Memilih Notebook: Dengan Windows7 atau Non-OS?

Notebook tanpa Windows7 tentunya lebih murah. Pada beberapa seri di kelas menengah ke bawah, Acer pun menawarkan solusi notebook-nya yang tidak dilengkapi OS buatan Microsoft ini dengan harga yang lebih terjangkau. Apakah harga yang lebih murah ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan notebook yang sudah dilengkapi Windows7?

Perbedaan: Terkadang, Tidak hanya OS

Cermati sekali lagi, apa saja perbedaan yang dapat Anda temukan antara dua varian notebook, antara yang dilengkapi Windows7 dengan yang non-OS. Terkadang, selain tidak tersedianya Windows7, terdapat beberapa perbedaan spesifikasi seperti:

  • Memori (RAM)
  • Bluetooth

Perbedaan harga antara notebook dengan Windows7 dan non-OS terkadang tidak cukup signifikan, sehingga harus ada pembedaan spesifikasi lainnya agar notebook versi non-OS menjadi lebih jauh lebih murah. Hal ini biasanya terjadi di versi entry-level.

Perbedaan memori adalah yang paling kentara. Notebook non-OS kelas ekonomis biasanya hanya dilengkapi dengan RAM 1 GB. Sementara, versi yang dilengkapi Windows7 menggunakan 2 GB. Pada seri kelas menengah, umumnya kedua varian sama-sama menggunakan 2 GB.

Bluetooth juga merupakan salah satu yang sering “dipangkas”. Banyak orang akan mengatakan,”Saya tidak butuh Bluetooth, jadi tidak ada masalah.” Masalahnya, modul Bluetooth internal bukan sesuatu yang bisa dipasang setelah pembelian notebook. Apabila nantinya Anda merasa butuh, Anda terpaksa harus merelakan salah satu port USB pada notebook.

Windows7 Original: Memiliki nilai lebih dari sekadar OS

Banyak orang yang berpikir,”Ah, saya pakai Windows XP lama saya saja.” Atau bahkan ada yang berpikir untuk membeli notebook non-OS dan menggunakan bajakan. Sejujurnya, penulis pun sempat mempertanyakan hal ini dan mempertimbangkan opsi tersebut. Setelah melalui berbagai pemikiran, akhirnya disimpulkan bahwa kedua pilihan tersebut menjadi kurang masuk di akal. Setidaknya, untuk sebagian besar pengguna komputer. Mengapa demikian?

  1. Dukungan
    Windows7 akan didukung dalam jangka waktu yang masih sangat lama. Baik dari sisi driver, masalah-masalah keamanan yang mungkin timbul, hingga peningkatan fitur dan kemampuan, masih akan bertambah dan membaik dalam beberapa tahun ke depan.
  2. Kenyamanan Pakai
    Performa yang lebih tinggi dan optimalisasi terhadap hardware membuat Windows7 lebih nyaman digunakan. Anda menggunakan prosesor dengan 2 core atau lebih? Windows7 akan mampu menampilkan performa multi-core sesungguhnya. Selain itu, Windows7 original, tentu saja jauh lebih nyaman digunakan ketimbang versi bajakan. Update Windows berjalan lancar dan Anda tidak perlu memikirkan trik apa lagi yang harus digunakan untuk menjaga Windows bajakan bisa tetap “hidup” di notebook Anda.
  3. Beragam software tambahan yang GRATIS
    Windows Live Essential 2011 dan Microsoft Security Essential dapat diperoleh secara gratis. Keduanya memiliki nilai tinggi dan tersedia untuk setiap pengguna Windows7 original.

Microsoft Security Essential

Ini adalah antivirus gratis yang dikembangkan oleh Microsoft sendiri. Keunggulannya? Selain aman dari berbagai virus, antivirus ini juga tergolong salah satu yang paling ringan. Sistem Anda tidak akan terasa berat saat menggunakannya. Selain itu, antivirus ini tidak memiliki masa kadaluarsa. Jadi, akan gratis selamanya. Anda tidak perlu memperpanjang lisensi setiap tahun.

Windows Live Essential 2011

Paket program ini adalah sebuah kejutan manis dari Microsoft. Jika sebelumnya, kita sudah mengenal MSN messenger, sekarang Windows Live Essential 2011 juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur baru. Beberapa di antaranya adalah:

  • Photo Gallery
  • Movie maker: Anda bisa mengedit video rekaman Anda dengan software ini
  • Windows Live Mesh: Mensinkronisasi dokumen pada beragam perangkat berbeda
  • Writer: Interface blogging yang sederhana dan mudah digunakan
  • Family Safety: Memonitor dan mengatur penggunaan Internet oleh anak-anak Anda

Pilihan Lain

Membeli Windows7 original secara terpisah bisa menjadi opsi lain. Akan tetapi, Anda kehilangan kenyamanan proses instalasi dari Windows7 yang sudah di pre-install dalam notebook. Dengan notebook yang dilenbgkapi Windows7, Anda cukup menghidupkan notebook dan OS akan terinstalasi secara otomatis, lengkap dengan semua drivernya.

Menggunakan WindowsXP membuat Anda kehilangan banyak fitur khusus Windows7. Ini meliputi performa, optimalisasi, kompatibilitas ke depannya, dan beberapa sofwatre esensial yang gratis.

Menggunakan Windows bajakan? Wah, yang ini tidak bisa disarankan. Penggunaannya repot. Keamanannya tidak terjamin. Anda kehilangan beberapa software yang gratis untuk pengguna Windows7 original. Selain itu, perlukah kami ingatkan bahwa membajak itu sama dengan mencuri?

Mari Menimbang Ulang: Dengan Windows7 atau tanpa OS?

Dengan perbedaan harga sekitar Rp 750.000 – Rp 800.000, notebook Acer dengan Windows7 menawarkan spesifikasi lebih baik, Windows7 original, dan beragam bonus yang diperoleh dari Windows7 original. Dari sisi harga, selisih antara kedua varian ini hanya terpaut harga sesuai harga OS saja. Akan tetapi, perbedaan spesifikasi membuatnya kian jauh berbeda. Selain itu, keuntungan dari Windows7 original pre-install dari Acer sendiri, sudah jelas lebih nyaman penggunaannya.

Saran kami, kecuali Anda atau instansi Anda memiliki OS sendiri, membutuhkan OS khusus untuk kebutuhan tertentu, atau memiliki cara lain yang lebih ekonomis untuk memperoleh Windows7 (mungkin melalui program diskon khusus), notebook dengan Windows7 pre-install adalah pilihan terbaik.

Related Article

248 Responses to Memilih Notebook: Dengan Windows7 atau Non-OS?

 

  1. Guntur says:

    Dok mau nanya tempat service acer di daerah jakarta timur ada gak sih?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Guntur, Acer Service Center Jakarta ada di alamat berikut:

      ACSC MANGGA DUA SQUARE
      Ruko Mangga Dua Square Blok. A No. 1-2 Jl.Gunung Sahari Raya I Tel: +62-21-2650 7777 Fax: +62-21-6231 2997 Senin – Sabtu jam 08.30 – 16.30 Minggu 10.00 – 15.00

      ACSC Fatmawati
      Ruko ITC Fatmawati Unit No.7, Jl. RS Fatmawati

  2. Gandi says:

    ciri” wind7 yang ori gimana sih??
    nih ada tulisan genuin tuh ori kan??
    tpi kta blog2 laen : ” hanya tulisan,, itu jg bisa di rekyasa”

    nanya laen topik nih..
    kok klo saya mncet kyboard lbih dari 2 tombol gak respond ya?? kata tmen’ku ini systemnya error,, benarkah dok??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gandi, untuk mengetahui keaslian OS WIndows 7, bisa dengan cara mendownload aplikasi microsoft genuine advantage diagnostic tool, kemudian jalankan program tersebut, Windows 7 asli validation status-nya adalah genuine, sebaliknya tidak ada tulisan genuine berarti tidak asli/original. 🙂

  3. yudha says:

    dok mw tanya,,,,acer arpire happy n570 ada bloetoothnya gak ya,mohon pencerahan

    1. Dr. Acer says:

      Yudha, Fitur Bluetooth hanya terdapat pada AOHappy dengan pilihan pembelian sudah bundle OS Windows 7 + Android InstantOn 🙂

  4. Dok, mau nanya ne.
    Saya punya laptop acer 4750, software bluetooth suite-nya ada, tapi saat diklik, bluetooth-nya g muncul. termasuk kalau saya klik fn+f3.
    gmana tuh dok? Apa memang di laptop saya g ada bluetoot-nya

    1. Dr. Acer says:

      Arief, disarankan untuk mencoba install ulang driver Wifi tersebut lalu restart, namun Jika masih terjadi masalah, kami sarankan untuk dibawa ke Acer Service Center terdekat untuk diagnosa lebih lanjut dan solusi yang tepat dari tim teknisi kami, info lokasi bisa kamu lihat di bagian bawah tautan http://acerid.com> Acer Service Center. 🙂

  5. rohman says:

    dok saya punya ao 756,kenapa baru pertama menghidupkn tmpilan yg keluar “windows activation”
    mohon bantuannya

    1. Dr. Acer says:

      Rohman, Untuk produk yang sudah bundle dengan OS Windows sejak pembelian, kamu bisa masukkan product key yang terletak dibagian bawah laptop 🙂

  6. asriadi says:

    mau nanya dok..
    saya punya komputer PC M3980 windows 7, tapi settingannya selalu kembali seperti semula setiap habis restart. itu juga terjadi untuk microsoft office 2007 semua penngaturannya selalu kembali kesemula setiap selesai restart. dok
    makasih sebelumnya…

    1. Dr. Acer says:

      Asriadi, hal ini biasanya terjadi jika kamu menggunakan program semacam deep freeze yang akan mengembalikan keadaan sistem ke sediakala setiap komputer di matikan. Coba install ulang program seperti itu, atau jika tidak ada aplikasi tersebut, coba install ulang windows 7 pada komputermu.

  7. dedie erwins says:

    doc… ak punya mslh pd netbook acer aspire one 725,saat ak me retore menggunakan eRecovery klik reInstal drivers App kok muncul pesan “Driver and apllication are missing. backup aborted” gara2nya laptop ak kena virus dan mau sy instal ulang
    trims

    1. Dr. Acer says:

      Dedie, kemungkinan terjadi kerusakan pada hidden partisi di laptop kamu. Hidden partisi tersebut diperlukan pada saat dilakukan System Recovery. Kamu bisa kunjungi Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mengembalikan hidden partisi pada laptop kamu, sekaligus melakukan system recovery 🙂

  8. DR. acer,,, berobat lagi ni…. keluhan saya: Si “gigibiru”….
    begini,, bluetooth di laptop saya (as 4755g) tidak respon dlm menerima padahaln sudah dalam posisi on ,,,sedangkan klo ngirim file dr laptop ke ponsel bisa,,,
    mohon pengobatan nya,,,,,,

    1. Dr. Acer says:

      Hai Iskandar, kami sarankan untuk mencoba menggunakan perangkat lain, jika masih bermasalah instal ulang driver dapat dicoba dilakukan 🙂

  9. Dr. acer ..
    mau nanya nih . setelah install windows xp
    kok Vga Intel(r) HD Graphics family nya gak terinstal …?

    Sudah download manual dan install manual …
    saat reboot .. langsung blank page ..
    tidak ada tanda kehidupan ..

    Mohon Solusinya

    1. Dr. Acer says:

      Anggi, pastikan kamu sudah menginstall driver VGA. Driver bisa kamu download disini: http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

    2. Dr. Acer says:

      Anggi, pastikan kamu sudah menginstall driver VGA. Driver bisa kamu download disini: http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers .

  10. reza says:

    Dear Dr. Acer..
    ane pake acer 4349..
    troublenya.. saat ane install windows xp sp3..
    kok ke vga kedetek cuma 128mb ??
    drivernya intel(r)hd graphics family..

    nah yg mau ane tanya, ama Dr..
    ada gak driver vga untuk acer 4349 yg menggunakan windows xp ?
    kalo ada tolong kirim ke email ane ya Dr..

    best regards

    Reza

    1. Dr. Acer says:

      Reza, tidak ada yang salah dengan hal tersebut. VGA Intel HD Graphics yang digunakan pada AS4349 menggunakan 128MB Dedicated System Memory. Acer hanya menyediakan driver AS4349 untuk OS Windows 7, sehingga kamu perlu mencari drivernya secara manual dengan mengunjungi situs vendor dari masing-masing hardware

  11. Aden says:

    Slamat pagi dr acer yg sy hormati

    Saya mau tanya tentang seri laptop acer aspire V3-471G-52454G75 Makk…apakah masuk cakupan garansi acer indonesia?
    mengingat seri ini saya tdk temukan di website resmi acer indonesia,tp beberapa toko menjualnya,apakah type ini berarti produk bawaan importir ilegal?tolong bantuannya,krn saya sgt tertarik sekali dgn harga dan speknya,dan berniat membelinya
    trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aden, Adapun 3 langkah untuk mengetahui apakah produk tersebut mendapat garansi resmi PT Acer Indonesia dapat dilakukan pengecekan sbb:
      1. Stiker hologram di bagian bawah notebook, bertuliskan garansi PT Acer Indonesia
      2. Kartu garansi yang dikeluarkan oleh PT Acer Indonesia
      3. Kamu dapat melakukan pengecekan Serial Number via website http://warranty.acer.co.id/
      Serial Number ini dapat dilihat di stiker yang terletak di bagian bawah notebook/ dus, terdiri dari 22 digit kombinasi angka & huruf.

  12. heru says:

    Dear dr acer ane punya laptop windows 7 Ori lalu ane mau install satu lagi windows xp kok timmbul blue screen
    stop : 0x000000007B……………
    di mana tuh masalahnya thk.

    1. Dr. Acer says:

      Heru, untuk menginstall OS Windows XP pada perangkat komputer yang menggunakan harddisk SATA, pastikan kamu sudah mendisable fitur SATA Native Support pada BIOS terlebih dahulu

  13. miftah says:

    pak dr.
    kenapa laptopku acer 4752g jadi gg suport aplikasi acer
    /driver bawaan

    1. Dr. Acer says:

      Miftah, pastikan kamu menggunakan driver sesuai dengan OS dan vendor yang ada di laptopmu. Untuk mengetahui vendor hardware yang ada di laptopmu silakan download dan jalankan aplikasi HWVendor Detection berikut ini: http://global-download.acer.com/FilesDownload%5CHWID%5CHWVendorDetection.exe

  14. K says:

    ndak kuat beli windows original, beserta aplikasi tambahan yg original, mending pake LINUX dan aplikasi open source yg FREE dan aman dari tuntutan HAKI atas Pembajakkan, dan mengurangi dosa,karena membajak karya orang lain sama halnya dengan mencuri. mencuri=dosa

  15. Dr.Acer, saya beli aspire 4752G-2454G50Mn, dalam paket pembelian tidak ada cd drivernya, apakah memang begitu?, bagaimana kalau suatu saat harus instal ulang?. saya lupa menanyakan ke tokonya. mohon jawabannya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Doyon, untuk pembelian produk Acer dengan pilihan sudah bundle dengan OS Windows. Installer OS, Driver, dan aplikasi standar pembelian sudah tersimpan pada hidden partisi didalam harddisk, dan akan digunakan ketika dilakukan system recovery untuk mengembalikan laptop kembali seperti pertama kali pembelian.

  16. madi says:

    mo tanya ne bos……knpa crystal eye web cam untuk acer seri 4752 g bisa di instal ….. pesen error ” file not found”…terima kasih,,,,,,,

    1. Dr. Acer says:

      Madi, kamu bisa mencoba mendownload dan menginstall ulang kembali drivernya, Kamu bisa mendownload drivernya disini: http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

  17. taslam says:

    saya punya laptop acer apire 4349, restart terus menerus. saya coba instal ulang hasilnya tetep sama. minta penjelasannya dan cara mengatasinya dokter acer. makasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Taslam, apakah ada notifikasi error yang muncul sebelumnya?

  18. nita says:

    napa ya webcam acer co i3 kyak ga berfungsi coz stiap aq video call tman video call aq ga bsa dngar suaraq,,,
    ksi solusi donk dok……….

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nita, bisa diinformasikan tipe laptopmu?

  19. 4378G says:

    baru 5 bln saya beli Acer 4738G awalnya window sering hang tapi wifi msh normal, kemudian saya install windownya wifi msh normal tapi setelah beberapa hari kemudian wifi jd ga kedetek baik hardware maupun softwarenya, saya coba pake fn+f3 indikator wifi ga muncul terus cobain instal drivernya baik bawaan cd ataupun yg saya download tetep ga bisa, cobain instal ulang lg windownya jadi ga nyala bahkan pake software pihak ketiga tetep ga kedetek. mohon solusinya…

    1. Dr. Acer says:

      Hi, Coba install ulang kembali aplikasi launch manager pada laptop kamu. Aplikasi ini bisa kamu download di http://www.acer.co.id > Support > Download > Pilih tipe laptop, lalu klik pada tab “Application”

      1. 4738g says:

        udah dok, pertama diinstal baru indikator wifi di launch manager dengan mnekan fn+f3 terdeteksi dan lampu indikator pun nyala, tapi setelah direstart atau di shutdown apabila dinyalakan kembali maka wifi mendadak hilang udah saya cari di launch manager, kemudian dengan menekan fn+f3 wifi tidak ada yang ada hanya bluetooth aja, saya cari di device manager wifi ga ada di network connections ga ada bahkan change adapter ga menampakkan indikator wifi. jadi kesimpulannya gimana dok?…..

        1. Dr. Acer says:

          Apakah kamu menginstall driver Wlan dari vendor yang sesuai? Karena pilihan driver Wlan untuk 4738G pada website Acer ada dua yakni atheros dan broadcom. Untuk menentukannya silakan menjalankan HW Vendor Detection

  20. chacha says:

    Minta saran dung,
    mana sih yang lebih bagus netbook acer aspire one 0722 atau toshiba n520?
    dengan windows starter atau yang home premium?
    Gimana caranya kita ngebedain netbook yang ori punya..
    Makasi

    1. Dr. Acer says:

      Dear Chacha, Acer hanya memasarkan tipe AO722 dengan Windows 7 Starter. Review AO722 bisa kamu baca di artikel berikut: http://www.acerid.com/2011/07/acer-aspire-one-722-layar-lebih-lebar-performa-lebih-mantap/
      Sedangkan untuk mengetahui netbook Acer yang bergaransi resmi Acer Indonesia secara lebih jelas bisa dilihat dalam artikel ini: http://www.acerid.com/2012/01/mengecek-keaslian-produk-acer/

  21. fajar candra says:

    Dr.Acer mohon penjelasannya :
    Belum lama ini sy beli acerAspire AS4349-B812G50Mnkk ( LX.RR601.003 ) yang buildup dgn windows 7 basic asli bawaannya, sy cek keaslian acernya di http://www.acerpartners.com/mywarranty/ hasilnya ok, tp sy cek kemudian untuk microsoft windowsnya dengan tool Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool hasilnya kok tidak genuine alias tidak asli.??
    PAdahal jelas jelas ada lisensi dr windowsnya yaitu adanya stiker windows dibawah laptop dan stiker windows7 warna biru ketuaan di body laptop dkat keyboard. !!
    sy jadi bingung, takutnya nanti sy update windowsnya, malah ada cap watermarks dr windowsnya (blank hitam) krna tidak asli.

    sebelumnnya terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fajar, jika terdapat stiker COA (Code of Authenticity) Windows di bagian bawah body laptop maka sudah bisa dipastikan bahwa laptop Acer tersebut bundling dengan Windows yang asli.

  22. Andy salim says:

    Sekarang saya mengerti dari teman saya. Sejak awal saya beli laptop acer itu DENGAN windows 7 premium BAJAKANNYA. Tetapi kenapa sudah diisi yang bajakan TANPA pemberian tahu kepada saya. Kalau begini sudah jelas banget walaupun ada buku garansi PT Acer Indonesia dan serial number laptop JELAS terdaftar, claim dan garansi saya sudah pasti ditolak dan hangus total karena isi windowsnya bajakan. Tapi apa ada solusinya untuk menservicenya lagi di ACSC RATU PLAZA? Karena tempat selain itu cukup jauh dari daerah serpong BSD. Dan juga mohon maaf karena saya sebagai consumen kurang teliti terhadap produk barang acer yang begitu banyak tipe yang sama tapi beda harga dan isi paketnya. Terima kasih banyak yang sebesar-besarnya dalam membantu saya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andy, sebelumnya kamu bisa melihat terlebih dahulu dibagian bawah laptop kamu, apakah terdapat sticker COA(Certificate Of Authenticity) dari Microsoft? Jika tidak ada, kemungkinan produk Acer yang kamu beli adalah produk Acer dengan pilihan pembelian menggunakan OS Linux Linpus, kemudian di installkan OS Windows 7 oleh pihak toko. Kamu tetap bisa melakukan service atau klaim garansi di Acer Service Center terdekat 🙂

  23. Anak_Lanank says:

    doc, …mo tanya neh…
    pas saya instal win 7 32bit muncul pesan
    no new devices could be found.
    make sure the driver files are correct and located on the driver installation media
    gimana cara ngatasinnya …?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Anak_Lanank, notifikasi tersebut muncul saat masih dalam proses instalasi? Apakah kamu menggunakan installer Windows yang original?

  24. Pak mau tanya apa betul speaker acer type 4743 core i3 suaranya lebih kecil daripada acer type lainnya. terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Hai, mohon maaf Acer tidak bisa menjawab pertanyaan ini karena bisa sangat subyektif. Standar lebih besar atau lebih kecil masing-masing orang bisa berbeda 🙂

  25. andy salim says:

    Terima kasih atas kepedulian Dr. Acer.
    1. Acer aspire 4755g saya ada 2 hologram yang satu gak jelas (luntur) dan Garansi PT.Acer indonesia ada disisi samping ada tapi seperti bekas sobekan karena di tepat jalur pelat bukaan dan termasuk 2 stiker putih yang sobek tengah yang ada tanggal service tersebut dan satu sticker bulet yang sudah sobek juga.
    2. Buku garansi ada tapi saat service lupa bawa dan hanya supercare aja.
    3. Sudah saya kirim sms tapi tidak ada balasnya.
    4. Ini juga janggal, saya beli sekitar 7 jutaan kurang dan tidak ada CD/DVD windows 7-nya sama sekali.

    Hal ini apakah saya salah beli’kah? Jika ini salah beli maka SAYA tidak akan komentar lagi. Ini saya jadikan pelajaran paling berharga jika saya beli laptop baru lagi. Terima kasih banyak.

    1. Dr. Acer says:

      Mohon maaf Andy, bisa informasikan serial number laptop kamu? Serial number laptop adalah 22 karakter yang ada di bagian bawah laptop, contoh: LXTTD0xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx.
      Atau kamu juga bisa melakukan pengecekan sendiri dengan memasukkan data serial number ke http://warranty.acer.co.id untuk mengetahui apakah laptop kamu bergaransi resmi Acer Indonesia atau tidak.

  26. andy salim says:

    dok, saya beli acer 4755g plus supercare. ketika ada masalah pada laptop, saya langsung membawanya ke service center pusat. entah mengapa milik (claim) saya ditolak. katanya garansi saya tidak berlaku lagi. Setelah dijelaskan saya cukup kaget. Laptop saya masuk blacklist atau barang ilegal… dan mereka mengembalikan laptop saya dan tidak menjelaskan hal yang lebih detail lagi tentang laptop saya itu. saya menghargai sifat profesional mereka tetapi hal ini sangat mengecewakan saya. saya tanya mereka tak mau menjawab apa-apa. padahal semua surat2, bukit pembelian ada semua. padahal saya baru beli awal minggu januari ini… Mohon bantunnya dok.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andy, bisa di informasikan kepada kami S/N laptop kamu? Untuk memastikan laptop kamu adalah benar produk yang dipasarkan oleh Acer Indonesia, kamu bisa melihat :

      1. Ada sticker hologram bertuliskan Garansi PT Acer Indonesia yang letaknya di bagian bawah notebook
      2. Ada buku garansi PT Acer Indonesia
      3. Kirim SMS ke 0811 98 2237

      Format: SNSN (serial number = 22 digit)
      Contoh: SN LXTTD0xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx 🙂

  27. nulul says:

    dok,kalo notebooknya sudah pernah di install ulang ,masih ada ga win 7 untuk di recovery tanpa cd OS?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nulul, bisa saja, selama hidden partisi yang ada didalam harddisk tidak hilang ataupun rusak ketika dilakukan instalasi ulang OS 🙂

  28. Review nya bagus banget. Pada kesempatan kali ini ada yg mau saya tanyakan. Halo Dr. Acer. Saya pakai AO 522 dg RAM 1 Gb. Saya berkeinginan meng upgrade RAM nya mjd 2 Gb. lalu Saya berkonsultasi dg Acer SC, mereka bilang, bahwa mereka tidak merekomendasikan utk dilakukan upgrade RAM. Jika diupgrade, katanya, ACER tidak akan bertanggung jawab atas segala resiko yg disebabkan oleh peng upgrade an RAM, dan garansi tidak berlaku. Loh, ini gimana? Padahal Dr. Acer sendiri merekomendasikan utk upgrade RAM agar performa meningkat. Mohon penjelasannya. Trims. 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fabri, Acer Service Center wilayah mana yang kamu kunjungi?AO522 bisa menggunakan RAM hingga 2GB DDR3 🙂

  29. rusdi says:

    dok. . saya mau nanya. . saya beli netbook acer AO 722 dan menggunakan windows 7 home basic. .tapi kok fitur aero nya gak ada ya dok. . .gimana cara nya untuk memunculkan fitur aero nya dok. .??
    thanks dok. .

    1. Dr. Acer says:

      Dear RUsdi, fitur aero memang tidak tersedia untuk Windows 7 Home Basic.

  30. arrovi says:

    dok kalo mau beli dvd windows yang asli kira-kira dimana ya? dan harganya sekitar berapa? thankyou dok sebelumnya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arrovi, untuk kepastian harga dan pembelian software, kamu bisa mengunjungi toko-toko komputer terdekat di kota kamu yang menjual CD/DVD software original 🙂

  31. beyegekipu says:

    Doc,saya beli acer 722 non os.Sekarang saya pake win7 ultimate non ori,yang saya tanyakan apa bisa netbook saya di install eRecovery Management? software apa saja dari acer yang bisa saya instal biar sama yang bundling windows7thx

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Acer eRecovery Management hanya tersedia untuk laptop Acer yang bundling dengan Windows 7. Mungkin kamu bisa menggunakan software backup management lain. Silahkan cari di internet aplikasi backup management yang kamu inginkan.

  32. olehabs says:

    dok sya beli aceer 4755g yg sudah ada windows nya,.. namun baru satu hari windowsnya minta di instal lagi,…. solusinya gi mana dok ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Olehabs, Notifikasi seperti apa yang muncul?

  33. doc,saya memakai AO522 dengan Ram 1gb, apakah berbahaya jika dengan ram 1gb saya memakai win 7,,ato perlu saya upgrade ram saya menjadi 2gb?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dafit, jika kamu ingin merasakan peningkatan performa maka dr. Acer menyarankan untuk mengupgrade RAM ke 2GB. Dengan RAM 1GB sebenarnya kamu sudah bisa menginstall Windows 7, namun disarankan untuk mematikan fitur seperti Aero theme agar performa netbook tidak terasa lambat.

  34. Dr. Acer, saya mau nanya lebih lanjut tentang netbook windows 7 ultimate original, adakah rekomendasi pembelian netbook acer untuk windows 7 ultimate original ini??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ihsan, untuk saat ini Acer Indonesia belum memasarkan produk yang sudah bundle dengan OS Windows 7 Ultimate 🙂

  35. dr acer, saya beli ao 522 win7starter nah itukan win7 yang katanya terjelek, jelasin donk kekurangan n kelebihannya ,,,
    trus kalo ganti ke os wndws xp bahaya ga,, thks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Budi, OS Windows 7 Starter adalah OS Windows 7 dengan fitur terminim, OS ini ditujukan untuk perangkat seperti Netbook, dengan demikian tidak memerlukan resource yang lebih besar jika dibandingkan dengan OS Windows 7 versi lainnya. Kamu bisa saja mengganti OS nya menjadi Windows XP, tetapi Acer hanya menyediakan driver AO522 untuk OS Windows 7, sehingga kamu perlu mencari driver yang sesuai dengan OS yang digunakan secara manual 🙂

  36. mas mau tanya, notebook Aspire 4750G-2414G75 itu dah ada windows bawaaannya ga????? mksh ya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Farhan, tipe 4750G yang dipasarkan oleh Acer Indonesia adalah 4750G-2412G64. Mohon berhati-hati dalam membeli produk Acer, pastikan ada stiker hologram bertuliskan Garansi PT Acer Indonesia di bagian bawah notebook dan dilengkapi buku garansi dari PT Acer Indonesia.
      Untuk tipe 4750G-2412G64 tersedia dengan OS Linux dan Windows 7 Home Premium.

  37. Iwan Mulyono says:

    Doc, sy beli aspire 4755g, ga ada pilihan yg pre-installed win7. Terus, kalo mau dibikin preinstall di Acer Center bisa?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Iwan, tidak bisa, OS Windows 7 yang terdapat pada paket pembelian di masukkan kedalam laptop pada saat proses manufacturing atau produksi 🙂

  38. Dok, saya baru beli acer 4253. Katanya saat baru beli sebaiknya langsung back up windows. Sampai sekarang saya belum sempat back up. Pertanyaannya : Apa waktu back up tersebut ada batas waktunya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Indra, back up bisa kamu lakukan kapan saja.

  39. dok saya mau nanya saya baru beli laptop acer dengan windows7 home basic ,kata penjualnya windows nya asli . tapi ketika saya datang ke teman saya dan bercerita tentang windows asli katanya harus ada tulisan genuine di sistem operasinya ,pas saya cek windows saya ternyata tulisanya ask for genuine , dan teman saya bilang ke saya ‘kamu dah di tipu , soalnya yg asli itu tulisanya genine bukan ask for genuine ‘ ini yg membuat saya bingung dok , tolong dok jelaskan tentang ciri2 windows7 original yg paling jelas ??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Budi, untuk mengetahui keaslian Windows kamu coba cek di bagian bawah laptop apakah ada stiker COA (Code of Authenticity) Microsoft? Jika ada maka Windows kamu original.

  40. ruben says:

    dok,saya baru beli acer aspire 4743 waktu pertama beli sudah ada win7 ultimate, saya bingung kenapa widows na mesti update terus. pada saat shut down juga mesti confrim update sampai 100%
    mohon resep nya dok, agar saya dapat menghapus win7 bajakan ini dan diganti dengan win7 yang asli

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ruben, untuk mengganti dengan Windows 7 asli tentu kamu harus membeli dulu DVD Windows 7 yang asli. Cara menginstallnya mudah kok, tinggal ubah setting first boot device di BIOS ke DVD-ROM, masukkan DVDnya, lalu ikuti petunjuk yang tertera pada layar.

  41. irhas says:

    you don’t need an antivirus if you can use the free operating ststem ,and free virus,no purchase,and certainly freedom!!!

  42. randy says:

    Dr. Acer, saya baru saja membeli Laptop Acer Aspire 4750 dengan OS Windows 7 Home Premium 64 Bit. Apakah Windows tersebut Original dan Genuine???
    dan ap Perlu saya Register lgi ke Microsoft???

    1. Dr. Acer says:

      Dear Randy, AS4750 yang dipasarkan secara resmi oleh Acer Indonesia memiliki pilihan OS pada paket pembelian Linux Linpus dan Windows 7 Home Basic. Kamu bisa coba mengunjungi http://www.microsoft.com/genuine/diag/ untuk melihat apakah OS yang kamu gunakan Original atau tidak 🙂

  43. bondan wahyu says:

    Dok.mau tanya..
    Di device manager ada tanda seru di microsoft ISATAP adapter dan microsoft tunneling adapter. Bagaimana caranya agar tidak ada tanda serunya lg?
    Makasih dok..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bondan, tanda seru pada device Microsoft ISATAP Adapter dan Microsoft Tunneling Adapter tersebut bisa kamu hiraukan saja, device tersebut akan tetap bekerja dengan normal. Informasi selengkapnya bisa dibaca di http://support.microsoft.com/kb/932520 🙂

  44. Halo Dr. Acer, mw tanya nih, saya membeli acer dengan tipe aspire one d255 tanpa OS. saat saya menginstal OS Windows 7 32 bit ultimate (non ori), lalu saya menginstal semua utilities dari CD Acer, ada satu yang nggak bisa, yaitu crystal eye webcam, saat proses, muncul notifikasi ….webcam is not plug in…, saya coba file lain, bisa terinstal, namun saat di run, muncul notifikasi …web cam is not found..itu problemnya dimana ya.trims,.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Eryandi, problem tersebut terjadi karena cyrstal eye yg kamu install tidak sesuai dengan vendor webcam yang ada di netbook kamu. Kamu bisa download aplikasi hardware vendor detection berikut untuk mendeteksi hardware di netbook kamu dan asal vendornya: http://global-download.acer.com/FilesDownload%5CHWID%5CHWVendorDetection.exe

  45. shamgrove says:

    Dr. Acer, apakah saat pembelian Laptop Acer dengan OS Windows 7 kita akan mendapatkan CD Original Windows 7 nya??
    dan apakah jika laptop kita mengalami masalah dengan OS nya, kita kan harus menginstall kembali OS nya. apakah OS tersebut terinstall sendiri secara Otomatis??
    Maaf kalau pertanyaan-nya aneh. soal-a saya belum faham dengan maksud pre-installed windows.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Shamy, untuk pembelian laptop Acer yg bundling dengan Windows 7 tidak mendapatkan CD Windows 7. Installer Windows 7 sudah disertakan dalam hidden partition di HDD yang bisa diakses dengan menekan alt + F10 pada saat muncul logo Acer ketika booting untuk melakukan recovery.

  46. ipun says:

    beli yg non os… install linux… asli kan tanpa bajakan? gratis pula 🙂 gak pake antivirus, udh secure 😛

  47. faizal says:

    wah untung ane beli laptop Acer sudah memakai windows 7 home premium asli, jadi nggak repot lagi, antivir pake MSE yg gratisan tapi mantap hehee, udah gitu + bluetooth pula 🙂

    btw Acer nggak ngeluarin laptop dengan OS Win 7 Ultimate?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Faizal, Terima kasih atas feedbacknya. Untuk saat ini Acer Indonesia belum memasarkan produk yang menggunakan OS Windows 7 Ultimate 🙂

  48. bisa jadi pelajaran nih bagi pemburu laptop non os, biar mereka beralih ke laptop yang pre-install windows 7……….
    kan kebanyakan orang nyari yang non os itu biar bisa install yang bajakan…
    padahal menurut rumor yang sempat beredar, kalau sedang di area hotspot laptopnya dicek apa windows nya asli apa nggak

    dan prosedur razianya kaya di tkp ini : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/prosedur-razia-windows-bajakan/

    maaf kalo repost

  49. dok,apa beda win7 basic,starter,dan lainnya dengan win7 premium ?

    1. Dr. Acer says:

      Hai, untuk mengetahui perbedaan masing-masing edisi Windows 7 tersebut silahkan kunjungi website Microsoft berikut: http://windows.microsoft.com/en-US/windows7/products/compare

  50. Mau tanya lagi nih kalau acer 4741G pilih diinstall windows 7 x86 atau yang x64?
    soalnya kemarin pas x64 overal rating nya 5.1 tapi pas x86 malah 4.9.
    terus pas x64 RAM yang usable hampir 2 GB tapi pas x86 kok malah 1.3 GB
    saya bingung karene takutnya kalau x64 malah lebih boros dari x86 padahal capacity baterai nya lebih minim dibanding tipe2 ASPIRE lainnya.
    MOHON BANTUANNYA Dr.ACER…

    ACER bagi saya tetap number ONE.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rahman, problem ini penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari jenis RAM yang tidak kompatibel, versi Windows yg masih ada bug-nya, atau BIOS yang belum update.
      Langkah pertama coba lakukan hal berikut:
      Cek advanced boot options.
      1. Klik Start, ketik msconfig pada dan tekan enter.
      2. Jendela System Configuration akan terbuka.
      3. Klik tab “boot”.
      4. Klik “Advanced Options” dan uncheck box untuk “Maximum Memory”.

      Semoga berhasil.

  51. Bejo says:

    Sy jg kcewa dg produk acer, kmrn sy beli AOD 522 amd. Stelah dihidupkn trnyata speakerny mono, suaranya cm sebelah, tdk keras. Kl sy tahu itu mono pasti sy tdk beli. Celakanya penjualny pun tdk tahu kl itu mono,,,,ckckck,,, blm lagi layarny kadang2 flickr,mncul garis2 horisontal…
    Ktika mnta knfirmasi ke toko,malah jabwanny ’emang seri itu begitu mas’….gubrakkkk… sdh tau barang sampah kok djual.
    Sy harap produk ini direcall aj,biar pelanggan tdk drugikan.

    Apa si susahny pasang speaker stereo?
    Knp layarny ad garis2 horisontal?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bejo, kamu bisa menggunakan headset atau audio eksternal berkualitas baik untuk output audio yang lebih baik. Mengenai problem layar yang dikatakan mengalami flicker lebih baik dibawa ke Acer Customer Service Center untuk dicek oleh teknisi Acer. Acer memberi garansi 1 tahun untuk LCD.

  52. Anni Pertiwi says:

    sy setuju dengan balasan – balasan dari Dr.Acer…
    tapi kita para brainware selalu hanya memakai saja ttpi tidak melakukan perawatan periferal dengan baik,tp saya juga agak bingung,mngapa laptop yang ori diberikan office 2010,pdhal ram hanya 1GB,itupun trial lagi….tolong berikan alasannya….

    1. Dr. Acer says:

      Dear Anni, Acer memberikan edisi Microsoft Office yang terbaru sesuai waktu dipasarkannya tipe notebook tersebut. Adapun software yang diberikan hanya trial karena mungkin tidak semua pengguna notebook Acer akan menggunakan aplikasi tersebut. Jika memang pengguna membutuhkan Microsoft Office, mereka bisa membeli licensinya langsung ke Microsoft.
      Untuk notebook-notebook terbaru, Acer membekalinya dengan Microsoft Office Starter dimana pengguna bisa menggunakan MS Word dan Excel tanpa batas waktu namun dengan fitur terbatas. Jika ingin memanfaatkan semua fitur atau ingin menggunakan Power Point, pengguna dapat melakukan upgrade ke full version.
      Pada intinya Acer ingin memberikan sebanyak mungkin pilihan kepada pengguna, apakah ingin menggunakan aplikasi lain yang mungkin lebih ringan atau melakukan upgrade RAM. Pilihan ada di tangan pengguna.
      Semoga bisa dimengerti oleh Anni 🙂

      1. Anni Pertiwi says:

        @Dr. Acer
        trims Dr.Acer….
        saya mengerti skrng….
        saya mau bertanya lagi,apakah perbedaan produk acer resmi dengan yang tidak?
        tlng berikan jawabannya…

        1. Dr. Acer says:

          Dear Anni, produk Acer yang bergaransi resmi Acer Indonesia memiliki stiker hologram bertuliskan garansi PT. Acer Indonesia di bagian bawah notebook dan disertai kartu garansi dari Acer Indonesia. Selain itu juga tercatat di database Acer Indonesia, untuk melakukan pengecekan bisa dengan memasukkan serial number ke http://warranty.acer.co.id

        2. Anni Pertiwi says:

          @Anni Pertiwi,
          terus untuk brg tidak resmi apakah boleh diperjualbelikan?
          dan yang membuat produk tidak resmi siapa?

          1. Dr. Acer says:

            Produk Acer yang tidak bergaransi resmi Acer Indonesia biasanya dibawa masuk oleh importir tanpa melalui jalur resmi, dengan kata lain tidak mengikuti prosedur dan hukum yang berlaku di Indonesia. Produk Acer yang tidak bergaransi resmi ini adalah produksi Acer Group juga, hanya saja layanan purna jualnya tidak dijamin oleh Acer Indonesia.

        3. Anni Pertiwi says:

          @Anni Pertiwi,
          Terima Kasih banyak atas info dan ilmu yang diberikan,saya skrng mngrti produk-produk acer skrng.smoga acer smkin berkembnag terus menerus dan selalu menciptakan produk-produk yang berkualitas…

  53. ichsan says:

    hei, aku lucu ya?

  54. Andy Hans says:

    iya nih..gw sih baru setaon pake acer yang ao 532h…eh,pas setaon malah tuh laptop sering hang…gw jadi sangsi ama acer nih..masa baru setaon aja kyk gitu,apalagi 3 taon..gmana ini??thx…

    1. Dr. Acer says:

      Dear @Andy Hans, coba kamu uninstall aplikasi yang sudah tidak diguanakan lagi, kemudian lakukan harddisk defragment terlebih dahulu. Jika problem kamu belum terselesaikan, kamu bisa coba membawa laptop kamu ke ACSC/P terdekat agar dibantu teknisi Acer mengatasi problem kamu 🙂

  55. adhiit says:

    1 lagi pertanyaan dari saya ..?
    apakah tidak apa” jika saya tidak mengambil laptop saya selama satu minggu ke depan ..
    soal’a di daerah saya cuaca’a sedang tidak bagus
    thx

    1. Dr. Acer says:

      Adhiit, kamu bisa mengkonfirmasikan hal ini ke service center tempat kamu melakukan service notebook.

      1. adhiit says:

        cara’a ?
        di telpon ?

        1. Dr. Acer says:

          Betul, Adhit. Kamu bisa menelepon ke service center Acer tersebut. 🙂

  56. andre says:

    gmna sih k” laptop acer saya g bs ngeluarin suara sama sekali,(acer4745)

    1. Dr. Acer says:

      Dear @andre, apakah problem tersebut terjadi sejak pertama pembelian atau baru belakangan ini saja?coba kamu install kembali driver audio di laptop kamu sesuai dengan OS yang kamu gunakan. Driver AS4745G bisa di download di http://www.acer.co.id > Service & Support > Download Center 🙂

      1. andre says:

        @Dr. Acer, saya makenya udh 5 bulanan gt Dr,suaranya gag imbang gtu antara speker kanan dan kiri,dan skarang suaranya hilang2 timbul gt,

        1. Dr. Acer says:

          Dear @andre, kami sarankan untuk membawa laptop kamu ke ACSC/P terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Lokasi ACSC/P bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

  57. andalusia says:

    klu acer beneran pasti bagus,….. ini acer abal-abal… hancur acer sekarang. … licensi aja yg asli tpi mesinnya am bruk broooo. … coba aja main pada acer 4738 dual core.game stop- stop kayak pentium 3 tempo dulu. patah patah. padahal cma game house. gimana mo bilang bagus tuh produk. audionya kecil suaranya. banyak kasus speaker putus lgi. sering terjadi kontak keyboard lgi. pokoknya gak standard acer

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andalusia, jika ada problem dengan notebook kamu silahkan dibawa ke ACSC terdekat agar dibantu teknisi Acer menanganinya. Boleh tahu kamu berdomisili di mana?

      1. rezky says:

        @Dr. Acer, dr Acer,,, apakah produk Acer itu buatan cina semua ya?? mohon infonya…

        1. Dr. Acer says:

          Dear @rezky, Acer memiliki beberapa fasilitas manufakturing di beberapa negara di Dunia. Untuk pasar Indonesia, Acer menggunakan fasilitas manufakturin di China 🙂

  58. andalusia says:

    gini dr acer. menurut pendapt saya pada sebagian laptop acer atau notebook yg os nya 7. itu terkesan dipaksakan padahal prosesor belum mendukung kayak aspireone happy atau d255. kerjanya tidak maksimal. pada amd4253 malah lebih parah. jadi jangan lah terlalu di rekayasa kalu os 7 itu gk bagus pada tempatnya intel atom kok kasih 7 … ngawur itu………….kecuali prosesor core i3,i5 atau i7 mungkin …. jangan kelewat dibodoh- bodohin deh masyarakat kita… demi kepentingan perusahaan yg harus menjalankan kewajiban minimal os original ….%. pada setiap produk. jangan korbankan masyarakat kita hanya demi keuntungan.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andalusia, processor pada AOHappy dan AOD255 sudah berteknologi dual core sehingga sudah sangat memadai untuk menjalankan OS Windows 7. Kemungkinan kendala performa diakibatkan oleh kapasitas RAM yang kurang memadai sedangkan aplikasi yang diinstall butuh resource besar. RAM standar pada AOHappy, AOD255, dan 4253 hanya 1GB sehingga disarankan untuk melakukan upgrade agar kinerjanya meningkat.

  59. iwan says:

    windows 7 nya starter. jelek. lemot lagi setelah gue pake acer amd 4253. gimana mo bilang bagus kalo kerja lemot banget. klo diwondows xp hnya satu jam kelar . kalau pake 7 bisa 3 jam. coba aja pake. rasanya mo gua banting tuh laptop…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Iwan, Dr. Acer menyarankan untuk melakukan upgrade RAM agar kinerja notebook kamu meningkat. Selain itu Windows 7 Starter juga memiliki keterbatasan dalam melakukan multitasking (maksimal 3 aplikasi secara bersamaan).

    2. mank says:

      padahal mau beli acer 4253 yang AMD vision. setelah baca komentar pak iwan jadi takut …..

      1. Dr. Acer says:

        Dear Mank, sebelum membeli sebaiknya pastikan dulu kamu membutuhkan notebook yang seperti apa. Sesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang akan kamu gunakan sehari-hari. Perhatikan minimum system requirement dari aplikasi yang sering kamu gunakan dan sesuaikan dengan hardware dari notebook yang akan dibeli. Sebagai informasi, part notebook yang dapat diupgrade adalah RAM dan HDD. Upgrade hardware bisa membantu meningkatkan performa.

  60. adhiit says:

    batre dan keyboar saya rusak ..?
    saya masih punya garansi ..?
    kira” kalo saya menggunakan kartu garansi tetap bayar atau tidak ..?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adhiit, garansi yang diberlakukan oleh Acer Indonesia adalah garansi terbatas. Jika kerusakan bukan diakibatkan oleh kesalahan penggunaan dan bukan untuk part yang habis terpakai maka kamu bisa melakukan klaim garansi. Silahkan datang ke ACSC agar teknisi Acer bisa cek kerusakannya.

      1. adhiit says:

        ooh ..
        kmrin sore saya sudah kesana ..
        kira” bisakah saya mengambil laptop saya setelah 1 atau 2 hari lagi ??
        mohon bantuannya …
        thx

        1. Dr. Acer says:

          @adhiit, Adhit, untuk lama perbaikan bisa ditanyakan langsung ke ACSC tempat kamu melakukan service. Lama perbaikan di ACSC paling lama adalah 5 hari sejak diterima oleh front desk. Namun bisa lebih lama jika diperlukan penggantian part yang tidak ready stock di ACSC tersebut.

      2. adhiit says:

        oowh .
        kmrin sore saya sudah membawa laptop saya ke ACSC .
        pertanyaan saya : Bisakah saya mengambil kembali laptop saya 1/2 hari sesudah laptop saya sudh di betulkan ..

        please di jwb ..

        1. adhiit says:

          begitu yya ..?
          terimakasih deh atas bantuan’a ..

        2. adhiit says:

          ooh yya ..
          bisa gga setelah laptop saya sudah diperbaiki ..saya menitipkan laptop saya di sana selama 1/3 hari ?
          apakah bisa ..?
          mohon bantuannya ..
          thx

          1. Dr. Acer says:

            Nanti setelah laptop kamu selesai diperbaiki akan dihubungi oleh officer. Kamu bisa mengkonfirmasi untuk mengambil pada hari dan tanggal sesuai kesepakatan.

  61. nahar zu says:

    netbook saya aspireone D255 win7 starter sesuai saran dari acerid.com say beli yang paket budling,,terima kasih telah hadirkan netbook dengan kemampuan selangit..:-)

    yang saya ingin tanyakan jika wind7 saya kena virus kan harus di recovery alt+f10
    selesai..nah jika terkena lag gman,,maksudnnya berapa kali sya bisa gunakan recovry tersebut..

    trus apakah acer telah mengeluarkan gatget seperti ipad

    terimaksih

    1. Dr. Acer says:

      Dear @nahar zu, Terima kasih atas kepercayaan kamu terhadap produk Kami.
      System recovery bisa dilakukan selama hidden partisi yang terdapat pada harddisk laptop kamu tidak rusak/hilang, untuk itu kami sarankan melakukan backup recovery http://acerid.com/2011/02/membuat-back-up-dengan-acer-erecovery/

      untuk saat ini Acer belum memasarkan produk PC Tablet di Indonesia, ikuti terus FB dan twitter @acerID untuk update info produk, promo dan event yang diadakan oleh Acer 🙂

  62. farid says:

    dr acer..laptop saya acer 4741 tapi belum ada erecovery management nya,waktu saya download dan mau pasang softwarenya,ternyata takbisa di instal(muncul kata “not D2D system,erecovery cannot be installed)…bagaimana caranya agar saya bisa instal erecovery…terimakasih sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Farid, Aspire 4741 kamu bundling dengan OS Windows atau tidak pada saat pembelian?

  63. Anggi says:

    Mas saya install Windows 7 ultimate di Acer Aspire One D255 dan sudah install semua driver yang ada di cd’a, tapi tetap saja kalau tekan tombol fn+f3 launch manager’a tidak mau keluar. jadi hanya turn on dan turn off wifi aja yang muncul.
    beri saya solusi’a yah mas.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Anggi, kamu harus menginstall aplikasi Acer Launch Manager terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa didownload di http://www.acer.co.id > Service & Support > Download Center

      1. Anggi says:

        @Dr. Acer, sudah mas, tapi tetep saja setiap saya tekan fn+f3 launch manager’a tidak muncul, pdahal saya sudah download aplikasi’a yang terbaru juga masih saja sama.
        netbook d’255 juga saya beli yang pake windows 7 starter asli

        1. Dr. Acer says:

          Apakah wifi dan bluetoothnya sudah bisa difungsikan dengan menekan Fn + F3?

  64. ikbal demava says:

    klo saya lihat, perhatikan dan saya bandingkan…..
    kenapa harga laptop ACER ini lebih murah, padahal klo saya bandingkan dengan spesifikasi dengan merek lain, spesifikasi acer sedikit lebih tinggi tapi kenapa ACER lebih murah ya..???
    dan peminatnya pun juga banyak di sini…
    saya jadi bertanya-tanya?… karna pengalaman di lapangan, jika anda membeli barang murah maka kualitasnya juga marah juga toh
    terima kasih…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ikbal, dengan menerapkan operasional yang efisien di semua lini maka Acer bisa menghadirkan notebook berkualitas baik menggunakan teknologi terkini dengan harga yang kompetitif. Tidak hanya berhenti di sini, Acer juga memberikan kenyamanan bagi para penggunanya dengan memberikan jaminan layanan purna jual yang luas.
      Sebagai brand global, Acer tentunya terus berusaha memberikan produk dan layanan yang terbaik.

  65. Rahman says:

    saya pengguna acer aspire AS4741G-5452G50Mnck sama seperti risky yang coment no.2 di atas, saya punya beberapa pertanyaan:

    1. saya beli AS4741G-5452G50Mnck sekitar Juli 2010. lalu sekitar januari saya dikasih teman saya software “battery care”. katanya biar hemat. terus saya lihat detailed information ternyata model baterai saya Sanyo AS10D3. apakah benar AS4741G-5452G50Mnck baterai nya itu?

    2. kalau bukan, bagaimana solusinya?

    mohon bantuannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rahman, betul bahwa model baterai tersebut adalah part OEM untuk Aspire 4741G

      1. Rahman says:

        Apakah benar bahwa daya tahan baterainya dalam pemakaian biasa hanya 2 jam?
        kok berbeda dengan 4740G. teman saya bisa sampai 4 jam dalam pemakaian biasa.

        (Brightnes sama2 minimum, wifi dan bluetooth mati, sound off, tidak membuka software apa2, hanya didiamkan)

        1. Dr. Acer says:

          Dear @Rahman, perbedaan spesifikasi laptop dan perbedaan pada jenis baterai yang digunakan mempengaruhi daya tahan baterai, perbedaan daya tahan pada baterai 3 cell dan 6 cell cukup signifikan 🙂

  66. Dear Dr. Acer…,

    Saya mo coba install ulang laptop saya (4738z) koq susah bangett ya…

    padahal saya sudah men-setting pada bios untuk booting 1st adalah dvd-rom nya…

    tapi tetap langsung login ke os.

    gimana ya… (mohon dijawab & di share ke alamat email saya juga karena saya jarang ol)

    Tx to Dr. Acer

    1. Dr. Acer says:

      Dear Recki, pastikan DVD Windows adalah DVD yang bootable dan berfungsi dengan baik (dapat dibaca oleh Optical Disc Drive)

  67. vili anggian says:

    buat Dr.acer
    saya baru 2 minggu beli acer 4741 dengan os win 7
    baru 3 hari terserang virus,,lalu di instal ulang di tokonya lagi
    tapi menggunakan win xp
    lalu saya instal ulang sendiri dengan win 7,,tapi dengan versi ulitimate 32 bit
    apakah ada solusinya buat menjadikan os 7 saya menjadi asli lagi,sekarang os saya masih trial sisa waktu 26 hari ???
    apakah os win 7 asli dari acer saat saya membeli ???
    apakah saya perlu membawakannya kembali ke toko tempat saya membeli ???
    dan dalam paket acer 4741apakah tidak dilengkapi cd driver,,waktu saya beli tidak ada drivernya ???

    1. Dr. Acer says:

      Dear @vili anggian, Jika kamu membeli produk Acer yang sudah bundle dengan OS Windows sejak pembelian, kamu bisa melakukan system recovery dengan menekan ALT+F10 ketika muncul logo Acer pada saat booting. System recovery akan mengembalikan sistem notebook kamu kembali ke keadaan ketika pertama kali membelinya.

      CD Driver tidak disertakan dalam paket pembelian, kamu bisa mendapatkan driver yang sesuai dengan tipe laptop dan OS yang digunakan di http://www.acer.co.id > Service & Support > Download Center 🙂

  68. al dan says:

    oea nanya lagi…
    gimana cara ganti walpaper tuk win7 starter coz katanya g bisa d ganti?

    1. Dr. Acer says:

      Windows 7 Starter memang tidak memiliki fitur untuk mengganti wallpaper. Hal ini merupakan limitasi dari Microsoft untuk Windows edisi Starter. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengganti wallpaper. Bisa kamu cari dengan search engine di internet dengan keyword “wallpaper changer windows 7 starter”

  69. al dan says:

    hi Dr. acer…
    saya baru beli acer aspire one D255 Win7…
    bisakah saya ganti menjadi Win Ultimate n gimana caranya?

    dan kira2 berapa biaya untuk up grade RAM yg 1GB menjadi 2GB?

    jawabannya k email sya aj yach

    1. Dr. Acer says:

      Dear Al, untuk upgrade menjadi Windows 7 Ultimate tentu kamu harus memiliki installernya. DVD Instaler Windows 7 bisa kamu beli di toko komputer yang menjual atau melalui web resmi Microsoft.
      Mengenai biaya upgrade RAM bisa ditanyakan langsung ke ACSC di kota kamu atau hubungi hotline Acer: 021-2650 7777

  70. bondan wahyu says:

    Saya menggunakan acer ao532h dg winXP original. Karena saya kurang senang dg winXP maka saya ganti dg cara instal ulang pakai win7(tidak ori).
    Pertanyaan saya, apakah saya bisa mengembalikan ke winXP original lg?
    Mohon penjelasannya…Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bondan, kamu bisa mengembalikan netbook kamu ke settingan awal pabrikan dengan menekan alt + F10 pada saat muncul logo Acer ketika booting. Proses ini bisa dilakukan jika hidden partition tidak dihapus atau tidak mengalami gangguan.

      1. bondan wahyu says:

        Tanya lagi Dok..
        Nyambung dari pertanyaan saya yg diatas.
        Setelah saya instal win7 ternyata lebih nyaman dari sebelumnya. Tp saya mendaptkan masalah pada device manager di bagian network adapter tepatnya pada Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter yang disitu ada tanda peringatan yg setau saya itu menandakan driver tersebut tidak berfungsi dg baik. Sudah saya update drivernya tp gagal trus..
        Bgmn Dok supaya bisa berjalan dg semestinya?
        Mohon penjelasannya. Trima kasih..

        1. Dr. Acer says:

          Dear Bondan, Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita yang memungkinkan untuk membuat koneksi ad hoc. Jika kamu mengaktifkan wireless ad hoc maka driver device ini akan terinstall. Mengenai wireless ad hoc bisa kamu baca di artikel berikut: http://acerid.com/2010/06/berbagi-internet-dengan-wi-fi-notebook/

  71. acer
    kemarin ssaya baru beli acer aspire one d
    D255,ramnya kan cm 1 GB.saya mau up grade jd 2 GB.kira kira berapa yang harus saya bayar untuk up ke 2 GB?

    1. Dr. Acer says:

      Dear @juju setiawan, untuk kepastian harga dan ketersediaan RAM yang sesuai untuk AOD255, kamu bisa mengubungi Hotline Acer di 021-2650-7777 🙂

  72. nagata says:

    Dear dr.Acer
    saya meggunakan AS4741G yg sudah dilengkapi windows7.
    Tapi saya install ulang menggunakan windows XP, yang mau saya tanyakan bagaimana caranya agar saya bisa mendaftarkan windows7 saya lagi, dulu lupa bikin CD recovery, jd hilang semua data bawaan laptop pas pertama beli.
    Terima Kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nagata, jika hidden partition-nya belum terganggu kamu bisa melakukan recovery dengan menekan alt + F10 pada saat muncul logo Acer ketika booting.

      1. Nagata says:

        @Dr. Acer,
        Kalo misal sudah terganggu gimana doc solusinya???
        Apa masih bisa di aktifkan lg win7 bawaannya?? soalnya diitung2 rugi juga, mending dulu beli yg non-OS aja.
        Apakah garansi sudah tidak berlaku dlm kasus kaya gini??

        1. Dr. Acer says:

          Dear @Nagata, Jika Hidden partisinya sudah terganggu, kamu bisa mengunjungi ACSC/P terdekat agar dibantu teknisi Acer mengembalikan hidden partisi tersebut. Kamu juga bisa meminta bantuan teknisi Acer melakukan System Recovery jika kamu kesulitan melakukannya sendiri 🙂

  73. aspire says:

    bagaimana cara setingan power option betrey supaya paling tahan lama dan normalnya berapa jam.apakah d 255 bundle w 7 ori perlu atau tidak perlu anti virus misalnya avira

    1. Dr. Acer says:

      Hai, kamu bisa baca artikel mengenai tips-tips untuk mengoptimalkan daya tahan baterai berikut ini: http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/
      Sebaiknya kamu menginstall Anti Virus di laptop kamu. Microsoft sendiri juga memiliki produk anti virus yaitu Microsoft Security Essentials. Review mengenai aplikasi ini bisa kamu baca di sini: http://acerid.com/2011/01/microsoft-security-essentials-antivirus-gratis-seumur-hidup/

  74. aspire says:

    saya baru beli d255 bundle w7 yang mau saya mempartisi drive c (waktu beli 1 drive) pakai disk management dan berhasil cuma drive c masih besar 150giga ,terus saya partisi lagi drive c rencana hanya 50 giga tapi nggak bisa ada peringatan yang tidak saya mengerti apa karena sudah terinstal program lain lain.
    netbook ini khan tidak ada cd rom nya bagaimana cara spy saya bisa membuat disk image dengan flashdisk karena saya coba tidak mau hrs pakai cd rom external.intinya saya ingin membuat disk image bila sewaktu waktu chrash tidak perlu instal dari awal.bagaimana cara mengetahui windos 7 saya ori atau bajakan krn key product kok beda .apa yang di maksud dengan oem.say baca di atas kalau ori bisa recovery sendiri dengan cara apa tolong langkah dmi langkah bahasa indonesia dan tampilan di layar terus partisi tersembunyi apa aman dari virus.terima kasih atas perhatian dan jawaban nya saya tunggu

    1. Dr. Acer says:

      Hai, kamu bisa melakukan system recovery dengan menekan alt + F10 pada saat muncul logo Acer ketika booting (untuk unit yang bundling dengan Windows). Hidden partition aman dari virus karena tidak bisa diakses dari operating system. Untuk membuat backup image dengan flashdisk kamu bisa menggunakan aplikasi 3rd party seperti Norton Ghost.

      OEM (Original Equipment Manufacturer) istilah mudahnya adalah software atau hardware bawaan dari pabrik. Untuk mengetahui Windows kamu genuine atau tidak adalah dengan mengecek adanya stiker COA. Jika Windowsnya OEM biasanya stiker COA ada di bagian bawah body notebook.

  75. arief says:

    1) apakah baterai 3 cell itu hanya bertahan maksimal 3 jam? dan 6 cell = 6 jam??

    2)kenapa acer 4732z baru, hanya baterainya bertahan hanya maksimal 2 jam? padahal laptop merk lain bisa 3,5 jam dengan pemakaian aplikasi yg sama??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arief, tidak selalu baterai 3 cell bertahan 3 jam dan 6 cell bertahan 6 jam. Hal yang bisa dipastikan adalah baterai 6 cell memiliki daya tahan lebih lama dari baterai 3 cell. Daya tahan baterai bergantung pada voltase yang dimilikinya, ukuran layar notebook, aplikasi yang digunakan, setting brightness, power management, umur baterai, dan lain-lain.

  76. fandi says:

    dear doc………… q punya acer 4540……….. apa bisa d upgrade main boardnya menjadi amd phantom……. ato ada opsi lain…………..
    soalx udah jadul………….
    thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear @fandi, Processor tidak bisa di upgrade/ganti 🙂

  77. pebgo says:

    kalo yg pakai xp original bisa update langsung ga menjadi seven ?
    aku pake notebook acer 532

    1. Dr. Acer says:

      Dear Pebgo, untuk melakukan update tentu kamu harus melakukan pembelian Windows 7 terlebih dahulu baik membeli license key dari Microsoft atau membeli DVD original di toko komputer.

  78. echo says:

    semuanya tergantung kebutuhan dari user, mau OS maupun nonOS memiliki kekurangan dan kelebihan masing2. nah saya lihat disini perbandingan laptop OS dan nonOS tidak terlalu crusial
    1. OS tidak hanya windows sehingga jika budget gak terlalu banyak gunakan nonOS dimana bisa diinstal linux (jelas kelebihan linux lebih banyak)
    2. untuk upgrade RAM biasanya ada paket khusus dengan menambahkan beberapa ratus ribu rupiah untuk upgrade RAM gak sampai harga beli laptop OS
    3. paket laptop yang pre-install windows tidak disertakan cd windows sehingga jika ingin instal ulang tidak bisa dilakukan sendiri dan apabila keservice center untuk instal windows maka ada biaya tambahan (pengalaman di vendor laen saat cb instal ulang milik customer saya)

    jadi pembelian laptop dengan pre-install windows bukan pilihan yang bijak.
    saran saya ke acer semoga juga mendukung open source diindonesia jadi setiap laptopnya sudah bundle OS linux yang umum seperti UBUNTU sehingga masyarakat indonesia bebas dari jeratan microsoft

    1. Dr. Acer says:

      Dear Echo, betul sekali bahwa pilihan dikembali kepada pembeli. Kami hanya ingin mengkoreksi poin nomer 3, laptop yang bundling dengan Windows bisa melakukan install ulang sendiri karena disediakan hidden partition untuk melakukan recovery. Pengguna laptop Acer bisa menekan tombol alt + F10 pada saat muncul logo Acer ketika booting untuk mengembalikan ke factory default.
      Terima kasih atas sharingnya 🙂

  79. caktoha says:

    kenapa di OS windows yang ke install di laptop ACER,product key yg di tempel(stiker) selalu tidak sama dengan product key yang di windows??

    STATUSNYA LEGAL APA GA??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Caktoha, product key tidak tercantum di Windows. Mungkin yang kamu maksud adalah product ID dan ini memang berbeda dengan product key.

      1. caktoha says:

        Dear Dr Acer

        dari sononya ya emang beda Product key sama Product id,saya tau itu
        maksud saya ,kalo kita install windows yg oriq kan harus masukin product keynya kan?
        trus fungsinya apa product key itu,???
        karena kalo saya cek pake software keyfinder ,yang keluar bukan key yang ada di stiker windows yang kita beli(di product ACER)
        lha itu secara legal bisa di anggap bajakan dong walaupun yang install pabrikan,kecuali emang ada kebijakan lain dari micosoft ke ACERnya ato gimana?
        bukanya dari BSA pada saat cek windowsnya di anggep orig apa ga kan di cek dari Product key yang di tempel(di pc/laptop) dengan yang di imput pada saat install windowsnya,kecuali mungkin lisance corporate cuma dengan 1 lisance saja..

        mohon penjelasanya??

        maksih

        1. Dr. Acer says:

          Caktoha, Product Key yang valid adalah yang tertera di stiker COA (kecuali jika Windowsnya sudah diinstall ulang menggunakan installer lain). Jika kamu ingin melakukan installasi ulang (dengan backup DVD maupun Acer Recovery), product key yang dimasukkan adalah yang tertera di COA. Kami tidak bisa memberikan keterangan jelas mengapa ada perbedaan dengan yang tertera di software tersebut kecuali jika mungkin kamu bisa membawa unitnya ke ACSC untuk dicek langsung oleh teknisi Acer kami.

  80. Haris says:

    Dr. Acer.
    Saya pengguna Acer seri ASPIRE 4740G intel core i5 430M, Nvidia Gefore 310M
    window 7 profesional 32 bit.
    2 minggu yang lalu saya mengupgrade RAM Laptop saya dari 2 GB menjadi 4 GB dan dicek di system RAMnya cuma 2,49GB yang USABLE dari 4 GB . kira kira ada gak solusi masalah ram ini…?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Haris, kamu bisa mengupgrade OS Windows ke versi 64bit untuk mengatasi masalah ini.

  81. Thank bgt ya tas jawaban’a. 🙂 mklum agak gaptek hihikhikk

  82. selamat sore dr.acer,saya baru beli laptop acer 4738z, yang mau saya tanyakan bagaimana cara aktifkan Bluetooth? pa ada wi-finya gk ya laptop 4738z?

    1. Dr. Acer says:

      Dear @nita syahrani, AS4738z dengan paket pembelian sudah bundle dengan OS Windows 7, sudah dilengkapi dengan internal bluetooth. Sedangkan AS4738z dengan pilihan OS Linux tidak dilengkapi dengan internal bluetooth.
      Menghidupkan bluetooth bisa dengan menekan Fn+F3.
      AS4738z sudah dilengkapi dengan WiFi 🙂

      1. Thank’s
        Ne ada yg mw d tnya lg. Jd laptop AS4738z sdah d lengkapi dgan OS Windows 7 ya? pa bw’annya? apa beda’a OS Windows 7 dgn Windows2 lain? kyk XP, Vista dll

        1. Dr. Acer says:

          Dear @nita syahrani, AS4738z dipasarkan dengan 2 pilihan OS, Linux dan Windows 7.
          Windows 7 adalah versi windows terbaru yang dirilis oleh Microsoft, banyak perbedaan yang terdapat pada Windows 7 jika dibandingkan dengan Windows sebelumnya, seperti tampilan, keamanan, dan lain sebagainya 🙂

  83. Irman Hamzah says:

    Slmt pagi. Dr. Acer.
    Sudah 4 hari ini saya menggunakan Microsoft Security Essential tapi knp Windows Defender otomatis Turn Off dan tak bisa di On kembali. Padahal sblmx saya gunakan Norton Antivirus, Windows defender juga aktif. Gmn nich Dr. ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Irman, MS Security Essentials memang secara otomatis akan menonaktifkan Windows Defender apabila diinstall. Fungsi Windows Defender sudah tercover oleh MS Security Essentials

  84. John F. Liow says:

    Dear Dr. Acer. Saya pengguna Aspire4738Z kuragn lebih 2 bulan. Tapi dlm penggunaan internet selalu saja muncul: “Additional plugins are required to display all the media on this page. Install missing plugin”. Saya ikuti instruksinya utk Instal Adobe Flash Player 10.1.102.64 (2.66 MB). Berkali-kali di instal, tapi tetap saja muncul kata2 tsb diatas. Apa yg hrs saya lakukan? Mohon bantuannya. Tks

    1. Dr. Acer says:

      Dear John, apakah sudah dipastikan aplikasi Flash Player tersebut benar-benar terinstall? Ataukah baru didownload saja tetapi belum diinstall?

    2. Dr. Acer says:

      Dear John, pada saat menginstall Flash Player biasanya browser tidak boleh diaktifkan. Apakah sudah kamu coba untuk menginstall dengan kondisi browser tidak aktif?

  85. Rudy Manthey says:

    selamat malam dr.acer,saya menggunakan laptop acer 4732z,yang mau saya tanyakan ram di laptop saya hanya 1 gb,apakah mungkin saya menambahkan ram di laptop saya tersebut,maksimal berapa gb dan jenis ramnya apa?,terimakasih sebelumnya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rudy, RAM Aspire 4732 upgradeable hingga 4GB menggunakan 2 keping DDR2 667Mhz

  86. Gimana cara bedain W7 32 bit n 64bit, soalnya say tdk tau Acer saya W7 32bit ato 64bit

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aguz, kamu bisa cek di Control Panel > System & Security > System dan lihat di bagian “System Type”.

  87. hallow dr acer…mau nanya, bgmn menghidupkan bluetoth pada acer 4253, apa yg mesti sy klik..mohon bantuanya

    1. Dr. Acer says:

      Bluetooth pada laptop Acer bisa diaktifkan dengan menekan tombol Fn + F3. Terlebih dahulu pastikan driver bluetooth dan aplikasi Acer Launch Manager sudah terinstall.

  88. ade says:

    assalamualaikum,
    Dr.Yth
    penting kah arti sebuah Hologram windows pada laptop ?
    saya beli 4741 yg i5 tapi tidak menemukan hologram Windows yang isinya SN,
    yg saya tau acer asp 4741 i5 built in win7,
    apa mesti dengan cara alt+f10 ?.
    beresiko kah masuk ke menu installer tersebut ?

    1. Dr. Acer says:

      @ade, Dear Ade, Acer Indonesia memasarkan 4741 core i5 dengan 2 pilihan OS yaitu Linux dan Windows 7 Home Premium. Jika laptop kamu bundling dengan OS Windows 7, kamu bisa menemukan stiker COA Microsoft di bagian bawah laptop.

  89. Dhimas Tri says:

    kenapa kalau Laptop yang sudah pre-instal windows 7 tidak disertakan dalam pembelian? kalau terjadi apa2 (kena virus, error, dll) tu gmn?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dhimas, laptop Acer yang sudah bundling dengan OS WIndows 7 memiliki hidden partition yang bisa dipanggil dengan kombinasi tombol alt + F10 pada saat booting untuk recovery system yang error. Di hidden partition tersebut sudah berisi installer Windows beserta drivernya.

  90. jan ari says:

    jadi kalo kita beli notebook acer yang Windows7 pre-instal, dan terkena virus gmn??
    apakah harus bayar mahal lagi untuk instal w7 original???
    kalo bayar mahal lagii berarti mending milih non os..

    1. Dr. Acer says:

      hi @jan ari, Acer menyediakan erecovery management system untuk mengembalikan setting seperti pabrikan.

      1. @Dr. Acer, gimana dngn OS XP, apakah juga tersedia erecovery management system untuk mengembalikan setting seperti pabrikan? kalau ia gimana caraqnya?

  91. Rahma says:

    Non os aja lah….. pusing pake windows ( 7 atau bukan ) kalau udah kena yang namanya virus…. sekarang sy pakai Acer Aspire One dengan os linux.. hari – hari saya tenang… bebas dari virus…. dan kerja netbook ngga terlalu berat seperti waktu pakai windows…. No offense… Masalah OS ini kembali kepada si pengguna, jadi biarkan saja mereka memilih mau pakai OS apa, jangan didikte ini itu…. keuntungannya sendiri – sendiri antara windows dan non os….
    Trims….

  92. Saya pakai Acer Aspire One 532h-2Bs dengan OS Windows XP. Apakah saya harus ganti OS ke Windows 7 ????

    1. Dr. Acer says:

      hi @Bli Made Jayen, apa ada trouble saat Anda bekerja dengan OS Xp?

      1. @Dr. Acer, Ndak masalah kok, cuman nantinya mengenai dukungan Update dari pihak Windows nya, apakah masih didukung sampai beberapa tahun kedepan?

  93. Patrick says:

    Saya pakai Acer Aspire 4740G, waktu itu dikasih, sayangnya dikasihyg non-OS (ud bagus dikasih, hehehe )
    Bisa saya upgrade ke Acer 4740G yg versi Windows 7 ASLI? Home Basic juga ga masalah, namun alangkah baiknya kalau yang Home Premium.

    Sebelumnya saya pakai S*ny V*IO sdh Windows Vista Home Premium ASLI (saat itu Windows 7 memang belum ada), dan saya bisa install ulang terus menerus, karena sudah ada partisi khusus di harddisknya yg berisi backup Windows-nya yang SEPERTINYA unik dan tidak bisa dipindah-pindah antar notebook, sekalipun tipenya sama. Bahkan, sehabis install ulang (tidak perlu CD/DVD sama sekali! ), saya juga tidak perlu aktivasi karena sudah pre-activated, pertanyaan saya adalah : Kalau di Acer juga begitukah?

  94. 1. acer 4738 VGA nya bisa di ganti/ditambah ga? ?
    2. RAM maksimal bisa sampai berapa untuk acer 4738?

    1. Dr. Acer says:

      hi @Raditya Punto Nugroho, VGA memori tidak bisa di upgrade.

  95. kaha26 says:

    to dr. acer : apakah acer ao532h bisakah di upgrade memory-nya ke ddr3 ? thanx

    1. Dr. Acer says:

      hi @kaha26, maaf, AO532h tidak bisa upgrade ke DDR3, hanya bisa DDR2.

  96. Iwan says:

    Genuine muahal semua, misal laptop pakai OS Genuie (Win7), Office 2010, Corel X5, Photoshop CS5, Autocad 2011 dan 3DMax 2011 belum antivirus, berapa duit semuanya, kapan kita belajarnya. kalo yg genuine cuma OS aja trus kita kerja pakai apa… ujung2-nya pakai bajakan juga, duh tragisnya… ada solusi

  97. lam kenal…semua
    saya punya acer aspireone d255…mau ganti hardis ke yang lebih besar……bagai mana cara….menggantinya…..saya sudah punya hardis yang 320 giga….? ada ga tutorial untuk mengganti itu…dan sekalian sama mau upgrade memorynya…..tanks be 4

    1. Dr. Acer says:

      @edy suarnajaya, kamu bisa membawa netbook kamu ke ACSC terdekat agar dibantu meng-upgrade HDD dan RAMnya 🙂

  98. echo XP says:

    Dr Acer Acer aspire 2930 spesifikasi saya bisa di tambah ga trus batrenya bisa ga seperti acer aspire one lebih lama gt

    1. Dr. Acer says:

      hi @echo XP, spesifikasi apa yang ingin di upgrade? utk baterai tidak bisa karena setiap tipe punya tipe baterai khusus masing-masing

  99. Putra says:

    sama ma kyak guest Ai nanya tentang 4740 kok gag pernah dibahas?, and apakah masi ada di pasaran untuk tipe yg seperti itu

    1. Dr. Acer says:

      Dear Putra, tipe 4740G sudah tidak dipasarkan lagi oleh Acer Indonesia. Tipe-tipe laptop terbaru yang dipasarkan oleh Acer Indonesia secara lengkap bisa dilihat di http://www.acer.co.id

  100. arie says:

    @Dr. Acer, acer 4738z saya bluetoothnya gak aktif bgmna cara aktifkan,saya beli skitar 1 bulan garansi resmi acer osnya xp saat beli.

    1. Dr. Acer says:

      hi @arie, untuk mengaktifkan bluetooth: tekan Fn + F3. Tapi make sure drivernya sudah terinstal ya

  101. yunixa says:

    yg jelek dari laptop acer aspire one adalah cameranya gak sebagus produk lain yg beda merek dan suaranya juga kurang mantap knp bs gitu yah?pdhal kamera udh pakai cristal eye knp gak jelas yah?

    1. Dr. Acer says:

      hi @yunixa, apakah kamu sudah mengatur brightness nya? Jika bermasalah, silahkan dibaca ke Acer Service Center untuk pengecekkan lebih lanjut

    2. akagi says:

      @yunixa, salah besar tuh!!! itu dari setting equalizer-nya loh!!! karena nada equalizer yang kamu pakai masih flat…
      Betul gak Dr.acer?!?

  102. Al says:

    mau tanya lagi..
    untuk Acer seri 4740 tu kog sudah tdk ada lg walaupun hanya sekedar file speknya di web??
    knp pertanyaan #2 tdk diberikan jawaban ataupun komentar?
    trima kasih..

  103. rinaldi says:

    pa dr acer…

    kl mau + ram dari 1gb bs g?

    1. Dr. Acer says:

      hi @rinaldi, maksudnya tambah ram untuk tipe laptop apa?

  104. mencret says:

    tergantung usernya juga. butuh ori apa kaga.
    kalo kayak gw gini pake bajakan juga udah cukup. fitur sama cuman ilegal doang.
    lagian pc gw, gw pake pribadi 😛

  105. Akagi says:

    JELAS YANG NON OS DONG!!!
    KENAPA ENGGAK TERMASUK WINDOWS 7 AJA???
    KARENA WINDOWS 7 YANG TERMASUK DALAM LAPTOP ITU OEM!!!
    KALAU INSTALL ULANG LAGI SUDAH GAK BERLAKU!!!
    NAMBAH SPEC ATAU UPGRADE JUGA GAK BERLAKU LAGI!!!
    OEM ITU HANYA SEKALI PAKAI!!! (PARAH!!!)
    GW PILIH RTM RETAIL!!! (PAKAI BOX LOH!)
    MAHAL SEDIKIT TAPI BISA INSTALL BERULANG-ULANG!!!
    HIDUP NON OS!!! HIDUP LINUX!!!
    HIDUP UBUNCHU!!! HIDUP PIKACHU!!!

  106. 1. Apakah semua produk acer sdh menggunakan windows 7 dlm paket penjualannya?
    2. Sy baru membeli acer 4738z osnya windows xp,bgm cara mengetahui apakah osnya bajakan atau asli
    thanks

    1. Dr. Acer says:

      hi @kusworo ariebowo, untuk jawaban no.1 ya, kamu bisa mengeceknya di spesifikasi kami di http://www.acer.co.id

      No.2, silahkan cek di website microsoft untuk ini.

  107. Al says:

    1. setuju dengan yang di atas..
    2. kenapa jg yg biasa dipasarkan spt-nya haya u/ 7 starter atau home premium y?padahal dari microsoft sndri sudah sampai 7 ultimate, yg tampilannya lbh bagus kalau dilihat.
    3. untuk RAM,apa bnar beda?

    1. Dr. Acer says:

      hi @Al, #3, Memang ada perbedaan untuk RAM. Kamu bisa cek di setiap spesifikasi laptop keluaran Acer http://www.acer.co.id

    2. Dr. Acer says:

      hi @Al, fitur yang tersedia di Windows Ultimate lebih ditujukan untuk corporate user, sebagai contoh fitur security: Bitlocker, AppLocker, dll

      Untuk notebook Acer lini Aspire yang ditarget adalah segmen consumer dan SOHO, sehingga dgn fitur2 yang ditawarkan di Windows HP sudah cukup.

  108. Bayus says:

    1. Kalo emang pake windows 7 original adalah pilihan yg lebih baik, knapa acer menyediakan paket yang non os…?

    2. Apakah Ada jaminan dari pihak microsoft,kalau pakai microsoft security esensial windows akan bebas dari virus…..?

    1. Dr. Acer says:

      hi @Bayus, Acer memahami kebutuhan konsumen yang berbeda-beda, termasuk bujetnya. Untuk itu kami menyediakan ragam produk yang dilengkap OS dan non OS

      #2 Sebetulnya pertanyaan ini lebih tepat Anda ajukan ke Microsoft ya. Namun kami coba bantu menjawab, bahwa di paket Microsoft Security Essentials WIndows akan memberikan alert secara regular.

      Jadi kembali pada habit user untuk secara regular melakukan pemeriksaan. Hal lain yang menjadi kelebihannya adalah fitur ini free dan berlaku seumur hidup. Jadi tidak perlu tiap tahun Anda memperpanjang lisensinya.

      Semoga hal ini menjawab pertanyaan Anda.

      1. risky says:

        dear acer…….
        numpang nny nh….
        sya pengguna acer aspire 4741-5452g50mnk

        1. manksud di suruh instal make sure driver pd bluetooth apa c….???

        2. cara ngatasin internet kg lemot gmn, selain dri jaringan trb (tolong secara ditel)….???

        3. sya beli laptop baru” nh, setiap d pake full batre’na cm brtahan kisaran kurang dari 2 jam. apa rusax, msa baru beli dh rusax….????

        4.bagusan mana windows 7 premium dgn windows XP nasa sparta 2010 (sekalian sm hrga’na)….???

        5. ada ga software anti grafik, sal’na kl d bwt maen games sring macet…..???

        6. kl ngecex” doank d acer resmi bayar ga, garansi masih berlaku, tapi windows’na 7 ultimate….???

        1. Dr. Acer says:

          hi @risky, kami telah mengirimkan jawaban dari pertanyaan Anda lewat email. Mohon cek email Anda.

          salam,
          dr. Acer

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved