Aspire 4552: Notebook Ekonomis yang Serba Bisa

Notebook ini adalah notebook yang ekstra murah. Paket penjualannya, lengkap dengan OS Windows7 (Home Basic) berada di kisaran empat jutaan rupiah saja! Aspire 4552 dalam pengujian ini adalah notebook Acer paling murah yang sudah dilengkapi dengan OS Windows7. Mengingat harganya yang masuk dalam golongan notebook paling ekonomis, apakah berarti Aspire 4552 memiliki performa yang rendah?

Acer Aspire 4552 (versi dengan Windows7)

Prosesor: AMD Athlon II P340 (Dual Core, 2.2 GHz, 1 MB L2 Cache)
Memori: 2 GB DDR3
Harddisk: 320 GB
VGA: ATI Radeon™ HD 4250
LCD: 14”
Resolusi LCD: 1366 x 768 piksel
Jumlah USB port: 3
HDMI port: ya
Konektivitas: Wi-Fi, Bluetooth
Webcam: 1,3 MP
Card reader: 5-in-1
Optical Drive: DVD-RW

Penampilan: Sederhana namun Modern

Nyaris tidak ada perbedaan antara seri 4738z dengan 4552. Notebook ini hadir dengan penampilan notebook 2010 yang memakai model pattern pada permukaannya. Jadi, Anda tidak akan merasa menggunakan notebook “kuno” meski hanya membayarkan uang 4 jutaan rupiah untuk menebus notebook ini.

“Mesin” Unik: AMD Vision

AMD Vision adalah paket prosesor dan VGA produk AMD yang digunakan pada notebook ekonomis ini. Prosesor yang digunakan acer aspire jenis ini adalah Athlon II P340 (dual core, 2.2 GHz, 1 MB L2 Cache). Sementara VGA-nya adalah ATI Radeon™ HD 4250 dengan memori 256 MB. Keunikan dari perpaduan ini adalah prosesor 2.2 GHz yang dipakai ini diperkuat dengan VGA yang cukup bertenaga, jauh di atas VGA onboard biasa yang ditemui pada notebook tahun 2009.

Masih banyak lagi spesifikasi Acer Aspire 4552 yang akan dibahas. Bagi spAcers yang penasaran, dapat membaca lanjutan artikelnya di sini Aspire 4552: Notebook Ekonomis yang Serba Bisa (Bagian 2)

Image Gallery :

234 Responses to Aspire 4552: Notebook Ekonomis yang Serba Bisa

  1. Dear Dr. Acer, dua anak saya menggunakan notebook yang sama, yaitu acer aspire 4552 untuk keperluan sekolahnya. Saat ini saya berencana mengupgrade kedua notebook tersebut. Apa saja yang bisa di upgrade untuk notebook tersebut semaksimal mungkin. Kalau bisa dengan perincian biayanya. Alas bantuannya kami ucapkan Terima kasih

    By A Prabowo Reply
    • Dear Prabowo, komponen yang dapat di upgrade dari sebuah laptop adalah RAM dan Harddisk. Untuk RAM, AS4552 support hingga 8GB menggunakan kedua slot RAM yang disediakan, sedangkan untuk Harddisk support hingga lebih dari 500GB. Untuk info harga sparepart, kamu bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja

      By Dr. Acer Reply
  2. Di Bogor belum ada acer service center? :(

    By A Prabowo Reply
    • Dear Prabowo, untuk wilayah Bogor, tersedia Acer Authorized Service Provider di Plaza Jambu Dua :)

      By Dr. Acer Reply
  3. Milik saya Acer Aspire 4552 P-341632 Mnkk, yang RAM versi standarnya 1 GB, berapa maksimum RAM yang bisa saya upgrade? Bisakah sampai 8 GB RAM?

    By Agus Setia Purnomo Reply
    • Dear Agus, tipe Aspire 4552 dapat diupgrade maksimal hingga 8GB (2 slot x 4GB).

      By Dr. Acer Reply
  4. numpang nanya dok.. ini RAM 4552 yg benar 1GB atau 2GB ya??

    By muhammad ramandho Reply
    • Dear Muhammad, AS 4552 dipasarkan oleh Acer Indonesia dengan RAM standar 2GB :)

      By Dr. Acer Reply
  5. Assalamualaikum,
    saya pengguna acer aspire 4552 nih, akhir2 ini laptop suka mati sendiri sama suaranya bising. Laptop blm diupgrad (masih 1gb)
    kenapa ya??
    oiya, waktu diinstall ulang juga gagal mulu
    jd pusing nih

    By Hakim Reply
    • Dear Hakim, kemungkinan suara bising tersebut disebabkan karena kotoran yang menempel pada fan prosesor, dan jika sudah semakin berat beban putarnya akan mengakibatkan panas/suhu yang tinggi sehingga pada titik maksimal menyebabkan system autoshutdown secara mendadak. Untuk penanganan dan perbaikannya kami sarankan bawa unitnya ke Acer service center (daftar lokasi tersedia pada bagian bawah halaman blog ini).

      By Dr. Acer Reply
  6. mau tanya acer 4552 layar kok ngeblank itu yang rusak chpset atau kabel flexibelnya mohon bantuannya.

    By ervan suryadi Reply
    • Dear Ervan, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

      By Dr. Acer Reply
  7. detail hd ni acer 4552 apaan dok? ane mo ganti hdnya ,. 4552 ane muncul “windows detect a hardisk problem” jdi mao ane ganti, tapi ane g tau speknya kira2 hd ini cocok tidak “HDD Notebook 2.5-Inch Toshiba SATA-II 320GB” . thanks

    By emassalah Reply
    • Hai, kamu bisa menggunakan hardisk dengan spesifikasi HDD Serial ATA-300 • 5400 rpm • 300 MBps :)

      By Dr. Acer Reply
  8. dok saya ganti ram tapi bingung cara buka laptopnya ?
    ga seperti biasanya dok belakangnya rata

    By aldryy Reply
    • Aldryy, Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kami sarankan untuk melakukan upgrade RAM di Acer Service Center :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Dok saya ganti RAM yang tadinya 1GB menjadi 4GB tapi kenapa Memory Usage hanya 1GB apakah memang batas pemasangan RAM hanya 1GB ?
    Saya menggunakan OS Windows 7 32BIT

    By Afrizal Hidayatulloh Reply
    • Dear Afrizal, agar RAM terbaca keseluruhan, kamu juga harus menggunakan OS WIndows 7 64BIT.

      By Dr. Acer Reply
  10. Dok, apa masih ada part keyboard Acer Aspire 4552.?

    By Fransisco Reply
    • Fransisco, untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart seperti itu sebaiknya hubungi Acer Contact Center di nomor telepon 500-155 atau kunjungi langsung salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply
  11. bios saya password, karena itu sudah lama saat saya mau install ulang saya lupa password biosnya ?
    adakah cara agar saya bisa mereset passoword yang ada pada biosnya ?

    By andi Reply
    • Andi, untuk mereset password BIOS dibutuhkan pembongkaran badan laptop. Untuk itu sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di http://acerid.com agar bisa dibantu langsung oleh teknisi Acer

      By Dr. Acer Reply
      • kalo harus saya bawa ke acer service center, berapa biaya yang harus saya keluarkan ?

        By andi Reply
        • Untuk produk yang masa garansinya telah habis dikenakan biaya jasa service sebesar 165,000 tidak termasuk biaya sparepart jika ada yang perlu diganti (sebelumnya akan dikonfirmasikan ke customer). :)

          By Dr. Acer Reply
        • Untuk produk yang masa garansinya telah habis dikenakan biaya jasa service sebesar 165,000 tidak termasuk biaya sparepart jika ada yang perlu diganti (sebelumnya akan dikonfirmasikan ke customer). :)

          By Dr. Acer Reply
  12. Dok,acer yg ini harga nya brapa ya? Trims

    By Fernando Jason Reply
    • Fernando, saat ini AS4552 sudah tidak dipasarkan lagi oleh Acer Indonesia. Kamu bisa melihat lini produk terbaru Acer Indonesia di http://www.acer.co.id > Products :)

      By Dr. Acer Reply
  13. dok kan ane mau install ulang pake xp kok pas abis partisi dn copy file kan harus nya restart dan proses penginstallan ya. kok ini malah disk error si dok ?

    By cicrock Reply
    • Cicrock, sudah coba menggunakan keping CD/DVD Installer OS lainnya? Kemungkinan problem tersebut terjadi karena keping CD/DVD yang sudah tidak sehat

      By Dr. Acer Reply
  14. permisi numpang tanya gimana caranya recovery kembali windows ori nya pada aspire 4552 ini ?
    (sy coba alt+f10 kok gak mau ya)

    By Jay Reply
    • Jay, System Recovery bisa dilakukan menggunakan aplikasi Acer eRecovery, atau dengan menekan ALT+F10 ketika muncul logo Acer pada saat booting. Jika laptop kamu tidak bisa melakukan System Recovery, kemungkinan laptop yang kamu beli adalah produk Acer dengan OS Linux, atau hidden partisi yang ada pada laptop sudah hilang atau rusak ketika dilakukan perubahan susunan partisi atau instalasi ulang OS :)

      By Dr. Acer Reply
  15. saya adalah pengguna acer 4552, setelah saya upgrade ram dari 1gb menjadi 5gb(1gb+4gb) yg 4gb adalah ram produk V-gen. yg saya tanyakan knapa laptop saya jadi sering mati sendiri dan restart sendiri

    By supriyanto Reply
    • Supriyanto, untuk penggunaan RAM diatas 3GB pastikan OS yang digunakan adalah OS Windows 64bit :)

      By Dr. Acer Reply
  16. saya beli acer aspire 4552 tapi tidak ada cd driverya apa memang begitu?bagaimana cara aktivasi produknya ?tks mohon dijawab

    By asna heliani Reply
    • Asna, jika kamu membutuhkan driver kamu bisa mendownloadnya melalui http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers . Untuk aktivasi, jika yang kamu maksud adalah aktivasi Windows, kamu harus membeli product key berlisensi resmi untuk melakukannya. Kamu bisa membelinya di toko-toko software yang resmi menjual produk windows.

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.