Mengenal Prosesor Notebook Intel Core i3, i5, dan i7

Saat ini notebook terbaru yang memakai prosesor Intel sudah mulai memakai keluarga Intel Core i. Ada yang dinamakan Core i3, Core i5, dan Core i7. Ketiganya adalah pengganti resmi dari jajaran prosesor Intel  Core2 (Core2 solo, Core2 Duo, Core2 Quad). Perbaikan apa saja yang ditawarkan dengan jajaran Core i ini? Kami akan coba jelaskan sesederhana mungkin mengenai jajaran baru prosesor notebook ini.


Nehalem
Semua prosesor Intel dengan nama Core i dibangun dengan dasar arsitektur yang diberi nama Nehalem. Secara sederhana, arsitektur baru ini menawarkan performa yang lebih tinggi dengan pengaturan konsumsi daya yang jauh lebih baik. Ada beberapa hal yang merupakan keunggulan dari arsitektur Nehalem secara umum, jika dibandingkan dengan arsitektur Core sebelumnya:

Penggabungan komponen
Pada Nehalem, ada beberapa komponen yang digabungkan menjadi satu di dalam prosesor. Hal yang paling penting adalah penggabungan pengendali memori (RAM) ke dalam prosesor. Sebelumnya, pengendali ini terletak di luar prosesor. Dengan dimasukkannya pengendali memori ke dalam prosesor, kecepatan aliran data antara prosesor dan memori menjadi lebih tinggi.
Pada prosesor Core i3 M,  Core i5 M, dan Core i7 M, Intel bahkan memasukkan VGA-nya ke dalam prosesor. Hal tersebut tentu saja membuat kemampuan VGA menjadi lebih baik dibandingkan VGA onboard terdahulu.

Efisiensi daya, maksimalisasi performa
Pada Core2 Duo (prosesor dengan 2 inti prosesor/2 core), jika kecepatan prosesor adalah 3 GHz, itu berarti kedua inti prosesor bekerja dengan kecepatan 3 GHz. Saat prosesor beristirahat, keduanya akan turun kecepatannya secara bersamaan juga.
Jadi, kalau ada software yang hanya bisa menggunakan 1 inti prosesor (contoh: Apple itunes), kedua inti prosesor akan bekerja pada kecepatan tertingginya (3 GHz). Satu inti prosesor bekerja mengolah data, sementara inti lainnya hanya ikut-ikutan menaikkan kecepatan tanpa mengolah data.
Pada Nehalem, kondisinya berbeda. Contohnya pada Core i3 (2 inti prosesor/2 core), kondisi di atas hanya akan membuat 1 inti prosesor bekerja dan menggunakan kecepatan maksimumnya. Sementara 1 inti prosesor yang tidak terpakai akan tetap beristirahat untuk menghemat energi.


Hyper-threading (HT)
Tahukah Anda bahwa sebuah inti prosesor tidak selalu “dipekerjakan” secara maksimal? Sebagai analogi, anggap sebuah prosesor dengan dua inti (dual core) adalah sebuah ruang dengan dua orang di dalamnya. Pada saat satu orang diminta memasak, kedua tangannya akan bekerja. Akan tetapi, orang ini sebenarnya masih bisa menerima telepon sembari memasak, bukan?
Hal yang sama terjadi pada inti prosesor. Ada bagian-bagian dari inti prosesor tersebut yang tidak terpakai saat sebuah perintah diberikan padanya. Penyebabnya adalah perintah tersebut mungkin memang tidak memanfaatkan bagian tertentu dari prosesor. Lalu, bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan bagian yang tidak bekerja tersebut? Intel menamakan teknologi pemaksimalan kerja prosesor tersebut dengan nama Hyper-threading (HT).
Sebuah inti prosesor yang memiliki teknologi HT akan dikenal oleh Operating System (contoh: Windows7) sebagai 2 inti prosesor. Jadi, Operating System dapat memberikan 2 pekerjaan pada sebuah inti prosesor. Hal ini membuat prosesor berbasis Nehalem mampu bekerja lebih maksimal dibandingkan pendahulunya.


Turbo boost
Kemampuan ini adalah fitur unggulan dari sebagian besar prosesor dengan teknologi Nehalem. Ide dasarnya adalah HUGI (Hurry Up and Get Idle). Teorinya adalah jika sebuah pekerjaan diselesaikan lebih cepat, prosesor akan bisa beristirahat lebih cepat dan menghemat lebih banyak energi.
Pada umumnya, tiap prosesor memiliki batas maksimum konsumsi daya. Mari kita ambil contoh Core i5 (2 inti prosesor/core) yang kisaran batas konsumsi dayanya adalah sekitar 35 Watt. Jika VGA dan pengendali memori di dalam Core i5 memakan 10 W dan hanya 1 inti prosesor yang terpakai, konsumsinya hanya 22.5W, bukan? Lalu, bagaimana caranya prosesor dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat, sementara software tidak menggunakan inti ke-2 yang tersedia?
Sisa jatah konsumsi daya yang 12.5W dapat digunakan Core i5 untuk melakukan Turbo boost. Yang terjadi adalah (pada Core i5-430M, 2.2GHz), kecepatan 1 intinya bisa dinaikkan hingga 2.53 GHz. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan sisa jatah konsumsi daya dan memperhatikan temperature prosesor. Jadi, prosesor 35W ini tidak akan melampaui konsumsi dayanya, dan tidak akan kepanasan. Sementara itu, software dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Arrandale
Nama apa lagi ini? Nama ini kami angkat untuk membedakan Core i7 QM dengan Core i7 M, Core i5 M dan Core i3 M. Saat ini, Core i7 QM masih menggunakan teknologi Nehalem 45 nm. Meski bertenaga besar sekali, teknologi 45 nm pada Core i7 membuatnya bekerja sedikit lebih panas. Selain itu, Core i7 QM juga tidak memiliki VGA di dalam prosesor berinti  4-nya (Quad core).
Arrandale adalah kode untuk prosesor berbasis Nehalem untuk notebook yang menggunakan teknologi 32 nm dan memiliki VGA terintegrasi di dalam prosesor. Saat ini, Arrandale hanya memiliki jumlah inti prosesor maksimum 2 (dual core). Akan tetapi, performanya tetap tinggi dan suhu kerjanya cenderung lebih dingin dibandingkan Core i7.

Pilih yang Mana?
Sekilas, teknologi Nehalem yang dimiliki oleh Core i7, Corei5, dan Core i3, sudah dipaparkan. Nah, sekarang, Anda akan memilih yang mana?

Core i7 QM
Prosesor notebook Core i7 QM memiliki kemampuan tertinggi. Tidak ada VGA di dalam prosesor ini, tapi 4 inti prosesor (quad core), kecepatan tinggi, dan Turbo boost adalah andalan utamanya. Prosesor dengan 4 core dan hyper-threading ini akan dideteksi Windows seakan memiliki 8 inti prosesor! Jika Anda membutuhkan performa notebook tertinggi yang bahkan mampu bersaing dengan desktop, ini adalah pilihannya. Umumnya, notebook dengan Core i7 akan memiliki VGA khusus. Jadi, gamer, pengguna aplikasi grafis (Adobe Photoshop, 3ds Max), dan pencinta performa tinggi akan menyukainya. Tentu saja, ada harga yang harus dibayar untuk performa yang tinggi ini.

Core i7 M
Prosesor ini adalah Arrandale (2 inti prosesor) dengan performa terbaik. Teknologi 32 nm membuatnya bekerja dengan suhu relative rendah. Kecepatan tinggi, Hyper-threading, dan Turbo boost membuatnya memiliki performa tinggi. Apabila dipadu dengan VGA tambahan, notebook berbasis Core i7 M akan menjadi pilihan yang sangat baik bagi pencinta performa tinggi. Kemampuannya bahkan dapat bersaing dengan Core i7 QM. Tentu saja, dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Core i5 M
Notebook dengan prosesor ini memang memiliki 2 inti prosesor (dual core). Akan tetapi, tersedianya Hyper-threading membuatnya tampil seakan memiliki 4 inti prosesor. Turbo boost menjadi andalannya dalam hal performa. Sementara itu, VGA terintegrasinya sudah mencukupi untuk pemutaran film HD 1080p, bahkan film Blu-Ray. Jika perlu, beberapa game 3D ringan pun bisa dimainkannya. Jika Anda menginginkan performa tinggi dengan mobilitas baik, Core i5 adalah pilihan yang baik. Harganya pun tidak mencekik.

Core i3 M
Meski tidak dilengkapi Turbo boost, performa Core i3 tetap memikat. Hyper-threading membuat kemampuannya dapat dipakai secara maksimal. VGA-nya pun sudah lebih dapat diandalkan dibandingkan VGA onboard terdahulu. Jika dana Anda terbatas namun menginginkan performa dari arsitektur terbaik Intel, Core i3 adalah pilihan yang jauh lebih unggul dibandingkan Core2 Duo.

Pengujian Singkat
Berikut adalah hasil perbandingan antara Core2 Duo T6600 dengan Core i3-330 dan Core i5-430

Software yang merupakan simulasi penggunaan berbagai aplikasi (MS Office, Adobe, 3ds Max, MS Outlook, dsb) ini menunjukkan bahwa bahkan Core i3 330 dengan mudah mengalahkan Core2 Duo T6600.


Software yang serupa dengan SYSmark ini lebih menitikberatkan pada aplikasi sederhana yang umum digunakan notebook. Hasil ujinya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

3DMark 2006 adalah software uji kemampuan grafis. Dari pengujian ini tampak bahwa Core i3 330M saja sudah unggul lebih dari 50% dibandingkan VGA onboard yang dipasangkan pada Core2 Duo T6600 (Intel GMA 4500MHD).

Image Gallery :

Related Article

212 Responses to Mengenal Prosesor Notebook Intel Core i3, i5, dan i7

 

  1. ferry fadly says:

    langsung saja saya berencana membeli core i5..mohon rekomendasi untuk acer seri apa yang memiliki kemampuan kecepatan prosesor yang tinggi..dan ramnya harus 4GB

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ferry, kami merekomendasikan tipe Aspire E5-475G dengan harga 8,299,000, spesifikasinya adalah:
      Intel® Core™ i5-7200U processor (up to 3.1 GHz)
      Windows 10
      14″ HD 1366 x 768 resolution, high-brightness Acer CineCrystal™ LEDbacklit TFT LCD
      4GB DDR4
      1TB HDD
      NVIDIA® GeForce® 940MX with 2 GB of dedicated GDDR5 VRAM
      • Bluetooth® 4.1
      HDMI® port with HDCP support
      DVD-RW

  2. yori Rosya says:

    Processor & Chipset

    Processor Manufacturer : AMD
    Processor Type : A-Series
    Processor Model : A12-9700P
    Processor Speed : 2.50 GHz
    Maximum Turbo Speed : 3.40 GHz
    Processor Core : Quad-core (4 Core™)
    Cache : 2 MB
    Memory Standard : Memory8 GB
    Maximum Memory : 32 GB
    Memory Technology : DDR4 SDRAM
    Number of Total Memory Slots : 2
    Memory Card Reader : Yes
    Memory Card Supported : SD

    Apa Bedanya dengan Core i7 ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yori, Core i7 adalah processor yang berasal dari vendor (brand) Intel. Spesifikasi yang kamu berikan menggunakan processor merk AMD, keduanya memiliki kelebihan masing-masing bergantung dari preferensi pengguna.

  3. Farhan says:

    Kalo ganti intel gimana gan.,,,,misalnya punya saya intel celeron trus diganti intel i5 itu gimana punya saya acer aspire E 14

    1. Dr. Acer says:

      Dear Farhan, prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade. Namun kamu bisa mengupgrade RAM dan HDD untuk laptopmu. 🙂

  4. panji says:

    Ask dok… jadi intel core i3 tidak lebih baik ketimbang amd quad core a8?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Panji, mohon maaf kami tidak memiliki informasi detail terkait hal tersebut, kamu bisa mencari refrensi terkait perbandingan hardware pada forum-forum yang membahas hardware komputer.

  5. sandi says:

    apakh bisa acer aspire v5-132p upgrade ke core i3 dan apakah bisa up ram/memori ?mksh

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sandi, prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade, namun kamu bisa mengupgrade RAM Aspire V5-132P hingga 8GB. 🙂

  6. piyox says:

    Makasih postingan nya gan,Udah punya Gambaran mau cari yang gimana yang cocok buat kebutuhan…

  7. cahyo says:

    Dok, numpang tanya. Sy berencana upgrade procie i3 2318 M 2,2 GHz Acer E1-471 G menjadi i7 2670 QM 2,2 GHz.
    Pengaruhnya signifikan, sebanding dengan harga procie apa ngga Dok?
    Matur nuwun..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Cahyo, sebagai informasi prosessor pada notebook tidak dapat diganti atau upgrade, kamu bisa melakukan upgrade pada RAM untuk menambah performa unit 🙂

      1. Cahyo says:

        Met malam Dok. Kemarin sore sy sdh upgrade procie i3 menjadi i7 qm, karena teman mau menjamin kalo mpe terjadi kerusakan.
        Sampai tadi sore, laptop masih normal.
        Demikian Dok, kalo memang ada pengaruhnya dlm jangka panjang (menjadi rusak, dll) mhn diinformasikan..

        1. Dr. Acer says:

          Dear Cahyo, mohon maaf, kami tidak memiliki informasi terkait hal tersebut. perlu diketahui bahwa produk notebook Acer dipasarkan sedemikian rupa agar memiliki performa yang optimal, sehingga tidak disarankan melakukan penggantian hardware seperti processor.

  8. […] 50% dibandingkan dengan VGA on board terpasang pada Core2 Duo T6600 (Intel GMA 4500MHD). Sumber: lebih mudah Demikian posting tahu i3 Intel Core, Core i5 dan Core i7 dari pada laptop , mungkin berguna […]

  9. riantaba says:

    Dok numpang nanya kalo dim ram yg ada di acer z1402 i3 ada berapa dan bisa diupgrade sampai berapa

    1. Dr. Acer says:

      Dear Riantaba, Acer One Z1402 support untuk RAM hingga 8GB menggunakan 1 buah slot RAM yang tersedia.

  10. sunaryanto says:

    Pak Bos mau nanya, kenapa laptop core i5 susah diinstal windows xp dan windows 7

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sunaryanto, bisa dijelaskan susah seperti apa yang kamu alami dan apakah ada notifikasi kesalahan yang muncul pada saat prosess installasi OS

  11. Buyung says:

    Dear Dr. Acer

    Mau tanya nich perihal nb acer aspire i5 tipe z1402.
    Cocoknya pake os windows berapa yach ?

    Trimz fyi

    1. Dr. Acer says:

      Dear Buyung, secara spesifikasi Acer One Z1402 sudah bisa menjalankan semua OS Windows, namun kami sarankan kamu menggunakan OS Windows 8.1 64-bit karena dukungan drivernya sudah tersedia di website Acer http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

      1. Buyung says:

        Dear Dr. Acer,

        Terima kasih atas sarannya dan sudah saya execute pake win 8.1.

        Tapi win 8.1 ternyata cukup rumit juga yach…. jadi terpaksa harus belajar lagi nich… 😢

  12. maaf dr numpang tanya nih, kalau intel core i3 dengan code name arrandale bisa di ganti intel core i7 dengan code name yang sama nggak? tapi packageNya socket 989 rPGA

    1. Dr. Acer says:

      Dear Karral, processor pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti 🙂

  13. archazky says:

    maaf dok mau nanya kalau laptop acer aspire 4741 core i5 aku ram 2 gb misalkan ramnya cepet terkuras abis itu kenapa penyebabny ya dok o ea kalo aku tambah ram lagi kira2 bisa sampe bverapa giga terus ngaruh ngga ama kinerja laptop aku

    thx

    1. Dr. Acer says:

      Dear Archazky, RAM adalah media penyimpanan sementara untuk aplikasi/software yang kamu jalankan saat menggunakan laptop. Apabila RAM cepat habis kemungkinan disebabkan terlalu banyak aplikasi/software yang kamu jalankan. Kami sarankan kamu untuk coba mengurangi aplikasi/software yang sedang digunkan ataupun yang berjalan secara otomatis. Secara teori penambahan RAM pada laptop bisa mengoptimalkan kecepatan laptop Acer kamu. Sebagai informasi, RAM Aspire 4741 dapat diupgarde menjadi 8GB DDR3 dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2) PC-10800

  14. Ady Bachtiar says:

    dOK apakah acer aspire 3810T saya bisa diganti prosesornya dengan intel core i3 dst??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ady, sebagai info, prosesor pada laptop tidak dapat diganti atau dimodifikasi. 🙂

  15. andry says:

    Berapa suhu maximum untuk intel i3 3217-U

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andry, suhu maksimum yang dapat menyebabkan system mati pada Intel Core i3 adalah sebesar 105 derajat Celcius 🙂

  16. Dr. ane ada tugas ne,,,,
    apa sih perbedaan antar inter core.?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Muhammad, Perbedaan bagaimana yang kamu maksudkan? Perbedaan antara Intel Core I3, I5, dan I7 sudah dijelaskan secara detail pada artikel diatas 🙂

  17. M Idris says:

    dok, saya mau tanya,
    saya ditawari cpu, prosesornya intel core i7-2600. maksudnya “2600” di situ apa..?
    nah, itu masuk kategori mana di tabel “perbandingan spesifikasi prosesor notebook” pada artikel ini..?
    terimakasih banyak.

