OUT: Browse, IN: ‘Drop & Drag’

Per 15 April lalu, Google telah memasang fitur kecil tapi sangat bermanfaat pada Gmail. Tanpa lewat masa uji coba yang berbelit-belit, fitur itu langsung tersedia bagi pengguna layanan email milik raksasa mesin pencari tersebut.

Fitur pertama disebut dengan drag-and-drop untuk attachment. Sebelumnya, Google memang sudah menyediakan fasilitas penempatan gambar langsung pada body email. Kini mereka melakukan hal yang sama untuk melampirkan file lain.

Untuk menggunakan drag-and-drop attachment pada Gmail, pengguna tinggal menggeser file yang akan dilampirkan pada email. Bisa dari Desktop, Windows Explorer atau dari aplikasi yang terbuka ke kawasan di bawah kolom Subject email.

Setelah itu file otomatis akan diupload di background layaknya mengupload attachment biasa. Sambil browser mengupload dokumen, Anda bisa melakukan hal lain, misalnya mengetikkan email yang akan dikirim.

Meski terlihat sederhana, sebelum fitur ini disediakan, Anda perlu melakukan beberapa tahap untuk meng-attach file ke email. Setelah klik Attach a file, Anda perlu mencari di folder mana Anda menyimpan file yang bersangkutan, lalu klik untuk upload. Dengan drag-and-drop, cukup satu langkah saja.

Layanan baru ini serupa dengan yang diimplementasikan Google pada Wave untuk foto dan file-file multimedia lain. Syaratnya, pengguna harus memakai browser Google Chrome atau Firefox 3.6, baik di Windows ataupun Mac OS.

Fitur baru lainnya yang disediakan pada Gmail adalah link ‘Insert Invitation’ yang terletak di bagian bawah kolom Subject. Saat diklik, jendela Invitation akan muncul lengkap dengan Google Calendar yang akan mencantumkan apakah ada waktu luang pada jadwal rekan yang Anda undang. Tentunya dengan asumsi Anda mendapatkan izin untuk melihat Calendar mereka.

Setelah memeriksa apakah rekan Anda punya waktu luang di saat yang Anda tentukan, klik tombol ‘Insert Invitation’ dan jendela preview terhadap undangan akan muncul.

Setelah email dikirim, undangan tersebut ditambahkan ke kalender setiap orang yang Anda undang, tentunya jika mereka menggunakan Gmail. Ini akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan kalau Anda harus bolak balik membuka Gmail dan Calendar untuk memeriksa apakah rekan Anda punya waktu luang untuk hadir pada undangan yang Anda buat.

Selain dikirimkan sebagai undangan Calendar, Anda juga bisa melampirkan undangan tersebut sebagai sebagai sebuah file berformat *.ICS.

May 17 2010

on Tech News

11 Responses to OUT: Browse, IN: ‘Drop & Drag’

  1. Dok’saya pengguna acerr AO756 ,dan anak saya selalu main game dan itu membuat laptopnya menjadi panas..apakah kalau saya memakai cooling pad bisa membantu..?dan pengaruh kepada battrery nya atau tidak..?.mohon penjelasan.terima kasih.

    By Abahdiar Reply
  2. mau tanya kok baterai saya gak bisa penuh padahal dah dicharger seharian??
    Gimana cara kalibrasi lewat bios mohon pencerahannya!! Makasih
    acer 4741

    By andric Reply
    • Andric, coba kamu lakukan kalibrasi terlebih dahulu, caranya :
       
      - lakukan pengisian sampai persentase baterai tidak bertambah lagi
      - gunakan notebook kamu sampai baterai benar-benar habis dan laptop mati dengan sendirinya
      - lakukan pengisian kembali selama kurang lebih 8 jam
       
      Jika problem laptop kamu belum terselesaikan, kami sarankan kamu membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem laptop kamu

       

      By Dr. Acer Reply
  3. dok kalo batrai di simpan di lemari pendingin dengan kondisi di balut plastik gemana dok baik apa buruk

    By achmad fajar amrozi Reply
    • Achmad, Mohon maaf, kami tidak memiliki informasi mengenai metode tersebut :)

      By Dr. Acer Reply
  4. ijin bertanya,saya membeli v3-471 g dengan kartu garfisnya nvdia geforce 630-2gb,,kenapa setalah saya run dxdiag kartu grafis yang muncul malah intel hd 4000??

    By stiv Reply
    • Stiv, Aspire V3 menggunakan 2 buah VGA, Intel HD Graphics 4000 dan NVidia GeForce GT630M. VGA yang digunakan secara default adalah Intel HD Graphics 4000, sedangkan VGA NVidia hanya aktif ketika aplikasi yang dijalankan membutuhkan performa lebih dari VGA :)

      By Dr. Acer Reply
  5. sama baru tau juga,,thanks Dr.acer kutunggu artikel selanjutnya. . .

    By ahmadblog Reply
  6. Awesome tips! Baru tahu juga ada fitur ini padahal sehari-hari pakai Gmail. Berarti tidak harus meng-klik tombol ini itu yang lebih ribet ya.

    By Ciputra Entrepreneurship Reply

Submit Comment

  1.