Acer Aspire 4745G: Performa Kelas Atas, Harga Terjangkau

Acer Aspire 4745G sudah hadir di Indonesia beberapa lama. Notebook ini seakan hanya merupakan ‘refresh’ bagi jajaran notebook Acer dengan prosesor Core i5 terdahulu yang memiliki sistem grafis. Akan tetapi, hasil pengujian akan membuktikan bahwa ini bukan notebook biasa yang hanya mengandalkan harga jual yang terjangkau.

Desain baru: Tipis!

Ya, Acer kini sudah kian mempopulerkan desain notebook yang lebih tipis dibanding notebook terdahulu. Tantangannya adalah untuk menghadirkan performa dan fitur yang sama atau lebih baik, dengan bentuk notebook yang lebih tipis. Acer Aspire 4745G hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

Anda bisa menemukan 3 USB port di sisi kanan dan 1 di sisi kiri. Ini berarti, 4745G memiliki total 4 port USB! Jumlah yang banyak untuk notebook berdimensi tipis. Di bagian depan, Anda akan menemukan sebuah slot card reader untuk SD/MMC, MS, dan beberapa jenis memory card mungil lainnya yang umum ditemui di pasaran. Di sisi kiri, Anda juga bisa melihat adanya port D-SUB (VGA) dan HDMI untuk menghubungkan notebook ini ke monitor atau TV. Oh, ya, di sisi kiri ini juga terdapat sebuah jack RJ45 untuk mengoneksikan acer 4745G ke LAN (jaringan) atau modem.

Spesifikasi:
Prosesor    Intel Core i5 M430
Speed 2.27 GHz L2 Cache 3 MB
Memori    DDR3 2 GB 1066
Hard disk    640 GB 5400RPM
Graphics    Intel GMA HD + ATI HD5470 512MB
Layar    14.1 ” 1366 x 768
Koneksi wireless        Wi-Fi Atheros AR5B93 b/g/n
Bluetooth 2.1
USB    4
HDMI    1
D-Sub    1
Audio In/out    1
Ethernet    Atheros AR8151 Gigabit
Webcam    1.3 pixel
Card reader    5 in 1
Optical Drive    DVD-RW
Daya Baterai    4400 mAh 10.8V
Ukuran (mm)    344.4 X 212 X 13.5-28
Berat (kg)    2,2 Kg

Performa acer 4745G

Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.

Performa notebook ini untuk aplikasi sehari-hari ternyata dahsyat. Meski kapasitas RAM terpaut 2 GB dibandingkan Acer Timeline X (4820TG), performanya ternyata tidak jauh berbeda. Jangan bandingkan acer 4745G dengan notebook dengan prosesor Core2 Duo ya. Tidak ada notebook dengan prosesor Core2 Duo yang mampu bersaing dengannya.

Kemampuan Gaming
Dengan tersedianya sistem grafis khusus, ATI mobility HD5470, Acer Aspire 4745G sudah sewajarnya memiliki setidaknya secercah kemampuan untuk bermain game. Mari kita lihat terlebih dahulu kemampuan grafis 3D-nya dari sisi benchmark sintetis (kinerja teoritis).

Terlihat adanya perbedaan yang drastis antara penggunaan sistem grafis terintegrasi (Intel) dengan ATI HD5470. Melihat jauhnya perbedaan ini, kami akan sangat menyarankan Anda untuk menghidupkan ATI HD5470 saat bermain game 3D.

Software ini kami uji sekadar untuk memberikan acuan bagi Anda yang sudah terbiasa melihat sjor 3Dmark Vantage. Skor yang diperoleh ini adalah skor untuk rating “E” atau entry. Skor 6000an berarti, ATI HD5470 yang digunakan, tergolong baik, tapi setting game harus berada di posisi rendah atau bahkan terendah.

Resident Evil 5

Benchmark ini akan menampilkan kemampuan sesungguhnya dari sebuah sistem komputer saat digunakan menjalankan game Resident Evil 5. Game ini tergolong cukup baru dan lumayan berat.

Dengan setting medium, game ini menampilkan frame rate di atas 30 fps. Ini artinya, game masih bisa dimainkan dengan lancar (di bawah kisaran 25 fps, game akan terlihat tersendat). Cukup baik untuk sebuah notebook dengan harga yang relatif terjangkau.

DIRT 2 Demo
Game ini adalah salah satu game balapan yang adiktif dan terkini. Game balapan biasanya lebih sensitif terhadap lonjakan frame rate. Jadi, kami melakukan 3 kali pengujian untuk melihat kisaran frame rate rata-rata dan minimumnya. Frame rate (fps) minimum yang jauh di bawah 25 fps menunjukkan bahwa game berjalan dengan agak tersendat, tapi mungkin masih cukup nyaman dimainkan. Frame rate (fps) rata-rata di bawah 30 fps menunjukkan bahwa game sama sekali tidak nyaman dimainkan.

DIRT2 Demo (MEDIUM setting)


Pada setting medium, dapat dilihat bahwa game berjalan tidak nyaman. Rata-rata frame rate masih di bawah 30 fps. Wajar jika game seberat ini susah untuk dijalankan dalam setting medium.

DIRT2 Demo (LOW setting)

Dengan menggunakan setting low, game ini sudah bisa dimainkan dengan cukup nyaman. Sesekali frame rate drop ke kisaran 21-23 fps, tidak terlalu jauh di bawah 25 fps. Jadi, secara keseluruhan, game ini sudah sangat playable. Ini sangat baik, mengingat game balapan moderen umumnya susah dimainkan dengan notebook.

Devil May Cry 4
Pengujian game ini terdiri dari 4 scene berbeda. Scene ke-4 adalah bagian yang terberat untuk sistem grafis. Sementara scene ke-3 cukup berat untuk prosesor. Pengujian kami lakukan dengan 2 setting untuk memperlihatkan kemampuan 4745G secara menyeluruh.

Terlihat dari scene 3 bahwa prosesor pada Acer 4745G ini tidak mengalami masalah menghadapi game yang berat. Sementara itu, sistem grafis kelas menengah-bawah pada notebook ini memang sedikit kewalahan dalam menghadapi setting HIGH. Hal ini terlihat pada scene 4. Akan tetapi, Acer 4745G masih mampu melahap game DMC4 dengan setting MEDIUM pada scene manapun. Ini berarti, kemampuan gaming-nya tergolong cukup baik.

Daya Tahan Baterai
Untuk menguji daya tahan baterai Acer 4745G, kami gunakan Mobile Mark 2007. Benchmark suite ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe. Semua software tersebut dipadukan dalam satu instalasi yang diterbitkan oleh Bapco (www.bapco.com). Jadi, pengujian ini tidak berjalan dengan meotde standby atau full-load. Akan tetapi, dengan simulasi pekerjaan sehari-hari yang sudah disahkan oleh konsorsium Bapco yang meliputi banyak sekali produsen produk IT.

Di sini terlihat keunggulan sistem grafis terintegrasi Intel HD. Selain masih sanggup memainkan film dengan resolusi full HD 1080p, sistem grafis ini mampu membawa Acer 4745G mencapai 6 jam kerja dalam tes Mobilemark 2007! Sebuah hasil yang mengagumkan, mengingat TimelineX mampu melampaui 8 jam kerja dengan Mobilemark 2007. Berarti, acer 4745G hanya tertinggal 2 jam lebih dibandingkan TimelineX, atau hanya sekitar 25%-30% lebih boros dibandingkan jawara daya tahan baterai kita. Angka 6 jam membuatnya sangat layak untuk digunakan untuk kebutuhan presentasi di luar ruangan. Dan kebutuhan lain yang membutuhkan mobility tinggi.

Kesimpulan
Anda memimpikan TimelineX (4820TG) namun tidak memiliki dana untuk mempersuntingnya? Mungkin Acer Aspire 4745G ini bis amenjadi pilihan yang baik. Performanya terpaut sangat tipis dengan TimelineX. Dimensinya hanya sedikit lebih tebal dari TimelineX 4820TG. Sementara itu, daya tahan baterainya tidak terlalu buruk dibandingkan TimelineX. Kinerja baterainya sebenarnya sangat baik jika dibandingkan dengan notebook pesaing lainnya yang umumnya berada di kisaran 3-5 jam (Mobilemark 2007).
Patut dicatat bahwa pengujian ini dilakukan dengan Acer Aspire 4745G versi awal yang menggunakan prosesor Intel Core i5 430. Hadirnya versi refresh terbaru dari 4745G yang menggunakan Intel Core i5 450 seharusnya membawa notebook ini ke tingkat performa yang lebih tinggi lagi. Acer Aspire 4745G adalah notebook dengan performa keseluruhan tinggi, performa gaming yang lumayan baik, dan daya tahan baterai di atas rata-rata. Dengan harganya yang relatif ekonomis, Acer Aspire 4745G adalah notebook serba bisa kelas menengah terbaik yang dapat Anda temui saat ini.

Image Gallery :

905 Responses to Acer Aspire 4745G: Performa Kelas Atas, Harga Terjangkau

  1. night dok, harddisk saya (acer 4745G) rusak , di startup ga kelar-kelar.. di startup repair juga ga selesai-selesai.. ad cara untuk perbaikinya ga dok? kalau ganti yang baru harga harddisknya 640gb berapa harganya dok?
    thanks a lot

    By mahmud Reply
    • Dear Mahmud, untuk info ketersediaan dan harga HDD Aspire 4745G, silahkan kamu menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) atau kamu bisa langsung datang ke Acer service center terdekat yang lokasinya bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  2. Acer aspire 4745G yg HDDnya 640 GB, processornya bisa di jelasin dok? Trimakasih.

    By parlin yakub Reply
    • Dear Parlin, saat ini Aspire 4745G sudah tidak dipasarkan. Kamu bisa pertimbangkan tipe Aspire E1-472G dengan kisaran harga 7,699,000, spesifikasinya adalah:
      Intel® CoreTM i5-4200U processor (1.60 GHz with Turbo Boost up to 2.60GHz)
      Linpus
      14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit
      4GB DDR3
      500GB
      2GB NVIDIA® GeForce® GT 820M
      Bluetooth® 4.0
      HDMI Port
      DVD-Super Multi double-layer
      WiFi Link 802.11b/g/n
      Acer Crystal Eye webcam
      2-in-1 (SD Card; MMC)
      Two built-in stereo speakers

      By Dr. Acer Reply
  3. Dok,,saya punya acer aspire 4745G,,saat startup lama,,bisa sampe 20 mnit.,sudah instal ulang OS win 7, tp problem tetap sama.,kira-kira msalah na dmn y.?
    mohon pencerahan.,

    By Arga S Reply
    • Dear Arga, kamu bisa coba dengan cara mengurangi program-program yang otomatis aktif ketika menyalakan laptop. Program-program komputer yang jarang digunakan sering kali tetap aktif dan mengurangi kecepatan laptop saat pertama kali dihidupkan. Non aktifkan program-program tersebut dengan mengetik “msconfig” pada kotak pencarian yang terdapat pada Start Menu. Di bawah tab “Start Up” hapus tanda centang program-program yang jarang digunakan.

      By Dr. Acer Reply
  4. siang dok ..
    mau nanya nih …
    laptop ga bisa nyala lagi walaupun make baterai n lepas baterai ..
    semalam masih nyala smpe pagi tadi ..
    mohon pencerahan nya ya ..
    Andy

    By Andy Putranto Reply
    • Dear Andy, untuk problem itu kamu bisa coba terlebih dahulu melakukan power reset dengan langkah-langkah sebagai berikut:
      1. Lepaskan baterai laptop dari tempatnya dan cabutlah charger dari laptop kamu.
      2. Tekan dan tahan tombol power pada laptop kamu selama 30 detik, setelah itu lepaskan.
      3. Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop ditempatnya.
      4. Setelah semuanya terpasang, coba nyalakan lagi laptop kamu.
      Jika masih tetap terkendala, kami sarankan bawa unitnya ke Acer service center yang lokasinya bisa dilihat pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  5. batrai saya sekarang cuma kuat 1 jam saja.
    klo mau beli batrai di semarang di mn dok..??

    By rizky naim Reply
    • Dear Rizky, untuk pembelian sparepart termasuk baterai resmi Acer kamu bisa datang ke Acer service center di Thamrin Square Blok C No.11,Jl. Thamrin No.5, Semarang.

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Rizky, untuk pembelian sparepart termasuk baterai resmi Acer kamu bisa datang ke Acer service center di Thamrin Square Blok C No.11,Jl. Thamrin No.5, Semarang. :)

      By Dr. Acer Reply
  6. dok….
    saya lagi butuh driver acer aspire 4745G untuk yang 32-BIT….
    saya sudah cari di mbah google dan di web induk acer tapi gag nemu juga…
    kalo ada mohon bantuannya.
    email : prastyoabdinugroho@gmail.com

    By Prastyo Reply
    • Dear Prasetyo, mohon maaf untuk Aspire 4745G hanya tersedia driver Windows 7 64-bit. Kamu bisa coba mencarinya langsung ke website resmi vendor sparepart pendukungnya.

      By Dr. Acer Reply
  7. Numpang tanya Doc, laptop saya accer 4745G OS sekarang win 7 32 bit. saya cari driver karena mau instal ulang tapi yang di Accer 64 bit.
    pertanyaannya:
    1. OS support aslinya utk accer 4745G 32 or 64 Bit
    2. RAM maksimal untuk upgrade accer 4745G berapa?
    3. Cara memanipulasi Win 64 menjadi 32 gmn? apakah bisa karena ada beberapa software buat kerja memakai 32 bit.

    Terimakasih

    By andy syarif abdullah Reply
    • Dear Andy,
      1. AS4745G bekerja lebih optimal dengan OS 64bit.
      2. AS4745G Support untuk RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM Yang disediakan.
      3. Sebagian besar software 32bit dapat dijalankan dengan lancar pada OS 64bit. Jika terdapat kendala, sebaiknya install kembali software tersebut sesuai dengan versi bit OS yang digunakan

      By Dr. Acer Reply
  8. Sore dok…. Hairul lg nich…. heheheheheeee…
    Biasanya maen PES2013 lebih dari 10 jam oke2 ajah… tapi semalam lg asik maen PES2013, baru 1 jam, kok tiba2 mati…
    Gak bisa nyala lg… walau pada posisi di charger…
    Lepas Batre, pakai listrik doang juga gak bisa idup…
    Pakai batre + listrik, ga idup juga…..
    BINGUNG…
    Kira2 kenapa tuch dok….

    By hairul Reply
    • Hai, Hairul. Ada kemungkinan terjadi gangguan pada kipas pendingin sehingga terjadi overheat. Untuk memastikan penyebab gangguan tersebut sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

      By Dr. Acer Reply
  9. Keren nih laptop, gw beli 4745g yg radeon 5650 + tambah ram jd 4gb. beli dr tahun 2011′an sampe skrng msh manteb. padahal tiap malem selalu nyala sampe pagi ni laptop, sering maen game ketiduran wkwk. selalu dibawa2 jg dr jaman kuliah sampe skrng ke tmpat kerja.

    cuma pernah sekali rusak hardisk’a doank, bad sector, itu jg gara2 hardisk’a gw pake hampir full cuma sisa 9 gb’an aja. abis ganti hardisk ga prnah ada masalah apa2, paling batre aja uda bocor.

    performa keren, maen crysis 3 aja lancar, tp seting’a jng ultra high wkwk.

    By Ilham Prabowo Reply
    • Terima kasih Ilham untuk testimoninya :)

      By Dr. Acer Reply
  10. Permisi dok, saya habis reinstall os win 7 home premium 64bit. Pada saat penginstallan driver vga ati hd 5470 laptop saya black screen,dan restart sendiri. Tapi jika saya masuk safe mode dan uninstall driver vga ati nya,laptop saya berjalan normal. Cara mengatasi untuk penginstalan driver vga ati nya bagaimana ya dok? Terima kasih

    By Mateus Eko Reply
    • Hai, Mateus. Coba pastikan kamu menginstall driver yang sesuai dengan versi windows yang kamu gunakan.

      By Dr. Acer Reply
  11. met malem mau tanya ada gak yah usb.3 untuk usb 2.0 yang sebelah kanan, mau q ganti neh yang sebelah kanan,

    By sabil Reply
    • Hai, Sabil. USB 2.0 tidak bisa diganti ke USB 3.0

      By Dr. Acer Reply
  12. malam dok

    laptop saya aspire4745g

    bisa saya install pes 2013

    saya sudah instal nfs most wanted tapi kq gak bisa di play yah

    mohon pencerahannya terima kasih

    By roxi Reply
    • Hai, Roxi. Ada kemungkinan terjadi kesalahan pada saat kamu menginstall game tersebut. Coba konsultasikan ke pihak pembuat game yang bersangkutan.

      By Dr. Acer Reply
  13. Dok, mau nanya, 4745G di web Acer cuma ada driver Win 7 64bit, Saya mau install Win 8.1 64bit. Itu kompatibel gak?

    By Rei Reply
    • Dear Rei, jika kamu menggunakan driver yang tidak kompatibel dengan versi Windowsnya akan menimbulkan error pada sistem Windows dikarenakan versi driver tidak sinkron dengan versi hardwarenya. :)

      By Dr. Acer Reply
  14. permisi dok, saya mau tanya. Laptop saya acer 4745G, saya melakukan install ulang pada laptop saya. Dari win 7 home premium menjadi win 8.1 pro. Dan pada saat penginstallan driver, driver vga ati MOBILITY RADEON HD 5470 laptop saya malah blank screen,tapi ketika masuk safe mode dan disable driver vga ati nya laptop saya berjalan normal. Drivernya sudah saya pakai yg terbaru untuk win 8.1. Bagaimana yah untuk mengatasi permasalahan tersebut ? Terima kasih

    By Mateus Eko Reply
    • Hai, Mateus. Pastikan kamu menginstall driver yang sesuai dengan OS yang kamu gunakan. Saat ini Acer Indonesia tidak menyediakan driver windows 8.1 untuk Aspire 4745g sehingga penggunaan OS tersebut pada laptopmu akan tidak optimal.

      By Dr. Acer Reply
  15. dr acer lopie saya untuk mobo di vonis TKO setelah di bawah ke acer cos&serv bpn, rincian lopie saya lampu power hidup, cooler running normal tapi bios tidak jalan ini karena saya update bios bisa ngak yach lopie saya di bangunkan dari koma….? please tolong Dr sembuhkan dia dari koma trims

    By casper Reply
    • Dear Casper, jika kerusakan terjadi pada hardware, update software tidak bisa membantu untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Kami sarankan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Acer Service Center untuk perbaikan unit kamu

      By Dr. Acer Reply
  16. dock.mau nanya nih, apakah laptop acer 4736z vga nya intel, apakah bisa di rubah ke nvidia dan apakah ramnya bisadi ubah dari 1giga ke 3giga????mohon pencerahnya.trima kasih

    By upik yasin Reply
    • Hai, Upik. RAM pada Aspire 4736z bisa diupgrade namun VGA pada laptop tidak bisa diubah/diupgrade

      By Dr. Acer Reply
  17. Dok, baterai laptop saya sudah drop setengah, jadi di indikator baterai sudah 50% sudah saya charge, itu pengaruh gak ke motherboard?

    By Samsudin Reply
    • Hai Samsudin, tidak berpengaruh ke Motherboard. :)

      By Dr. Acer Reply
  18. Siang Acer.
    Saya mau upgrade memory laptop saya acer aspire 4745G.
    Mau tambah memory yang 4GB biar jadi 6GB karena defaultnya laptop saya hanya 2GB.

    Apakah bisa saya upgrade dgn memory CORSAIR 4GB PC-10600 1333MHz ??
    Mohon bantuannya.. Terima kasih..

    By Alex Reply
    • Dear Alex, kamu bisa gunakan RAM dari vendor yang sesuai dengan preferensi kamu, tetapi pastikan tipe RAM tersebut sesuai dengan RAM standar pembelian pada laptop kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  19. Siang Dok…
    ACER 4745G ini VGA-nya pakai ATI 512MB…
    Kalau saya mau upgrade VGA jadi 1GB, atau ganti dengan NVIDIA, bisa apa tidak dok..

    By hairul Reply
    • Dear Hairul, VGA pada laptop tidak dapat diupgrade/diganti :)

      By Dr. Acer Reply
  20. Halo Dok, Bagaimana cara menghidupkan Bluetooth nya?

    sudah saya ketik Fn+F3 tetap tidak terbuka.

    By 4Di Reply
    • Dear 4Di, pastikan driver bluetooth sudah terinstall dengan benar pada laptop kamu, sesuai dengan OS yang kamu gunakan

      By Dr. Acer Reply
  21. Dr. Acer kira kira harga second nya berapa yaa?

    By Ananda Reply
    • Dear Ananda, mohon maaf kami tidak memiliki informasi harga jual kembali produk Acer tersebut, silahkan coba mencarinya dengan bantuan penelusuran google :)

      By Dr. Acer Reply
  22. Malam Dr.Acer, kalau saya ingin beli baterai untuk tipe 4745G yang original dan resmi dari acer khususnya di kota Surabaya dimana ya dok? Dan harganya berapa dok? thanks dok.

    By Divi Reply
    • Hai Divi, kamu bisa mengunjungi Acer service center di BG Junction Lt.L2 C65-68 Jl. Bubutan No1-7, Surabaya. Untuk mengetahui informasi harga dan ketersediaan sparepart resmi Acer sebaiknya menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja :)

      By Dr. Acer Reply
  23. Dok, saya mau upgrade ram laptop ini menjadi 8 gb. Apa perlu dibawa ke service center acer? Terima kasih.

    By Agrippin L F Reply
    • Dear Agrippin, Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya upgrade dilakukan di Acer Service Center :)

      By Dr. Acer Reply
  24. Malam dok… Mau minta rokemendasi APLIKASI yang bagus (bisa Chat dan Foto-Foto), yang cocok untuk Webcam Acer 4745G.

    By hairul Reply
    • Hairul, mohon maaf kami tidak memiliki rekomendasi aplikasi tertentu. Namun kamu bisa mencoba mencari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu melalui situs-situs yang khusus membahas mengenai software komputer.

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.