Memilih Notebook: Dengan Windows7 atau Non-OS?

Notebook tanpa Windows7 tentunya lebih murah. Pada beberapa seri di kelas menengah ke bawah, Acer pun menawarkan solusi notebook-nya yang tidak dilengkapi OS buatan Microsoft ini dengan harga yang lebih terjangkau. Apakah harga yang lebih murah ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan notebook yang sudah dilengkapi Windows7?

Perbedaan: Terkadang, Tidak hanya OS

Cermati sekali lagi, apa saja perbedaan yang dapat Anda temukan antara dua varian notebook, antara yang dilengkapi Windows7 dengan yang non-OS. Terkadang, selain tidak tersedianya Windows7, terdapat beberapa perbedaan spesifikasi seperti:

  • Memori (RAM)
  • Bluetooth

Perbedaan harga antara notebook dengan Windows7 dan non-OS terkadang tidak cukup signifikan, sehingga harus ada pembedaan spesifikasi lainnya agar notebook versi non-OS menjadi lebih jauh lebih murah. Hal ini biasanya terjadi di versi entry-level.

Perbedaan memori adalah yang paling kentara. Notebook non-OS kelas ekonomis biasanya hanya dilengkapi dengan RAM 1 GB. Sementara, versi yang dilengkapi Windows7 menggunakan 2 GB. Pada seri kelas menengah, umumnya kedua varian sama-sama menggunakan 2 GB.

Bluetooth juga merupakan salah satu yang sering “dipangkas”. Banyak orang akan mengatakan,”Saya tidak butuh Bluetooth, jadi tidak ada masalah.” Masalahnya, modul Bluetooth internal bukan sesuatu yang bisa dipasang setelah pembelian notebook. Apabila nantinya Anda merasa butuh, Anda terpaksa harus merelakan salah satu port USB pada notebook.

Windows7 Original: Memiliki nilai lebih dari sekadar OS

Banyak orang yang berpikir,”Ah, saya pakai Windows XP lama saya saja.” Atau bahkan ada yang berpikir untuk membeli notebook non-OS dan menggunakan bajakan. Sejujurnya, penulis pun sempat mempertanyakan hal ini dan mempertimbangkan opsi tersebut. Setelah melalui berbagai pemikiran, akhirnya disimpulkan bahwa kedua pilihan tersebut menjadi kurang masuk di akal. Setidaknya, untuk sebagian besar pengguna komputer. Mengapa demikian?

  1. Dukungan
    Windows7 akan didukung dalam jangka waktu yang masih sangat lama. Baik dari sisi driver, masalah-masalah keamanan yang mungkin timbul, hingga peningkatan fitur dan kemampuan, masih akan bertambah dan membaik dalam beberapa tahun ke depan.
  2. Kenyamanan Pakai
    Performa yang lebih tinggi dan optimalisasi terhadap hardware membuat Windows7 lebih nyaman digunakan. Anda menggunakan prosesor dengan 2 core atau lebih? Windows7 akan mampu menampilkan performa multi-core sesungguhnya. Selain itu, Windows7 original, tentu saja jauh lebih nyaman digunakan ketimbang versi bajakan. Update Windows berjalan lancar dan Anda tidak perlu memikirkan trik apa lagi yang harus digunakan untuk menjaga Windows bajakan bisa tetap “hidup” di notebook Anda.
  3. Beragam software tambahan yang GRATIS
    Windows Live Essential 2011 dan Microsoft Security Essential dapat diperoleh secara gratis. Keduanya memiliki nilai tinggi dan tersedia untuk setiap pengguna Windows7 original.

Microsoft Security Essential

Ini adalah antivirus gratis yang dikembangkan oleh Microsoft sendiri. Keunggulannya? Selain aman dari berbagai virus, antivirus ini juga tergolong salah satu yang paling ringan. Sistem Anda tidak akan terasa berat saat menggunakannya. Selain itu, antivirus ini tidak memiliki masa kadaluarsa. Jadi, akan gratis selamanya. Anda tidak perlu memperpanjang lisensi setiap tahun.

Windows Live Essential 2011

Paket program ini adalah sebuah kejutan manis dari Microsoft. Jika sebelumnya, kita sudah mengenal MSN messenger, sekarang Windows Live Essential 2011 juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur baru. Beberapa di antaranya adalah:

  • Photo Gallery
  • Movie maker: Anda bisa mengedit video rekaman Anda dengan software ini
  • Windows Live Mesh: Mensinkronisasi dokumen pada beragam perangkat berbeda
  • Writer: Interface blogging yang sederhana dan mudah digunakan
  • Family Safety: Memonitor dan mengatur penggunaan Internet oleh anak-anak Anda

Pilihan Lain

Membeli Windows7 original secara terpisah bisa menjadi opsi lain. Akan tetapi, Anda kehilangan kenyamanan proses instalasi dari Windows7 yang sudah di pre-install dalam notebook. Dengan notebook yang dilenbgkapi Windows7, Anda cukup menghidupkan notebook dan OS akan terinstalasi secara otomatis, lengkap dengan semua drivernya.

Menggunakan WindowsXP membuat Anda kehilangan banyak fitur khusus Windows7. Ini meliputi performa, optimalisasi, kompatibilitas ke depannya, dan beberapa sofwatre esensial yang gratis.

Menggunakan Windows bajakan? Wah, yang ini tidak bisa disarankan. Penggunaannya repot. Keamanannya tidak terjamin. Anda kehilangan beberapa software yang gratis untuk pengguna Windows7 original. Selain itu, perlukah kami ingatkan bahwa membajak itu sama dengan mencuri?

Mari Menimbang Ulang: Dengan Windows7 atau tanpa OS?

Dengan perbedaan harga sekitar Rp 750.000 – Rp 800.000, notebook Acer dengan Windows7 menawarkan spesifikasi lebih baik, Windows7 original, dan beragam bonus yang diperoleh dari Windows7 original. Dari sisi harga, selisih antara kedua varian ini hanya terpaut harga sesuai harga OS saja. Akan tetapi, perbedaan spesifikasi membuatnya kian jauh berbeda. Selain itu, keuntungan dari Windows7 original pre-install dari Acer sendiri, sudah jelas lebih nyaman penggunaannya.

Saran kami, kecuali Anda atau instansi Anda memiliki OS sendiri, membutuhkan OS khusus untuk kebutuhan tertentu, atau memiliki cara lain yang lebih ekonomis untuk memperoleh Windows7 (mungkin melalui program diskon khusus), notebook dengan Windows7 pre-install adalah pilihan terbaik.

Dec 08 2010

on Tech News

246 Responses to Memilih Notebook: Dengan Windows7 atau Non-OS?

  1. ciri” wind7 yang ori gimana sih??
    nih ada tulisan genuin tuh ori kan??
    tpi kta blog2 laen : ” hanya tulisan,, itu jg bisa di rekyasa”

    nanya laen topik nih..
    kok klo saya mncet kyboard lbih dari 2 tombol gak respond ya?? kata tmen’ku ini systemnya error,, benarkah dok??

    By Gandi Reply
    • Dear Gandi, untuk mengetahui keaslian OS WIndows 7, bisa dengan cara mendownload aplikasi microsoft genuine advantage diagnostic tool, kemudian jalankan program tersebut, Windows 7 asli validation status-nya adalah genuine, sebaliknya tidak ada tulisan genuine berarti tidak asli/original. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. dok mw tanya,,,,acer arpire happy n570 ada bloetoothnya gak ya,mohon pencerahan

    By yudha Reply
    • Yudha, Fitur Bluetooth hanya terdapat pada AOHappy dengan pilihan pembelian sudah bundle OS Windows 7 + Android InstantOn :)

      By Dr. Acer Reply
  3. Dok, mau nanya ne.
    Saya punya laptop acer 4750, software bluetooth suite-nya ada, tapi saat diklik, bluetooth-nya g muncul. termasuk kalau saya klik fn+f3.
    gmana tuh dok? Apa memang di laptop saya g ada bluetoot-nya

    By Arief Setiadi Reply
    • Arief, disarankan untuk mencoba install ulang driver Wifi tersebut lalu restart, namun Jika masih terjadi masalah, kami sarankan untuk dibawa ke Acer Service Center terdekat untuk diagnosa lebih lanjut dan solusi yang tepat dari tim teknisi kami, info lokasi bisa kamu lihat di bagian bawah tautan http://acerid.com> Acer Service Center. :)

      By Dr. Acer Reply
  4. dok saya punya ao 756,kenapa baru pertama menghidupkn tmpilan yg keluar “windows activation”
    mohon bantuannya

    By rohman Reply
    • Rohman, Untuk produk yang sudah bundle dengan OS Windows sejak pembelian, kamu bisa masukkan product key yang terletak dibagian bawah laptop :)

      By Dr. Acer Reply
  5. mau nanya dok..
    saya punya komputer PC M3980 windows 7, tapi settingannya selalu kembali seperti semula setiap habis restart. itu juga terjadi untuk microsoft office 2007 semua penngaturannya selalu kembali kesemula setiap selesai restart. dok
    makasih sebelumnya…

    By asriadi Reply
    • Asriadi, hal ini biasanya terjadi jika kamu menggunakan program semacam deep freeze yang akan mengembalikan keadaan sistem ke sediakala setiap komputer di matikan. Coba install ulang program seperti itu, atau jika tidak ada aplikasi tersebut, coba install ulang windows 7 pada komputermu.

      By Dr. Acer Reply
  6. doc… ak punya mslh pd netbook acer aspire one 725,saat ak me retore menggunakan eRecovery klik reInstal drivers App kok muncul pesan “Driver and apllication are missing. backup aborted” gara2nya laptop ak kena virus dan mau sy instal ulang
    trims

    By dedie erwins Reply
    • Dedie, kemungkinan terjadi kerusakan pada hidden partisi di laptop kamu. Hidden partisi tersebut diperlukan pada saat dilakukan System Recovery. Kamu bisa kunjungi Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mengembalikan hidden partisi pada laptop kamu, sekaligus melakukan system recovery :)

      By Dr. Acer Reply
  7. DR. acer,,, berobat lagi ni…. keluhan saya: Si “gigibiru”….
    begini,, bluetooth di laptop saya (as 4755g) tidak respon dlm menerima padahaln sudah dalam posisi on ,,,sedangkan klo ngirim file dr laptop ke ponsel bisa,,,
    mohon pengobatan nya,,,,,,

    By Iskandar Zulkarnain Reply
    • Hai Iskandar, kami sarankan untuk mencoba menggunakan perangkat lain, jika masih bermasalah instal ulang driver dapat dicoba dilakukan :)

      By Dr. Acer Reply
  8. Dr. acer ..
    mau nanya nih . setelah install windows xp
    kok Vga Intel(r) HD Graphics family nya gak terinstal …?

    Sudah download manual dan install manual …
    saat reboot .. langsung blank page ..
    tidak ada tanda kehidupan ..

    Mohon Solusinya

    By Anggi Saputra Reply

Submit Comment

  1.