Review Acer Iconia Tab A500: The First Real Android Tablet

Acer Iconia Tab A500

Demam Tablet secara resmi melanda Indonesia!! Tahun lalu, memang sudah banyak produk tablet yang beredar, namun dengan sistem operasi Android Froyo yang sebenarnya dirancang untuk smartphone dengan layar berukuran kecil. Nah, kini Acer siap memukau para spAcer dengan menghadirkan Acer Iconia A500, tablet berbasis sistem operasi Android Honeycomb pertama di Indonesia.

Design First

Sentuhan kemewahan desain amat terasa saat menyentuh Acer Iconia A500. Balutan finishing grey metal pada casing Acer Iconia A500 terasa kental dengan aura minimalis modern yang elegan. Hadir dengan layar sentuh berukuran 10,1 incinya yang terang dan tajam. Ukuran layarnya yang lega tersebut amat ideal jika spAcer gemar membaca buku atau browsing Internet. Dengan ukuran 10,1 inci, teks akan dapat ditampilkan dengan ukuran yang nyaman di mata. Bahkan berkat accelerometer, spAcer dapat memilih orientasi layar apakah memanjang atau melebar saat membaca atau berselancar di web.

Resolusi layar dan kontras yang tinggi juga membantu menghadirkan pengalaman multimedia yang lebih baik. Layar sentuh kapasitif Acer Iconia A500, yang juga tahan terhadap goresan, membuat konten multimedia tampil lebih hidup dan mengagumkan.

Bagi yang masih membiasakan diri untuk mengetik dengan layar sentuh, Acer Iconia A500 telah dilengkapi port USB 2.0 yang kompatibel dengan keyboard USB. Tidak perlu driver atau software tambahan, cukup tancapkan saja keyboard USB dan spAcer akan langsung dapat mengetik dengan lancar dan nyaman. Alternatif lain, spAcer dapat menggunakan keyboard wireless berbasis Bluetooth yang tersedia sebagai aksesoris tambahan.

Performance First

Tentunya bukan cuma itu saja kelebihan Acer Iconia A500. Spesifikasi kelas atas telah dimiliki Acer Iconia A500. Kombinasi ciamik antara prosesor Nvidia Tegra 250 Dual-cortex A9 berkecepatan 1GHz, RAM 1GB, dan chip grafis GeForce irit energi, menjamin berbagai aplikasi Android yang berat sekalipun dapat dijalankan dengan mulus dan lancar di Tablet ini.

Memacu mobil di game Need For Speed: Shift, yang diberikan gratis untuk Acer Iconia A500, terasa amat mengasyikkan karena nyaris tidak ada lag yang mengganggu. Menyalip, menikung, dan manuver lain dapat ditampilkan dengan cepat dan baik. Kualitas visual game 3D ini juga telah menyamai kualitas visual konsol game sekelas PlayStation dan Xbox. Ingin lebih mantap lagi? spAcer tinggal menghubungkan Acer Iconia A500 ke TV LCD menggunakan kabel micro HDMI yang dijual terpisah. Tentunya jika spAcer sudah memiliki Acer Stream, dapat menggunakan kabel konektor micro HDMI yang disertakan dalam paket penjualan Acer Stream tersebut. Kami juga merekomendasikan beberapa game keren yang akan optimal berjalan di A500.

Untuk performa audio, Acer Iconia A500 telah dilengkapi dukungan teknologi Dolby Mobile Stereo untuk reproduksi suara yang akurat. spAcer juga dapat mengatur setting equalizer, baik untuk musik dan video. Dengan begitu, suara yang dihasilkan akan sesuai dengan keinginan kita. Saat dicoba memutar film, peran Dolby Mobile Stereo amat terasa untuk mengubah Acer Iconia A500 menjadi layar bioskop pribadi. Untuk pengalaman terbaik, hubungkan  Acer Iconia A500 ke speaker atau headphone yang berkualitas dan rasakan sendiri bedanya.

Acer Iconia A500 ternyata tidak hanya untuk konsumsi konten-konten keren saja, tapi juga untuk berkreasi. Pasalnya, terdapat dua kamera di bagian depan dan belakang. Untuk kamera bagian depan, resolusinya 2 megapixel dan dirancang untuk menunjang kegiatan videocall. Tentunya, spAcer juga bisa menggunakannya untuk foto diri dong… Sedangkan kamera bagian belakang telah memiliki resolusi 5 megapixel, lengkap dengan autofokus dan flash LED. Kamera ini juga cukup tangguh untuk urusan video, karena mampu merekam video HD 720p (1280×720 pixel).

Berikut hasil foto 5 megapixel yang diambil menggunakan Acer Iconia A500. Foto yang ada di sini merupakan hasil aslinya, tanpa proses editing sama sekali.

Kondisi cahaya amat kuat

Kondisi cahaya latar kuat

Kondisi cahaya ideal

Dalam ruangan, cahaya samping

Apps First
Jika pernah membaca review smartphone keluaran Acer, pasti spAcer sudah tahu bahwa Acer selalu memberikan serangkaian aplikasi eksklusif untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Tradisi tersebut juga berlanjut di Acer Iconia  A500. Salah satu aplikasi yang memukau adalah Photo Browser 3D. Koleksi foto spAcer yang tersimpan di A500 dapat ditampilkan dalam bentuk slideshow 3D yang keren. Jika kurang suka dengan efek 3D, spAcer bisa memilih tampilan seperti album foto. Penggunaannya amat mudah, hanya dengan memilih folder foto yang ingin ditampilkan.

Photo Browser 3D: Zoom in

Photo Browser 3D: Album

Penyuka Facebook dan Twitter akan terbantu dengan Social Jogger, aplikasi yang dapat mengakses Facebook dan Twitter sekaligus dan menyajikannya dengan tampilan yang lebih menarik. Sedangkan bagi spAcer yang ingin menggunakan Acer Iconia A500 sebagai alat kerja, dapat memanfaatkan aplikasi Documents To Go Lite yang diberikan gratis di dalam Acer Iconia A500. Docs To Go yang dapat digunakan untuk membuka MS Word, Excel dan PowerPoint.

Selain tiga aplikasi di atas, Acer Iconia A500 masih memiliki beberapa aplikasi eksklusif lainnya seperti Nemo Player, Musica, AUPEO (trial), Acer Sync, dan clear.fi.

Tablet First

Komputer tablet berbasis Android boleh terbilang masih muda, namun pengalaman yang diberikan oleh Acer Iconia A500 amat mengagumkan. Dengan racikan spesifikasi yang tepat guna dan sistem operasi Honeycomb yang khusus dirancang untuk tablet, Acer berhasil menghadirkan pengalaman menggunakan komputer tablet yang memuaskan. Dengan kinerja prosesor yang handal, desain menawan, daya tahan baterai yang mencapai 7 jam, serta paket aplikasi eksklusif yang berguna, Acer Iconia A500 siap menjadi teman teknologi Anda yang canggih dan keren.

Acer Iconia = FUN!!!

Penasaran ingin memegang kendali Acer Iconia A500? Luangkan waktu dari jadwal padatmu untuk mampir ke Acer Iconia Exhibition di Senayan City, LG floor, mulai tanggal 6 – 8 Mei 2011. Dapatkan harga spesial untuk Acer Iconia A500 32GB Rp4,59 juta (harga normal Rp5,090,000) untuk 100 pembeli pertama per hari. Get your real computer tablet first, from Acer!!!

Related Article

457 Responses to Review Acer Iconia Tab A500: The First Real Android Tablet

 

  1. enda bekti says:

    puya saya acer a501 ko kamera automatisnya blur merah tolong solusinya dox makasih

    1. Dr. Acer says:

      Hai Enda, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Agak sulit bagi kami mendiagnosa problem yang terjadi tanpa melihat unit secara langsung. Kami sarankan sebaiknya segera membawa unitnya ke Acer service center terdekat.

  2. fatoni ahmad says:

    dok acer,
    berapa biaya penggantian layar utk a500

    1. Dr. Acer says:

      Fatoni, untuk informasi harga sparepart yang dibutuhkan sebaiknya hubungi Acer Contact Center di nomor telepon 500-155 atau kunjungi salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  3. Vincent_D says:

    Knp layar Ipad acer a500 saya berwarna hitam…hanya terdpt jam, tmpt unlock, baterai, dan program sekitar’a….dan tdk bisa diunlock (diketik)

    1. Dr. Acer says:

      Dear Vincent, mohon maaf kami agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa tablet kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support

    2. Dr. Acer says:

      Dear Vincent,mohon maaf kami agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa tablet kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support :)

  4. John says:

    Dr Acer :
    Tolongin dong, Iconia A501 saya bermasalah layarnya. Sejak beberapa minggu setelah pembelian (awal beli ga ada masalah) layarnya sering hang (tidak ada respon) walaupun aplikasinya tetap jalan. Kalau baru mau dihidupin, saat mau open key-nya, itu ga bisa, harus direset dulu (tombol reset). Kalo bisa masuk, beberapa menit dipake, sering hang lagi. Bisanya ditungguin sebentar jadi, lama2 harus direset lagi, terus malah ga bisa, harus dimatiin lama..
    Tolong pencerahannya

    1. Dr. Acer says:

      John, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa Tablet kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk Tablet kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support

  5. John R says:

    Tolong bantuannya Dr Acer dkk,
    A501 saya punya masalah kendali layar/tab/touch-nya sering hang/tidak respons. Misalkan ngetik tulisan ini aja, pas lagi nulis keyboard tidak response. Apalagi pas lagi main.. sejauh ini ditungguin sebentar trus jadi lagi. Tapi kebanyakan harus tekan power on/off terus masuk lagi, kalo ga bisa terpaksa direset. Kalo baru pertama nyala, resetnya aja serving sampe berkali2.
    Mohon pencerahannya.

    1. Dr. Acer says:

      John, Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa Tablet kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk Tablet kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id> Support

  6. wijaya says:

    berapa lama garansi acer iconia tab a500, tablet saya beli pd 2011 juni, dan td siang tiba2 layarnya menjadi berbayang merah dan resolusinya berkurang/tidak jernih lagi (persis seperti resolusi vga di PC ato laptop, bagaimana servis apakah masih berlaku garansinya, tab sy tdk pernah d rooting,sy sudah lkukan factory reset tp tdk berhasil mgatasi masalah

    1. Dr. Acer says:

      Wijaya, Acer memberikan garansi untuk produk PC Tablet selama 1 tahun terhitung sejak tanggal pembelian. Kamu bisa membawa tablet kamu ke Acer Service Center terdekat untuk pemeriksaan fisik secara langsung.

  7. Bambang Margono says:

    Acer iconia a500 sdh dpt upgrade ics?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Bambang, untuk A500 sudah tersedia dan bisa dicek dengan membuka apps>settings>about tablet>system update

  8. amir hasan says:

    Acer Iconia Tab A110,kapan ya masuk indonesia?apa benar harganya 2 jt an??

    1. Dr. Acer says:

      Amir, Saat ini produk tersebut belum dipasarkan Acer Indonesia, ikuti terus update dari kami yaa.

    2. Dr. Acer says:

      Amir, Saat ini produk tersebut belum dipasarkan Acer Indonesia, ikuti terus update dari kami yaa. :)

  9. tukar tambah dngan acer aspire 4736 bisa gak ya….

    1. Dr. Acer says:

      Kevin, mohon maaf saat ini Acer Indonesia tidak mengadakan program tukar tambah.

    2. Dr. Acer says:

      Kevin, mohon maaf saat ini Acer Indonesia tidak mengadakan program tukar tambah. :)

  10. arya sosman says:

    Dok, saya kesulitan memasukkan no proxy, tolong dok jelasin.

    1. Dr. Acer says:

      Arya, yang kamu maksud memasukkan no proxy pada aplikasi apa?

      1. arya sosman says:

        Dok, komentar gak bs di reply, terpaksa ngulang pertanyaan sy tanggal 26 Juni June 26, 2012 at 2:13 am.
        saya kesulitan memasang froxy, sy menggunakan firefox atau browser bawaan A500.

        1. Dr. Acer says:

          Dear Arya, coba gunakan aplikasi pihak ketiga seperti proxydroid untuk mengaturnya :)

  11. haiqall says:

    dok klo kita mau beli HUB acer iconia a500 ada gx..
    kira2 beli nya di mna ya.

    1. Dr. Acer says:

      Haiqall, untuk ketersediaan sparepart yang kamu butuhkan silakan hubungi salah satu service center Acer yang ada di artikel berikut ini: http://www.acerid.com/2010/07/faq-jaringan-pusat-layanan/ & http://www.acerid.com/2010/08/faq-jaringan-pusat-layanan-acsp/ atau hubungi Acer Contact Center di nomor telepon 500-155

  12. Hardian says:

    Kapn nich up date ICS untuk acer iconia tab a501 kluar???….
    Pdhl untk tablet merk2 yg lainx ud pd kluar nich.
    Kcewa berat nich ama acer.

  13. “Dear Yumant, Iconia A500 dipasarkan dengan harga Rp 3,99juta (16GB) dan Rp 4,79juta (32GB). Dengan kapasitas storage yang berbeda dua kali lipat, perbedaan harganya sekitar Rp 800ribu.”

    ko harga iconia A 500 16gb jauh amat yah dengan yang tertera di global teleshop … Rp‎ 4.990.000 ? apakah ada perbedaan yang mencolok antara A 500 dan A 501? mohon jawabannya segera yah

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adi, perbedaan harga bisa saja terjadi pada tingkat reseller. Untuk perbedaan utama antara A500 dan A501 terletak pada tersedianya perangkat 3G pada A501.

  14. arya says:

    Dimana saya bisa beli casing Acer iconia Tab A500,saya di mataram,karena di kota sy tdk ada yg menjual saya mau beli online aja. mohon informasinya, toko online mana yg bisa dipercaya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arya, untuk kepastian ketersediaan sparepart, silahkan hubungi Acer Contact Center di (kode-area)500-155

  15. Rani kato says:

    mat mlm dr acer, mau nanya sy rencana mau beli tablet acer cuman bingung krn sy pekerja lapangan, jd mau beli A500 ato W500 & yg bagusnya yg 3G ato Wifi. thanx

  16. sinung says:

    apa plus minus nya a500 ?

  17. Eddy says:

    dr acer,mau Tanya nih,acer iconia yang A101 itu berapa harganya ya?minta spec lengkapnya dong..Trus apakah masih banyak di pasaran??kira2 dimana bias membelinya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Eddy, harganya 3,8 jutaan dengan spesifikasi sebagai berikut: Prosesor NVidia Tegra 2 Dual-Core, 7″, SSD 8GB,OS Android Honeycomb 3.2, 3G Capability, HDMI. Kamu bisa menghubungi Acer Center/ Store berikut untuk info ketersediaannya http://www.acerid.com/2011/06/acer-center-acer-store/

  18. Sofyan Amir says:

    Bagaimana caranya supaya bisa jadi dealer acer?
    terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sofyan, kamu bisa menyampaikan pertanyaanmu langsung ke Acer melalui email ke peduli@acer.co.id

  19. yumant says:

    kalau melihat harganya yang 16 gb dengan yang 32 gb kok bedanya jauh ya, harganya terpaut hampir 1 juta

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yumant, Iconia A500 dipasarkan dengan harga Rp 3,99juta (16GB) dan Rp 4,79juta (32GB). Dengan kapasitas storage yang berbeda dua kali lipat, perbedaan harganya sekitar Rp 800ribu.

  20. rudy says:

    A500 diupgrade processor Dan memory ram supaya support win7

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rudy, hal tersebut tidak bisa dilakukan :)

  21. Arie Kashmir says:

    Dr.Acer, kalau A510dan A200 kapan ya masuk Indonesia? Kira2 release pricenya berapa?
    Trus kalau A501 ada GPSnya g?
    Thnx b4

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arie, Iconia A501 dilengkapi GPS. Untuk info produk terbaru, ikuti terus updatenya di channel social media Acer Indonesia ya. Join ke FB page Acer Indonesia atau follow twitter @acerID.

  22. max says:

    dear dr. Acer… tablet acer termurah itu yang mana ya? apakah acer a500 bisa berinternet via koneksi 3g?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Max, mungkin bisa pertimbangkan Acer Iconia A101 yang dipasarkan dengan harga Rp 3.890.000, haga tidak mengikat. Acer Iconia Tab A500 tidak dilengkapi dengan fitur 3G.

  23. Josephine says:

    dear dr. Acer. kamera belakang Iconia A501 saya kok mati yaa (hanya layar hitam saja), pdhl malam sebelumnya msh dapat digunakan untuk memoto secara normal. bila dibawa ke cust. service kira2 saya harus membayar berapa untuk memperbaiki kamera belakang? terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Josephine, sudah coba untuk mematikan, kemudian menghidupkan kembali tablet kamu? Standar biaya service adalah sebesar Rp 165ribu, belum termasuk biaya pembelian sparepart jika diperlukan

  24. Hardian says:

    Mlm dr. Acer.
    Saya mau nanya utk update ics buat acer iconia tab a501 ud klua ap blm y?
    Klu blm, prkiraan kpn kluar nya?
    Thanks.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hardian, saat ini belum ada update ICS untuk Acer Iconia A501. dr.Acer belum bisa memperkirakan kapan update tersebut akan di rilis, ikuti terus FB dan Twitter @acerID untuk update info produk, promo, dan event yang diselenggarakan oleh Acer Indonesia

  25. apa bedanaya acer iconia tab a500 sama acer iconia tab W500-BZ467 ?

    dan untuk acer iconia apakah Ada USBnya ?
    terus masalah harga gi mana ?

    kalu yang acer iconia tab w500-bz467 itu untuk harga berapa?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Reza, dari segi spesifikasi hardware yang diusung dan OS yang digunakan antara A500 dan W500 berbeda. Info lengkapnya bisa kamu lihat di sini: http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/group/tablets
      Iconia A500 dan W500 dilengkapi port USB.

      Harga Iconia A500 adalah Rp 3,99juta (16GB) dan Rp 4,79juta (32GB). Sedangkan untuk W500 dibanderol dengan harga Rp 5.499.000 (32GB).

  26. […] of tablet android honeycomb terbaik murah: acerid.com & berita […]

  27. jipe says:

    Dear Prof. Acer,
    A501 saya sekarang pada kamera belakang 5m itu kalo digunakan untuk foto dan video layarnya merah semua, begitu juga hasil dari fotonya, merah juga.

    Lalu layar merah semua jika saya jalankan game dari gameloft 9mmHD, tetapi kalo menjalankan game lain yang sesama HD (modern combat 3) itu tidak ada masalah.

    Kenapa ya.. rencana mau saya bawa ke service center.. Trims Prof.

    Salam,
    Jipe

    1. Dr. Acer says:

      Dear Jipe, dr. Acer sarankan untuk membawa Iconia-nya ke service center Acer agar teknisi bisa mendiagnosa penyebabnya dan memberikan solusi. Tanpa cek unit dr. Acer kesulitan untuk mengetahui penyebabnya.

  28. martin says:

    Dear Acerid
    saya ingin bertanya “Apakah acer indonesia juga menjual produk Acer-iconia-tab-A100 ? terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Martin, untuk saat ini yang dipasarkan oleh Acer Indonesia adalah Acer Iconia A101

  29. hy dr. acer

    acer iconia A 700 kpn realese nih?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hasian, ikuti terus FB dan twitter @acerID untuk update info produk, promo dan event yang diadakan oleh Acer Indonesia

  30. fendy says:

    dok,knp y acer 501 saya sering hang(layarny brubah ga ke bentuk )sy udh melakukan factory reset Settings tp bbrp hr kemudian kambuh lg,mohon pencerahannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fendy, kamu bisa membawa Iconia-nya ke service center Acer agar bisa dilakukan pengecekan oleh teknisi. Info lokasi service center Acer terdekat bisa kamu temukan di sini: http://www.acerid.com/2010/07/faq-jaringan-pusat-layanan/
      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved