Acer Aspire One 522: Review

Setelah kehadiran Acer Aspire 4253 dengan APU AMD pertama, kini Acer kembali menghadirkan solusi berbasis APU AMD. Produk ini diberi nama Aspire One 522. Kali ini, APU yang digunakan adalah AMD C-50 dan kategorinya adalah netbook. Apa? Netbook? Ya, ini adalah netbook yang dimotori APU AMD. Apa kelebihannya? Mari kita simak ulasan berikut.

 

Apa itu AMD C-50?

Prosesor AMD yang digunakan pada Aspire One 522 adalah salah satu prosesor Fusion pertama dari AMD, C-50. Prosesor Fusion ini ada hasil penggabungan dari prosesor dan VGA. Ya, AMD C-50 adalah gabungan dari sebuah prosesor AMD dual-core dengan sebuah VGA AMD (Radeon HD 6250). AMD menyebut hasil gabungan CPU dan VGA ini sebagai APU (Accelerated Processor Unit).

AMD C-50 adalah APU yang dirancang untuk netbook dan bahkan tablet. APU ini memiliki 2 core yang berkecepatan 1 GHz. Jangan salah sangka. Meski hanya 1 GHz, C-50 ini memiliki sistem kerja seperti prosesor modern. C-50 menggunakan metode eksekusi out-of-order, dimana perintah dapat dikerjakan berdasarkan prioritas dan urutan yang paling tepat untuk memastikan proses berjalan secepat mungkin. Hal ini sangat berbeda dibandingkan Atom yang menggunakan metode in-order, dimana semua perintah akan dikerjakan secara berurutan, tergantung perintah mana yang lebih dahulu diberikan. Dalam kondisi multi-tasking, seharusnya C-50 mampu menawarkan kecepatan yang lebih baik.

 

Aspire One 522: Jagoan Multimedia HD

Hal apa yang dirasakan kurang pada netbook Atom? Yang paling nyata adalah ketidakmampuannya menjalankan video Full HD dengan baik. Beberapa jenis video tidak dapat berjalan dengan mulus pada prosesor Atom, bahkan yang memiliki dual-core (N550) sekalipun. Oleh sebab itu, Acer Aspire One 522 hadir sebagai netbook berkemampuan multimedia tinggi.

Tersedianya port HDMI dan layar dengan resolusi HD (1280×720) adalah indikasinya. Acer Aspire One 522 menjanjikan kemampuan memutar video full HD (1080p) dalam format apapun. Kemampuan grafisnya ini juga menjanjikan beberapa keunggulan apabila Anda menggunakan software yang mampu memanfaatkan sistem grafis untuk meningkatkan kinerja. Sebagai contoh, Windows 7 akan berjalan lebih baik, karena dari sisi tampilannya, Windows 7 sudah dirancang untuk memanfaatkan kemampuan grafis, bukan hanya prosesor.

 

Performa (SYSmark 2007)

Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.

Berdasarkan hasil pengujian ini, prosesor AMD C-50 membantu Acer Aspire One 522 ini memperoleh performa di atas Atom N550 (Dual Core). Tentu saja, AMD C-50 memiliki performa masih di bawah AMD E-350 (Acer Aspire 4253). Berikut adalah perbedaan performa lebih detail (terhadap netbook dengan Atom Dual Core).

Ternyata, meski Atom Dual Core memiliki 2 core dan 4 thread, netbook dengan prosesor ini masih jauh tertinggal dalam segala aspek pengujian, jika dibandingkan dengan AMD C-50.

 

Kemampuan VGA (3DMark 06)

Program tes ini bisa ditemukan online (www.futuremark.com). 3DMark 2006 adalah acuan umum yang universal untuk pengujian VGA. Versi ini adalah yang umum digunakan untuk VGA entry-level.

Hasil yang cukup mengejutkan, bukan? Ternyata, kemampuan VGA pada netbook Aspire One 522 ini mampu mengalahkan Pentium Dual Core P6000 (Intel HD) dan Pentium Dual Core T4500 (4500MHD). Meski masih tertinggal dari “kakaknya”, AMD E-350, APU AMD C-50 pada Aspire One 522 ini jelas memiliki tenaga untuk menjalankan beragam aplikasi multimedia yang berhubungan dengan video. Akan tetapi, dengan nilai yang diperolehnya, game yang bisa dimainkan memang terbatas pada game flash dan game 3D lawas yang ringan. AMD Radeon HD 6250 pada netbook ini memang tidak dirancang untuk memainkan game 3D yang berat.

 

Memutar Video Full HD (1080p)

 

 

Memutar video High Definition (HD) adalah hal yang susah dilakukan netbook. Menjalankan video 1080p (Full HD) adalah hal yang mustahil. Bahkan, beberapa notebook murah pun mengalami kesulitan menjalankan video Full HD. Bagaimana dengan Acer Aspire One 522?

Acer Aspire One 522 tidak mengalami masalah sama sekali dalam menjalankan video Full HD dalam format apapun. Selama player Anda bisa memanfaatkan VGA yang tersedia (DXVA), Anda bisa memutar film apapun yang tersedia di pasaran saat ini tanpa masalah yang berarti.

Jika Anda memiliki bandwidth Internet cukup baik, Acer Aspire One 522 ini bahkan mengizinkan Anda untuk melakukan streaming video Full HD (1080p) melalui Youtube dengan lancar.

 

Pengujian daya tahan baterai dengan Mobilemark 2007

Benchmark Suite ini merupakan perpaduan yang serupa dengan SYSmark 2007. Hanya saja, software ini sudah diatur sedemikian rupa untuk melakukan simulasi pekerjaan sehari-hari secara terus-menerus hingga baterai terkuras habis.

Dari hasil pengujian, ditemukan bahwa Acer Aspire One 522 mampu bertahan hidup hingga 375 menit atau sekitar 6 jam 15 menit. Tidak banyak netbook dan notebook yang mampu bersaing dengannya. Perlu diingat, notebook atau netbook yang mengklaim mampu hidup 4 jam, biasanya hanya bertahan 2,5 – 3 jam pada pengujian ini.

 

Sangat Terjangkau, Bertenaga, dan Murah: Pas untuk Semua

Acer Aspire One 522 ini dijual dengan harga ekstra murah, Rp 2.599.000. Ini membuatnya berada di tengah-tengah rentang harga netbook (2juta s/d 3juta). Beragam kelebihannya membuat Acer Aspire One 522 ini terasa amat murah, bukan? Sangat susah mencari notebook atau netbook baru dengan harga di bawah 3 juta rupiah yang sanggup menjalankan video full HD (1080p) dengan daya tahan baterai 6 jam lebih. Belum lagi, netbook ini memiliki resolusi layar ekstra tinggi. Hanya segelintir netbook yang memiliki layar beresolusi tinggi seperti Acer Aspire One 522 (1280×720).

 

Pelajar dan Mahasiswa akan sangat menghargai harganya yang ekstra terjangkau. Anda bisa mencatat di kelas tanpa takut kehabisan baterai. Sementara itu, performanya pun masih berada di atas Intel Atom terkencang saat ini.

Sebagai PC kedua, Acer Aspire One 522 adalah pilihan yang sangat mantap. Harganya cukup murah, dan Anda tidak akan tersiksa dengan lambannya sistem grafis serta navigasi Windows pun terasa ringan. Anda bisa meninggalkan notebook besar atau PC desktop di rumah atau kantor saja. Andalkan Acer Aspire One 522 untuk presentasi dan saat sedang berinternet ria di Mall atau cafe. Bobot totalnya (dengan charger) yang sangat ringan membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk dibaa-bawa.

Sebagai PC utama, netbook mungkin bukan pilihan yang tepat. Akan tetapi, Acer Aspire One 522 bisa menjadi alternatif terbaik yang sangat terjangkau. Harganya yang murah dan performa di atas netbook membuatnya pantas dipilih, apabila dana Anda terbatas.

 

Image Gallery :

1,375 Responses to Acer Aspire One 522: Review

  1. Dok, sy punya acer AO522 sudah hmpir 3 thn. awalnya baik² aja. Gara² PLN sering matiin lampu, kabel chargernya pernah kbakar saat kontak listrik.
    Sejak itu keyboardnya rusak, & cepat panas, & displaynya juga kedip². Sdh ganti keyboard sudah d instal ulang, tpi gak kyak dulu, ttap sja cpat panas & kursornya kedip². Trus ada bbrapa softwarenya yg hilang. Kaset driver pack ak juga udah gak ada. Tolong solusinya dok.

    By Sartika Reply
    • Dear Sartika, untuk problem tersebut kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan pengecekan untuk dapat mendiagnosa seluruh problemnya lalu diberikan solusi terbaik.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  2. gan graphic saya setelah di install ulang gak kedetect. mohon minta link download graphics drivernya gan

    By baki nasrullah Reply
  3. mau tanya,kenapa speaker acer 522,dibuat mutar audio,bertahan hanya bbrp mnit,lalu hilang suaranya,mhn solusinya,trims.

    By Mutaakhirin Reply
  4. dok mau tanya ni, Ao522 bisa tidak digantikan dengan proseccor yanglebih tinggi,,agar proses kinerjanya berjalan dengan lancar..thks

    By mici Reply
    • Dear Mici, sebagai info, prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade atau diganti. Namun kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM dan HDD nya. :)

      By Dr. Acer Reply
  5. dok saya mau nanya, accer one 522 saya , tidak bisa masuk ke ke bios atau tidak booting . gimana nih dok cara yg tepat nya buat benerin AA1 saya.

    By rifqi abdurrofiq Reply
    • Dear Rifqi, agak sulit memastikan problem tersebut tanpa melakukan pengecekan unitnya secara langsung. Kami sarankan kamu untuk membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat untuk mendapatkan penanganan langsung dari teknisi Acer. Info lokasi Acer service center terdekat dapat kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  6. numpang tanya pak…sy kmrin install ulang win 7 di aspire 522…tp kok resolusion mentok 800×600…kira2 apa yang harus sy lakukan pak…sy sdh install driver vga_amd_8.861_win7x86…terima kasih…

    By accunk Reply
    • Dear Accunk, seharusnya tidak ada masalah jika sudah benar menginstall driver VGA tersebut. Pastikan OS Windows 7 yang kamu install adalah Windows 7 32-bit.

      By Dr. Acer Reply
      • sy install driver sampai sukses(finis) dan ada tambahan program file(ATI TECHOLOGIE),cara setting VGA ngimn pak???sy install win 7 ultimate 32 bit(6.1 build 7600)….thanks

        By accunk Reply
        • Dear Accunk, setting bagaimana yang kamu maksudkan?

          By Dr. Acer Reply
  7. Dok, keyboard AO522 saya eror, setiap kali dinyalakan langsung men-delete, apa penyebabnya?
    jika saya ingin mengganti keyboardnya berapa harganya?
    kemudian bisa tidak data-data yang sudah ter-delete di angkat lagi?
    Terimakasih

    By Dahlia Reply
    • Hai Dahlia, kemungkinan ada problem pada keyboard Acer Aspire One 522 kamu. Apabila kamu ingin pertimbangkan melakukan penggantian keyboard laptop AO522, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel).
      Untuk data-data yang sudah terdelete, kamu bisa coba cek recycle bin nya, apabila data-data yang terdelete masih ada di recycle bin tersebut kamu masih bisa mengembalikan data-data tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  8. Dr. Acer. menanggapi jawaban dari Dr kmrn soal notebook acerku yang mati. diagnosa dari acer centernya kemungkinan dari motherboardnya (prediksinya).
    Adakah sparepart nya dijual bebas atau memang harus lewat acer center memperbaikinya

    By muhammad nurfajri Reply
    • Hai Muhammad, kami sarankan pembeliannya di Acer service center agar dapat ditangani dengan benar. Untuk informasi harga dan ketersediaannya silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja.

      By Dr. Acer Reply
  9. dok, klo acer 522 mendadak mati total, udah di check batere g masalah, charger g masalah. saat dicharger lampu indikatonya tidak ada yang menyala. itu penyebabnya apa ya dok? solusinya gimana?
    trmksh

    By fajri Reply
    • Dear Fajri, agak sulit mendiagnosa problem yang terjadi tanpa melihat unit secara langsung. Kami menyarankan untuk segera membawa unit ke Acer service center terdekat untuk melakukan pengecekan fisik secara langsung.

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Fajri, agak sulit mendiagnosa problem yang terjadi tanpa melihat unit secara langsung. Kami menyarankan untuk segera membawa unit ke Acer service center terdekat untuk melakukan pengecekan fisik secara langsung. :)

      By Dr. Acer Reply
  10. dr kalo ao522 nya bisa ga menambah resolusi nya?
    paling tida jadi 1200×768
    soal nya saya pake windows 8

    By prima nugraha Reply
    • Dear Prima, untuk menambah resolusi optimal syaratnya adalah menginstall driver VGA yang tepat, namun untuk tipe AO722 tidak tersedia driver OS Windows 8 sehingga tidak memungkinkan mendapat resolusi optimal.

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Prima, untuk menambah resolusi optimal syaratnya adalah menginstall driver VGA yang tepat, namun untuk tipe AO722 tidak tersedia driver OS Windows 8 sehingga tidak memungkinkan mendapat resolusi optimal :)

      By Dr. Acer Reply
  11. GIMANA CARA merekovery,supaya data yang hilang bisa kembali ada?

    By sutarja Reply
    • Dear Sutarja, Mohon maaf, kami tidak memiliki informasi mengenai data recovery seperti yang kamu maksudkan. Kamu bisa coba mencari informasi yang kamu butuhkan di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi :)

      By Dr. Acer Reply
      • mau nnya itu notebook acer aspire one yang udah AMD dualcore bisa buat mainan game online ap ngga ?

        By deni arya Reply
        • Dear Deni, untuk menginstall game online tersebut kamu juga perlu memperhatikan spek yang dibutuhkan game dengan spek yang dimiliki laptop tersebut. :)

          By Dr. Acer Reply
  12. bisa ga kalau di upgrade ram ke 4 gb ?
    kalo ga bisa emng kenapa?

    By prima nugraha Reply
    • Dear Prima, AO522 hanya memiliki 1 buah slot RAM dan kapasitas maksimal yang dapat dipasang adalah 2GB DDR3 :)

      By Dr. Acer Reply
  13. dok dimana saya bisa purchase produk ini khusus di bandung ? apa masih ada ?

    By Reyki Reyvalda Reply
    • Hai, Reyki. Saat ini Aspire One 522 sudah tidak dipasarkan oleh Acer Indonesia.

      By Dr. Acer Reply
  14. dr acer, kenapa ya sejak hari ini tiba2 batre ao522 saya drop dari sebelumnya 100% ke 6% saja dan not charging? padahal sebelumnya normal. pemakaian sudah sekitar 2 tahun. apakah batre benar harus diganti? berpa harganya? atau adakah solusi lain?

    By rahman Reply
    • Dear Rahman, Daya tahan baterai pasti berkurang seiring dengan pemakaian, hal tersebut sangat wajar terjadi. Kami sarankan untuk memeriksakan terlebih dahulu unit kamu ke Acer Service Center. Untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja :)

      By Dr. Acer Reply
  15. dok…. saya mahasiswa teknik sipil yang membutuhkan notebook yang bisa autocad dll.
    kisaran budget saya dibawah 3 juta.
    kira2 notebook apa ya yang cocok utk saya?
    thx

    By sarah Reply
    • Sarah, kami tidak memiliki rekomendasi yang tepat untuk budget dan kebutuhan notebook seperti itu. Namun jika kamu bisa menabung sedikit lagi, kamu bisa pertimbangkan Aspire E1-422 yang dipasarkan seharga Rp. 4 jutaan.

      By Dr. Acer Reply
  16. dok, saya mau upgrade RAM ao522 saya kira” lebih baik jadi 2gb ato 4gb y? karna saya sempet baca” katanya utk OS 32bit ram yg kebaca cuma 2gb’an aja, apa benar bgitu?

    By faisal Reply
    • Dear Faisal, Aspire One 522 maksimal kapasitas RAM hanya 2GB DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  17. Halo dok. saya punya AO522, udah pernah ganti LCD tapi bukan di service center krn alasan waktu yg mendesak. Tapi skrg lagi2 sepertinya netbook saya kena problem yg sama. Apakah di service center masih tersedia LCD utk AO522?

    By Mukti Mulyana Reply
    • Mukti, untuk informasi ketersediaan sparepart seperti itu sebaiknya hubungi langsung salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply
  18. Dok saya mau nanya,

    Saya menggunakan netbook ao522 ini sudah 2 tahun lebih. Nah sekarang ini baru hidupkan n browsing sebentar langsung cepat panas nih.

    Apa penyebabnya ya?

    Saya pernah baca biasanya penyebab panas karena kotoran dan debu yang tidak dibersihkan di saringan ataupun pendingin netbooknya. Benar ga begitu?

    By Mayuyu Reply
    • Mayuyu, salah satu penyebab dari kendala tersebut memang biasanya karena adanya kotorandebu pada pendingin, untuk memastikan dan solusi penanganannya kami sarankan bawa ke service center Acer terdekat :)

      By Dr. Acer Reply
  19. Dok saya mau nanya,

    Saya sedang mencari Notebook tapi speknya seperti Laptop. Mampu multitasking, mampu membuka video kualitas 1080 HD, prosesnya cepat dan baterainya mampu tahan hingga 8 jam lebih.

    Harga yang diinginkan dibawah 3 jutaaan.

    Boleh minta rekomendasi notebook apa yang cocok ataupun mendekati keinginan saya?

    By Marwan Reply
    • Dear Marwan, mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe berikut:
      Aspire One 756:
      Intel® 847 processor (1.1 GHz)
      Linpus
      11.6″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
      2GB DDR3
      320GB
      Intel HD Graphics
      Rp. 2,899,000

      By Dr. Acer Reply
      • Dok saya cek di postingan ini http://www.acerid.com/2012/10/acer-aspire-one-756-mini-laptop-dengan-dual-core-prosesor/

        Untuk Acer Aspire 756 spesifikasinya HDD 500gb dan Ram 4gb.

        Kok beda dengan penjelasan anda?

        By Marwan Reply
        • Marwan, Aspire One 756 dipasarkan dengan beberapa spesifikasi yang berbeda. Saat ini varian dengan spesifikasi HDD 500GB dan RAM 4GB sudah tidak dipasarkan lagi oleh Acer Indonesia.

          By Dr. Acer Reply
          • Sebelumnya saya mempunya Acer AO522, bila dibandingkan dengan Acer AO756 spek yang sekarang ini.

            Apa yang menunjukkan keunggulan A0756 dibandingkan AO522?

            AO756 mampu menjalankan video kualitas 1080HD gak?

            By Marwan
          • Hai Marwan, berikut spesifikasi dan harga AO756:
            Intel® 847 processor (1.1 GHz)
            Genuine Windows 8
            11.6″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
            2GB DDR3
            320GB
            Intel HD Graphics
            Rp. 3,399,000
            AO756 selain bisa menjalankan video kualiatas HD, juga bisa memainkan game PES2013.

            By Dr. Acer
  20. Dok mau tanya bagaimana cara mengganti Win7 32bit ke 64bit untuk Netbook AO522 ini?

    Kalo bisa diganti bakal ada problem ga?

    By Lexus Reply
    • Lexus, Kamu bisa lakukan instalasi ulang OS menggunakan CD/DVDROM Eksternal, atau bisa juga menggunakan Flashdisk. Untuk produk Netbook atau produk dengan RAM dibawah 4GB, kami sarankan untuk menggunakan OS 32bit :)

      By Dr. Acer Reply
  21. Dok mau nanya, saya baca komentar AO522 dibawah bahwa anda mengatakan maksimum upgrade ram hingga 2gb. Tapi saya baca dibelakang anda juga mengatakan bahwa maksimal sampai 4gb.

    Jadi maksimum upgrade RAM 2gb atau 4gb?

    Jadi AO522 hanya mempunya 1 slot Ram ya? jadi ga bisa dijadikan 2x1gb gitu?

    Terima Kasih ya.

    By Andi Reply
    • Andi, Informasi yang diberikan oleh vendor, AO522 hanya support untuk RAM hingga 2GB. Tetapi ada beberapa user yang memberikan testimoni berhasil mengupgrade RAM pada laptopnya hingga 4GB. Benar, hanya tersedia 1 buah slot RAM pada AO522 :)

      By Dr. Acer Reply
  22. Dok AO522 Ane mau upgrade RAM jadi 2gb nih.
    Bagusnya menggunakan single channel atau dual channel ya?

    Ada rekomendasi mungkin merk atau lainnya yang benar2 cocok untuk AO522?

    Terima Kasih n ditunggu jawabannya.

    By Mariko Reply
    • Mariko, AO522 support untuk RAM hingga 2 GB DDR 3 Single-Channel. Kamu bisa gunakan RAM dari vendor yang sesuai dengan preferensi kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  23. dok acer ao522 ini bisa dirubah resolusinya jadi 1280×768 atau munculin resolusi 1024×768 ga? mau nyoba windows 8 nih

    By Bima Reply
    • Bima, Tidak bisa. Resolusi maksimal untuk AO522 adalah 1280×720

      By Dr. Acer Reply
  24. Kalau buat main game seperti PES 2013 atau 2014 bisa ngga?

    By Muhammad Luthfi Reply
    • Luthfi, untuk Aspire One 522 tidak disarankan menjalankan aplikasi yang kebutuhan grafisnya tinggi :)

      By Dr. Acer Reply
  25. mantap nih kayanya,harganya murah :D jd beli lah kyanya

    By Nami Chan Reply
    • Nami, mohon maaf tipe AO522 sudah lama tidak dipasarkan, kamu bisa pertimbangkan penggantinya yaitu AO725 dengan kisaran harga 2,699,000, spesifikasinya adalah:
      AMD Dual-Core Processor C-70 (1 GHz), OS Linpus, 11.6″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD, 2GB DDR3, 320GB, AMD Radeon™ HD 7290, HDMI Port, WiFi Link 802.11b/g/n, Acer Crystal Eye webcam, 5-in-1 (SD Card; MMC, MS, MS PRO, xD), Two built-in Stereo Speakers :)

      By Dr. Acer Reply
  26. dok saya pake acer aspire 522. kalo mau upgrade ram maksimum sampe brp ya? trims.

    By agung Reply
    • Agung, AO522 support untuk RAM hingga 2GB :)

      By Dr. Acer Reply
  27. Dok klo lapptop mati total kena air apa masi bisa d servis,? pas barubaru kipas’a masi muter,,pas d coba lg gak ada yg gerak,,cuma led aja yg nyala,,

    By sach Reply
    • Sach, untuk mengetahui secara pasti hal tersebut dibutuhkan pemeriksaan langsung. Silakan kunjungi langsung salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.