Membuat Video dengan Mudah dengan Windows Movie Maker

Anda sudah menggunakan Windows Live Essentials 2011, bukan? Nah, kali ini kami akan menunjukkan pada Anda bagaimana cara menggunakan Movie Maker, yang merupakan bagian dari paket software tersebut. Movie Maker adalah software untuk menggabungkan dan mengedit video yang sangat mudah penggunaannya.

Dalam contoh di bawah, kami menggunakan beberapa video dari perjalanan liburan ke Bali. Video-video ini adalah hasil rekaman dari sebuah kamera saku yang sudah di-copy ke dalam komputer.

Pilih video-video yang hendak Anda gabungkan dan ‘drag’ ke dalam Movie Maker. Anda bisa mengatur urutan video dengan menggunakan cursor (panah), mudah bukan?

Setelah urutan video diperoleh, cara paling cepat untuk memadukannya adalah dengan menggunakan fungsi  ‘AutoMovie themes’. Piliha saja theme mana yang disukai dan Movie Maker akan langsung memutar preview hasilnya. Jika sudah cocok, klik pada theme yang disukai.

Apabila Anda belum memasukkan audio, Movie Maker akan meminta Anda memasukkan audio.

Bisa dilihat, kini audio (track hijau) sudah dipadukan dalam video Anda.

Sekarang, Anda bisa mengganti judul video dengan mengklik pada tampilan judul. Catatan: Anda juga bisa mengganti tampilan pada akhir video (director, dll) dengan mengisikan nama-nama sesuka Anda. Dan, selesailah proses singkat menggabungkan video-video perjalanan Anda.

Facebook

Anda bisa langsung meng-upload video yang sudah dirangkum ke facebook dengan mengklik icon Facebook di sebelah atas.

Anda akan diminta untuk memilih ukuran video yang diinginkan.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk login ke Windows Live (jika belum login). Setelah itu, Anda akan dibawa ke menu Facebook untuk secara otomatis meng-upload video yang baru dibuat.

Saving

Anda bisa menyimpan project video Anda dalam bentuk file Movie Maker (pastikan semua file “mentah” masih ada).

Jika ingin membagi atau menyimpan dalam bentuk yang mudah dibaca beragam player, Anda bisa memilih ‘save movie’. Anda akan diberikan pilihan beragam format yang umum digunakan.

Nah, ternyata mengedit video bisa sangat mudah jika Anda menggunakan Windows Movie Maker dari Windows Live Essential 2011, bukan? Ingat, software ini gratis seumur hidup untuk pengguna Windows 7. Jadi, saat Anda memilih notebook Acer yang tepat, pastikan bahwa notebook tersebut sudah dilengkapi Windows 7 agar Anda bisa memperoleh beragam software yang sangat berguna seperti Movie Maker ini.

Jan 07 2011

on Tech News

115 Responses to Membuat Video dengan Mudah dengan Windows Movie Maker

  1. Dear Doctor
    saya sudah mencoba membuat kumpulan gambar dan musik, tetapi ketika saya save menjadi file WMV atau MP4 hanya keluar musik saja, untuk gambarnya tidak muncul, hanya warna hitam. Player yang saya gunakan K-Lite Codec (media player classic), GOM, dan Windows Media Player.

    By misbach Reply
    • Dear Misbach, kamu bisa coba memutarnya terlebih dahulu menggunakan aplikasi VLC Video Player. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. pak, saya mencoba buat video dari kumpulan foto-foto, tapi masalahnya, ketika diputar, malah hitam walau suaranya keluar.. solusinya apa ya?

    By Sofie Aurelia R Reply
    • Dear Sofie, problem tersebut biasanya disebabkan aplikasi Windows Media Player tidak men-support file video foto yang kamu buat (contoh: .FLV atau .3GP). Perlu diketahui standard file video lagu yang didukung aplikasi Windows Media Player memang terbatas.
      Kamu bisa coba download dan install K-Lite Mega Codec atau gunakan aplikasi video player lainnya yang sudah men-support banyak format video.

      By Dr. Acer Reply
  3. Dok,
    aku udah edit beberapa foto utk dijadikan video giliran mau disimpan gax bisa, selalu ada tulisannya :
    windows movie maker cannot save the movie to the spesific location. verivy the original source files used in your movie are still available, that the saving ……..
    gimana pak solusinya biar bisa di simpan udah dicoba browser ke penyimpanan lain tetap saja tidak bisa, udh browsing dan ikutin segala cara masih tetap gak bisa, apa yang salah dok, mohon bantuannya,

    By Ana Reply
    • Dear Ana, kemungkinan HDD internal laptopmu sudah penuh. Kamu bisa coba simpan pada eksternal drive seperti flashdisk atau HDD eksternal.

      By Dr. Acer Reply
  4. sore,, dok,, aplikasi ini bsa tidak untuk notebook acer aspire one windows 7? trima kasih dok,, di tunggu jawabannya..

    By fajar Reply
    • Dear Fajar, tentu bisa dong. Aplikasi Movie Maker ini sudah tersedia apabila laptop kamu menggunakan OS Windows.

      By Dr. Acer Reply
  5. Ok, thanks

    By Jasa Desain Logo Murah Reply
  6. dok film nya gak bisa disimpan, wmv gitu aja, dan gak bsa diputar, mohon bantuan, trimakasih

    By ranti agustia Reply
    • Hai Ranti, kamu bisa coba menggunakan aplikasi pemutar video lainnya dan lihat apakah file film dapat berfungsi dengan normal atau tidak.

      By Dr. Acer Reply
  7. kalau boleh tau link buat download aplikasinya apa ?

    By indah Reply
  8. mengedit format video juga bisa menggunakan Format Factory

    By Endah Reply
  9. dok mau tanya nih, video saya udh MPG tapi di movie makernya kok cuma keluar suaranya doang, gambar vidieonya gak keluar cuma hitam doang, mohon pencerahannya dok

    By Erditya Reply
    • Dear Erditya, kemungkinan format MPG video tersebut tidak kompatibel dengan Movie maker. Kamu bisa coba men-convert videonya terlebih dahulu ke format WMV. :)

      By Dr. Acer Reply
  10. pak
    kok punya saya kalo di save gax bisa ada tulisannya
    windows movie maker cannot save the movie to the spesific location. verivy the original source files used in your movie are still available, that the saving ……..
    gimana pak solusinya biar bisa di simpan

    By rizki fajar sidik Reply
    • Dear Rizki, mungkin kamu bisa coba untuk menyimpan filenya di lokasi atau drive lain. :)

      By Dr. Acer Reply
  11. saya mau nanya, kalo mau nyimpan videonya k dalam bentuk MP4, caranya gimana?
    terimakasih

    By ratna Reply
    • Dear Ratna, kamu bisa menggunakan aplikasi video converter untuk mengubah format filenya menjadi MP4. :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.