Main Game dengan Nyaman

Buat Anda yang suka game komputer tentunya ingin bermain game apapun dengan lancar dan nyaman tanpa ada gangguan. Namun sayangnya, terkadang ada beberapa hal yang tidak dimengerti, atau dilupakan oleh para gamer saat bermain game di laptop.

Kebanyakan gamer memiliki masalah saat mencoba memainkan game online di laptop. Apa saja masalah itu, dan bagaimana cara mengatasinya? Anda, para gamer sejati maupun gamer pemula bisa membacanya di sini.

  • Q: Saya ingin memainkan game online yang cukup berat seperti Point Blank, PES, Need For Speed dan lain-lain. Apakah saya bisa memainkan game ini di notebook saya?
    A: Setiap game atau aplikasi apapun, tentu memiliki minimum system requirement. Sebelum menginstall atau memainkan game tertentu, sebelumnya cek terlebih dahulu system requirement game tersebut. Misalnya game tersebut memerlukan RAM minimal berapa gigabyte. Jika spesifikasi hardware notebook milikmu memenuhi semua system requirement yang dibutuhkan game tersebut, berarti Anda bisa memainkan game itu di notebook milikmu.
  • Q: Bagaimana jika saya ingin memainkan game online seperti Point Blank, PES, Need for Speed, dan lain-lain di netbook, apakah bisa?
    A: Game online yang hanya menggunakan flash player, seperti misalnya game Farmville atau mafia wars pada facebook, atau game online yang memiliki system requirement ringan tentunya masih bisa dimainkan pada netbook. Namun, biasanya untuk game yang memiliki system requirement cukup tinggi seperti pada Point Blank atau PES, tidak disarankan untuk dimainkan pada netbook, karena pada dasarnya netbook memiliki fungsi utama mobile internet dan komputasi standar.
  • Q: Mengapa setiap memainkan game online seperti Point Blank, PES, Need for Speed, dan lain-lain, PC saya terasa panas sekali?
    A: Jika game online yang Anda mainkan tergolong game 3D memang akan menimbulkan panas pada laptop karena Game 3D membutuhkan kinerja ekstra dari prossesor yang mengakibatkan hardware dipaksa bekerja maksimal. Oleh karena itu, saat bermain game semacam ini, usahakan sistem pendingin laptop bekerja dengan baik dan sirkulasi udara pada ruangan berjalan lancar. Jika tidak, maka ada potensi PC menjadi overheat dan otomatis mematikan laptop. Jangan menggunakan laptop di atas permuakaan yang akan menghambat sirkulasi udara laptop Anda seperti di atas bantal, karpet atau kasur. Anda juga bisa mencoba memakai cooling pad untuk menjaga suhu laptop tetap stabil saat bermain game online.
  • Q: Saat sedang memainkan game online, laptop saya tiba-tiba shut down, apa yang menyebabkan ini terjadi?
    A: Setiap laptop Acer memang memiliki perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas. Fungsi auto-shutdown ini adalah melindungi komponen didalam laptop Anda agar tidak rusak. Jadi, usahakan untuk menjaga suhu laptop Anda tidak terlalu panas saat sedang bermain game online. Salah satu caranya adalah dengan memakai cooling pad.
  • Q: Saat saya memainkan game online seperti Point Blank, PES, Need for Speed, dan lain-lain, mengapa sering patah-patah (lag)?
    A: Penyebab hal ini terjadi ada beberapa, diantaranya adalah: spesifikasi PC yang Anda pakai untuk bermain game tidak memenuhi minimum system requirement dari game tersebut, koneksi internet yang Anda gunakan tidak cukup kuat untuk dapat memainkan game tersebut dengan lancar, atau koneksi ke server sedang penuh.
  • Q: Mengapa game yang saya mainkan pada laptop tampilannya tidak bisa full screen?
    A: Setiap game memiliki resolusinya masing-masing. Resolusi yang telah Anda atur untuk LCD bisa saja berbeda dengan resolusi yang dapat dipakai oleh game yang Anda mainkan sehingga tidak bisa diatur dengan tampilan satu layar penuh.
  • Q: Lalu bagaimana caranya supaya tampilan game yang saya mainkan menjadi full screen?
    A: Ada cara untuk membuat tampilan game yang Anda mainkan menjadi full screen: Lihat terlebih dahulu resolusi maksimal yang di support oleh game yang Anda mainkan, misalnya 800×600 atau 1024×768, kemudian sesuaikan resolusi laptop Anda (melalui desktop properties) supaya tidak melebihi setting resolusi yang di support oleh game tersebut.

Kini, spAcer bisa mengucapkan selamat tinggal kepada masalah yang muncul saat bermain game online di laptop.  Selamat bermain dengan nyaman spAcer, tapi jangan sampai Anda lupa mengerjakan hal lain ya ;)