    1. Dr. Acer says:

      Idris, Intel Core i7-2600 adalah salah satu tipe prosesor intel generasi kedua. Untuk detail fitur prosesor tersebut bisa kamu lihat di website intel ( http://ark.intel.com )

  18. supri says:

    Malam dok, mau nanya nih dok, untuk main game war commander di facebook agar bisa dimainkan dengan lancar, prosesor apa yang harus saya pakai. terima kasih sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Supri, kelancaran dalam memainkan game online lebih tergantung pada kecepatan internet yang kamu gunakan 🙂

  19. Fajrin says:

    Siang Dok’ … saya mau tanya nih …. Type laptop saya Acer 3810T, koq gak bisa di instal’kan Windows 7 yah ? Tapi koq kalau windows 8 bisa ?

    Pas mau instal Windows 7 pada saat pemilihan partisi , ada tulisan error kayak MBR …. GPT .. blablabla 😀 (saya lupa) itu knp yah ?

    Speck :

    Proc : Intel Core 2 Solo (1,4 GHz)
    Ram : 4 GHz
    Vga : Intel GMA 4500MHD upto 750 MHz

    tambahan ,,, apakah laptop saya itu cocok buat main game class *Call Of Duty* ?

    Terima Kasih 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Fajrin, ada kemungkinan terjadi kesalahan pada media instalasi yang kamu gunakan. Mengenai game, selama kebutuhan hardware game tersebut sesuai dengan spesifikasi laptopmu, seharusnya tidak ada masalah untuk memainkannya.

      1. Fajrin says:

        Ach … kayaknya ngga tuh dok’ … soalnya media instalasi yang saya gunakan pernah saya gunakan pada laptop lain dan berjalan dengan lancar … 🙂

        Pertanyaan nya apakah laptop saya itu bisa di pakai’kan OS Windows 7 ?

        NB : kalau OS windows 8 bisa digunakan pada laptop saya

        Terima Kasih

        1. Dr. Acer says:

          Fajrin, AS 3810T support untuk digunakan dengan OS Windows 7 🙂

          1. Fajrin says:

            Dr. saya sudah berhasil mengintal OS WINDOWS 7 di ACER ASPIRE 3810T saya , TERIMA KASIH 🙂

            Saya mau tanya lagi , knp laptop saya itu baterainya tidak bisa full, walaupun sudah dicharge berjam-jam ?

          2. Dr. Acer says:

            Fajrin, coba kamu lakukan kalibrasi terlebih dahulu, caranya :
            – lakukan pengisian sampai persentase baterai tidak bertambah lagi
            – gunakan notebook kamu sampai baterai benar-benar habis dan laptop mati dengan sendirinya
            – lakukan pengisian kembali selama kurang lebih 8 jam

            Jika problem laptop kamu belum terselesaikan, kami sarankan kamu membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem laptop kamu

          3. Fajrin says:

            Wah , terima kasih dr.Acer , KALIBRASINYA berhasil , baterai saya sudah dapat dicharge sampai full. 🙂

          4. Dr. Acer says:

            Terima kasih Fajrin atas feedbacknya 🙂

          5. Fajrin says:

            Iya sama-sama 🙂 (y)

  20. hardiyanto says:

    Dok saya sedang berencana beli laptop.
    kalau untuk Adobe CS 5 atau 6 , laptop dengan Core i3 , RAM 2 GB dan VGA Intel 3000 apa sudah bisa mencukupi ?
    Atau saya pilih Intel dual core dengan RAM 4 GB ?
    soalnya bujet saya hanya 5 jutaan ke bawah.
    Tolong Rekomendasi Laptop Acernya juga , tentunya dengan kisaran harga tersebut yang bisa digunakan untuk Adobe CS dengan lancar

    1. Dr. Acer says:

      Hardiyanto, untuk aplikasi tersebut sepertinya lebih baik jika menggunakan produk dengan RAM yang lebih besar, mengingat keterbatasan budget yang kamu miliki. Kamu bisa pertimbangkan produk Aspire V5-171 dengan layar 11.6″ dan Intel core i3 yang dipasarkan seharga Rp. 4.799.000

  21. oktaf says:

    1. gimana cara memaksimalkan acer aspire 4350?!
    2. kok saya sudah tambah ram 4Gb tapi kinerjanya masih aja kurang baiknya gimana ya dok?!
    3. trus cocoknya pake os W vista apa W7?!
    4. kok tombol hijau(disisi kiri atas) lambang “e” ga aktif?! thx dok 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Oktaf, menanggapi pertanyaanmu:
      1 &2. Untuk mendapatkan performa maksimal dari laptop pastikan kamu menjalankan aplikasi dengan kebutuhan hardware yang sesuai. Juga pastikan kamu menggunakan OS versi 64 bit untuk memanfaatkan RAM diatas 4GB
      3. Windows 7 memiliki performa yang lebih baik
      4.

  22. nickmido says:

    thaks gan buat info.nya,,,
    ada referensi sedikit buat tar kalo mau beli notebook baru,,,

  23. matt says:

    Dear Dr. Acer, maaf dok mo nanya kenapa rating punya saya setelah di upgrade RAM 8gb DDR3 hanya 4,6?. sebelumnya 3,9 dgn spek AS4738 Corei3-380M 1gb DDR3, intel HDgrafik. upgrade RAM 4gb 2keping tdk terlalu ngaryh..
    apakah sdh bisa utk game 3D?

    1. Dr. Acer says:

      Matt, coba dilihat detail penjelasan rating tersebut. Nilai 4,6 adalah nilai terendah dari beberapa kategori yang ada. Dan umumnya nilai terendah tersebut dihasilkan oleh performa hardisk.

  24. […] sulit tadi lumayan teratasi, hehehe supaya ga gaptek n ga lupa, berikut ini aku kutip langsung dari http://acerid.com/2010/03/mengenal-prose…i5-dan-i7/ tentu saja untuk lebih mengenal lagi keluaran produk intel, kebetulan saya lebih seneng pake intel, […]

  25. benny qibal says:

    dr, saya mau tanya. laptop saya acer aspire 4741g i5 pada saat saya instal windows xp kok pas load baru setengah jalan, laptop tiba tiba mati dan itu sudah saya ulang berkali kali hasilnya tetap sama… padahal setting di bios sudah di setting IDE seperti instalasi win xp pada umumnya.. tapi pada saat saya coba di vortual box semuanya berjalan lancar, yang salah dimana ya dok??

    pertanyaanya..
    1. apakah bisa instal win xp?
    2. kok di help and suport acer tidak ada driver buat win xp?
    3. trus apa bisa di kanibal pake driver laptop acer seri lain lain?
    mohon dijawab ya dok, saya sudah mondar mandir masuk forum tidak ada yg tau jawabanya..

    terimakasih 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Benny, sudah coba menggunakan CD/DVD Installer OS yang lainnya?
      1. kamu bisa menggunakan OS yang sesuai dengan preferensi kamu.
      2. Acer hanya menyediakan driver AS4741G untuk OS Windows 7, kamu bisa coba kunjungi situs vendor dari masing-masing hardware untuk mencari driver sesuai dengan OS yang digunakan.
      3. Tidak bisa, driver untuk setiap laptop berbeda tergantung dari hardware nya 🙂

  26. choirul says:

    Selamat malam dok, saya punya laptop acer aspire 4739, kalau mau di upgrade VGA nya bisa atau tidak ?? solusinya gmana ??? masalahnya saya sering pake untuk desain, jadi agak berat….mohon solusinya ??? terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Choirul, VGA pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti. untuk memaksimalkan kinerja dari VGA Intel HD Graphics, solusinya adalah dengan memaksimalkan kapasitas RAM yang digunakan 🙂

  27. andi says:

    dok mau tanya laptop sy 4736z kalo mau tukartambah prosesornya kira2 brapa ya.thank

    1. Dr. Acer says:

      Andi, Processor pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti 🙂

  28. rado says:

    Met pagi dok,, saya mau tanya lali nih,. aspire yg sama fiturnya dgn 4755 yg harganya kurang dri 6jt ada g dok? kalau ada tipe brp dok? Dan Core i5 yang harganya kurang dari 6 jt tipe berapa saja dok??
    Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Rado, Mohon maaf, untuk saat ini produk Acer yang menggunakan processor Intel Core I5 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 6,199,000 (Slim Aspire V5)

  29. meida says:

    dok, klo acer aspire 4739 core 3 bisa pakai BLU RAY DISC gak.
    saya pingin tau DOK.
    saya tunggu jawaban nya ea DOK.

    TERIMA KASIH

    1. Dr. Acer says:

      Meida, Jika menggunakan ODD yang terdapat didalam paket pembelian, tidak bisa. Tetapi jika menggunakan BluDisc-ROM eksternal, bisa digunakan untuk membaca BluRay Disc

  30. VIAN says:

    waduwh. . lw dh g dpzarin g5n d0nx, pgen yg it hehe
    tnya lg dok:
    1. acer yg spesifikasi’a sama dengan 4741 core i5 tu acer tipe brp dok??
    2. apa smua lptp kalau di upgrade RAM nya lbh dri 3GB ap OS nya hrz pke 64bit?
    3. Contoh OS 64 bit ap dok?
    terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Vian, menanggapi pertanyaanmu:
      1. Kamu bisa pertimbangkan Aspire 4755G
      2. Benar kamu sebaiknya menggunakan OS 64bit untuk memanfaatkan RAM diatas 3GB
      3. Contohnya Windows 7 64bit

  31. VIAN says:

    Spesifikasi acer 4741 core i5-450M
    Beserta harga’a dok bys’a brp
    trimakasih dok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Vian, Aspire 4741 merupakan produk lama yang saat ini sudah tidak dipasarkan oleh Acer Indonesia.

    2. Dr. Acer says:

      Dear Vian, Aspire 4741 merupakan produk lama yang saat ini sudah tidak dipasarkan oleh Acer Indonesia. 🙂

  32. VIAN says:

    Met sianx dok, mau tnya nich:;
    1. minta spesifikasi acer 4741 core i5 beserta harga barunya
    2. jika RAM di upgrade 4GB dan HDD 500GB apa bisa? dan apa harus pakai OS tertntu??

    1. Dr. Acer says:

      Vian,
      1. untuk saat ini AS4741 sudah tidak dipasarkan lagi oleh Acer Indonesia.
      2. bisa saja jika menggunakan RAM 4GB dan HDD 500GB, OS yang digunakan bisa disesuaikan dengan preferensi kamu, tetapi disarankan menggunakan OS 64bit

  33. FAQIH says:

    Mau tanya lagi dok. .
    1. Acer 4741 core i3 dan i5 bebasis windows kan dok??
    2. Menggunakan OS 64bit itu mksd’a g5n y dok?? hehe mf krg mengenal
    3. acer 4741 core i5 apakah RAM nya msh bs d upgrade? jika RAM di upgrade apakah HDD juga hrus di sesuaikan??
    Minta pencerahannya doch. . terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Faqih, kami akan menjawab pertanyaaanmu berikut:
      1. Paket pembelian ada yang berbasis Windows dan Linux
      2. OS 64 bit harus dipergunakan jika kapasitas RAM pada diatas 3GB (Agar dapat berfungsi)
      3. Untuk RAM maksimal pada 4741 adalah 8GB dan HDD tidak perlu disesuaikan

  34. Usman Faqih T. says:

    Malem dok. .Mf doc saya Minta pencerahan
    1. acer 4741 core i3 jika DDR3 RAM di upgrade 4GB dan HDD di upgrade 500GB APAKAH efek baik buruknya??
    2. laptop acer yg core i3 dan i5 yg cocok untk teknik informatika yg akan lebih bnyak mempelajari tentang micro hardware itu acer tipe berapa saja dan harganya sekitar berapa

    1. Dr. Acer says:

      Usman,
      1. Tidak masalah melakukan upgrade RAM dan HDD pada laptop kamu. Tetapi untuk penggunaan RAM diatas 3GB, disarankan menggunakan OS 64bit.
      2. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan produk terbaru Acer Indonesia yaitu Slim Aspire Timeline U M5, Slim Aspire Timeline U M5 dipasarkan dengan harga mulai dari IDR 8,999,000, harga tidak mengikat

  35. heri muhidin says:

    doc mau tanya,leptop saya acer aspire 4750 i3 2330 linux,kalau di upgrade ke window 7 home bisa nggak doc

    1. Dr. Acer says:

      Dear Heri, kamu bisa menginstall OS Windows 7 pada laptop kamu.

  36. silmy says:

    dok aspire 4752g support fedora ga?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Silmy, kamu bisa melihat terlebih dahulu minimum system requirement dari OS tersebut, lalu membandingkannya dengan spesifikasi hardware AS4752G

  37. yogi says:

    dok saya mw tanya,saya punya laptop merk acer dngan intel core i3-370m
    sy mw tanya :
    1.apa tidak cepat rusak jika laptop sering di pakai u/ main game?
    2.mengapa baterai saya kondisinya bad?
    3.laptop saya sering mati mendadak selama 2 jam?
    minta penjelasannya ya dok?!!

    terimksih 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yogi,
      1. Tidak masalah, yang terpenting adalah tidak menggunakan laptop secara terus menerus tanpa istirahat.
      2. dr.Acer sarankan untuk membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer memeriksa kondisi baterai laptop kamu.
      3. Bagaimana dengan panas pada laptop kamu? Laptop dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya adalah untuk melindungi komponen didalamnya agar tidak rusak karena overheat.

  38. Imam says:

    dr. Acer sya mau tnya.
    sya memiliki laptop acer aspire dengn menggunkan processor intel corei3-380. bgaimana spesifikasinya menurut dr. Acer sendri? apa kekurngn n kelebihannya dr. Acer?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Imam, kinerja laptop tidak bisa ditentukan hanya dari processornya saja melainkan juga RAM, VGA, HDD, dan part lain. Intel Core i3-380 sendiri sudah memadai untuk aplikasi office dan multimedia consumption, namun harus dilihat jg spesifikasi hardware yang lain.

  39. Haris says:

    mohon nanya, saya pakai acer 4741z pentium p6000 1gb ddr3. saya nanya ke toko komputer kalo diupgrade ke core i3 katanya bisa, trus ram juga di upgrade.
    bulan ini saya mau upgrade. mohon pencerahannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Haris, untuk RAM bisa diupgrade di service center Acer sedangkan untuk processor pada laptop tidak bisa diupgrade. Info lokasi service center Acer terdekat bisa kamu temukan di sini: http://www.acerid.com/2010/07/faq-jaringan-pusat-layanan/

  40. alfi pratama says:

    saya mau nanya, kan serial number katanya ada di hologram,
    hmm, laptop saya acer aspire 4741 processor i3 tapi serial numbernya ada di barcode, di hologram cuma ada no reg.
    jadi kalo mau tau produknya bener-bener asli gimana ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Alfi, Serial Number bisa dilihat dibagian bawah laptop, dus pembelian, atau pada kartu garansi. Letaknya berbeda dengan Sticker Hologram yang bertuliskan PT Acer Indonesia 🙂

  41. dery says:

    sory doc salah,yang saya maksud kelebihan dari acer predator itu apa aja??

    thnx doc

    1. Dr. Acer says:

      Acer Aspire Predator adalah seri desktop dari Acer yang didesain untuk gaming. Aspire Predator yang dipasarkan di Indonesia saat ini adalah tipe G6310 dengan spesifikasi: Intel Core™ i5-2320 processor (3 GHz, 6M Cache), Genuine Windows 7 Home Premium, 4GB DDR3, 1TB HDD, 1.5GB NVIDIA GeForce GT545, DVD-Super Multi, Embedded high-definition audio with 5.1-channel support, 12-in-1 card reader.
      Aspire Predator G6310 dipasarkan dengan harga Rp 9jutaan. Harga tidak mengikat.

  42. meiki says:

    dear acer saya baru saja membeli notebook tipe
    acer aspire 4739 dengan prosesor i3-370m
    apakah prosesor tersebut seri 2nd generation atau bukan ?
    dan bagaimana cara mengecek nya di website asli intel ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Meiki, Processor Intel Core I3-370M adalah processor Intel Core I generasi pertama 🙂

  43. Andri says:

    Permisi doc Acer, saya punya laptop acer 4740, kenapa VGA-nya bermasalah pada Windows XP???
    tolong pencerahannya dok..!!!

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andri, hal ini terjadi karena kamu belum menginstall driver VGA yang kompatibel dengan Windows XP. Kamu bisa mendownload driver VGA yang kompatibel untuk Windows XP di website resmi Intel.

  44. alvin says:

    kalau i5 dan i7 perbedaannya di segi mana aja ya?
    perfomanya beda jauh ga tuh?
    thank you 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Alvin, Perbedaan antara Intel Core I5 dengan Intel Core I7 cukup jauh, bisa dilihat dari jumlah core yang dimiliki, Intel Core I5 memiliki 2 buah Core Inti, ditambah dengan Hyper Threading, Processor Intel Core I5 akan terbaca seolah-olah memiliki 4 buah core inti, sedangkan processor Intel Core I7 memiliki 4 buah core inti(Quad Core), ditambah dengan Hyper Threading, sistem akan membaca seolah-olah processor Intel Core I7 memiliki 8 buah core 🙂

  45. wong goblog says:

    saya udah beberapa os di coba linux fedora, mint dan windows xp, windows 7 namun hasilnya sama saja, jika masalah hang nya. pada saat di diam kan pun atau pada saat baru di hidupkan 2 Acer As3810t saya menjadi freeze tidak bisa bergerak. terpaksa di matikan paksa. Kenapa Gak Bisa Mr.Acer upgrade processor . Bukankah seri acer as3810t ada yg versi core 2 duo.. kemampuan multi tasking acer as3810t lemah sekali. terimakasih untuk menjawab.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Wong, Policy yang berlaku di Acer, processor ataupun vga tidak bisa diganti. Karena setiap spek produk yang kami tawarkan telah dirancang sedemikian rupa untuk dapat beroperasi optimal dan sesuai dengan target yang dituju 🙂

  46. wong goblog says:

    kenapa notebook As3810t dengan processor core 2 solo su3500 sering ngehang. hang nya disertai bunyi seperti kaset kusut.
    Kalu seandainya saya mau upgrade processor ke tipe yang core 2 duo bisa kah di lakukan, mengingat processor bawaan notebook sangat lemah.. terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Hai, pada saat menjalankan aplikasi apa laptop kamu mengalami hang? Penyebab hang sendiri bermacam-macam seperti software yang error, software yg tidak kompatibel dengan OS, software yang tidak kompatibel dengan hardware, dll.
      Upgrade processor untuk laptop tidak dimungkinkan. 🙂

  47. fadhil says:

    apakah acer indonesia sudah memasarkan core i7 sandy bridge

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fadhil, Acer Indonesia sudah memasarkan produk AS5951G dan AS4755G yang menggunakan processor Intel® Core™ i7-2630QM processor (6 MB L3 cache, 2 GHz with Turbo Boost up to 2.90 GHz). Spesifikasi lengkap kedua tipe tersebut bisa dilihat di http://www.acer.co.id 🙂

  48. NaTH says:

    permisiii…. mau tanya niihh.. rekomendasi laptop minimal yang uda core i3, OS win7 yg harga terjangkau merk apaan yaa?? maklum gaptek >__< tengssss

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nath, kamu bisa mempertimbagkan Aspire 4750 dengan Core i3 2nd generation sebagai pilihan. Reviewnya bisa kamu baca di artikel berikut: http://www.acerid.com/2011/03/aspire-4750-teknologi-terbaru-dengan-harga-terjangkau/

  49. ryPrasetya says:

    dok,,
    buat artikel tentang prosesor core i baru (sandy bridge) donk,,
    pengen tau lbh banyak tentang sandy bridge

    1. Dr. Acer says:

      Masukannya akan Dr. Acer pertimbangkan. Kamu juga bisa mengetahui lebih banyak mengenai Sandy Bridge melalui website Intel berikut: http://www.intel.com/technology/architecture-silicon/2ndgen/index.htm

  50. Jati Diri says:

    permisi mas bro…
    ane mau tnya…
    kalo Intel Core i7 740QM @ 1.73GHz dengan Intel Core i5 M 480 @ 2.67GHz lebih bgs yg mn?
    ane bgng mau plh yg mana…
    mohon pncrahannya….

    http://ark.intel.com/Compare.aspx?ids=49024,52952,

    1. Dr. Acer says:

      Dear @Jati Diri, tentu saja processor Intel Core I7 memiliki performa lebih baik jika dibandingkan dengan processor Intel Core I5, meskipun clock speen processor Intel Core I7 740QM lebih kecil jika dibandingkan dengan processor Intel Core I5 480M, processor Intel Core I7 memiliki 4 buah core Inti, sedangkan processor Intel Core I5 hanya memiliki 2 buah core inti 🙂

  51. sadham says:

    Permisi dok acer, saya mw tny. Notebok apa yg bagus dan tahan banting buat main game?
    Apakah semakin tinggi tingkatan processor semakin menjamin bhwa semakin bagus untuk main game jika hardware/softwarenya memadai jg?
    Terimakasih ya dok sebelumnya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear @sadham, beberapa referensi Notebook Acer yang cocok untuk kegiatan seperti gaming bisa kamu baca di http://acerid.com/2010/08/suka-notebook-juga-suka-gamepc/ . Pada artikel tersebut juga dibahas faktor apa saja yang mempengaruhi lancar atau tidaknya sebuah game dijalankan 🙂

  52. Anton says:

    aku punya labtop acer aspire 4741
    prosesor intel core i5-450
    trus cara mengaktifkan turbo boost up gimana dokkk mohon pencerahan

    1. Dr. Acer says:

      Dear @Anton, fitur turbo boost yang terdapat pada processor Intel Core I5/I7 akan aktif secara otomatis ketika system membutuhkan performa processor yang lebih tinggi 🙂

  53. vivent says:

    Terima kasih buat jawaban atas pertanyaan saya sebelumnya
    Selanjutnya saya ingin bertanya tentang produk
    Acer 4750G 2632G50Mn
    core i7 2Ghz
    Produk tersebut ditawarkan pada saya dengan hrg 8jt (non OS)
    dengan garansi SSxxx
    1. Yang ingin saya tanyakan apakah produk tersebut ada?
    2. Mengingat balasan yg sebelumnya bahwa tidak ada produk acer core i7 d bawah 8jt apakah produk yang ditawarkan kepada saya itu adalah produk Black Market?
    Terima Kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Vivent, Acer Indonesia tidak memasarkan Aspire 4750G dengan processor Intel Core i7. Untuk mengetahui bahwa produk Acer tersebut adalah produk bergaransi resmi Acer Indonesia kamu bisa cek hal berikut:
      1. Ada sticker hologram bertuliskan Garansi PT Acer Indonesia yang letaknya di bagian bawah notebook
      2. Ada buku garansi PT Acer Indonesia
      3. Kirim SMS ke 0811 98 2237
      Format: SNSN (serial number = 22 digit)
      Contoh: SN LXTTD0xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
      4. Melakukan pengecekan ke http://warranty.acer.co.id dengan memasukkan serial number laptop.

  54. oxy_it says:

    mas, saya mau beli notebook buat desain grafis,, kebanyakan menggunakan corel draw (ubat desain vektor),, budget maksimal yang saya punya 7jt, kira – kira notebook jenis apa yang cocok ya?? trus procesesornya apa? trims 😀
    oia,kalo bisa jawabannya dikirim ke email saya jg ya mas,,
    skali lagi terimakasih banyak 😀

    1. Dr. Acer says:

      Dear Oxy, dengan budget 7juta pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah:
      Aspire 4750 (Intel Core i3 2nd Generation): USD 549 (Linux) dan USD 619 (Windows 7 Home Basic) http://acerid.com/2011/03/aspire-4750-teknologi-terbaru-dengan-harga-terjangkau/
      AS4750G, Intel Core i5-2410 (2nd Gen), 2GB RAM, 640GB, 1GB Nvidia GT540, Linux – $699
      AS4750G, Intel Core i5-2410 (2nd Gen), 2GB RAM, 640GB, 1GB Nvidia GT520, W7HP – $779

  55. vivent says:

    Mohon info dok,
    1. saya ingin membeli notebook core i7 dengan budget max 8jt (akan saya gunakan untuk design) apakah ada jika ada mohon rekomendasinya
    2. jika terjadi kerusakan fisik spt pada ENGSEL notebook apakah bisa diperbaiki? mohon info lokasi (malang)

    Terimakasih banyak sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Vivent, untuk saat ini notebook Acer dengan processor Core i7 dibanderol dengan harga mulai USD 1,299 (Aspire 5745PG). Notebook terbaru Acer dengan processor Core i7 2nd Generation, Aspire 5950G dibanderol dengan harga USD 1,499.
      Untuk melakukan service, info lebih detil bisa kamu tanyakan langsung ke Acer Customer Service Point Malang:
      Alamat: Jln. Bondowoso No. 43 Kav. 4
      Telp: +62-341-575961
      Fax: +62-341-330046
      Open: Monday – Friday 8.30am – 4.30pm / Saturday 10 am – 3 pm

  56. komang says:

    Minta info dok ! Acer Type/seri berapa yg pakai procesor i7 QM, Extreme-Edition, 13″…
    Trim’s dok…

    1. Dr. Acer says:

      Dear @komang, Acer Indonesia memiliki beberapa produk yang menggunakan processor Intel Core I7 QM, tetapi produk tersebut tidak memiliki ukuran layar 13″ melainkan 15″, produk tersebut antara lain : AS5745PG Touch, AS5745DG 3D Vision, dan AS5943G yang menggunakan Intel® Core i7-740QM processor (6 MB L3 cache 1.73 GHz with Turbo Boost up to 2.93 GHz). Spesifikasi lengkap ketiga tipe tersebut bisa kamu lihat di http://www.acer.co.id > Products 🙂

  57. rizal says:

    wah makasih banyak y dok atas saran nya….
    saya numpang download y buat tugas d tmpat kuliahan saya…
    makasih sebelum nya…
    sukses slalu dr.acer =)

  58. Lexy says:

    Saya mau bertanya saya memiliki pc M1800 apa kah dari dualcore e5200 up to core2duo dan kalo bisa core2duo brp yg cocok,mohon pencerahanya terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Lexy, Acer M1800 dapat diupgrade ke processor yang sama-sama menggunakan socket LGA-775.

  59. fauzan says:

    gw mo tanya.. kalo pake OS winxp 32bit.. processor intel yg paling tinggi pake apa?.. apa cocok pake i7… thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fauzan, tidak ada batasan processor paling tinggi untuk suatu OS tertentu. Yang menjadi problem biasanya hanyalah kesediaan driver untuk OS tersebut.

  60. alhafiz says:

    dok, mw tnya,
    kemampuan mana yg lebih bandel antara, i5 480M 2.66 ghz vs i7 740m 1.73 ghz ?
    Mohon pencerahan.a..

    1. Dr. Acer says:

      Dear @alhafiz, processor Intel Core I7 memiliki fitur lebih banyak jika dibandingkan dengan Intel Core I5, I7 memiliki 4 buah ini(Quad Core) dan memiliki fitur Hyper Threading sehingga seakan-akan processor I7 memiliki 8 buah Inti 🙂

  61. oktavia says:

    dok, sayapengguna baru dalam Notebook/ laptop…,Proceesor itu bisa diganti ngak ya..(di tingkatkan) saya pengguna Aceer Aspire 4736G.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Oktavia, processor pada notebook tidak bisa diupgrade.

  62. andri says:

    dok saya mau tanya saya pake laptop acer 4738 yg i3, OS bawa ea windows 7 starter, saya pengeng ganti pake windwos 7 ultimate bisa ga dok?..

    1. Dr. Acer says:

      Dear @andri, kamu bisa mengganti OS yang digunakan sesuai dengan preferensi kamu, tetapi akan lebih baik jika kamu memperhatikan dulu minimum system requirement dari OS yang akan di install, dan membandingkannya dengan spesifikasi hardware laptop kamu 🙂

  63. william says:

    dok mau tanya.
    Apa perbedan Prosesor intel i7 yang stikerny hitam dan biru.

    1. Dr. Acer says:

      Dear @william, perbedaan keduanya terdapat pada kinerja yang ditawarkan, karena processor Intel Core I dengan sticker berwarna hitam adalah Intel Core I Extreme-Edition. Info selengkapnya bisa kamu baca di situs resmi Intel 🙂

  64. pulsarboy says:

    mlm dr. acer ..
    saya punya acer AS4741-432G50Mnkk ,, kok sering overheat yah ??
    pernah sekali saya coba pake intel burn test,, panasnya bisa sampai 94 derajat ..
    udah gitu langsung mati aja deh laptopnya ..
    apa itu normal dok ?? mohon penjelasannya ..

    1. Dr. Acer says:

      Dear @pulsarboy, cepat panas atau tidak nya sebuah laptop tergantung dari perawatan, serta kegiatan yang sedang dikerjakan di laptop tersebut. kamu bisa sebelumnya memastikan laptop kamu bersih dari debu dan tidak menghambat sirkulasi udara. tips pemakaian dan perawatan notebook bisa kamu baca di http://acerid.com/2010/08/faq-pemakaian-perawatan-notebook/ 🙂

  65. dok,sy mw tx,.untuk core i7 apa sudah cukup kuat untuk mlakukan aktvitas grafis sprti autoCAD,3Dmax,.apalgi di saat bersamaan?
    selain itu,apa kelemahan core i7?

    1. Dr. Acer says:

      Dear @devi hanurani, kemampuan Intel Core I yang memiliki fitur Hyper-threading sudah mampu untuk digunakan menjalankan aplikasi secara bersamaan, untuk kegiatan yang membutuhkan grafis tinggi seperti desain grafis atau gaming, sebaiknya kamu juga memperhatikan VGA yang digunakan 🙂

  66. rizki taufik says:

    dok saya mau tanya, klo lihat data di atas, jelas icore lebih baik dari core 2 duo..cuma saya dapet info, klo icore itu belum stabil, sebab produk icore bukan sepenuhnya hasil dari intel, melainkan riset intel dan vendor..sedangkan core 2 duo centrino itu hasil murni riset intel, sehingga ke stabilannya terjaga…

    yang mau saya tanyakan, apakah benar informasi yang saya dapat itu..sebab saya ingin beli laptop, tapii sangat bingung, antara core 2 duo atau icore,,

    terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rizki, mungkin bahasan di artikel berikut bisa meyakinkan kamu untuk memilih Intel Core I yang merupakan generasi processor terbaru dari Intel yang menawarkan berbagai keunggulan dibanding pendahulunya: http://acerid.com/2010/03/mengenal-prosesor-notebook-intel-core-i3-i5-dan-i7/

  67. dok mw tanya donk aku mw bikin warnet yg kelasnya premium,tapi aku masih bingung nh mengenai spec yg mw dipakai..tlng referensiin yg bagus untuk game plus monitor LED ya dok…bujed aku untuk satu kmpter max7jt dok…mks..email aku ya dok…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mardan, pilihan PC desktop yang sesuai dengan budget kamu adalah:
      1. Acer Aspire M1900 w/ 15″ LCD (DOS): USD429
      2. Acer Aspire M3190 w/15″ LCD (DOS): USD549
      3. Acer Aspire M3190 w/15″ LCD (Windows 7 Home Premium): USD639
      Spesifikasi lengkap bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products > Consumer PCs

  68. Teguh says:

    Siang dok…. saya mau tanya….. untuk teknologi HT hanya bisa digunakan di OS ap saja ya? apa di xp bisa bekerja?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Teguh, teknologi Hyper Threading disupport mulai OS Microsoft Windows NT 4.0, Microsoft Windows 2000, Microsoft Windows XP hingga OS Windows terbaru.

  69. darma says:

    siang Dok. saya pengguna acer 4741 i5-4350

    acer ku kenapa ya dok. ko sering mati sendiri nh,,,
    minta saran na dong dok. makasih. .

    1. Dr. Acer says:

      Dear Darma, kami sarankan untuk segera membawa notebook kamu ke ACSC untuk dicek oleh teknisi Acer penyebab pastinya. Lokasi ACSC terdekat bisa dilihat di sini: http://acerid.com/category/08-ask-dr-acer/08-03-pelayanan-pelanggan-dan-jaringan-pusat-layanan/

  70. ari says:

    bos mau tanya
    saya pengguna aspire 4741 core i5-450M
    kta teman saya VGAnya NVidia GeForce 310M tapi saya liat di internet VGAnya VGA Intel GMA HD kira-kira yang benar yang mana ya bos ?

    tolong di balas bos

    1. Dr. Acer says:

      Dear @ari, AS4741 yang dipasarkan di Indonesia secara resmi oleh Acer Indonesia menggunakan VGA Intel HD Graphic 🙂

  71. andy says:

    Bos mau tanya
    Q mau cari notebook acer yang bandrol 4 jutaan..
    Yg cocok buat ngegame…
    Mohon pencerahanya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear @andy, dengan kisaran budget kamu, mungkin kamu bisa mempertimbangkan AS4552. Spesifikasi lengkap AS4552 bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Products dan Review AS4552 bisa dibaca di http://acerid.com/2010/11/aspire-4552-notebook-ekonomis-yang-serba-bisa/ 🙂

  72. feryjoe says:

    dengan dana 6jt an produk yang cocok apaan ya??
    kalo bisa sih yang corre i3. hanya digunakan untuk keperluaan kantor, seperti office 2007, adobe cs3, windows media player.
    minta tolong sarannya ya…
    tanks…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fery, kamu bisa mempertimbangkan Aspire 4738 dengan processor Intel Core i3. Dibanderol dengan harga USD589 (OS Linux) dan USD679 (OS Windows 7 Home Basic). Spesifikasi lengkap bisa dilihat di http://www.acer.co.id

  73. jimmy says:

    saya pengguna 4741z non windows…..
    di web anda saya baca spesifikasi 4741z menggunakan 2GB Ram…
    kok punya saya cuma 1 GB????

    1. jimmy says:

      ada yang ketinggalan….
      di web dituliskan daya tahan bateray mpe 4 jam…
      sedangkan saya pake windows 7 original dengan setting power saver hanya bisa bertahan < 3 jam…

      1. Dr. Acer says:

        Informasi daya tahan baterai di web Acer adalah estimasi. Daya tahan sesungguhanya bergantung pada konfigurasi, aplikasi, power management settings, kondisi tempat mengoperasikan notebook, dan fitur-fitur yang digunakan/diaktifkan.

    2. Dr. Acer says:

      Dear Jimmy, berikut data spesifikasi di web untuk 4741z non Windows:
      AS4741Z-P601G32Mn
      Linpus™ Linux® , Intel® Pentium® processor P6000 (3 MB L3 cache, 1.86 GHz), ; 14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD ; 1GB DDR3 ; 320GB HDD ; DVD SuperMulti Double Layer Drive ; 5-in-1 Media Reader ; HDMI™ port with HDCP support ; Intel HD Graphics ; Integrated Wireless WiFi Link 802.11b/g/Draft-N ; Acer Crystal Eye High-Def webcam ; Two built-in Acer 3DSonic™ stereo speakers

      Spesifikasi RAMnya memang hanya 1GB untuk 4741z non Windows.

  74. doktor acer klo alamat acer service center di pontianak dmna ya ??? and brpa harganya

    1. Dr. Acer says:

      Hai @muhammad ilyas, berikut ini alamat ACSP di Pontianak :
      Jl. Teuku Cik Ditiro no. 63
      Pontianak, Kalimantan Barat
      Tel +62-561-744898
      Senin- Sabtu 9.00 – 17.00

      Biaya servis pada ACSP sekitar Rp.165.000 belum termasuk biaya spare part, jika memang ada penggantian spare part.

  75. dama says:

    kalo buat anak teknik mesin laptop yg bgus kya gmna y..

    1. Dr. Acer says:

      hai @dama, kebutuhan kamu menggunakan laptop yang paling utama apa? sesuaikan kebutuhan mu dengan beragam pilihan notebook dari Acer 🙂

  76. Almond says:

    gan, prosesor core 2 duo ma i3 itu apa bedanya?
    terus kira” mana yang lebih baik?
    saya mau beli notebook tapi bingung banyak notebook yang masih core 2 duo.
    pengen sih kayak kakak saya yang i3 asus a42f.

    1. Dr. Acer says:

      hi @Almond, artikel diatas kami rasa sudah cukup menjawab pertanyaan Anda 🙂 kamu juga bisa menambah referensi dengan artikel berikut http://acerid.com/2010/03/mengenal-prosesor-notebook-intel-core-i3-i5-dan-i7/

  77. Klo RAM 2 GB DDR 3 buat 4741 harganya brapa ?
    pingin upgrade nih.kenapa aspire 4741 webcam-nya gak jelas ya ? dibanding emachines kok lebih buram !?

    1. Adnan says:

      Dr. ACER… Pesan saya diatas kok belum dibalas !!! berapa harga ram 2 GB DDR 3 ? Di Jogja ada gak dealer resmi Acer ?! segera dibalas ya ?!!

      1. Dr. Acer says:

        hi @Adnan, untuk harga RAM, sebaiknya tanya ke seller/suplier yang menyediakan. Untuk saat ini ada dealer resmi Acer ada di Semarang
        Ruko Mataram Plaza Blok E, No.8
        Jln. MT Haryono No. 427 – 429
        Telefon: (024) 3560088

  78. Dewa says:

    PC saya Acer aspire M1800
    Bisa gak ganti processor dari core2duo ke i5..?
    Kalo gk bisa untuk meningkatakan performa apa saja yang musti di upgrade agar bisa maksimal dalam menjalankan program game serta multimedia?
    terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      hi @Dewa, maaf, tapi untuk upgrade processor tidak bisa. 🙂

      namun Anda masih bisa mengupdate RAM

  79. kalo distributor/dealer resmi acer di bandung ada ga? kalo ada minta alamatnya. tks.

    1. Dr. Acer says:

      hi @Muhammad Husni Mubarok, untuk pertanyaan ini kami jawab ke email Anda yang Anda cantumkan di sini. Silahkan cek email Anda.

  80. Dr. Acer says:

    @Martin, untuk processor tidak bisa upgrade.

    Kalo mo upgrade RAM bisa, namun sebaiknya dilakukan di Acer Service Center kami.

  81. Dr. Acer says:

    @ari setiawan, processor tidak bisa diupgrade, maaf ya..

  82. ari setiawan says:

    malam Dr.acer apakah processor T2450 core duo bisa diganti dengan processor core i5 pada motherboard nya…?

    trimaksih, aku tunggu

  83. Martin says:

    bos kalo saya pke acer 4741 c0re I3 kalo mau di upgrade jadi core i5 atau i7 bsa ga ya??dan cara nambah memorinya harus di gnti atau boleh di tambah?trims

  84. ayo ciptakan inovasi baru,,, dan ingat supaya bisa dijangkau sluruh kalangan menengah kebawah juga. untuk bangsa indonesia. (lets create new thing that can make our life beter and cheap for our life)

  85. zack says:

    saya pengguna acer jadul 4530

    skr saya mo ganti dengan yg bru tp buat maen game yg berat2

    kira2 paa yg bgs buat maen game PES 2011 n game2 yg bru klwr skr?
    tpi budget’y jgn tllu mahal jg

    mohon dbantu!

  86. uly says:

    saya pengguna core 2 duo merek compac tapi,,,,kok ga bisa ya di instal dengan seven apa hadware yang bermasalah ato software nya???mohon bantuannya….

    1. Dr. Acer says:

      @uly, Umumnya karena masalah software, karena dengan standard hardware di bawah core 2 duo masih bisa berjalan lho.

  87. Core i3 mantap deh…

  88. beno says:

    4741G ok dah.
    teknologi memang berkembang dengan sangat cepat…

  89. […] Sejak  awal Mei lalu, Acer bersama dengan Intel, telah melakukan roadshow Go Faster (Mei-Juni), dilanjutkan dengan Smart Meets Speed (Juli-Agustus), dalam rangka memperkenalkan ragam produk Acer yang berteknologikan prosesor terbaru Intel Core I. […]

  90. Dr. Acer says:

    @satrya tya dharma,

    Jika Anda memerlukan notebook dengan prosesor Core i7, Acer juga menawarkan AS5943G.

    Untuk Acer TimelineX pun sudah ada dedicated graphic sendiri.

    Silakan cek di website resmi kami untuk menemukan produk yang sesuai dgn kebutuhan Anda.

    Terima kasih.

  91. sayang ACER TIMELINE X blm memakai CORE i7QM masih CORE i5 . . .

  92. pak laptop saya acer asphire 4736G core 2 apa bisa di ganti dengan processor core i. tolong jawaban nya dan utuk acer care yang bisa di mana?

  93. Deasi Daud says:

    saya pengguna acer aspireb4736Z processornya bisa di upgrade ke i7 g? terima kasih.

  94. Bernart says:

    gan klau prosesor i3 bisa ga di instal windows XP profesional SP 2 dan SOFTWARE 2X terdahulunya sperti MS OFFICE 2003 , MS VISUAL BASIC 6 DLL. Satu lagi nih gan merek notebook i3 yang urutan paling ok apa aja urutan dari awal yah gan. Mohon di jawab yah. trimakasih sebelumnya nih atas info yang telah di muat ini.

  95. Avan says:

    saya mau beli compaq CQ41-210TU dan spech yg sy liat prosesornya i3, klo menurut boz…… untuk membuat gmbar pke autocad lancar ga ya….. tolng bantuannya
    Trims sblumnya…

  96. […] melakukan turbo boost akan meningkatkan kenyamanan bermain game secara otomatis. Sementara itu, Intel Core i7 (M dan QM) akan menjadi pilihan yang terbaik. Arsitektur Core i7 (QM) dengan 4 core dan 8 thread, […]

  97. Josh says:

    saya pengguna 4745G i5-450M, ketika beli saya menggunakan windows 7 not genuine, kata penjualnya belum ada windows 7 buat i5 benarkah?
    katanya lg jika saya ganti ke windows XP, akan menurunkan performa nya/ jadi lambat performanya….benarkah bos? Mohon saran nya….
    tolong di emailkan bos serta kantor ACER dijakarta dimana bos?
    mau menanyakan/meningkatkan performa nya mengenai kelebihan lain i5
    thanks…

  98. nyong says:

    bos acer aspire 4745g ku ko jati sering tiba2 shutdown(blue screen) yah ne malah rating buat window experience indeknya jadi not available trus… tolong bls yah mkasih..

  99. Rijal says:

    Malam Doktor, mau tanya. Dengan menyatunya VGA dan RAM pada processor intel i series, Apakah jika salah satunya rusak, maka kita harus mengganti semuanya? (dalam artian beli processor lagi??) terima kasih…

  100. fachrizal says:

    boz,, saya neh lg di cianjur. untuk distributor resmi ACER di bandung alamat dmn y??? saya rencana pgn beli acer aspire 4740G – 432G50Mn, ada ga stock di distributor resmi yg di bandung????
    kira – kira apa saja yg bergaransi dri pembelian acer tipe tersebut???
    trima kasih. saya tunggu kesediaan balesannya…

  101. tb says:

    saya punya acer aspire 1810tz olympic, apakah bisa menggunakan intel core i5 dan ati radeon 512? soalnya performanya dalam bermain game sangat minim,, kira-kira biayanya berapa? mohon di jawab,, thankz,,

  102. arif says:

    Bos saya mau beli acer tapi yg mana bingung!!!!!
    ada Typr 4741-330 sama 4741-351 yg resmi yg mana ? yg asli mana garansi Indonesia/intrnational…..apa beda acer 4740g sama 4741. trim

  103. skyline says:

    gw pake 4740g i3 kok sering hang ya???dan harus hard restart.
    laptop jg panas bgt..padahal udah pake fan…

    trus, suhu prosesor gak bs diukur…

    tolong bantuannya biar hang di laptopnya ilang dong…

    regards
    +skyline+

  104. Aora TV says:

    Penjelasan yang sangat menarik. Thanks

  105. yusuf says:

    saya pengguna acer 4745g, saya berencana menambah ram , apakah hal tersebut akan menghilangkan garansi, untuk gpu ram apakah bisa di upgrade

  106. Oki says:

    Ane bangga pake 4740G,, n pgn nambah Am jd 4GB

  107. Vahn says:

    Saya pake Aspire 4740.. mantep dah ni processornya..
    recommended banget deh buat yang punya dana 5jtan..

  108. Johan says:

    kalau saya mau beli laptop\notebook dengan Acer ASPIRE spek :
    – Intel core i5-450M Processor 2.26GHZ
    – 14.0″
    – Intel HM55 Express Chipset
    – 512 MB ATI Radeon
    – 2GB Memory
    – 640GB HDD SATA
    – Genuine Windows 7 Home Premium

    dengan harga RP. 8312150 ($889)*
    *dengan dollar sekarang Rp.9340

    gimana menurut anda ???
    tolong dijawab ya, soalnya mau buru-buru beli nih
    Thanks sebelumnya

  109. Robin says:

    Alsm,….
    Ini aku pengen beli leptop corei7, tapi masih bingung utk nyarinya gt, jdi bantu untk infonya ya, dikirim lewat email,q thank,….

  110. Yulistana says:

    Waaah,,,ternyata salah kaprah pengertianku.
    Kirain semua prosesor terbaru yg pake embel2 “i” termasuk quad core,,,ternyataaa,,,cuman yg i7 qm aja yaaa.
    Lha fitur HT kan dah ada semenjak Pentium 4 yaaa…?

  111. hanafi says:

    Boss kalao Toshiba yang pakai core i3 dibanding dengan compaq cq510 yang pake core 2 duo, secara performa bagusan mana? trims

  112. manggala says:

    intel core i3 sama ndak performa graphic dengan intel core i5

  113. anton says:

    untuk bergerak di bidang grafis dan game, bagusan mana antara acer 4540 AMD dengan 4740 core i3? krn dana saya hny 6jtan.

  114. Aroel says:

    Boss—-saya pengguna Acer 4736G,memory masih standar 2 GB tapi saya salut juga buat Acer 4736G, untuk main game seperti Assasian,pro Evolution 2010 dan call Of dutty yang terbaru juga masih bisa berjalan dengan mulus, saya sudah bandingkan dengan Acer 4740 yang intel i3core, tapi ko masih stabilan 4736G y, apakah karna VGA nya lebih bagus 4736G, dari pada 4740 buat main gamenya? cuma bedanya kalau diliat dari score procesor beda dikit satu poin, gedE intel i3Core!

  115. Bayu says:

    Saya pengguna 4736G, masih memakai INTEL CORE 2 DUO T6600, RAM 4 GB
    bs diganti dgn prossesor i7 engga..??

    1. irul says:

      bs boss….
      tp d LEM dulu…

  116. sony says:

    saya pengguna setia acer (aspire), tp baru2 ini agak kecewa dengan pelayanan nya
    saya sudah dp untuk 5942G yang djanjikan seminggu barang datang, tp ini sudah 1 bulan lebih blm ada kbr!
    ketika dtanya hanya dsuruh menunggu dgn alasan barang kosong se indonesia. padahal saya butuh untuk pekerjaan grafis saya. apa seperti ini pelayanan ACER sekarang?? kalau tidak ada barang knapa bs menjanjikan sblmnya.
    mohon penjelasan. makasih

    lokasi:semarang

    1. admin says:

      Sdr Sony yang terhormat,
      Kami mengucapkan terima kasih atas kesetiaan Anda pada produk-produk Acer. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami.
      Untuk menindaklanjuti hal ini, kami mohon informasinya nama toko tempat Anda melakukan pemesanan. Sehingga kami dapat mengecek di sistem kami apakah ada order dari partner kami di Semarang.
      Perlu kami sampaikan, tipe notebook tersebut termasuk unit dengan jumlah peminat yang cukup banyak.
      Sekali lagi kami tunggu informasinya sehingga dapat kami proses lebih lanjut.
      Terima kasih atas kerjasamanya.

  117. zay says:

    boss…sy ada plan mau beli 4740 i3 VGA G-Force, kalo dibanding core 2 dua buat game mana yg lbh bagus…tq

    1. admin says:

      Hi Zay,
      Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada kami. Mohon ditunggu untuk jawabannya, kami akan kembali pada Anda.

      Regards,

    2. admin says:

      Hi Zay.. Dibandingkan dengan Core2Duo lebih baik menggunakan i3 di AS4740. Tetapi jika ingin mendapatkan performance lebih baik bisa menggunakan AS5942 yang sudah menggunakan processor i7.
      Semoga membantu ya..

      regards,

  118. Wonk_4r0l says:

    Waduh semakin ketinggalan aja nih laptop saya.
    Intel i family muantap lah;

  119. Aryandi says:

    intel core i5 mantap….!!
    saya pengguna notebook acer aspire 4740G.

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved