Acer Aspire One 722: Layar lebih Lebar, Performa Lebih Mantap


Kebutuhan akan komputasi di perjalanan menjadi kian penting akhir-akhir ini. Browsing di café, mengunduh file penting di perjalanan, atau memantau aktivitas social network di mana pun Anda berada, menjadi hal yang kian sering dilakukan, bukan? Semua aktivitas ini membutuhkan sarana komputasi yang andal. Sebuah laptop yang cukup mungil dan ringan namun memiliki layar yang tidak terlampau kecil adalah pilihan yang baik. Tentu saja, performa yang baik dan daya tahan baterai yang tinggi akan melengkapi kebutuhan spesifik ini. Apabila harganya bisa terjangkau, tentu ini bisa menjadi komputer yang sempurna untuk kebutuhan seseorang yang bermobilitas tinggi.

Acer memenuhi kebutuhan ini dengan menghadirkan Aspire One 722. Layar 11,6”, prosesor baru, memori yang memadai, bobot ekstra ringan, dan daya tahan baterai baik adalah senjata utamanya. Mari kita tinjau lebih jauh, bagaimana kemampuan laptop mungil ini.

Apa itu AMD C-50?
Prosesor AMD yang digunakan pada Aspire One 722 adalah salah satu prosesor Fusion pertama dari AMD, C-50. Prosesor Fusion ini ada hasil penggabungan dari prosesor dan VGA. Ya, AMD C-50 adalah gabungan dari sebuah prosesor AMD dual-core dengan sebuah VGA AMD (Radeon HD 6250). AMD menyebut hasil gabungan CPU dan VGA ini sebagai APU (Accelerated Processor Unit).

AMD C-50 adalah APU yang dirancang untuk netbook dan bahkan tablet. APU ini memiliki 2 core yang berkecepatan 1 GHz. Jangan salah sangka. Meski hanya 1 GHz, C-50 ini memiliki sistem kerja seperti prosesor modern. C-50 menggunakan metode eksekusi out-of-order, dimana perintah dapat dikerjakan berdasarkan prioritas dan urutan yang paling tepat untuk memastikan proses berjalan secepat mungkin. Nah, bagaimana dengan Atom? Atom menggunakan metode in-order, dimana semua perintah akan dikerjakan secara berurutan, tergantung perintah mana yang lebih dahulu diberikan. Jika Anda mencari kemampuan multi-tasking, C-50 seharusnya menjadi jawaban untuk kebutuhan Anda.


Aspire One
722: Peningkatan di sana-sini
Aspire One 722 hadir dengan kemampuan multimedia yang mantap. Laptop ini dapat dengan mudah menjalankan video Full HD 1080p. Sisi VGA dari prosesor AMD C-50 yang digunakannya, adalah bagian yang mendukung kemampuan spesial Aspire One 722 ini.

Acer Aspire One 722 ini dilengkapi dengan port HDMI, dan layarnya pun cukup lega yaitu 11,6”. Untuk ukuran layar yang nyaris mencapai 12”, resolusinya pun cukup tinggi, 1366×768 pixel. Resolusi yang sama, kerap kita temui pada layar notebook 14”.

Ukuran layar yang lebih besar membuat ukuran bodi Aspire One 722 juga sedikit lebih besar, sehingga membuatnya bisa menggunakan keyboard yang lebih besar. Hasilnya, mengetik dengan Aspire One 722 terasa lebih nyaman.

Dengan sistem grafis yang jauh lebih baik, maka Windows7 juga bekerja dengan sangat baik pada laptop ini. Karena, Windows7 bisa memanfaatkan VGA yang baik untuk meringankan tampilan. Selain itu, RAM 2 GB yang menjadi standarnya, membuat laptop ini mampu menawarkan performa yang lebih baik.


Performa (SYSmark 2007)
Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.

Berdasarkan hasil pengujian ini, RAM 2 GB pada Aspire One 722 berhasil mendongkrak performa laptop ini. Namun, apabila Anda memerlukan laptop yang menunjang produktivitas dengan bujet lebih tinggi, maka Anda dapat mempertimbangkan notebook Acer Aspire 4253 (AMD E-350). [tolong beri link to product review notebook ini]


Kemampuan VGA (3DMark 06)
Program tes ini bisa ditemukan online (www.futuremark.com). 3DMark 2006 adalah acuan umum yang universal untuk pengujian VGA. Versi ini adalah yang umum digunakan untuk VGA entry-level.

VGA yang ada di dalam Aspire One 722 performa grafisnya ternyata sangat baik. APU AMD C-50 pada Aspire One 722 ini jelas memiliki tenaga untuk menjalankan beragam aplikasi multimedia yang berhubungan dengan video. Akan tetapi, dengan nilai yang diperolehnya, game yang bisa dimainkan memang terbatas pada game flash dan game 3D lawas yang ringan. AMD Radeon HD 6250 pada laptop ini memang tidak dirancang untuk memainkan game 3D yang berat.


Memutar Video Full HD (1080p)
Memutar video High Definition (HD) adalah hal yang susah dilakukan apabila laptop Anda tidak memiliki performa grafis yang baik. Bagaimana dengan Acer Aspire One 722?

Acer Aspire One 722 tidak mengalami masalah sama sekali dalam menjalankan video Full HD dalam format apapun. Selama player Anda bisa memanfaatkan VGA yang tersedia (DXVA), Anda bisa memutar film apapun yang tersedia di pasaran saat ini tanpa masalah yang berarti.


Pengujian daya tahan baterai dengan Mobilemark 2007
Benchmark Suite ini merupakan perpaduan yang serupa dengan SYSmark 2007. Hanya saja, software ini sudah diatur sedemikian rupa untuk melakukan simulasi pekerjaan sehari-hari secara terus-menerus hingga baterai terkuras habis.

Dari hasil pengujian, Acer Aspire One 722 mampu bertahan hidup hingga 375 menit atau sekitar 6 jam 15 menit. Ini berarti daya tahan baterainya sangat baik untuk laptop dengan harga kisaran sangat terjangkau ini. Efektifnya sistem penghematan daya, tampak membuat AO722 mampu menyuguhkan ketahanan baterai yang sangat baik.


Mungil, Nyaman, dan Irit
Acer Aspire One 722 ini dijual dengan harga amat terjangkau, Rp 2.799.000 (versi Linux) dan Rp 3.149.000 (versi Windows7 Starter). Performanya terbukti sangat baik untuk kelas harganya. Layar 11,6” dan keyboard yang cukup besar membuatnya nyaman digunakan. Sementara itu, daya tahan baterainya yang sangat baik membuatnya bisa diandalkan di perjalanan. Jika Anda menginginkan laptop dengan layar berkisar 12”, keyboard lega, kecepatan baik, namun tetap nyaman dibawa kemana-mana, Aspire One 722 adalah jagoannya.

Pelajar dan Mahasiswa akan sangat menghargai harganya yang terjangkau. Anda bisa mencatat di kelas tanpa takut kehabisan baterai.

Sebagai PC kedua, Acer Aspire One 722 adalah pilihan yang menarik. Meski tidak semungil netbook 10”, laptop ini masih sangat mudah dibawa-bawa. Laptop ini tidak akan menghabiskan ruang di dalam tas bawaan sehari-hari, dan meja café Anda tidak akan terasa penuh sesak karenanya.

Sebagai PC utama, Aspire One 722 memang bukanlah PC yang berkinerja ekstra kencang. Akan tetapi, dengan RAM 2 GB dan APU AMD yang memiliki VGA kencang, Aspire One 722 sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan pengguna pada umumnya.

Image Gallery :

2,364 Responses to Acer Aspire One 722: Layar lebih Lebar, Performa Lebih Mantap

  1. dok bisa gak si instal windows 8 di AO722 ?
    makasih

    By mimbar Reply
  2. dear Doc

    Mau tanya Apakah AO722 bisa menggunakan windows XP?

    By alpian naparin Reply
  3. Dear Dr Acer
    Apakah AO722 bisa diupgrade RAM nya?

    By Keane Reply
    • Dear Keane, AO722 bisa diupgrade dengan maksimal RAM hingga 4GB DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  4. dok, apakah Acer AO722 otomatis berhenti charge ketika baterai penuh? di indicator baterai laptop saya tulisannya “Fully charged (100%)”. bukannya seharusnya “plugged in, not charging” ?
    Terima kasih dok

    By Reza Reply
    • Dear Reza, sebagai langkah awal kamu bisa coba lakukan kalibrasi baterainya terlebih dahulu untuk mengetahui kapasitas baterai yang sesungguhnya. Berikut langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi baterai:
      - Sambungkan pusat listrik ke adaptor notebook untuk pengisian penuh baterai kamu.
      - Ketika baterai sudah penuh, lepaskan adaptor dan gunakan notebook dengan tenaga baterai saja.
      - Non-aktifkan/disable semua warning option untuk baterai di Power
      Options properties seperti Shut Down, Stand-by on Hibernation. Nah,
      ketika baterai hanya 3%, tutup semua aplikasi dan biarkan notebook mati dengan sendirinya.
      - Sambungkan pusat listrik ke adaptor kamu lagi dan isi ulang kembali
      baterai kamu sampai penuh.
      - Baterai Kamu telah dikeringkan untuk kalibrasi.

      By Dr. Acer Reply
  5. pagi dok, saya mau nanya

    kenapa laptop AO722 saya kalau untuk menyetel video HD 1080p masih kurang lancar? itu ada masalah pada codec atau driver VGA-nya?

    terimakasih

    By Arkan Reply
    • Dear Arkan, kami sarankan install ulang driver VGA nya terlebih dahulu dan pastikan semua aplikasi/software pendukung termasuk codec sudah diinstall.

      By Dr. Acer Reply
  6. Dear DR Acer
    Saya punya netbook Acer AO722 sudah 2,5 tahun, netbook saya ini suka terhenti beberapa detik atau not responding gitu saya kira ini gara2 processornya dan saya mau nanya apakah bisa processor itu diupgrade? terimakasih sebelumnya

    By firman Reply
    • Dear Firman, processor AO722 tidak dapat diupgrade. Untuk problem tersebut kami sarankan kamu coba install ulang OS Windowsnya terlebih dahulu dan lihat apakah problem teteap terjadi.

      By Dr. Acer Reply
  7. dear dr. acer…

    Notifikasi considering replacing your battery di AO 722 saya sudah bisa diatasi dgn kalibrasi batere.

    - Berapa kali boleh melakukan kalibrasi? apakah setiap muncul notifikasi, boleh kalibrasi lagi? saya br sekali ini melakukan kalibrasi.

    - Batere laptop seri apa saja yg sekiranya kompatibel dgn AO 722 dok? (katanya seri ini sudah tdk diproduksi lagi alias discontinue)

    - thanx a lot…

    By nuning Reply
    • Dear Nuning, jika tidak terjadi masalah kalibrasi bisa dilakukan 1-2 bulan sekali. Untuk detail informasi terkait dengan baterai AO722 sebaiknya menghubungi Acer contact center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja (tambahkan kode area lokal setempat jika menghubungi dari ponsel GSM).

      By Dr. Acer Reply
  8. Hallo Dr. Acer,

    Sy punya Acer AO 722 sudah 2,5 thn. Selama ini baik2 aja. Batere memang sudah mulai drop tp masih bisa dipakai selama 45 menit – maksimal 1 jam.

    Namun td mlm seusai nge-charge, ikon batere ada tanda silang merah dan ada dialog “consider replacing your batere..trus tak klik ada dialog “there is a problem with your batery, so your computer may shut down suddenly”…

    Saya re-start dan shut down secara normal, namun tak ada perubahan. Saya charge masih bisa spt biasa, namun tanda x merah tetep muncul.

    - Apa yg sebaiknya saya lakukan dok? soalnya sy baca baca katanya windows 7 sering kyk gt, ada yg menganggap itu “bug”, jd sebenarnya performa batere msh lmyn.

    - saya blm pernah meng-kalibrasi batere, apakah sekarang itu tindakan yg tepat? bagimana caranya?

    - mungkinkan terkena virus? krn sebelum muncul x merah itu, ak pake dan ada notifikasi virus yg require re-boot, tp ak skip aja krn buru2.

    - saya sdh mencoba meng- on dan off kn ikon batere, namun tetep muncul x merah tsb.

    - Ada temen2 sy umur laptopnya lbh tua dr punyaku, tp gak pernah dpt tanda x merah kyk gt (walopun batere dah drop total hehehe)

    Mohon pencerahannya. Thx bgt dok…

    By nuning Reply
    • Dear Nuning, notifikasi “consider replacing battery” tersebut adalah salah satu fitur dari OS Windows 7 yang memberitahukan ada problem pada baterai laptop kamu dan diharuskan mengganti baterai tersebut. Apabila kamu merasa ragu untuk mengganti baterai tersebut, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut:
      - Setiap baterai laptop memiliki kapasitas yang berbeda, seberapa besar daya tahan mereka. Seiring berjalannya waktu, baterai laptop memang akan kehilangan kemampuan untuk menyimpan 100% kapasitas.
      Jadi ketika performanya sudah menurun, meski di charge, daya tahan baterai tidak akan sampai 100%.
      - Baterai laptop yang baru juga bisa saja rusak karena berbagai hal, misalnya karena panas yang ekstrim. Sehingga dalam waktu yang singkat, kapasitas baterai langsung menurun.
      - Jika kamu berniat mengganti baterai laptop-mu, sebelumnya kontak dulu perusahaan laptop untuk mengetahui apakah baterai laptop-mu masih di produksi.
      - Pengukuran kapasitas baterai bisa menjadi kurang akurat. Untuk itu, coba lakukan kalibrasi baterai agar pengukuran baterai kembali akurat.

      By Dr. Acer Reply
  9. salam dr.,
    saya punya aspire one 722, waktu dicharger posisi mati lampu indikator batre berkedip2.,setelah itu coba saya hidupkan tidak bisa.,lalu saya ganti batre baru.,coba dicharger ga ngisi.,tp bisa hidup jika batre dilepas,(langsung colok k adaptor charger).,itu masalahnya dmn y dok.,?pliss help.,

    By arga Reply
    • Dear Arga, untuk kendala tersebut kamu bisa coba melakukan ‘power-reset’ dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
      Lepas baterai laptop dan cabut charger dari laptop> Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik lalu lepaskan> Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop dan nyalakan lagi laptopmu.
      Jika tetap tidak bisa dihidupkan kami sarankan membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer.

      By Dr. Acer Reply
  10. Dear dok…

    mau tanya laptop saya acer aspire one 722 tersiram air dan sekarang beberapa tombol keyboardnya tidak bs menyala/berfungsi
    apakah harus ganti keyboard? dan berapa harga keyboard baru acer dgn tipe yg sama?

    makasih dok….

    By Lena Reply
    • Dear Lena, untuk problem tersebut kami sarankan kamu membawanya terlebih dahulu ke Acer service center agar dilakukan pengecekan unitnya secara keseluruhan kemudian diberikan solusi terbaik disana. Info lokasi Acer service center terdekat dapat kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  11. Dear Dr Acer
    Mohon bantuannya, dimana bisa saya dpatkan driver AO722 untuk windows XP?

    Thanks

    By Karim Reply

Submit Comment

  1.