Acer Aspire 4745G: Performa Kelas Atas, Harga Terjangkau

Acer Aspire 4745G sudah hadir di Indonesia beberapa lama. Notebook ini seakan hanya merupakan ‘refresh’ bagi jajaran notebook Acer dengan prosesor Core i5 terdahulu yang memiliki sistem grafis. Akan tetapi, hasil pengujian akan membuktikan bahwa ini bukan notebook biasa yang hanya mengandalkan harga jual yang terjangkau.

Desain baru: Tipis!

Ya, Acer kini sudah kian mempopulerkan desain notebook yang lebih tipis dibanding notebook terdahulu. Tantangannya adalah untuk menghadirkan performa dan fitur yang sama atau lebih baik, dengan bentuk notebook yang lebih tipis. Acer Aspire 4745G hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

Anda bisa menemukan 3 USB port di sisi kanan dan 1 di sisi kiri. Ini berarti, 4745G memiliki total 4 port USB! Jumlah yang banyak untuk notebook berdimensi tipis. Di bagian depan, Anda akan menemukan sebuah slot card reader untuk SD/MMC, MS, dan beberapa jenis memory card mungil lainnya yang umum ditemui di pasaran. Di sisi kiri, Anda juga bisa melihat adanya port D-SUB (VGA) dan HDMI untuk menghubungkan notebook ini ke monitor atau TV. Oh, ya, di sisi kiri ini juga terdapat sebuah jack RJ45 untuk mengoneksikan acer 4745G ke LAN (jaringan) atau modem.

Spesifikasi:
Prosesor    Intel Core i5 M430
Speed 2.27 GHz L2 Cache 3 MB
Memori    DDR3 2 GB 1066
Hard disk    640 GB 5400RPM
Graphics    Intel GMA HD + ATI HD5470 512MB
Layar    14.1 ” 1366 x 768
Koneksi wireless        Wi-Fi Atheros AR5B93 b/g/n
Bluetooth 2.1
USB    4
HDMI    1
D-Sub    1
Audio In/out    1
Ethernet    Atheros AR8151 Gigabit
Webcam    1.3 pixel
Card reader    5 in 1
Optical Drive    DVD-RW
Daya Baterai    4400 mAh 10.8V
Ukuran (mm)    344.4 X 212 X 13.5-28
Berat (kg)    2,2 Kg

Performa acer 4745G

Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.

Performa notebook ini untuk aplikasi sehari-hari ternyata dahsyat. Meski kapasitas RAM terpaut 2 GB dibandingkan Acer Timeline X (4820TG), performanya ternyata tidak jauh berbeda. Jangan bandingkan acer 4745G dengan notebook dengan prosesor Core2 Duo ya. Tidak ada notebook dengan prosesor Core2 Duo yang mampu bersaing dengannya.

Kemampuan Gaming
Dengan tersedianya sistem grafis khusus, ATI mobility HD5470, Acer Aspire 4745G sudah sewajarnya memiliki setidaknya secercah kemampuan untuk bermain game. Mari kita lihat terlebih dahulu kemampuan grafis 3D-nya dari sisi benchmark sintetis (kinerja teoritis).

Terlihat adanya perbedaan yang drastis antara penggunaan sistem grafis terintegrasi (Intel) dengan ATI HD5470. Melihat jauhnya perbedaan ini, kami akan sangat menyarankan Anda untuk menghidupkan ATI HD5470 saat bermain game 3D.

Software ini kami uji sekadar untuk memberikan acuan bagi Anda yang sudah terbiasa melihat sjor 3Dmark Vantage. Skor yang diperoleh ini adalah skor untuk rating “E” atau entry. Skor 6000an berarti, ATI HD5470 yang digunakan, tergolong baik, tapi setting game harus berada di posisi rendah atau bahkan terendah.

Resident Evil 5

Benchmark ini akan menampilkan kemampuan sesungguhnya dari sebuah sistem komputer saat digunakan menjalankan game Resident Evil 5. Game ini tergolong cukup baru dan lumayan berat.

Dengan setting medium, game ini menampilkan frame rate di atas 30 fps. Ini artinya, game masih bisa dimainkan dengan lancar (di bawah kisaran 25 fps, game akan terlihat tersendat). Cukup baik untuk sebuah notebook dengan harga yang relatif terjangkau.

DIRT 2 Demo
Game ini adalah salah satu game balapan yang adiktif dan terkini. Game balapan biasanya lebih sensitif terhadap lonjakan frame rate. Jadi, kami melakukan 3 kali pengujian untuk melihat kisaran frame rate rata-rata dan minimumnya. Frame rate (fps) minimum yang jauh di bawah 25 fps menunjukkan bahwa game berjalan dengan agak tersendat, tapi mungkin masih cukup nyaman dimainkan. Frame rate (fps) rata-rata di bawah 30 fps menunjukkan bahwa game sama sekali tidak nyaman dimainkan.

DIRT2 Demo (MEDIUM setting)


Pada setting medium, dapat dilihat bahwa game berjalan tidak nyaman. Rata-rata frame rate masih di bawah 30 fps. Wajar jika game seberat ini susah untuk dijalankan dalam setting medium.

DIRT2 Demo (LOW setting)

Dengan menggunakan setting low, game ini sudah bisa dimainkan dengan cukup nyaman. Sesekali frame rate drop ke kisaran 21-23 fps, tidak terlalu jauh di bawah 25 fps. Jadi, secara keseluruhan, game ini sudah sangat playable. Ini sangat baik, mengingat game balapan moderen umumnya susah dimainkan dengan notebook.

Devil May Cry 4
Pengujian game ini terdiri dari 4 scene berbeda. Scene ke-4 adalah bagian yang terberat untuk sistem grafis. Sementara scene ke-3 cukup berat untuk prosesor. Pengujian kami lakukan dengan 2 setting untuk memperlihatkan kemampuan 4745G secara menyeluruh.

Terlihat dari scene 3 bahwa prosesor pada Acer 4745G ini tidak mengalami masalah menghadapi game yang berat. Sementara itu, sistem grafis kelas menengah-bawah pada notebook ini memang sedikit kewalahan dalam menghadapi setting HIGH. Hal ini terlihat pada scene 4. Akan tetapi, Acer 4745G masih mampu melahap game DMC4 dengan setting MEDIUM pada scene manapun. Ini berarti, kemampuan gaming-nya tergolong cukup baik.

Daya Tahan Baterai
Untuk menguji daya tahan baterai Acer 4745G, kami gunakan Mobile Mark 2007. Benchmark suite ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe. Semua software tersebut dipadukan dalam satu instalasi yang diterbitkan oleh Bapco (www.bapco.com). Jadi, pengujian ini tidak berjalan dengan meotde standby atau full-load. Akan tetapi, dengan simulasi pekerjaan sehari-hari yang sudah disahkan oleh konsorsium Bapco yang meliputi banyak sekali produsen produk IT.

Di sini terlihat keunggulan sistem grafis terintegrasi Intel HD. Selain masih sanggup memainkan film dengan resolusi full HD 1080p, sistem grafis ini mampu membawa Acer 4745G mencapai 6 jam kerja dalam tes Mobilemark 2007! Sebuah hasil yang mengagumkan, mengingat TimelineX mampu melampaui 8 jam kerja dengan Mobilemark 2007. Berarti, acer 4745G hanya tertinggal 2 jam lebih dibandingkan TimelineX, atau hanya sekitar 25%-30% lebih boros dibandingkan jawara daya tahan baterai kita. Angka 6 jam membuatnya sangat layak untuk digunakan untuk kebutuhan presentasi di luar ruangan. Dan kebutuhan lain yang membutuhkan mobility tinggi.

Kesimpulan
Anda memimpikan TimelineX (4820TG) namun tidak memiliki dana untuk mempersuntingnya? Mungkin Acer Aspire 4745G ini bis amenjadi pilihan yang baik. Performanya terpaut sangat tipis dengan TimelineX. Dimensinya hanya sedikit lebih tebal dari TimelineX 4820TG. Sementara itu, daya tahan baterainya tidak terlalu buruk dibandingkan TimelineX. Kinerja baterainya sebenarnya sangat baik jika dibandingkan dengan notebook pesaing lainnya yang umumnya berada di kisaran 3-5 jam (Mobilemark 2007).
Patut dicatat bahwa pengujian ini dilakukan dengan Acer Aspire 4745G versi awal yang menggunakan prosesor Intel Core i5 430. Hadirnya versi refresh terbaru dari 4745G yang menggunakan Intel Core i5 450 seharusnya membawa notebook ini ke tingkat performa yang lebih tinggi lagi. Acer Aspire 4745G adalah notebook dengan performa keseluruhan tinggi, performa gaming yang lumayan baik, dan daya tahan baterai di atas rata-rata. Dengan harganya yang relatif ekonomis, Acer Aspire 4745G adalah notebook serba bisa kelas menengah terbaik yang dapat Anda temui saat ini.

Image Gallery :

Related Article

No Banner to display

970 Responses to Acer Aspire 4745G: Performa Kelas Atas, Harga Terjangkau

 

  1. Teddy says:

    Halo dokter Acer. Laptop saya 4756G, selama 5 tahun ini saya pakai os win 7 32bit. Baru2 ini saya dapat info kalo ternyata 4745G harus menggunakan os 64bit. Saya coba install win 8.1 Pro 64bit OEM, kok tidak bisa ya? Masalahnya muncul diawal booting untuk install win 8.1 kok hang sewaktu muncul logo windows. Setelah itu muncul gambar garis2 berwarna warni di layar dan setelah itu laptop mati sendiri.
    Kira2 permasalahannya apa ya dok? Software win 8.1 Pro 64bit tidak compatible dengan laptop saya? Atau saya perlu setting bios terlebih dahulu? Atau ada masalah yg lainnya?
    Sebagai info ram saya baru saya upgrade dari 2Gb menjadi 6Gb.
    Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved