer tidak menyediakan driver AO722 untuk OS Windows 8.1. Prosesor pada laptop tidak bisa diupgrade/ganti.

  23. Carlos says:

    Dok saya mau tanya,apakah Acer Asoire 722 bisa memainkan game online :
    1.Point Blank
    2.Lost Saga
    3.RF Retrun

    1. Dr. Acer says:

      Dear Carlos, sebelum menginstall game, kamu bisa lihat minimum system requirement game tersebut lalu bandingkan dengan spesifikasi dari laptop yang digunakan. Untuk mengetahui kompabilitas game tertentu, silahkan mengacu pada link berikut: http://systemrequirementslab.com/cyri

  24. fajrul emirullah says:

    dok saya mau tanya, apakah aspire one 722 bisa menjalankan os windows 10? jika ya, apakah driver tetap didukung acer atau download dari official web masing – masing driver?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fajrul, Aspire One 722 tidak mendukung OS Windows 10

  25. arip says:

    Mau tanya, kalo notebook ini RAMnya di upgrade menjadi 4GB apakah bisa ? kalo sudah 4GB apakah drivernya membutuhkan versi 64 bit ?
    makasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arip, Aspire One 722 bisa diupgrade maksimal hingga 4GB menggunakan satu keping SODIM RAM DDR3. Jika sudah mengupgrade menjadi 4GB disarankan menggunakan OS 64-bit.

      1. Sulthan says:

        Mau tanya klo Ao722 ini di upgrade ram ke 4gb tetapi tetap menggunakan os 32bit akan bermasalah..?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Sulthan, tidak ada masalah jika upgrade RAM 4GB dengan menggunakan OS 32-bit.

          1. Robbani says:

            Dok apakah acer ao722 bisa menggunakan 2 slot ram ?
            Bawaan 2gb dan di tambah 2gb / 4gb ?

          2. Dr. Acer says:

            Dear Robbani, tersedia 1 buah slot RAM pada AO722 dan support untuk RAM hingga 2GB 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved